Bagaimana apabila agen menyarankan untuk menunda pembayaran premi?

Oleh : Filina halawa
November 9, 2020
Saya membayar selama 3 tahun 5 bulan dengan premi 1 juta,  saya konsultasi dengan agen saya bahwa dia anjurkan saya untuk menunda pembayaran premi. Yang menjadi perpertanyaan saya apakah tidak menjadi kendalan nanti kedepannya? Terima Kasih.

Jawaban

Irvan Rahardjo, SE., MM
Penulis, arbiter, editor buku, kolumnis, saksi ahli berbagai instansi, narasumber seminar dan media cetak, online dan elektronik.
0 Komentar

Saran agen asuransi untuk menunda pembayaran premi asuransi perlu disikapi lebih lanjut, misalnya apakah ada manfaatnya bagi nasabah dan terutama lagi apakah bisa berdampak kepada penyalahartian isi kesepakatan polis asuransi.

Isi di dalam polis asuransi secara mendasar mencakup apa produk asuransi yang dibeli beserta apa saja manfaat pertanggungan yang didapatkan nasabah berdasarkan risiko-risiko yang dijamin oleh perusahaan asuransi. Selain itu, ada juga klausula pembayaran premi yang sudah ditentukan.

Jadi jika agenmu menyarankan untuk menunda pembayaran premi asuransi tanpa alasan yang kuat, misalnya karena simpati dari agen untuk meringankan beban keuangan nasabah terutama saat menghadapi Covid-19, maka lebih baik diabaikan saja.

Tentu agen asuransi seharusnya berpihak kepada nasabah karena sudah menjadi tugasnya untuk memudahkan nasabah mendapatkan perlindungan finansial yang tepat dengan kebutuhan sekaligus memandunya dalam proses pengajuan klaim asuransi.

Jadi jangan sampai keliru memilih agen asuransi. Cari tahu apakah dia sudah memiliki lisensi resmi dan pastikan bahwa agen pilihanmu adalah orang atau perusahaan profesional yang mengedepankan kebutuhanmu sebagai nasabah.

Peran Agen Asuransi bagi Nasabah

Agen asuransi adalah orang atau perusahaan yang memberikan jasa dengan cara memasarkan produk asuransi atas nama satu atau beberapa perusahaan asuransi. Orang atau perusahaan ini sebelumnya sudah harus memiliki lisensi resmi agar bisa memasarkan produk asuransi dengan legal.

Tidak masalah jika seorang agen asuransi menawarkan calon nasabah dengan beberapa rekomendasi produk dari perusahaan asuransi yang berbeda. Namun di sini agen harus bisa memberikan informasi secara objektif.

Agen asuransi yang bagus sewajarnya dapat membantu calon nasabah mendapatkan kebutuhannya dengan tepat. Jadi bukan semata mencari komisi, tapi pada nantinya juga harus siap membantu jika nasabah ingin mengajukan klaim asuransi.

Peran lain dari seorang agen adalah sebagai perpanjangan tangan perusahaan asuransi dalam melakukan perjanjian dengan calon tertanggung atau calon nasabah. Perusahaan asuransi tertentu tidak menggunakan agen independen, melainkan mereka sudah memiliki anak perusahaan yang berbisnis di bidang pemasaran. Para pegawainya menjadi agen asuransi internal.

Siapa Saja Bisa Menjadi Agen Asuransi

Siapa pun kamu, bisa bergabung menjadi agen asuransi. Lifepal sebagai broker asuransi online di Indonesia menawarkan lowongan menjadi agen asuransi. Jangan ragu untuk mencari tahu informasi selengkapnya di Mitra Lifepal.