Terjawab

Bagaimana cara membuat i-banking mandiri dari luar negeri?

Oleh : Aprilya
Desember 1, 2020

Saya baru pindah ke Belanda dan ada uang asuransi yang saya tarik dari asuransi tertentu masuk ke rekening saya. Karena posisi saya di luar negeri saya ingin bisa mengecek tabungan mandiri saya melalui i-banking.

Apa memungkinkan untuk membuat i-banking dari luar negeri? Mungkin cukup dengan membuatnya melalui internet? Apa langkah yang harus saya lakukan? Terima kasih.

Jawaban

Wealth Asset Manager, Pembicara, Narasumber, Penulis
0 Komentar

Pendaftaran internet banking bisa dilakukan secara online dengan mengunjungi situs resmi bank bersangkutan dan mengikuti instruksi yang dijelaskan.

Untuk bisa memiliki internet banking tidak dikenakan biaya dari bank dan bisa dilakukan kapan saja. Meski begitu, ada beberapa persyaratan utama yang harus dipenuhi, yaitu:
– Sudah menjadi nasabah bank bersangkutan dan memiliki rekening yang masih aktif.
– Memiliki surel yang masih aktif.
– Memiliki nomor telepon ponsel yang masih aktif.
– Memahami ketentuan pembuatan internet banking dan memberikan persetujuan.

Selanjutnya untuk mendaftar internet banking, kamu harus melakukan di ATM bank terdekat. Nah khusus untuk kamu yang berada di luar negeri sepertinya harus mencari tahu ATM mana yang sudah terintegrasi dengan layanan bank pilihanmu di Indonesia.

Nah jika kamu sudah menemukan ATM yang sesuai, kamu cuma perlu mengikuti instruksi yang ada. Umumnya kamu bisa pilih menu ‘Registrasi/Registration’ atau sebagian ATM lainnya menyediakan menu ‘internet banking’.

Setelah kamu menyelesaikan semua tahapan pendaftaran internet banking melalui ATM, kamu akan mendapatkan struk yang berisi kode atau nomor registrasi.

Kode atau nomor registrasi ini bisa kamu gunakan untuk mengakses akun pribadimu di bank bersangkutan melalui browser. Kamu bisa mengunjungi situs resmi bank pilihanmu dan log-in menggunakan kode/nomor registrasimu.

Dari internet banking melalui browser ini, kamu bisa melakukan cek saldo tabungan, riwayat transaksi perbankan, dan mendapatkan informasi layanan nasabah.

Namun kamu belum bisa melakukan transaksi perbankan, seperti transfer uang atau melakukan pembelian secara online, karena akses ini baru bisa kamu dapatkan setelah melakukan registrasi di kantor cabang bank secara langsung.

Kantor Cabang Bank di Luar Negeri

Sebagian perusahaan bank di Indonesia sudah memiliki kantor cabang di luar negeri. Jika kamu tinggal di Belanda, maka kamu perlu mencari tahu apakah bank pilihanmu membuka cabang di area tersebut.

Kamu bisa mengakses informasi ini melalui situs resmi bank pilihanmu secara online.

Melakukan Registrasi Mobile Banking di Kantor Cabang Bank

Jika kamu mau melakukan transfer uang atau belanja online, kamu perlu melakukan registrasi lanjutan di kantor cabang bank. Nanti kamu akan diminta untuk meng-install aplikasi mobile banking.

Setelah meng-install, petugas bank akan meminta kode atau nomor registrasi yang kamu dapatkan sebelumnya dari pendaftaran internet banking di ATM. Kode atau nomor tersebut akan digunakan untuk mengaktifkan aplikasi mobile banking-mu.

Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pengaktifan tidak akan lama. Setelah aktif, kamu sudah bisa melakukan transfer dan belanja online dari ponselmu melalui aplikasi mobile banking.

Dapatkan solusi dari para ahli keuangan

Praktisi Keuangan Syariah
Perencana Keuangan, Praktisi Hubungan Masyarakat
Cofounder Lifepal.co.id - Certified Insurance Professionals & Certified Financial Planner
Independen Financial Planner, Founder Finansia Consulting dan Sahabat Pensiun.
Founder @CerdasKeuangan dan Senior Consultant @Oneshildt.
Wealth Asset Manager, Pembicara, Narasumber, Penulis
Konsultan bisnis, penulis, pengamat keuangan, dan pegiat seni. Penerima penghargaan best paper award untuk publikasi keuangan, dari institusi akademik internasional, IISES.
Penulis, arbiter, editor buku, kolumnis, saksi ahli berbagai instansi, narasumber seminar dan media cetak, online dan elektronik.
Certified Financial Planner
Priority Banking Relationship Manager, Manulife Asset Management Indonesia as Relationship Manager, Panin Asset Management as Team Leader Retail Marketing and Start doing as Financial Planner, ZACD Group as Relationship Manager.
Independent Financial Planner
Pendiri & CEO KontrakHukum.com. Pakar Hukum & Bisnis. Pembawa Berita dan Public Figure.
Pakar Investasi & Value Investor dengan 10 Tahun+ Pengalaman
Financial Educator, Lifestyle Blogger, Founder, Entrepreneur, Pembicara dan Pemateri.
Profesional di pasar modal yang berkarir di sekuritas dan regulator.