Asuransi Cakrawala Proteksi, Cek Sekarang!

Asuransi Cakrawala Proteksi, Cek Sekarang!

3.5 / 5.0 (5.874 Ulasan)
  • Diskon Terbaik
  • 500+ Pilihan
  • Bantuan Klaim
Cashback 10% +
Diskon 25%
  • ACA_43_1_D
42 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.

Asuransi Cakrawala Proteksi: Proses Mudah & Premi Termurah

Asuransi Cakrawala Proteksi atau lebih dikenal dengan ACP adalah perusahaan asuransi umum yang menghadirkan pilihan produk asuransi mobil, asuransi properti, asuransi kecelakaan diri, dan masih banyak lagi. Salah satu produk asuransi unggulan yang ditawarkan adalah asuransi mobil Total Loss Only (TLO) dan All Risk, sebab manfaat polisnya terbilang lengkap serta preminya pun bersahabat.

Tertarik dengan produk Asuransi Cakrawala Proteksi? Bandingkan produknya dengan 50+ perusahaan asuransi mobil terbaik lainnya secara online di Lifepal. Dapatkan juga diskon hingga 25 persen dengan premi asuransi mobil murah mulai Rp38 ribuan per bulan!

Pilihan Polis Asuransi Cakrawala Proteksi

Produk Asuransi Cakrawala Proteksi memiliki polis yang cukup lengkap bagi kebutuhan nasabah. Berikut ini pilihan polisnya berdasarkan kategori produk yang tersedia.

Bandingkan produk asuransi mobil terbaik lainnya, mulai dari manfaat polis hingga premi secara online hanya di Lifepal!

Rangkum Produk Asuransi Cakrawala Proteksi

Berikut ini daftar rangkuman produk Asuransi Cakrawala yang bisa dijadikan pilihan ketika ingin membeli asuransi.

Produk Manfaat Diberikan
Asuransi MobilPertanggungan All Risk + TLO
Asuransi Kebakaran/PropertiManfaat ganti rugi jika terjadi risiko kebakaran pada properti
Asuransi PengangkutanProteksi barang/aset selama proses pengiriman baik melalui jalur darat, laut, dan udara
Asuransi Alat BeratGanti rugi atas kerusakan alat berat pada proyek
Asuransi RekayasaGanti rugi atas pembangunan infrastruktur berupa pekerjaan teknik sipil maupun pemasangan mesin-mesin
Asuransi Uang Ganti rugi atas kerugian/kehilangan uang dalam proses pengiriman atau penyimpanan di brankas
Asuransi Kecelakaan DiriPertanggungan biaya pengobatan akibat kecelakaan
Asuransi Tanggung Gugat Hukum Pihak KetigaGanti rugi atas tuntutan hukum pihak ketiga yang dirugikan nasabah

Sekilas Tentang Asuransi Cakrawala Proteksi

Pada ulang tahun perusahaan yang kelima, tepatnya 12 Desember 2017, Asuransi Cakrawala Proteksi meluncurkan Hotline Claim yang mempermudah nasabah melakukan klaim, termasuk situs Cakrawala Proteksi Online

Hal ini tentu menjadi pertimbangan bagus bagi nasabah yang mementingkan kemudahan mengakses informasi asuransi secara digital. Namun, hingga saat ini aplikasinya hanya menyediakan asuransi kendaraan bermotor khusus mobil untuk penjualan.

Layanan Nasabah Asuransi Cakrawala 

Layanan nasabah atau call center perusahaan dapat dicapai dengan berbagai media. Adapun informasi lebih jelas mengenai produk, klaim asuransi Cakrawala Proteksi, dan sebagainya, silakan menghubungi call center perusahaan atau mengunjungi kantor pusat/cabang terdekat. 

PT Asuransi Cakrawala Proteksi Indonesia

Citra Towers North Tower 9th Floor

Jl. Benyamin Sueb kav. A6 

Jakarta Pusat 10610 – Indonesia

Telp: (021) 39716789

Fax: (021) 39736868

Email: [email protected]

Website: www.cakrawalaproteksi.com

Cara Klaim Asuransi Cakrawala Proteksi

Prosedur pengajuan klaim Asuransi Cakrawala Proteksi sebenarnya tidak jauh berbeda dari berbagai brand lainnya. Anda bisa melakukan klaim dengan datang langsung ke kantor cabang terdekat maupun melalui online. Namun bagi Anda  mengajukan klaim ACP, bisa melakukan pelaporan klaim online terlebih dahulu.

Selanjutnya, nasabah hanya perlu menunggu klaim disetujui oleh pihak ACP. Cakrawala Proteksi akan melakukan survei dengan memeriksa dokumen-dokumen klaim yang sudah dikirim oleh nasabah. Berikut penjelasan mengenai cara klaimnya:

Cara pelaporan klaim online ACP

  • Kunjungi situs resmi ACP di www.cakrawalaproteksi.com
  • Pilih “Pelaporan Klaim Online”
  • Isi form elektronik yang terdiri atas kolom “Informasi Tertanggung, Informasi Polis, Informasi Kejadian, dan mengunduh foto kejadian (termasuk foto KTP)”
  • Klik “Submit Claim”
  • Cek proses klaim secara online dengan mengklik “Cek No Klaim & Tanggal Survey” pada sisi kiri layar

Bengkel Rekanan Asuransi Cakrawala Proteksi

Perusahaan memiliki rekanan bengkel yang tersebar luas di dalam negeri. Untuk mengetahui daftar lengkap bengkel rekanan, nasabah bisa mengunjungi situs resmi Asuransi Cakrawala Proteksi. 

Pertanyaan Seputar Asuransi Cakrawala Proteksi

Beberapa pertanyaan berikut sering diajukan calon nasabah maupun nasabah terkait Asuransi Cakrawala Proteksi.

Apa itu Asuransi Cakrawala Proteksi?

Asuransi Cakrawala Proteksi bisa disingkat ACP adalah perusahaan asuransi umum (kerugian) yang didirikan pada 2012. Perusahaan menawarkan 8 kategori produk asuransi yang meliputi asuransi kendaraan bermotor, asuransi properti, hingga asuransi kecelakaan diri.

Selain didukung modal dari PT Scorpio Capital dan PT Cakrawala Usaha Bersama, Cakrawala Proteksi juga didukung perusahaan reasuransi nasional, seperti:

Apa itu Cakrawala Proteksi Online?

Cakrawala Proteksi Online adalah situs resmi dari PT Asuransi Cakrawala Proteksi Indonesia (www.cakrawalaproteksi.com) yang memberikan kemudahan bagi nasabah ACP, terutama dalam hal mengecek status klaim dan polis secara online. Cakrawala Proteksi Online hadir sebagai wujud komitmen perusahaan untuk memberikan layanan yang memuaskan dalam hal berasuransi bagi setiap nasabah.

Sayangnya, produk asuransi yang tersedia di Cakrawala Proteksi Online saat ini hanya untuk asuransi kendaraan bermotor saja.

Bagaimana cara cek premi asuransi mobil?

Perhitungan premi asuransi kendaraan mengacu pada dua faktor, yaitu harga kendaraan dan perluasan jaminan yang diinginkan. Selain itu, harga atau persentase premi asuransi kendaraan tergantung juga pada jenis asuransi yang ingin dibeli dan wilayahnya.

Kategori wilayah didasarkan pada Wilayah I, Wilayah II, dan Wilayah III. Berikut penjelasan mengenai wilayah pertanggungan asuransi kendaraan:

  • Wilayah I meliputi Sumatera dan kepulauan di sekitarnya
  • Wilayah II meliputi Jakarta, Banten, dan Jawa Barat
  • Wilayah III meliputi Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Papua, dan Nusa Tenggara

Berikut ini persentase premi asuransi mobil berdasarkan harga dan wilayah tempat nasabah tinggal.

1. Asuransi Comprehensive (All Risk)

  • Harga maksimal Rp125 juta: 2,83 persen hingga 4,20 persen tergantung wilayah
  • Harga Rp125-200 juta: 2,07 persen hingga 2,94 persen tergantung wilayah
  • Harga Rp200-400 juta: 1,40 persen hingga 1,88 persen tergantung wilayah
  • Harga Rp400-800 juta: 1,20 persen hingga 1,32 persen tergantung wilayah
  • Harga lebih dari Rp800 juta: 1,05 persen hingga 1,16 persen tergantung wilayah

2. Asuransi Total Loss Only (TLO)

  • Harga maksimal Rp125 juta: 0,36 persen hingga 0,78 persen tergantung wilayah
  • Harga Rp125-200 juta: 0,31 persen hingga 0,53 persen tergantung wilayah
  • Harga Rp200-400 juta: 0,29 persen hingga 0,35 persen tergantung wilayah
  • Harga Rp400-800 juta: 0,25 persen hingga 0,30 persen tergantung wilayah
  • Harga lebih dari Rp800 juta: 0,20 persen hingga 0,24 persen tergantung wilayah
Bagaimana metode penggantian Asuransi Cakrawala Proteksi?

Metode penggantian biaya asuransi adalah cara perusahaan memberikan manfaat pertanggungan, baik dalam bentuk santunan maupun biaya perawatan. Penggantian biaya asuransi akan dilakukan berdasarkan produk asuransi serta plan yang dipilih oleh nasabah.

Terdapat dua metode penggantian biaya Asuransi Cakrawala Proteksi, yaitu cashless dan santunan tunai. Berikut penjelasan singkat mengenai kedua metode penggantian biaya ACP.

  • Cashless: Pengertian sederhana dari metode penggantian biaya asuransi ini adalah nasabah/tertanggung tidak perlu mengeluarkan uang terlebih dahulu untuk melakukan klaim. Metode ini digunakan pada asuransi kendaraan bermotor.
  • Santunan tunai: Metode penggantian ini adalah cara ganti rugi yang diberikan asuransi kepada tertanggung atau pihak ketiga atas risiko yang tercantum dalam polis. Santunan tunai diberikan kepada tertanggung asuransi kecelakaan diri, pihak ketiga, hingga produk atau polis lain yang tersedia di Asuransi Cakrawala Proteksi.
Bagaimana membeli Asuransi Cakrawala Proteksi secara online?

Membeli ACP secara online akan lebih praktis, karena Anda tidak perlu mendatangi kantor pusat ataupun cabang terdekat. Untuk membeli secara online, Anda hanya perlu mengunjungi situs resmi perusahaan di www.cakrawalaproteksi.com. Pada situs tersebut, sudah tersedia fitur Whatsapp dan chat online dengan asisten vitural, bernama Hummi. Anda hanya perlu chat dengan memilih salah satu fitur tadi, kemudian akan dipandu dalam mengisi data pribadi dan lain-lain hingga membayar polis.

Selain itu, Anda juga bisa membeli dengan cara mengklik “Buy Now” dan memilih asuransi yang sesuai kebutuhan. Atau, menghubungi nomor telepon di (021) 30051888. Setelah itu, isi formulir Surat Permohonan Pengajuan Asuransi (SPPA).

Namun, jika ingin lebih berimbang, Anda dapat membandingkan produk dan polis asuransi terbaik melalui situs agregator seperti Lifepal. Melalui marketplace asuransi online Lifepal.co.id, Anda tidak hanya membandingkan produk dari satu perusahaan asuransi, melainkan produk dari berbagai perusahaan asuransi yang ada di Indonesia. Dengan begitu, Anda mendapatkan proteksi terbaik dan harga paling ringan.

Bagaimana pembayaran premi Asuransi Cakrawala?

Cara membayarkan premi ACP tergantung pada jenis produk asuransi yang dibeli. Salah satu pilihan untuk membayar polis ACP adalah melalui payment gateway yaitu DOKU Merchant yang telah bekerja sama dengan perusahaan. DOKU menjadi alat pembayaran online premi pada Asuransi Cakrawala Proteksi.

Selain itu, nasabah juga bisa memilih beberapa metode pembayaran berikut:

  • Autodebet kartu kredit VISA dan MasterCard
  • Transfer ATM (Virtual Account)
  • Pembayaran di gerai Alfamart dan Indomaret
  • ACP Online Payment yang diakses melalui situs resmi perusahaan
  • Setoran tunai melalui teller bank, ATM, atau transfer antar bank
  • Pembayaran tunai dengan mendatangi langsung kantor pusat atau cabang

Poin penting dalam membayar premi Asuransi Cakrawala Proteksi:

  • Pastikan mengisi data pada slip setoran atau transfer dengan lengkap dan benar jika melakukan pembayaran melalui teller.
  • Pastikan pembayaran premi telah diterima dengan cara konfirmasi pembayaran premi melalui fax, email, customer service, atau kantor cabang terdekat.
  • Transaksi pembayaran premi melalui fasilitas perbankan akan diakui sebagai penerimaan pembayaran setelah dana diterima di rekening PT Asuransi Cakrawala Proteksi Indonesia.

Cara pembayaran premi ACP pada umumnya sama saja, namun penting untuk mengetahui nomor polis, jumlah premi yang harus dibayar, dan nomor rekening atau virtual account Cakrawala Proteksi. Jangan lupa, untuk selalu menyimpan bukti pembayaran sebagai arsip pribadi.

Bagaimana cara pelaporan klaim Asuransi Cakrawala Proteksi?

Bagi nasabah yang hendak mengajukan klaim ACP sebelum datang langsung harus melakukan pelaporan melalui online. Anda bisa tab klaim untuk tau prosedur lebih lengkapnya.

Bagaimana cara klaim asuransi kendaraan bermotor Cakrawala Proteksi?

Klaim asuransi kendaraan Cakrawala Proteksi berdasarkan polis yang dimiliki nasabah. Berikut prosedurnya:

  • Mengajukan atau melaporkan klaim maksimal 3×24 jam setelah kejadian melalui Hotline Claim 24 jam, situs resmi perusahaan, atau menggunakan aplikasi Cakrawala Proteksi Online yang bisa diunduh di Play Store.
  • Bawa kendaraan ke kantor cabang ACP atau service point untuk dilakukan pengecekan atas kerusakan yang akan ditanggung perusahaan asuransi.
  • Mengisi formulir klaim secara lengkap dan jelas, kemudian serahkan kepada petugas survei dengan melampirkan dokumen pendukung klaim.
  • Petugas survei akan mengarahkan kendaraan Anda untuk dibawa ke bengkel rekanan agar diperbaiki.
  • Bagi nasabah yang melaporkan secara digital, silakan mengisi laporan klaim beserta unggahan foto dokumen, kerusakan, dan foto kartu identitas. Nantinya nasabah akan dihubungi dari pihak asuransi.

Dokumen pendukung lain yang diperlukan untuk melakukan klaim kendaraan bermotor Asuransi Cakrawala Proteksi tergantung pada klaim yang akan diajukan. Berikut penjelasannya:

Klaim kerugian sebagian (partial loss):

  • Fotokopi STNK dan SIM pengemudi saat kejadian, serta surat kelengkapan lain jika dianggap perlu oleh pihak Asuransi Cakrawala Proteksi.
  • Surat Tanda Penerimaan Laporan atau Surat Keterangan dari kepolisian setempat (wilayah terjadinya kerugian).

Klaim kendaraan hilang (TLO):

  • Fotokopi SIM pengemudi, fotokopi STNK, fotokopi polis
  • Surat Tanda Penerimaan Laporan dari kantor kepolisian setempat atau wilayah terjadinya kehilangan kendaraan
  • Surat Tanda Pemblokiran dan Surat Keterangan Kehilangan Kendaraan Bermotor dari SAMSAT Polda. Jangan lupa siapkan Surat Pengantar dari Asuransi Cakrawala Proteksi
  • Kunci kontak asli dan cadangan, STNK asli, BPKB asli, faktur pembelian asli, buku KIR asli (mobil pick-up/truk/bus), serta polis asuransi asli
  • Kwitansi kosong tiga lembar (satu lembar bermaterai dan ditandatangani tertanggung)
  • Menandatangani surat Pernyataan Persetujuan Ganti Rugi sebagai bukti penyelesaian klaim

Klaim kerusakan berat (constructive total loss):

  • Fotokopi SIM pengemudi, fotokopi STNK, fotokopi polis
  • Surat Keterangan dari kepolisian tempat terjadinya kecelakaan/kerugian
  • Setelah dilakukan survei oleh petugas survei, segera bawa kendaraan rusak ke bengkel rekanan
  • Untuk estimasi biaya perbaikan dari bengkel lebih dari 75 persen dari harga pasar, maka klaim yang diberikan adalah TLO
  • Jika dinyatakan TLO, maka nasabah perlu menyiapkan dokumen sesuai klaim TLO
  • Surat Pelepasan Hak untuk kendaraan atas nama badan hukum ditandatangani di atas materai oleh pejabat berwenang dan dibubuhi stempel perusahaan
Bagaimana cara klaim asuransi kebakaran/properti Cakrawala Proteksi?

Berikut prosedur klaim asuransi kebakaran/properti Cakrawala Proteksi:

  • Melaporkan kejadian melalui berbagai media yang tersedia
  • Melakukan upaya pencegahan agar kebakaran tidak meluas
  • Berupaya menyelamatkan barang-barang semaksimal mungkin
  • Tidak melakukan perbaikan sebelum ada persetujuan dari perusahaan asuransi
  • Memberikan izin kepada pihak asuransi atau perwakilannya untuk survei lokasi kejadian
  • Melengkapi dokumen pendukung klaim
Bagaimana prosedur klaim asuransi pengangkutan (marine cargo) Cakrawala Proteksi?

Berikut prosedur klaim asuransi pengangkutan (marine cargo) Cakrawala Proteksi:

  • Melaporkan peristiwa kerugian kepada Asuransi Cakrawala Proteksi
  • Menuntut pihak ketiga yang bertanggung jawab (jika penyebab kerugian adalah pihak ketiga)
  • Mengizinkan pihak asuransi melakukan survei lokasi kargo disimpan
  • Menjaga keutuhan kondisi kargo yang diklaim
  • Melengkapi dokumen yang dibutuhkan seperti surat tuntutan/klaim resmi, mengisi formulir klaim, membuat berita acara (kronologi musibah), polis asuransi asli, invoice/faktur, dan dokumen lain yang dibutuhkan
Bagaimana cara klaim asuransi kecelakaan diri Cakrawala Proteksi?

Berikut ini prosedur klaim asuransi kecelakaan diri Cakrawala Proteksi:

  • Segera melaporkan kecelakaan kepada pihak asuransi
  • Menyiapkan dokumen pendukung klaim yaitu formulir klaim, surat asli keterangan dokter terkait tindakan medis (termasuk visum, dan lain-lain), fotokopi KTP, fotokopi polis asuransi, dan dokumen lain jika dibutuhkan
Bagaimana cara berhenti Asuransi Cakrawala Proteksi?

Jika ingin berhenti menjadi nasabah Cakrawala Proteksi, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, antara lain:

  • Ajukan penutupan polis asuransi melalui agen Cakrawala Proteksi yang dulu menawarkan diri pada Anda
  • Datang langsung ke kantor cabang ACP terdekat dan ajukan penutupan
  • Datang langsung ke kantor pusat ACP
  • Hubungi call center Cakrawala Proteksi untuk mengajukan penutupan polis

Ikuti prosedur dan lengkapi dokumen polis asuransi jika ingin berhenti menjadi nasabah Asuransi Cakrawala Proteksi, berikut ini:

  1. Hubungi call center ACP di nomor (021) 30051888
  2. Unduh formulir pembatalan asuransi/surrender
  3. Mengisi formulir dengan lengkap
  4. Mengembalikan buku polis asuransi
  5. Menyertakan fotokopi KTP dan buku tabungan
  6. Membayar kewajiban yang belum diselesaikan, pajak, dan administrasi (bila ada)
  7. Menunggu proses pembatalan asuransi maksimal 14 hari kerja
  8. Cara berhenti Asuransi Cakrawala Proteksi juga bisa dilakukan langsung lewat agen atau broker asuransi terkait

Yang pasti, siapkan dokumen lengkap berupa polis asuransi dan identitas diri. Biasanya, Anda akan dikenakan biaya tertentu atau potongan apabila melakukan penutupan polis sebelum jatuh tempo. Informasi lebih lengkap seputar cara penutupan polis, sila menghubungi Cakrawala Proteksi, agen, atau broker terkait.

Berapa premi Asuransi Cakrawala?

Cari tahu premi Asuransi Cakrawala Proteksi (ACP) dengan mengakses laman “Produk” di situs resmi perusahaan, menghubungi agen, maupun broker asuransi terkait.

Biasanya, premi ACP akan berbeda-beda, ini karena dipengaruhi berbagai faktor berikut:

  • Jenis asuransi yang diambil oleh pemegang polis
  • Profil tertanggung: usia, pekerjaan, jenis kelamin, riwayat penyakit, dan lain-lain
  • Jenis dan nilai aset atau harta benda yang diasuransikan
  • Cakupan pertanggungan, mulai dari pertanggungan utama hingga rider (pertanggungan tambahan)
Bengkel Rekanan Asuransi Cakrawala

PT Asuransi Cakrawala Proteksi Indonesia memiliki bengkel rekanan yang tersebar luar hampir di seluruh wilayah di Indonesia. Adapun daftar lengkap bengkel perusahaan dapat lihat pada tab Rekanan.

Agen dan broker Asuransi Cakrawala Proteksi

Terdapat perbedaan antara agen dan broker asuransi. Agen asuransi adalah orang pribadi atau perusahaan yang bekerja mewakili perusahaan asuransi. Sementara itu, broker adalah pihak independen yang menjadi perantara antara perusahaan asuransi dengan calon nasabah.

Asuransi Cakrawala Proteksi tidak menjelaskan mengenai keagenan perusahaan di dalam situs resminya. Untuk mendapatkan informasi selengkapnya tentang keagenan, silakan menghubungi pusat informasi nasabah melalui sambungan (021) 53132777.

Selain melalui agen, calon nasabah bisa mendapatkan proteksi asuransi melalui peran broker asuransi. Lifepal sebagai broker asuransi online yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dapat memberikan bantuan mendapatkan produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran.

Sumber dan Referensi

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • https://www.cakrawalaproteksi.com/
  • http://www.cakrawalaproteksionline.com/
  • https://keuangan.kontan.co.id/news/asuransi-cakrawala-proteksi-targetkan-premi-bruto-tumbuh-15-di-tahun-2019
  • https://keuangan.kontan.co.id/news/asuransi-cakrawala-resmikan-kantor-pusat-baru
Chat Bantuan