Terjawab

Dimana tempat gadai motor tanpa BPKB dan apa solusi dari masalah ini?

Oleh : 
Februari 2, 2021

Selamat pagi, saya seorang bapak dari 3 anak. Saat ini saya sedang pusing dan bingung karena sedang terbelit banyak hutang, baik pinjaman online ataupun bank keliling harian. Saya seorang pedagang lauk matang, dengan sewa tempat perbulan 2 juta. Masa pandemi saat ini berdampak sekali dengan usaha saya. Penghasilan pun menurun drastis, dari 1 juta per hari menjadi 300 sampai 400 ribu saja. Saya bingung harus kemana lagi, karena keluarga sudah tidak ada yang bisa bantu saya. Saya berniat ingin menggadaikan motor pemberian orang tua saya, tapi BPKB ditahan oleh orang tua saya. Semua orang yang saya kenal sudah saya hubungi, namun belum ada yang bisa bantu saya keluar dari masalah ini. Minggu kemarin, saya coba ajukan pinjaman super mikro BRI, namun sampai detik ini pun belum ada kabar. Kira-kira, dimana tempat gadai motor tanpa BPKB daerah Jakarta Timur dan adakah solusi lain yang dapat saya lakukan terkait dengan masalah ini?

Jawaban

Certified Financial Planner
1 Komentar

Masa pandemi saat ini memang sangat mempengaruhi perekonomian, diantaranya berkurangnya tingkat belanja masyarakat yang mengakibatkan berkurangnya omset pengusaha dari segala lapisan. Banyak pedagang diluar sana juga mengalami hal yang sama seperti Anda. Untuk mengatasi masalah ini, mari kita bahas dahulu dari beberapa aspek.

Pengelolaan Arus Kas Pemasukan dan Pengeluaran

Yang pertama, kita bahas dahulu perihal pengelolaan keuangan rumah tangga Anda yang terdiri dari arus kas pemasukan dan pengeluaran. Kita mulai dari arus kas pemasukan. Saat ini pendapatan harian Anda adalah Rp300.000,- s.d Rp400.000,-. Mari kita anggap pendapatan harian rata-rata adalah Rp350.000,-, maka dalam sebulan, apabila diasumsikan bahwa Anda berjualan selama 26 hari dalam sebulan, maka pemasukan bulanan rata-rata adalah Rp9.100.000,-.

Kemudian kita perhitungkan pengeluaran Anda perbulan sebagai berikut:

Apabila diasumsikan bahwa cicilan hutang bulanan Anda adalah sebesar Rp3.000.000,-, maka sisa pendapatan yang dapat digunakan untuk biaya hidup adalah sebesar Rp4.100.000,-. Untuk langkah pertama, saya menyarankan Anda untuk membuat anggaran pengeluaran rumah tangga dari dana yang tersedia tersebut. Anggaran ini diperlukan supaya Anda mengetahui apakah bisa mencukupi atau tidak. Anda mungkin terpaksa harus sangat berhemat supaya sisa dana tersebut cukup untuk hidup sehari-hari.

Meningkatkan Penghasilan

Yang kedua, pertimbangkan pilihan untuk dapat meningkatkan penghasilan. Saat ini mungkin para pelanggan Anda enggan keluar rumah dan datang ke tempat Anda berjualan dikarenakan kondisi pandemi. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencari jalan untuk bisa menerima pesanan dengan memanfaatkan motor untuk mengantarkan makanan ke rumah-rumah. Bahkan kalau memang memungkinkan, Anda bisa berjualan tanpa harus menyewa tempat sehingga bisa menghemat biaya sewa tempat. Gunakan telepon seluler sebagai alat komunikasi dengan pelanggan Anda.

Pengelolaan Hutang

Yang ketiga, mari kita bahas mengenai pengelolaan hutang. Mengambil hutang melalui pinjaman online maupun bank keliling sebenarnya merupakan pilihan yang kurang tepat. Bunga pinjaman tersebut cenderung sangat tinggi sehingga pada akhirnya justru akan membebani Anda dan akibatnya akan berlarut-larut.

Apabila Anda mengambil pinjaman baru lagi untuk membayar cicilan hutang-hutang Anda tentunya bukanlah pilihan yang bijak karena Anda akan semakin berat untuk membayar semua cicilan berikut bunganya dan pihak pemberi pinjaman yang akan menagih Anda menjadi semakin banyak. Hal ini tentunya akan membuat hidup Anda semakin terbebani karena harus gali lubang tutup lubang.

Untuk hutang yang sudah jatuh tempo saat ini, buatkan prioritas pembayaran untuk yang bunganya paling tinggi terlebih dahulu. Karena hutang dengan bunga tertinggi yang paling memberatkan. Kemudian ikuti dengan cicilan hutang lainnya yang tingkat bunganya dibawahnya.

Mengambil Pinjaman Lain

Apabila langkah pertama dan kedua tidak membuahkan hasil, maka terpaksa diambil tindakan untuk mengambil pinjaman lain. Sambil menunggu kredit mikro BRI Anda disetujui, Anda dapat mengambil pinjaman lain dengan memanfaat motor Anda. Namun demikian, tanpa adanya BPKB maka motor Anda harus Anda relakan dan tidak dapat digunakan sementara sampai pinjaman Anda dibayar lunas. Lembaga keuangan yang aman dan legalitasnya dapat dipertanggungjawabkan umumnya tidak menerima gadai motor tanpa BPKB. Hal itu disebabkan adanya risiko kepemilikan motor ilegal dan dapat merugikan pihak penerima gadai. Sehingga Anda terpaksa harus menggunakan jasa gadai lain dengan beberapa permasalahan sebagai berikut:

  1. Nilai motor Anda hanya akan dihargai 60% – 70% dari harga pasaran motor
  2. Tingkat bunga pinjaman tinggi
  3. Terdapat risiko penipuan apabila kita tidak cermat memilih lembaga keuangan

Melihat adanya permasalahan diatas, daripada menggadaikan motor tanpa BKPB ke pihak penerima gadai ada baiknya Anda meminjam kepada perorangan seperti kepada teman/keluarga dengan jaminan motor tersebut. Apabila ada masalah dikemudian hari, Anda dapat menyelesaikan secara kekeluargaan dan tidak perlu berhadapan dengan debt collector.

Namun apabila tidak ada jalan lain lagi dan terpaksa harus menggadaikan motor Anda, maka berikut yang harus Anda siapkan:

  1. Kartu identitas, seperti KTP/SIM dan Kartu Keluarga
  2. STNK asli, yang nanti akan disimpan oleh lembaga penerima gadai
  3. Kendaraan sesuai dengan STNK diatas

Anda cukup membawa syarat diatas ke lembaga penerima gadai dan mengisi formulir permohonan. Kemudian petugas akan melakukan pemeriksaan atas syarat-syarat dan formulir permohonan. Bila disetujui maka Anda akan menandatangani surat perjanjian dan dapat menarik dana pinjamannya.

Proses gadai relatif mudah, namun Anda harus siap untuk membayar tagihan cicilan setiap bulannya sesuai dengan perjanjian. Demikian, semoga jawaban ini dapat membantu.

Kk ini dmn tempt dan lokasinyaPuji rahayu

Promo Asuransi Terbaik, Hemat 30%!
Bandingkan semua asuransi dan pilih sesuai kebutuhanmu!
Sticky Banner
Sticky Banner

Dapatkan solusi dari para ahli keuangan

Praktisi Keuangan Syariah
Perencana Keuangan, Praktisi Hubungan Masyarakat
Cofounder Lifepal.co.id - Certified Insurance Professionals & Certified Financial Planner
Independen Financial Planner, Founder Finansia Consulting dan Sahabat Pensiun.
Founder @CerdasKeuangan dan Senior Consultant @Oneshildt.
Wealth Asset Manager, Pembicara, Narasumber, Penulis
Konsultan bisnis, penulis, pengamat keuangan, dan pegiat seni. Penerima penghargaan best paper award untuk publikasi keuangan, dari institusi akademik internasional, IISES.
Penulis, arbiter, editor buku, kolumnis, saksi ahli berbagai instansi, narasumber seminar dan media cetak, online dan elektronik.
Certified Financial Planner
Priority Banking Relationship Manager, Manulife Asset Management Indonesia as Relationship Manager, Panin Asset Management as Team Leader Retail Marketing and Start doing as Financial Planner, ZACD Group as Relationship Manager.
Independent Financial Planner
Pendiri & CEO KontrakHukum.com. Pakar Hukum & Bisnis. Pembawa Berita dan Public Figure.
Pakar Investasi & Value Investor dengan 10 Tahun+ Pengalaman
Financial Educator, Lifestyle Blogger, Founder, Entrepreneur, Pembicara dan Pemateri.
Profesional di pasar modal yang berkarir di sekuritas dan regulator.
Promo Asuransi Terbaik, Hemat 30%!
Bandingkan semua asuransi dan pilih sesuai kebutuhanmu!
Sticky Banner
Sticky Banner
Hemat 25% - Lihat 500+ Pilihan polis Asuransi
Sticky Banner