Terjawab

Gimana sih cara memilih asuransi kesehatan yang paling bagus?

Oleh : Tegar Mataya
Mei 26, 2020

Jawaban

Avatar
Cofounder and CMO Lifepal -- Certified Insurance Professionals - ANZIIF
0 Komentar

Untuk memilih asuransi kesehatan terbaik, Anda perlu memastikan beberapa hal berikut:
Layanan terbaik
Pilih asuransi kesehatan yang memiliki layanan hotline 24 jam dan bermitra dengan rumah sakit yang tersedia di dekat rumah Anda. Hal ini penting agar kamu bisa mengajukan klaim dengan efisien dalam keadaan darurat.
Pilih pertanggungan yang sesuai
Asuransi swasta gak menanggung semua jenis penyakit, melainkan ada beberapa yang dikecualikan. Umumnya, penyakit keras seperti kanker, AIDS, atau penyakit menular seksual masuk ke dalam pengecualian klaim. 

Namun, ada beberapa asuransi yang menerima klaim tersebut. Pastikan penyakit yang berisiko diderita termasuk dalam pertanggungan asuransi kesehatan.
Pre-existing condition
Pre-existing condition adalah kondisi di mana Anda sudah memiliki riwayat atau gejala penyakit  tertentu saat mendaftar asuransi, sehingga pendaftaran Anda tidak diterima. Penyakit yang masuk ke dalam kategori ini misalnya diabetes melitus, kanker, auto imun, hingga kista. 

Namun, ada beberapa asuransi yang mau menanggung pengecualian ini. Mau tahu apa saja? Silakan baca artikel kami tentang Pre-existing Condition ya.
Cara klaim cashless
Asuransi kesehatan memiliki dua jenis klaim, yaitu cashless dan reimbursement. Maksudnya cashless adalah tanpa uang tunai. Jadi tinggal datang ke rumah sakit, menunjukkan kartu asuransi, dan bisa langsung dapat perawatan medis. 

Sementara reimbursement mengharuskan Anda membayar biaya rumah sakit dulu, lalu uangnya bakal diganti di kemudian hari sama asuransi.

Mana yang harus Anda pilih? Tentu saja cari asuransi yang bisa klaim cashless. Karena jelas akan memudahkan jika sedang gak memiliki uang untuk berobat.
Satu premi, untuk satu keluarga
Jika Anda sudah berkeluarga, asuransi kesehatan keluarga bisa jadi pilihan. Pasalnya, produk tersebut sangat efisien dan lebih murah daripada beli satuan. 

Soalnya, Anda bakal diberikan pertanggungan untuk satu keluarga (biasanya bisa sampai 5 orang) hanya dengan membayar satu polis saja. Menarik kan!

Demikian beberapa tips untuk memilih asuransi kesehatan terbaik. Sebenarnya Anda juga telah mengulas tentang asuransi kesehatan secara lengkap yang bisa ditemukan di artikel Asuransi Kesehatan kami.