Terjawab

Saya tertarik dengan produk deposito. Apa itu deposito?

November 25, 2020

Dalam ketidakpastian ekonomi seperti sekarang ini, banyak orang menyimpan uangnya dengan investasi di instrumen paling aman. Selain emas, produk investasi yang cukup menarik dilirik adalah deposito.

Karena itu, berhubung saya juga masih orang lama yang belum terlalu berani berinvestasi berisiko tinggi, saya lebih tertarik dengan produk deposito.

Tapi, saya belum mengetahui betul apa itu deposito? Apa saja jenis-jenisnya yang bisa dipilih? Serta apa saja keuntungan dan kelemahannya?

Jawaban

Rivan Kurniawan
Pakar Investasi & Value Investor dengan 10 Tahun+ Pengalaman
0 Komentar

Deposito cukup populer di kalangan investor pemula karena memiliki risiko kerugian yang rendah dibandingkan jenis lainnya. Dengan kata lain, deposito memang salah satu instrument investasi yang paling aman.

Saat ini ada empat jenis deposito yang dikenal di Indonesia, yaitu deposito on call, deposito berjangka, sertifikat deposito, dan deposito automatic roll over.

Deposito On Call

Deposito yang satu ini adalah deposito yang berbentuk setoran yang akan digunakan oleh penyedia setoran untuk deposan yang memiliki dana besar. Setoran yang diberikan akan digunakan dalam waktu yang terbilang singkat. Untuk periodenya sendiri berada di angka 7-30 hari. Karena itu bentuk setoran ini biasanya akan diterbitkan dengan nama pemilik sehingga tidak dapat diperjualbelikan. Pencairan dana deposito on call tidak bisa dilakukan secara langsung, melainkan harus diberitahu terlebih dahulu agar dananya dapat cair,

Deposito Berjangka

Deposito ini memiliki jangka waktu yang lebih panjang, mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan. Jenis deposito ini yang paling banyak digunakan oleh nasabah Indonesia. Deposito berjangka biasanya diterbitkan sesuai dengan nama baik perorangan maupun lembaga. Pencairan bunga deposito ini dilakukan dengan pemindahbukuan, tetapi bisa juga secara tunai.

Sertifikat Deposito

Sama juga seperti deposito berjangka, deposito ini memiliki penerapan jangka waktu yang berlaku. Namun perbedaannya hanya terdapat sertifikat keterangan dari deposito itu sendiri dan dapat diperjualbelikan atau dipindahtangankan kepada orang lain. Perbedaan lainnya yaitu dari segi pencairan bunganya, karena pencairan sertifikasi deposito dapat dilakukan di muka.

Deposito Automatic Roll Over

Deposito ini merupakan simpanan masyarakat dalam bentuk deposito yang sudah jatuh tempo sesuai dengan jangka waktu yang telah disepakati di awal, tetapi pihak deposan belum mengambilnya. Oleh karena itu, secara otomatis deposito jenis ini akan dilakukan perpanjangan waktu tanpa menunggu persetujuan dari deposan.

Dapatkan solusi dari para ahli keuangan

Ade Wikasyah
Praktisi Keuangan Syariah
Aulia Akbar, CFP®
Perencana Keuangan, Praktisi Hubungan Masyarakat
Benny Fajarai CIP® CFP®
Cofounder Lifepal.co.id - Certified Insurance Professionals & Certified Financial Planner
Eko Endarto, CFP, RFA
Independen Financial Planner, Founder Finansia Consulting dan Sahabat Pensiun.
Erlina Juwita, MM, CFP®, QWP®
Founder @CerdasKeuangan dan Senior Consultant @Oneshildt.
Fioney Sofyan Ponda, S.Ked., RFA®
Wealth Asset Manager, Pembicara, Narasumber, Penulis
Galuh Alifani
Konsultan bisnis, penulis, pengamat keuangan, dan pegiat seni. Penerima penghargaan best paper award untuk publikasi keuangan, dari institusi akademik internasional, IISES.
Irvan Rahardjo, SE., MM
Penulis, arbiter, editor buku, kolumnis, saksi ahli berbagai instansi, narasumber seminar dan media cetak, online dan elektronik.
Lolita Setyawati, CA, MSIT, CFP®️
Certified Financial Planner
Maryadi Santana, CFP® QWP®
Priority Banking Relationship Manager, Manulife Asset Management Indonesia as Relationship Manager, Panin Asset Management as Team Leader Retail Marketing and Start doing as Financial Planner, ZACD Group as Relationship Manager.
Nadia Isnuari Harsya, CFP®
Independent Financial Planner
Rieke Caroline, SH, MKn.
Pendiri & CEO KontrakHukum.com. Pakar Hukum & Bisnis. Pembawa Berita dan Public Figure.
Rivan Kurniawan
Pakar Investasi & Value Investor dengan 10 Tahun+ Pengalaman
Roswitha Jassin, SE, MBA, CFP
Financial Educator, Lifestyle Blogger, Founder, Entrepreneur, Pembicara dan Pemateri.
Vigi Caraka
Profesional di pasar modal yang berkarir di sekuritas dan regulator.