Asuransi Jasa Raharja

4 / 5.0 (6.003 Ulasan)
  • Diskon Terbaik
  • 500+ Pilihan
  • Bantuan Klaim
FLASHSALE
Hemat 25%
  • ACA_43_1_D
67 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.

Jasa Raharja: Prosedur, Santunan & Klaim Online

Jasa Raharja merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang asuransi sosial dan termasuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Asuransi Jasa Raharja memiliki tanggung jawab untuk mengelola asuransi kecelakaan lalu lintas bagi pengguna jalan yang ada di Indonesia.

Salah satu keunggulan Jasa Raharja adalah nasabah dipermudah dalam melakukan pengajuan klaim atau santunan melalui layanan online. Kini nasabah dapat melakukannya melalui situs resmi Jasa Raharja maupun aplikasi JRku, kapanpun dan di manapun.

Sedang mencari asuransi mobil terbaik? Lifepal telah mengumpulkan ratusan pilihan terbaik dengan premi mulai Rp38 ribuan/bulan, cek sekarang dan dapatkan diskon hingga 25 persen!

Pilihan Polis Terbaik Jasa Raharja

Berikut pilihan polis terbaik asuransi Jasa Raharja beserta manfaatnya yang bisa Anda pertimbangkan.

Program asuransi yang memberikan pertanggungan untuk kecelakaan lalu lintas bagi pengendara dan pihak ketiga (korban kecelakaan).
Program asuransi yang memberikan perlindungan bagi penumpang transportasi umum baik darat, laut, maupun udara.
Program asuransi kecelakaan diri yang diberikan kepada korban kecelakaan (tabrakan/tabrak lari) lalu lintas atau pihak ketiga. Asuransi ini sebagai bentuk tanggung jawab hukum atas kelalaian pengendara kendaraan bermotor.

Rangkuman Manfaat Polis Asuransi Jasa Raharja

PT Jasa Raharja (persero) atau Jasa Raharja Insurance membagi produknya ke dalam dua kategori, yaitu asuransi kecelakaan dan tanggung jawab pihak ketiga-kecelakaan. Berikut penjelasan keduanya.

ProdukManfaat
Asuransi KecelakaanSantunan meninggal + santunan cacat total tetap + perawatan kecelakaan + biaya penguburan + ambulans + penggantian biaya P3K
Asuransi Tanggung Jawab Pihak Ketiga-KecelakaanSantunan meninggal + santunan cacat total tetap + perawatan kecelakaan + biaya penguburan + ambulans + penggantian biaya P3K + ganti rugi pihak ketiga

Sekilas Tentang Asuransi Jasa Raharja

PT Jasa Raharja (Persero) adalah perusahaan asuransi yang berstatus Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Perusahaan yang didirikan pada 1960 ini  berfokus pada asuransi sosial, yaitu asuransi kecelakaan dan asuransi tanggung jawab pihak ketiga.

Karena itu produk asuransi Jasa Raharja sangat cocok khususnya untuk nasabah yang memiliki usaha penyedia transportasi umum. Selain itu, Jasa Raharja juga cukup dikenal dengan program tahunannya bersama BUMN, yaitu kegiatan mudik gratis.

Layanan Nasabah Asuransi Jasa Raharja

Guna memudahkan nasabahnya dalam mendapatkan informasi, Jasa Raharja telah menyediakan layanan nasabah online dan offline. Layanan online bisa dijangkau dengan berbagai media, seperti telepon, email, hingga mengakses situs resminya.

Sementara, layanan offline bisa mendatangi langsung kantor pusat/cabang yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Jasa Raharja memiliki 29 kantor cabang, 63 kantor perwakilan dan 64 Kantor Pelayanan Jasa Raharja (KPJR), dan 1.560 SAMSAT yang tersebar diseluruh Indonesia.

Kantor Pusat PT Jasa Raharja (Persero)

Jalan HR Rasuna Said Kav.C-2, Kuningan, Jakarta, 12920, Indonesia.

Telepon: (021) 5203454

Fax: (021) 5220284

Email: [email protected]

Website: www.jasaraharja.co.id

Contact center: 1500020

SMS Center: 081210500500

Besaran Premi Jasa Raharja Insurance

Setiap masyarakat pengguna kendaraan lalu lintas maupun pengguna kendaraan umum diwajibkan untuk membayar premi yang ketentuannya telah tercantum dalam aturan dan hukum:

  • UU No. 3 Tahun 1964 tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang jo. PP No.17 Tahun 1965 tentang Ketentuan Pelaksanaan Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang
  • UU No. 34 Tahun 1964 tentang Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan jo. PP No. 18 Tahun 1965 tentang Ketentuan Pelaksanaan Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan

Dalam Jasa Raharja premi dibedakan menjadi dua, yaitu Iuran Wajib dan Sumbangan Wajib. Sebelum melihat nominal iuran, kenali terlebih dahulu penjelasan singkat mengenai iuran wajib dan sumbangan wajib berikut ini:

  • Iuran Wajib adalah biaya yang dikenakan kepada setiap penumpang transportasi umum yang nominalnya telah dijumlahkan dengan ongkos angkut saat membeli tiket. Iuran Wajib ini dipungut langsung oleh masing-masing operator (pengelola) alat transportasi. Khusus penumpang kendaraan bermotor umum di dalam kota dan kereta api jarak pendek (kurang dari 50 kilometer) dibebaskan dari pembayaran Iuran Wajib tersebut.
  • Sumbangan Wajib adalah nominal iuran yang dibayarkan secara periodik (setiap tahun) di Kantor Samsat saat melakukan pendaftaran atau perpanjangan STNK. Sumbangan Wajib dikenakan kepada pemilik kendaraan bermotor.

Cara Klaim Asuransi Jasa Raharja

Melakukan klaim asuransi Jasa Raharja cukup mudah. Terdapat tiga tahapan proses klaim yang bisa Anda ikuti untuk semua jenis klaim, baik klaim meninggal dunia, cacat total tetap, rawat inap/rawat jalan, hingga penggantian biaya ambulan dan biaya lain-lain.

Berikut cara klaimnya:

  • Meminta surat keterangan kecelakaan dari kepolisian¬†
  • Meminta surat keterangan kesehatan atau kematian dari pihak rumah sakit¬†
  • Membawa identitas pribadi seperti KTP, KK, atau Surat Nikah (bagi yang telah berkeluarga)
  • Mengunjungi kantor Jasa Raharja dan mengisi formulir pengajuan klaim
  • Menyerahkan formulir dan dokumen-dokumen pendukung ke petugas
  • Menunggu proses pencairan¬†

Berikut ini hal-hal yang perlu diketahui terkait klaim santunan Jasa Raharja:

  • Santunan hanya diberikan kepada ahli waris dengan skala prioritas, yaitu janda/duda sah dari peserta, anak-anak sah, dan orangtua sah.
  • Jika tidak ada ahli waris, maka diberikan penggantian biaya penguburan kepada pihak kerabat atau tetangga yang menyelenggarakan proses penguburan.
  • Hak santunan bisa digugurkan jika pengajuan lebih dari enam bulan setelah terjadi kecelakaan.
  • Hak santunan gugur karena tidak dilakukan penagihan dalam waktu tiga bulan setelah hal yang dimaksud disetujui Jasa Raharja.

Berita Terbaru Asuransi Jasa Raharja

Pertanyaan Seputar Asuransi Jasa Raharja

Berikut daftar pertanyaan yang paling sering diajukan calon nasabah maupun nasabah terkait Asuransi Jasa Raharja.

Apa itu Asuransi Jasa Raharja?

Jasa Raharja yang didirikan sejak tahun 1960 merupakan penjabaran dari Peraturan Pemerintah No.6 Tahun 1960 tentang Ketentuan Perusahaan Asuransi Kerugian Belanda yang Dinasionalisasikan. Terdapat empat perusahaan, yaitu Bekouw & Mijnssen, Blom & van Der Aa, Sluyters, serta N.V. Assurantie Maatschappij yang menjadi cikal bakal Jasa Raharja. Keempat perusahaan yang bermarkas di Jakarta ini kemudian dilebur menjadi Perusahaan Asuransi Kerugian Negara IKA BHAKTI.

Perusahaan Asuransi Kerugian Negara IKA BHAKTI melayani berbagai jenis pertanggungan asuransi. Asuransi ini pun bisa diikuti oleh masyarakat umum. Namun akhirnya mereka mengeluarkan produk asuransi baru, yaitu asuransi kecelakaan kendaraan bermotor.

Seiring berjalannya waktu, nama perusahaan beberapa kali mengalami pergantian hingga menjadi PT Jasa Raharja (Persero), dengan salah satu produknya pertanggungan asuransi sosial kecelakaan. 

Peraturan Pemerintah No. 73 Tahun 1992 tentang Penyelenggaraan Usaha Perasuransian sebagai penjabaran UU No. 2 Tahun 1992 tentang Usaha Perasuransian, menetapkan bahwa perusahaan asuransi yang telah menyelenggarakan program asuransi sosial dilarang untuk menjalankan asuransi lain selain program asuransi sosial. 

Sehingga berdasarkan peraturan itu, Jasa Raharja sepenuhnya melayani asuransi sosial khususnya kecelakaan berlalu lintas. 

Perusahaan yang telah memiliki anak perusahaan di bidang asuransi, yaitu Jasaraharja Putera ini menjalankan ‚Äútugas negara‚ÄĚ berupa memberikan asuransi sosial untuk setiap kecelakaan yang dialami masyarakat baik darat, laut, atau udara.

Apa fungsi Jasa Raharja?

Jasa Raharja merupakan perusahaan BUMN yang menyediakan pelayanan asuransi sosial di bidang kecelakaan lalu lintas. Karena bentuknya sebagai asuransi sosial, maka layanan ini wajib dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia, tentunya dengan beberapa persyaratan.

Artinya, siapa saja yang mengalami kecelakaan lalu lintas dan telah memenuhi persyaratan dari Jasa Raharja, ahli waris berhak untuk mendapatkan santunan. Dengan kata lain, asuransi ini mirip dengan asuransi jiwa.

Apakah Jasa Raharja bisa diuangkan?

Bagi korban kecelakaan meninggal dunia, santunan akan diberikan dalam bentuk tunai ke pada pihak ahli waris. Jadi, ahli waris nantinya akan menerima sejumlah uang sesuai dengan besaran santunan. 

Sementara untuk korban rawat, Jasa Raharja akan langsung mentransfer ke rekening pihak rumah sakit tempat korban dirawat. Besarannya sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan RI No. 15 dan 16/PMK.10/2017 yaitu Rp 20-25 juta untuk perawatan maksimal.

Bagaimana cara mendapatkan Asuransi Jasa Raharja?

Asuransi Jasa Raharja tidak diperjualbelikan karena program asuransi ini merupakan tanggung jawab negara bagi masyarakat yang menjadi penumpang transportasi umum, pengendara kendaraan bermotor, atau pejalan kaki di jalan raya.

Namun, bagi pemilik kendaraan bermotor ada kewajiban membayar Sumbangan Wajib yang ditetapkan setiap tahun saat memperpanjang STNK. Sementara, bagi penumpang transportasi umum sudah mendapatkan asuransi Jasa Raharja ketika membeli tiket perjalanan, baik darat, laut, ataupun udara.

Jika ingin menambah manfaat pertanggungan dari Jasa Raharja, Anda bisa membeli asuransi tambahan melalui situs agregator seperti Lifepal. Di Lifepal.co.id, Anda tidak hanya membandingkan satu atau dua produk asuransi, melainkan berbagai produk dari berbagai perusahaan yang ada di Indonesia.

Dengan begitu, Anda mendapatkan proteksi terbaik sesuai kebutuhan dan premi paling ringan. Cek caranya di sini!

Bagaimana cara pembayaran Asuransi Jasa Raharja?

Cara membayar asuransi Jasa Raharja dibedakan berdasarkan status konsumen. Jika penumpang transportasi publik, maka membayar asuransi Jasa Raharja sudah termasuk dalam pembelian tiket perjalanan, baik secara tunai, transfer, dan lain-lain. Sementara bagi pemilik kendaraan, metode pembayaran premi Jasa Raharja adalah melalui Sumbangan Wajib yang dibedakan berdasarkan provinsi.

Bagaimana cara mengurus Jasa Raharja?

Proses pengajuan santunan dari Jasa Raharja sendiri terbilang mudah. Anda cukup mengunjungi kantor Jasa Raharja terdekat, lalu menyerahkan dokumen dan formulir yang dibutuhkan.

  • Meminta surat laporan kecelakaan dari polisi atau instansi wewenang, misalnya seperti PT Jasa Marga untuk kecelakaan di tol atau PT KAI untuk kecelakaan kereta api
  • Membuat surat keterangan sehat atau kematian dari rumah sakit
  • Mengunjungi kantor Jasa Raharja untuk pengisian formulir pengajuan santunan
  • Menunjukkan identitas pribadi korban baik yang asli maupun fotokopi (KTP, KK, Surat Nikah)
  • Menyerahkan formulir yang telah diisi
  • Tunggu hingga proses pencairan selesai¬†

Proses pencairan ini biasanya memakan waktu sekitar 2-3 hari, namun untuk korban meninggal dunia di TKP pencairan bisa lebih cepat bahkan dalam jangka waktu 24 jam.

Bagaimana cara mengurus Jasa Raharja tabrak lari?

Berdasarkan UU No. 33 dan 34 tahun 1964, bukan cuma pengguna kendaraan umum dan pengendara kendaraan saja yang akan mendapatkan santunan, tapi bagi korban tabrak lari juga bisa mendapatkannya. 

Sejatinya, korban tabrak lari memiliki hak yang sama dengan korban kecelakaan pada umumnya yang bukan tabrak lari. Artinya, penanganan dalam hal santunannya juga sama, tidak ada jauh berbeda. Besaran santunannya pun mulai dari Rp 500 ribu sampai Rp 50 juta, sama dengan yang didapatkan para korban kecelakaan kendaraan. 

Namun, karena kecelakaan tabrak lari itu sangat mudah dimanipulasi kebenarannya, maka pihak Jasa Raharja juga akan mengecek kembali setiap pengajuan santunan korban tabrak lari. Petugas akan melaksanakan survei dan meneliti Tempat Kejadian Perkara (TKP) untuk meyakini kebenaran kasus kecelakaan tersebut bukanlah kecelakaan tunggal. Karena kalau kecelakaan tunggal, pihak Jasa Raharja tidak bisa mengeluarkan santunannya. 

Sementara korban, perlu mengikuti prosedur pengajuan seperti pada umumnya, yaitu membuat laporan kepolisian terlebih dahulu, kemudian, mengisi formulir dan menyerahkan data diri sebagai persyaratan klaim.

Bagaimana cara mengurus Jasa Raharja kecelakaan tunggal?

Sayangnya, bagi korban kecelakaan tunggal di jalan raya tidak bisa mendapatkan santunan dari Jasa Raharja. Hal ini karena di dalam kecelakaan tunggal tidak ada pihak yang menanggungnya. Berbeda dengan kecelakaan dua buah kendaraan, mungkin salah satunya bisa menjadi pihak yang bertanggung jawab.

Bagaimana metode penggantian Jasa Raharja?

Dalam asuransi Jasa Raharja terdapat satu metode penggantian biaya asuransi, yaitu santunan Jasa Raharja. Bagi penumpang transportasi umum, pengendara kendaraan bermotor, ataupun pejalan kaki yang mengalami kecelakaan bisa melakukan klaim untuk mendapatkan penggantian biaya asuransi dengan nominal sesuai ketentuan Jasa Raharja.

Berapa lama Jasa Raharja cair?

Untuk proses pencairan santunannya sendiri tidak memakan waktu yang cukup lama. Bahkan, apabila korban meninggal dunia di Tempat Kejadian Perkara (TKP) atau mengalami kecelakaan besar, uang santunan bisa cair dalam waktu 1×24 jam. 

Sementara untuk kecelakaan-kecelakaan biasa, biasanya proses pencairan memakan waktu sekitar 2-3 hari. 

Kecelakaan apa saja yang ditanggung Jasa Raharja?

Jasa Raharja siap menanggung biaya perawatan, meninggal dunia, memberikan santunan untuk ahli waris, atau memberikan biaya penguburan bagi korban meninggal yang tidak memiliki ahli waris. Santunan ini siap diberikan bagi korban kecelakaan lalu lintas yang telah memenuhi persyaratan. Ada tiga jenis kecelakaan yang ditanggung oleh Jasa Raharja, yaitu:

Kecelakaan yang melibatkan dua pihak kendaraan

Setiap kecelakaan lalu lintas yang melibatkan dua pihak kendaraan pada umumnya bisa mendapatkan santunan dari Jasa Raharja.

Kecelakaan transportasi umum baik darat, laut, dan udara 

Dalam UU No. 33 Tahun 1964 juncto (Jo) PP No. 17 Tahun 1965 disebutkan bahwa dana pertanggungan wajib diberikan kepada penumpang sah dari alat angkutan umum yang mengalami kecelakaan diri. Namun, saat kejadian, korban harus berada di dalam angkutan dan naik dari pemberangkatan dan turun di tujuan. 

Kecelakaan dengan korban pihak ketiga atau tabrak lari

Di dalam UU No. 34 Tahun 1964 Jo PP No. 18 Tahun 1965, korban lain yang berhak untuk mendapatkan santunan kecelakaan adalah semua orang yang berada di luar angkutan lalu lintas jalan yang menjadi korban kecelakaan dari pengguna angkutan lalu lintas jalan lainnya, serta setiap orang di dalam kendaraan bermotor dan ditabrak. 

Sayangnya, bagi para korban kecelakaan tunggal di lalu lintas, Jasa Raharja tidak akan memberikan santunan. Kecelakaan tunggal merupakan kecelakaan lalu lintas yang tidak berbenturan dengan kendaraan lain. Artinya, kecelakaan disebabkan karena pihak pertama saja. 

Kenapa kecelakaan tunggal tidak ditanggung? Ini karena dalam kecelakaan tunggal tidak ada pihak yang menanggungnya. Berbeda dengan kecelakaan dua buah kendaraan, mungkin salah satunya bisa menjadi pihak yang bertanggung jawab.

Siapa saja direksi Jasa Raharja saat ini?

Beberapa waktu lalu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Tohir merombak susunan direksi PT Jasa Raharja (Persero). Perombakan tersebut dilakukan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pada Juni lalu. Adapun susunan direksi Jasa Raharja yang baru adalah sebagai berikut.

  • Direktur Utama: Rivan Purwanto
  • Direktur Keuangan: Myland
  • Direktur Operasional: Dewi Aryani Suzana
  • Direktur Manajemen Risiko & Teknologi Informasi: Amos Sapetoding
  • Direktur Hubungan Kelembagaan: Munadi Herlambang
  • Direktur SDM & Umum: Rubi Handojo

Perusahaan lain seperti Jasa Raharja

Produk asuransi mirip yang disediakan oleh Jasa Raharja kemungkinan bisa Anda temukan di berbagai perusahaan asuransi lainnya. Berikut daftar perusahaan asuransi yang kemungkinan menyediakan produk asuransi seperti Jasa Raharja:

Sementara itu, berikut daftar perusahaan asuransi lain yang sama-sama berstatus BUMN (Badan Usaha Milik Negara):

Sumber dan Referensi

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • https://www.jasaraharja.co.id/
  • https://www.jasaraharja.co.id/berita/info-utama/persari-raharja-diy-sampaikan-bantuan-ke-rsup-dr-sardjito.html
  • https://www.jasaraharja.co.id/berita/info-utama/jasa-raharja-biddokkes-polda-ntt-dirikan-tenda-pemeriksaan-pasien-corona-covid-19.html
  • https://keuangan.kontan.co.id/news/di-tengah-pandemi-pendapatan-premi-jasa-raharja-terkoreksi-hingga-30
  • https://news.detik.com/berita/d-5006128/jasa-raharja-ungkap-angka-kecelakaan-turun-49-pada-januari-april-2020
  • https://www.jasaraharja.co.id/media/kcfinder/docs/secure/secure-maret-2020.pdf
  • https://www.liputan6.com/bisnis/read/4552163/jasa-raharja-sumbang-santunan-rp-3-miliar-ke-ahli-waris-korban-sriwijaya-air-sj-182
  • https://news.detik.com/berita/d-5655524/jasa-raharja-dan-polri-gelar-vaksinasi-massal-di-malang
  • https://biz.kompas.com/read/2021/06/23/174004528/sukses-pimpin-kb-bukopin-rivan-purwantono-dipercaya-jadi-dirut-jasa-raharja
Chat Bantuan