Terjawab

Perjanjian kerja karyawan tetap tapi ditulis tidak mendapatkan pesangon?

September 25, 2020

Saya di PHK, tapi tidak diberikan pesangon karena dalih tertulis di kontrak kerja tidak mendapatkan pesangon. Dalam kasus ini bagaimana ya?

Jawaban

0 Komentar

Perusahaan bisa menjadikan Perjanjian Bersama yang telah ditandatangani para pihak sebagai bukti/ dasar bahwa pegawai telah sepakat untuk menerima pesangon dengan jumlah yang telah dinegosiasikan.

Selain itu mnrt pasal 7 UU No 2 / 2004, perjanjian bersama wajib didaftarkan oleh para pihak pada pengadilan hubungan industrial, dan nanti para pihak akan menerima akta bukti pendaftaran perjanjian bersama.
Jadi ini menguatkan posisi perusahaan bahwa telah dilakukan kesepakatan.

Namun perlu diperhatikan bahwa pembuatan perjanjian bersama juga harus mengacu pada UU, dalam arti pesangon yg dibayar tidak jauh dari apa yg diatur UU, sehingga pihak pekerja juga tidak dirugikan dengan perjanjian bersama tersebut.
Sebagaimana syarat sah perjanjian :
1. Kesepakatan para pihak
2. Kecakapan untuk membuat perjanjian
3. Suatu hal tertentu
4. Suatu sebab yang halal (sehingga perjanjian tidak boleh melanggar UU dan tetap berpedoman pada UU Ketenagakerjaan).

Meski perjanjian menganut asas kebebasan berkontrak, namun tetap tidak boleh bertentangan dengan UU, karena akan batal demi hukum.

Yang dimaksud dengan tidak boleh bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku adalah peraturan perusahaan/perjanjian kerja tidak boleh lebih rendah kualitas atau kuantitasnya dari peraturan perundang-undangan yang berlaku, dan apabila ternyata bertentangan, maka yang berlaku adalah ketentuan perundangundangan (UU Ketenagakerjaan).

Jadi perusahaan Wajib membayarkan pesangon sebagai akibat PHK sekalipun peraturan perusahaan/ perjanjian kerjanya mengatur berbeda.

Dapatkan solusi dari para ahli keuangan

Praktisi Keuangan Syariah
Perencana Keuangan, Praktisi Hubungan Masyarakat
Cofounder Lifepal.co.id - Certified Insurance Professionals & Certified Financial Planner
Independen Financial Planner, Founder Finansia Consulting dan Sahabat Pensiun.
Founder @CerdasKeuangan dan Senior Consultant @Oneshildt.
Wealth Asset Manager, Pembicara, Narasumber, Penulis
Konsultan bisnis, penulis, pengamat keuangan, dan pegiat seni. Penerima penghargaan best paper award untuk publikasi keuangan, dari institusi akademik internasional, IISES.
Penulis, arbiter, editor buku, kolumnis, saksi ahli berbagai instansi, narasumber seminar dan media cetak, online dan elektronik.
Certified Financial Planner
Priority Banking Relationship Manager, Manulife Asset Management Indonesia as Relationship Manager, Panin Asset Management as Team Leader Retail Marketing and Start doing as Financial Planner, ZACD Group as Relationship Manager.
Independent Financial Planner
Pendiri & CEO KontrakHukum.com. Pakar Hukum & Bisnis. Pembawa Berita dan Public Figure.
Pakar Investasi & Value Investor dengan 10 Tahun+ Pengalaman
Financial Educator, Lifestyle Blogger, Founder, Entrepreneur, Pembicara dan Pemateri.
Profesional di pasar modal yang berkarir di sekuritas dan regulator.