Terjawab

Gimana sih cara terbaik untuk menolak agen asuransi?

Oleh : Rajini Madana
Mei 26, 2020

Jawaban

Avatar
Cofounder and CMO Lifepal, Certified Insurance Professionals - ANZIIF
0 Komentar

Seringkali memang kita mendapatkan telepon dari agen asuransi pada saat yang gak tepat. Bisa jadi Anda sedang sibuk atau memang gak tertarik untuk membeli asuransi, tapi gak enak untuk menolak secara langsung. 

Karena itu, berikut beberapa kalimat cara menolak agen asuransi.

Saya gak tertarik membeli asuransi

Jika Anda mengatakan hal ini pada awal pembicaraan telepon, tentu agen akan berusaha terus untuk berbicara, karena dia belum menyampaikan hal penting yang perlu kamu dengar. 

Karena itu, coba dengarkan dulu apa yang mau agen katakan. Bila kurang jelas, ajukan beberapa pertanyaan terkait produk yang dia tawarkan. 

Tanyalah sekritis mungkin dan pertimbangkan apakah kamu membutuhkan produk asuransi? Kalau memang setelah diterangkan tak butuh, baru Anda bisa mengatakan tidak tertarik. 

Teman atau saudara saya juga agen asuransi, saya akan beli dari dia

Mengatakan hal ini kepada agen asuransi tentunya bakal menimbulkan pertanyaan baru. Jika memang saudara Anda agen, kenapa sampai saat ini Anda gak punya asuransi? Oleh sebab itu, sebaiknya pernyataan ini dihindari saja.

Saya pertimbangkan dulu, hubungi lain waktu saja ya

Gak ada yang senang digantungkan dan gak diberikan kepastian. Kalau Anda mengulur waktu seperti ini, Anda harus menolak untuk kedua kalinya saat agen asuransi menghubungi lagi. 

Karena itu, gak ada salahnya mencoba minta dokumen polis dari agen untuk dipelajari, toh Anda akan dapat waktu free look period selama 14 hari tanpa keluar biaya.

Saya belum perlu asuransi kesehatan

Tahukan Anda, semakin muda membeli asuransi kesehatan, maka semakin murah preminya. Kalau membeli di usia tua, tentu uang premi kamu jauh di lebih mahal padahal waktu tersebut adalah momen di mana Anda sangat membutuhkan asuransi kesehatan. Membeli asuransi kesehatan sejak dini adalah investasi yang menguntungkan.

Biaya hidup sudah terlalu tinggi

Karena biaya hidup tinggi, maka asuransi sangat dibutuhkan untuk mengatur keuangan Anda. Risiko kematian atau sakit bisa datang kapan saja dan menimbulkan biaya yang gak sedikit. Kalau Anda membeli asuransi, biaya tersebut bisa dibagi bulanan dengan nominal yang lebih ringan.

Demikian tips menolak agen asuransi. Semoga bermanfaat ya!