Asuransi Cakrawala Proteksi

3.5 / 5.0 (5.860 Ulasan)
Diskon Terbaik
500+ Pilihan
Bantuan Klaim
+62
64 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
64 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
64 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
64 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
64 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
1970/01/01 00:00:00Cicilan 0%Hemat 25%
 

Tentang Asuransi Cakrawala Proteksi

Asuransi Cakrawala Proteksi Indonesia merupakan perusahaan asuransi umum yang didirikan pada Desember 2012. Produk yang dihadirkan mencakup asuransi kebakaran, asuransi kendaraan bermotor, asuransi kecelakaan diri, dan pilihan asuransi kerugian lainnya. 

PT Asuransi Cakrawala Proteksi Indonesia memiliki keunggulan pada layanan berbasis digital yang memungkinan nasabah mengajukan klaim secara online. Selain itu, asuransi ini sangat cocok khususnya untuk nasabah yang memiliki usaha. Sebab produk asuransi properti yang ditawarkan tidak hanya menanggung kerugian bangunan saja, melainkan juga harta benda di dalamnya. 

Ringkasan

  • Memiliki polis Asuransi Mikro untuk usaha kecil dengan manfaat santunan sewa rumah jika terjadi risiko kerugian pada properti nasabah. 
  • Polis Asuransi Kendaraan Bermotor Comprehensive menanggung segala jenis kerugian + biaya derek + kecelakaan diri untuk pengemudi dan penumpang
  • Memiliki layanan hotline 24 jam sehingga mempermudah nasabah dalam mendapatkan informasi dan mengajukan klaim.
  • Terdapat layanan nasabah berbasis aplikasi, yaitu  Asuransi Cakrawala Proteksi untuk memenuhi kebutuhan klaim nasabah secara online
 
 

Daftar Polis Asuransi Cakrawala Proteksi

Berbagai produk Asuransi Cakrawala Proteksi memiliki polis yang cukup lengkap bagi kebutuhan nasabah. Berikut ini polis Asuransi Cakrawala Proteksi berdasarkan kategori produk yang tersedia.

Asuransi Kendaraan Bermotor
Asuransi Kendaraan Bermotor Comprehensive (All Risk)

Polis asuransi mobil Cakrawala yang memberikan jaminan ganti rugi menyeluruh atas kerusakan yang dialami kendaraan yang dijaminkan termasuk mobil, motor, truk, bus, dan kendaraan lainnya.

  • Kecelakaan yang menyebabkan kendaraan tabrakan, terbalik, atau tergelincir.
  • Kebakaran.
  • Perbuatan jahat orang lain.
  • Biaya Derek.
  • Pencurian.
  • Tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga (TPL).
  • Kerusuhan, pemogokan, dan huru-hara.
  • Kecelakaan diri untuk pengemudi dan penumpang.
Asuransi Kendaraan Bermotor
Asuransi Kendaraan Bermotor Total Loss Only (TLO)

Polis asuransi kendaraan bermotor yang memberikan jaminan ganti rugi atas kerusakan kendaraan minimal 75 persen atau hilang.

  • Menjamin kerugian atau kerusakan dengan nilai kerugian minimal 75% dari harga✓ kendaraan.
  • Memberikan jaminan atas kehilangan kendaraan.
Asuransi Kebakaran/Properti
Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia

Menjamin kerugian pada bangunan dan harta benda dari risiko kebakaran sesuai PSAKI. Risiko yang dijaminkan adalah kebakaran (fire), petir (lightning), ledakan (explosion), kejatuhan pesawat (aircraft impact), asap (smoke).
Asuransi Kebakaran/Properti
Industrial All Risk (IAR)

Polis asuransi khusus bangunan komersial seperti ruko dan gudang dari segala risiko. Jaminan ganti rugi semua risiko bangunan dan harta benda.
Asuransi Kebakaran/Properti
Property All Risk (PAR)

Polis asuransi khusus bangunan pribadi dan aset yang dijaminkan dari segala risiko. Jaminan ganti rugi semua risiko bangunan dan harta benda nasabah pribadi.
Asuransi Kebakaran/Properti
Gempa Bumi (EQVET)

Polis yang menjamin ganti rugi atas bangunan dan harta benda karena gempa bumi (earthquake), letusan gunung berapi (volcanic eruption), dan tsunami.

  • Hanya jaminan atas kerugian akibat bencana alam yang dijaminkan dalam polis.
Asuransi Kebakaran/Properti
Gangguan Usaha (Business Interruption)

Polis asuransi yang memberikan jaminan atas kehilangan keuntungan (gangguan usaha). Ganti rugi atas gangguan usaha akibat kerusakan harta benda dengan jaminan sesuai PSAKI, PAR, IAR, dan EQVET.
Asuransi Kebakaran/Properti
Asuransi Mikro (Rumahku)

Polis asuransi yang memberi santunan atas risiko kebakaran dan santunan untuk menyewa rumah bagi peserta asuransi atau ahli warisnya.

  • Jaminan diberikan jika rumah peserta mengalami kerusakan akibat kebakaran, ledakan, sambaran petir atau kejatuhan pesawat terbang; dan santunan duka kepada ahli waris bila peserta meninggal dalam peristiwa kebakaran tersebut.
Asuransi Kebakaran/Properti
Asuransi Mikro Stop Usaha–Gempa Tsunami

Polis ini menjamin kerugian usaha nasabah dari berbagai risiko yang dijaminkan dalam polis. Ganti rugi untuk memulai usaha baru akibat kerusakan tempat usaha yang disebabkan kebakaran, ledakan, kejatuhan pesawat, asap, kerusuhan, tertabrak kendaraan, gempa bumi atau tsunami.
Asuransi Kebakaran/Properti
Asuransi Mikro Stop Usaha–Erupsi

Polis asuransi yang memberikan santunan kepada peserta untuk memulai usaha kembali. Ganti rugi akibat langsung atau tidak langsung risiko kebakaran, ledakan, kejatuhan pesawat, asap, kerusuhan, tertabrak kendaraan, letusan gunung berapi (erupsi).
Asuransi Pengangkutan
Asuransi Pengangkutan

Polis asuransi pengangkutan memberikan perlindungan atas aset yang tengah dikirim dari risiko rusak, hancur, terendam air, dan lain-lain.

  • Ganti rugi dari risiko pengangkutan darat yang disebabkan alat angkut tabrakan, tergelincir, atau keluar dari rel, kebakaran, dan ledakan.
  • Ganti rugi dari risiko yang disebabkan bahaya laut seperti ombak besar, angin topan, barang tersapu ombak, hingga masuknya air laut ke palka.
  • Risiko di atas laut lainnya seperti tabrakan kapal, kebakaran di kapal, hingga kerugian umum lain yang ditanggung bersama (general average).
  • Ganti rugi atas risiko pencurian, pembongkaran, barang tidak terkirim, pecah/rusak, dan pembuangan barang ke laut demi keselamatan.
  • Risiko gempa bumi, letusan gunung berapi, dan petir.
  • Jaminan tambahan berupa jaminan pengiriman dari gudang ke gudang serta jaminan bongkar muat.
Asuransi Alat Berat
Asuransi Alat Berat

Polis asuransi ini memberikan pertanggungan pada alat atau mesin berat seperti excavator, wheel loader, truk pengadaan lahan, crane, dan lain-lain.

  • Peristiwa kebakaran, tabrakan, terbalik, dan tergelincir.
  • Kesalahan dan kelalaian dalam pengoperasian.
  • Kebakaran, petir, dan peledakan.
  • Jaminan tambahan yaitu bencana alam, kecurian dan perampokan, hingga kerusuhan.
Asuransi Rekayasa
Asuransi Rekayasa

Polis yang memberikan pertanggungan dari berbagai risiko pada pengerjaan proyek pembangunan dan sejenisnya.

  • Peristiwa kebakaran, petir, ledakan, kejatuhan pesawat, dan asap.
  • Kerusuhan, pemogokan, perbuatan jahat, dan huru-hara.
  • Angin topan, badai, banjir, dan kerusakan akibat air.
  • Gempa bumi dan tanah longsor.
  • Kesalahan atau kelalaian pekerja.
  • Perampokan dan pencurian dengan kekerasan.
  • Tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga.
Asuransi Uang
Asuransi Uang

Polis asuransi ini memberikan pertanggungan atas risiko kehilangan uang kartal ataupun giral yang disimpan di bank atau brankas.

  • Uang dalam lemari besi atau brankas.
  • Uang dalam pengiriman/perjalanan.
  • Risiko kehilangan/kerusakan uang dalam brankas yang dilakukan secara paksa atau pencurian.
  • Kerugian/kehilangan uang yang terjadi selama dalam pengiriman dari tempat tertanggung ke tempat lain yang disebutkan dalam polis.
  • Kehilangan uang akibat pencurian.
Asuransi Kecelakaan Diri
Asuransi Kecelakaan Diri

Polis asuransi ini memberikan pertanggungan berupa santunan kepada tertanggung atau ahli warisnya jika tertanggung meninggal dunia atau cacat total tetap akibat kecelakaan.

  • Meninggal Dunia
  • Cacat tetap
  • Mengeluarkan biaya pengobatan
Asuransi Tanggung Gugat Pihak Ketiga
Asuransi Tanggung Gugat Pihak Ketiga

Polis asuransi ini secara general memberikan pertanggungan berupa jaminan ganti rugi finansial terkait tuntutan hukum pihak ketiga (TPL). Dalam pertanggungan ini, pihak ketiga yang dimaksud adalah orang lain yang tidak termasuk dalam kategori pihak pertama (tertanggung/nasabah) atau pihak kedua (perusahaan asuransi).

  • Properti dalam penitipan.
  • Pesawat dan kapal.
  • Kendaraan bermotor.
  • Polusi.
  • Terorisme.
  • Denda dan sanksi.
  • Asbestos atau terpapar bahan kimia yang mengandung asbes.
 

Pilihan Produk Asuransi Cakrawala Proteksi

Asuransi Cakrawala Proteksi memiliki 8 kategori produk yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan nasabah individu maupun korporasi (komersial).

Asuransi Cakrawala Proteksi Online sangat cocok khususnya untuk nasabah yang membutuhkan asuransi kendaraan. Sebab, selain bisa menikmati layanan situs Cakrawala Proteksi Online, asuransi kendaraan Cakrawala Proteksi juga menanggung segala jenis kerusakan mulai dari comprehensive maupun total loss only. 

Berikut ini pilihan produk yang tersedia di PT Asuransi Cakrawala Proteksi. 

Produk  Manfaat Diberikan
Asuransi Kendaraan Pertanggungan all risk + TLO
Asuransi Kebakaran/Properti Manfaat ganti rugi jika terjadi risiko kebakaran pada properti
Asuransi Pengangkutan Proteksi barang/aset selama proses pengiriman baik melalui jalur darat, laut, dan udara. 
Asuransi Alat Berat Ganti rugi atas kerusakan alat berat pada proyek
Asuransi Rekayasa Ganti rugi atas pembangunan infrastruktur berupa pekerjaan teknik sipil maupun pemasangan mesin-mesin
Asuransi Uang  Ganti rugi atas kerugian/kehilangan uang dalam proses pengiriman atau penyimpanan di brankas
Asuransi Kecelakaan Diri Pertanggungan biaya pengobatan akibat kecelakaan
Asuransi Tanggung Gugat Hukum Pihak Ketiga Ganti rugi atas tuntutan hukum pihak ketiga yang dirugikan nasabah

Lanjutkan baca detail manfaat pertanggungan polis yang diberikan oleh masing-masing produk asuransi di atas.

 

Layanan Nasabah Asuransi Cakrawala 

Layanan nasabah atau call center asuransi Cakrawala Proteksi dapat dicapai dengan berbagai media. Adapun informasi lebih jelas mengenai produk, klaim asuransi Cakrawala Proteksi, dan sebagainya, silakan mengunjungi kantor pusat atau menghubungi call center perusahaan. 

PT Asuransi Cakrawala Proteksi Indonesia

Citra Towers North Tower 9th Floor

Jl. Benyamin Sueb kav. A6 

Jakarta Pusat 10610 – Indonesia

Telp: (021) 39716789

Faks: (021) 39736868

Email: [email protected]

www.cakrawalaproteksi.com

  • Asuransi Cakrawala Proteksi Online: Layanan aplikasi yang memberikan kemudahan bagi nasabah untuk melakukan klaim dan cek polis secara online.

  • Asuransi Cakrawala Proteksi Surabaya: Jalan Klampis Jaya Blok A-7. Telepon: (031) 5927301
  • Asuransi Cakrawala Proteksi Solo: Jalan Sam Ratulangi No.40. Telepon: (0271) 7882130
  • Asuransi Cakrawala Proteksi Yogyakarta: Jalan AM Sangaji No.81 Karangwaru. Telepon: ()274) 6415656
  • Asuransi Cakrawala Proteksi Bandung: Jalan Lengkong Kecil No.49B Bandung. Telepon: (022) 87804776
  • Asuransi Cakrawala Proteksi Palembang: Jalan Basuki Rahmat 1608. Telepon: (0711) 313941
  • Asuransi Cakrawala Proteksi Lampung: Jalan Pattimura No.3 Lampung. Telepon: (0721) 482235
  • Asuransi Cakrawala Proteksi Bali: Jalan Gatot Subroto 231 Denpasar. Telepon: (0361) 247272
  • Asuransi Cakrawala Proteksi Banjarmasin: Jalan A Yani KM 6 No.3B Banjarmasin Selatan. Telepon: (0511) 6742555
 

Bengkel Rekanan Asuransi Cakrawala Proteksi

Asuransi Cakrawala Proteksi memiliki rekanan bengkel yang tersebar luas di dalam negeri. Untuk mengetahui daftar lengkap bengkel rekanan, nasabah bisa mengunjungi situs resmi Asuransi Cakrawala Proteksi. 

  • Jakarta Barat: PT Metro Auto Kedoya, Jalan Arteri Kedoya Raya No.27 Kedoya. Telepon: (021) 5821826
  • Jakarta Pusat: PT Astra International Tbk-Daihatsu, Jalan Pangeran Jayakarta No.28. Telepon: (021) 6590606
  • Jakarta Timur: Tunas Toyota Radin Inten, Jalan Raya Radin Inten II No.62, Duren Sawit. Telepon: (021) 8604949
  • Jakarta Utara: Panca Motor 2, Jalan Swasembada Timur XI No.36 Tanjung Priok. Telp : (021) 4361501
  • Jakarta Selatan: Honda Fatmawati, Jalan RS Fatmawati 21, Kebayoran. Telepon: (021) 7508895
  • Bekasi: BJS Cars Total Care, Jalan Raya Kranggan No.24A Jati Ranggon. Telepon: (021) 84341794
  • Karawang: PT Fajar Kumala Motor (Honda), Jalan Arteri Interchange Tol Karawang Barat. Telepon: (0267) 8453388
  • Bandung: Virtue Autocare, Jalan Wastu Kencana No.39 Bandung.
  • Bandar Lampung: Bengkel AutoBlitz, Jalan Harapan Utama No.1. Telepon: (0761) 8417777
  • Palembang: Bengkel Mapan, Jalan Bambang Utoyo No.12. Telepon: 085368254700
  • Yogyakarta: Atlanta, Jalan Kebon Agung No.8 Sleman. Telepon: (0274) 4530453
  • Surabaya: Masangung, Jalan Kedungsari No.37 Surabaya. Telepon: (031) 5341574
  • Denpasar: Primada Di Motor, Jalan By Pass Ngurah Rai No.35/527 Pesanggrahan. Telepon: (0361) 720210/721297
  • Samarinda: CV Anto Jaya Mandiri, Jalan KH Harun Nafsi No.85 Samarinda. Telepon: (0541) 7269427
  • Balikpapan: Bengkel Perdana Motor, Jalan Letjen S Parman No.3. Telepon: (0542) 734403, 440822
  • Banjarmasin: Bengkel Pelita Motor, Jalan KS Tubun No.108 Banjarmasin. Telepon: 081359368102
 

Berita Cakrawala Proteksi Indonesia

Pada ulang tahun perusahaan yang kelima, tepatnya 12 Desember 2017, Asuransi Cakrawala Proteksi meluncurkan Hotline Claim yang mempermudah nasabah melakukan klaim, termasuk situs Cakrawala Proteksi Online. 

Hal ini tentu menjadi pertimbangan bagus bagi nasabah yang mementingkan kemudahan mengakses informasi asuransi secara digital. Namun, hingga saat ini aplikasi Cakrawala Proteksi Online hanya menyediakan asuransi kendaraan bermotor khusus mobil untuk penjualan.

PT Asuransi Cakrawala Proteksi Indonesia terdaftar sebagai anggota Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI). Selain itu, perusahaan juga terdaftar dan memiliki izin usaha dari OJK dengan nomor KEP-19/D.05/2014 tanggal 6 Maret 2014.

Asuransi Cakrawala Proteksi telah meraih berbagai penghargaan dari dalam negeri yang menunjukkan kinerja perusahaan dalam mengelola keuangan dan memberikan pelayanan kepada nasabah. Berikut ini beberapa penghargaan yang diperoleh Asuransi Cakrawala Proteksi.

Penghargaan terbaru yang diterima Asuransi Cakrawala Proteksi adalah Peringkat III Asuransi Umum Terbaik kategori Aset Rp1-5 Triliun dari Majalah Investor Awards 2019.

Rasio solvabilitas perusahaan asuransi di Indonesia wajib memenuhi standardisasi keuangan yang telah ditentukan di dalam Peraturan Jasa Otoritas Keuangan (Nomor 71 dan 72 /POJK.05/2016). Ketentuan mengenai rasio solvabilitas adalah minimal 120 persen, ekuitas minimal Rp100 miliar untuk perusahaan asuransi dan minimal Rp200 miliar untuk reasuransi, dan perusahaan asuransi dikategorikan baik apabila minimal asetnya minimal Rp150 miliar.

Rasio solvabilitas adalah kemampuan perusahaan asuransi bersangkutan dalam memenuhi kewajiban terhadap nasabahnya. Kewajiban ini dapat diartikan sebagai kesanggupan memenuhi pertanggungan klaim asuransi yang diajukan oleh seluruh nasabah aktifnya.

Mengacu kepada laporan keuangan 2018, PT Asuransi Cakrawala Proteksi Indonesia membuktikan performa kinerja finansialnya sebagai berikut.

  • Rasio solvabilitas: 135,9 persen
  • Jumlah ekuitas: Rp226,807 miliar
  • Jumlah aset: Rp1,105 triliun

Dari data keuangan tersebut dapat disimpulkan bahwa dari segala aspek yang dijadikan indikator penentu kualitas keuangan perusahaan, PT Asuransi Cakrawala Proteksi Indonesia termasuk perusahaan dengan kondisi finansial yang layak dijadikan pilihan prioritas bagi calon nasabah. Kondisi finansial yang kuat akan memberikan jaminan kepada kualitas produk dan pemenuhan kebutuhan klaim para nasabahnya hingga tuntas.

Asuransi Cakrawala Resmikan Kantor Pusat Baru

Januari 2020 - PT Asuransi Cakrawala Proteksi Indonesia (ACPI) resmi menempati kantor pusat yang baru yang berlokasi di Citra Towers - North Tower Lt. 9, Jalan Benyamin Sueb Kav. 6, Kemayoran - Jakarta Pusat pada 23 Januari 2020.

Direktur Utama PT Asuransi Cakrawala Proteksi Indonesia, Sujaya Dinata Pangestu mengatakan, pemindahan kantor pusat ini dilakukan guna mendukung penguatan operasional perusahaan yang terus meningkat sejalan dengan pertumbuhan bisnis yang diraih perusahaan.

Target Asuransi Cakrawala Proteksi: Premi Bruto Naik 15% di 2019

Februari 2019 - Asuransi Cakrawala Proteksi targetkan premi bruto naik menjadi Rp1,4 triliun di tahun 2019. Jika dibandingkan dengan premi bruto perusahaan di tahun 2018 adalah Rp1,21 triliun dan 207 sebesar Rp1,01 triliun. Dilansir dari Kontan, menurut Nicolaus Prawiro selaku Direktur Utama Cakrawala Proteksi, target ini dapat dicapai sebab berdasarkan proyeksi penjualan mobil dan pertumbuhan ekonomi di tahun 2019 akan lebih stabil.

 

Pertanyaan Seputar Asuransi Cakrawala Indonesia

Berikut beberapa tips dan pertanyaan yang sering diajukan oleh calon nasabah ataupun nasabah terkait PT Asuransi Cakrawala Proteksi Indonesia, baik informasi premi, profil perusahaan, dan lain sebagainya.

Apa Itu Asuransi Cakrawala Proteksi?

Asuransi Cakrawala Proteksi adalah perusahaan asuransi umum (kerugian) yang didirikan pada 2012. Perusahaan menawarkan 8 kategori produk asuransi meliputi asuransi kendaraan bermotor, asuransi properti, hingga asuransi mikro (properti).

Selain dukungan modal dari PT Scorpio Capital dan PT Cakrawala Usaha Bersama, Cakrawala Proteksi juga didukung perusahaan reasuransi nasional yaitu:

Apa Itu Cakrawala Proteksi Online?

Cakrawala Proteksi Online adalah situs resmi dari PT Asuransi Cakrawala Proteksi Indonesia (www.cakrawalaproteksi.com) yang memberikan kemudahan bagi nasabah ACP terutama fasilitas klaim baik laporan atau cek status dan fasilitas cek polis secara online.

Fasilitas produk asuransi yang tersedia di Cakrawala Proteksi Online saat ini hanya untuk Asuransi kendaraan bermotor. Cakrawala Proteksi Online hadir langsung ke nasabah sebagai wujud komitmen perusahaan untuk memberikan layanan yang memuaskan dalam hal berasuransi bagi setiap nasabah.

Premi Asuransi Cakrawala

Cari tahu premi Asuransi Cakrawala Proteksi dengan cara mengakses laman produk di situs resmi perusahaan, menghubungi agen, maupun broker asuransi terkait.

Pada umumnya, premi asuransi dipengaruhi oleh berbagai faktor berikut.

  • Jenis asuransi yang diambil oleh pemegang polis.
  • Profil tertanggung: usia, pekerjaan, jenis kelamin, riwayat penyakit, dan lain-lain.
  • Jenis dan nilai aset atau harta benda yang diasuransikan.
  • Cakupan pertanggungan, mulai dari pertanggungan utama hingga rider (pertanggungan tambahan).

Cek Premi Asuransi Mobil

Perhitungan premi asuransi kendaraan mengacu pada dua faktor yaitu harga kendaraan dan perluasan jaminan yang diinginkan. Selain itu, harga atau persentase premi asuransi kendaraan tergantung pada jenis asuransi yang ingin dibeli dan wilayah.

Kategori wilayah didasarkan pada Wilayah I, Wilayah II, dan Wilayah III. Berikut penjelasan mengenai wilayah pertanggungan asuransi kendaraan:

  • Wilayah I meliputi Sumatera dan kepulauan di sekitarnya.
  • Wilayah II meliputi Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.
  • Wilayah III meliputi Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Papua, dan Nusa Tenggara.

Berikut ini persentase premi asuransi mobil berdasarkan harga dan wilayah tempat nasabah tinggal.

  1. Asuransi comprehensive (all risk):
  • Harga maksimal Rp125 juta: 2,83 persen hingga 4,20 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp125-200 juta: 2,07 persen hingga 2,94 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp200-400 juta: 1,40 persen hingga 1,88 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp400-800 juta: 1,20 persen hingga 1,32 persen tergantung wilayah.
  • Harga lebih dari Rp800 juta: 1,05 persen hingga 1,16 persen tergantung wilayah.
  1. Asuransi total loss only (TLO)
  • Harga maksimal Rp125 juta: 0,36 persen hingga 0,78 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp125-200 juta: 0,31 persen hingga 0,53 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp200-400 juta: 0,29 persen hingga 0,35 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp400-800 juta: 0,25 persen hingga 0,30 persen tergantung wilayah.
  • Harga lebih dari Rp800 juta: 0,20 persen hingga 0,24 persen tergantung wilayah.

Metode Penggantian Asuransi Cakrawala Proteksi

Metode penggantian biaya asuransi adalah cara perusahaan asuransi memberikan manfaat pertanggungan, yaitu dalam bentuk santunan maupun biaya perawatan. Penggantian biaya asuransi akan dilakukan berdasarkan produk asuransi serta plan yang dipilih oleh pemegang polis.

Terdapat beberapa metode penggantian biaya Asuransi Cakrawala Proteksi. Metode ini tergantung pada produk atau polis yang Anda beli. Berikut penjelasan singkat dari beberapa metode penggantian biaya asuransi yang tersedia di Asuransi Cakrawala Proteksi.

  • Cashless. Pengertian sederhana dari metode penggantian biaya asuransi ini adalah nasabah/tertanggung tidak perlu mengeluarkan uang terlebih dahulu untuk melakukan klaim. Metode ini digunakan pada asuransi kendaraan bermotor.
  • Santunan tunai. Metode penggantian ini adalah cara ganti rugi yang diberikan asuransi kepada tertanggung atau pihak ketiga atas risiko yang tercantum dalam polis. Santunan tunai diberikan kepada tertanggung asuransi kecelakaan diri, pihak ketiga, hingga produk atau polis lain yang tersedia di Asuransi Cakrawala Proteksi.

Membeli Asuransi Cakrawala Proteksi Online

Membeli Asuransi Cakrawala Proteksi secara online akan lebih praktis. Anda tidak perlu mendatangi kantor pusat ataupun cabang Cakrawala Proteksi terdekat sekalipun. Untuk membeli secara online, Anda hanya perlu mengunjungi situs resmi Asuransi Cakrawala Proteksi pada laman www.cakrawalaproteksi.com.

Di laman tersebut sudah tersedia fitur Whatsapp dan chat online dengan asisten virtual, Hummi. Anda hanya perlu chat dengan memilih salah satu fitur, kemudian akan dilanjutkan tahap mengisi data pribadi dan lain-lain hingga membayar polis.

Anda juga bisa membeli dengan cara mengklik Buy Now dan memilih asuransi yang sesuai kebutuhan. Atau hubungi nomor telepon (021) 30051888. Setelah itu, isi formulir Surat Permohonan Pengajuan Asuransi (SPPA).

Atau, jika ingin lebih berimbang, Anda dapat membandingkan produk dan polis asuransi terbaik melalui situs agregator seperti Lifepal. Melalui marketplace asuransi online Lifepal.co.id, Anda tidak hanya membandingkan produk dari satu perusahaan asuransi, melainkan produk dari berbagai perusahaan asuransi yang ada di Indonesia. Dengan begitu, Anda mendapatkan proteksi terbaik dan harga paling ringan.

Pembayaran Premi Asuransi Cakrawala

Cara membayarkan premi Asuransi Cakrawala Proteksi tergantung pada jenis produk asuransi yang dibeli. Salah satu pilihan untuk membayar polis Asuransi Cakrawala Proteksi adalah lewat payment gateway yaitu DOKU Merchant yang telah bekerja sama dengan perusahaan. DOKU menjadi alat pembayaran online premi pada Asuransi Cakrawala Proteksi.

Selain itu, nasabah bisa memilih beberapa metode pembayaran berikut ini.

  • Autodebet kartu kredit VISA dan MasterCard.
  • Transfer ATM (Virtual Account).
  • Pembayaran di gerai Alfamart dan Indomaret.
  • ACP Online Payment yang diakses melalui situs resmi perusahaan.
  • Setoran tunai melalui teller bank, ATM, atau transfer antar bank.
  • Pembayaran tunai dengan mendatangi langsung kantor pusat atau cabang.

Poin penting dalam membayar premi Asuransi Cakrawala Proteksi:

  • Pastikan mengisi data pada slip setoran atau transfer dengan lengkap dan benar jika melakukan pembayaran melalui teller.
  • Pastikan pembayaran premi telah diterima dengan cara konfirmasi pembayaran premi melalui faksimile, email, customer service, atau kantor cabang terdekat.
  • Transaksi pembayaran premi melalui fasilitas perbankan akan diakui sebagai penerimaan pembayaran setelah dana diterima di rekening PT Asuransi Cakrawala Proteksi Indonesia.

Cara pembayaran pada umumnya sama, penting untuk mengetahui nomor polis, jumlah premi yang harus dibayar, dan nomor rekening atau virtual account Cakrawala Proteksi. Jangan lupa, untuk selalu simpan bukti pembayaran sebagai arsip pribadi.

Cara Pelaporan Klaim Asuransi Cakrawala Proteksi

Bagi nasabah yang hendak melakukan klaim Asuransi Cakrawala Proteksi, bisa melakukan pelaporan klaim online terlebih dahulu. Setelah itu hanya perlu menunggu klaim disetujui setelah dokumen yang dibutuhkan dikirim dan disurvei pihak Asuransi Cakrawala Proteksi. Berikut ini penjelasan mengenai cara klaim.

Cara pelaporan klaim online Asuransi Cakrawala Proteksi 

  • Kunjungi situs resmi Asuransi Cakrawala Proteksi.
  • Pilih Klaim Online.
  • Isi form elektronik yang terdiri atas kolom Informasi Tertanggung, Informasi Polis, Informasi Kejadian, dan mengunduh foto kejadian (termasuk foto KTP).
  • Klik Submit Claim.
  • Cek proses klaim secara online dengan mengklik Cek No Klaim & Tanggal Survey pada sisi kiri layar.

Cara Klaim Asuransi Kendaraan Bermotor Cakrawala Proteksi

Klaim Asuransi Kendaraan Cakrawala Proteksi berdasarkan polis yang dimiliki nasabah. Berikut prosedurnya:

  • Mengajukan atau melaporkan klaim maksimal 3×24 jam setelah kejadian melalui Hotline Claim 24 Jam, situs resmi Asuransi Cakrawala Proteksi, atau menggunakan aplikasi Cakrawala Proteksi Online yang bisa diunduh di Play Store.
  • Bawa kendaraan ke kantor cabang Asuransi Cakrawala Proteksi atau service point untuk dilakukan pengecekan atas kerusakan yang akan ditanggung pihak Asuransi Cakrawala Proteksi.
  • Mengisi formulir klaim secara lengkap dan jelas, kemudian serahkan kepada petugas survei dengan melampirkan dokumen pendukung klaim.
  • Petugas survei akan mengarahkan kendaraan Anda untuk dibawa ke bengkel rekanan agar diperbaiki.
  • Bagi nasabah yang melaporkan secara digital, silakan mengisi laporan klaim beserta unggahan foto dokumen, kerusakan, dan foto kartu identitas. Nantinya nasabah akan dihubungi dari pihak asuransi.

Dokumen pendukung klaim yang diperlukan untuk melakukan klaim kendaraan bermotor Asuransi Cakrawala Proteksi tergantung pada klaim yang diajukan. Berikut penjelasannya:

Klaim kerugian sebagian (partial loss):

  • Fotokopi STNK dan SIM pengemudi saat kejadian, serta surat kelengkapan lain jika dianggap perlu oleh pihak Asuransi Cakrawala Proteksi.
  • Surat Tanda Penerimaan Laporan atau Surat Keterangan dari kantor kepolisian setempat (wilayah terjadinya kerugian).

Klaim kendaraan hilang (TLO):

  • Fotokopi SIM pengemudi, fotokopi STNK, fotokopi polis.
  • Surat Tanda Penerimaan Laporan dari kantor kepolisian setempat atau wilayah terjadinya kehilangan kendaraan.
  • Surat Tanda Pemblokiran dan Surat Keterangan Kehilangan Kendaraan Bermotor dari SAMSAT Polda. Jangan lupa siapkan Surat Pengantar dari Asuransi Cakrawala Proteksi.
  • Kunci kontak asli dan cadangan, STNK asli, BPKB asli, faktur pembelian asli, buku KIR asli (mobil pick-up/truk/bus), serta polis asuransi asli.
  • Kuitansi kosong tiga lembar (satu lembar bermaterai dan ditandatangani tertanggung).
  • Menandatangani surat Pernyataan Persetujuan Ganti Rugi sebagai bukti penyelesaian klaim.

Klaim kerusakan berat (constructive total loss):

  • Fotokopi SIM pengemudi, fotokopi STNK, fotokopi polis.
  • Surat Keterangan dari kepolisian tempat terjadinya kecelakaan/kerugian.
  • Setelah dilakukan survei oleh petugas survei, segera bawa kendaraan rusak ke bengkel rekanan.
  • Untuk estimasi biaya perbaikan dari bengkel lebih dari 75 persen dari harga pasar, maka klaim yang diberikan adalah TLO.
  • Jika dinyatakan TLO, maka nasabah perlu menyiapkan dokumen sesuai klaim TLO.
  • Surat Pelepasan Hak untuk kendaraan atas nama badan hukum ditandatangani di atas materai oleh pejabat berwenang dan dibubuhi stempel perusahaan.

Cara Klaim Asuransi Kebakaran/Properti Cakrawala Proteksi

Berikut prosedur klaim Asuransi Kebakaran/Properti Cakrawala Proteksi:

  • Melaporkan kejadian melalui berbagai media yang tersedia.
  • Melakukan upaya pencegahan agar kebakaran tidak meluas.
  • Berupaya menyelamatkan barang-barang semaksimal mungkin.
  • Tidak melakukan perbaikan sebelum ada persetujuan dari perusahaan asuransi.
  • Memberikan izin kepada pihak asuransi atau perwakilannya untuk survei lokasi kejadian.
  • Melengkapi dokumen pendukung klaim.

Prosedur Klaim Asuransi Pengangkutan (Marine Cargo) Cakrawala Proteksi

Berikut prosedur klaim Asuransi Pengangkutan (Marine Cargo) Cakrawala Proteksi:

  • Melaporkan peristiwa kerugian kepada Asuransi Cakrawala Proteksi.
  • Menuntut pihak ketiga yang bertanggung jawab (jika penyebab kerugian adalah pihak ketiga).
  • Mengizinkan pihak asuransi melakukan survei lokasi cargo disimpan.
  • Menjaga keutuhan kondisi cargo yang diklaim.
  • Melengkapi dokumen yang dibutuhkan seperti surat tuntutan/klaim resmi, mengisi formulir klaim, membuat berita acara (kronologi musibah), polis asuransi asli, invoice/faktur, dan dokumen lain yang dibutuhkan.

Cara Klaim Asuransi Kecelakaan Diri Cakrawala Proteksi

Berikut ini prosedur klaim Asuransi Kecelakaan Diri Cakrawala Proteksi:

  • Segera melaporkan kecelakaan kepada pihak asuransi.
  • Menyiapkan dokumen pendukung klaim yaitu formulir klaim, surat asli keterangan dokter terkait tindakan medis (termasuk visum, dll), fotokopi KTP, fotokopi polis asuransi, dan dokumen lain jika dibutuhkan.

Bengkel Rekanan Asuransi Cakrawala

PT Asuransi Cakrawala Proteksi Indonesia tersebar luas hampir di seluruh wilayah di Indonesia. Adapun daftar lengkap bengkel perusahaan dapat lihat pada tab Rekanan.

Berhenti Asuransi Cakrawala Proteksi

Jika ingin berhenti menjadi nasabah Cakrawala Proteksi, ada beberapa cara yang bisa Anda tempuh, antara lain:

  • Ajukan penutupan polis asuransi melalui agen Cakrawala Proteksi yang dulu menawarkan diri pada Anda.
  • Datang langsung ke kantor cabang Cakrawala Proteksi dan ajukan penutupan.
  • Datang langsung ke kantor pusat Cakrawala Proteksi.
  • Hubungi call center Cakrawala Proteksi untuk mengajukan penutupan polis.

Ikuti prosedur dan lengkapi dokumen polis asuransi lengkap jika akan berhenti Asuransi Cakrawala Proteksi secara umum berikut ini:

  1. Hubungi call center Asuransi Cakrawala Proteksi melalui nomor (021) 30051888.
  2. Unduh formulir pembatalan asuransi/surrender.
  3. Mengisi formulir dengan lengkap.
  4. Mengembalikan buku polis asuransi.
  5. Menyertakan fotokopi KTP dan buku tabungan,
  6. Membayar kewajiban yang belum diselesaikan, pajak, dan administrasi bila ada.
  7. Menunggu proses pembatalan asuransi dalam waktu maksimal 14 hari kerja.
  8. Cara berhenti Asuransi Cakrawala Proteksi juga bisa dilakukan langsung lewat agen atau broker asuransi terkait. 

Yang pasti, siapkan dokumen lengkap berupa polis asuransi dan identitas diri. Kemudian, biasanya Anda akan dikenakan biaya tertentu atau potongan tertentu apabila melakukan penutupan polis sebelum jatuh tempo. Informasi lebih lengkap seputar cara penutupan polis, sila hubungi Cakrawala Proteksi, agen, atau broker terkait.

Agen dan Broker Asuransi Cakrawala Proteksi

Terdapat perbedaan antara agen dan broker asuransi. Agen asuransi adalah orang pribadi atau perusahaan yang bekerja mewakili perusahaan asuransi. Sementara itu, broker adalah pihak independen yang menjadi perantara antara perusahaan asuransi dengan calon nasabah.

Asuransi Cakrawala Proteksi tidak menjelaskan mengenai keagenan perusahaan di dalam situs web resminya. Untuk mendapatkan informasi selengkapnya tentang keagenan, silakan menghubungi pusat informasi nasabah melalui sambungan (021) 53132777.

Selain melalui agen, calon nasabah bisa mendapatkan proteksi asuransi melalui peran broker asuransi. Lifepal sebagai broker asuransi online yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dapat memberikan bantuan mendapatkan produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran.

Sumber dan Referensi

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • https://www.cakrawalaproteksi.com/
  • http://www.cakrawalaproteksionline.com/
  • https://keuangan.kontan.co.id/news/asuransi-cakrawala-proteksi-targetkan-premi-bruto-tumbuh-15-di-tahun-2019
  • https://keuangan.kontan.co.id/news/asuransi-cakrawala-resmikan-kantor-pusat-baru
Penulis Dzulfikar Financial Content Writer yang mengemas informasi, tips, dan kiat keuangan dengan bahasa yang lebih mudah dicerna. Lihat profile penulis
Chat Bantuan Chat Bantuan