Terjawab

Manakah yang lebih untung antara investasi tanah dan investasi rumah?

Desember 22, 2020

Memiliki investasi di bidang properti tentu akan sangat menjanjikan, tapi saya masih bingung antara investasi rumah vs investasi tanah.

Saat ini saya dihadapkan dengan pilihan investasi tanah atau rumah, kira-kira investasi mana yang sebaiknya saya pilih?

Mengapa investasi tanah? Apakah investasi tanah bisa lebih menguntungkan dari investasi rumah dalam kondisi pandemi seperti saat ini? Mohon jawabannya. Terima kasih.

Jawaban

Vigi Caraka
Profesional di pasar modal yang berkarir di sekuritas dan regulator.
0 Komentar

Investasi melalui properti merupakan investasi yang cukup populer, karena barangnya terlihat secara nyata. Kamu bisa langsung melihat dan menyentuh rumah atau tanah yang kamu miliki.

Masalah tentang tanah atau rumah adalah sebuah good problem, karena untuk berinvestasi di dua hal ini membutuhkan dana yang cukup banyak. Artinya kamu berhasil menjaga keuanganmu dengan baik, sehingga di masa pandemi seperti ini kamu masih memiliki sisa uang untuk berinvestasi. Selamat!

Tanah atau Rumah?

Tanah atau rumah? Tentu hal ini harus disesuaikan dengan strategi investasi yang ingin kamu jalankan. Akan kamu gunakan untuk apa tanah atau rumah tersebut? Apa harga tanah atau rumah tersebut memiliki potensi naik di masa depan?

Perlu dipahami bangunan adalah jenis aset yang masa pakainya bisa habis, sehingga nilainya berkurang dari waktu ke waktu. Akan sia-sia jika kamu membeli rumah namun tidak dimanfaatkan. Selain itu setiap tahun ada biaya yang harus dikeluarkan seperti biaya renovasi, pajak bumi dan bangunan, dll. Jika kamu tidak ada rencana menyewakan atau memanfaatkan rumah tersebut, investasi tanah saja pilihan yang lebih masuk akal. Karena tanah adalah aset yang tidak terdepresiasi, nilainya mengikuti harga pasar.

Namun apabila kamu berencana menyewakan atau memanfaatkan rumah tersebut dengan cara lainnya, mungkin saja pilihan ini yang lebih baik. Coba buat proyeksi kira-kira berapa besar pendapatan dan pengeluaran untuk melakukan hal tersebut. Kemudian bandingkan dengan jika hanya berinvestasi di tanah. Mana yang lebih menarik? Selamat memilih.

Dapatkan solusi dari para ahli keuangan

Ade Wikasyah
Praktisi Keuangan Syariah
Aulia Akbar, CFP®
Perencana Keuangan, Praktisi Hubungan Masyarakat
Benny Fajarai CIP® CFP®
Cofounder Lifepal.co.id - Certified Insurance Professionals & Certified Financial Planner
Eko Endarto, CFP, RFA
Independen Financial Planner, Founder Finansia Consulting dan Sahabat Pensiun.
Erlina Juwita, MM, CFP®, QWP®
Founder @CerdasKeuangan dan Senior Consultant @Oneshildt.
Fioney Sofyan Ponda, S.Ked., RFA®
Wealth Asset Manager, Pembicara, Narasumber, Penulis
Galuh Alifani
Konsultan bisnis, penulis, pengamat keuangan, dan pegiat seni. Penerima penghargaan best paper award untuk publikasi keuangan, dari institusi akademik internasional, IISES.
Irvan Rahardjo, SE., MM
Penulis, arbiter, editor buku, kolumnis, saksi ahli berbagai instansi, narasumber seminar dan media cetak, online dan elektronik.
Lolita Setyawati, CA, MSIT, CFP®️
Certified Financial Planner
Maryadi Santana, CFP® QWP®
Priority Banking Relationship Manager, Manulife Asset Management Indonesia as Relationship Manager, Panin Asset Management as Team Leader Retail Marketing and Start doing as Financial Planner, ZACD Group as Relationship Manager.
Nadia Isnuari Harsya, CFP®
Independent Financial Planner
Rieke Caroline, SH, MKn.
Pendiri & CEO KontrakHukum.com. Pakar Hukum & Bisnis. Pembawa Berita dan Public Figure.
Rivan Kurniawan
Pakar Investasi & Value Investor dengan 10 Tahun+ Pengalaman
Roswitha Jassin, SE, MBA, CFP
Financial Educator, Lifestyle Blogger, Founder, Entrepreneur, Pembicara dan Pemateri.
Vigi Caraka
Profesional di pasar modal yang berkarir di sekuritas dan regulator.