Terjawab

Investasi apa yang bisa dilakukan dengan modal kecil?

Oktober 6, 2020

Jawaban

Rivan Kurniawan
Pakar Investasi & Value Investor dengan 10 Tahun+ Pengalaman
0 Komentar

Pilihan investasi yang cocok buat kamu yang masih memiliki modal kecil, bisa mempertimbangkan beberapa pilihan investasi berikut :

1. Reksadana

Produk investasi pertama yang bisa kamu pilih adalah reksadana. Reksadana ini adalah wadah untuk menghimpun dana investor secara kolektif, dan kemudian akan diinvestasikan dalam portofolio efek yang dikelola oleh Manajer Investasi (MI). Nantinya uang kamu akan digabungkan dengan uang investasi investor lain untuk dikelola oleh Manajer Investasi demi memperoleh keuntungan. Sekarang bahkan ada beberapa reksadana yang bisa mulai dari Rp 10 ribu.

2. Obligasi Negara

Alternatif kedua produk investasi untuk kamu dengan gaji Rp 1 -2 juta adalah obligasi negara. Selain berinvestasi, sebenarnya kamu juga berperan membantu negara dengan membeli obligasi negara. Karena dana investasi kamu dapat digunakan oleh negara untuk membiayai pembangunan infrastruktur, dll. Ada dua macam obligasi atau surat utang yang ditawarkan pemerintah, yang pertama adalah Obligasi Ritel Indonesia (ORI), dan yang kedua adalah surat utang berbasis syariah atau Sukuk Ritel. Investasi ini selain tidak membutuhkan dana besar, juga sangat aman karena dijamin oleh pemerintah. Imbal hasil yang ditawarkan juga cukup tinggi mencapai 6 – 8%. Modal minimal untuk investasi di Obligasi Negara saat ini adalah Rp 1 juta.

3. Saham

Alternatif ketiga produk investasi adalah saham. Saham adalah bukti kepemilikan di suatu perusahaan. Saat ini, OJK sudah memudahkan syarat modal setoran awal untuk investasi saham, bisa dimulai dengan dana mulai dari Rp 100.000. Dari segi return, saham bisa memberikan return di atas ketiga instrument lainnya di atas. Namun risikonya juga tergolong cukup tinggi, apabila time frame investasinya jangka pendek. Karena harga saham bisa berfluktuasi dalam jangka pendek, namun dalam jangka Panjang harga saham senatiasa meningkat mengikuti kinerja perusahaan.