Asuransi Mobil BRINS: Klaim Mudah, Tanpa Survey
Promo Asuransi mobil BRINS diskon premi hingga 25% ✓ Premi Murah ✓ Manfaat Terbaik. Asuransi Mobil BRINS TLO / All Risk cicilan 0% |
Pilihan Polis Brins Terbaik
BRINS General Insurance berfokus pada asuransi umum atau kerugian. Polis yang dihadirkan oleh BRINS pun juga terbilang sangat lengkap dan bahkan unggul jika dibandingkan dengan perusahaan asuransi umum lainnya. Berikut ini di antaranya:
Asuransi Mobil Asuransi BRINS OTO Polis asuransi yang dikelola oleh BRI Insurance guna memberikan pertanggungan finansial atas risiko kerugian pada mobil Anda. Baik kerusakan total maupun sebagian
|
Asuransi Kendaraan Asuransi Kendaraan Bermotor Polis asuransi yang dikelola oleh BRI Insurance guna memberikan jaminan finansial atas risiko kerugian pada kendaraan mobil dan motor.
|
Asuransi Kesehatan Asuransi BRINS Medika Polis asuransi yang dikelola oleh BRI Insurance guna memberikan jaminan pertanggungan finansial atas biaya perawatan rumah sakit pada saat tertanggung sakit akibat kecelakaan maupun penyakit.
|
Asuransi Properti Asuransi BRINS ASRI Polis asuransi yang dikelola oleh BRI Insurance guna memberikan pertanggungan finansial atas risiko kerugian pada bangunan dan isinya.
|
Asuransi Syariah Asuransi Syariah Polis asuransi umum di bawah naungan BRI Insurance dan dikelola sesuai dengan prinsip syariat Islam dan diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah.
|
Asuransi Kebakaran Asuransi Kebakaran Polis asuransi yang dikelola oleh BRI Insurance guna memberikan jaminan finansial atas kerusakan yang terjadi akibat kebakaran yang bersifat tiba-tiba.
|
Asuransi Kecelakaan Diri Asuransi Kecelakaan Diri Polis asuransi yang dikelola oleh BRI Insurance guna memberikan jaminan finansial atas perawatan kesehatan akibat kecelakaan diri dan santunan meninggal dunia sekaligus.
|
Asuransi Pengangkutan Asuransi Pengangkutan Polis asuransi yang dikelola oleh BRI Insurance guna memberikan jaminan finansial atas risiko kerusakan atau hilangnya kargo selama proses pengangkutan.
|
Asuransi Kapal Laut Asuransi Kapal Laut Polis asuransi yang dikelola oleh BRI Insurance guna memberikan jaminan finansial atas risiko kerusakan rangka kapal. Menanggung kerusakan total atau TLO.
|
Asuransi Uang Asuransi Uang Polis asuransi yang dikelola oleh BRI Insurance guna memberikan jaminan pertanggungan finansial atas kerugian atau kehilangan uang selama perjalanan maupun penyimpanan.
|
Asuransi Perjalanan Asuransi Travel Polis asuransi yang dikelola oleh BRI Insurance guna memberikan jaminan pertanggungan finansial atas risiko kerugian yang mungkin terjadi selama melakukan perjalanan.
|
Asuransi Golf Asuransi Hole in One Polis asuransi yang dikelola oleh BRI Insurance guna memberikan hadiah apabila nasabah mampu melakukan pukulan hole in one dalam suatu lubang green yang sudah ditentukan.
|
Asuransi Konstruksi Asuransi Konstruksi Polis asuransi yang dikelola oleh BRI Insurance guna memberikan solusi finansial apabila terjadi risiko kerugian selama proses konstruksi berlangsung.
|
Asuransi Pesawat Asuransi Pesawat Polis asuransi yang dikelola oleh BRI Insurance guna memberikan solusi finansial atas risiko yang mungkin muncul pada saat di pesawat.
|
Asuransi Satelit Asuransi Satelit Polis asuransi yang dikelola oleh BRI Insurance guna memberikan jaminan atas risiko yang timbul terhadap satelit selama proses peluncuran, saat di orbit, maupun tanggung jawab pihak ketiga.
|
Asuransi Minyak dan Gas Asuransi Oil & Gas - Wellcar 2001 Polis asuransi yang dikelola oleh BRI Insurance guna memberikan jaminan finansial atas kerusakan fisik pada proyek selama periode asuransi.
|
Asuransi Minyak dan Gas Asuransi Oil & Gas - EEDI Polis asuransi yang dikelola oleh BRI Insurance guna memberikan jaminan finansial atas risiko yang muncul pada pengeboran offshore atau onshore.
|
Produk yang Ditawarkan
Produk | Manfaat Ditawarkan |
Asuransi Kendaraan | Ganti rugi terhadap risiko kerusakan hingga kehilangan pada mobil atau motor |
Asuransi Kesehatan | Pertanggungan biaya medis baik akibat sakit maupun kecelakaan |
Asuransi Properti | Ganti rugi terhadap risiko kerugian properti. |
Asuransi Syariah | Ganti rugi terhadap kerugian berbasis syariah. |
Asuransi Kebakaran | Ganti rugi terhadap kerusakan aset karena kebakaran. |
Asuransi Kecelakaan Diri | Ganti rugi terhadap kerugian akibat kecelakaan. |
Asuransi Pengangkutan | Ganti rugi terhadap risiko selama pengangkutan. |
Asuransi Kapal Laut | Ganti rugi terhadap kerusakan kapal laut. |
Asuransi Uang | Ganti rugi terhadap kehilangan uang. |
Asuransi Perjalanan | Ganti rugi terhadap risiko dalam perjalanan. |
Asuransi Konstruksi | Ganti rugi terhadap kerugian pada proyek konstruksi. |
Asuransi Satelit | Ganti rugi terhadap kerusakan satelit. |
Asuransi Minyak dan Gas | Ganti rugi terhadap kerugian pada industri minyak dan gas. |
Cara Klaim Asuransi Brins
Dalam asuransi, metode klaim pada umumnya terbagi menjadi tiga kategori, yaitu ganti rugi, cashless, dan reimbursement.
Metode klaim ini umumnya berlaku untuk asuransi umum atau kerugian. Contohnya adalah asuransi kendaraan, kerugian pada mesin dan alat berat, dan lain sejenisnya.
Prosedur Klaim Ganti Rugi |
Melaporkan klaim maksimal 5×24 jam → Menyiapkan dokumen klaim → Tim asuransi akan melakukan survei dan analisis → Tunggu hasil survei → Pihak asuransi akan mengirimkan ganti rugi → Selesai |
Umumnya metode ini berlaku untuk asuransi kesehatan. Metode klaim cashless hanya dapat digunakan di rumah sakit rekanan asuransi saja.
Prosedur Klaim Cashless |
Peserta membawa kartu saat di rumah sakit/klinik → Gesek kartu → Rumah sakit mengkonfirmasi ke pihak perusahaan → Peserta mendapatkan pelayanan medis → Selesai |
Selain cashless, ada juga metode klaim reimbursement yang dapat digunakan untuk mendapatkan manfaat asuransi kesehatan. Metode klaim reimbursement dapat digunakan di luar daftar
Prosedur Klaim Reimbursement |
Peserta mengirimkan dokumen klaim → Datang langsung ke kantor perusahaan asuransi/Kurir/Lifepal → Perusahaan mengecek dokumen dan analisis → Pembayaran klaim → Selesai |
Layanan Nasabah dan Call Center BRINS General Insurance
Untuk mendapatkan informasi seputar BRINS General Insurance, dapat mengunjungi kantor cabang/ pusat terdekat atau menghubungi call center perusahaan. Berikut informasi selengkapnya.
Kantor Pusat BRINS General Insurance
Jalan Mampang Prapatan Raya No. 18, Jakarta Selatan, 12790 Email: [email protected] Contact Center: 1500699 beroperasi Senin-Jumat pukul: 7.30-16.30 WIB Telp: (021) 791 70477/78 Fax: (021) 791 97432 Portal BRINS resmi: www.brins.co.id Email: [email protected] Facebook: facebook.com/brinsgeneralinsurance Twitter: twitter.com/brins_insurance Instagram: instagram.com/brins.generalinsurance |
Bengkel Rekanan Brins
Asuransi BRINS memiliki rekanan bengkel yang tersebar di beberapa kota di Indonesia. Bengkel rekanan tersebut siap melayani nasabah BRINS ketika dibutuhkan. Berikut daftar bengkel rekanan BRINS General Insurance.
- Setya Jaya Motor, Jalan Raya Jatiwaringin 45 Pondok Gede, Telepon: 021-8485931
- Ben Agung Motor, Jalan Dewi Sartika No.298 Jakarta Timur, Telepon: 021-8485931
- Putra Wijaya Motor, Jalan Daan Mogot KM 14, No. 22 – 23 Cengkareng Jakarta Barat, Telepon: 54398226
- PT. Lotus Sumber Jaya Makmur / Star Jaya, Jalan Perjuangan No. 8, Kebon Jeruk, Telepon: 5321867
- Karyakita Putera S., Jalan Gunung Sahari Ancol No.17 Jakarta Pusat, Telepon: 6253378
- Millenium Motor, Jalan Letjend Suprapto No.19 Cempaka Putih, Telepon: 4267888
- Millenium Motor II, Jalan Yos Sudarso No.44 Jakarta Utara, Telepon: 43907879
- Klinik Mobil, Jalan Raya Pasar minggu KM. 18 No. 25, Kalibata, Jakarta Selatan, Telepon: 7900288
- Marga Jaya, Jalan Moh. Thamrin No.8 Cikokol, Telepon: 55753357
- Daya Cemerlang Karya Mandiri, Jalan Raya serpong No.188 BSD, Telepon: 53122968
- Yunita Motor, Jalan Mustika Sari Raya Pengasinan Rawa Lumbu, Bekasi, Telepon: 82607711
- AUTO 2000, Jalan Diponegoro No.38A Bekasi, Telepon: 021-88352000
- TONS 2000, Jalan Raya cimanggu no. 3 Bogor 16710, Telepon: 0251- 7192000
- Makmur Jaya Motor, Jalan Pajajaran No. 15A, Bogor, Telepon: 0251-8310166
- LCC, Jalan Ahmad Yani. 889, Bandung, Telepon: 022-7206400
- Virtue Autocare, Jalan Wastukencana No. 39-41, Bandung, Telepon: 022-4234534
- AUTO Rep, Jalan Dukuh Duwur No. 38 Pegambiran, Cirebon, Telepon: 0231-8305720
- Pusaka Lima, Jalan Raya Kali Rungkut No. 15, Surabaya, Telepon: 031-8482111
- Tan Brothers, Jalan Raya Candi Lontar No. 71, Surabaya, Telepon: 031-71264662
- Nasional Motor, Jalan Panglima Sudirman 9B Malang, Telepon: 0341-361280
- Absolut Kediri, Jalan Urip Sumoharjo 138 Kediri, Telepon: 0354-685294
- Mandiri Motor, Jalan Raya Baki No. 178, Baki, Solo Baru, Telepon: 0271-6727070,
- Berdikari Auto Body Shop, Jalan Gatot Subroto No. 113, Banyumas, Telepon: 0281-796500
- CV. Nitro 1, Jalan Dr. Radjiman 452 A, Surakarta, Telepon: 0271-3029899
- Tejo, Jalan Pedurungan Kidul No. 82, Semarang, Telepon: 024-6711001
- New Abece, Jalan Candi Prambanan No. 10 Pandanaran, Telepon: 024-7614112
- 87 Express, Jalan Sei batang hari No 124 Medan, Telepon: 061-4563565
- Bengkel Zul Keluarga Jaya, Jalan Medan KM 4,5 Pematang Siantar, Telepon: 0622-7077058
- Bengkel Adipura, Jalan adipura No. 39, Makassar, Telepon: 0411-442885
- Bengkel Faisal, Jalan St. Hasanuddin No. 185, Gowa, Telepon: 0411-860208
- Bengkel Smile Auto Service, Jalan Veteran selatan No. 253, Makassar, Telepon: 0411-870575
- Palembang Auto Service, Jalan Demang Lebar Daun No.26, Telepon: 0711-3278007
- Jiron Motor, Jalan Patal-pusri, Telepon: 0711-7280228
- Central Body Paint, Jalan Urip Sumoharjo No. 17, Telepon: 0721-709000
- Abeng Motor, Jalan Spadem, Merauke, Jayapura 99611, , Telepon: 0971-321227
- Diva, Jalan Entrop, Abepura, Jayapura, Telepon: 081248123168
- Manokwari Multi Mitra, Jalan Drs. Esau Sesa, Manokwari, Telepon: 081232756680
- Rama Motor, Jalan Dshop Gorong-gorong, Timika, Telepon: 085234026591
- CV. Combos, Jalan Budi Utomo, Timika, Telepon: 0901-321467
Sekilas Tentang Asuransi BRINS
BRINS adalah perusahaan asuransi yang berfokus kepada penyedia jasa jaminan finansial melalui produk asuransi umum. Bermula dari perlindungan untuk nasabah Bank BRI, produk BRINS telah meluas hingga mencakup masyarakat umum.
Proteksi asuransi kerugian BRINS terbilang cukup lengkap, yaitu mencakup asuransi properti, asuransi kendaraan, asuransi kebakaran, asuransi kecelakaan diri, asuransi pengangkutan, asuransi kapal laut, asuransi uang, asuransi perjalanan, asuransi konstruksi, asuransi satelit, asuransi kesehatan, dan asuransi minyak & gas.
BRINS General Insurance kini BRI Insurance merupakan perusahaan asuransi umum yang didirikan oleh Yayasan Kesejahteraan Pekerja Bank Rakyat Indonesia (YKPBRI) pada 17 April 1989 dengan nama PT Asuransi Bringin Sejahtera Artamakmur. Pada Desember 2019, kepemilikan saham perusahaan asuransi BRINS telah resmi diambil alih oleh PT Bank Rakyat Indonesia dengan saham senilai total Rp1,04 triliun. Nilai tersebut setara dengan 90 persen saham. Lebih tepatnya, jumlah saham yang diambil alih sebanyak 28.935 lembar saham dengan nilai nominal Rp10 juta per saham. Saat ini operasional Asuransi BRINS didukung oleh tenaga pemasaran yang tersebar di seluruh Indonesia dengan 23 jaringan kantor cabang dan sepuluh kantor perwakilan.
BRINS General Insurance telah terdaftar sebagai perusahaan asuransi umum yang berada di bawah naungan Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI). PT Asuransi Bringin Sejahtera Artamakmur (BRINS) telah mendapatkan izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor KEP-128/KM.13/1989 pada tanggal 26 Agustus 1989.
Berikut ini deretan prestasi dan penghargaan yang diterima oleh BRINS General Insurance. 1st The Best General Insurance Company 2019 Kategori General Insurance Private Company (Aset kurang dari Rp5 Triliun), The Big 10 Indonesia GCG Implementation 2019 Kategori General Insurance Company Indonesian GCG Award 2019, Asuransi Syariah Terbaik 2019 Kategori Asuransi Umum Syariah Aset di Atas Rp50 Miliar sampai Rp100 Miliar, Platinum Trophy atas kinerja yang sangat bagus selama 10 tahun berturut-turut pada penghargaan 20th Infobank Award, Perusahaan Asuransi terbaik 2019 kategori Ekuitas Rp500 Miliar sampai Rp1,5 Triliun.
Rasio solvabilitas perusahaan asuransi di Indonesia wajib memenuhi standarisasi keuangan yang telah ditentukan di dalam Peraturan Jasa Otoritas Keuangan (Nomor 71 dan 72 /POJK.05/2016). Ketentuan mengenai rasio solvabilitas adalah minimal 120 persen, ekuitas minimal Rp100 miliar untuk perusahaan asuransi dan minimal Rp200 miliar untuk reasuransi, dan perusahaan asuransi dikategorikan baik apabila minimal asetnya minimal Rp150 miliar. Rasio solvabilitas adalah kemampuan perusahaan asuransi bersangkutan dalam memenuhi kewajiban terhadap nasabahnya. Kewajiban ini dapat diartikan sebagai kesanggupan memenuhi pertanggungan klaim asuransi yang diajukan oleh seluruh nasabah aktifnya. Mengacu kepada laporan keuangan 2018, PT Asuransi Bringin Sejahtera Artamakmur membuktikan performa kinerja finansialnya sebagai berikut. Dari data keuangan tersebut dapat disimpulkan bahwa dari segala aspek yang dijadikan indikator penentu kualitas keuangan perusahaan, PT Asuransi Bringin Sejahtera Artamakmur termasuk perusahaan dengan kondisi finansial yang layak dijadikan pilihan prioritas bagi calon.
Berita Terbaru Tentang BRINS
Desember 2019 – PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. (BRI) mengambil alih saham PT Asuransi Bringin Sejahtera Artamakmur (BRINS) senilai Rp1,04 triliun. Nilai tersebut setara dengan 90% dari perusahaan yang diambil alih pengendaliannya dari Yayasan Kesejahteraan Pekerja (YKP) BRI. Berdasarkan informasi yang dirilis perusahaan di Bursa Efek Indonesia (BEI), kedua perusahaan telah menandatangani perjanjian jual beli saham pada 26 Desember 2019. Jumlah saham yang diambil alih sebanyak 28.935 lembar dengan nilai nominal Rp10 juta/saham.[/accordion[
[accordion title="Asuransi BRINS Berikan Klaim Rp1,7 Miliar"]
September 2019 – Pengusaha peternakan ayam, Mohammad Mansyur warga Desa Jogoloyo, Kecamatan Wonosalam, memperoleh klaim asuransi kebakaran sebesar Rp1,7 miliar. Klaim asuransi dari PT Bringin Sejahtera Artamakmur (Brins) General Insurance tersebut diberikan Pemimpin Brins Cabang Semarang Muhammad Khufron kepada Mohammad Mansyur di kantor BRI Cabang Demak.
November 2018 – Asuransi BRINS telah meresmikan kantor cabang Makassar di Poros Jl Andi Pangerang (AP) Pettatani. Peresmian kantor cabang baru Brins di Makassar langsung oleh Direktur PT. Asuransi Bringin Sejahtera Artamakmur, Achmad Chumaidi. Hingga saat ini total terdapat 23 kantor cabang BRINS.
Pertanyaan Seputar Asuransi Brins
Berikut beberapa tips dan pertanyaan yang sering diajukan oleh calon nasabah ataupun nasabah terkait BRINS (BRI Insurance), baik informasi premi, profil perusahaan, dan lain sebagainya.
Apa itu asuransi BRINS General Insurance?
BRINS General Insurance atau BRI Insurance merupakan asuransi umum yang dihadirkan oleh perusahaan bank milik negara, yaitu PT Bank Rakyat Indonesia.
Apa saja produk asuransi BRINS General Insurance?
Produk yang dihadirkan oleh BRINS General Insurance berfokus pada asuransi kerugian atau umum, seperti:
- Asuransi properti
- Asuransi kendaraan
- Asuransi syariah
- Asuransi kebakaran
- Asuransi kecelakaan diri
- Asuransi pengangkutan
- Asuransi kapal laut
- Asuransi uang
- Asuransi perjalanan
- Asuransi golf
- Asuransi konstruksi
- Asuransi pesawat
- Asuransi satelit
- Asuransi kesehatan
- Asuransi minyak dan gas
Untuk ulasan masing-masing produk, silakan lihat pada tab Produk.
Berapa harga premi asuransi BRINS General Insurance?
Cari tahu premi asuransi BRINS dengan cara mengakses laman produk di situs resmi perusahaan, menghubungi agen, maupun broker asuransi terkait.
Pada umumnya, premi asuransi dipengaruhi oleh berbagai faktor berikut:
- Jenis asuransi yang diambil oleh pemegang polis.
- Profil tertanggung: usia, pekerjaan, jenis kelamin, riwayat penyakit, dan lain-lain.
- Jenis dan nilai aset atau harta benda yang diasuransikan.
- Cakupan pertanggungan, mulai dari pertanggungan utama hingga rider (pertanggungan tambahan)
Bagaimana cara pembayaran premi asuransi BRINS General Insurance?
Pembayaran premi asuransi BRINS bergantung pada ketentuan pada polis asuransi. Sila menghubungi call center BRINS, agen, maupun broker asuransi terkait. Atau, perhatikan informasi panduan pembayaran premi pada polis.
Bagaimana cara klaim asuransi BRINS General Insurance?
Untuk mengajukan klaim Brins, kamu bisa menggunakan metode cashless dan reimbursement. Cek tab Klaim untuk mengetahui prosedurnya!
Agen dan broker asuransi BRINS General Insurance
Terdapat perbedaan antara agen dan broker asuransi. Agen asuransi biasanya adalah orang pribadi atau perusahaan yang bekerja mewakili perusahaan asuransi. Sementara itu, broker adalah pihak independen yang menjadi perantara antara perusahaan asuransi dengan calon nasabah.
Pada laman situs resmi tidak disebutkan sistem keagenan yang dimiliki oleh asuransi BRINS. Meski begitu, BRINS memiliki beragam mitra usaha dari perusahaan reasuransi terkemuka di bidangnya, antara lain:
- Nasional Re
- ReINDO
- Tugu Re
- Marein
Di samping itu, BRINS juga telah menjalin kemitraan dengan dua perusahaan broker asuransi untuk menunjang pemasaran produk, yaitu:
- Bringin Sejahtera Makmur (BSM)
- PT KBRU Insurance Brokers (KBRU)
Untuk mendapatkan informasi selengkapnya terkait sistem keagenan BRINS, calon nasabah dapat menghubungi call center BRINS.
Bengkel rekanan asuransi BRINS General Insurance
Brins bekerja sama dengan ratusan bengkel rekanan di seluruh Indonesia. Untuk melihat daftarnya, cek tab Rekanan.
Sumber dan referensi
Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.
Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:
- https://www.brins.co.id/
- https://makassar.tribunnews.com/2018/11/26/kantor-baru-brins-makassar-diresmikan-ini-lokasinya
- https://www.suaramerdeka.com/news/baca/197295/pengusaha-ayam-demak-peroleh-klaim-asuransi-rp-17-miliar
- https://www.cnbcindonesia.com/market/20190927191304-17-102812/bri-resmi-akuisisi-asuransi-umum-brins