Terjawab

Sampai saat ini saya belum bisa berinvestasi, bagaimana cara memulainya?

Oktober 12, 2020

Jawaban

Rivan Kurniawan
Pakar Investasi & Value Investor dengan 10 Tahun+ Pengalaman
0 Komentar

Jika kamu sampai saat ini masih belum bisa berinvestasi, maka coba evaluasi dulu.

Pertama, evaluasi sumber pendapatan kamu. Coba kamu evaluasi dari mana sumber pendapatan kamu, dan berapa besar jumlahnya ? Misalkan kamu mendapatkan penghasilan dari gaji bulanan Rp 4 juta, kemudian kamu ada usaha sampingan Rp 3 juta, maka total penghasilan kamu adalah Rp 7 juta.

Kedua, evaluasi pengeluaran kamu. Nah banyak orang yang seringkali kesulitan karena tidak memperhatikan hal ini. Banyak yang terlalu gampang mengeluarkan uang, dan tidak mencatatnya. Saran saya coba kamu catat pengeluaran kamu supaya kamu bisa mengetahui ke mana uang kamu keluar.

Jika kamu belum memiliki pencatatan yang rapih, kamu bisa manfaatkan aplikasi pencatat pengeluaran yang saat ini sudah banyak tersedia.

Nah jika kamu sudah melakukan dua Langkah di atas, sekarang kamu coba evaluasi :

  • Apakah ada pengeluaran yang bisa ditekan ? Alangkah sangat baik jika ada pengeluaran yang bisa ditekan. Misalkan kamu bisa kurangi pendapatan untuk jajan yang kurang perlu.
  • Apakah ada potensi pendapatan yang bisa ditambah ? Alangkah sangat baik juga jika ada pendapatan yang bisa ditambah. Misalkan dengan menambah side hustle atau usaha sampingan, menjadi freelance, dsb.

Dengan melakukan cara di atas, kamu bisa segera mulai berinvestasi.