Asuransi BRINS
BRINS General Insurance (BRI Insurance) berfokus pada asuransi umum (kerugian). Polis yang dihadirkan pun sangat lengkap dan unggul, terlebih untuk polis asuransi mobilnya yang memberikan manfaat lengkap dengan premi bersahabat. Ada juga promo Asuransi Mobil BRINS diskon hingga 25 persen di Lifepal dan dapatkan saldo BRIZZI gratis Rp50.000 untuk setiap pembeliannya.
*syarat dan ketentuan berlaku
Pilihan Polis BRI Insurance Terbaik
Bila dibandingkan asuransi umum lainnya, BRINS menghadirkan polis yang lebih lengkap dan unggul. Sebagai perbandingan, berikut daftar polis serta manfaatnya yang bisa Anda pertimbangkan.
Rangkuman Produk dan Manfaat BRI Insurance (BRINS)
Produk | Manfaat Ditawarkan |
Asuransi Kendaraan | Ganti rugi terhadap risiko kerusakan hingga kehilangan pada mobil atau motor |
Asuransi Kesehatan | Pertanggungan biaya medis baik akibat sakit maupun kecelakaan |
Asuransi Properti | Ganti rugi terhadap risiko kerugian properti |
Asuransi Syariah | Ganti rugi terhadap kerugian berbasis syariah |
Asuransi Kebakaran | Ganti rugi terhadap kerusakan aset karena kebakaran |
Asuransi Kecelakaan Diri | Ganti rugi terhadap kerugian akibat kecelakaan |
Asuransi Pengangkutan | Ganti rugi terhadap risiko selama pengangkutan |
Asuransi Kapal Laut | Ganti rugi terhadap kerusakan kapal laut |
Asuransi Uang | Ganti rugi terhadap kehilangan uang |
Asuransi Perjalanan | Ganti rugi terhadap risiko dalam perjalanan |
Asuransi Konstruksi | Ganti rugi terhadap kerugian pada proyek konstruksi |
Asuransi Satelit | Ganti rugi terhadap kerusakan satelit |
Asuransi Minyak dan Gas | Ganti rugi terhadap kerugian pada industri minyak dan gas |
Alasan Beli Asuransi BRINS di Lifepal
Asuransi Mobil BRINS bisa Anda dapatkan dengan harga terbaik di Lifepal. Selain menawarkan promo cashback 10 persen + diskon 25 persen dari Lifepal, masih banyak keuntungan lain yang bisa didapatkan jika membeli Asuransi BRINS di Lifepal. Berikut ini beberapa alasannya:
1. Bengkel Rekanan 200+ dan Kantor Cabang Rekanan 30+ Kota
BRINS telah bekerja sama dengan lebih dari 200+ bengkel rekanan yang tersebar luas hampir di seluruh wilayah Indonesia. Dengan begitu, Anda dapat mengajukan perbaikan mobil di bengkel terdekat dengan domisili saat ini. Selain itu, jika ingin mendapatkan informasi terkait polis atau sekedar mengajukan keluhan dapat mengunjungi kantor cabang BRINS dan Lifepal yang tersebar di 30 kota di Indonesia.
2. Bantuan Kendala Klaim Secara Online
Jika terdapat kendala pada pengajuan klaim, Anda dapat menghubungi layanan nasabah Lifepal yang tersedia secara online melalui telepon dan WhatsApp. Tim Lifepal akan memastikan nasabah mendapatkan manfaat polis yang telah disepakati kedua belah pihak.
3. Harga Premi Asuransi Mobil Terbaik
Untuk Asuransi Mobil BRINS, Lifepal menawarkan promo diskon 25 persen + cashback 10 persen. Adapun preminya bisa Anda dapatkan mulai dari Rp550 ribu per tahun (harga belum termasuk diskon). Yuk, klaim promo menarik dari Lifepal dengan mengisi formulir di bawah ini!
Cara Daftar Asuransi Mobil BRINS di Lifepal
Di Lifepal, beli Asuransi Mobil BRINS sangatlah mudah. Anda hanya perlu mengisi profil nasabah secara online, bandingkan dan pilih polis yang diinginkan, kemudian lakukan checkout. Tim Lifepal akan segera menghubungi Anda untuk melakukan penawaran dan menjelaskan secara detail terkait informasi polis yang telah dipilih. Tertarik? Yuk, lihat pilihan polis dan daftar sekarang!
Cara Klaim Asuransi BRINS
Klaim BRI Insurance bisa dilakukan dengan tiga cara, yaitu ganti rugi, cashless, dan reimbursement. Berikut penjelasan singkat dari ketiganya dan prosedur mengajukannya:
Metode klaim ini biasanya berlaku untuk asuransi umum atau kerugian. Contohnya, asuransi kendaraan, kerugian pada mesin dan alat berat, dan lain sejenisnya.
Prosedur Klaim Ganti Rugi |
Melaporkan klaim maksimal 5×24 jam → Menyiapkan dokumen klaim → Tim asuransi akan melakukan survei dan analisis → Tunggu hasil survei → Pihak asuransi akan mengirimkan ganti rugi → Selesai |
Biasanya, metode klaim cashless hanya berlaku untuk asuransi kesehatan dan dapat digunakan di rumah sakit rekanan asuransi saja.
Prosedur Klaim Cashless |
Peserta membawa kartu saat ke rumah sakit/klinik → Gesek kartu → Rumah sakit mengkonfirmasi ke pihak perusahaan → Peserta mendapatkan pelayanan medis → Selesai |
Selain cashless, ada juga metode klaim reimbursement yang dapat digunakan untuk mendapatkan manfaat asuransi kesehatan. Metode klaim ini umumnya dipakai di luar daftar rumah sakit rekanan perusahaan asuransi.
Prosedur Klaim Reimbursement |
Peserta mengirimkan dokumen klaim → Datang langsung ke kantor perusahaan asuransi/Kurir/Lifepal → Perusahaan mengecek dokumen dan analisis → Pembayaran klaim → Selesai |
Layanan Nasabah dan Call Center BRINS General Insurance
Untuk mendapatkan informasi lebih detail seputar asuransi mobil BRINS, Anda dapat menghubungi call center perusahaan. Atau, mendatangi langsung kantor pusat/cabang terdekat. Berikut informasi selengkapnya.
Kantor Pusat BRINS General Insurance Jalan Mampang Prapatan Raya No. 18, Jakarta Selatan, 12790 Email: [email protected] Contact Center: 1500699 beroperasi Senin-Jumat pukul: 7.30-16.30 WIB Telp: (021) 791 70477/78 Fax: (021) 791 97432 Email: [email protected] Website: www.brins.co.id Facebook: facebook.com/brinsgeneralinsurance Twitter: twitter.com/brins_insurance Instagram: instagram.com/brins.generalinsurance |
Jakarta Bandung Cirebon Yogyakarta Solo Pati Semarang Kediri Malang Jember Surabaya Aceh Medan Padang Lampung Palembang Balikpapan Batam Pekanbaru Banjarmasin Pontianak Makassar Manado Pare-Pare Denpasar Jayapura
Email : [email protected]
68121 (Depan SDN Sumbersari 01) – Telp: 0331 – 339 565, 339 526, Email: [email protected]
Bandar Lampung – Telp: 0721 – 476 214, Email: [email protected]
Bengkel Rekanan BRINS
Asuransi BRINS memiliki bengkel rekanan yang tersebar di beberapa kota di Indonesia. Berikut daftar bengkel rekanannya:
- Setya Jaya Motor, Jalan Raya Jatiwaringin 45 Pondok Gede, Telepon: 021-8485931
- Ben Agung Motor, Jalan Dewi Sartika No.298 Jakarta Timur, Telepon: 021-8485931
- Putra Wijaya Motor, Jalan Daan Mogot KM 14, No. 22 – 23 Cengkareng Jakarta Barat, Telepon: 54398226
- PT. Lotus Sumber Jaya Makmur / Star Jaya, Jalan Perjuangan No. 8, Kebon Jeruk, Telepon: 5321867
- Karyakita Putera S., Jalan Gunung Sahari Ancol No.17 Jakarta Pusat, Telepon: 6253378
- Millenium Motor, Jalan Letjend Suprapto No.19 Cempaka Putih, Telepon: 4267888
- Millenium Motor II, Jalan Yos Sudarso No.44 Jakarta Utara, Telepon: 43907879
- Klinik Mobil, Jalan Raya Pasar minggu KM. 18 No. 25, Kalibata, Jakarta Selatan, Telepon: 7900288
- Marga Jaya, Jalan Moh. Thamrin No.8 Cikokol, Telepon: 55753357
- Daya Cemerlang Karya Mandiri, Jalan Raya serpong No.188 BSD, Telepon: 53122968
- Yunita Motor, Jalan Mustika Sari Raya Pengasinan Rawa Lumbu, Bekasi, Telepon: 82607711
- AUTO 2000, Jalan Diponegoro No.38A Bekasi, Telepon: 021-88352000
- TONS 2000, Jalan Raya cimanggu no. 3 Bogor 16710, Telepon: 0251- 7192000
- Makmur Jaya Motor, Jalan Pajajaran No. 15A, Bogor, Telepon: 0251-8310166
- LCC, Jalan Ahmad Yani. 889, Bandung, Telepon: 022-7206400
- Virtue Autocare, Jalan Wastukencana No. 39-41, Bandung, Telepon: 022-4234534
- AUTO Rep, Jalan Dukuh Duwur No. 38 Pegambiran, Cirebon, Telepon: 0231-8305720
- Pusaka Lima, Jalan Raya Kali Rungkut No. 15, Surabaya, Telepon: 031-8482111
- Tan Brothers, Jalan Raya Candi Lontar No. 71, Surabaya, Telepon: 031-71264662
- Nasional Motor, Jalan Panglima Sudirman 9B Malang, Telepon: 0341-361280
- Absolut Kediri, Jalan Urip Sumoharjo 138 Kediri, Telepon: 0354-685294
- Mandiri Motor, Jalan Raya Baki No. 178, Baki, Solo Baru, Telepon: 0271-6727070,
- Berdikari Auto Body Shop, Jalan Gatot Subroto No. 113, Banyumas, Telepon: 0281-796500
- CV. Nitro 1, Jalan Dr. Radjiman 452 A, Surakarta, Telepon: 0271-3029899
- Tejo, Jalan Pedurungan Kidul No. 82, Semarang, Telepon: 024-6711001
- New Abece, Jalan Candi Prambanan No. 10 Pandanaran, Telepon: 024-7614112
- 87 Express, Jalan Sei batang hari No 124 Medan, Telepon: 061-4563565
- Bengkel Zul Keluarga Jaya, Jalan Medan KM 4,5 Pematang Siantar, Telepon: 0622-7077058
- Bengkel Adipura, Jalan adipura No. 39, Makassar, Telepon: 0411-442885
- Bengkel Faisal, Jalan St. Hasanuddin No. 185, Gowa, Telepon: 0411-860208
- Bengkel Smile Auto Service, Jalan Veteran selatan No. 253, Makassar, Telepon: 0411-870575
- Palembang Auto Service, Jalan Demang Lebar Daun No.26, Telepon: 0711-3278007
- Jiron Motor, Jalan Patal-pusri, Telepon: 0711-7280228
- Central Body Paint, Jalan Urip Sumoharjo No. 17, Telepon: 0721-709000
- Abeng Motor, Jalan Spadem, Merauke, Jayapura 99611, , Telepon: 0971-321227
- Diva, Jalan Entrop, Abepura, Jayapura, Telepon: 081248123168
- Manokwari Multi Mitra, Jalan Drs. Esau Sesa, Manokwari, Telepon: 081232756680
- Rama Motor, Jalan Dshop Gorong-gorong, Timika, Telepon: 085234026591
- CV. Combos, Jalan Budi Utomo, Timika, Telepon: 0901-321467
Sekilas Tentang Asuransi BRINS
BRINS atau BRI Insurance adalah perusahaan asuransi yang berfokus kepada penyedia jasa jaminan finansial melalui produk asuransi umum. Bermula dari perlindungan untuk nasabah Bank BRI, produk BRINS telah meluas hingga mencakup masyarakat umum.
Proteksi asuransi dari BRI Insurance terbilang cukup lengkap, yaitu mencakup asuransi properti, asuransi kendaraan, asuransi kebakaran, asuransi kecelakaan diri, asuransi pengangkutan, asuransi kapal laut, asuransi uang, asuransi perjalanan, asuransi konstruksi, asuransi satelit, asuransi kesehatan, dan asuransi minyak & gas.
Awalnya, BRI Insurance didirikan oleh Yayasan Kesejahteraan Pekerja Bank Rakyat Indonesia (YKPBRI) pada 17 April 1989 dengan nama PT Asuransi Bringin Sejahtera Artamakmur. Kemudian pada Desember 2019, PT Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk, mengakusisi 90 persen saham kepemilikan YKBRI dengan nilai Rp1,40 triliun. Lebih tepatnya, jumlah saham yang diambil alih sebanyak 28.935 lembar dengan nilai nominal Rp10 juta per saham. Sampai saat ini, operasional BRI Insurance telah didukung oleh tenaga pemasaran yang tersebar di seluruh Indonesia. Dengan rincian 22 kantor cabang konvensional, 2 kantor cabang syariah, 8 MarketingRepresentative Office, 2 RepresentativeOffice Syariah, 45 Marketing Channel dan 12 Marketing Office Syariah. BRINS General Insurance telah terdaftar sebagai perusahaan asuransi umum yang berada di bawah naungan Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI). Selain itu, BRI Insurance juga sudah mengantongi izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan berdasarkan surat keputusan nomor KEP-128/KM.13/1989 tertanggal 26 Agustus 1989. Berikut deretan prestasi dan penghargaan yang pernah diterima oleh BRINS General Insurance sepanjang tahun 2020, di antaranya: Rasio solvabilitas perusahaan asuransi di Indonesia wajib memenuhi standar yang sudah ditentukan dalam Peraturan Jasa Otoritas Keuangan Nomor 71 dan 72 /POJK.05/2016. Ketentuan mengenai rasionya sendiri minimal 120 persen. Perlu dipahami, rasio solvabilitas adalah kemampuan perusahaan asuransi dalam memenuhi kewajiban terhadap nasabahnya. Kewajiban ini dapat diartikan sebagai kesanggupan memenuhi pertanggungan klaim asuransi yang diajukan oleh seluruh nasabah aktifnya. Selain rasio solvabilitas, perusahaan asuransi juga harus memiliki ekuitas minimal Rp100 miliar dan Rp200 miliar untuk reasuransi, serta aset minimal Rp150 miliar. Mengacu kepada laporan keuangan 2020 triwulan IV, BRI Insurance menunjukkan kinerja finansialnya. Berikut rinciannya: Berdasarkan laporan keuangan di atas dapat disimpulkan bahwa BRI Insurance sanggup memenuhi segala kewajibannya dengan sangat baik. Ini terlihat dari rasio solvabilitas BRI Insurance yang mencapai 340,45 persen, yang mana itu sudah melebihi dari ketentuan OJK. Tidak hanya itu, kondisi finansial perusahaan juga sangat sehat karena memiliki jumlah ekuitas dan aset yang melampaui standar Otoritas Jasa Keuangan. BRI Resmi Akuisisi Asuransi Umum BRINS Desember 2019 – PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. (BRI) mengambil alih saham PT Asuransi Bringin Sejahtera Artamakmur (BRINS) senilai Rp1,04 triliun. Nilai tersebut setara dengan 90 persen dari perusahaan yang diambil alih pengendaliannya dari Yayasan Kesejahteraan Pekerja (YKP) BRI. Berdasarkan informasi yang dirilis perusahaan di Bursa Efek Indonesia (BEI), kedua perusahaan telah menandatangani perjanjian jual beli saham pada 26 Desember 2019. Jumlah saham yang diambil alih sebanyak 28.935 lembar dengan nilai nominal Rp10 juta per saham. Asuransi BRINS Berikan Klaim Rp1,7 Miliar September 2019 – Pengusaha peternakan ayam, Mohammad Mansyur warga Desa Jogoloyo, Kecamatan Wonosalam, memperoleh klaim asuransi kebakaran sebesar Rp1,7 miliar. Klaim tersebut diberikan langsung oleh pemimpin BRINS Cabang Semarang Muhammad Khufron kepada Mohammad Mansyur di kantor BRI Cabang Demak. Asuransi BRINS Meresmikan Kantor Cabang Terbaru November 2018 – Asuransi BRI Insurance telah meresmikan kantor cabang Makassar di Poros Jl. Andi Pangerang (AP) Pettatani. Peresmian tersebut dilakukan langsung oleh Direktur PT. Asuransi Bringin Sejahtera Artamakmur, Achmad Chumaidi. Hingga saat ini total terdapat 23 kantor cabang BRINS.
Pertanyaan Seputar Asuransi BRINS
Berikut daftar pertanyaan yang paling sering diajukan terkait Asuransi BRINS.
BRINS General Insurance atau BRI Insurance merupakan asuransi umum yang dihadirkan oleh perusahaan bank milik negara, yaitu PT Bank Rakyat Indonesia.
Produk yang dihadirkan BRINS General Insurance terfokus pada asuransi umum (kerugian). Berikut daftar produknya:
- Asuransi properti
- Asuransi kendaraan
- Asuransi syariah
- Asuransi kebakaran
- Asuransi kecelakaan diri
- Asuransi pengangkutan
- Asuransi kapal laut
- Asuransi uang
- Asuransi perjalanan
- Asuransi golf
- Asuransi konstruksi
- Asuransi pesawat
- Asuransi satelit
- Asuransi kesehatan
- Asuransi minyak dan gas
Untuk ulasan masing-masing produk, silakan lihat pada tab Produk.
Untuk mengetahui besaran premi asuransi mobil BRINSS, nasabah bisa mengakses situs resmi perusahaan atau menghubungi agen maupun broker asuransi terkait.
Tapi biasanya, besaran premi produk asuransi mobil dari BRINS berbeda-beda. Ini didasarkan oleh berbagai faktor berikut:
- Kota atau wilayah domisili kendaraan
- Nilai kendaraan
- Tipe atau jenis kendaraan
- Tipe proteksi atau jenis asuransi yang dipilih
- Usia kendaraan
- Jenis penggunaan
- Perluasan jaminan yang dipilih
Selain faktor-faktor di atas, harga premi asuransi mobil BRINS juga dipengaruhi aturan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 6/SEOJK.05/2017 tentang Penetapan Premi atau Kontribusi pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor pada tahun 2017.
Pembayaran premi BRI Insurance (BRINS) akan bergantung pada ketentuan yang tertera dalam polis asuransi. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut terkait cara pembayarannya, sila menghubungi call center BRI Insurance (BRINS), agen, maupun broker asuransi terkait.
Terdapat tiga metode klaim yang disediakan oleh BRI Insurance (BRINS), yaitu ganti rugi, cashless dan reimbursement. Untuk mengetahui ketiga metode klaim tersebut sekaligus prosedur mengajukannya, sila cek tab Klaim!
Pada awal 2020 lalu, BRINS General Insurance mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB). Dalam rapat tersebut, disepakati adanya perubahan susunan pengurus di tubuh perusahaan tersebut. Adapun susunan pengurus setelah RUPSLB itu adalah:
- Direktur Utama: Fankar Umran
- Direktur Operasional: Sony Harsono Widyo S
- Direktur Bisnis: Rahmat Budi Legowo
- Direktur Teknik: Ade Zulfikar
- Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko: Heri Supriyadi
Terdapat perbedaan antara agen dan broker asuransi. Agen asuransi biasanya adalah orang pribadi atau perusahaan yang bekerja mewakili perusahaan asuransi. Sementara itu, broker adalah pihak independen yang menjadi perantara antara perusahaan asuransi dengan calon nasabah.
Pada situs resmi perusahaan, tidak tertera sistem keagenan yang dimiliki BRINS. Kendati demikian, perusahaan memiliki berbagai mitra usaha dari perusahaan reasuransi terkemuka, seperti:
- Nasional Re
- ReINDO
- Tugu Re
- Marein
Selain perusahaan reasuransi, BRINS juga menjalin kemitraan dengan dua perusahaan broker asuransi, seperti:
- Bringin Sejahtera Makmur (BSM)
- PT KBRU Insurance Brokers (KBRU)
Untuk mendapatkan informasi lengkap terkait sistem keagenannya, calon nasabah dapat menghubungi call center BRINS.
BRI Insurance telah menjalin kerja sama dengan ratusan bengkel rekanan di seluruh Indonesia. Guna mengetahui daftar lengkap bengkel rekanannya, cek tab Rekanan.
Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.
Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:
- https://www.brins.co.id/