Seberapa penting dana pensiun di kehidupan generasi milenial dan gen z? Bagaimana cara mengumpulkannya?

Oktober 20, 2020

Jawaban

Fioney Sofyan Ponda, S.Ked., RFA®
Wealth Asset Manager, Pembicara, Narasumber, Penulis
0 Komentar

Seberapa Penting Dana Pensiun Bagi Gen Z?

Dana pensiun tidak hanya penting bagi generasi milenials atau generasi gen z. Semua orang yang suatu saat ingin berhenti bekerja namun tetap bisa menikmati hidup tanpa harus khawatir tentang pengeluaranlah yang harus merasa penting atau butuh tentang dana pensiun.

Tidak semua orang terlahir dengan kecukupan finansial dan tidak semua orang cukup pandai dalam mengelola keuangannya sehingga hampir 100% penduduk tidak memiliki dana pensiun yang cukup setelah ia memasuki usia pensiun nanti. Kecuali tentunya mereka yang memiliki priviledge.

Banyak orang yang mengira bahwa dana pensiun yang akan mereka terima dari kantor sudah mencukupi. Padahal nyatanya tidak. Apakah yang akan Anda lakukan ketika sudah harus pensiun namun ternyata dana yang diterima hanya akan bisa memenuhi kebutuhan hidup beberapa tahun ke depan, namun tidak akan cukup untuk memenuhi biaya kesehatan?

Perlu diingat bahwa seiring dengan pertambahan usia, kalau kita tidak menjaga kesehatan kita dengan baik, maka biaya kesehatan akan menjadi masalah. Dan biasanya akan terus bertambah. Tidak semua asuransi juga akan terus meng-cover pengeluaran yang menyangkut kesehatan apabila usia kita telat melebihi 65 tahun.

Bagaimana Cara Mengumpulkannya?

Sebagai bahan pertimbangan untuk mengetahui berapa jumlah besaran uang persiapan dana pensiun yang dibutuhkan, bayangkan saja sejumlah uang yang Anda miliki, apabila disimpan dalam bentuk bunga deposito, hasil dari bunga yang diterima harus mampu mencukupi kebutuhan per bulan Anda. Tapi ingat, ada inflasi.

Kalau Anda ingin tahu secara persis berapa besaran dana pensiun yang dibutuhkan, silahkan menghubung perencana keuangan Anda yang terpercaya. Perencana keuangan akan mampu membantu Anda menghitungkan dan memilihkan instrumen investasi apa yang cocok untuk memenuhi kebutuhan tersebut, sehingga Anda dapat mempersiapkan masa pensiun Anda dengan nyaman dan aman. Pahamilah bahwa kebutuhan setiap orang berbeda, namun persiapan dana pensiun penting karena tentunya kita tidak ingin menjadikan anak kita sandwich generation, bukan?