Terjawab

Manajemen keuangan seperti apa yang paling tepat untuk seorang single?

3 days ago

Answer

Fioney Sofyan Ponda, S.Ked., RFA®
Wealth Asset Manager, Pembicara, Narasumber, Penulis
0 Comments

Ada 2 macam single. Single tanpa tanggungan atau single dengan tanggungan.
Single dengan tanggungan berarti orang tersebut memiliki tanggung jawab terhadap pihak lain selain dirinya. Yaitu misalnya adiknya yang masih ia bantu biaya sekolah, atau orangtua, atau siapapun yang masih tergantung secara finansial padanya.

Untuk single dengan tanggungan, maka managemen keuangan yang harus ia lakukan adalah sebagai berikut:
a. ia harus memiliki dana darurat sedikitnya 6 bulan dari gaji. Dengan harapan kalau sampai terjadi apa apa dengannya, maka ada dana yang bisa menutupi pengeluaran untuk orang yang ditanggungnya, sehingga mereka aman selama 6 bulan. Namun melihat situasi pandemik seperti sekarang, baiknya keberadaan dana darurat yang dimiliki diperbesar hingga 12 bulan ke depan.

b. miliki asuransi.

Asuransi kesehatan dan asuransi jiwa adalah hal yang wajib. Sebagai seseorang yang single apalagi dengan tangunggungan, artinya Anda tidak memiliki siapa siapa untuk bergantung, malah ada orang lain yang tergantung pada Anda.Oleh sebab itu untuk masalah kesehatan, baiknya selain memiliki BPJS baiknya Anda juga memiliki asuransi biasa. Hal ini dikarenakan adanya cooperation of benefit antara asuransi swasta dan bpjs yang bisa saling mengisi antara satu sama lain, sehingga perlindungan yang Anda miliki bisa maksimal, dan anda tidak perlu khawatir menjadi beban siapapun.

Sementara Asuransi jiwa itu sangat penting apalagi kalau ada yang tergantung pada Anda secara finansial. Peran asuransi jiwa ini adalah perlindungan terhadap dampak kerugian finansial dan jasmani, atau dengan kata lain jaring pengaman untuk menjaga orang-orang yang Anda sayangi dari hilangnya diri Anda, sehingga kalau sampai terjadi hal buruk pada Anda, masih ada yang bisa mensupport secara finansial. Penting bagi Anda juga untuk tahu besarannya berapa. untuk hal ini bisa ditanyakan langsung kepada perencana keuangan yang anda percayai sehingga Anda bisa mendapatkan angka serta rekomendasi yang lebih baik.

c. miliki investasi

investasi itu penting karena anda butuh uang anda untuk tetap berkembang dan membantu anda untuk mencapai tujuan-tujuan keuangan Tentunya Anda tidak ingin terus bekerja untuk orang lain, Suatu hari mungkin Anda ingin menikah, punya anak, punya tempat tinggal yang baik, mempersiapkan dana pendidikan yang cukup dan pembiayaan lain yang mungkin Anda butuhkan untuk anak Anda. Atau kalaupun Anda memilih untuk tetpa single, Anda tentunya tidak berencana untuk terus bekerja bukan? Setidaknya Anda akan membutuhkan perencanaan dana pensiun, maka berinvestasilah untuk masa pensiun Anda nanti.

Setiap individu tentunya memiliki kebutuhan finansial yang berbeda, namun tetap kebutuhan wajib yang dimiliki setiap orang adalah dana darurat, asuransi, dan investasi. Terlepas bagaimana besaran pengeluaran untuk kebutuhan rutin bulananya, 3 hal itu tetap wajib kita miliki, agar selain dapat melindungi diri dan orang lain yang sangat tergantung pada kita, tentunya kita juga butuh mempersiapkan diri untuk tujuan keuangan kita yang lain dengan berinvestasi, untuk masa pensiun nanti misalnya.

Semoga bermanfaat.