Terjawab

Bagaimana mengajukan kartu kredit jika punya hutang di bank dengan gaji pas-pasan? Dan Kartu Kredit apa yang bagus?

November 15, 2020
Malam Saya sofyan ingin bertanya. Saat ini saya punya hutang di bank, setiap bulannya saya bayar 2,7jt. Sedangkan gaji yg saya terima setiap bulan antara 3,5jt dan istri 2jt. Istri punya kpr rumah setiap bulnnya bayar 650rb. Kira2 apakah saya bisa mengajukan pembuatan kartu kredit? Dan kartu kredit apa yg sebaiknya saya ambil? Terimakasih

Jawaban

Erlina Juwita, MM, CFP®, QWP®
Perencana Keuangan, fasilitator Financial Planning Class & CFP Preparation Class, Pembicara, Narasumber
0 Komentar

Jawaban saya untuk pertanyaan ini singkat saja ya : jangan pernah berpikir untuk mengajukan kartu kredit jika kamu masih punya utang dan gaji kamu masih pas-pasan. Benahi dulu cashflow kamu menjadi lebih baik, serta tambah sumber-sumber pendapatan kamu.

Cara Terbebas dari Utang

Untuk membuat kartu kredit, pastikan kalau kamu telah melunasi utang-utang kamu. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar cepat-cepat terbebas dari utang.

Turunkan Standar Gaya Hidup

Yang pertama bisa kamu lakukan buat lepas dari jeratan utang adalah menurunkan standar gaya hidup. Bisa jadi selama ini kamu belum bisa lunasi utang karena gaya hidup yang mencekik dompet.

Misalnya, gaji kamu pas-pasan, tetapi kamu hobi banget nongkrong di Starbucks, bahkan hampir setiap hari. Coba untuk menguranginya, misalnya seminggu sekali, atau membuat kopi sendiri di kantor.

Coba Kurangi Bujet Biaya Hidup

Mungkin ada pengeluaran bulanan yang sebenarnya bisa kamu tekan lagi atau kamu kurangi?
Contoh, daripada kamu bayar sewa kamar di apartemen yang harganya bisa Rp3 juta per bulan, coba pindah ke kos-kosan yang lebih terjangkau.

Jual Barang yang Gak Kamu Butuhkan

Daripada biarkan barang yang masih layak jual teronggok gitu aja di rumah, lebih baik kamu jual. Hasil penjualannya lumayan untuk membayar utang yang masih menunggak.

Lakukan Refinancing

Refinancing adalah cara melunasi utang dengan mengambil pinjaman baru yang bunganya lebih rendah. Opsi ini bisa diambil agar utang yang cicilannya besar bisa segera dibereskan.

Stop Pakai Kartu Kredit

Perlu diakui bahwa penggunaan kartu kredit kadang bikin pemiliknya merasa seperti sedang punya uang banyak. Di akhir bulan saat tagihan datang, baru deh pemilik kartu kredit tersebut tegang dan pusing lihat jumlahnya.

Cari Kerja Sampingan

Nah, biar makin ringan buat lunasi utang yang ada, kamu bisa coba cari kerja sampingan.

Dimana ada kemauan, di situ ada jalan. Kamu bisa coba berbagai pekerjaan sampingan yang bahkan gak butuh modal, lho.

Salam
Erlina Juwita