Terjawab

Cicilan 0% itu menguntungkan atau enggak ya?

Oleh : Ika Jumantara
Mei 26, 2020

Jawaban

Lifepal
0 Komentar

Sesuai namanya, program cicilan 0% memang memudahkan untuk mendapatkan barang yang Anda inginkan.

Cicilan 0% sebuah skema cicilan yang memperbolehkan Anda menggunakan kartu kredit untuk membeli sebuah barang dengan cara mengangsurnya perbulan atau bahkan pertahun untuk melunasi total harga pembelian.

Nah, cicilan 0% memungkinkan angsuran tersebut dicicil tanpa adanya bunga atau yang disebut bunga 0%.

Meski tanpa bunga, ada syarat yang harus dipenuhi yaitu limit mencukupi dan merchant membuka fasilitas pembayaran itu.

Cicilan 0% memiliki dua manfaat, yaitu manfaat langsung dan manfaat tidak langsung. Manfaat langsung adalah, Anda dapat membayar suatu barang yang telah diinginkan dengan cara mencicil tanpa harus membayar biaya tambahan atau tanpa bunga yang besar selama periode waktu yang telah ditentukan. Pembayaran yang dilakukan juga lebih ringan.

Manfaat tidak langsung adalah, konsumen bisa menyimpan uang yang sebelumnya akan dibelanjakan untuk membayar total belanjaan suatu barang pada sebuah investasi.

Dengan menggunakan program cicilan 0%, konsumen masih memiliki sisa uang yang bisa digunakan untuk berinvestasi seperti berinvestasi, membeli emas, atau barang-barang investasi lainnya.

Hanya saja, fasilitas cicilan 0 persen kartu kredit juga ada efek sampingnya alias memiliki risiko yang bisa timbul dalam layanan tersebut. Misalnya:

Bunga yang dibebankan kalau kita telat bayar tagihan. Jadi cicilan 0 persen berlaku hanya kalau kita disiplin bayar tagihan per bulan selama periode cicilan.

Biaya administrasi yang harus kita bayar. Jadi meski bunga 0 persen, tetap ada biaya administrasi yang tergantung masing-masing bank penerbit kartu kredit.

Biaya overlimit yang bisa muncul kalau kita ambil cicilan 0 persen mendekati limit. Lalu lupa ada cicilan itu, dan memakai kartu buat bayar transaksi lain.

Kena jebak markup harga. Gak mustahil merchant menaikkan harga barang yang ditawarkan lewat cicilan 0 persen biar untung tetap besar.