Terjawab

Cara manajemen uang yang baik agar tidak pernah kehabisan uang?

Oleh : Reza Muhammad
Desember 11, 2020

Saya seorang perantau karena menjadi pekerja swasta di Jakarta selama kurang lebih setahun terakhir ini. Saya masih seperti kebanyakan orang yang menghabiskan uang pada masa awal bulan, dan mulai berhemat di saat akhir bulan.

Saya akan sangat menghemat pengeluaran di akhir bulan karena uang gaji yang diterima sudah mulai habis. Di awal bulan, saya biasanya membayar tagihan-tagihan, baik itu uang kos bulanan hingga tagihan kartu kredit. Saya juga biasa menyetok belanja bulanan di awal bulan.

Selain memenuhi semua kebutuhan wajib, saya juga terbiasa jajan di awal bulan. Setiap hari, saya bersama teman kantor sering jajan makanan atau minuman di siang atau sore hari. Saya juga akan pergi ke mal bersama teman-teman di akhir pekan.

Itu membuat saya sering kehabisan uang di tengah bulan, apalagi akhir bulan. Karenanya, saya suka memakai kartu kredit, yang bisa mem-back up kondisi saat kehabisan uang.

Bagaimana cara manajemen uang yang baik yang membuat kita tidak pernah merasa kehabisan uang sekalipun di akhir bulan?

Jawaban

Erlina Juwita, MM, CFP®, QWP®
Founder @CerdasKeuangan dan Senior Consultant @Oneshildt.
0 Komentar

Pengelolaan uang yang kurang bijak akan membuat seseorang mengulang kesalahan yang sama, so manage your cash flow wisely

Ada beberapa langkah yang dapat dilakuakan untuk mengelola keuangan dengan  bijak. Kamu tinggal melakukan, langkah mana yang paling penting untuk dilakukan sesuai dengan kondisi keuanganmu saat ini. 

Membuat Anggaran

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat anggaran. Ini adalah salah satu cara agar uang yang kamu gunakan dapat tepat sasaran. 

Usahakan untuk membuat skala prioritas untuk memilih dengan bijak antara kebutuhan dan keinginan. Jelas yang harus kamu dahulukan adalah kebutuhan yang mendasar, bukan keinginan semata.

Hati-hati dengan Kartu Kredit

Hal kedua adalah, berhati-hati dengan jebakan kartu kredit. Jika kamu punya utang kartu kredit, segera lunasi total tagihannya. Jangan membayar minimum payment-nya saja, karena di situ ada unsur bunga. 

Berutang tidak akan membuat kamu berdosa, akan tetapi utang yang terlalu banyak akan membuat keuangan kamu berantakan. Selanjutnya hidupmu akan dipenuhi dengan berbagai alasan untuk menutupi utang. So, bijaklah dalam memutuskan untuk berutang.

Cari Penghasilan Tambahan

Langkah ketiga yang bisa dilakukan adalah, usahakan mencari cara supaya mendapat penghasilan tambahan  dengan skill yang sudah ada. 

Dengan bertambahnya penghasilan kamu, maka pengaturan keuangan dapat lebih leluasa. Memiliki uang lebih juga akan membuat kita dapat segera membeli barang-barang atau keperluan yang dibutuhkan.

Dapatkan solusi dari para ahli keuangan

Ade Wikasyah
Praktisi Keuangan Syariah
Aulia Akbar, CFP®
Perencana Keuangan, Praktisi Hubungan Masyarakat
Benny Fajarai CIP® CFP®
Cofounder Lifepal.co.id - Certified Insurance Professionals & Certified Financial Planner
Eko Endarto, CFP, RFA
Independen Financial Planner, Founder Finansia Consulting dan Sahabat Pensiun.
Erlina Juwita, MM, CFP®, QWP®
Founder @CerdasKeuangan dan Senior Consultant @Oneshildt.
Fioney Sofyan Ponda, S.Ked., RFA®
Wealth Asset Manager, Pembicara, Narasumber, Penulis
Galuh Alifani
Konsultan bisnis, penulis, pengamat keuangan, dan pegiat seni. Penerima penghargaan best paper award untuk publikasi keuangan, dari institusi akademik internasional, IISES.
Irvan Rahardjo, SE., MM
Penulis, arbiter, editor buku, kolumnis, saksi ahli berbagai instansi, narasumber seminar dan media cetak, online dan elektronik.
Lolita Setyawati, CA, MSIT, CFP®️
Certified Financial Planner
Maryadi Santana, CFP® QWP®
Priority Banking Relationship Manager, Manulife Asset Management Indonesia as Relationship Manager, Panin Asset Management as Team Leader Retail Marketing and Start doing as Financial Planner, ZACD Group as Relationship Manager.
Nadia Isnuari Harsya, CFP®
Independent Financial Planner
Rieke Caroline, SH, MKn.
Pendiri & CEO KontrakHukum.com. Pakar Hukum & Bisnis. Pembawa Berita dan Public Figure.
Rivan Kurniawan
Pakar Investasi & Value Investor dengan 10 Tahun+ Pengalaman
Roswitha Jassin, SE, MBA, CFP
Financial Educator, Lifestyle Blogger, Founder, Entrepreneur, Pembicara dan Pemateri.
Vigi Caraka
Profesional di pasar modal yang berkarir di sekuritas dan regulator.