Terjawab

Di mana jual beli saham secara online dilakukan?

Oleh : Nata Paramita
Oktober 12, 2020

Jawaban

Vigi Caraka
Profesional di pasar modal yang berkarir di sekuritas dan regulator.
0 Komentar

Perdagangan saham perusahaan terbuka dilakukan di Bursa Efek Indonesia. Namun investor tidak bisa secara langsung melakukan jual beli di sana, butuh bantuan perantara pedagang efek (broker-dealer). Perusahaan yang bertindak sebagai perantara pedagang efek sering kali disebut juga perusahaan sekuritas.

Sedangkan untuk perusahaan yang belum terbuka, perdagangan saham dilakukan secara private. Deal bisa dilakukan secara langsung antara pembeli dan penjual.

Jika kamu ingin melakukan jual beli saham perusahaan terbuka secara online hal pertama yang harus dilakukan adalah membuka rekening di sekuritas. Beberapa sekuritas memiliki layanan pembukaan rekening secara online, daftarnya bisa dilihat di https://www.idx.co.id/investor/buka-rekening-online/.

Setelah itu kamu harus menyetor sejumlah dana ke rekening dana nasabah yang akan dibuatkan. Dana ini yang akan digunakan sebagai modal jual beli saham.

Kemudian unduh aplikasi jual beli saham dari sekuritas tempat kamu membuka rekening. Tiap sekuritas memiliki aplikasinya sendiri. Melalui aplikasi ini kamu bisa melakukan transaksi saham secara online.