Terjawab

Saham lagi drop karena corona, saatnya beli atau mending jual atau tahan?

Mei 26, 2020

Jawaban

Lifepal
Teman Andalanmu untuk Keuangan dan Asuransi
0 Komentar

Dalam berinvestasi, sebaiknya jadikan IHSG hanya sebagai referensi saja. Tetap berpegang pada saham-saham yang saat ini Anda miliki.

Kalau saat ini saham yang kita pegang valuasinya murah sekali, kinerjanya juga tetap bagus, sebenarnya kita tetap bisa mulai berinvestasi di saham tersebut.

Tips:

  1. Coba hitung persen margin of safety yang kalian dapatkan saat ini. Kalau dalam situasi normal misalkan bisa menggunakan margin of safety 30%, kalau dalam kondisi saat ini harus lebih tinggi bisa sampai 50% atau lebih.
  2. Coba ekspektasikan laba bersih saham akan turun, misalnya 20%-30% supaya kalau nanti misalnya laporan keuangan tahun 2020 dirilis dan laba bersihnya turun, tidak kaget karena sudah memperhitungkan penurunan laba bersih dalam evaluasi tersebut.
  3. Pilih sektor yang tidak terdampak signifikan akibat pandemi covid-19. Kalau pun berdampak minimal tidak signifikan. Analisa lebih dalam melalui laporan keuangan terakhir, laporan tahunan atau baca berita terbaru apakah saham yang dipegang saat ini berdampak signifikan atau tidak.
  4. Pergerakan IHSG tidak 100% berkorelasi dengan keadaan ekonomi. Ada saat-saat di mana harga saham bisa turun signifikan, ada saat-saat harga saham meningkat dibandingkan keadaan ekonomi. Kalau ekspektasi pasar sudah bergerak positif bukan tak mungkin ekonomi meningkat.