Terjawab

Bagaimana cara memperbaiki ac mobil tidak dingin?

Oleh : blabar123
Oktober 24, 2021

Saya terus-terusan dapat masalah di AC mobil saya. Sering kali tidak terasa dingin walau udara di luar tidak terlalu panas. Apa masalahnya ya?

Jawaban

0 Komentar

Salah satu penyebab AC mobil tidak dingin adalah freon yang sudah habis atau bisa juga karena kondensor yang kotor. Nah, apabila AC mobil kamu terasa tidak dingin, kita bisa coba lakukan beberapa cara berikut untuk memperbaiki.

1. Bersihkan kondensor saat mencuci mobil 

Jika penyebab AC mobilmu tidak dingin adalah kondensor yang kotor, maka mari kita coba bersihkan terlebih dahulu dengan mencucinya. Kondensor AC berpotensi kotor karena terkena debu atau ada kotoran yang menempel dalam jangka waktu yang lama. 

Apabila sudah dibersihkan namun AC juga masih tidak terlalu dingin, maka ada kemungkinan kondensornya rusak. Kamu bisa coba langsung mengeceknya ke bengkel. 

2. Nyalakan AC saat mobil sudah mulai melaju

Cara kedua yang bisa kamu coba adalah, jangan langsung menyalakan AC pada saat mobil baru dinyalakan. Coba untuk mulai nyalakan AC pada saat mobil sudah berjalan sebagaimana AC bisa bekerja lebih baik pada saat mobil kamu berjalan. 

Apabila dinyalakan sebelum perjalanan dimulai, dikhawatirkan udara panas pada mesin bisa berdampak kepada suhu dingin pada AC sehingga terasa tidak dingin. 

3. Hindari memakai mode sirkulasi ulang

Cara ini bisa kamu lakukan apabila kamu tidak membawa penumpang pada kursi belakang. Coba matikan mode sirkulasi ulang agar AC dapat bekerja lebih maksimal. Karena, pada saat mode sirkulasi ulang dinyalakan, udara dari depan kabin akan ditarik kembali melalui sistem. 

4. Memeriksa kipas kondensor

Permasalahan AC tidak dingin bukan semata-mata hanya karena freonnya yang sudah habis saja. Namun ada hal lainnya yang mungkin kurang menjadi perhatian sebagian orang, yaitu kipas kondensor. 

Periksa putaran kipas kondensor secara rutin, apakah kipasnya bekerja/ menyala pada saat AC dihidupkan. Jika tidak berputar, maka sebaiknya untuk segera membawa ke bengkel.

5. Bersihkan filter AC pada kabin

Filter AC pada kabin sangat berpotensi untuk kotor dan tertutup oleh debu. Cobalah periksa bagian filter pada kabin. Apabila filter AC pada kabin tertutup oleh kotoran, maka proses sirkulasi udara pada AC pun terhambat sehingga efeknya AC terasa tidak dingin. Coba periksa dan bersihkan secara berkala. 

Apabila kamu sudah mencoba cara di atas, namun AC mobil masih terasa tidak dingin, maka segeralah bawa ke bengkel untuk melakukan perawatan. 

Tips dari Lifepal! Temukan pilihan perlindungan finansial dari asuransi mobil supaya kamu tidak perlu lagi khawatir dengan mahalnya biaya perawatan dan perbaikan kerusakan mobil di bengkel. Dengan jaminan finansial dari asuransi mobil terbaik, dana tabungan dan investasimu jadi aman.

Promo Asuransi Terbaik, Hemat 30%!
Bandingkan semua asuransi dan pilih sesuai kebutuhanmu!
Sticky Banner
Sticky Banner

Dapatkan solusi dari para ahli keuangan

Praktisi Keuangan Syariah
Perencana Keuangan, Praktisi Hubungan Masyarakat
Cofounder Lifepal.co.id - Certified Insurance Professionals & Certified Financial Planner
Independen Financial Planner, Founder Finansia Consulting dan Sahabat Pensiun.
Founder @CerdasKeuangan dan Senior Consultant @Oneshildt.
Wealth Asset Manager, Pembicara, Narasumber, Penulis
Konsultan bisnis, penulis, pengamat keuangan, dan pegiat seni. Penerima penghargaan best paper award untuk publikasi keuangan, dari institusi akademik internasional, IISES.
Penulis, arbiter, editor buku, kolumnis, saksi ahli berbagai instansi, narasumber seminar dan media cetak, online dan elektronik.
Certified Financial Planner
Priority Banking Relationship Manager, Manulife Asset Management Indonesia as Relationship Manager, Panin Asset Management as Team Leader Retail Marketing and Start doing as Financial Planner, ZACD Group as Relationship Manager.
Independent Financial Planner
Pendiri & CEO KontrakHukum.com. Pakar Hukum & Bisnis. Pembawa Berita dan Public Figure.
Pakar Investasi & Value Investor dengan 10 Tahun+ Pengalaman
Financial Educator, Lifestyle Blogger, Founder, Entrepreneur, Pembicara dan Pemateri.
Profesional di pasar modal yang berkarir di sekuritas dan regulator.
Promo Asuransi Terbaik, Hemat 30%!
Bandingkan semua asuransi dan pilih sesuai kebutuhanmu!
Sticky Banner
Sticky Banner
Hemat 25% - Lihat 500+ Pilihan polis Asuransi
Sticky Banner