Asuransi Jasa Raharja

DISKON HINGGA 20% Temukan pilihan polis sesuai kebutuhan dan anggaranmu!

+62
+62
+62
 

Asuransi Jasa Raharja

PT Jasa Raharja (Persero) adalah perusahaan asuransi yang berstatus Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Perusahaan yang didirikan pada 1960 ini memiliki bisnis di sektor asuransi sosial, yaitu menanggung risiko kecelakaan yang terjadi di jalan raya, jalur laut, dan jalur udara.

Kelebihan dan Kekurangan Jasa Raharja

  • (+) Manfaat asuransi “gratis” yang diperoleh dari pembayaran pajak kendaraan atau pembelian tiket perjalanan.
  • (-) Produk yang tersedia sangat terbatas, hanya berupa asuransi sosial yaitu asuransi kecelakaan dan asuransi tanggung jawab pihak ketiga.
  • (-) Santunan tunai hanya Rp500 ribu hingga 50 juta. Lebih rendah jika dibandingkan perusahaan asuransi pada umumnya.

Sekilas tentang Jasa Raharja

Jasa Raharja semula bernama Perusahaan Negara Asuransi Kerugian (PNAK) yang didirikan pada tahun 1960. Seiring waktu, nama perusahaan beberapa kali mengalami perubahan, hingga akhirnya menggunakan nama Jasa Raharja sejak tahun 1980.

Program asuransi yang ditawarkan Jasa Raharja adalah perlindungan dasar kepada masyarakat melalui dua program asuransi sosial. Pertama adalah Program Asuransi Kecelakaan dan Asuransi Alat Angkutan Umum yang dilaksanakan berdasarkan UU No. 33 Tahun 1964. Kedua adalah Program Asuransi Tanggung Jawab Menurut Hukum Terhadap Pihak Ketiga yang dilaksanakan berdasarkan UU No. 34 Tahun 1964.

Berdasarkan produk yang disediakan, kehadiran Jasa Raharja hanya menjalani fungsi negara dalam melindungi masyarakatnya dari risiko kecelakaan diri. Santunan yang diberikan berkisar Rp500 ribu sampai Rp50 juta. Angka tersebut memang tidak begitu besar jika dibandingkan dengan uang pertanggungan yang bisa mencapai miliaran rupiah dari asuransi swasta.

Jasa Raharja belum terdaftar sebagai bagian dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI). Namun, anak perusahaannya, Jasaraharja Putera telah terdaftar sebagai bagian dari Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI). Jasa Raharja telah memiliki identitas resmi sejak dibentuk pada tahun 1969. Berikut ini beberapa peraturan pemerintah dan surat keputusan menteri yang memperkuat status hukum Jasa Raharja sebagai salah satu BUMN yang bergerak di bidang asuransi: Peraturan Pemerintah (PP) No.3 tahun 1960; Pengumuman Menteri Urusan Pendapatan, Pembiayaan dan Pengawasan RI No.12631/BUM II tanggal 9 Februari 1960; PP No.8 tahun 1965; Surat Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia No. Kep.750/KMK/IV/II/1970 tanggal 18 November 1970; dan Surat Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia No. 523/KMK/013/1989.

Dalam perjalanannya sebagai perusahaan asuransi, Jasa Raharja telah mendapatkan berbagai penghargaan dan pengakuan atas kinerja perusahaan dari sisi finansial maupun pelayanan. Berikut sejumlah penghargaan yang telah ditorehkan Jasa Raharja: Living Legend Company: Pioneer in Social Insurance Company 2019 yang diselenggarakan Warta Ekonomi; Innovative Company in Insurance Sector dari Warta Ekonomi Awards 2018; BUMN Berpredikat Sangat Bagus atas Kinerja Keuangan Tahun 2017 dari InfoBank 2018; The Most Profitable State Owned Enterprises in NonBanking Financial Sector 2015-2017 InfoBank 2018; The Highest Tax Payer State Owned Enterprises in Non Banking Financial Sector 2015-2017 InfoBank 2018; dan Innovative Company in Insurance Sector 2018 dari Warta Ekonomi.

Laporan Keuangan Jasa Raharja

Rasio solvabilitas perusahaan asuransi di Indonesia wajib memenuhi standardisasi keuangan yang telah ditentukan di dalam Peraturan Jasa Otoritas Keuangan (Nomor 71 dan 72 /POJK.05/2016). Ketentuan mengenai rasio solvabilitas adalah minimal 120 persen, ekuitas minimal Rp100 miliar untuk perusahaan asuransi dan minimal Rp200 miliar untuk reasuransi, dan perusahaan asuransi dikategorikan baik apabila minimal asetnya minimal Rp150 miliar.

Rasio solvabilitas adalah kemampuan perusahaan asuransi bersangkutan dalam memenuhi kewajiban terhadap nasabahnya. Kewajiban ini dapat diartikan sebagai kesanggupan memenuhi pertanggungan klaim asuransi yang diajukan oleh seluruh nasabah aktifnya.

Mengacu kepada laporan keuangan 2018, PT Jasa Raharja (Persero) membuktikan performa kinerja finansialnya sebagai berikut.

  • Rasio solvabilitas: 335 persen
  • Jumlah aset: Rp15,218 triliun
  • Ekuitas: Rp10,680 triliun

Dari data keuangan di atas, asuransi pelat merah ini cukup sehat dari sisi keuangan. Jasa Raharja mampu memberikan ganti rugi atau santunan atas kecelakaan yang dialami penduduk Indonesia.

Lifepal tidak bekerja sama dengan Jasa Raharja. Sesuai penjelasan sebelumnya, Jasa Raharja merupakan perusahaan asuransi sosial yang diberikan negara sebagai bentuk tanggung jawab atas risiko lalu lintas dan transportasi yang ada di Indonesia. Jika tertarik mengetahui informasi produk dari asuransi lainnya, Lifepal bisa membantu mencarikan asuransi terbaik dengan harga terjangkau sesuai bujet.

Dapatkan konsultasi gratis sebelum membeli asuransi di Lifepal dengan mengisi form di atas!

Berita Terbaru Jasa Raharja

Februari 2020 - Jasa Raharja bersama Kepolisian Republik Indonesia (Polri) bekerja sama dalam pemanfaatan data kecelakaan lalu lintas dan kendaraan bermotor agar dapat diakses lewat sistem online. Kerja sama itu tertuang dalam Nota Kesepahaman (MoU) yang ditandatangani Kapolri Jenderal Pol Idham Azis dan Dirut Jasa Raharja Budi Rahardjo S. Sebelumnya, Jasa Raharja dan Polri juga telah menandatangani nota kesepahaman pada 9 Januari 2015 lalu yang merupakan cikal bakal pemanfaatan data secara online.

 

Asuransi Jasa Raharja memberikan benefit atau manfaat yang disesuaikan dengan ketentuan program asuransi yang disediakan. Berikut jenis produk asuransi dari Jasa Raharja.

Asuransi Kecelakaan
Asuransi Kecelakaan Lalu Lintas
Program asuransi yang memberikan pertanggungan untuk kecelakaan lalu lintas bagi pengendara dan pihak ketiga (korban kecelakaan).
Asuransi Kecelakaan
Asuransi Kecelakaan Transportasi Umum:
Program asuransi yang memberikan perlindungan bagi penumpang transportasi umum baik darat, laut, maupun udara.
Asuransi Tanggung Jawab Pihak Ketiga
Asuransi Tanggung Jawab Pihak Ketiga:
Program asuransi kecelakaan diri yang diberikan kepada korban kecelakaan (tabrakan) lalu lintas atau pihak ketiga. Asuransi ini sebagai bentuk tanggung jawab hukum atas kelalaian pengendara kendaraan bermotor.
 

Simak ulasan pertanggungan, premi, cara klaim, layanan nasabah, dan rekanan. Informasi berikut disadur dari situs resmi jasaraharja.co.id sebagai pertimbangan untuk memilih asuransi lainnya sesuai kebutuhan dan bujet kita.

Pertanggungan asuransi Jasa Raharja adalah benefit atau manfaat yang diberikan oleh perusahaan asuransi untuk klaim yang diajukan. Sebagai perusahaan asuransi khusus sosial dari negara, pertanggungan Jasa Raharja terbatas dari sisi proteksi. Berikut penjelasannya.

Asuransi Kecelakaan

Asuransi kecelakaan Jasa Raharja memberikan perlindungan bagi pengendara kendaraan bermotor dan penumpang transportasi umum baik jalur darat, laut, dan udara.

Pertanggungan asuransi kecelakaan Jasa Raharja adalah uang santunan untuk kecelakaan lalu lintas yang dialami pengendara kendaraan bermotor dan pejalan kaki. Berikut ini pertanggungan yang diberikan dua produk asuransi kecelakaan Jasa Raharja.

Asuransi Kecelakaan Lalu Lintas:

  • Santunan meninggal dunia Rp50 juta.
  • Cacat total tetap Rp50 juta (maksimal).
  • Perawatan Rp20-25 juta (maksimal).
  • Penggantian biaya penguburan (jika tidak punya ahli waris) Rp4 juta.
  • Penggantian biaya P3K (manfaat tambahan) Rp1 juta.
  • Penggantian biaya ambulans (manfaat tambahan) Rp500 ribu.

Asuransi Kecelakaan Transportasi Umum:

  • Santunan meninggal dunia Rp50 juta.
  • Cacat total tetap Rp50 juta (maksimal).
  • Perawatan Rp20-25 juta (tergantung jenis transportasi darat/laut/udara).
  • Penggantian biaya penguburan (jika tidak punya ahli waris) Rp4 juta.
  • Penggantian biaya P3K (manfaat tambahan) Rp1 juta.
  • Penggantian biaya ambulans (manfaat tambahan) Rp500 ribu.

Asuransi Tanggung Jawab Pihak Ketiga

Pertanggungan asuransi tanggung jawab pihak ketiga Jasa Raharja adalah santunan dan biaya yang ditimbulkan akibat kecelakaan. Pertanggungan ini diberikan kepada pihak ketiga (korban) kecelakaan lalu lintas. Berikut penjelasannya.

  • Santunan meninggal dunia Rp50 juta.
  • Cacat total tetap Rp50 juta (maksimal).
  • Perawatan Rp20-25 juta (maksimal).
  • Penggantian biaya penguburan (jika tidak punya ahli waris) Rp4 juta.
  • Penggantian biaya P3K (manfaat tambahan) Rp1 juta.
  • Penggantian biaya ambulans (manfaat tambahan) Rp500 ribu.

Dalam Jasa Raharja premi dibedakan menjadi dua, yaitu Iuran Wajib dan Sumbangan Wajib. Sebelum melihat nominal iuran, kenali terlebih dahulu penjelasan singkat mengenai iuran wajib dan sumbangan wajib berikut ini:

  • Iuran Wajib adalah biaya yang dikenakan kepada setiap penumpang transportasi umum yang nominalnya telah dijumlahkan dengan ongkos angkut saat membeli tiket. Iuran Wajib ini dipungut langsung oleh masing-masing operator (pengelola) alat transportasi. Khusus penumpang kendaraan bermotor umum di dalam kota dan kereta api jarak pendek (kurang dari 50 kilometer) dibebaskan dari pembayaran Iuran Wajib tersebut.
  • Sumbangan Wajib adalah nominal iuran yang dibayarkan secara periodik (setiap tahun) di Kantor Samsat saat melakukan pendaftaran atau perpanjangan STNK. Sumbangan Wajib dikenakan kepada pemilik kendaraan bermotor.

Tarif Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) ditentukan oleh Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 36/PMK.010/2008 tanggal 26 Februari 2008. Berikut ini nominal Sumbangan Wajib asuransi Jasa Raharja yang dikenakan berdasarkan jenis kendaraan:

  • Sepeda motor 500 CC ke bawah, mobil ambulans, mobil jenazah, dan mobil pemadam kebakaran sebesar Rp3.000,-
  • Traktor, buldoser, forklift, mobil derek, ekskavator, crane, dan sejenisnya sebesar Rp23 ribu.
  • Sepeda motor, sepeda kumbang, dan skuter di atas 50 CC hingga 250 CC dan kendaraan bermotor roda tiga sebesar Rp35 ribu.
  • Sepeda motor dan skuter di atas 250 CC sebesar Rp83 ribu.
  • Pick-up dan mobil barang hingga 2.400 CC, sedan, jip, dan mobil penumpang bukan angkutan umum sebesar Rp143 ribu.
  • Mobil penumpang angkutan umum hingga 1.600 CC dikenakan tarif Rp73 ribu.
  • Bus dan mikrobus bukan angkutan umum sebesar Rp153 ribu.
  • Bus dan mikrobus angkutan umum serta mobil penumpang angkutan lain di atas 1.600 CC sebesar Rp90 ribu.
  • Truk, mobil tangki, mobil gandengan, mobil barang di atas 2.400 CC, truk kontainer, dan sejenisnya sebesar Rp163 ribu.

Cara membayar asuransi Jasa Raharja dibedakan berdasarkan status konsumen. Jika penumpang transportasi publik, maka membayar asuransi Jasa Raharja sudah termasuk dalam pembayaran tiket perjalanan, baik secara tunai, transfer, dan lain-lain. Sementara bagi pemilik kendaraan, metode pembayaran premi Jasa Raharja adalah melalui Sumbangan Wajib yang dibedakan berdasarkan provinsi.

Cara klaim Jasa Raharja disesuaikan dengan ketentuan polis yang dimiliki. Sila cek laman Layanan dan Formulir Pengajuan Santunan pada situs jasaraharja.co.id untuk mengetahui panduan klaim Jasa Raharja.

Sebagai asuransi umum (sosial) yang disediakan negara, Jasa Raharja tidak memiliki agen atau broker. Polis asuransi kecelakaan transportasi umum dari Jasa Raharja bisa diperoleh dari tiket resmi yang dibeli warga Surabaya. Harga tiket sudah termasuk asuransi dari Jasa Raharja. Sementara, asuransi lakalantas dan tanggung jawab pihak ketiga bisa diklaim ketika pengguna jalan mengalami kecelakaan lalu lintas.

Untuk produk asuransi lain yang memberikan pertanggungan atau manfaat lebih dari Jasa Raharja bisa diperoleh dengan mudah. Isi form untuk mendapatkan konsultasi gratis serta asuransi yang sesuai kebutuhan dan bujet.

Layanan Jasa Raharja bisa dicapai dengan berbagai media. Adapun informasi lebih jelas mengenai cara klaim dan lainnya bisa menghubungi kontak berikut.

PT Jasa Raharja (Persero)

Jalan HR Rasuna Said Kav.C-2, Kuningan, Jakarta, 12920, Indonesia.

Telepon: (021) 5203454

Fax: (021) 5220284

Email: [email protected]

Website: www.jasaraharja.co.id

Jasa Raharja tersebar di sejumlah kota di Indonesia. Hingga kini, Jasa Raharja memiliki satu kantor pusat di Jakarta, 29 kantor cabang, 63 kantor perwakilan, 67 kantor pelayanan Jasa Raharja (KPJR), dan 1.285 Samsat.

Kantor Pusat Jasa Raharja

Jalan H.R. Rasuna Said Kav. C-2

Kuningan-Jakarta 12920

Telepon: (021) 5203454

Faksimile: (021) 5220284

Website: www.jasaraharja.co.id

Email: [email protected]

Kantor Cabang dan Perwakilan Jasa Raharja

  • Cabang Aceh: Jalan Teuku Umar No. 350, Setui, Banda Aceh. T. 0651-414 41
  • Perwakilan Medan: Jalan Iskandar Muda No. 20EE, Medan. T. 061-888 17911
  • Cabang Sumatera Barat: Jalan HR. Rasuna Said No. 1, Padang. T. 0751-343 64
  • Cabang Bengkulu: Jalan S Parman No. 64, Kebun Kenanga, Bengkulu. T. 0736-209 994
  • Perwakilan Indramayu: Rukan Bumi Asih Jalan Gatot Subroto No. 10, Indramayu. T. 0234-527 8787
  • Perwakilan Semarang: Jalan Brigjen Sudiarto 428, Semarang. T. 024-355 8089
  • Cabang Kalimantan Tengah: Jalan RTA Milano Km. I No. 18, Palangkaraya. T. 0536-322 1726
  • Cabang Bali: Jalan Hayam Wuruk No. 202, Denpasar. T. 0361-235 120
  • Cabang Sulawesi Tengah: Jalan Basuki Rahmat No. 78A, Palu. T. 0451-820 5600
  • Cabang Nusa Tenggara Barat: Jalan Majapahit No. 60, Mataram. T. 0370-636 812
  • Cabang Nusa Tenggara Timur: Jalan WJ Lalamentik No. 72A, Kupang. T. 0380-833 284
  • Cabang Maluku: Jalan Jend. Sudirman No. 8, Batu Merah Atas, Ambon. T. 0911-344 836
  • Cabang Papua: Jalan Sam Ratulangi No. 32, Jayapura. T. 0967-534 361

Produk asuransi mirip yang disediakan oleh Jasa Raharja kemungkinan bisa Anda temukan di berbagai perusahaan asuransi lainnya. Berikut daftar perusahaan asuransi yang menyediakan produk asuransi serupa dengan Jasa Raharja.

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

Apa Kata Mereka Tentang Kami

qudratullah Akim
qudratullah Akim
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Pusaka Ayudiguna
Pusaka Ayudiguna
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Tri Aprilistiyani
Tri Aprilistiyani
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
didik setyadi
didik setyadi
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0

Mereka yang Sudah Percaya pada Lifepal

Client Lifepal
Client Lifepal