Asuransi Jasa Raharja

DISKON HINGGA 20% Temukan pilihan polis sesuai kebutuhan dan anggaranmu!

+62
+62
+62

PT Jasa Raharja (Persero) adalah perusahaan asuransi yang berstatus Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Jasa Raharja memiliki bisnis di sektor asuransi sosial, yaitu menanggung risiko kecelakaan yang terjadi di jalan raya, jalur laut, dan jalur udara.

Jasa Raharja semula bernama Perusahaan Negara Asuransi Kerugian (PNAK) yang didirikan pada tahun 1960. Seiring waktu, nama perusahaan beberapa kali mengalami perubahan, hingga akhirnya menggunakan nama Jasa Raharja sejak tahun 1980.

Program asuransi yang ditawarkan Jasa Raharja adalah perlindungan dasar kepada masyarakat melalui dua program asuransi sosial. Pertama adalah Program Asuransi Kecelakaan dan Asuransi Alat Angkutan Umum yang dilaksanakan berdasarkan UU No. 33 Tahun 1964. Kedua adalah Program Asuransi Tanggung Jawab Menurut Hukum Terhadap Pihak Ketiga yang dilaksanakan berdasarkan UU No. 34 Tahun 1964.

Berdasarkan produk yang disediakan, kehadiran Jasa Raharja hanya menjalani fungsi negara dalam melindungi masyarakatnya dari risiko kecelakaan diri. Santunan yang diberikan berkisar Rp500 ribu sampai Rp50 juta. Angka tersebut memang tidak begitu besar jika dibandingkan dengan uang pertanggungan yang bisa mencapai miliaran rupiah dari asuransi swasta.

Asuransi Jasa Raharja memberikan benefit atau manfaat yang disesuaikan dengan ketentuan program asuransi yang disediakan. Berikut adalah pertanggungan atau manfaat asuransi dari Jasa Raharja.

Asuransi Kecelakaan
Asuransi Kecelakaan Lalu Lintas
Program asuransi yang memberikan pertanggungan untuk kecelakaan lalu lintas bagi pengendara dan pihak ketiga (korban kecelakaan).
Asuransi Kecelakaan
Asuransi Kecelakaan Transportasi Umum:
Program asuransi yang memberikan perlindungan bagi penumpang transportasi umum baik darat, laut, maupun udara.
Asuransi Tanggung Jawab Pihak Ketiga
Asuransi Tanggung Jawab Pihak Ketiga:
Program asuransi kecelakaan diri yang diberikan kepada korban kecelakaan (tabrakan) lalu lintas atau pihak ketiga. Asuransi ini sebagai bentuk tanggung jawab hukum atas kelalaian pengendara kendaraan bermotor.

Berbagai produk asuransi Jasa Raharja yang telah disebutkan memiliki ketentuan berbeda-beda. Agar lebih jelas dan semakin memahami produk asuransi Jasa Raharja, mari perhatikan ulasan berikut ini. Dengan demikian, Anda dapat mempertimbangkan kelayakan produk asuransi dan kebutuhan proteksi lain yang Anda butuhkan.

Pertanggungan asuransi Jasa Raharja adalah benefit atau manfaat yang diberikan oleh perusahaan asuransi untuk klaim yang diajukan. Sebagai perusahaan asuransi khusus sosial dari negara, pertanggungan Jasa Raharja terbatas dari sisi proteksi. Berikut penjelasannya.

Asuransi Kecelakaan

Asuransi kecelakaan Jasa Raharja memberikan perlindungan bagi pengendara kendaraan bermotor dan penumpang transportasi umum baik jalur darat, laut, dan udara.

Pertanggungan asuransi kecelakaan Jasa Raharja adalah uang santunan untuk kecelakaan lalu lintas yang dialami pengendara kendaraan bermotor dan pejalan kaki. Berikut ini pertanggungan yang diberikan dua produk asuransi kecelakaan Jasa Raharja.

Asuransi Kecelakaan Lalu Lintas:

  • Santunan meninggal dunia Rp50 juta.
  • Cacat total tetap Rp50 juta (maksimal).
  • Perawatan Rp20-25 juta (maksimal).
  • Penggantian biaya penguburan (jika tidak punya ahli waris) Rp4 juta.
  • Penggantian biaya P3K (manfaat tambahan) Rp1 juta.
  • Penggantian biaya ambulans (manfaat tambahan) Rp500 ribu.

Asuransi Kecelakaan Transportasi Umum:

  • Santunan meninggal dunia Rp50 juta.
  • Cacat total tetap Rp50 juta (maksimal).
  • Perawatan Rp20-25 juta (tergantung jenis transportasi darat/laut/udara).
  • Penggantian biaya penguburan (jika tidak punya ahli waris) Rp4 juta.
  • Penggantian biaya P3K (manfaat tambahan) Rp1 juta.
  • Penggantian biaya ambulans (manfaat tambahan) Rp500 ribu.

Asuransi Tanggung Jawab Pihak Ketiga

Pertanggungan asuransi tanggung jawab pihak ketiga Jasa Raharja adalah santunan dan biaya yang ditimbulkan akibat kecelakaan. Pertanggungan ini diberikan kepada pihak ketiga (korban) kecelakaan lalu lintas. Berikut penjelasannya.

  • Santunan meninggal dunia Rp50 juta.
  • Cacat total tetap Rp50 juta (maksimal).
  • Perawatan Rp20-25 juta (maksimal).
  • Penggantian biaya penguburan (jika tidak punya ahli waris) Rp4 juta.
  • Penggantian biaya P3K (manfaat tambahan) Rp1 juta.
  • Penggantian biaya ambulans (manfaat tambahan) Rp500 ribu.

Dalam Jasa Raharja premi dibedakan menjadi dua, yaitu Iuran Wajib dan Sumbangan Wajib. Sebelum melihat nominal iuran, kenali terlebih dahulu penjelasan singkat mengenai iuran wajib dan sumbangan wajib berikut ini:

  • Iuran Wajib adalah biaya yang dikenakan kepada setiap penumpang transportasi umum yang nominalnya telah dijumlahkan dengan ongkos angkut saat membeli tiket. Iuran Wajib ini dipungut langsung oleh masing-masing operator (pengelola) alat transportasi. Khusus penumpang kendaraan bermotor umum di dalam kota dan kereta api jarak pendek (kurang dari 50 kilometer) dibebaskan dari pembayaran Iuran Wajib tersebut.
  • Sumbangan Wajib adalah nominal iuran yang dibayarkan secara periodik (setiap tahun) di Kantor Samsat saat melakukan pendaftaran atau perpanjangan STNK. Sumbangan Wajib dikenakan kepada pemilik kendaraan bermotor.

Tarif Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) ditentukan oleh Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 36/PMK.010/2008 tanggal 26 Februari 2008. Berikut ini nominal Sumbangan Wajib asuransi Jasa Raharja yang dikenakan berdasarkan jenis kendaraan:

  • Sepeda motor 500 CC ke bawah, mobil ambulans, mobil jenazah, dan mobil pemadam kebakaran sebesar Rp3.000,-
  • Traktor, buldoser, forklift, mobil derek, ekskavator, crane, dan sejenisnya sebesar Rp23 ribu.
  • Sepeda motor, sepeda kumbang, dan skuter di atas 50 CC hingga 250 CC dan kendaraan bermotor roda tiga sebesar Rp35 ribu.
  • Sepeda motor dan skuter di atas 250 CC sebesar Rp83 ribu.
  • Pick-up dan mobil barang hingga 2.400 CC, sedan, jip, dan mobil penumpang bukan angkutan umum sebesar Rp143 ribu.
  • Mobil penumpang angkutan umum hingga 1.600 CC dikenakan tarif Rp73 ribu.
  • Bus dan mikrobus bukan angkutan umum sebesar Rp153 ribu.
  • Bus dan mikrobus angkutan umum serta mobil penumpang angkutan lain di atas 1.600 CC sebesar Rp90 ribu.
  • Truk, mobil tangki, mobil gandengan, mobil barang di atas 2.400 CC, truk kontainer, dan sejenisnya sebesar Rp163 ribu.

Dalam asuransi Jasa Raharja terdapat satu metode penggantian biaya asuransi yaitu santunan Jasa Raharja. Bagi penumpang transportasi umum, pengendara kendaraan bermotor, ataupun pejalan kaki yang mengalami kecelakaan bisa melakukan klaim untuk mendapatkan penggantian biaya asuransi dengan nominal sesuai ketentuan Jasa Raharja.

Metode penggantian santunan dari Jasa Raharja adalah pemberian sejumlah uang sesuai klaim yang diajukan dan nominal yang telah disebutkan sebelumnya. Adapun nominal pertanggungan biaya perawatan kecelakaan yang diberikan Jasa Raharja adalah Rp25 juta untuk kecelakaan transportasi umum jalur udara.

Asuransi Jasa Raharja tidak diperjualbelikan karena program asuransi ini merupakan tanggung jawab negara bagi masyarakat yang menjadi penumpang transportasi umum, pengendara kendaraan bermotor, atau pejalan kaki di jalan raya.

Namun, bagi pemilik kendaraan bermotor ada kewajiban membayar Sumbangan Wajib yang ditetapkan setiap tahun saat memperpanjang STNK. Sementara, bagi penumpang transportasi umum sudah mendapatkan asuransi Jasa Raharja ketika membeli tiket perjalanan darat, laut, ataupun udara.

Jika ingin menambah manfaat pertanggungan dari Jasa Raharja, Anda bisa membeli asuransi tambahan melalui situs agregator seperti Lifepal. Melalui marketplace asuransi online Lifepal.co.id, Anda tidak hanya membandingkan satu atau dua produk asuransi, melainkan berbagai produk asuransi dari perusahaan asuransi yang ada di Indonesia. Dengan begitu, Anda mendapatkan proteksi terbaik sesuai kebutuhan dan premi paling ringan.

Cara membayar asuransi Jasa Raharja dibedakan berdasarkan status konsumen. Jika penumpang transportasi publik, maka membayar asuransi Jasa Raharja sudah termasuk dalam pembayaran tiket perjalanan, baik secara tunai, transfer, dan lain-lain. Sementara bagi pemilik kendaraan, metode pembayaran premi Jasa Raharja adalah melalui Sumbangan Wajib yang dibedakan berdasarkan provinsi.

Melakukan klaim asuransi Jasa Raharja cukup mudah. Terdapat tiga tahapan proses klaim yang bisa Anda ikuti untuk semua jenis klaim, baik akibat meninggal dunia, cacat total tetap, rawat inap/rawat jalan, hingga penggantian biaya ambulans dan biaya lain-lain. Berikut tahapannya:

  • Mengisi formulir yang disediakan (diunduh melalui situs resmi Jasa Raharja atau ke kantor langsung) dan melengkapi formulir data diri.
  • Pastikan dokumen dan bukti klaim sah dan lengkap.
  • Pihak Jasa Raharja akan meneliti dan memproses dokumen pengajuan santunan.

Berikut ini hal-hal yang perlu diketahui terkait klaim santunan Jasa Raharja:

  • Santunan hanya diberikan kepada ahli waris dengan skala prioritas yaitu janda/duda sah dari peserta, anak-anak sah, dan orang tua sah.
  • Jika tidak ada ahli waris, maka diberikan penggantian biaya penguburan kepada pihak kerabat atau tetangga yang menyelenggarakan proses penguburan.
  • Hak santunan bisa digugurkan jika pengajuan lebih dari enam bulan setelah terjadi kecelakaan.
  • Hak santunan gugur karena tidak dilakukan penagihan dalam waktu tiga bulan setelah hal yang dimaksud disetujui Jasa Raharja.

Produk asuransi mirip yang disediakan oleh Jasa Raharja kemungkinan bisa Anda temukan di berbagai perusahaan asuransi lainnya. Berikut daftar perusahaan asuransi yang kemungkinan menyediakan produk asuransi seperti Jasa Raharja:

Informasi Umum

PT Jasa Raharja (Persero) adalah perusahaan asuransi yang berstatus Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Jasa Raharja memiliki bisnis di sektor asuransi sosial, yaitu menanggung risiko kecelakaan yang terjadi di jalan raya, jalur laut, dan jalur udara.

Jasa Raharja semula bernama Perusahaan Negara Asuransi Kerugian (PNAK) yang didirikan pada tahun 1960. Seiring waktu, nama perusahaan beberapa kali mengalami perubahan, hingga akhirnya menggunakan nama Jasa Raharja sejak tahun 1980.

Program asuransi yang ditawarkan Jasa Raharja adalah perlindungan dasar kepada masyarakat melalui dua program asuransi sosial. Pertama adalah Program Asuransi Kecelakaan dan Asuransi Alat Angkutan Umum yang dilaksanakan berdasarkan UU No. 33 Tahun 1964. Kedua adalah Program Asuransi Tanggung Jawab Menurut Hukum Terhadap Pihak Ketiga yang dilaksanakan berdasarkan UU No. 34 Tahun 1964.

Berdasarkan produk yang disediakan, kehadiran Jasa Raharja hanya menjalani fungsi negara dalam melindungi masyarakatnya dari risiko kecelakaan diri. Santunan yang diberikan berkisar Rp500 ribu sampai Rp50 juta. Angka tersebut memang tidak begitu besar jika dibandingkan dengan uang pertanggungan yang bisa mencapai miliaran rupiah dari asuransi swasta.

Polis Asuransi Jasa Raharja

Asuransi Jasa Raharja memberikan benefit atau manfaat yang disesuaikan dengan ketentuan program asuransi yang disediakan. Berikut adalah pertanggungan atau manfaat asuransi dari Jasa Raharja.

Asuransi Kecelakaan
Asuransi Kecelakaan Lalu Lintas
Program asuransi yang memberikan pertanggungan untuk kecelakaan lalu lintas bagi pengendara dan pihak ketiga (korban kecelakaan).
Asuransi Kecelakaan
Asuransi Kecelakaan Transportasi Umum:
Program asuransi yang memberikan perlindungan bagi penumpang transportasi umum baik darat, laut, maupun udara.
Asuransi Tanggung Jawab Pihak Ketiga
Asuransi Tanggung Jawab Pihak Ketiga:
Program asuransi kecelakaan diri yang diberikan kepada korban kecelakaan (tabrakan) lalu lintas atau pihak ketiga. Asuransi ini sebagai bentuk tanggung jawab hukum atas kelalaian pengendara kendaraan bermotor.
Ulasan Produk Asuransi Jasa Raharja

Berbagai produk asuransi Jasa Raharja yang telah disebutkan memiliki ketentuan berbeda-beda. Agar lebih jelas dan semakin memahami produk asuransi Jasa Raharja, mari perhatikan ulasan berikut ini. Dengan demikian, Anda dapat mempertimbangkan kelayakan produk asuransi dan kebutuhan proteksi lain yang Anda butuhkan.

Pertanggungan asuransi Jasa Raharja adalah benefit atau manfaat yang diberikan oleh perusahaan asuransi untuk klaim yang diajukan. Sebagai perusahaan asuransi khusus sosial dari negara, pertanggungan Jasa Raharja terbatas dari sisi proteksi. Berikut penjelasannya.

Asuransi Kecelakaan

Asuransi kecelakaan Jasa Raharja memberikan perlindungan bagi pengendara kendaraan bermotor dan penumpang transportasi umum baik jalur darat, laut, dan udara.

Pertanggungan asuransi kecelakaan Jasa Raharja adalah uang santunan untuk kecelakaan lalu lintas yang dialami pengendara kendaraan bermotor dan pejalan kaki. Berikut ini pertanggungan yang diberikan dua produk asuransi kecelakaan Jasa Raharja.

Asuransi Kecelakaan Lalu Lintas:

  • Santunan meninggal dunia Rp50 juta.
  • Cacat total tetap Rp50 juta (maksimal).
  • Perawatan Rp20-25 juta (maksimal).
  • Penggantian biaya penguburan (jika tidak punya ahli waris) Rp4 juta.
  • Penggantian biaya P3K (manfaat tambahan) Rp1 juta.
  • Penggantian biaya ambulans (manfaat tambahan) Rp500 ribu.

Asuransi Kecelakaan Transportasi Umum:

  • Santunan meninggal dunia Rp50 juta.
  • Cacat total tetap Rp50 juta (maksimal).
  • Perawatan Rp20-25 juta (tergantung jenis transportasi darat/laut/udara).
  • Penggantian biaya penguburan (jika tidak punya ahli waris) Rp4 juta.
  • Penggantian biaya P3K (manfaat tambahan) Rp1 juta.
  • Penggantian biaya ambulans (manfaat tambahan) Rp500 ribu.

Asuransi Tanggung Jawab Pihak Ketiga

Pertanggungan asuransi tanggung jawab pihak ketiga Jasa Raharja adalah santunan dan biaya yang ditimbulkan akibat kecelakaan. Pertanggungan ini diberikan kepada pihak ketiga (korban) kecelakaan lalu lintas. Berikut penjelasannya.

  • Santunan meninggal dunia Rp50 juta.
  • Cacat total tetap Rp50 juta (maksimal).
  • Perawatan Rp20-25 juta (maksimal).
  • Penggantian biaya penguburan (jika tidak punya ahli waris) Rp4 juta.
  • Penggantian biaya P3K (manfaat tambahan) Rp1 juta.
  • Penggantian biaya ambulans (manfaat tambahan) Rp500 ribu.

Dalam Jasa Raharja premi dibedakan menjadi dua, yaitu Iuran Wajib dan Sumbangan Wajib. Sebelum melihat nominal iuran, kenali terlebih dahulu penjelasan singkat mengenai iuran wajib dan sumbangan wajib berikut ini:

  • Iuran Wajib adalah biaya yang dikenakan kepada setiap penumpang transportasi umum yang nominalnya telah dijumlahkan dengan ongkos angkut saat membeli tiket. Iuran Wajib ini dipungut langsung oleh masing-masing operator (pengelola) alat transportasi. Khusus penumpang kendaraan bermotor umum di dalam kota dan kereta api jarak pendek (kurang dari 50 kilometer) dibebaskan dari pembayaran Iuran Wajib tersebut.
  • Sumbangan Wajib adalah nominal iuran yang dibayarkan secara periodik (setiap tahun) di Kantor Samsat saat melakukan pendaftaran atau perpanjangan STNK. Sumbangan Wajib dikenakan kepada pemilik kendaraan bermotor.

Tarif Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) ditentukan oleh Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 36/PMK.010/2008 tanggal 26 Februari 2008. Berikut ini nominal Sumbangan Wajib asuransi Jasa Raharja yang dikenakan berdasarkan jenis kendaraan:

  • Sepeda motor 500 CC ke bawah, mobil ambulans, mobil jenazah, dan mobil pemadam kebakaran sebesar Rp3.000,-
  • Traktor, buldoser, forklift, mobil derek, ekskavator, crane, dan sejenisnya sebesar Rp23 ribu.
  • Sepeda motor, sepeda kumbang, dan skuter di atas 50 CC hingga 250 CC dan kendaraan bermotor roda tiga sebesar Rp35 ribu.
  • Sepeda motor dan skuter di atas 250 CC sebesar Rp83 ribu.
  • Pick-up dan mobil barang hingga 2.400 CC, sedan, jip, dan mobil penumpang bukan angkutan umum sebesar Rp143 ribu.
  • Mobil penumpang angkutan umum hingga 1.600 CC dikenakan tarif Rp73 ribu.
  • Bus dan mikrobus bukan angkutan umum sebesar Rp153 ribu.
  • Bus dan mikrobus angkutan umum serta mobil penumpang angkutan lain di atas 1.600 CC sebesar Rp90 ribu.
  • Truk, mobil tangki, mobil gandengan, mobil barang di atas 2.400 CC, truk kontainer, dan sejenisnya sebesar Rp163 ribu.

Dalam asuransi Jasa Raharja terdapat satu metode penggantian biaya asuransi yaitu santunan Jasa Raharja. Bagi penumpang transportasi umum, pengendara kendaraan bermotor, ataupun pejalan kaki yang mengalami kecelakaan bisa melakukan klaim untuk mendapatkan penggantian biaya asuransi dengan nominal sesuai ketentuan Jasa Raharja.

Metode penggantian santunan dari Jasa Raharja adalah pemberian sejumlah uang sesuai klaim yang diajukan dan nominal yang telah disebutkan sebelumnya. Adapun nominal pertanggungan biaya perawatan kecelakaan yang diberikan Jasa Raharja adalah Rp25 juta untuk kecelakaan transportasi umum jalur udara.

Asuransi Jasa Raharja tidak diperjualbelikan karena program asuransi ini merupakan tanggung jawab negara bagi masyarakat yang menjadi penumpang transportasi umum, pengendara kendaraan bermotor, atau pejalan kaki di jalan raya.

Namun, bagi pemilik kendaraan bermotor ada kewajiban membayar Sumbangan Wajib yang ditetapkan setiap tahun saat memperpanjang STNK. Sementara, bagi penumpang transportasi umum sudah mendapatkan asuransi Jasa Raharja ketika membeli tiket perjalanan darat, laut, ataupun udara.

Jika ingin menambah manfaat pertanggungan dari Jasa Raharja, Anda bisa membeli asuransi tambahan melalui situs agregator seperti Lifepal. Melalui marketplace asuransi online Lifepal.co.id, Anda tidak hanya membandingkan satu atau dua produk asuransi, melainkan berbagai produk asuransi dari perusahaan asuransi yang ada di Indonesia. Dengan begitu, Anda mendapatkan proteksi terbaik sesuai kebutuhan dan premi paling ringan.

Cara membayar asuransi Jasa Raharja dibedakan berdasarkan status konsumen. Jika penumpang transportasi publik, maka membayar asuransi Jasa Raharja sudah termasuk dalam pembayaran tiket perjalanan, baik secara tunai, transfer, dan lain-lain. Sementara bagi pemilik kendaraan, metode pembayaran premi Jasa Raharja adalah melalui Sumbangan Wajib yang dibedakan berdasarkan provinsi.

Melakukan klaim asuransi Jasa Raharja cukup mudah. Terdapat tiga tahapan proses klaim yang bisa Anda ikuti untuk semua jenis klaim, baik akibat meninggal dunia, cacat total tetap, rawat inap/rawat jalan, hingga penggantian biaya ambulans dan biaya lain-lain. Berikut tahapannya:

  • Mengisi formulir yang disediakan (diunduh melalui situs resmi Jasa Raharja atau ke kantor langsung) dan melengkapi formulir data diri.
  • Pastikan dokumen dan bukti klaim sah dan lengkap.
  • Pihak Jasa Raharja akan meneliti dan memproses dokumen pengajuan santunan.

Berikut ini hal-hal yang perlu diketahui terkait klaim santunan Jasa Raharja:

  • Santunan hanya diberikan kepada ahli waris dengan skala prioritas yaitu janda/duda sah dari peserta, anak-anak sah, dan orang tua sah.
  • Jika tidak ada ahli waris, maka diberikan penggantian biaya penguburan kepada pihak kerabat atau tetangga yang menyelenggarakan proses penguburan.
  • Hak santunan bisa digugurkan jika pengajuan lebih dari enam bulan setelah terjadi kecelakaan.
  • Hak santunan gugur karena tidak dilakukan penagihan dalam waktu tiga bulan setelah hal yang dimaksud disetujui Jasa Raharja.

Produk asuransi mirip yang disediakan oleh Jasa Raharja kemungkinan bisa Anda temukan di berbagai perusahaan asuransi lainnya. Berikut daftar perusahaan asuransi yang kemungkinan menyediakan produk asuransi seperti Jasa Raharja:

Apa Kata Mereka Tentang Kami

qudratullah Akim
qudratullah Akim
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Pusaka Ayudiguna
Pusaka Ayudiguna
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Tri Aprilistiyani
Tri Aprilistiyani
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
didik setyadi
didik setyadi
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0

Mereka yang Sudah Percaya pada Lifepal

Client Lifepal
Client Lifepal