Asuransi Jasa Raharja

4.0
Diskon Terbaik
500+ Pilihan
Bantuan Klaim
+62
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
+62
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
+62
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
Cicilan 0%Hemat 25%
 

Asuransi Jasa Raharja

PT Jasa Raharja (Persero) adalah perusahaan asuransi yang berstatus Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Perusahaan yang didirikan pada 1960 ini memiliki bisnis di sektor asuransi sosial, yaitu menanggung risiko kecelakaan yang terjadi di jalan raya, jalur laut, dan jalur udara.

Ringkasan

  • (+) Manfaat asuransi “gratis” yang diperoleh dari pembayaran pajak kendaraan atau pembelian tiket perjalanan.
  • (-) Produk yang tersedia sangat terbatas, hanya berupa asuransi sosial yaitu asuransi kecelakaan dan asuransi tanggung jawab pihak ketiga.
  • (-) Santunan tunai hanya Rp 500 ribu hingga Rp 50 juta. Lebih rendah jika dibandingkan perusahaan asuransi pada umumnya.

Sekilas tentang Jasa Raharja

Jasa Raharja merupakan perusahaan BUMN yang menyediakan pelayanan asuransi sosial di bidang kecelakaan lalu lintas. Karena bentuknya sebagai asuransi sosial, maka layanan ini wajib dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia, tentunya dengan beberapa persyaratan. 

Artinya, siapa saja yang mengalami kecelakaan lalu lintas dan telah memenuhi persyaratan dari Jasa Raharja, ahli waris berhak untuk mendapatkan santunan. Jadi, mirip dengan asuransi jiwa.

Jasa Raharja belum terdaftar sebagai bagian dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI). Namun, anak perusahaannya, Jasaraharja Putera telah terdaftar sebagai bagian dari Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI).

Jasa Raharja telah memiliki identitas resmi sejak dibentuk pada tahun 1969. Berikut ini beberapa peraturan pemerintah dan surat keputusan menteri yang memperkuat status hukum Jasa Raharja sebagai salah satu BUMN yang bergerak di bidang asuransi.

  • Peraturan Pemerintah (PP) No.3 tahun 1960.
  • Pengumuman Menteri Urusan Pendapatan, Pembiayaan dan Pengawasan RI No.12631/BUM II tanggal 9 Februari 1960.
  • PP No.8 tahun 1965.
  • Surat Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia No. Kep.750/KMK/IV/II/1970 tanggal 18 November 1970.
  • Surat Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia No. 523/KMK/013/1989.

Kinerja keuangan perusahaan Jasa Raharja cukup baik jika dilihat dari laporan keuangan Semester II 2018. Berikut ini ringkasan laporan keuangan Jasa Raharja dikutip dari situs resmi Jasa Raharja.

  • Total aset Rp 13,89 triliun.
  • Total laba komprehensif Rp 1,19 triliun.
  • Total beban klaim Rp 2,72 triliun.
  • Jumlah MMBR (modal minimum berbasis risiko) Rp 1,64 triliun.
  • Rasio kecukupan investasi 486,74 persen.
  • Rasio likuiditas 296,36 persen.

Asuransi Jasa Raharja memiliki rasio kesehatan yang cukup baik jika dilihat dari rasio solvabilitasnya yang mencapai 296,36 persen di tahun 2018. Rasio solvabilitas adalah selisih antara jumlah aset yang dimiliki oleh perusahaan dikurangi jumlah liabilitas. Liabilitas adalah tanggung jawab atau kewajiban yang harus dilunasi, dalam hal ini premi dan utang perusahaan.

Ukuran sebuah perusahaan dapat memenuhi tanggung jawabnya adalah dengan perbandingan 1:1 atau 100 persen, yang artinya jika kewajiban pembayarannya satu maka perusahaan dapat memenuhinya dengan penuh. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perusahaan Jasa Raharja memiliki rasio solvabilitas dua kali lipat dari kewajiban yang dimilikinya.

Dalam perjalanannya sebagai perusahaan asuransi, Jasa Raharja telah mendapatkan berbagai penghargaan dan pengakuan atas kinerja perusahaan dari sisi finansial maupun pelayanan. Berikut sejumlah penghargaan yang telah ditorehkan Jasa Raharja.

  • Penghargaan Living Legend Company: Pioneer in Social Insurance Company 2019 yang diselenggarakan Warta Ekonomi.
  • Innovative Company in Insurance Sector dari Warta Ekonomi Awards 2018.
  • BUMN Berpredikat “Sangat Bagus” atas Kinerja Keuangan Tahun 2017 dari InfoBank 2018.
  • BUMN Berpredikat “Sangat bagus” atas Kinerja Keuangan Tahun 2016 dari InfoBank 2017.
  • The Most Profitable State Owned Enterprises in the NonBanking Financial Sector 2015-2017 InfoBank 2018.
  • The Highest Tax Payer State Owned Enterprises in NonBanking Financial Sector 2015-2017 InfoBank 2018.
  • Innovative Company in Insurance Sector 2018 dari Warta Ekonomi.
  • Top Asuransi Bidang Layanan Berbasis IT Tahun 2017.
  • Perusahaan Asuransi Peringkat AAA Tahun 2017.
 
 

Produk Asuransi Jasa Raharja

Dilansir dari laman produk pada situs resmi asuransi jasaraharja.co.id, berikut beberapa pilihan kategori produk asuransi yang disediakan oleh PT Jasa Raharja (Persero), yaitu Asuransi Kecelakaan dan Asuransi Tanggung Jawab Pihak Ketiga. 

1. Asuransi Kecelakaan Lalu Lintas 

Asuransi kecelakaan dari PT Jasa Raharja dibagi menjadi dua, yaitu Asuransi Kecelakaan Lalu Lintas dan Asuransi Kecelakaan Transportasi Umum. Asuransi Kecelakaan Lalu Lintas ini khusus untuk memberikan pertanggungan pada kecelakaan yang terjadi di lalu lintas yang dialami oleh pengendara dan pihak ketiga (korban kecelakaan) 

2. Asuransi Kecelakaan Transportasi Umum 

Asuransi ini dikhususkan bagi penumpang transportasi umum, baik di darat, laut, dan udara. Artinya, penumpang yang secara sah menjadi penumpang transportasi umum dan mengalami kecelakaan di dalamnya, akan mendapatkan pertanggungan sesuai dengan kondisinya. 

3. Asuransi Tanggung Jawab Pihak Ketiga

Program asuransi kecelakaan diri yang diberikan kepada korban kecelakaan (tabrakan) lalu lintas atau pihak ketiga. Asuransi ini sebagai bentuk tanggung jawab hukum atas kelalaian pengendara kendaraan bermotor.

 

Daftar Polis Jasa Raharja

Dilansir dari laman produk pada situs resmi asuransi jasaraharja.co.id, berikut beberapa pilihan kategori produk asuransi yang disediakan oleh PT Jasa Raharja (Persero).

Asuransi Kecelakaan

Asuransi Kecelakaan Lalu Lintas

Program asuransi yang memberikan pertanggungan untuk kecelakaan lalu lintas bagi pengendara dan pihak ketiga (korban kecelakaan).

  • ✓Santunan meninggal dunia Rp 50 juta.
  • ✓Cacat total tetap Rp 50 juta (maksimal).
  • ✓Perawatan Rp 20-25 juta (maksimal).
  • ✓Penggantian biaya penguburan (jika tidak punya ahli waris) Rp 4 juta.
  • ✓Penggantian biaya P3K (manfaat tambahan) Rp 1 juta.
  • ✓Penggantian biaya ambulans (manfaat tambahan) Rp 500 ribu.
Asuransi Kecelakaan

Asuransi Kecelakaan Transportasi Umum

Program asuransi yang memberikan perlindungan bagi penumpang transportasi umum baik darat, laut, maupun udara.

  • ✓Santunan meninggal dunia Rp 50 juta.
  • ✓Cacat total tetap Rp 50 juta (maksimal).
  • ✓Perawatan Rp 20-25 juta (tergantung jenis transportasi darat/laut/udara).
  • ✓Penggantian biaya penguburan (jika tidak punya ahli waris) Rp 4 juta.
  • ✓Penggantian biaya P3K (manfaat tambahan) Rp 1 juta.
  • ✓Penggantian biaya ambulans (manfaat tambahan) Rp 500 ribu.
Asuransi Tanggung Jawab Pihak Ketiga

Asuransi Tanggung Jawab Pihak Ketiga

Program asuransi kecelakaan diri yang diberikan kepada korban kecelakaan (tabrakan) lalu lintas atau pihak ketiga. Asuransi ini sebagai bentuk tanggung jawab hukum atas kelalaian pengendara kendaraan bermotor.

  • ✓Santunan meninggal dunia Rp 50 juta.
  • ✓Cacat total tetap Rp 50 juta (maksimal).
  • ✓Perawatan Rp 20-25 juta (maksimal).
  • ✓Penggantian biaya penguburan (jika tidak punya ahli waris) Rp 4 juta.
  • ✓Penggantian biaya P3K (manfaat tambahan) Rp 1 juta.
  • ✓Penggantian biaya ambulans (manfaat tambahan) Rp 500 ribu.
 

Iuran yang Wajib Dibayarkan

Setiap masyarakat pengguna kendaraan lalu lintas maupun pengguna kendaraan umum diwajibkan untuk membayar premi yang ketentuannya telah tercantum di dalam aturan dan hukum, 

  • UU No. 3 Tahun 1964 tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang jo. PP No.17 Tahun 1965 tentang Ketentuan Pelaksanaan Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang
  • UU No. 34 Tahun 1964 tentang Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan jo. PP No. 18 Tahun 1965 tentang Ketentuan Pelaksanaan Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan

Dalam Jasa Raharja premi dibedakan menjadi dua, yaitu Iuran Wajib dan Sumbangan Wajib. Sebelum melihat nominal iuran, kenali terlebih dahulu penjelasan singkat mengenai iuran wajib dan sumbangan wajib berikut ini:

  • Iuran Wajib adalah biaya yang dikenakan kepada setiap penumpang transportasi umum yang nominalnya telah dijumlahkan dengan ongkos angkut saat membeli tiket. Iuran Wajib ini dipungut langsung oleh masing-masing operator (pengelola) alat transportasi. Khusus penumpang kendaraan bermotor umum di dalam kota dan kereta api jarak pendek (kurang dari 50 kilometer) dibebaskan dari pembayaran Iuran Wajib tersebut.
  • Sumbangan Wajib adalah nominal iuran yang dibayarkan secara periodik (setiap tahun) di Kantor Samsat saat melakukan pendaftaran atau perpanjangan STNK. Sumbangan Wajib dikenakan kepada pemilik kendaraan bermotor.

Tarif Iuran Wajib Asuransi Jasa Raharja

Tarif Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) ditentukan oleh Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 36/PMK.010/2008 tanggal 26 Februari 2008. Berikut ini nominal Sumbangan Wajib asuransi Jasa Raharja yang dikenakan berdasarkan jenis kendaraan:

  • Sepeda motor 500CC ke bawah, mobil ambulans, mobil jenazah, dan mobil pemadam kebakaran sebesar Rp 3.000,-
  • Traktor, buldoser, forklift, mobil derek, ekskavator, crane, dan sejenisnya sebesar Rp 23 ribu.
  • Sepeda motor, sepeda kumbang, dan skuter di atas 50 CC hingga 250 CC dan kendaraan bermotor roda tiga sebesar Rp 35 ribu.
  • Sepeda motor dan skuter di atas 250 CC sebesar Rp 83 ribu.
  • Pick-up dan mobil barang hingga 2.400 CC, sedan, jip, dan mobil penumpang bukan angkutan umum sebesar Rp 143 ribu.
  • Mobil penumpang angkutan umum hingga 1.600 CC dikenakan tarif Rp 73 ribu.
  • Bus dan mikrobus bukan angkutan umum sebesar Rp 153 ribu.
  • Bus dan mikrobus angkutan umum serta mobil penumpang angkutan lain di atas 1.600 CC sebesar Rp 90 ribu.
  • Truk, mobil tangki, mobil gandengan, mobil barang di atas 2.400 CC, truk kontainer, dan sejenisnya sebesar Rp 163 ribu.
 

Besaran Santunan dan Syarat Penerimanya  

Besaran santunan bagi korban kecelakaan lalu lintas sudah diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan RI No. 15 dan 16/PMK.10/2017. 

Santunan kecelakaan penumpang

JENIS SANTUNAN JENIS ALAT ANGKUTAN 
DARAT, LAUT UDARA 
Meninggal dunia Rp 50.000.000 Rp 50.000.000
Cacat tetap (maksimal) Rp 50.000.000 Rp 50.000.000
Perawatan tetap (maksimal) Rp 20.000.000 Rp 25.000.000
Penggantian biaya penguburan (tidak memiliki ahli waris) Rp 4.000.000 Rp 4.000.000
Manfaat tambahan penggantian biaya P3K Rp 1.000.000 Rp 1.000.000
Manfaat tambahan penggantian biaya ambulance Rp 500.000 Rp 500.000

Santunan kecelakaan lalu lintas jalan

JENIS SANTUNAN  BESAR SANTUNAN
Meninggal dunia  Rp 50.000.000
Cacat tetap (maksimal) Rp 50.000.000
Perawatan (maksimal) Rp 20.000.000
Penggantian biaya penguburan (tidak memiliki ahli waris) Rp 4.000.000
Manfaat tambahan penggantian biaya P3K Rp 1.000.000
Manfaat tambahan penggantian biaya ambulance Rp 500.000

Santunan bagi korban kecelakaan yang mengalami cacat tubuh

Seperti tabel di atas, bagi mereka yang mengalami cacat tetap maksimal, akan mendapatkan santunan yang sama dengan santunan meninggal dunia, tapi bagi yang mengalami cacat hanya sebagian dari anggota tubuh akan mendapatkan santunan sesuai dengan persentasenya. Berikut ini persentase santunan yang didapat oleh korban dengan cacat sebagian.

ANGGOTA TUBUH  KANAN  KIRI 
Tiap-tiap jari kaki  5% 5%
Jari tengah atau jari manis tangan  10% 5%
Kelingking tangan  10% 5%
Telunjuk tangan  15% 10%
Ibu jari tangan  25% 20%
Penglihatan dari satu mata  30% 30%
Satu kaki  50% 50%
Lengan dari atau di atas sendi dari pergelangan tangan  60% 50%
Lengan dari atau di atas sendi siku  65% 55%
Lengan dari sendi bahu  70% 60%

Syarat Korban dan Penerima Santunan

Tidak semua korban kecelakaan lalu lintas bisa mendapatkan santunan Jasa Raharja. Jasa Raharja hanya memberikan santunan kepada korban yang telah memenuhi persyaratan, salah satunya adalah mereka pengguna sah angkutan umum. Berikut beberapa contoh syarat mendapatkan santunan:

  • Korban kecelakaan yang saat kejadian sedang berada di dalam angkutan umum
  • Penumpang bus yang sedang berada di kapal feri dan mengalami kecelakaan di laut akan mendapatkan santunan ganda.
  • Setiap orang yang sedang berada di luar angkutan lalu lintas jalan yang menjadi korban kecelakaan dari penggunaan alat angkutan lalu lintas jalan.
  • Setiap orang yang berada di suatu kendaraan bermotor dan ditabrak oleh pengendara lainnya. 

Berikut ini contoh korban kecelakaan yang tidak bisa menerima santunan

  • Pengendara yang menyebabkan terjadinya kecelakaan dua atau lebih kendaraan. 
  • Korban kecelakaan entah pengendara atau pejalan kaki yang menerobos palang rel kereta api. 
  • Korban kecelakaan yang disengaja, contohnya percobaan bunuh diri.
  • Korban kecelakaan yang disebabkan karena kelalaiannya sendiri, contohnya mabuk saat berkendara. 
  • Korban kecelakaan yang terbukti sedang melakukan tindakan kejahatan.
  • Korban kecelakaan yang diakibatkan karena bencana alam.
  • Korban kecelakaan yang diakibatkan karena perlombaan kecepatan. 

Ahli Waris Jasa Raharja

Apabila korban kecelakaan meninggal dunia dan berhak untuk mendapatkan santunan, maka uang santunan akan diberikan kepada ahli warisnya. Namun, ada skala prioritas ahli waris yang bisa menerima, 

  • Janda atau duda yang sah
  • Anak-anaknya yang sah 
  • Orangtua sah dari korban kecelakaan 
  • Apabila tidak ada ahli waris, maka santunan akan dialihkan ke biaya penguburan 

Hak santunan ahli waris bisa saja gugur apabila permintaan tidak diajukan dalam waktu kurang dari 6 bulan setelah kecelakaan. Kemudian, pihak ahli waris juga harus melakukan penagihan paling lambat 3 bulan setelah pengajuan disetujui oleh Jasa Raharja.

 

Berita Terbaru Jasa Raharja

Februari 2020 - Jasa Raharja bersama Kepolisian Republik Indonesia (Polri) bekerja sama dalam pemanfaatan data kecelakaan lalu lintas dan kendaraan bermotor agar dapat diakses lewat sistem online. Kerja sama itu tertuang dalam Nota Kesepahaman (MoU) yang ditandatangani Kapolri Jenderal Pol Idham Azis dan Dirut Jasa Raharja Budi Rahardjo S. Sebelumnya, Jasa Raharja dan Polri juga telah menandatangani nota kesepahaman pada 9 Januari 2015 lalu yang merupakan cikal bakal pemanfaatan data secara online.

Maret 2020 - Dalam ajang BUMN Performance Excellence Award (BPEA), Jasa Raharja mendapatkan penghargaan sebagai salah satu BUMN yang berhasil memenuhi Kriteria Penilaian Kinerja Unggul (KPKU). Penghargaan ini diselenggarakan oleh Forum Ekselen BUMN (FEB) bersama dengan Majalah Infobank.

KPKU sendiri merupakan rangkaian pengembangan kapasitas keilmuan para praktisi BUMN yang dimulai dari pelatihan, asesmen, sampai dengan penganugerahan bagi yang mencapai prestasi kinerja sempurna.

April 2020 - Persatuan Istri (Persari) Keluarga Besar PT Jasa Raharja cabang DI Yogyakarta memberikan paket bantuan untuk tenaga medis yang tengah berjuang melayani pasien Covid19 di RSUP dr Sardjito. Paket bantuan tersebut berisikan susu, vitamin, dan suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

April 2020 - Tidak hanya peduli terhadap kecelakaan lalu lintas, saat masa pandemi, Jasa Raharja juga peduli terhadap membludaknya jumlah pasien penderita Covid19. Saat penderita naik drastis, fasilitas kesehatan yang ada pun kurang memadai. Demi membantu meringankan beban rumah sakit-rumah sakit, Jasa Raharja dan Biddokkes Polda NTT turut mendirikan tenda pemeriksaan pasien Covid19. Tenda ini dibangun di depan Rumah Sakit Bhayangkara Kupang.

Mei 2020 - Jasa Raharja menyebutkan kalau angka kecelakaan lalu lintas pada bulan Januari-April 2020 ini mengalami penurunan. Jumlahnya tak tanggung-tanggung bahkan mencapai 49 persen. Selain itu, jumlah santunan yang mereka keluarkan sendiri juga menurun, sekitar 20 persen. Penurunan ini diakibatkan oleh rendahnya mobilitas masyarakat selama kebijakan PSBB diberlakukan.

Mei 2020 - Sebagai langkah antisipasi menyebarnya virus Covid19, pemerintah telah menghimbau kepada masyarakat untuk tidak mudik ke kampung halamannya. Larangan ini berdampak pada pendapatan PT Jasa Raharja dari premi sebesar 30 persen.

 

Tips & Pertanyaan

Simak sekilas mengenai perusahaan PT Jasa Raharja (Persero), mulai dari sejarah perusahaan, pencapaian, hingga ulasan mengenai cara klaim, polis, dan sebagainya. Terdapat pula beberapa pertanyaan yang sering diajukan terkait asuransi Jasa Raharja.

Jasa Raharja yang didirikan sejak tahun 1960 merupakan penjabaran dari Peraturan Pemerintah No.6 Tahun 1960 tentang Ketentuan Perusahaan Asuransi Kerugian Belanda yang Dinasionalisasikan. Terdapat empat perusahaan yaitu Bekouw & Mijnssen, Blom & van Der Aa, Sluyters, serta N.V. Assurantie Maatschappij yang menjadi cikal bakal Jasa Raharja. Keempat perusahaan yang bermarkas di Jakarta ini kemudian dilebur menjadi Perusahaan Asuransi Kerugian Negara IKA BHAKTI.

Perusahaan Asuransi Kerugian Negara IKA BHAKTI melayani berbagai jenis pertanggungan asuransi. Asuransi ini pun bisa diikuti oleh masyarakat umum. Namun akhirnya mereka mengeluarkan produk asuransi baru yaitu asuransi kecelakaan kendaraan bermotor.

Seiring berjalannya waktu, nama perusahaan beberapa kali mengalami pergantian hingga menjadi PT Jasa Raharja (Persero), dengan salah satu produknya pertanggungan asuransi sosial kecelakaan. 

Peraturan Pemerintah No, 73 Tahun 1992 tentang Penyelenggaraan Usaha Perasuransian sebagai penjabaran UU No. 2 Tahun 1992 tentang Usaha Perasuransian, menetapkan bahwa perusahaan asuransi yang telah menyelenggarakan program asuransi sosial dilarang untuk menjalankan asuransi lain selain program asuransi sosial. 

Sehingga berdasarkan peraturan itu, Jasa Raharja sepenuhnya melayani asuransi sosial khususnya kecelakaan berlalu lintas. 

Perusahaan yang telah memiliki anak perusahaan di bidang asuransi yaitu Jasaraharja Putera ini menjalankan “tugas negara”, yaitu memberikan asuransi sosial untuk setiap kecelakaan yang dialami masyarakat baik darat, laut, atau udara.

Jasa Raharja merupakan perusahaan BUMN yang menyediakan pelayanan asuransi sosial di bidang kecelakaan lalu lintas. Karena bentuknya sebagai asuransi sosial, maka layanan ini wajib dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia, tentunya dengan beberapa persyaratan.

Artinya, siapa saja yang mengalami kecelakaan lalu lintas dan telah memenuhi persyaratan dari Jasa Raharja, ahli waris berhak untuk mendapatkan santunan. Jadi, mirip dengan asuransi jiwa.

Asuransi Jasa Raharja tidak diperjualbelikan karena program asuransi ini merupakan tanggung jawab negara bagi masyarakat yang menjadi penumpang transportasi umum, pengendara kendaraan bermotor, atau pejalan kaki di jalan raya.

Namun, bagi pemilik kendaraan bermotor ada kewajiban membayar Sumbangan Wajib yang ditetapkan setiap tahun saat memperpanjang STNK. Sementara, bagi penumpang transportasi umum sudah mendapatkan asuransi Jasa Raharja ketika membeli tiket perjalanan darat, laut, ataupun udara.

Jika ingin menambah manfaat pertanggungan dari Jasa Raharja, Anda bisa membeli asuransi tambahan melalui situs agregator seperti Lifepal. Melalui marketplace asuransi online 

Lifepal.co.id, Anda tidak hanya membandingkan satu atau dua produk asuransi, melainkan berbagai produk asuransi dari perusahaan asuransi yang ada di Indonesia. Dengan begitu, Anda mendapatkan proteksi terbaik sesuai kebutuhan dan premi paling ringan.

Cara membayar asuransi Jasa Raharja dibedakan berdasarkan status konsumen. Jika penumpang transportasi publik, maka membayar asuransi Jasa Raharja sudah termasuk dalam pembayaran tiket perjalanan, baik secara tunai, transfer, dan lain-lain. Sementara bagi pemilik kendaraan, metode pembayaran premi Jasa Raharja adalah melalui Sumbangan Wajib yang dibedakan berdasarkan provinsi.

Jasa Raharja siap menanggung biaya perawatan, meninggal dunia, memberikan santunan untuk ahli waris, atau memberikan biaya penguburan bagi korban meninggal yang tidak memiliki ahli waris. Santunan ini siap diberikan bagi korban kecelakaan lalu lintas yang telah memenuhi persyaratan. Ada tiga jenis kecelakaan yang ditanggung oleh Jasa Raharja,

Kecelakaan yang melibatkan dua pihak kendaraan

Setiap kecelakaan lalu lintas yang melibatkan dua pihak kendaraan pada umumnya bisa mendapatkan santunan dari Jasa Raharja. 

Kecelakaan transportasi umum baik darat, laut, dan udara 

Dalam UU No. 33 Tahun 1964 Jo PP No. 17 Tahun 1965 disebutkan bahwa dana pertanggungan wajib diberikan kepada penumpang sah dari alat angkutan umum yang mengalami kecelakaan diri. Namun, saat kejadian, korban harus berada di dalam angkutan dan naik dari pemberangkatan dan turun di tujuan. 

Kecelakaan dengan korban pihak ketiga atau tabrak lari

Di dalam UU No. 34 Tahun 1964 Jo PP No. 18 Tahun 1965, korban lain yang berhak untuk mendapatkan santunan kecelakaan adalah semua orang yang berada di luar angkutan lalu lintas jalan yang menjadi korban kecelakaan dari pengguna angkutan lalu lintas jalan lainnya, serta setiap orang di dalam kendaraan bermotor dan ditabrak. 

Sayangnya, bagi para korban kecelakaan tunggal di lalu lintas, Jasa Raharja tidak akan memberikan santunan. Kecelakaan tunggal merupakan kecelakaan lalu lintas yang tidak berbenturan dengan kendaraan lain, artinya kecelakaan disebabkan karena pihak pertama saja. 

Kenapa kecelakaan tunggal tidak ditanggung? Hal ini karena dalam kecelakaan tunggal tidak ada pihak yang menanggungnya. Berbeda dengan kecelakaan dua buah kendaraan, mungkin salah satunya bisa menjadi pihak yang bertanggung jawab.

Proses pengajuan santunan dari Jasa Raharja sendiri terbilang mudah. Anda cukup mengunjungi kantor Jasa Raharja terdekat, lalu menyerahkan dokumen dan formulir yang dibutuhkan.

  • Meminta surat laporan kecelakaan dari polisi atau instansi wewenang, misalnya seperti PT Jasa Marga untuk kecelakaan di tol atau PT KAI untuk kecelakaan kereta api
  • Membuat surat keterangan sehat atau kematian dari rumah sakit
  • Mengunjungi kantor Jasa Raharja untuk pengisian formulir pengajuan santunan
  • Menunjukkan identitas pribadi korban baik yang asli maupun fotokopi (KTP, KK, Surat Nikah)
  • Menyerahkan formulir yang telah diisi
  • Tunggu hingga proses pencairan selesai 

Proses pencairan ini biasanya memakan waktu sekitar 2-3 hari, namun untuk korban meninggal dunia di TKP pencairan bisa lebih cepat bahkan dalam jangka waktu 24 jam.

Melakukan klaim asuransi Jasa Raharja cukup mudah. Terdapat tiga tahapan proses klaim yang bisa Anda ikuti untuk semua jenis klaim, baik akibat meninggal dunia, cacat total tetap, rawat inap/rawat jalan, hingga penggantian biaya ambulans dan biaya lain-lain. Berikut tahapannya:

  • Meminta surat keterangan kecelakaan dari kepolisian 
  • Meminta surat keterangan kesehatan atau kematian dari pihak rumah sakit 
  • Membawa identitas pribadi seperti KTP, KK, atau Surat Nikah (bagi yang telah berkeluarga)
  • Mengunjungi kantor Jasa Raharja dan mengisi formulir pengajuan klaim
  • Menyerahkan formulir dan dokumen-dokumen pendukung ke petugas
  • Menunggu proses pencairan 

Berikut ini hal-hal yang perlu diketahui terkait klaim santunan Jasa Raharja:

  • Santunan hanya diberikan kepada ahli waris dengan skala prioritas yaitu janda/duda sah dari peserta, anak-anak sah, dan orang tua sah.
  • Jika tidak ada ahli waris, maka diberikan penggantian biaya penguburan kepada pihak kerabat atau tetangga yang menyelenggarakan proses penguburan.
  • Hak santunan bisa digugurkan jika pengajuan lebih dari enam bulan setelah terjadi kecelakaan.
  • Hak santunan gugur karena tidak dilakukan penagihan dalam waktu tiga bulan setelah hal yang dimaksud disetujui Jasa Raharja.

Urus santunan Jasa Raharja juga bisa dilakukan secara online. Jadi gak perlu lagi datang langsung ke kantor Jasa Raharja, bagaimana caranya?

  • Pertama kunjungi situs resmi jasaraharja.co.id.
  • Isi formulirnya secara online seperti memasukkan NIK korban dan lokasi kejadian
  • Unggah dokumen-dokumen yang dibutuhkan
  • Setelah selesai, pihak Jasa Raharja akan melakukan peninjauan terhadap dokumen yang Anda kirimkan

Selain lewat komputer, Jasa Raharja juga memiliki aplikasi ponsel pintar untuk mempermudah proses santunan yaitu JRku. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis di perangkat Android dan iOS. 

Layanan-layanan di dalamnya pun lengkap salah satunya adalah santunan online. Di layanan ini, Anda bisa mengajukan santunan secara online, dengan mengunggah dokumen-dokumen yang dibutuhkan seperti surat keterangan polisi, identitas korban, dan formulir. 

Setelah proses pengajuan santunan selesai, Anda langsung bisa mengecek sejauh apa proses santunan itu hingga dana santunan cair. 

Selain proses pengajuan online, JRku juga memiliki layanan Safe My Trip. Dengan layanan ini, Anda akan mendapatkan informasi lengkap seputar area-area yang rawan kecelakaan. Tujuannya agar pengendara bisa lebih berhati-hati bila melewati area tersebut.

Untuk korban luka-luka yang harus mendapatkan perawatan: 

  • Laporan polisi terkait sketsa Tempat Kejadian Perkara, atau laporan pihak berwenang lainnya 
  • Kuitansi biaya perawatan dan kuitansi obat-obatan yang dikeluarkan oleh rumah sakit tempat dirawat
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi rujukan bila korban sempat berpindah rumah sakit 

Untuk korban luka-luka hingga cacat:

  • Laporan polisi beserta sketsa Tempat Kejadian Perkara 
  • Keterangan cacat tetap dari dokter yang merawat
  • Fotokopi KTP 
  • Foto diri yang menunjukkan cacat tetap 

Untuk korban luka-luka kemudian meninggal dunia: 

  • Laporan polisi berikut sketsa TKP 
  • Surat kematian dari rumah sakit atau surat kematian dari kelurahan, jika korban tidak dibawa ke rumah sakit
  • Fotokopi KTP korban dan ahli waris
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  • Fotokopi surat nikah bila korban telah menikah
  • Fotokopi akta kelahiran atau akta kenal lahir, bagi korban yang belum menikah
  • Kuitansi asli dan sah biaya perawatan dan obat-obatan
  • Fotokopi surat rujukan bila korban pindah ke rumah sakit lain

Untuk korban meninggal dunia saat kejadian kecelakaan:

  • Laporan polisi berikut sketsa TKP atau laporan kecelakaan pihak berwenang lain
  • Surat kematian dari rumah sakit atau surat kematian dari kelurahan jika korban tidak dibawa ke rumah sakit
  • Fotokopi KTP korban dan ahli waris
  • Fotokopi Kartu Keluarga 
  • Fotokopi surat nikah bagi korban yang telah menikah
  • Fotokopi akta kelahiran bagi korban yang belum menikah.

Berdasarkan situs resminya, batas waktu pengajuan klaim santunan adalah enam bulan sejak kecelakaan terjadi. Apabila melewati waktu enam bulan, bisa dipastikan permohonan pengajuan santunan Anda akan ditolak oleh pihak Jasa Raharja.

Berdasarkan UU No 33 dan 34 tahun 1964, bukan cuma pengguna kendaraan umum dan pengendara kendaraan saja yang akan mendapatkan santunan, tapi bagi korban tabrak lari juga bisa mendapatkannya. 

Sejatinya, korban tabrak lari memiliki hak yang sama dengan korban kecelakaan pada umumnya yang bukan tabrak lari. Artinya, penanganan dalam hal santunannya juga sama, tidak ada diskriminasi. Besaran santunannya pun mulai dari Rp 500 ribu sampai Rp 50 juta, sama dengan yang didapatkan para korban kecelakaan kendaraan. 

Namun, karena kecelakaan tabrak lari itu sangat mudah dimanipulasi kebenarannya, maka pihak Jasa Raharja juga akan kembali mengkroscek setiap pengajuan santunan korban tabrak lari. Petugas akan melaksanakan survei dan meneliti Tempat Kejadian Perkara (TKP) untuk meyakini kebenaran kasus kecelakaan tersebut bukanlah kecelakaan tunggal. Karena kalau kecelakaan tunggal, pihak Jasa Raharja tidak bisa mengeluarkan santunannya. 

Sementara korban, perlu mengikuti prosedur pengajuan seperti pada umumnya, yaitu membuat laporan kepolisian terlebih dahulu, kemudian, mengisi formulir dan menyerahkan data diri sebagai persyaratan klaim.

Sayangnya, bagi korban kecelakaan tunggal di jalan raya tidak bisa mendapatkan santunan dari Jasa Raharja. Hal ini karena di dalam kecelakaan tunggal tidak ada pihak yang menanggungnya. Berbeda dengan kecelakaan dua buah kendaraan, mungkin salah satunya bisa menjadi pihak yang bertanggung jawab.

Dalam asuransi Jasa Raharja terdapat satu metode penggantian biaya asuransi yaitu santunan Jasa Raharja. Bagi penumpang transportasi umum, pengendara kendaraan bermotor, ataupun pejalan kaki yang mengalami kecelakaan bisa melakukan klaim untuk mendapatkan penggantian biaya asuransi dengan nominal sesuai ketentuan Jasa Raharja.

Bagi korban kecelakaan meninggal dunia, santunan akan diberikan dalam bentuk tunai ke pada pihak ahli waris. Jadi ahli waris nantinya akan menerima sejumlah uang sesuai dengan besaran santunan. 

Sementara untuk korban rawat, Jasa Raharja akan langsung mentransfer ke rekening pihak rumah sakit tempat korban dirawat. Besarannya sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan RI No. 15 dan 16/PMK.10/2017 yaitu Rp 20-25 juta untuk perawatan maksimal.

Untuk proses pencairan santunannya sendiri tidak memakan waktu yang cukup lama. Bahkan apabila korban meninggal dunia di Tempat Kejadian Perkara atau mengalami kecelakaan besar, uang santunan bisa cair dalam waktu 1×24 jam. 

Sementara untuk kecelakaan-kecelakaan biasa, umumnya, proses pencairan memakan waktu sekitar 2-3 hari. 

Produk asuransi mirip yang disediakan oleh Jasa Raharja kemungkinan bisa kita temukan di berbagai perusahaan asuransi lainnya. Berikut daftar perusahaan asuransi yang kemungkinan menyediakan produk asuransi seperti Jasa Raharja:

Sementara itu, berikut daftar perusahaan asuransi lain yang sama-sama berstatus BUMN (Badan Usaha Milik Negara):

Layanan Jasa Raharja bisa dicapai dengan berbagai media. Adapun informasi lebih jelas mengenai cara klaim dan lainnya bisa menghubungi kontak berikut atau mengunjungi alamat Jasa Raharja, sebagai berikut:

PT Jasa Raharja (Persero)

Jalan HR Rasuna Said Kav.C-2, Kuningan, Jakarta, 12920, Indonesia.

Telepon: (021) 5203454

Fax: (021) 5220284

Email: [email protected]

Website: www.jasaraharja.co.id

Jasa Raharja Call Center 

Contact center: 1500020

SMS Center: 081210500500

Kantor Jasa Raharja tersebar di sejumlah kota di Indonesia. Hingga kini, Jasa Raharja memiliki satu kantor pusat di Jakarta, 29 kantor cabang, 63 kantor perwakilan, 67 kantor pelayanan Jasa Raharja (KPJR), dan 1.285 Samsat.

Kantor Pusat Jasa Raharja

Jalan H.R. Rasuna Said Kav. C-2

Kuningan-Jakarta 12920

Telepon: (021) 5203454

Faksimile: (021) 5220284

Website: www.jasaraharja.co.id

Email: [email protected]

  • Cabang Aceh: Jalan Teuku Umar No. 350, Setui, Banda Aceh. T. 0651-414 41
  • Cabang Sumatera Utara: Jalan Jend. Gatot Subroto No. 142, Km 5,1 Medan Sei Sikambing C II Telp: (061)-8451746, 8452370 Faks:(061)-8451688
  • Kantor perwakilan Medan: Jalan Iskandar Muda No. 20 FF-GG Medan Telp/Fax: (061)-80501892
  • Cabang Riau: Jalan Jend. Sudirman No. 285, Pekanbaru Telp/Fax: (0761)-42850, 42851 / 28142
  • Cabang Kepulauan Riau: Jalan Daeng Kamboja No. 1, Batam Kota Batam Center – 29461 Telp: (0778)-4804565, Fax : (0778)-4804464
  • Cabang Sumatera Barat: Jalan HR. Rasuna Said No. 1, Padang. T. 0751-343 64
  • Kantor perwakilan Bukittinggi: Jalan Perintis Kemerdekaan No 7, Bukittinggi Telp: (0752)-22029 
  • Cabang Jambi: Jalan Prof. Sri Sudewi No. 19, Telanaipura, Jambi Telp/Fax: (0741)-62444 / 60305
  • Cabang Sumatera Selatan: Jalan Kapt. Rivai No. 18, Palembang Telp/Fax: (0711)-354040, 366706 / 354825
  • Cabang Kepulauan Bangka Belitung: Jalan Jend. Sudirman No. 180 A, Pangkal Pinang Telp/Fax: (0717)-431847 / 431847
  • Cabang Bengkulu: Jalan S Parman No. 64, Kebun Kenanga, Bengkulu. T. 0736-209 994
  • Cabang Lampung: Jalan W. Monginsidi No. 220 A, Teluk Betung – Bandar Lampung Tlp: (0721)-487522 Fax: (0721)-487507
  • Kantor perwakilan Metro: Jalan A.H. Nasution No. 122 Metro Tlp: (0725)-45770 Fax: (0725)-48094
  • Cabang Banten: Jalan Jend. Sudirman No. 32, RT.07/001, Kel. Sumur Pecung, Kecamatan Serang – Kota Serang, Provinsi Banten – 42118
  • Kantor perwakilan Tangerang: Jalan M.H. Thamrin, Komp. Ruko Mahkota Mas No. 10-11, Kelurahan Cikokol, Kecamatan Tangerang Kota Tangerang, Provinsi Banten – 15117 Telp: (021)-5549516
  • Cabang DKI Jakarta: Jalan Raya Jatinegara Timur No. 123, Jakarta Telp: (021)-21012904
  • Cabang Jawa Barat: Jalan Soekarno Hatta No. 689 A, RT. 001/27 Kel. Sekejati, Kec. Margacinta Kodya, Bandung – 40286
  • Kantor perwakilan Bandung: Jalan Surya Sumantri No. 8 Sukawarna – Sukajadi, Bandung 40164 Telp/Fax: (022) 82003672
  • Cabang Jawa Tengah: Jalan Sultan Agung No. 100, Semarang Telp/Fax: (024)-3546140 / 3543841
  • Kantor perwakilan Semarang: Jalan Imam Bonjol 151 Kel Pendrikan lor, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang Telp 024 3558089 fax 024 3567026
  • Cabang DI Yogyakarta: Jalan Magelang No. 7, Yogyakarta 55231 Telp/Fax: (0274)-562531 / 563735
  • Cabang Jawa Timur: Jalan P. Diponegoro No. 96-98, Surabaya Telp: (031)-5675102, 5679218, 5678186 Fax: (031)-5681693
  • Kantor perwakilan Surabaya: Jalan Jemur Handayani No. 46 A, Surabaya Telp/Fax: (031)-8478492 / 8478491
  • Cabang Kalimantan Barat: Jalan Sultan Abdurahman No. 101 A Kota Pontianak, Prov Kalimantan Barat Telp/Fax: (0561)-734272, 768931 / 733812
  • Cabang Kalimantan Selatan: Jalan A. Yani No 35 Km 4.5, Banjarmasin – 70235 – Kalimantan Selatan Telp: (0511)-3254593, 43262856, 3262856 Fax: (0511)-3252084
  • Cabang Kalimantan Timur: Jln. Jend. Sudirman No. 50, Gn. Bahagia, Balikpapan – Kalimantan Timur. Telp: (0542)-762294, 762678 Fax: (0542)-762001
  • Kantor perwakilan Samarinda: Jln. Ir. H. Juanda No. 222, Air Putih – Samarinda Telp/Fax: (0541)-205790 / 768101 email : [email protected]
  • Cabang Sulawesi Utara: Jalan A. Yani No. 25 – 27, Manado Telp/Fax: (0431)-876943, 876944 / 876945
  • Kantor perwakilan Gorontalo: Jalan Jend. Sudirman No. 10, Gorontalo Telp/Fax: (0435)-822148
  • Cabang Sulawesi Tenggara: Jalan Dr. Sam Ratulangi No. 26, Kendari – 93121 Telp/Fax: (0401)-3122153 / 3125510
  • Cabang Sulawesi Selatan: Jalan Dr. Syam Ratulangi No. 77, Makassar Telp/Fax: (0411)-872988, 873495 / 853559
  • Kantor perwakilan Parepare: Jalan Baumasape No. 170, Parepare Telp/Fax: (0421)-3312006
  • Cabang Kalimantan Tengah: Jalan RTA Milano Km. I No. 18, Palangkaraya. T. 0536-322 1726
  • Cabang Bali: Jalan Hayam Wuruk No. 202, Denpasar. T. 0361-235 120
  • Cabang Sulawesi Tengah: Jalan Basuki Rahmat No. 78A, Palu. T. 0451-820 5600
  • Cabang Nusa Tenggara Barat: Jalan Majapahit No. 60, Mataram. T. 0370-636 812
  • Kantor perwakilan Bima: Jalan Gajah Mada No. 98, Bima Telp/Fax: (0374)-646701 / 646702
  • Cabang Nusa Tenggara Timur: Jalan WJ Lalamentik No. 72A, Kupang. T. 0380-833 284
  • Kantor perwakilan Ende: Jalan Sam Ratulangi No. 22, Ende Telp/Fax: (0381)-21443 / 2500925
  • Cabang Maluku: Jalan Jend. Sudirman No. 8, Batu Merah Atas, Ambon. T. 0911-344 836
  • Cabang Papua: Jalan Sam Ratulangi No. 32, Jayapura. T. 0967-534 361
  • Kantor perwakilan Manokwari: Jalan TriKora Wosi, Ruko Haji NN, Kota Manokwari,Papua Barat Telp: (0986) 215334
  • Kantor pelayanan Aceh: Jalan Malikul Saleh No.13 Ds. Cureh Kec. Kota Juang Kab. Bireuen Telp. (0644) 21230 Fax. (0644) 21230
  • Kantor pelayanan Sumatera Utara: Jalan Cut Nyak Dien No. 15C, Rantau Prapat Telp.(0624) 325618 Fax. (0624) 325618 (Labuhan Batu), Jalan Sudirman No. 12 A, Stabat Kec. Stabat Kab. Langkat Telp. (061) 8910033 (Stabat), Jalan Pantai Labu No. 48 A Desa Sekip Kec. Lubuk Pakam, Deli Serdang Telp.(061) 7953887 (Lubuk Pakam),  Jalan Pemuda No. 8 I Desa Napitupulu Kec. Balige, Kab. Toba Samosir, Sumatera Utara Telp. (0632) 21354 (Balige), Jalan Diponegoro Ds. Sifalaete Kel. Ilir Kotamadya Gunungsitoli – Kota Gunungsitoli Telp. (0639) 323021 (Gunung Sitoli).
  • Kantor pelayanan Riau: Jalan Hang Tuah No.420, Kel. Air Jamban Kec. Mandau Kab. Bengkalis Telp.(0765) 597058 (Duri), Jalan Pematang Reba – Rengat No.69 Kec. Rengat Barat Telp. (0769) 341515 (Rengat).
  • Kantor pelayanan Sumatera Barat: Jalan Bandarejo Nagari Lingkuang Aua Jambak Jalur Simpang Empat Pasaman Barat Telp. (0753) 466789 (Pasaman Barat), Jalan Lintas Sumatera KM 163 KiliranJao, Desa Muaro Takuang Kec. Kamang Baru Kab. Sijunjung (Muaro Sijunjung).
  • Kantor pelayanan Jambi: Jalan Jambi Bulian Desa Mendalo Darat Kabupaten Muaro Jambi Telp. (0741) 3051398
  • Kantor pelayanan Sumatera Selatan: Jalan Yos Sudarso No. 1, Kel. Taba Jemekeh, Kec. Lubuk Linggau Timur 1, Lubuk Linggau Telp. (0733) 323307 (Lubuk Linggau), Jalan Merdeka No.24 Kel. Pangkalan Balai Kec. Pangkalan Balai Kab. Banyuasin Telp. (0711) 891054 (Pangkalan Balai), Jalan Lintas Timur Km 32 Komp Ruko Citra No. 10 Kel. Timbangan Kec. Indralaya Kab. Ogan Ilir – Sumatera Selatan Telp. (0711) 581088 (Indralaya).
  • Kantor pelayanan Lampung: Jalan Lintas Sumatera KM. 61 Kalianda, Lampung Selatan Telp.(0727) 322893 (Kalianda), Jalan A. Yani No.2 Sidodadi, Pringsewu – Tanggamus Telp.(0729) 21810 (Pringsewu)
  • Kantor pelayanan Banten: Jalan Raya Rangkasbitung KM.1 Kel. Kabayan Kec. / Kab. Pandeglang Banten Telp. (0253) 203089 (Pandeglang), Jalan Raya Pemda Tigaraksa KM.1 Ruko Central Mulya No. 4 Desa Sukamulya Kec. Tigaraksa Kab. Tangerang Banten (Tigaraksa). 
  • Kantor pelayanan DKI Jakarta: Jalan Raya Plumpang Semper No. 14 Rt. 001/012 – Jakarta Utara Telp. (021) 43935869 Fax. (021) 29467672 (Jakarta Utara)
  • Kantor pelayanan Jawa Barat: Ruko Cibinong City Center Office Park Blok B II, Jalan Tegar Beriman No. I Cibinong, Kabupaten Bogor Telp. (021) 29335178 (Cibinong), Jalan Ir. H. Juanda No.72 Cianjur Telp. (0263) 261820 (Cianjur), Jalan Jend. Amir Mahmud No. 310 Ruko B6 Cimahi Telp. (022) 6659100 (Cimahi), Jalan Guntur Indah No. 52 Desa Haurpanggung Kec. Tarogong Kidul Kab. Garut Telp. (0262) 238072 (Garut), Jalan Suta Atmaja Komplek Ruko No.7 Pasar Inpres Subang Telp. (0260) 415027 (Subang), Jalan Alfathu No.96 Soreang, Kab. Bandung Telp. (022) 88885834 (Soreang), Ruko Metro Boulevard, Jalan Niaga Raya Blok B2 No.3 Jababeka 2, Cikarang Telp.(021) 89842286 (Cikarang), Jalan Kutamaya No. 45 RT. 01/13 Kel. Kota Kulon Kec. Sumedang Selatan Kab. Sumedang Jawa Barat Telp. (0261) 202095 (Sumedang), Jalan Otto Iskandardinata Rukan Larissa Kav. 1 No. 501 Klangenan, Kab. Cirebon – Jawa Barat Telp. (0231)-342805 (Palimanan).
  • Kantor pelayanan Jawa Tengah: Jalan Raya Sragen – Solo KM. 3 Jetak, Sidoharjo – Sragen Telp. (0271) 8822810 (Sragen), Jalan Pemuda No. 290 Kab. Klaten Telp.(0272) 3359145 Fax. (0272) 3359145 (Klaten), Jalan Kapten Sudibyo No.102 Kel. Pekauman Kec. Tegal Barat Kota Tegal Telp. (0283) 322844 (Tegal), Jalan Ahmad Yani No. 14, Kel. Karangjati, Kec./Kab. Blora Telp.(0296) 5300366 (Blora), Jalan Tentara Pelajar Ds. Kawedusan RT. 2/1 Kec. Kebumen Kab. Kebumen Telp.(0287) 381882 (Kebumen), Jalan A. Yani No. 51 A Ungaran Telp.(024) 76912676 (Ungaran), Jalan Raya Timur No.79 Klapa Gading Kulon, Wangon Banyumas Telp. (0281) 513001 (Wangon), Jalan Raya Demak – Purwodadi KM 10 Ds. Dempet Kec. Dempet Telp. (0291) 681020 (Demak), Jalan Raya Jepara – Kudus KM. 21 Kec. Mayong – Kab. Jepara Telp.(0291) 7512154 (Jepara).
  • Kantor pelayanan DI Yogyakarta: Ruko Perumahan Alam Citra Jalan Parangtritis KM. 7 Panggungharjo, Sewon Bantul, DI Yogyakarta 55187 Telp. (0274) 445401 Fax. (0274) 6463031 (Bantul)
  • Kantor pelayanan Jawa Timur: Jalan Brawijaya Ruko Karangente Citra Niaga Blok A No. 3-4 – Banyuwangi Telp. (0333) 422333 (Banyuwangi), Jalan Ry Kedondong Ruko 54-B Kec. Bagor Kab. Nganjuk Telp. (0358) 322626 Fax. (0358) 322626 (Nganjuk), Jalan Urip Sumoharjo No.167 Ponorogo Telp.(0352) 483069 (Ponorogo), Jalan P. Antasari No. 1, Kenayan, Tulungagung Telp (0355) 337334 – 337335 (Tulungagung), Komplek Ruko N6 Jalan Surodinawan – Mojokerto Telp. (0321) 3321574 – 5884233 (Mojokerto), Jalan WR Supratman No 45 A-B Telp. (0356) 331633 (Tuban), Jalan A. Yani No.958 Ngawi Telp. (0351) 749431 (Ngawi), Jalan Ahmad Yani No. 3 C Sidoarjo – Jawa Timur Telp.(031) 8952110 Fax. (031) 8952110 (Sidoarjo), Jalan Panji No. 15 Kav. 2 Kepanjen, Jawa Timur Telp. (0341) 392888 (Kepanjen), Jalan Teuku Umar/ Pertokoan Abu Yaman Blok A-II Bangkalan, Jawa Timur Telp. (031) 3062233 (Bangkalan).
  • Kantor pelayanan Bali: Jalan Yos Sudarso No.18 Negara Bali Telp.(0365) 40129 (Negara), Jalan Dharma Giri No.83 Gianyar Telp.(0361) 8958303, 8958304 (Gianyar).
  • Kantor pelayanan Nusa Tenggara Barat: Jalan Prof M. Yamin No. 42 Lingkungan Lauq Masjid Kelurahan Pancor Kecamatan Selong, Kab. Lombok Timur
  • Kantor pelayanan Nusa Tenggara Timur: Jalan D.C Saudale Kel. Beirafu Kec. Atambua Barat Telp. (0389) 2513577
  • Kantor pelayanan Kalimantan Barat: Jalan Raden Sujarwo No. 18 Kel. Terusan Kec. Mempawah Hilir Telp. (0561) 6693312 Fax. (0561) 6693312
  • Kantor pelayanan Kalimantan Tengah: Jalan Yos Sudarso No.50 Sampit Telp. (0531) 34400
  • Kantor pelayanan Kalimantan Selatan: Jalan Transmigrasi Plajau KM 2.5 Tanah Bumbu Kalimantan Selatan Telp. (0518) 74461 Fax.(0518) 70543
  • Kantor pelayanan Sulawesi Tengah: Jalan Gunung Lompobattang No. 39 A Kel. Luwuk Kec. Luwuk Kab. Banggai Telp. (0461) 23994 (Luwuk Banggai), Jalan Trans Sulawesi Kompleks Ruko Kel. Bantaya Kabupaten Parigi Moutong Telp. (0450) 22463 (Parigi Moutong) 
  • Kantor pelayanan Sulawesi Selatan: Jalan Pababari No 4A, Mamuju, Sulbar Telp. (0426) 22523 (Mamuju), Jalan Kartini Ruko 152 B Kel. Palantykan, Kec. Bantaeng, Kab. Bantaeng Telp. (0413) 22780 (Bantaeng). 
  • Kantor pelayanan Papua: Jalan Gunung Arfak No. 34, Kota Sorong – Papua Telp. (0951) 321460 Fax. (0951) 331034 (Sorong), Jalan Brawijaya No.57 Merauke Telp. (0971) 322576 (Merauke), Jalan Teuku Umar, Biak Telp.(0981) 25523 (Biak)

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • https://www.jasaraharja.co.id/
  • https://www.jasaraharja.co.id/berita/info-utama/persari-raharja-diy-sampaikan-bantuan-ke-rsup-dr-sardjito.html
  • https://www.jasaraharja.co.id/berita/info-utama/jasa-raharja-biddokkes-polda-ntt-dirikan-tenda-pemeriksaan-pasien-corona-covid-19.html
  • https://keuangan.kontan.co.id/news/di-tengah-pandemi-pendapatan-premi-jasa-raharja-terkoreksi-hingga-30
  • https://news.detik.com/berita/d-5006128/jasa-raharja-ungkap-angka-kecelakaan-turun-49-pada-januari-april-2020
  • https://www.jasaraharja.co.id/media/kcfinder/docs/secure/secure-maret-2020.pdf