Mencari Asuransi Terbaik?
Masukkan informasi diri dan sistem kami akan merekomendasikan polis terbaik sesuai dengan profil, kebutuhan, dan anggaranmu.

Asuransi Askrida

3.5 / 5.0 (5.854 Ulasan)
Diskon Terbaik
500+ Pilihan
Bantuan Klaim
+62
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
+62
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
+62
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
Cicilan 0%Hemat 25%
 

Asuransi Askrida

PT Asuransi Bangun Askrida (Askrida) adalah perusahaan asuransi umum (kerugian) BUMN yang didirikan pada 1989. Produk asuransi yang ditawarkan Askrida meliputi asuransi harta benda, kendaraan bermotor, hingga asuransi aneka.

Beragam produk yang ditawarkan cocok bagi nasabah yang ingin mendapatkan proteksi atas aset berharga. Selain itu, tersedia asuransi kecelakaan diri bagi nasabah yang membutuhkan proteksi kecelakaan.

Ringkasan

  • Kepemilikan Askrida oleh 33 instansi pemerintahan membuat struktur perusahan menjadi lebih kuat di persaingan industri asuransi.
  • Askrida memiliki 25 kantor cabang yang tersebar luas di hampir seluruh Indonesia, sehingga nasabah semakin mudah menjangkau lokasi perusahaan.
  • Askrida memiliki layanan kalkulator untuk memeriksa estimasi premi asuransi kendaraan bermotor maupun kebakaran.

Sekilas tentang Askrida

Asuransi Askrida didirikan pada 2 Desember 1989. Perusahaan asuransi milik BUMN ini menawarkan berbagai produk asuransi kerugian atas risiko kerusakan dan kehilangan, khususnya gedung pemerintahan dan aset-aset yang dimiliki negara.

Pada 1996, kepemilikan Akrida sepenuhnya dipegang oleh Bank Pembangunan Daerah (BPD). Namun, mengikuti keputusan Menteri Dalam Negeri yang bertujuan memperluas kepemilikan perusahaan, 33 instansi pemerintahan daerah (provinsi) turut diikutsertakan sebagai pemilik. Sehingga, struktur perusahaan menjadi lebih kuat, terutama dari segi partisipasi Askrida dalam perkembangan asuransi Indonesia

Askrida terdaftar sebagai anggota Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI). Selain itu, Askrida terdaftar dan memiliki izin usaha berdasarkan Surat Keputusan Menteri Keuangan Nomor KEP-192/KM.13/1990 tanggal 14 Maret 1990.

Askrida telah meraih berbagai penghargaan atas kinerja sebagai perusahaan asuransi umum. Berikut ini beberapa prestasi dan penghargaan terbaru yang ditorehkan Askrida. Penghargaan Asuransi Terbaik Atas Kinerja Keuangan 2018 InfoBank.; Penghargaan Asuransi Umum Terbaik 2018 Majalah Investor.; Penghargaan Best Financial Performance General Insurance Company 2017 Warta Ekonomi.; Penghargaan Top General Insurance 2017 Business News Indonesia.; Penghargaan Asuransi Terbaik 2017 Majalah Media Asuransi.

Rasio solvabilitas perusahaan asuransi di Indonesia wajib memenuhi standardisasi keuangan yang telah ditentukan di dalam Peraturan Jasa Otoritas Keuangan (Nomor 71 dan 72 /POJK.05/2016). Ketentuan mengenai rasio solvabilitas adalah minimal 120 persen, ekuitas minimal Rp100 miliar untuk perusahaan asuransi dan minimal Rp200 miliar untuk reasuransi, dan perusahaan asuransi dikategorikan baik apabila minimal asetnya minimal Rp150 miliar.

Rasio solvabilitas adalah kemampuan perusahaan asuransi bersangkutan dalam memenuhi kewajiban terhadap nasabahnya. Kewajiban ini dapat diartikan sebagai kesanggupan memenuhi pertanggungan klaim asuransi yang diajukan oleh seluruh nasabah aktifnya.

Mengacu kepada laporan keuangan 2018, PT Asuransi Bangun Askrida membuktikan performa kinerja finansialnya sebagai berikut.

  • Rasio solvabilitas: 215 persen.
  • Jumlah aset: Rp2,661 triliun.
  • Jumlah Ekuitas: Rp902,048 miliar.

Dari informasi keuangan di atas dapat kita ketahui bahwa segala aspek yang dijadikan indikator penentu kualitas keuangan perusahaan, PT Asuransi Bangun Askrida termasuk perusahaan dengan kondisi keuangan yang baik. Kondisi finansial yang kuat akan memberikan jaminan kepada kualitas produk dan pemenuhan kebutuhan klaim para nasabahnya hingga tuntas.

 
 

Daftar Produk Asuransi Askrida

Askrida menghadirkan berbagai produk asuransi umum termasuk asuransi harta benda, kendaraan bermotor, dan asuransi marine.

Berikut ini daftar produk Asuransi Askrida:

1. Asuransi Harta Benda

Produk asuransi yang memberikan pertanggungan berupa ganti rugi atas kerusakan/kehilangan aset berharga seperti bangunan dan isinya.

2. Asuransi Kendaraan Bermotor

Produk asuransi yang memberikan pertanggungan berupa ganti rugi atas semua risiko kerusakan/kehilangan kendaraan yang diasuransikan.

3. Asuransi Engineering

Produk asuransi yang memberikan pertanggungan berupa jaminan ganti rugi atas berbagai proyek hingga aset seperti mesin.

4. Asuransi Uang

Produk asuransi yang memberikan pertanggungan berupa penggantian atas risiko pengiriman dan penyimpanan uang di brankas.

5. Asuransi General Accident

Produk asuransi yang memberikan pertanggungan atas berbagai jaminan atas risiko kecelakaan.

6. Asuransi Surety

Produk asuransi yang memberikan jaminan ganti rugi pemilik proyek akibat pelaksana proyek tidak mampu atau gagal menyelesaikan pekerjaan sesuai perjanjian.

7. Asuransi Kontra Bank Garansi

Produk asuransi yang memberikan beberapa pertanggungan akibat ingkar janji (wanprestasi) yang dilakukan pihak kontraktor dan merugikan pemilik proyek. Pertanggungan lain yang diberikan yaitu jaminan atas kerugian akibat kegagalan proyek yang dikerjakan.

8. Asuransi Kredit

Produk asuransi yang memberikan pertanggungan berupa jaminan ganti rugi jika terjadi risiko kerugian karena peminjam gagal bayar (kredit macet).

9. Asuransi Marine

Produk asuransi yang memberikan jaminan ganti rugi atas segala sesuatu terkait perkapalan akibat risiko yang tercantum dalam polis.

10. Asuransi Aneka

Produk asuransi aneka sebenarnya bermacam-macam. Namun, Askrida hanya memiliki satu polis yaitu Hole in One untuk turnamen golf.

 

Daftar Polis Asuransi Askrida

Produk yang dihadirkan Askrida terbagi atas 10 produk yang ditujukan bagi nasabah individu dan kumpulan. Berikut pilihan polis Askrida dan manfaatnya yang bisa dipertimbangkan untuk melindungi aset berharga calon nasabah.

Asuransi Harta Benda

Household Insurance

Polis asuransi yang menjamin kerugian atas bangunan tempat tinggal beserta isi dan penghuni rumah dari risiko yang dijaminkan, termasuk tuntutan hukum pihak ketiga (TPL).

  • Jaminan atas bangunan rumah dari berbagai risiko kebakaran, bencana alam, dan lainnya yang dijamin dalam polis.
  • Jaminan atas aset atau harta benda di dalam rumah dari berbagai risiko kebakaran, bencana alam, dan lainnya yang dijamin dalam polis.
Asuransi Harta Benda

Asuransi Kebakaran

Polis asuransi yang menjamin kerugian/kerusakan harta benda yang dipertanggungkan dari risiko kebakaran, petir, ledakan, kejatuhan pesawat, hingga asap.

  • Jaminan atas kerugian/kerusakan harta benda akibat risiko yang ditanggung yaitu kebakaran, sambaran petir, ledakan, kejatuhan pesawat, hingga asap.
Asuransi Kendaraan Bermotor

Asuransi Kendaraan Bermotor

Polis asuransi untuk kendaraan motor, mobil, dan kendaraan komersial atas risiko yang ditanggung dalam polis.

  • Penggantian atas kerugian/kerusakan pada kendaraan bermotor akibat tabrakan, perbuatan jahat, pencurian, kebakaran, sambaran petir, hingga kerusakan karena air.
  • Penggantian atas pemusnahan kendaraan seluruh atau sebagian atas perintah pihak berwenang dalam upaya mencegah kebakaran menjalar.
  • Penggantian atas kerugian/kerusakan yang disebabkan peristiwa yang dijamin selama kendaraan berada di atas kapal penyeberangan.
Asuransi Engineering

Asuransi Kontraktor

Polis asuransi yang memberikan jaminan ganti rugi atas kerusakan proyek akibat risiko yang dijaminkan atau tidak terduga.

  • Jaminan ganti rugi atas kerusakan tidak terduga atas objek yang diasuransikan dari pekerjaan konstruksi teknik sipil.
  • Perluasan jaminan yaitu biaya ekstra untuk lembur, kerja malam, kerja pada hari libur umum, ongkos angkut, dan lainnya yang disetujui secara tertulis.
Asuransi Engineering

Asuransi Pemasangan Mesin

Polis asuransi yang memberikan jaminan ganti rugi atas kerusakan mesin saat pemasangan dari berbagai risiko yang dijaminkan.

  • Ganti rugi atas kerusakan fisik mesin yang diasuransikan selama pemasangan dari berbagai risiko yang tercantum dalam polis.
  • Perluasan jaminan untuk biaya ekstra lembur, kerja malam, kerja pada hari libur umum, ongkos angkut ekspres dan lainnya yang disetujui secara tertulis.
  • Ganti rugi atas harta benda yang dijaminkan yang terletak dekat lokasi pembangunan atau konstruksi.
Asuransi Engineering

Asuransi Kerusakan Mesin

Polis asuransi yang memberikan jaminan ganti rugi kerusakan mesin akibat cacat bahan hingga arus pendek dan sebab lain yang dijaminkan dalam polis.

  • Jaminan atas kerugian/kerusakan fisik mesin yang disebabkan cacat bahan dan pembuatan, salah rancangan, kecerobohan, hingga arus pendek.
  • Jaminan atas kerugian/kerusakan fisi mesin akibat pengerjaan buruk, ledakan fisik, koyak, hingga badai.
  • Jaminan diberlakukan pada barang-barang yang diasuransikan setelah uji kelayakan.
Asuransi Uang

Asuransi Pengiriman Uang

Polis asuransi yang memberikan jaminan ganti rugi saat pengiriman uang kartal maupun giral dari berbagai risiko yang dijaminkan.

  • Penggantian kerugian atas hilangnya uang kartal maupun giral dalam proses pengiriman karena sebab apapun kecuali akibat penipuan atau ketidakjujuran karyawan dan pengecualian lain dalam polis.
Asuransi Uang

Asuransi Penyimpanan Uang

Polis asuransi yang memberikan jaminan ganti rugi atas risiko penyimpanan uang dan surat berharga dalam brankas akibat berbagai risiko yang dijaminkan termasuk kekerasan.

  • Memberikan penggantian kerugian uang atau surat berharga yang disimpan dalam brankas akibat perampokan dan pencurian dengan kekerasan (kebongkaran).
Asuransi General Accident

Asuransi Kebongkaran

Polis asuransi yang memberikan ganti rugi atas kehilangan/kerusakan harta benda akibat pencurian dan tindakan kriminal lain sesuai jaminan polis.

  • Pertanggungan atas kerugian dan kerusakan atas properti akibat pencurian yang disertai kekerasan.
  • Penggantian atas harta benda yang hilang/rusak akibat risiko yang dijaminkan dalam polis.
Asuransi General Accident

Travel Insurance

Polis asuransi yang menjamin kerugian yang terjadi kepada tertanggung selama melakukan perjalanan baik di dalam negeri maupun luar negeri dalam jangka waktu tertentu.

  • Santunan meninggal dunia dan cacat total tetap.
  • Santunan meninggal dunia akibat kecelakaan (khusus perjalanan domestik).
  • Penggantian biaya medis.
  • Biaya evakuasi medis darurat.
  • Pemulangan jenazah.
  • Kunjungan kerabat (khusus perjalanan internasional).
  • Penjagaan anak (khusus perjalanan internasional).
  • Kehilangan bagasi dan barang pribadi.
  • Keterlambatan bagasi (perjalanan internasional).
  • Berbagai risiko/kerugian lain yang dijamin dalam polis.
Asuransi General Accident

Asuransi Kecelakaan Diri

Polis asuransi yang menjamin risiko/kerugian yang dialami pemilik hak atas properti akibat pembongkaran/pencurian yang disertai tindakan kekerasan.

  • Santunan meninggal dunia akibat mati lemas atau tenggelam.
  • Santunan cacat total tetap akibat kecelakaan.
  • Santunan perawatan akibat keracunan.
  • Perluasan jaminan yaitu menjamin semua risiko kematian, cacat total tetap, hingga biaya perawatan akibat virus/kuman/bakteri, komplikasi, dan kecelakaan.
Asuransi Surety

Surety Bond

Polis yang menjamin pemilik proyek (obligee) jika penyedia jasa (principal) gagal atau lalai melaksanakan kewajibannya menyelesaikan pekerjaan sesuai perjanjian.

  • Jaminan penawaran
  • Jaminan pelaksanaan
  • Jaminan pembayaran uang muka
  • Jaminan pemeliharaan.
Asuransi Kontra Bank Garansi

Kontra Bank Garansi

Polis Asuransi Kontra Bank Garansi memberikan beberapa pertanggungan akibat ingkar janji (wanprestasi) yang dilakukan pihak kontraktor dan merugikan pemilik proyek.

  • Kegagalan yang terjadi akibat kesalahan dari kontraktor melaksanakan tugasnya sesuai isi kontrak kerja, jika tidak dapat dipenuhi isi kontrak sebagai akibat dari kesalahan obligee setelah surety company melakukan survei atas proyek yang dikerjakan.
Asuransi Kredit

Asuransi Kredit

Polis yang menjamin ganti rugi jika terjadi risiko kerugian karena peminjam gagal bayar (kredit macet) atas pinjaman atau kredit yang telah diambil.

  • Meninggal karena sebab alami atau kecelakaan yang ditentukan dalam polis.
Asuransi Marine

Asuransi Rangka Kapal

Menjamin kerugian atau kerusakan atas rangka dan mesin kapal yang disebabkan oleh bahaya-bahaya laut, kebakaran, ledakan, perampokan, dll selama periode asuransi.

  • Bahaya laut sungai danau atau navigasi air lainya.
  • Kebakaran, ledakan.
  • Pencurian dengan kekerasan oleh orang-orang dari luar kapal.
  • Jettison yaitu tindakan membuang barang ke laut dengan maksud menyelamatkan kepentingan yang lain dalam suatu bahaya yang dihadapi, misalnya karena kapal kandas.
  • Perampokan.
  • Kerusakan atau kecelakaan pada instalasi atau reaktor nuklir.
  • Sentuhan dengan pesawat terbang atau benda lain yang sejenis, alat angkut darat, peralatan atau instansi dermaga atau pelabuhan.
  • Gempa bumi, letusan gunung berapi atau sambaran petir.
Asuransi Marine

Asuransi Rangka Kapal untuk Kerusakan Objek

Polis asuransi rangka kapal yang khusus menjamin kerusakan objek akibat risiko yang dijaminkan dalam polis asuransi tersebut.

  • Kecelakaan dalam pemuatan pembongkaran atau pemindahan kargo atau bahan bakar.
  • Pecahnya boiler, patahnya tangkai penggerak atau cacat tersembunyi pada mesin atau rangka kapal.
  • Kelalaian nahkoda perwira awak kapal atau pandu.
  • Kelalaian bengkel perbaikan atau pencarteran.
  • Barraty yaitu pemberontakan atau pengambilalihan paksa oleh nakhoda dan crew kapal.
Asuransi Marine

Asuransi Pengangkutan Barang

Polis yang menjamin kerugian, kerusakan dan tanggung jawab terhadap barang dan atau kepentingan yang diangkut dipertanggungkan.

  • Kebakaran atau ledakan.
  • Kapal kandas, terdampar, tenggelam atau terbalik.
  • Alat angkut darat, tabrakan atau benturan, terbalik atau keluar rel.
  • Tabrakan kapal dengan kapal, tabrakan atau benturan kapal dengan benda-benda lain kecuali air.
  • Pembongkaran barang di pelabuhan darurat.
  • Gempa bumi, tsunami, letusan gunung berapi atau sambaran petir.
Asuransi Aneka

Hole in One

Asuransi yang menjamin kerugian yang dialami oleh penyelenggara turnamen golf, akibat pencairan hadiah Hole In One.

  • Jumlah peserta tidak melebihi jumlah yang tercantum dalam ikhtisar, dan hanya satu hadiah akan ditawarkan.
  • Suatu hole in one atau hole-in-one terjadi ketika seseorang pemain/peserta memukul bola langsung dari tee ke dalam cangkir (lubang) dengan satu tembakan.
 

Berita Terbaru Asuransi Askrida

Mei 2020- PT Asuransi Aksrida (Persero) Syariah melakukan kegiatan sosial berbagi kebahagiaan di moment Ramadhan 1441 H/2020 dan masa Covid-19. Sasarannya adalah orang-orang lanjut usia yang dirawat di panti sosial dan anak-anak yatim.

Kegiatan sosial dilakukan dengan membagi-bagi paket sembako berisi beras, minyak goreng, mi instan, gula dan telur. Disalurkan kepada orang-orang lansia di Panti Sosial Lanjut Usia Mandalika NTB di Jalan Majapahit, Mataram.

Mei 2019- PT Asuransi Askrida Syariah mencatatkan pendapatan asuransi senilai Rp245,86 miliar sepanjang 2018. Pendapatan usaha perusahaan pada 2018 mencapai Rp218,34 miliar. Adapun pendapatan pada 2017 masih mencapi Rp410,44 juta.

Pada periode yang sama, aset perusahaan naik hingga 375,53 persen menjadi Rp532,26 miliar dari sebelumnya pada 2017 senilai Rp111,93 miliar. Dari kinerja yang memuaskan pada 2018, perusahaan membukukan laba senilai Rp28,62 miliar.

Askrida Syariah berdiri pada 28 Desember 2017 setelah spin off dari PT Asuransi Bangun Askrida. Produk yang dilayani oleh Askrida Syariah cukp lengkap, yakni asuransi pembiayaan, asuransi kesehatan, asuransi perjalanan, kecelakaan diri, kebakaran, kendaraan, alat berat, dan masih banyak lagi.

 

Tanya Jawab

Berikut beberapa tips dan pertanyaan yang sering diajukan oleh calon nasabah ataupun nasabah terkait asuransi Askrida, baik informasi premi, profil perusahaan, dan lain sebagainya.

PT Asuransi Bangun Askrida atau yang biasa disebut Askrida adalah perusahaan yang menawarkan perlindungan asuransi umum (kerugian). Risiko yang ditanggung Askrida antara lain semua risiko dan kehilangan, khususnya bagi gedung-gedung pemerintahan dan juga asset-aset milik pemerintah lainnya.

Perusahaan ini adalah perusahaan asuransi berskala nasional, yang didirikan pada 2 Desember 1989 dibawah badan hukum Raharti Sudjardjati, SH, dan dengan persetujuan dari Departemen Keuangan Republik Indonesia (berdasarkan keputusan pemerintah No. KEP.192/KM.B/1990, dd. 14 March 1990).

Kali pertama didirikan, Askrida dimiliki oleh Bank Pembangunan Daerah (BPD). Pada 1996 berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri, Askrida berubah kepemilikan dengan tujuan memperluas kepemilikan perusahaan asuransi. Isi keputusan tersebut adalah mengikutsertakan 33 instansi pemerintahan daerah (provinsi), sehingga profil perusahaan menjadi lebih kuat khususnya dalam hal partisipasi Askrida dalam mengembangkan industri asuransi di Indonesia.

Asuransi Askrida adalah perusahaan negara atau Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Awalnya, Askrida hanya dimiliki Bank Pembangunan Daerah (BPD). Namun, seiring waktu berdasarkan keputusan pemerintah, semua provinsi dilibatkan untuk berpartisipasi dalam perusahaan Askrida. Hal ini mendorong pengembangan perusahaan dalam melayani nasabah, terutama pemerintah dalam industri asuransi.

PT Asuransi Askrida Syariah adalah perseroan yang didirikan menurut dan berdasarkan Akta Notaris Kartono, SH No. 580 tanggal 28 September 2017 yang disahkan berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor AHU-0044696.AH.01.01 pada tanggal 10 Oktober 2017.

Tujuan perseroan yaitu menjalankan asuransi kerugian sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku termasuk kegiatan asuransi kerugian dengan prinsip syariah.

Askrida sepenuhnya meyakini bahwa bisnis asuransi adalah suatu bisnis yang didasarkan pada transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, integritas dan fairness sehingga perseroan senantiasa melakukan tindakan-tindakan yang menumbuhkan kepercayaan yang dimaksud. Kepercayaan pelanggan diperlukan sebagai komitmen yang harus dijunjung tinggi oleh setiap insan Askrida dalam bentuk pelayanan yang profesional.

Berdasarkan situs resmi Askrida Syariah, nilai-nilai yang dianut perseroan dikenal dengan kata HANIF, akronim dari kata Harmoni, Amanah, Niat Tulus Melayani, Integritas, dan Faedah. Masing-masing nilai tersebut dijelaskan sebagai berikut.

  • Harmoni: karyawan Askrida Syariah selalu mengedepankan kerjasama tim yang solid dan sinergis dengan semangat untuk memberikan hasil terbaik.
  • Amanah: karyawan Askrida Syariah selalu bertanggung jawab atas tugas yang diberikan dengan mengembangkan kompetensi diri ke arah terbaik serta selalu objektif dalam berpikir dan bertindak.
  • Niat Tulus Melayani: karyawan Askrida Syariah mampu bekerja dengan hati dan selalu berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik.
  • Integritas: karyawan Askrida Syariah menjunjung tinggi nilai-nilai luhur, baik dalam hal perkataan maupun perbuatan.
  • Faedah: karyawan Askrida Syariah selalu fokus untuk memberi nilai kebermanfaatan sebesar-besarnya bagi sesama dan lingkungannya.

Berikut ini produk-produk Asuransi Askrida Syariah yang disesuaikan dengan syariat Islam dan kebutuhan masyarakat atas asuransi umum (kerugian):

  • Asuransi Proteksi Pembiayaan: program asuransi yang memberikan manfaat asuransi berupa penggantian sebesar uang pertanggungan sebesar hutang pokok (jumlah plafon pembiayaan menurun / baki debet) kepada bank sebagai peserta, nasabah yang menjadi debitur pembiayaan konsumtif dari bank tidak mampu memenuhi kewajibannya akibat sebab-sebab yang dijamin dalam polis dalam masa pertanggungan asuransi (periode pembiayaan).
  • Asuransi Syifa Askrida: produk asuransi kesehatan kumpulan (employee benefit) yang menjamin kesehatan meliputi: rawat inap, rawat jalan, rawat gigi, melahirkan, kacamata dan medical chec kup.
  • Asuransi Perjalanan: produk asuransi perjalanan Askrida syariah yang memberikan perlindungan bagi peserta dalam melakukan traveling ataupun melaksanakan ibadah umroh sehingga lebih nyaman dan aman dalam melakukan perjalanan.
  • Asuransi Kecelakaan Diri: produk asuransi yang memberikan santunan karena meninggal dunia, cacat tetap/cacat sementara maupun penggantian biaya pengobatan yang disebabkan kecelakaan.
  • Asuransi Kebakaran: produk asuransi yang menjamin kerugian atau kerusakan harta benda yang dipertanggungkan yang secara langsung disebabkan oleh kebakaran, petir, ledakan, kejatuhan pesawat, dan asap.
  • Asuransi Kendaraan Bermotor: produk asuransi yang memberikan ganti rugi atas kerugian atau kerusakan pada kendaraan bermotor, berdasarkan pada syarat dan kondisi yang dicetak, dicantumkan, dilekatkan dan atau dibuatkan endorsement pada polis.
  • Asuransi Tanggung Gugat: produk asuransi yang memberikan jaminan kerugian akibat dari menjalankan profesi medis yang secara hukum bertanggung jawab membayar ganti rugi dari kerugian yang timbul dari cedera badan yang disebabkan lingkungan jaminan selama masa berlakunya polis.
  • Asuransi Kebongkaran: produk asuransi yang menjamin kerugian akibat tindakanmelanggar hukum orang lain atas aset yang dijaminkan nasabah dengan cara mengambil paksa.
  • Asuransi Uang:  penggantian atas risiko pengiriman dan penyimpanan uang di brankas.
  • Asuransi Pengangkutan Barang: produk asuransi yang menjamin kerugian, kerusakan dan tanggung jawab terhadap barang dan atau kepentingan yang dipertanggungkan umum di laut.
  • Asuransi Rangka Kapal: produk asuransi yang menjamin kerugian atau kerusakan atas rangka dan mesin kapal yang disebabkan oleh bahaya-bahaya laut, kebakaran, ledakan, perampokan, dll selama periode asuransi.
  • Asuransi Mesin: produk asuransi yang menjamin kerugian atau kerusakan yang terjadi secara tidak terduga dan tiba-tiba karena kerusakan fisik pada mesin-mesin yang diasuransikan.
  • Asuransi Alat Berat: produk asuransi yang memberikan ganti rugi terhadap alat berat yang dipertanggungkan mengalami dan atau kerugian karena kejadian yang disebabkan oleh resiko yang dijamin.
  • Asuransi Semua Risiko Kontraktor: produk asuransi yang menjamin semua risiko dalam proyek pembangunan.
  • Asuransi Erection All Risk: produk asuransi yang menjamin semua risiko kerusakan alat, mesin, dan lain-lain dalam proyek pembangunan atau yang tercantum dalam polis.

Polis asuransi kesehatan Askrida Syariah hanya satu yaitu Syifa Askrida. Polis ini menjamin biaya kesehatan karyawan (kumpulan) seperti biaya rawat Inap, rawat jalan, rawat gigi, melahirkan, kacamata dan medical check up.

Metode pembayaran klaim asuransi kesehatan Askrida Syariah ada dua yaitu:

  • Provider System: dalam sistem ini, setiap peserta akan dilayani oleh jaringan provider yang telah bekerja sama dengan PT. Asuransi Askrida Syariah. Sistem pembayaran klaim ini memungkinkan setiap peserta pelayanan tanpa harus melakukan pembayaran dimuka (Cashless).
  • Reimbursement System: dalam sistem ini para peserta akan diberi kebebasan untuk memilih dokter dan rumah sakit yang dikehendaki dengan membayar terlebih dahulu semua biaya pemeriksaan dan perawatan kesehatannya, untuk kemudian memperoleh penggantian sesuai paket program yang dimiliki.

Askrida cukup unggul di beberapa jenis asuransi dibandingkan dengan perusahaan asuransi lain. Bahkan, dengan perusahaan asuransi sejenis, seperti Asuransi Harta.

Dibandingkan perusahaan Asuransi Harta, Askrida menawarkan produk asuransi yang jauh lebih beragam dan bahkan sangat spesifik.

Meski menawarkan produk asuransi bagi perorangan, sayangnya Askrida sepertinya tidak memberikan perlindungan maksimal. Karena jangkauan proteksi yang diberikan cukup terbatas, seperti misalnya hanya karena kecelakaan maupun karena tindakan kriminal.

Jadi, Askrida dapat dibilang lebih cocok bagi para pebisnis maupun perusahaan. Terlihat pula dari laman situs resmi Askrida, partner perusahaan asuransi ini kebanyakan adalah perusahaan yang mana sebagian besarnya berasal dari bank.

Harga premi Asuransi Askrida didasarkan pada kondisi aset yang dijaminkan dan produk asuransi yang dibeli. Pada umumnya, premi asuransi dipengaruhi oleh berbagai faktor berikut:

  • Jenis asuransi yang diambil oleh pemegang polis.
  • Profil tertanggung.
  • Jenis dan nilai aset atau harta benda yang diasuransikan.
  • Cakupan pertanggungan, mulai dari pertanggungan utama hingga rider (pertanggungan tambahan).

Dalam laman resmi Askrida tidak tercantum harga premi asuransi. Anda bisa menghubungi langsung call center perusahaan, agen, atau broker yang bekerja sama untuk mendapatkan informasi seputar harga premi.

Metode penggantian biaya asuransi adalah cara perusahaan asuransi memberikan manfaat pertanggungan, yaitu dalam bentuk santunan maupun biaya perawatan. Penggantian biaya asuransi akan dilakukan berdasarkan produk asuransi serta plan yang dipilih oleh pemegang polis.

Penggantian asuransi kecelakaan biasanya dilakukan dengan dua cara, yaitu cashless dan reimbursement untuk klaim perawatan di rumah sakit akibat kecelakaan.

Penggantian asuransi kendaraan dilakukan berdasarkan jenis kerugian yang dialami disesuaikan dengan polis asuransi. Penggantian asuransi umum lain, seperti asuransi uang atau asuransi surety bond, dilakukan berdasarkan metode penggantian yang sudah disepakati dalam polis dengan syarat tertentu.

Membeli Asuransi Askrida secara online akan sangat praktis. Sebab, Anda tak perlu mendatangi kantor cabang Askrida terdekat sekalipun. Anda dapat menghubungi call center Askrida melalui nomor (021) 8191212 untuk mengetahui cara pembelian polis Asuransi Askrida secara online.

Anda juga dapat membuka situs resmi Askrida melalui laman www.askrida.com dan pilih halaman polis asuransinya. Kemudian, Anda dapat mengisi data diri termasuk nomor telepon untuk dihubungi oleh tim Askrida.

Atau, jika ingin lebih berimbang, Anda dapat membandingkan produk dan polis asuransi terbaik melalui situs agregator seperti Lifepal. Melalui marketplace asuransi online Lifepal.co.id, Anda tidak hanya membandingkan produk dari satu perusahaan asuransi, melainkan produk dari berbagai perusahaan asuransi yang ada di Indonesia. Dengan begitu, Anda mendapatkan proteksi terbaik dan harga paling ringan.

Untuk melakukan klaim Asuransi Askrida dilakukan secara online. Apapun klaim yang ingin diajukan, Anda perlu mengisi formulir secara online yang tersedia dalam laman resmi perusahaan bagian “Claim Center”.

Setelah mengisi semua informasi yang dibutuhkan, klik “Kirim Klaim”. Nantinya, tim Askrida akan menghubungi Anda dan mengirimkan berbagai data dan dokumen yang dibutuhkan untuk melakukan klaim.

Cara memilih bengkel untuk klaim asuransi kendaraan sebenarnya cukup mudah. Berikut hal-hal yang bisa dijadikan pertimbangan:

  1. Pilih bengkel yang telah bekerja sama agar memudahkan kamu klaim dan komplain untuk hasil kerja yang kurang baik atau tidak maksimal.
  2. Tersedia layanan jemput-antar agar kamu tidak kesulitan mengantar mobil yang mogok. Selain itu layanan ini mengurangi biaya tambahan yang harus dikeluarkan seperti derek mobil ketika mogok.
  3. Lokasi bengkel mudah dijangkau karena itu tidak sulit bagi nasabah untuk mengantar mobilnya ke bengkel tersebut.
  4. Jaminan suku cadang asli dan garansi perbaikan. Ini harus kamu tanyakan ke bengkel tersebut agar tidak merugikan ketika sudah melakukan klaim.

Jika ingin berhenti menjadi nasabah Askrida, ada beberapa cara umum yang bisa Anda tempuh antara lain:

  • Ajukan penutupan polis asuransi melalui agen atau broker Askrida yang menjual polis kepada Anda.
  • Datang langsung ke kantor cabang Askrida dan ajukan penutupan.
  • Datang langsung ke kantor pusat Askrida.
  • Hubungi call center Askrida untuk mengajukan penutupan polis.

Pada situs resmi asuransi Askrida tidak tercantum daftar rekanan bengkel maupun rumah sakit Askrida. Apabila nasabah ingin mengetahui daftar rekanan Askrida lebih lengkap silakan menghubungi call center Askrida, agen, maupun broker asuransi terkait.

Pada situs resmi asuransi Askrida tidak tercantum daftar rekanan bengkel maupun rumah sakit Askrida. Apabila nasabah ingin mengetahui daftar rekanan Askrida lebih lengkap silakan menghubungi call center Askrida, agen, maupun broker asuransi terkait.

Layanan nasabah atau call center Askrida dapat dicapai dengan berbagai media. Adapun informasi lebih jelas mengenai produk, klaim Askrida, dan sebagainya, sila hubungi kontak berikut.

Customer Care Centre: Askrida Tower Jalan Pramuka Raya Kav.151, Jakarta Timur 13120, DKI Jakarta, Indonesia.

Askrida Call Center: (021) 8191212 (hunting)

Email: [email protected]

Faksimile: (021) 29827215

Situs resmi: askrida.com

Askrida tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia. Hingga 2019, Askrida mendirikan kantor pusat di Jakarta dan memiliki sejumlah kantor cabang di Indonesia. Berikut alamat Askrida.

Alamat Kantor Pusat Askrida

PT ASURANSI BANGUN ASKRIDA

Askrida Tower

Jalan Pramuka Raya, Kav.151, Jakarta Timur 13120

Telepon: (021) 8191212 (hunting)

Faksimile: (021) 29827215

Email: [email protected]

Alamat Kantor Cabang Askrida

Kantor cabang Askrida tersebar luas di berbagai provinsi di Indonesia. Bagi Anda yang ingin mengetahui lokasi kantor cabang terdekat, silakan menghubungi langsung atau mengecek laman resmi Askrida.

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • http://www.askrida.com/
  • http://www.askrida.com/sekilas-askrida.html#.XfsMmkczbIU
  • http://www.askrida.com/kantor-operasional.html
  • http://www.askrida.com/claim-center.html#.XfsMuEczbIU
  • https://finansial.bisnis.com/read/20190529/215/928671/askrida-syariah-catatkan-kinerja-memuaskan-di-tahun-pertama
  • http://askridasyariah.co.id/produk
  • http://askrida.com/lima-langkah-pilih-bengkel-mobil-yang-diklaim-asuransi.html#.Xst2x2gzbDc