Terjawab

Mending cari investor atau minjam uang bank untuk bisnis?

Mei 26, 2020

Jawaban

Lifepal
0 Komentar

Jika Anda saat ini membutuhkan pinjaman dana untuk modal usaha, maka Anda tidak perlu terlalu pusing. Mengapa? Karena saat ini ada alternatif tempat untuk meminjam uang selain bank, yaitu mencari investor.

Untuk mengatasi kendala kekurangan modal, para pelaku usaha biasanya mendapatkan tambahan dana dari investor perorangan maupun lembaga keuangan yang ada seperti bank.

Kalau meminjam dana pada bank, dana pinjaman berasal dari dana nasabah yang diputar atau dikelola oleh pihak bank untuk memberikan kredit.

Sedangkan pada investor, pinjaman berasal dari investor yang meminjamkan uangnya untuk mendapatkan keuntungan berupa suku bunga.

1. Skema pinjaman bank

Berbeda bila meminta dana pada investor, pada skema pinjaman bank yang Anda pilih adalah produk pinjamannya. Saat memilih produk pinjaman, maka yang akan diperhatikan oleh nasabah adalah persyaratan pengajuan dan suku bunga.

Jika peminjam sudah menentukan produk pinjaman mana yang dipilih, maka langkah berikutnya peminjam harus melengkapi persyaratan.

Persyaratan ini meliputi identitas diri, informasi tentang bisnis Anda, perencanaan pengalokasian uang, serta surat atau bukti kepemilikan aset.

Tidak cukup hanya dengan menunjukkan bukti kepemilikan bisnis dan aset, Anda pun perlu meyakinkan pihak bank bahwa usaha Anda memiliki prospek yang baik.

Cara meyakinkannya dengan rutin membuat laporan keuangan minimal 2 tahun sekali dan membuat perencanaan cash flow.

Apabila persyaratan sudah Anda siapkan, maka langkah berikutnya adalah melakukan proses pengisian formulir.

Setelah melalui proses survey dan analisis pihak bank, maka Anda tinggal menunggu informasi dari pihak bank hingga tiga bulan ke depan untuk mendapat jawaban apakah pengajuan pinjaman diterima atau tidak. Setelah diterima, Anda tinggal menunggu dana pinjaman cair.

2. Skema pinjaman dana dari investor

Anda harus dapat meyakinkan para calon investor dengan merancang skema usaha yang hendak dirintis serta darimana datangnya imbal balik yang berpotensi diraih.

Gambarkan secara detail prospek bisnis Anda ke depannya dengan jujur, realistis, dan meyakinkan tanpa ada hal yang ditutupi dengan maksud untuk mendapatkan keuntungan pribadi.

Jelaskan secara menyeluruh tentang rencana usaha Anda, termasuk risiko kerugiannya sebagai kemungkinkan terburuk. Kesungguhan dan niat baik Anda akan memberi keyakinan kepada calon investor sehingga bersedia menanamkan modalnya pada bisnis Anda.

Dapatkan solusi dari para ahli keuangan

Ade Wikasyah
Praktisi Keuangan Syariah
Aulia Akbar, CFP®
Perencana Keuangan, Praktisi Hubungan Masyarakat
Benny Fajarai CIP® CFP®
Cofounder Lifepal.co.id - Certified Insurance Professionals & Certified Financial Planner
Eko Endarto, CFP, RFA
Independen Financial Planner, Founder Finansia Consulting dan Sahabat Pensiun.
Erlina Juwita, MM, CFP®, QWP®
Founder @CerdasKeuangan dan Senior Consultant @Oneshildt.
Fioney Sofyan Ponda, S.Ked., RFA®
Wealth Asset Manager, Pembicara, Narasumber, Penulis
Galuh Alifani
Konsultan bisnis, penulis, pengamat keuangan, dan pegiat seni. Penerima penghargaan best paper award untuk publikasi keuangan, dari institusi akademik internasional, IISES.
Irvan Rahardjo, SE., MM
Penulis, arbiter, editor buku, kolumnis, saksi ahli berbagai instansi, narasumber seminar dan media cetak, online dan elektronik.
Lolita Setyawati, CA, MSIT, CFP®️
Certified Financial Planner
Maryadi Santana, CFP® QWP®
Priority Banking Relationship Manager, Manulife Asset Management Indonesia as Relationship Manager, Panin Asset Management as Team Leader Retail Marketing and Start doing as Financial Planner, ZACD Group as Relationship Manager.
Nadia Isnuari Harsya, CFP®
Independent Financial Planner
Rieke Caroline, SH, MKn.
Pendiri & CEO KontrakHukum.com. Pakar Hukum & Bisnis. Pembawa Berita dan Public Figure.
Rivan Kurniawan
Pakar Investasi & Value Investor dengan 10 Tahun+ Pengalaman
Roswitha Jassin, SE, MBA, CFP
Financial Educator, Lifestyle Blogger, Founder, Entrepreneur, Pembicara dan Pemateri.
Vigi Caraka
Profesional di pasar modal yang berkarir di sekuritas dan regulator.
Apakah ada usaha rumahan yang bisa dimulai tanpa modal? Apa saja? Kembali Terjawab Apakah ada usaha rumahan yang bisa dimulai tanpa modal? Apa saja? Oleh : Citra Nareswara Juni 18, 2020 Jawaban Lifepal 0 Komentar Ada. Di zaman semakin canggih, Anda bisa menjalani bisnis tanpa modal tapi menggunakan jaringan internet. Bermodalkan ponsel pintar yang sehari-hari untuk melihat Instagram, Anda bisa menjalani bisnis dropshipper maupun jasa titip. Yaitu sistem bisnis baru yang muncul karena perkembangan teknologi. Proses transaksi semuanya bisa dilakukan hanya lewat ponsel pintar, tinggal menentukan saja komoditas apa yang mau dijual. Nah, untuk mengetahui komoditas atau peluang usaha apa saja yang bisa dijalani tanpa modal, simak ulasannya lebih lengkap di sini! 0
894
1
Terjawab
Apa langkah awal yang harus diperhatikan ketika memulai bisnis? Ibu saya mempunyai keahlian membuat peyek dengan segala rasa dan sudah cukup punya pangsa pasar disekitar lokasi rumah. Tujuan saya membuat olahan peyek ibu saya lebih meluas lagi. Kira – kira apa yg harus saya lakukan ? saya berencana untuk branding (apakah ini rumit?), membuat website dan sosial media . apakah nanti akan ada pajak dll yg perlu di perhatikan? atau langkah langkah awal apa saja yg perlu saya perhatikan? saya ingin sekali membuat bisnis ibu saya berkembang . terimakasih
487
0
Bagaimana cara untuk memulai bisnis disaat pandemi? Bagaimana cara untuk memulai bisnis di saat pandemi ini? Kapan kira - kira pandemi berakhir? Lalu, bagaimana cara menemukan potensi diri?
392
0
Apa jenis bisnis yang menguntungkan di masa pandemi seperti saat ini Saya seorang wiraswasta yang sudah beberapa kali berganti lini bisnis, mulai dari makanan, fashion, sampai menjalani bisnis jasa titip (jastip). Tapi, saat ini saya sudah tak memiliki modal karena sempat tertipu dan bisnis colaps di tengah jalan. Saya kini sedang mencari ide usaha bisnis kecil untuk tetap bekerja di tengah pandemi. Apa jenis bisnis yang menguntungkan di masa pandemi yang bisa saya jalani? Mengingat saat ini saya hanya punya modal Rp5 juta, kira-kira apa jenis bisnis yang bisa dijalankan? Mohon informasinya. Terima kasih.
732
1
Terjawab
Membayar pajak PPN dengan NPWP badan atau orang lain? Saya mempunyai Toko Online di Aplikasi Siplah dengan NPWP atas nama saya sendiri. Di toko saya ada beberapa produk yang harganya sudah termasuk dengan pajak. Pertanyaan saya bagaimana saya membayar pajak tersebut dengan menggunakan NPWP pembeli yang sebagian besar atas nama sekolah? Terima kasih.
702
1
Terjawab
1 2 5