Terjawab

Setiap tahun gaji saya naik terus, tapi kok ga bisa nabung ya?

Juni 5, 2020

Jawaban

Lifepal
Teman Andalanmu untuk Keuangan dan Asuransi
0 Komentar

Nah, jawabannya ada di anggaran pengeluaranmu. Kemungkinan uang habis entah ke mana menjadi lebih besar ketika tidak mempunyai target / tujuan finansial. Karena itu, buatlah anggaran dan target menabung yang akan dituju dalam kurun waktu tertentu. Dengan adanya target menabung, akan lebih mudah mengetahui ke mana harus menghabiskan dana ekstra yang didapatkan, daripada hanya menghabiskannya untuk hal yang sia-sia.

Nah, untuk lebih mudahnya mewujudkannya, berikut ini cara yang bisa ditempuh:

1. Tetapkan anggaran

Anda bisa mengikuti teori 50/20/30, yaitu membagi penghasilan menjadi tiga pos. 50 persen untuk kebutuhan pokok, 20 persen untuk tujuan finansial seperti investasi, asuransi serta menabung, dan 30 persen untuk gaya hidup. Tentunya setiap orang punya pos yang berbeda-beda.

2. Kurangi pengeluaran sekunder

Prioritaskan kebutuhan pokok, dan coba tabung sebanyak mungkin sebelum mengeluarkan untuk kebutuhan sekunder seperti hiburan dan hal tidak esensial lainnya.

3. Naik gaji, jumlah tabungan juga naik

Konsisten menambah anggaran tabunganmu setiap bulan saat gaji juga mengalami kenaikan, jangan sampai pengeluaran yang bertambah setara kenaikan gaji.

4. Sisihkan, jangan sisakan.

Buat menabung, jangan ditunggu sisa akhir bulan. Tapi dari awal bulan gajian sudah ditabung, sisanya baru dipakai buat belanja dan hiburan.