Asuransi BRINS

3.8 / 5.0 (4.466 Ulasan)
Diskon Terbaik
500+ Pilihan
Bantuan Klaim
+62
48 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
48 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
48 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
48 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
48 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
1970/01/01 00:00:00Cicilan 0%Hemat 25%
 

Asuransi BRINS

BRINS General Insurance (BRI Insurance) berfokus pada asuransi umum (kerugian). Polis yang dihadirkan pun sangat lengkap dan unggul, terlebih untuk polis asuransi mobilnya.  

Promo asuransi mobil BRINS diskon hingga 25 persen di Lifepal dan dapatkan saldo BRIZZI gratis Rp50.000 untuk setiap pembeliannya.

 
 

Pilihan Polis BRI Insurance Terbaik

Bila dibandingkan asuransi umum lainnya, BRINS menghadirkan polis yang lebih lengkap dan unggul. Sebagai perbandingan, berikut daftar polis serta manfaatnya yang bisa Anda pertimbangkan.

Asuransi Mobil
Asuransi BRINS OTO

Polis asuransi ini memberikan pertanggungan finansial atas risiko kerugian yang terjadi pada mobil Anda, baik kerusakan sebagian maupun total.

  • Menanggung risiko kerusakan sebagian (comprehensive)
  • Menanggung risiko kerusakan total (total loss only atau TLO)
  • Opsi perluasan jaminan banjir, badai, angin topan, dan kerusakan akibat air
  • Opsi perluasan jaminan huru-hara, kerusuhan, dan pemogokan
  • Opsi perluasan jaminan terorisme dan sabotase
  • Opsi perluasan jaminan Tanggung Jawab Hukum pihak ke-3 atau (TJH III)
  • Opsi perluasan jaminan gempa bumi, tsunami, dan letusan gunung berapi
  • Opsi perluasan jaminan kecelakaan diri pengemudi
  • Opsi perluasan jaminan kecelakaan diri penumpang

Asuransi Kendaraan
Asuransi Kendaraan Bermotor

Polis asuransi ini memberikan jaminan finansial atas risiko kerugian pada kendaraan mobil dan motor Anda.

  • Menanggung risiko tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, atau terperosok
  • Perbuatan jahat, pencurian, kebakaran, atau kerugian yang terjadi selama berada dalam kapal penyebrangan

Asuransi Kesehatan
Asuransi BRINS Medika

Polis asuransi ini memberikan jaminan pertanggungan finansial atas biaya perawatan RS pada saat tertanggung sakit akibat kecelakaan maupun penyakit.

  • Pertanggungan biaya rawat inap di rumah sakit
  • Pertanggungan diberikan kepada tertanggung yang sedang sakit, baik akibat kecelakaan maupun penyakit

Asuransi Properti
Asuransi BRINS ASRI

Polis asuransi ini memberikan pertanggungan finansial atas risiko kerugian pada bangunan dan isinya.

  • Risiko yang ditanggung mencakup kebakaran, banjir, kerusuhan, kebongkaran, dan gempa bumi
  • Tanggung Jawab Hukum pihak ketiga (TJH III)
  • Santunan meninggal dunia dan rawat inap
  • Santunan untuk sewa rumah tinggal saat terjadi kerugian properti

Asuransi Syariah
Asuransi Syariah

Polis asuransi umum yang berada di bawah naungan BRI Insurance ini dikelola dengan prinsip Islam dan diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah.

  • Asuransi kebakaran
  • Asuransi kendaraan bermotor
  • Asuransi alat berat
  • Asuransi rekayasa
  • Asuransi kecelakaan diri
  • Asuransi pengangkutan
  • Asuransi uang
  • Asuransi rangka kapal

Asuransi Kebakaran
Asuransi Kebakaran

Polis asuransi ini memberikan jaminan finansial atas kerusakan yang terjadi akibat kebakaran yang bersifat tiba-tiba.

  • Menanggung risiko kebakaran, petir, ledakan, kejatuhan pesawat terbang, dan asap

Asuransi Kecelakaan Diri
Asuransi Kecelakaan Diri

Polis asuransi ini memberikan jaminan finansial atas perawatan kesehatan akibat kecelakaan diri dan santunan meninggal dunia sekaligus.

  • Santunan meninggal dunia wajar atau kecelakaan
  • Santunan cacat tetap atau sebagian akibat kecelakaan

Asuransi Pengangkutan
Asuransi Pengangkutan

Polis asuransi ini memberikan jaminan finansial atas risiko kerusakan atau hilangnya kargo selama proses pengangkutan.

  • Objek yang dapat diasuransikan adalah muatan umum, muatan curah, muatan khusus, dan muatan berbahaya
  • Menanggung risiko pengangkutan lewat jalur darat, laut, dan udara

Asuransi Kapal Laut
Asuransi Kapal Laut

Polis asuransi ini memberikan jaminan finansial atas risiko kerusakan rangka kapal. Menanggung kerusakan total atau TLO.

  • Objek yang dapat diasuransikan adalah kapal penumpang, kapal taker, kapal kargo, tug boat, tongkang, dan jenis kapal lainnya
  • Menanggung risiko TLO

Asuransi Uang
Asuransi Uang

Polis asuransi ini memberikan jaminan pertanggungan finansial atas  kerugian atau kehilangan uang selama perjalanan maupun penyimpanan.

  • Objek yang dapat diasuransikan adalah uang, wesel, cheque, giro bilyet, sertifikat, materai, obligasi , logam mulia, perhiasan, permata, dan barang bernilai lainnya.

Asuransi Perjalanan
Asuransi Travel

Polis asuransi ini memberikan jaminan pertanggungan finansial atas risiko kerugian yang mungkin terjadi selama melakukan perjalanan.

  • Uang pertanggungan diberikan jika nasabah melakukan perjalanan yang melebihi radius 100 km dari tempat tinggal dan menggunakan jalur perjalanan udara.

Asuransi Golf
Asuransi Hole in One

Polis asuransi ini memberikan hadiah apabila nasabah mampu melakukan pukulan hole in one dalam suatu lubang green yang sudah ditentukan.

  • Hadiah asuransi diberikan jika nasabah berhasil melakukan pukulan hole in one

Asuransi Konstruksi
Asuransi Konstruksi

Polis asuransi yang dikelola oleh BRI Insurance guna memberikan solusi finansial apabila terjadi risiko kerugian selama proses konstruksi berlangsung.

  • Ganti rugi atas kerugian pelaksanaan proyek seperti jembatan, dermaga, lapangan terbang, gedung, dan pekerjaan teknik sipil lainnya.

Asuransi Pesawat
Asuransi Pesawat

Polis asuransi ini memberikan solusi finansial atas risiko yang mungkin muncul pada saat di pesawat.

  • Pertanggungan atas kerusakan rangka pesawat
  • Manfaat tanggung bawab pihak ketiga
  • Manfaat tanggung jawab kepada penumpang

Asuransi Satelit
Asuransi Satelit

Polis asuransi ini memberikan jaminan atas risiko yang timbul terhadap satelit selama proses peluncuran, saat di orbit, maupun tanggung jawab pihak ketiga.

  • Santunan atas risiko kerugian yang terjadi sebelum dan sesudah peluncuran

Asuransi Minyak dan Gas
Asuransi Oil & Gas - Wellcar 2001

Polis asuransi ini memberikan jaminan finansial atas kerusakan fisik pada proyek selama periode asuransi.

  • Pertanggungan finansial atas kerusakan fisik alat dan mesin
  • Manfaat tanggung jawab hukum pihak ketiga

Asuransi Minyak dan Gas
Asuransi Oil & Gas - EEDI

Polis asuransi ini memberikan jaminan finansial atas risiko yang muncul pada pengeboran offshore atau onshore.

  • Pertanggungan finansial atas kerusakan fisik alat dan mesin
  • Manfaat tanggung jawab pihak ketiga

 

Produk BRI Insurance 

Produk Manfaat Ditawarkan
Asuransi Kendaraan Ganti rugi terhadap risiko kerusakan hingga kehilangan pada mobil atau motor
Asuransi Kesehatan Pertanggungan biaya medis baik akibat sakit maupun kecelakaan
Asuransi Properti Ganti rugi terhadap risiko kerugian properti
Asuransi Syariah Ganti rugi terhadap kerugian berbasis syariah
Asuransi Kebakaran Ganti rugi terhadap kerusakan aset karena kebakaran
Asuransi Kecelakaan Diri Ganti rugi terhadap kerugian akibat kecelakaan
Asuransi Pengangkutan Ganti rugi terhadap risiko selama pengangkutan
Asuransi Kapal Laut Ganti rugi terhadap kerusakan kapal laut
Asuransi Uang Ganti rugi terhadap kehilangan uang
Asuransi Perjalanan Ganti rugi terhadap risiko dalam perjalanan
Asuransi Konstruksi Ganti rugi terhadap kerugian pada proyek konstruksi
Asuransi Satelit Ganti rugi terhadap kerusakan satelit
Asuransi Minyak dan Gas Ganti rugi terhadap kerugian pada industri minyak dan gas

 

Cara Klaim Asuransi BRINS

Klaim BRI Insurance bisa dilakukan dengan tiga cara, yaitu ganti rugi, cashless, dan reimbursement. Berikut penjelasan singkat dari ketiganya dan prosedur mengajukannya:

Metode klaim ini biasanya berlaku untuk asuransi umum atau kerugian. Contohnya, asuransi kendaraan, kerugian pada mesin dan alat berat, dan lain sejenisnya.

Prosedur Klaim Ganti Rugi
Melaporkan klaim maksimal 5×24 jam → Menyiapkan dokumen klaim → Tim asuransi akan melakukan survei dan analisis → Tunggu hasil survei → Pihak asuransi akan mengirimkan ganti rugi → Selesai

Biasanya, metode klaim cashless hanya berlaku untuk asuransi kesehatan dan dapat digunakan di rumah sakit rekanan asuransi saja.

Prosedur Klaim Cashless
Peserta membawa kartu saat ke rumah sakit/klinik → Gesek kartu → Rumah sakit mengkonfirmasi ke pihak perusahaan  → Peserta mendapatkan pelayanan medis → Selesai

Selain cashless, ada juga metode klaim reimbursement yang dapat digunakan untuk mendapatkan manfaat asuransi kesehatan. Metode klaim ini umumnya dipakai di luar daftar rumah sakit rekanan perusahaan asuransi.

Prosedur Klaim Reimbursement
Peserta mengirimkan dokumen klaim → Datang langsung ke kantor perusahaan asuransi/Kurir/Lifepal → Perusahaan mengecek dokumen dan analisis → Pembayaran klaim → Selesai

 

Layanan Nasabah dan Call Center BRINS General Insurance

Untuk mendapatkan informasi lebih detail seputar asuransi mobil BRINS, Anda dapat menghubungi call center perusahaan. Atau, mendatangi langsung kantor pusat/cabang terdekat. Berikut informasi selengkapnya.

Kantor Pusat BRINS General Insurance

Jalan Mampang Prapatan Raya No. 18, Jakarta Selatan, 12790

Email: [email protected]

Contact Center: 1500699 beroperasi Senin-Jumat pukul: 7.30-16.30 WIB

Telp: (021) 791 70477/78

Fax: (021) 791 97432

Email: [email protected]

Website: www.brins.co.id

Facebook: facebook.com/brinsgeneralinsurance

Twitter: twitter.com/brins_insurance

Instagram: instagram.com/brins.generalinsurance

Jakarta

  • Rukan Sentra Pemuda Kav, 9-10, Jl. Pemuda No. 61, Jakarta Timur – Telp: 021 – 224 71310, Email: [email protected]
  • Jl. Gandaria III 6A Kebayoran Baru, Jakarta Selatan – Telp: 021 – 725 3532, Email: [email protected]
  • Komp. Ruko Tol Boulevard Blok D No. 19 BSD – Tangerang, Jl. Kapten Siebianto Djoyokusumo – Telp: 021 – 538 9977, Email: [email protected]
  • Gedung BRI 2 Lt.15 (1500-1502), Jl. Jend. Sudirman Kav. 44-46, Jakarta – Telp: 021 – 591 3539 / 571 9481, Email: [email protected]

Bandung

  • Menara Tower BRI Lt.9, Jl. Asia Afrika No. 57 – 59, Bandung – Telp: 022-727 7609 / 727 6818, Email: [email protected]

Cirebon

  • Jl. Perjuangan No. 5 Sunyaragi, Cirebon – Telp : 0231 – 488 624, Email: [email protected]

Yogyakarta

  • Jl. Colombo No. 7 Ruko No. 4, Kec. Depok Sleman Yogyakarta – Telp: 0274 – 552 880, 663 892, Email: [email protected]

Solo

  • Komp. Gd. Ruko Narendra Blok JD-47, Jl. Ir. Soekarno, Madegono Grogol Sukoharjo, Solo – Telp: 0271 – 626 025, Email: [email protected]

Pati

  • JL. Kartini Ruko 5B RT 003/ RW 001, Jawa Tengah – Telp: 0295 – 4104 801, Email: [email protected]

Semarang

  • Jl. Sriwijaya No. 49, Semarang – 50251 – Telp : 021 – 831 0842, 845 0520, Email: [email protected]

Kediri

  • Jl. Penanggungan No. 56 Kediri, Jawa Timur – Telp: 0354 – 777 266, Email: [email protected]

Malang

  • Jl. Kauman 22 Kel. Kauman, Kec. Klojen, Kota Malang – Telp : 0341 – 303 1203
    Email : [email protected]

Jember

  • JL. Karimata No. 14 A Jember –
    68121 (Depan SDN Sumbersari 01) – Telp: 0331 – 339 565, 339 526, Email: [email protected]

Surabaya

  • Plaza BRI Lt. 2, Jl. Basuki Rahmat No. 122-138, Surabaya – Telp: 031 – 532 0731, Email: [email protected]

Aceh

  • Jl. Mr. Prof. DR. Mohammad Hasan, Kel. Sukadamai, Kec. Lueng Bata, Banda Aceh – Telp: 0651 – 352 82, Email: [email protected]

Medan

  • Jl. Iskandar Muda No. 151 B, Kec. Medan Baru, kel Darat, Medan – Telp: 061-456 9279 / 451 0345, Email: [email protected]

Padang

  • Jl. Kis Mangunsarkoro No.39 RT.04 RW.02 Kel Jati Baru Kec. Padang Timur, Kota Padang, Email: [email protected]

Lampung

  • Jl. Pangeran Diponogoro No. 210, Kec. Teluk Betung Utara
    Bandar Lampung – Telp: 0721 – 476 214, Email: [email protected]

Palembang

  • Komp. Ruko Ario Kemuning No. 9, Jl. Jend. Sudirman KM 4.5, Palembang – Telp: 0711 – 561 4198 / 561 4199, Email: [email protected]

Balikpapan

  • Komplek BSB C – 08, Jl. Jend. Sudirman No. 47, Balikpapan – Telp: 0542-721 3553, Email: [email protected]

Batam

  • Jl. Engku Putri Terminal Ferry International Batam Center Point, Lot 01 Lt. 3, Batam – Telp: 0778 – 467 867, Email: [email protected]

Pekanbaru

  • Komp. Sudirman City Square Blok C-08, Jl. Jend. Sudirman Pekanbaru – Telp: 0761 – 789 4260 / 789 4270, Email: [email protected]

Banjarmasin

  • Jl. Pramuka No.40A RT. 26, Kel. Sungai Lulut, Kec. Banjar Timur, Banjarmasin – Telp: 0511 – 326 3911, 681 3050, Email: [email protected]

Pontianak

  • Jl. Teuku Umar Komplek Pontianak Mall Blok C no. 18 Pontianak, Kalimantan Barat – Telp: 0561 – 812 1819, Email: [email protected]

Makassar

  • Jl. A.P. Pettarani Ruko No. 7-8, Kec. Panakukang, Makassar – Telp: 0411 – 424 896 / 424 897, Email: [email protected]

Manado

  • Gedung BRI Lt. 6, Jl. Sarapung No. 4-6, Manado – Telp: 0431 – 865 588, Email: [email protected]

Pare-Pare

Denpasar

  • Jl. Gatot Subroto Barat No. 8 B-C, Pemecutan Kaja, Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali – Telp: 0361 – 472 3368 / 472 3367, Email: [email protected]

Jayapura

  • Jl. Raya Ardipura, Jayapura – Telp : 0967 – 531 368, 533 543, Email: [email protected]
 

Bengkel Rekanan BRINS

Asuransi BRINS memiliki bengkel rekanan yang tersebar di beberapa kota di Indonesia. Berikut daftar bengkel rekanannya:

  • Setya Jaya Motor, Jalan Raya Jatiwaringin 45 Pondok Gede, Telepon: 021-8485931
  • Ben Agung Motor, Jalan Dewi Sartika No.298 Jakarta Timur, Telepon: 021-8485931
  • Putra Wijaya Motor, Jalan Daan Mogot KM 14, No. 22 – 23 Cengkareng Jakarta Barat, Telepon: 54398226
  • PT. Lotus Sumber Jaya Makmur / Star Jaya, Jalan Perjuangan No. 8, Kebon Jeruk, Telepon: 5321867
  • Karyakita Putera S., Jalan Gunung Sahari Ancol No.17 Jakarta Pusat, Telepon: 6253378
  • Millenium Motor, Jalan Letjend Suprapto No.19 Cempaka Putih, Telepon: 4267888
  • Millenium Motor II, Jalan Yos Sudarso No.44 Jakarta Utara, Telepon: 43907879
  • Klinik Mobil, Jalan Raya Pasar minggu KM. 18 No. 25, Kalibata, Jakarta Selatan, Telepon: 7900288
  • Marga Jaya, Jalan Moh. Thamrin No.8 Cikokol, Telepon: 55753357
  • Daya Cemerlang Karya Mandiri, Jalan Raya serpong No.188 BSD, Telepon: 53122968
  • Yunita Motor, Jalan Mustika Sari Raya Pengasinan Rawa Lumbu, Bekasi, Telepon: 82607711
  • AUTO 2000, Jalan Diponegoro No.38A Bekasi, Telepon: 021-88352000
  • TONS 2000, Jalan Raya cimanggu no. 3 Bogor 16710, Telepon: 0251- 7192000
  • Makmur Jaya Motor, Jalan Pajajaran No. 15A, Bogor, Telepon: 0251-8310166
  • LCC, Jalan Ahmad Yani. 889, Bandung, Telepon: 022-7206400
  • Virtue Autocare, Jalan Wastukencana No. 39-41, Bandung, Telepon: 022-4234534
  • AUTO Rep, Jalan Dukuh Duwur No. 38 Pegambiran, Cirebon, Telepon: 0231-8305720
  • Pusaka Lima, Jalan Raya Kali Rungkut No. 15, Surabaya, Telepon: 031-8482111
  • Tan Brothers, Jalan Raya Candi Lontar No. 71, Surabaya, Telepon: 031-71264662
  • Nasional Motor, Jalan Panglima Sudirman 9B Malang, Telepon: 0341-361280
  • Absolut Kediri, Jalan Urip Sumoharjo 138 Kediri, Telepon: 0354-685294
  • Mandiri Motor, Jalan Raya Baki No. 178, Baki, Solo Baru, Telepon: 0271-6727070,
  • Berdikari Auto Body Shop, Jalan Gatot Subroto No. 113, Banyumas, Telepon: 0281-796500
  • CV. Nitro 1, Jalan Dr. Radjiman 452 A, Surakarta, Telepon: 0271-3029899
  • Tejo, Jalan Pedurungan Kidul No. 82, Semarang, Telepon: 024-6711001
  • New Abece, Jalan Candi Prambanan No. 10 Pandanaran, Telepon: 024-7614112
  • 87 Express, Jalan Sei batang hari No 124 Medan, Telepon: 061-4563565
  • Bengkel Zul Keluarga Jaya, Jalan Medan KM 4,5 Pematang Siantar, Telepon: 0622-7077058
  • Bengkel Adipura, Jalan adipura No. 39, Makassar, Telepon: 0411-442885
  • Bengkel Faisal, Jalan St. Hasanuddin No. 185, Gowa, Telepon: 0411-860208
  • Bengkel Smile Auto Service, Jalan Veteran selatan No. 253, Makassar, Telepon: 0411-870575
  • Palembang Auto Service, Jalan Demang Lebar Daun No.26, Telepon: 0711-3278007
  • Jiron Motor, Jalan Patal-pusri, Telepon: 0711-7280228
  • Central Body Paint, Jalan Urip Sumoharjo No. 17, Telepon: 0721-709000
  • Abeng Motor, Jalan Spadem, Merauke, Jayapura 99611, , Telepon: 0971-321227
  • Diva, Jalan Entrop, Abepura, Jayapura, Telepon: 081248123168
  • Manokwari Multi Mitra, Jalan Drs. Esau Sesa, Manokwari, Telepon: 081232756680
  • Rama Motor, Jalan Dshop Gorong-gorong, Timika, Telepon: 085234026591
  • CV. Combos, Jalan Budi Utomo, Timika, Telepon: 0901-321467
 

Sekilas Tentang Asuransi BRINS

BRINS atau BRI Insurance adalah perusahaan asuransi yang berfokus kepada penyedia jasa jaminan finansial melalui produk asuransi umum. Bermula dari perlindungan untuk nasabah Bank BRI, produk BRINS telah meluas hingga mencakup masyarakat umum.

Proteksi asuransi dari BRI Insurance terbilang cukup lengkap, yaitu mencakup asuransi properti, asuransi kendaraan, asuransi kebakaran, asuransi kecelakaan diri, asuransi pengangkutan, asuransi kapal laut, asuransi uang, asuransi perjalanan, asuransi konstruksi, asuransi satelit, asuransi kesehatan, dan asuransi minyak & gas.

Awalnya, BRI Insurance didirikan oleh Yayasan Kesejahteraan Pekerja Bank Rakyat Indonesia (YKPBRI) pada 17 April 1989 dengan nama PT Asuransi Bringin Sejahtera Artamakmur. Kemudian pada Desember 2019, PT Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk, mengakusisi 90 persen saham kepemilikan YKBRI dengan nilai Rp1,40 triliun. Lebih tepatnya, jumlah saham yang diambil alih sebanyak 28.935 lembar dengan nilai nominal Rp10 juta per saham.

Sampai saat ini, operasional BRI Insurance telah didukung oleh tenaga pemasaran yang tersebar di seluruh Indonesia.  Dengan rincian 22 kantor cabang konvensional, 2 kantor cabang syariah, 8 Marketing Representative Office, 2 Representative Office Syariah, 45 Marketing Channel dan 12 Marketing Office Syariah.

BRINS General Insurance telah terdaftar sebagai perusahaan asuransi umum yang berada di bawah naungan Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI). Selain itu, BRI Insurance juga sudah mengantongi izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan berdasarkan surat keputusan nomor KEP-128/KM.13/1989 tertanggal 26 Agustus 1989.

Berikut deretan prestasi dan penghargaan yang pernah diterima oleh BRINS General Insurance sepanjang tahun 2020, di antaranya:

  • Financial Perfomance Full-Year 2019 dengan predikat “Excellent” versi Infobank
  • Best General Insurance 2020 Ekuitas Rp500 Miliar – Rp1,5 Triliun versi Media Asuransi
  • Market Leader General Insuraance 2o2o versi Media Asuransi
  • Asuransi Terbaik 2020 kategori Asuransi Umum Aset di atas Rp1 Triliun – Rp5 Triliun versi Majalah Investor
  • The Strongest General Insurance versi CNBC
  • The Most Innovative Reinsurance Companies in Indonesia 2020 versi Iconomics
  • The Excellent in Brand Among Financial Awards in 2020 “Millennial’s Choice” versi Iconomics
  • Indonesia’s Most Popular Digital Financial Brands (Millennial’s Choice) versi Iconomics
  • Top 20 Financial Institution 2020 category Fastest Growing Company versi The Finance
  • The Best Perfoming General Insurance 2020 based on Financial Perfomance 2017-2019 category Gross Premium Up To Rp1 Trillion To Under Rp2,5 Trillion

Rasio solvabilitas perusahaan asuransi di Indonesia wajib memenuhi standar yang sudah ditentukan dalam Peraturan Jasa Otoritas Keuangan Nomor 71 dan 72 /POJK.05/2016. Ketentuan mengenai rasionya sendiri minimal 120 persen. 

Perlu dipahami, rasio solvabilitas adalah kemampuan perusahaan asuransi dalam memenuhi kewajiban terhadap nasabahnya. Kewajiban ini dapat diartikan sebagai kesanggupan memenuhi pertanggungan klaim asuransi yang diajukan oleh seluruh nasabah aktifnya. Selain rasio solvabilitas, perusahaan asuransi juga harus memiliki ekuitas minimal Rp100 miliar dan Rp200 miliar untuk reasuransi, serta aset minimal Rp150 miliar.

Mengacu kepada laporan keuangan 2020 triwulan IV, BRI Insurance menunjukkan kinerja finansialnya. Berikut rinciannya:

  • Rasio solvabilitas: 340,45%
  • Jumlah ekuitas: Rp1.002 triliun
  • Jumlah aset: Rp2,879 triliun

Berdasarkan laporan keuangan di atas dapat disimpulkan bahwa BRI Insurance sanggup memenuhi segala kewajibannya dengan sangat baik. Ini terlihat dari rasio solvabilitas BRI Insurance yang mencapai 340,45 persen, yang mana itu sudah melebihi dari ketentuan OJK. Tidak hanya itu, kondisi finansial perusahaan juga sangat sehat karena memiliki jumlah ekuitas dan aset yang melampaui standar Otoritas Jasa Keuangan.

BRI Resmi Akuisisi Asuransi Umum BRINS

Desember 2019 – PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. (BRI) mengambil alih saham PT Asuransi Bringin Sejahtera Artamakmur (BRINS) senilai Rp1,04 triliun. Nilai tersebut setara dengan 90 persen dari perusahaan yang diambil alih pengendaliannya dari Yayasan Kesejahteraan Pekerja (YKP) BRI. Berdasarkan informasi yang dirilis perusahaan di Bursa Efek Indonesia (BEI), kedua perusahaan telah menandatangani perjanjian jual beli saham pada 26 Desember 2019. Jumlah saham yang diambil alih sebanyak 28.935 lembar dengan nilai nominal Rp10 juta per saham.

Asuransi BRINS Berikan Klaim Rp1,7 Miliar

September 2019 – Pengusaha peternakan ayam, Mohammad Mansyur warga Desa Jogoloyo, Kecamatan Wonosalam, memperoleh klaim asuransi kebakaran sebesar Rp1,7 miliar. Klaim tersebut diberikan langsung oleh pemimpin BRINS Cabang Semarang Muhammad Khufron kepada Mohammad Mansyur di kantor BRI Cabang Demak.

Asuransi BRINS Meresmikan Kantor Cabang Terbaru

November 2018 – Asuransi BRI Insurance telah meresmikan kantor cabang Makassar di Poros Jl. Andi Pangerang (AP) Pettatani. Peresmian tersebut dilakukan langsung oleh Direktur PT. Asuransi Bringin Sejahtera Artamakmur, Achmad Chumaidi. Hingga saat ini total terdapat 23 kantor cabang BRINS.

 

Pertanyaan Seputar Asuransi BRINS

Berikut daftar pertanyaan yang paling sering diajukan calon nasabah maupun nasabah terkait Asuransi BRINS.

 

BRINS General Insurance atau BRI Insurance merupakan asuransi umum yang dihadirkan oleh perusahaan bank milik negara, yaitu PT Bank Rakyat Indonesia. 

Produk yang dihadirkan BRINS General Insurance terfokus pada asuransi umum (kerugian). Berikut daftar produknya:

  • Asuransi properti 
  • Asuransi kendaraan
  • Asuransi syariah
  • Asuransi kebakaran
  • Asuransi kecelakaan diri
  • Asuransi pengangkutan
  • Asuransi kapal laut 
  • Asuransi uang 
  • Asuransi perjalanan
  • Asuransi golf 
  • Asuransi konstruksi 
  • Asuransi pesawat
  • Asuransi satelit 
  • Asuransi kesehatan 
  • Asuransi minyak dan gas

Untuk ulasan masing-masing produk, silakan lihat pada tab Produk. 

Untuk mengetahui besaran premi asuransi mobil BRINSS, nasabah bisa mengakses situs resmi perusahaan atau menghubungi agen maupun broker asuransi terkait. 

Tapi biasanya, besaran premi produk asuransi mobil dari BRINS berbeda-beda. Ini didasarkan oleh berbagai faktor berikut:

  • Kota atau wilayah domisili kendaraan
  • Nilai kendaraan
  • Tipe atau jenis kendaraan
  • Tipe proteksi atau jenis asuransi yang dipilih
  • Usia kendaraan
  • Jenis penggunaan
  • Perluasan jaminan yang dipilih

Selain faktor-faktor di atas, harga premi asuransi mobil BRINS juga dipengaruhi aturan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 6/SEOJK.05/2017 tentang Penetapan Premi atau Kontribusi pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor pada tahun 2017.

Pembayaran premi BRI Insurance akan bergantung pada ketentuan yang tertera dalam polis asuransi. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut terkait cara pembayarannya, sila menghubungi call center BRI Insurance, agen, maupun broker asuransi terkait.

Terdapat tiga metode klaim yang disediakan oleh BRI Insurance, yaitu ganti rugi, cashless dan reimbursement. Untuk mengetahui ketiga metode klaim tersebut sekaligus prosedur mengajukannya, sila cek tab Klaim!

Pada awal 2020 lalu, BRINS General Insurance mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB). Dalam rapat tersebut, disepakati adanya perubahan susunan pengurus di tubuh perusahaan tersebut. Adapun susunan pengurus setelah RUPSLB itu adalah:

  • Direktur Utama: Fankar Umran
  • Direktur Operasional: Sony Harsono Widyo S
  • Direktur Bisnis: Rahmat Budi Legowo
  • Direktur Teknik: Ade Zulfikar
  • Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko: Heri Supriyadi

Terdapat perbedaan antara agen dan broker asuransi. Agen asuransi biasanya adalah orang pribadi atau perusahaan yang bekerja mewakili perusahaan asuransi. Sementara itu, broker adalah pihak independen yang menjadi perantara antara perusahaan asuransi dengan calon nasabah.

Pada situs resmi perusahaan, tidak tertera sistem keagenan yang dimiliki BRINS. Kendati demikian, perusahaan memiliki berbagai mitra usaha dari perusahaan reasuransi terkemuka, seperti:

  • Nasional Re
  • ReINDO
  • Tugu Re
  • Marein

Selain perusahaan reasuransi, BRINS juga menjalin kemitraan dengan dua perusahaan broker asuransi, seperti:

  • Bringin Sejahtera Makmur (BSM)
  • PT KBRU Insurance Brokers (KBRU)

Untuk mendapatkan informasi lengkap terkait sistem keagenannya, calon nasabah dapat menghubungi call center BRINS.

BRI Insurance telah menjalin kerja sama dengan ratusan bengkel rekanan di seluruh Indonesia. Guna mengetahui daftar lengkap bengkel rekanannya, cek tab Rekanan.

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • https://www.brins.co.id/
  • https://makassar.tribunnews.com/2018/11/26/kantor-baru-brins-makassar-diresmikan-ini-lokasinya
  • https://www.suaramerdeka.com/news/baca/197295/pengusaha-ayam-demak-peroleh-klaim-asuransi-rp-17-miliar
  • https://www.cnbcindonesia.com/market/20190927191304-17-102812/bri-resmi-akuisisi-asuransi-umum-brins
Penulis Ruri Sari Mantan peracik tulisan di media sosial yang mencoba berbagi informasi seputar mengelola keuangan pribadi dan sharing trik-trik jitu yang bisa kita semua nikmati. Lihat profile penulis
Chat Bantuan Chat Bantuan