Terjawab

Saya sudah punya asuransi kesehatan, apakah perlu punya asuransi jiwa?

Mei 26, 2020

Jawaban

Avatar
Cofounder and CMO Lifepal -- Certified Insurance Professionals - ANZIIF
0 Komentar

Jika memiliki tanggungan, maka ya, Anda membutuhkan asuransi jiwa. Asuransi jiwa adalah salah satu perlindungan dini yang bakal berguna untuk mengantisipasi peristiwa tak terduga yang menyebabkan Anda tidak lagi bisa menafkahi keluarga.

Dalam konteks ini, proteksi yang dimaksud ketika seseorang telah meninggal dunia dan biasanya pemberi manfaat dari asuransi ini adalah salah satu anggota keluarga. 

Berikut ini beberapa alasan pentingnya asuransi jiwa.

Mengantisipasi risiko tak bisa bekerja

Tidak hanya memberi santunan kematian, sebenarnya ada juga asuransi jiwa yang memberikan santunan cacat tetap total dan pembebasan premi. 

Bila tulang punggung keluarga mengalami kecelakaan sehingga gak lagi bisa bekerja, maka asuransi akan memberikan sejumlah uang agar keluarga bisa melanjutkan hidup untuk sementara waktu.

Mengendalikan risiko bila tulang punggung meninggal dunia

Tak ada yang tahu sampai kapan kita bisa hidup karena risiko kematian bisa datang kapan saja. Padahal, ada keluarga yang secara ekonomi bergantung pada kita. 

Asuransi jiwa memungkinkan Anda menjaga keamanan finansial keluarga apabila Anda meninggal dunia. Sehingga, mereka dapat melanjutkan hidupnya dengan layak.

Memastikan anak mendapatkan pendidikan yang cukup

Asuransi jiwa juga menawarkan produk khususkan untuk pendidikan anak. Jadi, produk ini memastikan anak menyelesaikan pendidikannya jika orangtua meninggal. Sekalipun jika orangtua tetap hidup sampai anak selesai sekolah, produk ini tetap akan memberikan uang dana pendidikan kepada nasabah.

Perlindungan terhadap risiko dibandingkan dengan premi

Semakin besar risiko yang dipertanggungkan, semakin besar pula premi asuransi yang harus dibayar. Karena itu, mencari asuransi terbaik gak hanya dilihat dari premi yang murah saja. 

Jika Anda adalah tulang punggung keluarga, tentunya risiko hidup lebih besar karena jika Anda meninggal, keluarga akan sangat terdampak. Oleh karena itu, penting untuk Anda memilih asuransi dengan penawaran terbaik.

Misalnya, umur Anda saat ini 30 tahun, berkeluarga, dan memilih premi Rp500 ribu per bulan dengan uang pertanggungan Rp200 juta. Suatu ketika, katakanlah Anda mengalami cacat permanen. Ternyata setelah dihitung-hitung, Rp200 juta tersebut gak cukup buat membiayai operasi atau biaya hidup keluarga.

Padahal dulunya, Anda memiliki budget untuk menambah premi jadi Rp1 juta dengan uang pertanggungan mencapai empat kali lipatnya. Sayangnya, pada saat itu, Anda tidak memperhitungkan dana yang sebenarnya dibutuhkan oleh Anda dan keluarga.

Demikian beberapa alasan pentingnya asuransi jiwa. Kalau masih ingin mencari tahu lebih lanjut tentang topik serupa, silakan kunjungi artikel Alasan Pentingnya Asuransi.