Asuransi BRINS
BRINS General Insurance (BRI Insurance) berfokus pada asuransi umum (kerugian). Polis yang dihadirkan pun sangat lengkap dan unggul, terlebih untuk polis asuransi mobilnya yang memberikan manfaat lengkap dengan premi bersahabat.
Saat ini, Lifepal telah bekerjasama dengan Asuransi Brins melalui polis Comprehensive yang menanggung segala jenis kerusakan pada mobil dan terdapat garansi perbaikan bengkel dengan premi mulai Rp1,9 juta per tahun. Cek sekarang!
*syarat dan ketentuan berlaku
Pilihan Polis BRI Insurance Terbaik
Bila dibandingkan asuransi umum lainnya, BRINS menghadirkan polis yang lebih lengkap dan unggul. Sebagai perbandingan, berikut daftar polis serta manfaatnya yang bisa Anda pertimbangkan.
Pengalaman Beli Asuransi Mobil di Lifepal
Rangkuman Produk dan Manfaat BRI Asuransi (BRINS)
Produk | Manfaat Ditawarkan |
Asuransi Kendaraan | Ganti rugi terhadap risiko kerusakan hingga kehilangan pada mobil atau motor |
Asuransi Kesehatan | Pertanggungan biaya medis baik akibat sakit maupun kecelakaan |
Asuransi Properti | Ganti rugi terhadap risiko kerugian properti |
Asuransi Syariah | Ganti rugi terhadap kerugian berbasis syariah |
Asuransi Kebakaran | Ganti rugi terhadap kerusakan aset karena kebakaran |
Asuransi Kecelakaan Diri | Ganti rugi terhadap kerugian akibat kecelakaan |
Asuransi Pengangkutan | Ganti rugi terhadap risiko selama pengangkutan |
Asuransi Kapal Laut | Ganti rugi terhadap kerusakan kapal laut |
Asuransi Uang | Ganti rugi terhadap kehilangan uang |
Asuransi Perjalanan | Ganti rugi terhadap risiko dalam perjalanan |
Asuransi Konstruksi | Ganti rugi terhadap kerugian pada proyek konstruksi |
Asuransi Satelit | Ganti rugi terhadap kerusakan satelit |
Asuransi Minyak dan Gas | Ganti rugi terhadap kerugian pada industri minyak dan gas |
Tentang PT. Asuransi Bringin Sejahtera Artamakmur (BRINS)
PT Asuransi Bringin Sejahtera Artamakmur (BRINS) atau BRI Insurance atau dikenal juga BRI Asuransi adalah perusahaan asuransi umum yang telah mengantongi izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan berdasarkan surat keputusan nomor KEP-128/KM.13/1989 tertanggal 26 Agustus 1989.
Proteksi asuransi dari BRI Insurance terbilang cukup lengkap, yaitu mencakup asuransi properti, asuransi kendaraan, asuransi kebakaran, asuransi kecelakaan diri, asuransi pengangkutan, asuransi kapal laut, asuransi uang, asuransi perjalanan, asuransi konstruksi, asuransi satelit, asuransi kesehatan, dan asuransi minyak & gas.
Jika dilihat dari sejarahnya, mulanya BRI Insurance didirikan oleh Yayasan Kesejahteraan Pekerja Bank Rakyat Indonesia (YKPBRI) pada 17 April 1989 dengan nama PT Asuransi Bringin Sejahtera Artamakmur. Kemudian pada Desember 2019, PT Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk, mengakuisisi 90 persen saham kepemilikan YKBRI dengan nilai Rp1,40 triliun. Lebih tepatnya, jumlah saham yang diambil alih sebanyak 28.935 lembar dengan nilai nominal Rp10 juta per saham.
Layanan Nasabah dan Call Center BRINS General Insurance
Untuk mendapatkan informasi lebih detail seputar asuransi mobil BRINS, Anda dapat menghubungi call center perusahaan. Atau, mendatangi langsung kantor pusat/cabang terdekat. Berikut informasi selengkapnya.
Kantor Pusat BRINS General Insurance Jalan Mampang Prapatan Raya No. 18, Jakarta Selatan, 12790 Email: info@brins.co.id Contact Center: 1500699 beroperasi Senin-Jumat pukul: 7.30-16.30 WIB Telp: (021) 791 70477/78 Fax: (021) 791 97432 Email: info@brins.co.id Website: www.brins.co.id Social Media BRI Asuransi Indonesia Facebook: facebook.com/brinsgeneralinsurance Twitter: twitter.com/brins_insurance Instagram: instagram.com/brins.generalinsurance |
Harga Premi Asuransi BRINS
Besaran premi Asuransi BRINS akan menyesuaikan dengan jenis polis yang Anda ambil, profil nasabah, dan sebagainya. Untuk asuransi mobil, harga premi akan menyesuaikan dengan Surat Edaran OJK Nomor 6/SEOJK.05/2017. Jika Anda ingin mengatahui besaran harga premi sesuai dengan kendaraan yang Anda miliki, yuk isi formulir di bawah ini.
Cara Klaim Asuransi BRINS
Klaim BRI Insurance bisa dilakukan dengan tiga cara, yaitu ganti rugi, cashless, dan reimbursement. Berikut penjelasan singkat dari ketiganya dan prosedur mengajukannya:
Prosedur Klaim Asuransi Mobil BRINS
Setelah mengalami kejadian yang membuat mobilnya terkena risiko yang dijamin oleh asuransi BRINS, Tertanggung perlu mengikuti langkah-langkah berikut untuk mengajukan klaim:
1. Pelaporan Klaim
Sebagai tertanggung, Anda harus segera melaporkan klaim entah melalui contact center di nomor 14081 atau dengan mengunjungi kantor cabang BRI Insurance terdekat. Langkah ini harus dilakukan dalam waktu maksimal 7 hari kalender setelah kejadian.
2. Penyerahan Dokumen Klaim
Setelah melaporkan klaim, Anda akan diminta untuk menyerahkan semua dokumen yang diperlukan. Dokumen-dokumen ini harus diserahkan kepada perusahaan asuransi dalam waktu maksimal 30 hari kerja setelah kejadian.
3. Verifikasi dan Penilaian Klaim
BRI Insurance akan menerima dokumen klaim yang diserahkan oleh Tertanggung. Perusahaan akan melakukan verifikasi terhadap klaim dan menilai kerugian yang diakibatkan oleh kejadian tersebut. Proses ini akan berlangsung selama maksimal 14 hari kerja.
4. Persetujuan Nilai Ganti Rugi
Setelah proses verifikasi dan penilaian selesai, BRI Insurance akan memberikan informasi tentang nilai ganti rugi kepada Tertanggung. Jika Tertanggung setuju dengan nilai yang ditawarkan, proses pembayaran klaim akan dilanjutkan.
5. Pembayaran Klaim
Pembayaran klaim akan dilakukan dalam waktu maksimal 30 hari kalender setelah Tertanggung menyetujui nilai ganti rugi. Dana klaim akan ditransfer langsung ke rekening Tertanggung atau ahli waris yang ditentukan.
Dengan mengikuti prosedur ini, diharapkan klaim asuransi mobil BRINS dapat diproses dengan tepat waktu dan memberikan manfaat yang diharapkan bagi Tertanggung.
Bengkel Rekanan BRINS
Asuransi BRINS memiliki bengkel rekanan yang tersebar di beberapa kota di Indonesia. Berikut daftar bengkel rekanannya:
Pertanyaan Seputar Asuransi BRINS
Berikut daftar pertanyaan yang paling sering diajukan terkait Asuransi BRINS.
BRINS General Insurance atau BRI Insurance merupakan asuransi umum yang dihadirkan oleh perusahaan bank milik negara, yaitu PT Bank Rakyat Indonesia.
Produk yang dihadirkan BRINS General Insurance terfokus pada asuransi umum (kerugian). Berikut daftar produknya:
- Asuransi properti
- Asuransi kendaraan
- Asuransi syariah
- Asuransi kebakaran
- Asuransi kecelakaan diri
- Asuransi pengangkutan
- Asuransi kapal laut
- Asuransi uang
- Asuransi perjalanan
- Asuransi golf
- Asuransi konstruksi
- Asuransi pesawat
- Asuransi satelit
- Asuransi kesehatan
- Asuransi minyak dan gas
Untuk ulasan masing-masing produk, silakan lihat pada tab Produk.
Untuk mengetahui besaran premi asuransi mobil BRINSS, nasabah bisa mengakses situs resmi perusahaan atau menghubungi agen maupun broker asuransi terkait.
Tapi biasanya, besaran premi produk asuransi mobil dari BRINS berbeda-beda. Ini didasarkan oleh berbagai faktor berikut:
- Kota atau wilayah domisili kendaraan
- Nilai kendaraan
- Tipe atau jenis kendaraan
- Tipe proteksi atau jenis asuransi yang dipilih
- Usia kendaraan
- Jenis penggunaan
- Perluasan jaminan yang dipilih
Selain faktor-faktor di atas, harga premi asuransi mobil BRINS juga dipengaruhi aturan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 6/SEOJK.05/2017 tentang Penetapan Premi atau Kontribusi pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor pada tahun 2017.
Pembayaran premi BRI Insurance (BRINS) akan bergantung pada ketentuan yang tertera dalam polis asuransi. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut terkait cara pembayarannya, sila menghubungi call center BRI Insurance (BRINS), agen, maupun broker asuransi terkait.
Untuk ganti
Pada awal 2020 lalu, BRINS General Insurance mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB). Dalam rapat tersebut, disepakati adanya perubahan susunan pengurus di tubuh perusahaan tersebut. Adapun susunan pengurus setelah RUPSLB itu adalah:
- Direktur Utama: Fankar Umran
- Direktur Operasional: Sony Harsono Widyo S
- Direktur Bisnis: Rahmat Budi Legowo
- Direktur Teknik: Ade Zulfikar
- Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko: Heri Supriyadi
Terdapat perbedaan antara agen dan broker asuransi. Agen asuransi biasanya adalah orang pribadi atau perusahaan yang bekerja mewakili perusahaan asuransi. Sementara itu, broker adalah pihak independen yang menjadi perantara antara perusahaan asuransi dengan calon nasabah.
Pada situs resmi perusahaan, tidak tertera sistem keagenan yang dimiliki BRINS. Kendati demikian, perusahaan memiliki berbagai mitra usaha dari perusahaan reasuransi terkemuka, seperti:
- Nasional Re
- ReINDO
- Tugu Re
- Marein
Selain perusahaan reasuransi, BRINS juga menjalin kemitraan dengan dua perusahaan broker asuransi, seperti:
- Bringin Sejahtera Makmur (BSM)
- PT KBRU Insurance Brokers (KBRU)
Untuk mendapatkan informasi lengkap terkait sistem keagenannya, calon nasabah dapat menghubungi call center BRINS.
BRI Insurance telah menjalin kerja sama dengan ratusan bengkel rekanan di seluruh Indonesia. Guna mengetahui daftar lengkap bengkel rekanannya, Anda bisa cek di tab Rekanan di atas atau artikel Lifepal mengenai Daftar Rekanan BRINS terbaru.
Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.
Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:
- https://www.brins.co.id/