Terjawab

Gimana cara mempersiapkan diri jika corona bikin krisis lebih parah dari 1998?

Mei 26, 2020

Jawaban

Lifepal
Teman Andalanmu untuk Keuangan dan Asuransi
0 Komentar

Pandemi Covid-19 atau Corona mengganggu roda perekonomian di berbagai negara. Bahkan, Corona memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi global karena gonjang-ganjing yang terjadi di pasar keuangan dan sektor riil.

Di Indonesia, krisis dikhawatirkan terjadi seperti periode 1998 yang dipicu oleh gangguan di pasar keuangan. Seperti melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS yang terjadi sangat cepat dan respons kebijakannya fokus di pasar keuangan serta ekonomi secara umum.

Sedangkan pemicu utama krisis ekonomi akibat Corona adalah penyebaran wabah dan virus yang mengganggu seluruh aspek ekonomi, khususnya perdagangan, kinerja industri manufaktur dan jasa serta pasar uang.

Nah, untuk mempersiapkan diri menghadapi krisis ekonomi karena Corona, sebaiknya Anda melakukan hal-hal berikut ini:

  1. Jaga kesehatan rasio aset lancar terhadap kekayaan bersih Anda. Usahakan jumlah aset lancar Anda 15 hingga 20% dari kekayaan bersih.
  2. Jaga ketersediaan dana darurat, usahakan untuk menyimpan dana darurat minimal enam kali pengeluaran bulanan.
  3. Berinvestasilah secara rutin, namun fokuskan investasi Anda di instrumen pasar uang dan pendapatan tetap terlebih dulu.
  4. Anda masih bisa berinvestasi dengan membeli saham yang harganya terdiskon. Lakukan saja hal ini karena krisis adalah momentum, tapi bijaklah dalam menggunakan dana Anda.