Memulai investasi di umur 20 tahun

November 1, 2020

Bagaimana cara untuk memulai investasi? Kira kira, investasi apa yang cocok untuk umur 20 tahun?

Jawaban

Pakar Investasi & Value Investor dengan 10 Tahun+ Pengalaman
0 Komentar

Memulai investasi sangatlah mudah. Untuk memulai investasi saham, kamu bisa ikuti beberapa Langkah berikut ini.

  1. Buka rekening saham terlebih dahulu. Jika kamu belum memiliki rekening saham, kamu tinggal mencari perusahaan sekuritas terdekat untuk membuka rekening. Bahkan, sekarang sudah banyak perusahaan sekuritas yang menyediakan fasilitas online untuk pembukaan rekening tanpa perlu tatap muka.
  2. Silakan mengisi formulir pembukaan rekening saham dan siapkan juga fotokopi KTP, NPWP, dan Cover buku tabungan. Submit formulir pembukaan rekening tadi kemudian tunggu sampai Rekening Dana Nasabah (RDN) kamu jadi.
  3. Setelah Rekening Dana Nasabah (RDN) kamu jadi, lakukan transfer dari tabungan kamu ke rekening dana nasabah dan kamu sudah siap untuk memulai investasi pertama kamu.

Pada usia 20-an, saat ini banyak yang melirik investasi saham sebagai instrumen investasi mereka. 

Sebab instrumen investasi ini yang memberikan potensi keuntungan yang menarik dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya, seperti reksadana atau obligasi.

Sebelum Memulai Investasi, Pastikan Dulu kalau Keuangan sudah Terproteksi

Dalam perencanaan keuangan yang baik dan benar, setiap orang harus membangun fondasi-fondasi yang kuat dalam keuangan, di antaranya:

  • dana darurat (emergency fund),
  • proteksi (asuransi),
  • dana pensiun, hingga
  • investasi.

Semua hal-hal mendasar tersebut apabila telah dimiliki dapat mewujudkan apa yang disebut kebebasan finansial.

Ironisnya, banyak orang dengan penghasilan yang lebih dari cukup melewatkan dana darurat dan proteksi demi bisa memiliki investasi.

Padahal, setiap instrumen investasi itu memiliki kekurangan di luar keuntungan yang diberikan. Sebagai contoh, kekurangan saham. Kalau harga saham sedang tidak bagus, tidak menutup kemungkinan nilai portofolio kita berada pada posisi minus.

Dengan menukarkan semua lembaran saham untuk mendapat uang tunai saat posisinya minus, kita telah kehilangan nilai dari uang yang kita investasikan sebelumnya (capital loss).

Nah, itulah kenapa perlu memiliki dana darurat dalam bentuk tabungan sebagai dana cair atau likuid yang dapat dipergunakan seandainya ada kebutuhan mendesak. Nilai dana darurat minimal tiga kali penghasilan. Makin besar, makin bagus sebab lebih menjamin.

Kamu bisa menggunakan Kalkulator Kebebasan Finansial untuk mengetahui berapa besar bunga tabungan agar bisa menutupi pengeluaran bulanan.

Setelah dana darurat terpenuhi, fondasi kedua yang harus dibangun adalah proteksi. Setidaknya, untuk urusan proteksi, kamu telah memiliki BPJS Kesehatan untuk menanggulangi biaya pengobatan dan BPJS Ketenagakerjaan sebagai dana pensiun.

Baik BPJS Kesehatan maupun BPJS Ketenagakerjaan, keduanya akan makin lengkap jika dikombinasikan dengan kepemilikan asuransi jiwa.

Bayangkan di usia 20 tahun kamu harus bekerja dan menjadi sandaran keluarga. Bagaimana jadinya kalau keluargamu kehilangan dirimu? Bagaimana cara mereka bertahan dalam menjalani hidupnya sehari-hari?

Karena itulah, asuransi jiwa berperan dalam menggantikan peranmu nantinya dalam bentuk uang pertanggungan dengan nilai hingga miliaran rupiah.

Premi asuransi jiwa itu tidaklah mahal. Mulai dari Rp120 ribuan, keluarga kamu telah terproteksi dan berhak menerima manfaat asuransi jiwa.

Dapatkan solusi dari para ahli keuangan

Praktisi Keuangan Syariah
Perencana Keuangan, Praktisi Hubungan Masyarakat
Cofounder Lifepal.co.id - Certified Insurance Professionals & Certified Financial Planner
Independen Financial Planner, Founder Finansia Consulting dan Sahabat Pensiun.
Founder @CerdasKeuangan dan Senior Consultant @Oneshildt.
Wealth Asset Manager, Pembicara, Narasumber, Penulis
Konsultan bisnis, penulis, pengamat keuangan, dan pegiat seni. Penerima penghargaan best paper award untuk publikasi keuangan, dari institusi akademik internasional, IISES.
Penulis, arbiter, editor buku, kolumnis, saksi ahli berbagai instansi, narasumber seminar dan media cetak, online dan elektronik.
Certified Financial Planner
Priority Banking Relationship Manager, Manulife Asset Management Indonesia as Relationship Manager, Panin Asset Management as Team Leader Retail Marketing and Start doing as Financial Planner, ZACD Group as Relationship Manager.
Independent Financial Planner
Pendiri & CEO KontrakHukum.com. Pakar Hukum & Bisnis. Pembawa Berita dan Public Figure.
Pakar Investasi & Value Investor dengan 10 Tahun+ Pengalaman
Financial Educator, Lifestyle Blogger, Founder, Entrepreneur, Pembicara dan Pemateri.
Profesional di pasar modal yang berkarir di sekuritas dan regulator.