Asuransi Allianz Indonesia

4.8 / 5.0 (1.660 Ulasan)
  • Diskon Terbaik
  • 500+ Pilihan
  • Bantuan Klaim
FLASHSALE
Diskon 10%
  • 2021-09-10 15.47.32
87 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.

Asuransi Allianz Indonesia: Ulasan Produk & Premi

PT Asuransi Allianz Life Indonesia adalah salah satu anak perusahaan Allianz Group yang berfokus pada produk asuransi jiwa dan kesehatan. Produknya tersedia untuk tertanggung individu, karyawan, hingga pilihan asuransi syariah.

Saat ini, Lifepal telah bekerjasama dengan Asuransi Allianz melalui polis Asuransi Jiwa Mikro Sekoci yang memberikan santunan meninggal dunia dengan premi di bawah Rp50 ribuan per bulan. Lihat manfaat polis selengkapnya secara online!

Daftar Polis Asuransi Allianz Life

Ada banyak polis Asuransi Allianz Life yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan anggaran calon nasabah. Salah satunya adalah Asuransi Jiwa Mikro Sekoci yang telah bekerjasama degan Lifepal. 

Produk asuransi jiwa mikro dengan premi terjangkau yang memberikan santunan meninggal akibat kecelakaan dan sebab alami (sakit).

Rangkuman Pilihan Produk Asuransi Allianz Life

Ada 9 produk yang dikategorikan berdasarkan kebutuhan calon nasabah. Berikut ini pilihan produk dan manfaat Asuransi Allianz selengkapnya: 

ProdukManfaat
Asuransi KesehatanPertanggungan biaya rawat inap + pembedahan + rawat jalan
Asuransi Jiwa Unit LinkSantunan meninggal dunia + manfaat investasi
Asuransi Jiwa Unit Link SyariahSantunan meninggal dunia + manfaat investasi mengikuti prinsip syariah
Asuransi Jiwa – KumpulanSantunan meninggal dunia untuk tertanggung karyawan perusahaan
Asuransi Jiwa MikroSantunan meninggal dunia dengan premi terjangkau
Asuransi Haji SyariahSantunan atas risiko kecelakaan selama ibadah haji
DPLK – KumpulanJaminan dana pensiun + kumpulan
BancassuranceProduk asuransi kerja sama dengan perusahaan perbankan
Asuransi Tambahan (Rider)Asuransi pelengkap yang dapat dibeli terpisah dari polis dasar

Sekilas Tentang Asuransi Allianz

Asuransi Allianz atau PT Asuransi Allianz Life Indonesia adalah salah satu perusahaan asuransi di Indonesia yang memberikan layanan asuransi jiwa. Perusahaan ini menjadi bagian dari Allianz Group asal Jerman.

Layanan Nasabah Asuransi Allianz Life

Jika memiliki pertanyaan terkait polis, cara membeli, panduan membayar premi, hingga cara melakukan klaim, nasabah dapat menghubungi call center Asuransi Allianz Life.  Atau, mengunjungi langsung kantor pusat / kantor cabang perusahaan yang tersebar di beberapa daerah.

Kantor Pusat PT Asuransi Allianz Life Indonesia

Allianz Tower

Jl. HR. Rasuna Said, Kawasan Kuningan Persada Super Blok 2, Jakarta 12980

Telepon: +6221-2926 8888

Fax: +6221-2926 8080

Email: [email protected]

Jam Kerja: Senin-Jumat (08.00-17.00 WIB)

Harga Premi Asuransi Allianz

Cara mengetahui harga premi Asuransi Allianz adalah dengan mengakses laman produk di website resmi perusahaan, menghubungi agen, maupun broker asuransi terkait. Pada umumnya, premi Asuransi Allianz dipengaruhi oleh berbagai faktor berikut.

  • Jenis asuransi yang diambil oleh pemegang polis.
  • Profil tertanggung: usia, pekerjaan, jenis kelamin, riwayat penyakit, dan lain-lain.
  • Jenis dan nilai aset atau harta benda yang diasuransikan.
  • Cakupan pertanggungan, mulai dari pertanggungan utama hingga rider (pertanggungan tambahan).

Cara Klaim Asuransi Allianz Life

Cara klaim Asuransi Allianz Life harus disesuaikan dengan jenis polis yang dipilih. Berikut ini ulasan lengkap mengenai prosedur klaim agar Anda mendapatkan manfaat Asuransi Allianz sesuai polis yang dimiliki:

Rumah Sakit Rekanan Asuransi Allianz Life

Terdapat sekitar 1000 rumah sakit rekanan dalam negeri dan 100 rumah sakit rekanan di luar negeri yang bekerja sama dengan Asuransi Allianz Life. Dengan begitu, nasabah tidak perlu lagi khawatir bila sewaktu-waktu ingin berobat hingga jangkauan luar negeri.

Tidak hanya di Jakarta, jaringan rumah sakit rekanan Asuransi Kesehatan Allianz meliputi kota-kota lainnya di Indonesia.  Berikut daftar rekanan Asuransi Allianz selengkapnya:

Berita Terbaru Asuransi Allianz Life

Mei 2020 – Direktur Asuransi Allianz Life menyampaikan bahwa asuransi jiwa dan kesehatan Allianz menanggung semua nasabah yang terkena Covid-19. Perusahaan juga menghapuskan klaim masa tunggu untuk pasien yang terdiagnosis Covid-19 hingga 31 Mei 2020.

Mei 2020 – Allianz Life mendapatkan sertifikat ISO27001:2013. Lewat sertifikat tersebut, perusahaan bisa menerbitkan polis secara digital, khususnya produk asuransi jiwa individu. Lingkup yang telah tersertifikasi adalah keamanan data nasabah.

Review Asuransi Allianz Life

Asuransi Allianz Life berfokus pada produk asuransi jiwa dan kesehatan, serta telah mendapatkan izin usaha Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Asuransi Allianz Life sangat cocok untuk nasabah yang memiliki anggaran terbatas, sebab tersedia pilihan polis Asuransi Jiwa Mikro Sekoci dengan premi di bawah Rp50 ribuan per bulan.

Berikut ini adalah beberapa review Asuransi Allianz yang dapat Anda pertimbangkan:

(+) Limit tahunan asuransi kesehatan tinggi hingga Rp25 miliar

(+) Biaya kamar dan akomodasi pendampingan besar

(+) Diskon premi hingga 5% untuk asuransi kesehatan

(+) Rumah sakit rekanan tersebar luas di dalam dan luar negeri

Pertanyaan Seputar Asuransi Allianz

Berikut sejumlah pertanyaan yang sering diajukan terkait Asuransi Allianz Life di Indonesia:

Apa itu Asuransi Allianz?

Asuransi Allianz adalah perusahaan asuransi multinasional asal Jerman yang masih menjadi bagian dari Allianz Group. Allianz di Indonesia terbagi menjadi dua perusahaan yang berbeda: 

  • PT Asuransi Allianz Life Indonesia (asuransi jiwa dan kesehatan)
  • PT Asuransi Allianz Utama Indonesia  (asuransi umum)
Apa perbedaan Allianz Life dan Allianz Utama?

Asuransi Allianz Life dan Allianz Utama dinaungi oleh satu grup yang sama. Namun yang membedakan keduanya adalah produk yang ditawarkan. Allianz Life lebih terfokus pada produk asuransi jiwa Allianz. Sementara, Allianz Utama lebih berfokus pada asuransi umum, seperti asuransi mobil Allianz, Allianz asuransi perjalanan, dan sejenisnya.

Di mana kantor Asuransi Allianz?

Asuransi Allianz memiliki kantor cabang yang tersebar luas di berbagai wilayah. Namun untuk kantor Asuransi Allianz Pusat berlokasi di Allianz Tower, Jl. HR. Rasuna Said, Kawasan Kuningan Persada Super Blok 2, Jakarta.

Contoh polis Asuransi Allianz

Asuransi Allianz memiliki berbagai produk misalnya saja asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan lain-lain. Untuk contoh pilihan polisnya adalah Sekoci, SmartMed Premier, AlliSya Care dan lain-lain.

Apa saja produk Asuransi Allianz Kesehatan?

Produk Asuransi Allianz Kesehatan sangatlah beragam dengan manfaat pertanggungan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan nasabah. Berikut beberapa produk Asuransi Kesehatan Allianz:

  • SmartHealth Light Titanium
  • AlliSya Care
  • SmartMed Premier

Lihat produk Asuransi Kesehatan Allianz selengkapnya!

Apa saja produk yang dihadirkan Allianz Indonesia?

Allianz Indonesia menghadirkan empat produk yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran nasabahnya. Keempat produk Asuransi Allianz Indonesia itu meliputi:

Apa saja produk Asuransi Jiwa Allianz?

Produk Asuransi Jiwa Allianz sangat beragam dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan nasabah. Berikut beberapa daftar produk Asuransi Jiwa Allianz:

  • Smart Life
  • Allianz PASTI
  • SmartLink New Flexi Account

Lihat daftar produk Asuransi Jiwa Allianz selengkapnya!

Apakah Asuransi Allianz bagus?

Asuransi Allianz memiliki laporan keuangan yang sesuai dengan standarisasi Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK). Selain itu, Allianz juga memiliki cukup banyak pilihan polis sehingga dapat lebih mudah disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran nasabah.

Asuransi Allianz sangat cocok khususnya untuk nasabah yang menginginkan limit tahunan polis tinggi, sebab beberapa pilihan polisnya memberikan manfaat limit tahunan hingga puluhan miliar rupiah.

Apakah Asuransi Allianz aman?

Berdasarkan laporan keuangan tahun 2020, Asuransi Allianz Life memiliki rasio solvabilitas 317 persen, yang mana itu di atas ketentuan pemerintah sebesar 120 persen. Artinya dapat disimpulkan bahwa perusahaan masih berada dalam kategori sehat atau sesuai dengan ketentuan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK). 

Berapa premi Asuransi Allianz?

Produk Asuransi Jiwa Allianz bisa Anda dapatkan di Lifepal dengan premi di bawah Rp50 ribu per bulan untuk pilihan produk asuransi mikro. Untuk harga premi Asuransi Jiwa Allianz selengkapnya dapat mengakses website resemi perusahaan di https://www.allianz.co.id/

Bagaimana cara membayar premi Allianz?

Premi Asuransi Allianz bisa dibayar secara tahunan atau diangsur setiap semester (per enam bulan), kuartal (per tiga bulan), dan setiap sebulan sekali.

Adapun kanal pembayaran yang disediakan Asuransi Allianz sebagai berikut.

  • Pembayaran premi online melalui Allianz eAZy Payment (khusus nasabah perorangan Asuransi Jiwa Allianz)
  • Pembayaran premi melalui Indomaret
  • Pembayaran secara Setor Tunai
  • Melalui ATM BCA dan ATM Mandiri
  • Melalui fasilitas internet banking
  • Pembayaran menggunakan Virtual Account
  • Pembayaran dengan autodebet kartu kredit atau rekening bank
  • Pembayaran melalui Kantor Pos Indonesia
  • Pembayaran melalui Kantor Pegadaian.
  • Pembayaran menggunakan GOPAY

Pada penerapannya, metode pembayaran pada tiap fasilitas yang disediakan sama saja. Yang terpenting adalah mengetahui nomor polis pribadi. 

Informasikan atau input nomor polis yang sesuai, kemudian lakukan pembayaran premi sesuai dengan jumlah yang harus dibayarkan. Setelah membayar, simpan bukti pembayaran sebagai arsip. Setiap transaksi pembayaran yang berhasil akan dikirimkan melalui notifikasi SMS ataupun surel di hari yang sama. 

Bagaimana metode penggantian biaya Allianz?

Metode penggantian biaya Asuransi Allianz terdiri dari tiga, yaitu reimbursement,cashless, dan uang santunan. Berikut penjelasan ketiganya.

  • Reimbursement:Metode penggantian biaya di mana nasabah harus membayar terlebih dahulu biaya kerugian rumah sakit, kemudian pihak asuransi akan mengganti biaya yang sudah dibayarkan. Biasanya, metode ini digunakan untuk klaim biaya perawatan medis. 
  • Cashless: Metode penggantian biaya di mana nasabah bisa langsung datang ke rumah sakit dan menjalani perawatan tanpa harus membayar terlebih dahulu, hanya perlu mengisi formulir dan menunjukkan kartu asuransi. Biaya rumah sakit langsung dibayar dari perusahaan asuransi ke rumah sakit. Cara seperti ini disebut sebagai metode cashless, karena nasabah tidak perlu mengeluarkan uang tunai sama sekali. Biasanya, metode cashless digunakan untuk klaim biaya perawatan medis di rumah sakit rekanan Allianz.
  • Uang santunan: Metode pencairan sejumlah uang pertanggungan (UP) apabila terjadi klaim asuransi. Umumnya, digunakan pada klaim kematian atau kecelakaan terhadap asuransi yang menjanjikan uang santunan. 
Berapa lama proses klaim Asuransi Allianz?

Pengajuan klaim Asuransi Allianz bisa dilakukan secara online lewat aplikasi Allianz eAZy Claim. Klaim akan diproses dalam waktu 7 hari kerja.

Apa fungsi kartu Asuransi Allianz?

Kartu Asuransi Allianz berfungsi untuk memudahkan nasabah dalam melakukan klaim cashless di rumah sakit rekanan Allianz. Kartu Asuransi Allianz akan diberikan ketika nasabah menerima polis.

Kapan Allianz berdiri?

Melansir dari situs resmi perusahaan, Asuransi Allianz berdiri pada 5 Februari 1890 di negara asalnya Jerman. Sementara, Allianz Indonesia didirikan pada tahun 1981.

Seperti apa UU Asuransi Kesehatan di Indonesia?

Hukum asuransi kesehatan diciptakan dan diatur secara resmi oleh pemerintah dengan tujuan memastikan kelangsungan industri terkait di Indonesia berjalan lancar. Selain itu, dengan adanya UU Asuransi Kesehatan nasabah juga bisa lebih aman ketika ingin membeli berbagai produk asuransi.

Untuk UU Asuransi Kesehatan sebarnya diatur dalam : Undang Undang No. 2 Tahun 1992 Terkait Usaha Perasuransian. Dalam Undang-Undang ini fungsinya adalah memastikan bahwa asuransi memiliki laporan keuangan perusahaan yang sehat, serta melindungi masyarakat agar mendapatkan hak sebagaimana mestinya.

Anda bisa mengetahui UU atau peraturan pemerintah lainnya yang mengatur seputar Asuransi Kesehatan di sini!

Agen dan broker Asuransi Allianz

Terdapat perbedaan antara agen dan broker asuransi. Agen asuransi biasanya adalah orang pribadi yang bekerja untuk perusahaan asuransi, dalam hal ini Allianz. Sementara itu, broker adalah pihak independen yang menjadi perantara antara Allianz dengan calon nasabah.

Sebagai bagian dari upaya memudahkan masyarakat mendapatkan akses kepada informasi terkait berbagai produk asuransi yang dimiliki agen Asuransi Allianz, Allianz Star Network (ASN) hadir sebagai kanal distribusi keagenan perusahaan secara resmi.

Setiap individu yang tergabung ke dalam ASN akan diperkenalkan kepada sistem bisnis Allianz sekaligus mendapatkan pelatihan demi bisa mengembangkan jaringan usaha pribadinya secara berkelanjutan. Dengan demikian, setiap agen diharapkan bisa meraih imbal hasil usaha yang dapat diandalkan juga. 

Sumber dan Referensi

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • https://www.allianz.co.id/
  • https://keuangan.kontan.co.id/news/tawarkan-perlindungan-diri-dan-aset-allianz-life-indonesia-rilis-unitlink-terbaru
  • https://tirto.id/direktur-allianz-life-ini-peran-kami-saat-pandemi-corona-fCUt
  • https://news.detik.com/suara-pembaca/d-3484220/alasan-penolakan-klaim-asuransi-allianz-mengecewakan
  • https://asuransimapan.com/asuransi-allianz-mengecewakan/