Asuransi AIA Financial Indonesia

Asuransi AIA Financial Indonesia

4.9 / 5.0 (2.541 Ulasan)
FLASHSALE
Diskon 10%
  • Asuransi Kesehatan 2022 Dekstop

Cari Manfaat Terbaik dengan Harga Murah

Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku
Cari Asuransi Semudah 1, 2, 3!
1
2
3
Isi formulir untuk melihat pilihan
Sesuai Profil & Kebutuhanmu
Konsultasi gratis melalui telepon
Dengan tim ahli, cukup 5 menit
Temukan asuransi terbaik
Sesuai Kebutuhan dan Anggaranmu

Tentang PT AIA Financial

Asuransi AIA  adalah perusahaan asuransi jiwa yang dikelola oleh PT AIA Financial Indonesia. Produk yang dihadirkan mencakup asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi unit link, dan masih banyak lagi.

Kehadiran perusahaan Asuransi AIA di Indonesia tidak terlepas dari sosok Cornelius Vander Starr yang mendirikan AIA pertama kali di Shanghai, China pada 1919. Seiring waktu, Starr mendirikan Internal Assurance Company, Limited (Instasco) di Shanghai pada 1931 dan membuka kantor cabang di Hong Kong dan Singapura.

Melihat pertumbuhan finansial di Indonesia, grup ini mulai merintis bisnis di tanah air pada 1984. Namun, perusahaan dengan nama resmi PT AIA Financial baru terjadi pada 2009.

PT AIA Financial Indonesia (AIA Indonesia) adalah anggota Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) dan telah terdaftar serta diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin usaha KEP-156/KMK.017/1997 tertanggal 3 April 1997. Selain itu, AIA Asuransi juga memiliki izin usaha unit syariah berdasarkan Surat Keputusan Menteri Keuangan Nomor KEP-268/KM.10/2009 tertanggal 14 Agustus 2009.

Prestasi dan Penghargaan

AIA Indonesia telah meraih berbagai penghargaan bergengsi, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Di Indonesia, prestasi dan penghargaan yang pernah diraih AIA Asuransi antara lain:

  • Peringkat 2 The Best Life Insurance 2018 – Indonesia Insurance Award 2018 Economic Review
  • Asuransi Jiwa Terbaik 2018, kategori aset di atas Rp25 triliun – Investor Awards
  • Kategori Inovasi CSR: AIA Sepak Bola untuk Negeri bersama David Beckham – Koran SINDO Awards
  • Top Agent by Policy – Top Agent Awards AAJI 2018
Laporan Keuangan Asuransi AIA Financial Indonesia

Bagus atau tidaknya perusahaan asuransi dapat diketahui dari rasio solvabilitas / risk based capital (RBC). RBC sendiri dapat diartikan sebagai kemampuan perusahaan asuransi dalam memenuhi seluruh kewajibannya, termasuk pembayaran klaim nasabah. Idealnya, minimal rasio yang diwajibkan oleh OJK adalah 120 persen.

Berdasarkan penjelasan tadi AIA Insurance memperlihatkan performa finansial perusahaan melalui laporan keuangan tahun 2021. Berikut rinciannya:

  • Rasio solvabilitas: 646%
  • Jumlah ekuitas: Rp 12.057 triliun
  • Jumlah aset: Rp 52.726 triliun

Bila berkaca pada laporan keuangan di atas dapat disimpulkan bahwa AIA Insurance memiliki tingkat rasio solvabilitas yang jauh melebihi ketentuan minimum OJK. Sementara dari sisi jumlah ekuitas dan aset, AIA Insurance juga telah memenuhi standar minimum yang telah ditetapkan oleh OJK, yaitu Rp100 miliar untuk ekuitas dan Rp150 miliar untuk aset.

Berita Terbaru AIA Indonesia

AIA Luncurkan Produk Asuransi AIA Wakaf Assurance

Mei 2022 – AIA Financial Indonesia (PT AIA Financial) meluncurkan produk asuransi syariah terbaru, yaitu AIA Wakaf Assurance. Produk asuransi ini memberikan manfaat berupa santunan sebesar Rp10 juta di mana 10 persen dari nilai tersebut akan dialokasikan untuk kegiatan wakaf yang disalurkan melalui Dompet Dhuafa. Dalam memasarkan AIA Wakaf Assurance, AIA menggandeng Gojek sebagai mitranya. Produk tersebut bisa didapatkan melalui platform GoSure.

AIA dan CIMB Niaga Hadirkan Fortuna Critical Advance Protection

April 2022 – AIA dan PT Bank CIMB Niaga menghadirkan Fortuna Critical Advance Protection sebagai bentuk perlindungan dari berbagai penyakit kritis. Produk ini tidak hanya melindungi nasabah dari 100 lebih penyakit kritis saja, tapi juga mampu memproteksi hingga usia 99 tahun. Salah satu manfaat yang diberikan Fortuna Critical Advance Protection adalah manfaat perawatan kanker atau jantung di luar negeri dengan ekstra 50% uang pertanggungan.

AIA Financial Indonesia Berikan Perlindungan Gratis ke-10 Ribu Calon Pemudik

April 2022 – Di momen Lebaran tahun ini, AIA Financial Indonesia meluncurkan program Mudik Tenang Bersama Bebas Terlindungi secara gratis. Program tersebut ditujukan kepada 10 ribu calon pemudik agar terlindungi dari risiko kecelakaan selama dalam perjalanan. Selain itu, program Mudik Tenang Bersama Bebas Terlindungi juga memberikan manfaat isolasi mandiri sebesar Rp300 ribu apabila terpapar virus Covid-19 dan santunan rawat inap sebesar Rp1 juta per hari.

Nasabah AIA Protes tentang Produk yang Dibelinya Lewat Media Sosial

Maret 2022 – PT AIA Financial memberikan tanggapan atas protes nasabahnya yang dilakukan di media sosial TikTok. Dalam video tersebut, salah satu nasabah Asuransi AIA mendatangi kantor cabang BCA dan menyampaikan keluhan atas produk yang dibelinya. Video itu pun bahkan sempat viral dan membuat media sosial TikTok heboh.

Menyikapi hal itu, Chief Marketing Officer PT AIA Financial, Kathryn Monika Parapak mengatakan, terkait keluhan yang dialami nasabahnya itu, pihaknya telah melakukan pemeriksaan secara menyeluruh dan berdasarkan hasil pemeriksaan seluruh proses penjualan produk asuransi telah dilakukan sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku.

Layanan Nasabah & Call Center AIA Indonesia

Asuransi AIA Indonesia telah menyediakan layanan nasabah yang bisa digunakan oleh para nasabah untuk mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan, seperti polis, premi, cara klaim, dan lain sebagainya. Layanan nasabah AIA Indonesia ini pun bisa diakses melalui berbagai media atau dapat juga dengan mendatangi kantor pusat /cabang AIA Asuransi terdekat. Berikut informasi selengkapnya:

Kantor Pusat AIA Indonesia

Gedung AIA Central

Jl. Jenderal Sudirman, Kav. 48A, Jakarta Selatan

Call Center AIA: 1500 980

Nomor Telpon AIA: (021) 3000 1 980

AIA WhatsApp: 0811 1611 660

Fax: (021) 5421 8699

AIA Email: [email protected]

Website: www.aia-financial.co.id

Instagram: aiaindonesia

Kantor Cabang AIA Indonesia
  • Kantor Cabang AIA Bandung: Wisma Monex – Jl. Asia Afrika No.133-137, Bandung
  • Kantor Cabang AIA Surabaya: Pakuwon Tower Lt. 25, Tunjungan Plaza 6 – Jl. Embong Malang No.36, Kedungdoro, Kec. Tegalsari, Surabaya
  • Kantor Cabang AIA Medan: Lippo Plaza Medan Lantai 8 – Jl. Imam Bonjol No.6, Medan

Pilihan Polis AIA Insurance

Asuransi AIA Indonesia menawarkan berbagai pilihan polis mulai dari kesehatan, jiwa, unit link dan lain-lain. Berikut adalah pilihan polis Asuransi AIA yang bisa dipertimbangkan:

Rangkuman Manfaat AIA Insurance

Berikut rangkuman manfaat dari masing-masing produk yang dihadirkan Asuransi AIA Financial Indonesia yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan dan penilaian.

ProdukManfaat
Asuransi KesehatanPertanggungan rawat inap + pembedahan
Asuransi Penyakit KritisBiaya perawatan penyakit kritis + pembedahan
Asuransi JiwaSantunan meninggal dunia
Asuransi Jiwa Unit LinkSantunan meninggal dunia + investasi
Asuransi Jiwa Unit Link-SyariahSantunan meninggal dunia + investasi syariah
Asuransi Kesehatan-KumpulanPertanggungan rawat inap + pembedahan + perawatan gigi + melahirkan + kacamata
Asuransi Jiwa-KumpulanSantunan meninggal dunia untuk karyawan
Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK)-KumpulanPesangon (PHK) + dana pensiun + santunan meninggal dunia

Premi AIA Insurance

Secara umum, besaran premi Asuransi AIA bisa berbeda-beda tiap produknya. Perbedaan premi ini dipengaruhi oleh berbagai faktor berikut:

  • Jenis asuransi yang diambil
  • Profil tertanggung: usia, pekerjaan, jenis kelamin, riwayat penyakit, dan lain-lain
  • Jenis dan nilai aset atau harta benda yang diasuransikan
  • Cakupan pertanggungan, mulai dari pertanggungan utama hingga rider (pertanggungan tambahan)
  • Uang pertanggungan yang akan dipilih

Khusus untuk faktor yang terakhir, yaitu uang pertanggungan (UP) bisa mempengaruhi besaran premi yang akan Anda bayarkan nanti. Makin besar UP yang diambil, maka makin besar pula premi yang akan Anda bayarkan. Itu sebabnya, Anda perlu menghitung berapa UP yang akan diambil agar tidak membebani premi yang dibayarkan ke depannya. Selain itu, menghitung UP juga akan membuat Anda mengetahui kebutuhan biaya hidup setelah ditinggalkan oleh tulang punggung utama (tertanggung).

Nah, untuk menghitung uang pertanggungan (UP) Anda bisa menggunakan kalkulator UP berdasarkan pengeluaran berikut ini:

Cara Klaim Asuransi AIA

Proses klaim Asuransi AIA tentunya berdasarkan polis yang dimiliki oleh nasabah. Berikut prosedur klaim Asuransi AIA yang dapat Anda ikuti:

  1. Nasabah mengajukan dokumen klaim melalui kantor pusat/cabang AIA / agency officer / bancassurance officer / customer services terdekat.
  2. Setelah dokumen klaim diterima, pihak perusahaan AIA akan memeriksa kelengkapan dokumen. Jika dokumen klaim tidak lengkap, maka nasabah akan diinformasikan oleh pihak AIA Insurance via SMS. Apabila nasabah tidak melengkapi dokumen selama 30 hari kerja, maka dokumen akan dikembalikan kepada nasabah melalui agency officer / bancassurance officer.
  3. Dokumen klaim yang sudah lengkap akan diproses dan nasabah tinggal menunggu pemberitahuan melalui SMS mengenai status klaim, apakah diterima atau ditolak.
  4. Bila klaim diterima, maka perusahaan AIA Financial akan mengirimkan dana ke rekening nasabah.

Biasanya, proses klaim Asuransi AIA cair dalam kurun waktu 8 hari kerja untuk asuransi kesehatan dan 11 hari kerja untuk klaim meninggal dunia.

Dokumen Klaim AIA Asuransi Kesehatan
  • AIA Formulir Asuransi Kesehatan
  • Surat rekam media asli
  • Surat keterangan dokter asli yang sudah ditandatangani dan distempel
  • Tanda terima pembayaran
  • Fotokopi pemeriksaan medis
  • Fotokopi KTP pemegang polis
Dokumen Klaim Asuransi Jiwa AIA
  • Siapkan polis asli
  • Formulir Klaim Asuransi Jiwa AIA
  • Surat keterangan kematian lengkap dari pemerintah atau pihak berwenang setempat
  • Surat keterangan dokter untuk klaim meninggal dunia
  • Salinan catatan medis tertanggung
  • Salinan identitas diri tertanggung, pemegang polis, dan ahli waris
  • Surat berita acara dari pihak kepolisian apabila meninggal dunia karena kecelakaan
  • Dokumen lain yang dibutuhkan oleh pihak AIA
  • Bukti identitas ahli waris yang akan menerima uang pertanggungan

Rumah Sakit Rekanan AIA Indonesia

AIA Indonesia memiliki jaringan rumah sakit yang tersebar luas, baik di dalam maupun luar negeri. Berikut daftar rumah sakit rekanan AIA yang ada di Jakarta, Malaysia, dan Singapura.

RS Rekanan AIA - Jakarta Barat
  • RS Grha Kedoya: Jl. Panjang No.26, Kedoya Utara, Jakarta Barat | Telp: (021) 56982222 / 29910999
  • RS Cendana: Jl. Raya Kedoya No.2, Kebon Jeruk, Jakarta Barat | Telp: (021) 29863838
  • RS. Ciputra Citra Garden City: Jl. Boulevard Blok G-1 No.1, Citra 5 – Citra Garden City, Pegadungan, Kalideres, Jakarta Barat | (021) 2255 7888
  • RS Sumber Waras (Grogol): Jl. Kyai Tapa, Grogol, Jakarta Barat | Telp: (021) 5682011 / 5605800
  • RS Medika Permata Hijau: Jl. Raya Kebayoran Lama No.64, RW.8, Sukabumi Selatan, Kec. Kb. Jeruk, Jakarta Barat |Telp: (021) 530 5288 / 534 7411
  • RS Anggrek Mas: Jl. Anggrek No.2B, RT.009/RW.02, Kelapa Dua, Kebon Jeruk, Jakarta Barat | Telp: (021) 5305720
  • RSUD Taman Sari: Jl. Madu No.10, Kel. Mangga Dua, Kec. Tamansari, Jakarta Barat | Telp: (021) 26564276
  • RS Jakarta Eye Center (JEC) Kedoya: Jl. Terusan Arjuna Utara No.1, Kedoya, Jakarta Barat | Telp: (021) 29221000
  • RS Patria IKKT: Jl. Cendrawasih No.1, RT.5/RW.2, Palmerah, Kec. Palmerah, Jakarta Barat | Telp: (021) 5308981 / 84
  • RS Pelni: Jl. K.S. Tubun No.92 – 94, RT.13/RW.1, Slipi, Kec. Palmerah, Jakarta Barat | Telp: 0877 2237 9190
  • RSIA Bina Sehat Mandiri: Jl. Duri Raya No.22, Kel. Duri Kepa, Kec. Kebon Jeruk. Jakarta Barat | Telp: (021) 5669411 / 12 / 5658870
  • Siloam Hospitals Kebon Jeruk: Jl. Raya Perjuangan Kav.8, Kebon Jeruk, Jakarta Barat | Telp: (021) 25677888 / 5300889
  • Mitra Keluarga Kalideres: Jl. Peta Selatan No.1, RT.007/RW.011, Kalideres, Jakarta Barat |  Telp: (021) 22523700
  • RS Kanker Dharmais: Jl. Letjen.S. Parman Kav.84-86, Slipi, Jakarta Barat | Telp: (021)  5681570
  • RS Hermina Daan Mogot: Jl. Kintamani Raya No.2, Perumahan Daan Mogot Baru, Cengkareng, Jakarta Barat | Telp: (021) 5408989
  • RSUD Cengkareng: Jl. Bumi Cengkareng Indah No.1, Cengkareng Timur, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat | Telp: (021) 54372874
  • RS Pondok Indah: Jl. Puri Indah Raya S-2, RT.1/RW.2, Kembangan Selatan, Kec. Kembangan, Jakarta Barat | Telp: (021) 25695200
  • RS Bhakti Mulia: Jl. K.S. Tubun No.79, RT.9/RW.5, Slipi, Kec. Palmerah, Jakarta Barat | Telp: (021) 5481625
  • RS Jantung Harapan Kita: Jl. Letjen S. Parman No.Kav.87, RW.8, Kota Bambu Utara, Kec. Palmerah, Jakarta Barat | Telp: (021) 5684093
RS Rekanan AIA - Jakarta Pusat
  • RSU Menteng Mitra Afia: Jl. Kali Pasir No.9, Menteng, Jakarta Pusat | Telp: (021) 3154050 / 3909484
  • RS Yarsi: Jl. Letjen. Suprapto Kav.13, Cempaka Putih, Jakarta Pusat |Telp: (021) 80618618
  • RS Gigi dan Mulut (RSGM) Yarsi: Jl. Letjen. Suprapto, Kav.13. RT.10/RW.5, Senen, RT.10/RW.5, Cempaka Putih Timur, Kec. Cempaka Putih, Jakarta Pusat | Telp: 0811 1687 264
  • RSPAD Gatot Subroto: Jl. Abdul Rahman Saleh Raya No.24, RT.10/RW.5, Senen, Kec. Senen, Jakarta Pusat | Telp: (021) 3840702
  • RSUPN Cipto Mangunkusumo (Kencana): Jl. Pangeran Diponegoro No.71, RW.5, Kenari, Kec. Senen, Jakarta Pusat | Telp: (021) 1500135
  • RSU Bunda Jakarta: Jl. Teuku Cik Ditiro No.21, Menteng, Jakarta Pusat | Telp: (021) 31923344 / 31922005
  • RS Husada: Jl. Raya Mangga Besar No.137-139, RW.1, Mangga Dua Selatan, Kec. Sawah Besar, Jakarta Pusat | Telp: (021) 6260108
  • RS Jakarta: Jl. Jend. Sudirman No. Kav 49, RT.5/RW.4, Karet Semanggi, Kec. Setiabudi, Jakarta Selatan | Telp: (021) 5732241
  • RS Khusus Bedah SS Medika: Jl. Salemba I No.11, Jakarta Pusat | Telp: (021) 3913336 / 3926689
  • RSIA YPK Mandiri: Jl. Gereja Theresia No.22, RT.7/RW.4, Gondangdia, Kec. Menteng, Jakarta Pusat | Telp: (021) 3909725
  • RS Khusus THT – Bedah Proklamasi: Jl. Proklamasi No.43, Kec. Menteng, Jakarta Pusat | Telp: (021) 3900002
  • RSU Evasari: Jl. Rawamangun no. 47, Pramuka Jakarta Pusat, RT.7/RW.3, Rawasari, Kec. Cempaka Putih, Jakarta Pusat | Telp: (021) 4201515
  • RS St Carolus: Jl. Salemba Raya No.41, RT.3/RW.5, Paseban, Kec. Senen, Jakarta Pusat | Telp: (021) 3904441
  • RSUD Tarakan Jakarta: Jl. Kyai Caringin No.7, RT.11/RW.4, Cideng, Kec. Gambir, Jakarta Pusat | Telp: (021) 3503003
  • RS Kramat 128: Jl. Kramat Raya No.128, RT.1/RW.8, Kenari, Kec. Senen, Jakarta Pusat | Telp: (021) 3918288
  • RSGM LADOKGI TNI AL. RE. Martadinata: Jl. Farmasi No.1. Tanah Abang, Jakarta Pusat | Telp: (021) 573 3026
  • RSIA Tambak: Jl. Tambak No.18, Manggarai, Jakarta Pusat | Telp: (021) 2303444 / 087878218215 / 087880676072
  • RS Jakarta Eye Center (JEC) Menteng: Jl. Teuku Cik Ditiro No.46, RT.10/RW.5, Menteng, Kec. Menteng, Jakarta Pusat | Telp: 0804 122 1000
  • RS Islam Jakarta: Jl. Cempaka Putih Tengah I No.1, RT.11/RW.5, Cempaka Putih Timur, Kec. Cempaka Putih, Jakarta Pusat | Telp: (021) 4250451
  • RS Bedah THT Prof. Nizar: Jl. Kesehatan No.9, Jakarta Pusat | Telp: (021) 3503435 / 34834982
  • RS PGI Cikini: Jl. Raden Saleh No.40, Cikini, Jakarta Pusat | Telp: (021) 38997777
  • RSU Budi Kemuliaan: Jl. Budi Kemuliaan No.25, Jakarta Pusat | Telp: (021) 3842828
  • RS Hermina Kemayoran: Jl. Selangit Blok B.10. Kav.4, Gunung Sahari, Kemayoran, Jakarta Pusat | Telp: (021) 22602525
  • RS Mitra Keluarga Kemayoran: Jl. Hbr Motik Landas Pacu Timur, Kemayoran, Jakarta Pusat | Telp: (021) 6545555 / 888
  • RS Dr. Abdul Radjak: Jl. Salemba Tengah No.24, RT.1, RT.1/RW.4, Paseban, Senen, Jakarta Pusat | Telp: (021) 3904422
  • RS Murni Teguh Sudirman Jakarta: Jl. Jenderal Sudirman No.86, RT.10/RW.11, Karet Tengsin, Kec. Tanah Abang, Jakarta Pusat | Telp: (021) 57853911
  • RS Abdi Waluyo: Jl. H.O.S. Cokroaminoto No.31-33, Jakarta Pusat | Telp: (021) 3144989
  • RS Pertamina Jaya: Jl. A. Yani No.2, Jakarta Pusat | Telp: (021) 4204056 / 4211911
RS Rekanan AIA - Jakarta Selatan
  • RS Agung: Jl. Sultan Agung No.67, RT.1/RW.8, Ps. Manggis, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan | Telp: –
  • Brawijaya Women & Children Hospital: Jl. Taman Brawijaya No.1, Cipete Utara, Jakarta Selatan | Telp: (021) 7211337 / 7247181
  • Siloam Hospital ASRI: Jl. Duren Tiga Raya No.20, Mampang, Pancoran, Jakarta Selatan | Telp: (021) 27837900 / 7992211 / 27837999
  • MRCCC-Siloam Hospitals Semanggi: Jl. Garnisun No.2-3, Karet, Semanggi Setiabudi (Belakang Univ. Atmajaya ), Jakarta Selatan | Telp: (021) 29962888 / 800 / 788
  • RS Zahirah: Jl. Sirsak No.21, Jagakarsa, Jakarta Selatan | Telp: (021) 78888723 / 7872210 / 7270013
  • RS Khusus Bedah Halimun: Jl. Halimun No.9, RT.007/RW.02, Guntur, Setiabudi, Jakarta Selatan | Telp: (021) 8311361
  • RS Tria Dipa: Jl. Raya Pasar Minggu No.3A, Pancoran, Jakarta Selatan | Telp: (021) 7993058 / 7974071 / 7974073
  • RS Bhayangkara Sespimma POLRI: Jl. Ciputat Raya No.40, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan | Telp: (021) 7650384
  • RS Tebet: Jl. Letjen MT. Haryono No.8, Kav.13, Pancoran, Jakarta Selatan | Telp: (021) 8307542/ 8307543/ 8307544/ 8307540
  • RS Metropolitan Medical Centre (MMC): Jl. HR. Rasuna Said No.RT.11, RT.1/RW.7, Karet Kuningan, Kec. Setiabudi, Jakarta Selatan | Telp: (021) 5203435
  • Mayapada Hospital Jakarta Selatan (MHJS): Jl. Lebak Bulus I Kav.29, Jakarta Selatan | Telp: (021) 29536660 / 29208505 / 29217777
  • RSU Kartini Ciledug: Jl. Ciledug Raya No.94-96, Kel. Cipulir, Kec. Kebayoran Lama, Jakarta Selatan | Telp: (021) 7245646 / 7207828
  • RSU Yadika Ciputat: Jl. Ciputat Raya No.5, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan | Telp: (021) 7291074
  • RS Prikasih: Jl. RS. Fatmawati Raya No.74, RT.5/RW.1, Pd. Labu, Kec. Cilandak, Jakarta Selatan | Telp: (021) 7504669
  • RS Pusat Pertamina: Jl. Kyai Maja No.43, RT.4/RW.8, Gunung, Kec. Kebayoran Baru, Jakarta Selatan | Telp: (021) 7219000
  • RS Setia Mitra: Jl. RS. Fatmawati. No.80-82, Cilandak, Jakarta Selatan | Telp: (021) 7656000 / 7651021 / 7654676
  • RS Ali Sibroh Malisi: Jl. Warung Silah No.1, Cipedak, Jagakarsa, Jakarta Selatan | Telp: (021) 7270681 / 7868172
  • Siloam Hospitals Simatupang: Jl. RA. Kartini No.8, Cilandak, Jakarta Selatan | Telp: (021) 2953 1900 EXT 22601
  • RS Medistra: Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.49, Jakarta Selatan | Telp: (021) 5210200 / 0816838200
  • RSU Muhammadiyah Taman Puring: Jl. Gandaria I No.20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan | Tlep: (021) 7229623 / 7250243 / 7208358
  • RSIA Andhika: Jl. Warung Sila No. 8, RT.006/RW.04, Gudang Baru, Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan | Telp: (021) 7874612 / 7863408 / 78887087 / 7863408
  • RS Pondok Indah: Jl. Metro Duta Kav.UE, Pondok Indah, Jakarta Selatan | Telp: (021) 7657525
  • RSIA Budhi Jaya: Jl. Dr. Saharjo No.120, Jakarta Selatan | Telp: (021) 8292672 / 8311722
  • RS Gandaria: Jl. Gandaria Tengah II, No.12-14, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan | Telp: (021)  7250718 / 7203311
  • RS Khusus THT & BEDAH Ciranjang: Jl. Ciranjang No.20-22, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan | Telp: (021) 7243366 / 7208192 / 7208192
  • RS Mata Aini: Jl. Garnisun 1 No.5, RT.5/RW.4, Kuningan, Karet Semanggi, Kec. Setiabudi, Jakarta Selatan | Telp: (021) 5732241
  • RS Marinir Cilandak: Jl. Raya Cilandak KKO, Pasar Minggu, Jakarta Selatan | Telp: (021) 7805296 / 7805415
  • RSIA Aasih: Jl. Panglima Polim I No.34, Melawai, Jakarta Selatan | Telp: (021) 2700609 / 2700610
  • RSU Aulia: Jl. Jeruk Raya No.15, Jagakarsa, Jakarta Selatan | Telp: (021) 7270208 / 7866057 / 21798482 / 217198462
  • RSU Petukangan: Jl. Ciledug Raya No.8A, Petukangan, Jakarta Selatan | Telp: (021) 7340906
  • RSIA Kemang Medical Care: Jl. Ampera Raya No.34, Kemang, Jakarta Selatan | Telp: (021) 27545400 / 27545454 / 27545400 / 6317288
RS Rekanan AIA - Jakarta Utara
  • RS Mitra Keluarga Kelapa Gading: Jl. Bukit Gading Raya Kav.2, Kelapa Gading Permai, Jakarta Utara | Telp: (021) 45852700
  • RSU Pekerja: Jl. Raya Cakung Cilincing RT.002/RW.002, Tanjung Priok, Jakarta Utara| Telp:(021) 29484848
  • RSU Firdaus: Jl. Siak J5 No.14 Rt.001/Rw.007 Komplek Bea Cukai, Sukapura, Cilincing, Jakarta Utara | Telp: (021) 4400077
  • RS Gading Pluit: Jl. Boulevard Timur Raya. Kelapa Gading, Jakarta Utara | Telp: 021-4521001 / 4520201
  • RS Khusus Mata JEC Primasana: Jl. Kebon Bawang Raya No.1, RT.013/RW.001, Kebon Bawang. Tanjung Priuk, Jakarta Utara| Telp: (021) 4367090
  • Royal Progress International Hospital: Jl. Danau Sunter Utara, Sunter Paradise I, Jakarta Utara | Telp: (021)  6400261 / 6459877
  • RS Sukmul: Jl. Tawes No.18 – 20, Tanjung Priok, Jakarta Utara | Telp: (021)  4301269
  • RS Hermina Podomoro: Jl. Danau Sunter 2 Blok E3 No.28-30, Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara | Telp: (021) 6404910-11
  • RS Mulyasari: Jl. Raya Plumpang Semper No.19, Jakarta Utara | Telp: (021) 43931111 / 43936666 / 43939999
  • RS Port Medical Center: Jl. Enggano No.10, Tanjung Priok, Jakarta Utara | Telp: (021) 43902350 / 43902351
  • RS Satya Negara: Jl. Agung Utara Raya. Blok A. No.1 ‘| Telp: (021) 64715200 / 687813 /687814
  • RSIA Grand Family: Jl. Pantai Indah Selatan No.1, RT.3/RW.3, Kamal Muara, Kec. Penjaringan, Jakarta Utara | Telp: (021) 29673737
  • RS Pluit: Jl. Raya Pluit Selatan No.2, Penjaringan, Jakarta Utara | Telp: (021) 29228000 / 6685006 / 668507
  • RS Islam Jakarta Utara (Sukapura): Jl. Tipar Cakung No.5, Jakarta Utara | Telp: (021) 4400781 / 4400778021 / 4400778
  • RS Duta Indah: Jl. Teluk Gong Raya No.12, RT.007/RW.007, Kec. Penjaringan, Kel. Penjagalan, Jakarta Utara | Telp: (021) 6667 6188
  • RS Puri Medika: Jl. Sungai Bambu Raya. No.5, Tanjung Priok, Jakarta Utara| Telp: (021) 43903355 / 43931975
  • RS Pelabuhan Jakarta: Jl. Kramat Jaya, Tanjung Priok, Jakarta Utara | Telp: (021) 4403026
  • RSIA Family: Jl. Pluit Mas I No.5A, RT.1/RW.18, Pejagalan, Kec. Penjaringan, Jakarta Utara | Telp: (021) 6695066
  • RS Pantai Indah Kapuk: Jl. Pantai Indah Utara 3, Kapuk Muara, Kec. Penjaringan, Jakarta Utara| Telp: (021) 5885066 / 5885065
  • RS Atma Jaya: Jl. Pluit Raya No.2, RT.21/RW.8, Penjaringan, Kec. Penjaringan, Jakarta Utara | Telp: (021) 6606127
RS Rekanan AIA - Jakarta Timur
  • RSIA Alvernia Agusta: Jl. Pemuda No.80, Kel. Jati, Kec. Pulogadung, Jakarta Timur | Telp: (021) 4705266 / 4720893
  • RS Haji Jakarta: Jl. Raya Pondok Gede, Jakarta Timur| Telp: (021) 8000693 / 8000695
  • RS Columbia Asia Pulomas: Jl. Kayu Putih Raya, Pulomas, Jakarta Timur | Telp: (021) 29459999 / 29559400
  • RSIA Sayyidah: Jl. Taman Malaka Selatan No.6, Pondok Kelapa, Jakarta Timur | Telp: (021) 8690 2950
  • RS Harapan Bunda: Jl. Raya Bogor KM.22 No.44, Jakarta Timur | Telp: (021) 8400257
  • RS Mediros: Jl. Perintis Kemerdekaan Kav.149, Jakarta Timur | Telp: (021) 4750042 / 4897415 / 4893036 / 4895817
  • RSUP Pusat Persahabatan: Jl. Persahabatan Raya No.1, Jakarta Timur | Telp: (021) 4891708 / 4891745
  • RS Harum Sisma Medika: Jl. Tarum Barat, Kalimalang, Jakarta Timur | Telp: (021) 8617212 /8617213
  • RS Islam Jakarta Timur (Pondok Kopi): Jl. Raya Pondok Kopi, Jakarta Timur | Telp: (021) 8630654 / 29809000 / 8610471 / 8610471
  • RS Restu Kasih: Jl. Raya Bogor KM.19, No.3A, Kramat Jati, Jakarta Timur | Telp: (021) 8002166 /8001177
  • RS Kesdam Cijantung: Jl. Mahoni No.1, Cijantung II, Pasar Rebo, Jakarta Timur | Telp: (021) 8407886 / 8400535 / 87793332
  • RS Jantung Jakarta: Jl. Matraman Raya No.23, Jakarta Timur | Telp: (021) 29361158 / 29361160 / 29360698
  • RS Antam Medika: Jl. Pemuda Raya No.1A, Pulogadung, Jakarta Timur | Telp: (021) 80614889 / 80614888
  • RSIA Sammarine Basra: Jl. Basuki Rachmat No. 31, Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur | Telp: (021) 86613145
  • RS OMNI Medical Center: Jl. PuloMas Barat VI No.20, Jakarta Timur | Telp: (021) 2977 9999
  • RS Yadika Pondok Bambu: Jl. Pahlawan Revolusi No.47, Pondok Bambu, Jakarta Timur | Telp: (021) 8615754 / 8610756
  • RSIA Bunda Aliyah: Jl. Pahlawan Revolusi No.100, Pondok Bambu, Jakarta Timur | Telp: (021) 86602525
  • RS Rawamangun: Jl. Balai Pustaka Raya No.29-31, Jakarta Timur | Telp: (021) 47885201 / 4893531
  • RSIA Resti Mulya: Jl. Pahlawan Komarudin Raya No. 5, Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur | Telp: (021) 4803936 / 4802192 / 4803707
  • RS Jantung Bina Waluya Cardiac Center: Jl. Tb Simatupang No.71, Jakarta Timur | Telp: (021) 87781605 / 87781606
  • RS Dharma Nugraha: Jl. Balai Pustaka Baru No.19, Rawamangun, Jakarta Timur | Telp: (021) 4707433 / 4707437
  • RS Hermina Jatinegara: Jl. Raya Jatinegara Barat No.126, Jakarta Timur | Telp: (021) 8513838 / 8191223
  • RS Harapan Jayakarta: Jl. Bekasi Timur Raya No.6, KM.18, Pulo Gadung, Jakarta Timur | Telp: (021) 4603916 / 4601371 /46822879
  • RSAU Dr. Esnawan Antariksa: Jl. Merpati No.2 Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur | Telp: (021) 8007029 / 27
  • RSU UKI: Jl. Mayjen Sutoyo, Cawang, Jakarta Timur | Telp: (021) 8092317 / 8010526 / 8092831 / 8010523
  • RS Kartika Pulomas: Jl. Pulomas Timur K, No.2 Blok G-H-C/1, Jakarta Timur | Telp: (021) 4703333
RS Rekanan AIA - Malaysia
  • Pantai Hospital Ampang: Jl. Perubatan 1, Pandan Indah, 55100 Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan | Telp: 603-42892828 | Fax: 603-42892829
  • Pantai Hospital Cheras: No.1, Jl. 1/96A, Taman Cheras Makmur, 56100 Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan | Telp: 603-91322022 | Fax: 603-91320687
  • Pantai Hospital Kuala Lumpur: 8 Jl. Bukit Pantai, 59100 Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan | Telp: 603-2296 0888 | Fax: 603-2282 1557
  • KPJ Tawakkal Specialist Hospital: No.1, Jl. Pahang Barat, 53000 Kuala Lumpur | Telp: 603-40267777 | Fax: 603-40238063
  • Hospital Pakar Al Islam: No.85, Jl. Raja Abdullah, Kampung Baru, 50300 Kuala Lumpur | Telp: 603-26931007 | Fax: 603-26925546
RS Rekanan AIA - Singapura
  • Gleneagles Hospital: 6A, Napier Road, Singapura 258500 | Telp: +65 6735 5000 | Fax: +65 64705616
  • Parkway East Hospital: 321 Joo Chiat Pl, Singapura 427990 | Telp: +65 6377 3737 | Fax: +65 63408696
  • Mount Elizabeth Orchard Hospital: 3 Mount Elizabeth, Singapura 228510 | Telp: +65 6250 0000 | Fax: +65 67347525
  • Mount Elizabeth Novena Hospital: 38 Irrawaddy Rd, Singapura 329563 | Telp: +65 6898 6898 | Fax: +65 69330518
  • Raffles Hospital: 585 North Bridge Road Singapura 188770 | Telp: +65 6311 1111 | Fax: +65 63112333

Untuk mengetahui daftar lengkap RS rekanan AIA, sila menghubungi customer care line perusahaan di nomor 1500 980 atau (021)3000 1 980.

Review Asuransi AIA Indonesia

Ada banyak faktor yang membuat Asuransi AIA Indonesia begitu diminati oleh calon nasabahnya. Selain karena pilihan polisnya yang begitu beragam, menurut beberapa review terdapat hal-hal lain yang membuat Asuransi AIA Indonesia unggul bila dibandingkan perusahaan asuransi sejenis. Berikut keunggulan yang dimiliki oleh Asuransi AIA Indonesia:

1. Rumah sakit rekanan luas

Salah satu yang membuat Asuransi AIA Indonesia unggul adalah jaringan rumah sakit luas. Total lebih dari 800++ rumah sakit sudah bekerja sama dengan AIA Insurance. Mulai dari rumah sakit di dalam negeri sampai dengan luar negeri seperti Malaysia dan Singapura.

2. Limit tahunan sesuai tagihan

Limit asuransi juga menjadi hal yang patut dipertimbangkan ketika membeli asuransi kesehatan. Dan, AIA Asuransi memiliki limit tahunan sesuai dengan tagihan (as charged). Tentu saja hal ini menjadikan keuntungan tersendiri bagi nasabahnya. Sebab, Anda tidak perlu was-was dengan mahalnya biaya perawatan di rumah sakit.

3. Menanggung hingga usia 99 tahun

Biasanya, produk asuransi jiwa jarang memberikan manfaat pertanggungan hingga 99 tahun (seumur hidup). Tapi AIA Insurance berbeda, perusahaan ini justru memberikan manfaat pertanggungan sampai 99 tahun untuk polis asuransi jiwa. Contoh polisnya adalah AIA Sehat Terus.

4. Loyalty bonus

Manfaat pertanggungan yang menjadikan AIA Insurance cukup diminati nasabah adalah adanya loyalty bonus. Loyalty bonus ini akan diberikan kepada tertanggung yang masih hidup sampai akhir masa polis. Contoh polis AIA Asuransi yang menawarkan manfaat ini adalah AIA Critical Protection.

Pertanyaan Seputar Asuransi AIA Indonesia

Berikut pertanyaan yang paling sering diajukan calon nasabah maupun nasabah terkait AIA Indonesia.

Apa itu AIA?

AIA (PT AIA Financial Indonesia) adalah salah satu perusahaan asuransi jiwa terkemuka yang beroperasi di Indonesia. PT AIA Financial Indonesia merupakan anak perusahaan dari AIA Group.

AIA menawarkan berbagai produk asuransi, termasuk asuransi dengan prinsip Syariah, yang meliputi asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan diri, asuransi yang dikaitkan dengan investasi, program kesejahteraan karyawan, dan program Dana Pensiun (DPLK). Produk-produk tersebut dipasarkan oleh lebih dari 6.000 tenaga pemasar berpengalaman dan profesional melalui beragam jalur distribusi seperti keagenan, bancassurance, dan Corporate Solutions (Pension & Employee Benefits).

Apa kepanjangan AIA?

AIA kepanjangan dari American International Assurance. Walau nama singkatan dari AIA adalah American International Assurance, tapi AIA tidak memiliki kantor di Amerika Serikat atau negara Amerika lainnya.

Amankah investasi di Asuransi AIA?

Saat ini perusahaan Asuransi AIA Indonesia sudah terawasi oleh OJK. Tentunya segala hal yang dilakukan perusahaan PT AIA aman dan nasabah tidak perlu takut ketingga ingin membeli produk sesuai kebutuhan.

Bagaimana cara cek polis AIA online?

Cara cek polis AIA secara online cukup dengan mengakses situs resmi perusahaan. Namun sebelum login untuk melakukan cek polis, Anda harus mendaftar di My AIA terlebih dulu. Dengan mendaftar My AIA Anda akan mendapatkan akses username dan password untuk melakukan login.

Apa saja rekomendasi produk AIA Insurance?

Salah satu polis unggulan AIA adalah AIA Prolink Platinum Assurance. Polis ini yang memberikan santunan atas risiko meninggal dunia sebesar Rp1,5 miliar dengan beragam manfaat dan pilihan investasi sekaligus. Selain itu, ada juga manfaat loyalty bonus hingga 100 persen. Artinya, jika tertanggung masih hidup hingga masa polis berakhir, maka premi dasar pada tahun pertama akan dikembalikan. 

Jika ingin manfaat investasi dengan mata uang asing atau dolar, maka Lifepal merekomendasikan AIA Priority Plus Assurance. Pasalnya, produk asuransi ini memberikan manfaat sangat lengkap, termasuk investasi mata uang asing. Selain itu, asuransi tersebut juga memberikan loyalty bonus hingga 75 persen, serta santunan apabila tertanggung meninggal dunia.

Apa saja produk AIA Health Insurance?

AIA Indonesia memiliki tiga polis asuransi kesehatan, yaitu:

  • Hospital and Surgical Protection
  • Premier Hospital and Surgical Protection
  • Hospital and Surgical Plus

Informasi lebih detail mengenai manfaat Asuransi Kesehatan AIA bisa dilihat di tab Polis.

Apa itu Asuransi AIA BCA?

Asuransi AIA BCA merupakan produk asuransi hasil kerja sama antara PT AIA Financial dan PT Bank Central Asia (BCA). Dengan adanya produk asuransi ini, diharapkan nasabah bisa mendapat kemudahan dalam melindungi dirinya dan keluarganya melalui layanan digital dari kedua perusahaan tadi.

Salah satu produk hasil kerja sama PT AIA Financial BCA adalah Premier Medical Protection (Medic Pro). Polis ini memberikan perlindungan kesehatan lengkap dengan total limit mencapai Rp 65 miliar per tahun.

Cek ulasan manfaat dari Medic Pro (Premier Medical Protection) di sini!

Apa itu AIA Ethics Hotline?

AIA Ethics Hotline merupakan layanan keluhan nasabah yang disediakan oleh AIA. Layanan ini bekerja 24 jam sehari dan 7  hari seminggu. Menariknya, layanan ini menyediakan fasilitas yang membuat identitas diri Anda tidak diketahui alias anonym.

Apa itu AIA Vitality?

AIA Vitality adalah program kebugaran inovatif yang dihadirkan oleh PT AIA Financial Indonesia. Program kebugaran ini akan memberikan hadiah atas setiap pilihan sehat yang dilakukan nasabahnya.

Sebagai anggota AIA Vitality, nasabah bisa mendapatkan manfaat polis terintegrasi Vitality sekaligus menikmati berbagai keistimewaan dari mitra AIA dalam menjalani hidup lebih sehat, lebih lama, dan lebih baik.

Apa itu My AIA?

My AIA adalah layanan aplikasi yang dihadirkan oleh PT AIA Financial Indonesia untuk membantu nasabahnya mendapatkan berbagai informasi, termasuk saldo yang dimiliknya. Selain mengetahui saldo, ada berbagai informasi lain yang bisa nasabah dapatkan di aplikasi My AIA, di antaranya:

  • Nomor kartu Asuransi AIA
  • Register pelayanan kesehatan di rumah sakit rekanan untuk manfaat klaim cashless
  • Notifikasi terkait tagihan, surat rujukan, dan letter of guarantee
  • Informasi terkait polis 
  • Informasi RS rekanan
  • Update terkait klaim secara online untuk polis Employee Benefit

Untuk mendapatkan berbagai informasi di atas, nasabah hanya perlu melakukan “Login AIA” dengan mengisi kolom email dan password saja. Namun, bila nasabah belum memiliki akun My AIA bisa membuatnya terlebih dahulu dengan mengklik “Daftar”.

Apa itu My AIA SG?

My AIA SG adalah layanan aplikasi dari AIA yang dihadirkan untuk wilayah Singapura dan sekitarnya. Sama seperti di Indonesia, layanan My AIA SG juga digunakan untuk mengetahui berbagai informasi yang dibutuhkan oleh nasabah di sana.

Apa itu Agent Portal AIA?

Agent Portal AIA adalah layanan website yang dirancang khusus untuk membantu para agen dalam memasarkan produk-produk AIA. Karena didesain khusus untuk para agen, maka Agent Portal AIA ini tidak dapat diakses oleh sembarang orang, termasuk nasabah AIA itu sendiri.

Apa itu Agency AIA?

Agency AIA adalah agen PT AIA Financial Indonesia yang membantu perusahaan dalam memasarkan produknya ke calon nasabah. Terdapat beberapa produk yang bisa dibeli di agency AIA, salah satunya adalah AIA All in One.

Apa itu AIA Bhd?

AIA Bhd adalah anak perusahaan dari AIA Group yang beroperasi di Malaysia. Sama seperti AIA Indonesia, AIA Bhd juga menawarkan serangkaian solusi perlindungan finansial, termasuk perlindungan kesehatan, kecelakaan diri, asuransi umum, dan masih banyak lain.

Apa itu AIA IDR Equity Fund?

AIA IDR Equity Fund adalah instrumen investasi yang disediakan oleh PT AIA Financial Indonesia. Selain AIA IDR Equity Fund, terdapat banyak instrumen investasi lainnya, termasuk: IDR China India Indonesia Equity Fund, IDR Balance Fund, USD Fixed Income Fund, IDR Fixed Income Fund, hingga USD Global Growth Opportunity Equity.

Apakah AIA telah terdaftar dan diawasi oleh OJK?

Sebagai badan usaha yang taat kepada hukum, AIA Insurance telah terdaftar dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Ini dibuktikan dari Surat Keputusan Menteri Keuangan Nomor KEP-156/KMK.017/1997.

Apakah AIA Insurance bagus?

Bagus atau tidaknya asuransi yang dipilih sebenarnya tergantung pada kebutuhan nasabah. Jika menginginkan asuransi berbalut investasi, maka AIA menjadi pilihan yang tepat. Namun, jika ingin memilih asuransi kesehatan murni, maka kami anjurkan untuk memilih Asuransi Kesehatan Cigna yang memiliki manfaat lengkap serta premi yang ringan. 

Apakah saldo AIA bisa dicairkan?

Saldo asuransi pada umumnya tidak dapat dicairkan, namun ada beberapa polis Asuransi AIA yang memberikan manfaat loyalty bonus (pemberian uang pertanggungan) apabila tertanggung hidup hingga masa polis asuransi berakhir. Besaran bonus ini biasanya akan disesuaikan dengan ketentuan yang tertera di dalam polis.

Bagaimana cara pembayaran premi AIA Insurance? 

Pembayaran premi AIA Insurance bergantung pada jenis produk asuransi yang dibeli. Adapun metode pembayaran yang disediakan AIA Insurance di antaranya:

  • Autodebet rekening pribadi pada bank yang sudah ditentukan AIA Indonesia
  • Autodebet Kartu Kredit atau BCA Card. Mohon informasikan jika ada perubahan Kartu Kredit atau masa berlaku Kartu Kredit
  • ATM BCA (minimum transaksi Rp.100 ribu)
  • ATM Bank CIMB Niaga
  • ATM BII
  • Setor/transfer ke rekening AIA

*Keterangan:

Pembayaran melalui ATM tidak berlaku untuk produk unitlink.

Bagaimana cara cek saldo Asuransi AIA?

Sama seperti perusahaan asuransi lain, Asuransi AIA Financial juga menyediakan berbagai kanal untuk mengecek saldo yang dimiliki oleh nasabahnya. Berikut cara cek saldo AIA Financial bisa dilakukan:

Cara Cek Saldo Asuransi AIA – Melalui Website Resmi

  • Akses situs resmi AIA (www.aia-financial.co.id)
  • Kemudian, pilih menu MyAIA
  • Bila belum memiliki akun MyAIA silahkan membuatnya terlebih dahulu dengan mengklik “Daftar”. Namun, jika sudah nasabah tinggal memasukkan “Alamat Email” dan “Password” lalu klik “Masuk”
  • Jika sudah masuk, nasabah bisa langsung melakukan pengecekan saldo Asuransi AIA yang dimilikinya

Cara Cek Saldo Asuransi AIA – Melalui Customer Care Line

  • Menghubungi customer care line AIA di nomor 1500 980
  • Kemudian, ikuti seluruh instruksi yang diberikan
  • Sebelum mengecek saldo AIA dengan cara ini, pastikan pulsa Anda mencukupi untuk melakukan panggilan

Cara Cek Saldo Asuransi AIA – Melalui AIA Priority Service Line

  • Menghubungi AIA Priority Service Line di nomor (021) 2927 9679
  • Chat WhatsApp AIA Priority Service Line di nomor 0811 1611 660
  • Layanan ini siap melayani nasabah 24 jam

Cara Cek Saldo Asuransi AIA – Datang Langsung Ke Kantor Cabang

Nasabah juga bisa mengecek saldo Asuransi AIA dengan datang ke kantor cabang terdekat. Kemudian, sampaikan kedatangan Anda kepada customer service mengenai cara pengecekan saldo AIA. Nantinya, Anda akan diarahkan untuk mengecek saldo di kantor cabang AIA.

Cara seperti ini memang cenderung tradisional, namun beberapa nasabah justru lebih menyukainya untuk mengecek saldo yang dimiliki.

Cara Cek Saldo Asuransi AIA – Lewat Agen AIA

Selain datang langsung ke kantor cabang terdekat, nasabah juga bisa mengecek saldo AIA yang dimiliki lewat agen yang pernah membantu Anda membeli polisnya. Namun sebelum melakukannya, pastikan bahwa agen masih aktif dan terdaftar di AIA. Tujuannya untuk menghindari risiko penipuan atau penyalahgunaan data Anda yang mungkin terjadi karena melibatkan pihak ketiga.

Bagaimana cara pencairan Asuransi AIA?

Mencairkan dana Asuransi AIA sebenarnya mudah dilakukan asalkan mengikuti prosedur yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Berikut cara mencairkan Asuransi AIA yang harus Anda ikuti:

1. Ajukan dokumen klaim

Cara mencairkan dana Asuransi AIA yang pertama adalah dengan mempersiapkan seluruh dokumen yang diperlukan. Pastikan seluruh dokumen yang dibutuhkan sudah sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan oleh AIA dan diisi dengan lengkap.

Selanjutnya, dokumen lengkap dan diisi dengan benar, Anda bisa langsung mengirimkannya ke Kantor Pusat AIA / Bancassurance Officer / Agency Officer /Customer Service terdekat.

2. Pemeriksaan kelengkapan dokumen

Setelah dokumen pencairan dana diserahkan ke pihak AIA, kemudian dokumen tadi akan langsung diperiksa kelengkapannya. Bila hasil pemeriksaan menyatakan dokumen belum lengkap, maka Anda akan menerima pemberitahuan dari pihak AIA, baik melalui SMS maupun surat.

Dalam pemberitahuan tersebut, Anda pun akan diminta untuk melengkapi dokumen terlebih dahulu. Jangka waktu untuk melengkapinya adalah 30 hari kerja. Apabila dalam jangka waktu tadi Anda tidak dilengkapi, maka dokumen akan dikembalikan kepada Anda.

3. Menunggu pemberitahuan

Setelah dokumen dilengkapi, berikutnya adalah menunggu pemberitahuan dari pihak AIA. Bila dinyatakan lengkap, maka Anda akan mendapatkan pemberitahuan melalui SMS yang mengkonfirmasi bahwa persyaratan telah lengkap dan diterima.

4. Menunggu keputusan klaim

Tim penilai dari AIA selanjutnya akan melakukan analisis terhadap dokumen pencairan dana Anda. Keputusan akan dikeluarkan setelah tim penilai selesai melakukan analisis.

5. Pembayaran klaim

Bila klaim disetujui, AIA Financial Indonesia akan membayarkan dana ke nasabah. Keputusan mengenai disetujui atau tidaknya klaim akan diberitahukan melalui SMS atau surat. Jadi, pastikan nomor ponsel dan domisili Anda telah sesuai dengan data yang dikirimkan agar Anda bisa mengecek pembayaran klaim.

6. Penerimaan klaim

Terakhir, proses pencairan dana Asuransi AIA akan dilakukan dalam kurun waktu 8 hingga 11 hari kerja. Jadi, Anda tinggal mengecek pencairan dana ke rekening dalam jangka waktu tersebut.

Bagaimana cara berhenti Asuransi AIA?

Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan bila ingin berhenti atau menutup Asuransi AIA, yaitu:

  • Ajukan penonaktifan polis AIA melalui agen yang dulu menawarkan produk kepada Anda.
  • Datang langsung ke kantor cabang AIA dan ajukan penutupan polis.
  • Datang langsung ke kantor AIA pusat.
  • Hubungi call center AIA untuk mengajukan penutupan polis

Setelah itu, Anda harus melengkapi persyaratan cara tutup polis AIA, seperti:

  • Mengisi formulir penutupan polis asuransi yang disertai dengan alasannya penutupannya
  • Penutupan polis Asuransi AIA harus didamping oleh agen atau marketing asuransi
  • Melampirkan buku polis AIA asli
  • Melampirkan fotokopi KTP dan KK
  • Melampirkan fotokopi buku rekening
  • Penutupan polis Asuransi AIA tidak boleh diwakilkan

Biasanya, Anda akan dikenakan biaya atau potongan tertentu apabila melakukan pembatalan polis AIA sebelum tanggal jatuh tempo.

Berapa lama pencarian DPLK AIA?

Tidak disebutkan secara detail terkait informasi tersebut, namun DPLK umumnya bisa cair dalam waktu 11 hari kerja.

Berapa lama proses pencairan klaim AIA Insurance?

Biasanya, proses klaim asuransi akan cair dalam 8 hari kerja, khusus untuk Asuransi Kesehatan AIA. Sementara 11 hari kerja untuk klaim meninggal dunia. Perlu diingat, waktu tersebut bisa saja lebih lama, apalagi bila dokumen klaim yang diajukan nasabah kurang lengkap.

Di manakah alamat AIA Central Jakarta?

Kantor AIA Jakarta berada di Jalan Jend. Sudirman Kav.48A, Jakarta Selatan – 12930. Atau, kebanyakan orang sering menyebutnya dengan gedung AIA Sudirman.

Di manakah alamat AIA Hongkong?

AIA Hongkong berada di AIA Wealth Select Centre 12/F, AIA Tower, 183 Electric Road, North Point, Hong Kong.

Siapakah pemilik Asuransi AIA?

AIA Insurance sempat beberapa kali berpindah kepemilikan, mulai dari Lippo Group hingga AIA Group. Berikut riwayat perpindahan kepemilikan Asuransi AIA dari 1999 hingga sekarang:

  • Lippo Group (1999-2004)
  • American International Group (1999-2009)
  • AIA Indonesia (2004-2009)
  • AIA Group (2009-sekarang)
Selain di Jakarta, di mana lagi kantor cabang AIA?

AIA memiliki kantor cabang yang tersebar di beberapa kota di Indonesia, termasuk di Bandung, Medan, hingga Lampung. Berikut alamat lengkapnya:

  • Asuransi AIA Medan – Lippo Plaza lantai 8: Jl. Imam Bonjol no 6 Medan
  • Asuransi AIA Lampung – Jl. Diponegoro No.206A Teluk Betung Utara, Bandar Lampung
  • Asuransi AIA Bandung – Menara Monex Lt.11: Jl. Asia Afrika No.133-137, Bandung 40112
  • Asuransi AIA Surabaya – Pakuwon Tower lantai 25: Jl. Embong Malang Surabaya
  • Asuransi AIA Semarang – Komp. Metro Plaza A3: Jl. MT. Haryono 970, Semarang 50249
Agen dan broker AIA Indonesia

Terdapat perbedaan antara agen dan broker asuransi. Agen asuransi adalah orang pribadi yang bekerja untuk perusahaan asuransi, dalam hal ini AIA Indonesia. Sementara, broker adalah pihak independen yang menjadi perantara antara perusahaan asuransi dengan calon nasabah.

Dalam upaya memasarkan produk dan memberikan layanan kepada nasabah, AIA memiliki dua metode pemasaran, yaitu melalui agen dan bancassurance

Sebagai perusahaan asuransi jiwa terkemuka di dunia dan di Indonesia, AIA terus berupaya meningkatkan kualitas layanannya. Sistem pengembangan agen pemasar menjadi fokus utamanya. AIA sendiri tergabung ke dalam MDRT (Million Dollar Round Table) sebagai entitas perkumpulan agen asuransi jiwa dengan pendapatan premi tertinggi dalam skala internasional.

AIA Indonesia memiliki 400 agen MDRT. Jumlah ini dinilai unggul dibandingkan jumlah keseluruhan agen MDRT di Indonesia pada 2018 yang berjumlah 2.408 orang. 

Di samping mendapatkan proteksi dari agen, calon nasabah juga dapat memprioritaskan pilihan perlindungan asuransi dari broker. Calon nasabah dapat memilih broker yang beroperasi secara langsung atau yang beroperasi secara online. Keuntungan memilih broker secara online adalah kemudahan untuk membeli dan berkonsultasi dengan mudah di rumah menggunakan ponsel.

Lifepal sebagai broker asuransi online yang tepercaya dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bisa menjadi pilihan utama. Hanya saja saat ini, Lifepal belum bekerja sama dalam memasarkan produk asuransi dari AIA Indonesia. Namun, jika membutuhkan referensi produk asuransi serupa lainnya dari berbagai perusahaan asuransi terkemuka di Indonesia, calon nasabah dapat mengunjungi Lifepal.co.id untuk berkonsultasi secara gratis.

Sumber dan Referensi

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • https://www.aia-financial.co.id/id/index.html
Daftar dan dapatkan promo asuransi terbaik! Diskon 25%