Asuransi Jasindo Syariah

3.5 / 5.0 (5.782 Ulasan)
  • Diskon Terbaik
  • 500+ Pilihan
  • Bantuan Klaim
Cashback 10%
Diskon 25%*
  • ACA_43_1_D
71 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.

Asuransi Jasindo Syariah: Ulasan Polis & Klaim

Asuransi Jasindo Syariah atau Jasindo Syariah adalah  perusahaan insurance yang bergerak bidang asuransi umum dengan dasar syariat Islam. Jasindo Syariah terbentuk setelah diberlakukan spin-off (pemisahan) dari Unit Usaha Takaful (UUT) dari Asuransi Jasindo.

Asuransi Jasindo Syariah memiliki produk unggulan asuransi mobil yang menanggung kerusakan baik sedang, sampai dengan pencurian. Adapun pilihan polisnya yaitu asuransi All Risk maupun TLO yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan serta anggaran.

Dapatkan Asuransi Mobil Jasindo dengan premi mulai Rp45 ribuan per bulan hanya di Lifepal. Lihat ulasan manfaat polis dan pilihan preminya secara online!

*syarat dan ketentuan berlaku

Daftar Polis Jasindo Syariah 

Produk asuransi Jasindo Syariah diperuntukkan bagi individu maupun korporat. Pilihan produknya juga terbilang lengkap mulai dari asuransi kesehatan untuk personal hingga asuransi kerugian untuk perusahaan. Berikut pilihan produk asuransi Jasindo Syariah beserta manfaatnya yang bisa dipertimbangkan:

Lihatpilihan asuransi mobil syariah terbaik lainnya di Lifepal dan dapatkan diskon premi hingga 25%, mulai Rp52 ribu/ bulan!

Rangkuman Produk Jasindo Syariah 

Produk asuransi Jasindo Syariah berfokus pada asuransi umum atau kerugian. Adapun jenis produk yang dapat dipilih sesuai kebutuhan nasabah adalah:

ProdukManfaat
Asuransi MobilGanti rugi atas segala jenis kerusakan pada kendaraan mobil. Pilihan TLO dan All Risk.
Asuransi KecelakaanSantunan meninggal dunia + pertanggungan biaya perawatan kesehatan akibat kecelakaan.
Asuransi KebakaranGanti rugi atas risiko kerusakan pada properti akibat kebakaran.
Asuransi CargoGanti rugi atas risiko kerusakan + kehilangan barang selama proses pengiriman melalui jalur darat, laut, dan udara.
Asuransi RekayasaGanti rugi atas risiko kerugian pada mesin pabrik dan proyek konstruksi.
Asuransi Oil dan GasGanti rugi atas risiko kerugian finansial selama masa pengerjaan industri minyak dan gas.
Asuransi Rangka KapalGanti rugi atas risiko kerugian finansial pada kapal selama masa aktivitas pelayaran.
Asuransi MikroManfaat asuransi kebakaran dan kebongkaran pada rumah tinggal + ruko + rukan dengan premi bersahabat

Sejarah Asuransi Jasindo Syariah

PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) atau yang lebih dikenal dengan Jasindo merupakan sebuah perusahaan asuransi umum yang berada di bawah naungan holding BUMN. Pertama kali berdiri tahun 1485, Jasindo awalnya dimiliki oleh dua negara yakni Belanda dan Inggris.

Setelah Indonesia merdeka, pemerintah memutuskan untuk melakukan nasionalisasi kepada perusahaan tersebut. Jasindo terbagi menjadi dua perusahaan, yakni PT Asuransi Bendasraya yang bergerak di bidang Asuransi Umum dalam rupiah dan PT Umum International Underwriters (UIU) yang bergerak pada bidang Asuransi Umum dalam valuta asing.

Namun pada tahun 1972, pemerintah memutuskan untuk menggabung kedua perusahaan menjadi PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) sebagai salah satu perusahaan asuransi BUMN. Dan di tahun 2016, Jasindo membentuk unit syariah bernama Jasindo Syariah.

Layanan Nasabah Asuransi Jasindo Syariah

Untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai Asuransi Jasindo Syariah, Anda dapat menghubungi layanan call center atau mendatangi langsung kantor pusat maupun kantor cabang yang tersedia di seluruh Indonesia. Berikut selengkapnya.

Kantor Pusat PT. Asuransi Jasindo Syariah

Gedung Graha MR21 Lantai 10

Jalan Menteng Raya No 21 Jakarta 10340

Call Center: 1500073

Telepon: (021) 3919988 

Fax: (+62 21) 3912288

Email: [email protected]

Website: www.jasindosyariah.co.id

Cara Klaim Asuransi Jasindo Syariah

Cara pengajuan klaim asuransi Jasindo Syariah dapat dilakukan melalui layanan berikut ini:

Kantor Pusat Layanan Klaim

PT Asuransi Jasindo Syarah
Graha MR 2, Lt.10
Jl. Menteng Raya No 21
Jakarta Pusat 10340
Call center: 1500073

Daftar Rekanan Asuransi Jasindo Syariah

Perusahaan memiliki rekanan bengkel dan rumah sakit, klinik, laboratorium, hingga optik yang siap melayani nasabahnya di dalam maupun luar negeri. Berikut daftar beberapa rumah sakit rekanan perusahaan asuransi di Jakarta dan sekitarnya:

Berita Tentang Jasindo Syariah 

Pertanyaan Seputar Asuransi Jasindo Syariah

Berikut beberapa tips dan pertanyaan yang sering diajukan oleh calon nasabah ataupun nasabah terkait asuransi Jasindo Syariah, baik informasi profil perusahaan, cara membeli, cara pengajuan klaim dan lain sebagainya.

Apa itu Jasindo Syariah?

Perusahaan telah berdiri sejak tahun 2003. Saat itu perusahaan masih berupa unit usaha dari perusahaan BUMN PT Asuransi Jasa Indonesia, dengan bentuk Kantor Cabang Takaful. Namun seiring dengan berkembangnya minat masyarakat terhadap produk asuransi berbasis syariat Islam, Kantor Cabang Takaful itu berubah menjadi unit usaha baru yaitu Jasindo Takaful tahun 2008. 

Akhirnya, di tahun 2016, Jasindo Takaful berdiri sendiri sebagai sebuah perusahaan asuransi umum dengan prinsip syariah dengan nama PT Asuransi Jasindo Syariah. Perusahaan telah memegang izin operasional dari Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor KEP-22/D.05/2016.

Perbedaan Jasindo Syariah dengan Konvensional?

Jasindo Syariah memiliki perbedaan yang signifikan dengan Jasindo yang konvensional. Perbedaan tersebut terletak dari segi pengelolaan dana asuransinya, hingga segi pelaksanaan asuransi itu sendiri. 

Perbedaan pengelolaan dana

Dari segi pengelolaan dana, perusahaan mengedepankan pengelolaan dana sesuai dengan prinsip-prinsip syariat Islam. Prinsip dasar syariat salah satunya adalah, pelaksanaan asuransi dijalankan dengan niat untuk saling tolong menolong dan melindungi sesama peserta melalui bentuk kontribusi ke dalam rekening bersama atau yang disebut Dana Tabarru. 

Masing-masing nasabah sepakat bahwa dana yang berhasil dikumpulkan di dalam Dana Tabarru, bisa digunakan untuk membantu sesama bila terjadi risiko di antara mereka. Dana dikelola secara syariat Islam di bawah pengawasan Dewan Syariah. 

Segi pelaksanaan asuransi 

Perbedaan mendasar lainnya ada pada pelaksanaan asuransinya yang meliputi kontrak, kepemilikan dana, surplus underwriting, pengelolaan investasi, hingga pengawasan asuransi. Dalam asuransi syariah, ada transaksi yang tidak boleh dilakukan, yaitu gharar atau ketidakpastian dan riba.

Berapa Harga Premi Asuransi Jasindo Syariah?

Jasindo Syariah tidak mencantumkan harga preminya dengan jelas di situs resminya. Untuk mencari tahu premi asuransi Jasindo Syariah, calon nasabah bisa langsung menghubungi call center perusahaan 1500073, mengunjungi kantor cabang terdekat, dan bisa juga menghubungi lewat agen dan broker rekanan.

Bagaimana Cara Membeli Asuransi Jasindo Syariah?

Tidak ada informasi lebih lengkap tentang tata cara pembelian produk di situs resminya. Namun, calon nasabah bisa datang langsung ke kantor pusat atau kantor cabang terdekat untuk mengetahui lebih lanjut mengenai informasi produk.

Calon nasabah juga bisa melakukan pembelian via call center Jasindo di 1500073. Setelah itu petugas dari Jasindo akan memberikan arahan dalam proses pembelian produk. 

Selain mendatangi kantor cabang dan menghubungi call center, pembelian bisa dilakukan dengan mendatangi agen atau broker rekanan. 

Bagaimana Cara Melakukan Pembayaran Asuransi Jasindo Syariah?

Pembayaran premi asuransi dapat dilakukan secara online maupun offline secara langsung atau melalui bank-bank yang sudah menjadi rekanan.

Cara pembayaran premi bisa dilakukan dengan mengirimkan sejumlah uang sesuai dengan kontrak dalam polis asuransi yang sudah disetujui termasuk periode pembayarannya. Pastikan nasabah mengetahui nomor polis asuransi yang dimiliki serta menyimpan bukti pembayaran polis asuransi agar tidak bermasalah saat akan mengajukan klaim.

Bagaimana Cara Mengajukan Klaim Jasindo Syariah?

Untuk informasi seputar prosedur dan cara klaim asuransi Jasindo Syariah, sila cek tab Klaim.

Bagaimana Cara Berhenti Menjadi Nasabah Asuransi Jasindo Syariah?

Jika ingin berhenti menjadi nasabah asuransi, ada beberapa cara yang bisa ditempuh, antara lain:

  • Ajukan penutupan polis asuransi melalui agen pribadi.
  • Datang langsung ke kantor cabang Jasindo dan ajukan penutupan.
  • Datang langsung ke kantor pusat.
  • Hubungi call center Jasindo untuk mengajukan penutupan polis.

Ikuti prosedur dan lengkapi dokumen polis asuransi lengkap jika akan berhenti asuransi Jasindo secara umum berikut ini,

  1. Hubungi call center asuransi Jasindo melalui nomor (021) 24521110.
  2. Menyertakan fotokopi KTP (identitas diri) dan buku tabungan.
  3. Menyertakan buku polis asuransi.
  4. Menyertakan fotokopi KTP dan buku tabungan,
  5. Membayar kewajiban yang belum diselesaikan, pajak dan administrasi bila ada.
  6. Menunggu proses pembatalan asuransi dalam waktu maksimal 14 hari kerja.

Agar penutupan bisa dilakukan dengan mudah dan cepat, siapkan dokumen lengkap berupa polis asuransi dan identitas diri. Umumnya nasabah akan dikenakan biaya tertentu atau potongan tertentu apabila melakukan penutupan polis sebelum jatuh tempo atau sebelum masa pertanggungannya berakhir.

Layanan Nasabah Asuransi Jasindo Syariah

Ada beberapa layanan yang diberikan kepada nasabah asuransi, selengkapnya sila cek tab Layanan.

Alamat Kantor Jasindo Syariah

Jasindo tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia. Hingga tahun 2019, Jasindo mendirikan kantor pusat di Jakarta dan memiliki sejumlah kantor cabang di wilayah Surabaya, Medan, Denpasar, dan Yogyakarta. Cek tab Layanan untuk daftar lengkap alamat kantor pusat hingga cabang Jasindo Syariah. 

Rumah Sakit Rekanan Jasindo Syariah

Asuransi Jasindo Syariah memiliki rekanan rumah sakit yang tersebar baik di seluruh Indonesia maupun di luar negeri. Daftar selengkapnya cek tab Layanan.

Perusahaan Lain yang Menyediakan Asuransi Syariah
Sumber dan Referensi

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • http://www.jasindosyariah.co.id/
  • https://finansial.bisnis.com/read/20200604/215/1248801/kuartal-i2020-jasindo-syariah-tumbuh-hampir-10-persen
  • https://aceh.tribunnews.com/2020/01/22/jasindo-syariah-resmikan-kantor-cabang-di-banda-aceh
Chat Bantuan