Terjawab

Saya ingin tahu apa itu reksadana pendapatan tetap?

Oleh : rika
Januari 22, 2021

Nama saya Rika, seorang ibu rumah tangga yang tertarik investasi reksadana.

 

Karena reksadana menjadi salah satu alternatif investasi bagi investor yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko atas investasi, maka saya ingin memilih instrumen investasi satu ini.

Sebelum memulai berinvestasi, saya ingin tahu apa itu reksadana pendapatan tetap?

Jawaban

Profesional di pasar modal yang berkarir di sekuritas dan regulator.
0 Komentar

Halo Rika, pilihanmu untuk berinvestasi reksa dana memang benar. Investasi reksa dana cocok untuk investor yang tidak ingin pusing mengelola portofolio, karena ada manajer investasi reksa dana yang meracik portofolio sesuai dengan tujuannya.

Secara umum ada 4 jenis reksa dana jika dibedakan berdasarkan asetnya:

  1. Reksa dana pasar uang, di mana seluruh dananya diinvestasikan ke dalam instrumen pasar uang seperti deposito dan obligasi yang jatuh tempo kurang dari 1 tahun.
  2. Reksa dana pendapatan tetap, di mana 80% atau lebih dananya diinvestasikan ke dalam instrumen pendapatan tetap seperti obligasi dan sukuk.
  3. Reksa dana saham, di mana 80% atau lebih dananya diinvestasikan ke dalam saham perusahaan terbuka.
  4. Reksa dana campuran, di mana dananya bisa diinvestasikan lebih fleksibel pada produk pasar uang, pendapatan tetap, atau saham.

Kamu berfokus pada Reksa Dana Pendapatan Tetap yang artinya paling sedikit 80% dari isi portofolionya diinvestasikan pada instrumen obligasi atau sukuk. Baik obligasi atau sukuk termasuk kategori instrumen pendapatan tetap, karena mereka memberikan return yang jelas setiap periode tertentu.

Reksa Dana Pendapatan Tetap memiliki risiko investasi risiko menengah dan cocok apabila kamu memiliki jangka waktu investasi 2 tahun atau lebih.

Ada beberapa hal yang dapat kamu perhatikan dalam berinvestasi reksa dana, antara lain:

Aktif atau Pasif?

Reksa dana dapat dikelola secara aktif atau pasif. Manajer investasi reksa dana aktif berusaha melebihi kinerja indeks acuan (misal IHSG, LQ45, IDX30, dll), fee kelolanya lebih mahal. Manajer investasi reksa dana pasif berusaha menyamai kinerja pasar dengan meniru komposisivportofolio indeks acuan, fee kelolanya lebih murah.

Strategi Top Up Dana

Salah satu strategi investasi yang umum digunakan untuk investor long term adalah dollar cost averaging, artinya melakukan penambahan dana investasi secara rutin per periode waktu tertentu. Ada juga strategi lump sum, di mana kamu langsung memasukkan dana banyak dalam satu waktu. Strategi lump sum dapat digunakan jika kamu yakin pasar sedang under value dan akan kembali naik di masa depan.

Baca Prospektus dan Fund Fact Sheet

Sebelum memilih suatu reksa dana, ada baiknya kamu mengetahui informasi seperti fee, risiko, isi portofolio, kinerja, dll. Informasi-informasi tersebut bisa didapatkan dalam dokumen prospektus dan fund fact sheet masing-masing reksa dana.
Pastikan reksa dana yang kamu pilih sesuai dengan tujuan dan profil risikomu. Selamat memilih reksa dana.

Dapatkan solusi dari para ahli keuangan

Praktisi Keuangan Syariah
Perencana Keuangan, Praktisi Hubungan Masyarakat
Cofounder Lifepal.co.id - Certified Insurance Professionals & Certified Financial Planner
Independen Financial Planner, Founder Finansia Consulting dan Sahabat Pensiun.
Founder @CerdasKeuangan dan Senior Consultant @Oneshildt.
Wealth Asset Manager, Pembicara, Narasumber, Penulis
Konsultan bisnis, penulis, pengamat keuangan, dan pegiat seni. Penerima penghargaan best paper award untuk publikasi keuangan, dari institusi akademik internasional, IISES.
Penulis, arbiter, editor buku, kolumnis, saksi ahli berbagai instansi, narasumber seminar dan media cetak, online dan elektronik.
Certified Financial Planner
Priority Banking Relationship Manager, Manulife Asset Management Indonesia as Relationship Manager, Panin Asset Management as Team Leader Retail Marketing and Start doing as Financial Planner, ZACD Group as Relationship Manager.
Independent Financial Planner
Pendiri & CEO KontrakHukum.com. Pakar Hukum & Bisnis. Pembawa Berita dan Public Figure.
Pakar Investasi & Value Investor dengan 10 Tahun+ Pengalaman
Financial Educator, Lifestyle Blogger, Founder, Entrepreneur, Pembicara dan Pemateri.
Profesional di pasar modal yang berkarir di sekuritas dan regulator.