Terjawab

Perjanjian kerja karyawan tetap tapi ditulis tidak mendapatkan pesangon?

September 25, 2020
Saya di PHK, tapi tidak diberikan pesangon karena dalih tertulis di kontrak kerja tidak mendapatkan pesangon. Dalam kasus ini bagaimana ya?

Jawaban

Lifepal
0 Komentar

Perusahaan bisa menjadikan Perjanjian Bersama yang telah ditandatangani para pihak sebagai bukti/ dasar bahwa pegawai telah sepakat untuk menerima pesangon dengan jumlah yang telah dinegosiasikan.

Selain itu mnrt pasal 7 UU No 2 / 2004, perjanjian bersama wajib didaftarkan oleh para pihak pada pengadilan hubungan industrial, dan nanti para pihak akan menerima akta bukti pendaftaran perjanjian bersama.
Jadi ini menguatkan posisi perusahaan bahwa telah dilakukan kesepakatan.

Namun perlu diperhatikan bahwa pembuatan perjanjian bersama juga harus mengacu pada UU, dalam arti pesangon yg dibayar tidak jauh dari apa yg diatur UU, sehingga pihak pekerja juga tidak dirugikan dengan perjanjian bersama tersebut.
Sebagaimana syarat sah perjanjian :
1. Kesepakatan para pihak
2. Kecakapan untuk membuat perjanjian
3. Suatu hal tertentu
4. Suatu sebab yang halal (sehingga perjanjian tidak boleh melanggar UU dan tetap berpedoman pada UU Ketenagakerjaan).

Meski perjanjian menganut asas kebebasan berkontrak, namun tetap tidak boleh bertentangan dengan UU, karena akan batal demi hukum.

Yang dimaksud dengan tidak boleh bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku adalah peraturan perusahaan/perjanjian kerja tidak boleh lebih rendah kualitas atau kuantitasnya dari peraturan perundang-undangan yang berlaku, dan apabila ternyata bertentangan, maka yang berlaku adalah ketentuan perundangundangan (UU Ketenagakerjaan).

Jadi perusahaan Wajib membayarkan pesangon sebagai akibat PHK sekalipun peraturan perusahaan/ perjanjian kerjanya mengatur berbeda.