Asuransi Kesehatan AIA

Asuransi Kesehatan AIA

5 / 5.0 (567 Ulasan)
Cicilan 0%
Diskon 10%
  • Promo Page kes terbaik

Promo Asuransi dengan Premi Terbaik

Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku
Cari Asuransi Semudah 1, 2, 3!
1
2
3
Isi formulir untuk melihat pilihan
Sesuai Profil & Kebutuhanmu
Konsultasi gratis melalui telepon
Dengan tim ahli, cukup 5 menit
Temukan asuransi terbaik
Sesuai Kebutuhan dan Anggaranmu

Asuransi Kesehatan AIA: Review Terbaru

Asuransi Kesehatan AIA
Asuransi Kesehatan AIA
RS Rekanan
800+ rumah sakit
Keunggulan
RS rekanan internasional
Keunggulan Lainnya
Cover rawat jalan

Asuransi Kesehatan AIA adalah salah satu produk unggulan yang dihadirkan oleh PT AIA Financial Indonesia. Produk tersebut unggul dengan pilihan polis Premier Hospital and Surgical Protection yang menanggung klaim hingga jangkauan rumah sakit internasional (kecuali Amerika Serikat).

Tertarik dengan polisnya, bandingkan dengan pilihan asuransi kesehatan terbaik lainnya dengan premi mulai Rp50 ribuan per bulan hanya di Lifepal. Yuk, cek sekarang secara online!

Pilihan Polis Asuransi Kesehatan AIA

Asuransi Kesehatan AIA memiliki beberapa polis yang bisa dipilih. Berikut pilihan polisnya beserta manfaat pertanggungan yang diberikan.

Hospital and Surgical Protection

Polis Asuransi Kesehatan AIA yang memberikan penggantian biaya rumah sakit akibat sakit maupun kecelakaan. Berikut manfaat pertanggungan yang diberikan.

  • Garansi mendapatkan kamar perawatan dengan dua tempat tidur atau empat tempat tidur dengan harga terendah
  • Manfaat kesehatan yang diberikan lengkap, mulai dari rawat inap, rawat jalan, tindakan bedah, biaya medis, hingga penggantian biaya rawat inap darurat akibat kecelakaan di luar area perlindungan
  • Tidak ada batasan alias sesuai dengan tagihan dan pembayaran dilakukan secara cashless atau dengan menggesek kartu peserta asuransi AIA pada mesin EDC kasir di rumah sakit
Premier Hospital and Surgical Protection

Polis Asuransi Kesehatan AIA yang memberikan perawatan medis di dalam maupun luar negeri dengan manfaat utama biaya rawat inap dan pembedahan. Berikut manfaat pertanggungan yang diberikan.

  • Pertanggungan perawatan mencakup seluruh Indonesia dan seluruh dunia, kecuali Amerika Serikat
  • Pembayaran secara cashless saat melakukan perawatan. Tertanggung hanya perlu menggesekkan kartu asuransi AIA pada mesin EDC kasir di rumah sakit sehingga mendapatkan kemudahan saat melakukan klaim
  • Premi bisa disesuaikan dengan mengurangi layanan yang kurang dibutuhkan
Hospital and Surgical Plus

Polis Asuransi Kesehatan AIA yang memberikan manfaat kesehatan secara komprehensif. Artinya, semua risiko kesehatan yang terjadi pada tertanggung akan diberikan penggantian berupa perawatan saat melakukan rawat inap maupun rawat jalan di rumah sakit. Berikut manfaat pertanggungan yang diberikan.

  • Pembayaran secara cashless sehingga tertanggung hanya perlu menggesekkan kartu peserta pada mesin EDC di kasir rumah sakit untuk mendapatkan perawatan atau saat melakukan rawat jalan
  • Produk asuransi ini memberikan enam plan proteksi yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan
  • Produk asuransi ini memberikan proteksi kesehatan secara komprehensif, baik saat melakukan rawat inap maupun rawat jalan

Rangkuman Manfaat Asuransi Kesehatan AIA

Produk

Manfaat

Hospital & Surgical ProtectionPertanggungan rawat inap + rawat jalan + pembedahan
Premier Hospital & Surgical ProtectionPertanggungan perawatan mencakup seluruh wilayah Indonesia + luar negeri (kecuali AS)
Hospital & Surgical PlusPertanggungan biaya rawat jalan + rawat inap di RS

Harga Premi Asuransi Kesehatan AIA

Harga premi Asuransi Kesehatan AIA bisa berbeda-beda tiap nasabah. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi besar kecilnya premi asuransi kesehatan, termasuk Asuransi Kesehatan, di antaranya

Profil nasabah berperan penting dalam menentukan premi asuransi kesehatan. Ambil contoh, premi asuransi kesehatan nasabah usia 20 tahun tentu akan lebih murah ketimbang nasabah lanjut usia atau di atas 30 tahun. Ini dikarenakan semakin bertambahnya usia, kemungkinan jatuh sakit juga lebih tinggi.

Selain itu, jenis kelamin juga menjadi salah satu faktor penentu premi. Faktanya, laki-laki 19 persen lebih rentan terserang stroke dan serangan jantung ketimbang perempuan. Karena itu, umumnya harga polis untuk tertanggung laki-laki lebih mahal.

Semakin lengkap manfaat polis, maka akan semakin tinggi pula premi asuransi yang harus dibayarkan. Sebagian besar asuransi kesehatan memberikan manfaat dasar rawat inap, rawat jalan, dan pembedahan. Nah, jika ingin mendapatkan manfaat asuransi yang lebih lengkap, calon nasabah bisa membeli polis rider (manfaat tambahan) yang akan dikenakan premi tambahan.

Riwayat kesehatan juga jadi faktor penentu besar kecilnya premi asuransi kesehatan. Tak heran jika sebelum pendaftaran polis, beberapa perusahaan asuransi mewajibkan nasabahnya melakukan medical check up (MCU) untuk mengetahui riwayat kesehatan tertanggung. Apabila hasilnya menunjukkan ada penyakit bawaan atau pernah mengalami sakit yang cukup parah sebelumnya, biasanya preminya akan lebih mahal.

Selain medical check up, biasanya perusahaan asuransi juga akan menanyakan gaya hidup tertanggung, misal apakah memiliki kebiasaan merokok, olahraga ekstrem, dan sejenisnya. Jika kemungkinan terjadi risiko kesehatan cukup tinggi, maka harga asuransi kesehatan akan lebih mahal.

Sila menghubungi pihak Asuransi AIA, agen, atau broker terkait untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai harga premi Asuransi Kesehatan AIA. Atau, kunjungi situs resmi AIA pada laman www.aia-financial.co.id.

Cara Klaim Asuransi Kesehatan AIA

Berikut penjelasan singkat mengenai cara klaim Asuransi Kesehatan AIA. Khususnya untuk klaim perawatan rawat inap dan rawat jalan di rumah sakit.

  • Nasabah wajib menunjukkan kartu peserta AIA dan identitas diri yang kepada petugas administrasi rumah sakit, sebelum perawatan dilakukan. Kartu peserta Asuransi AIA tidak dapat dipergunakan sebagai jaminan pembayaran atas biaya perawatan selain di rumah sakit yang terdaftar sebagai rekanan AIA. Tertanggung yang akan melakukan perawatan di rumah sakit rekanan di luar negeri, wajib melakukan protonisasi, yaitu menghubungi administrator pelayanan medis melalui nomor yang tertera pada kartu tertanggung/peserta minimal dua hari sebelum tertanggung/peserta berangkat ke luar negeri.
  • Nasabah wajib menandatangani surat pernyataan persetujuan pembayaran secara langsung ke rumah sakit, untuk perawatan yang tidak dipertanggungkan dalam ketentuan polis yang berlaku.
  • Klaim asuransi kesehatan dengan penjaminan hanya dapat diberikan untuk tertanggung yang menjalankan perawatan pada rumah sakit rekanan yang terdapat dalam jaringan rumah sakit rekanan.
  • Selama perawatan memenuhi syarat dan ketentuan serta batas maksimal manfaat yang tertera di polis, nasabah tidak perlu mengkhawatirkan biaya perawatan di rumah sakit, karena biaya-biaya yang timbul sehubungan dengan perawatan tersebut dijamin oleh AIA. Namun, apabila ada selisih yang melebihi batas maksimal manfaat yang tertera dalam polis serta perawatan/pengobatan yang tidak dijamin, maka selisih dari biaya tersebut harus dibayarkan oleh nasabah ke rumah sakit sebelum tertanggung meninggalkan rumah sakit. Pastikan untuk memahami dengan jelas mengenai jenis-jenis perawatan dan pengobatan yang dapat ditanggung/dibayarkan oleh AIA.
  • Fotokopi rincian pembelian obat-obatan/resep obat
  • Fotokopi identitas pemegang polis yang masih berlaku
  • Fotokopi identitas tertanggung/peserta yang masih berlaku
  • Fotokopi kartu asuransi AIA
  • Fotokopi buku rekening tabungan
  • Surat kuasa bermaterai dari pemegang polis untuk pembayaran manfaat kesehatan untuk pengajuan klaim asuransi yang dikuasakan
  • Kuitansi ali untuk semua biaya perawatan, pembelian obat, laboratorium, dan semua kuitansi yang terkait dengan pengajuan klaim (untuk kwitansi di atas Rp1 juta wajib menggunakan materai enam ribu)
  • Surat keterangan coinsurance, yaitu keterangan mengenai pembagian pembayaran asuransi antara nasabah dan perusahaan
  • Dokumen penunjang berupa hasil pemeriksaan LAB, ECG, Patologi Anatomi atau hasil diagnosis lainnya
  • Formulir klaim asuransi kesehatan yang diisi dan ditandatangani lengkap oleh dokter
  • Formulir klaim asuransi kesehatan yang diisi dan ditandatangani lengkap oleh tertanggung dan pemegang polis
  • Formulir surat kuasa permintaan data medis

Dokumen pendukung yang harus dilengkapi:

  • Fotokopi rincian pembelian obat-obatan/ resep obat
  • Fotokopi identitas pemegang polis yang masih berlaku
  • Fotokopi identitas tertanggung yang masih berlaku
  • Fotokopi buku rekening tabungan
  • Surat kuasa bermaterai dari pemegang polis untuk pembayaran manfaat kesehatan untuk pengajuan klaim asuransi yang dikuasakan
  • Kuitansi asli untuk semua biaya perawatan, pembelian obat, laboratorium dan semua kuitansi yang terkait dengan pengajuan klaim (untuk kwitansi di atas satu juta rupiah wajib menggunakan materai enam ribu)

Dokumen pendukung yang harus dilengkapi jika meninggal dunia karena kecelakaan:

  • Berita acara perusahaan asli/legalisir untuk penyebab klaim karena kecelakaan di tempat tertanggung bekerja
  • Berita acara kepolisian asli/legalisasi apabila klaim terjadi karena kecelakaan

Isi formulir klaim:

  • Formulir klaim santunan rawat inap/ rawat jalan akibat kecelakaan yang diisi dan ditandatangani lengkap oleh dokter
  • Formulir klaim santunan rawat inap/ rawat jalan akibat kecelakaan yang diisi dan ditandatangani lengkap oleh tertanggung dan pemegang polis
  • Formulir surat kuasa permintaan data medis

Rumah Sakit Rekanan Asuransi Kesehatan AIA

AIA memiliki rekanan rumah sakit yang tersebar luas di dalam dan luar negeri. Berikut daftar rumah sakit rekanan perusahaan yang ada di Jakarta.

  • RSU Menteng Mitra Afia: Jl. Kali Pasir No.9, Menteng | Telp: (021) 3154050 / 3909484
  • RS Yarsi: Jl. Letjen. Suprapto Kav.13, Cempaka Putih | Telp: (021) 80618618
  • RSGM Yarsi: Jl. Letjen. Suprapto Kav.13, Cempaka Putih | Telp: (021) 29287264
  • RSPAD Gatot Subroto: Jl. Abdul Rahman Saleh No.24 | Telp: (021) 3441008 / 3840484
  • RS UPN Cipto Mangunkusumo (Kencana): Jl. Diponegoro No.71 | Telp: (021) 92005164
  • RSU Bunda Jakarta: Jl. Teuku Cik Ditiro No.21, Menteng | Telp: (021) 31923344 / 31922005
  • RS Husada: Jl. Raya Mangga Besar No.137-139 | Telp: (021) 6260108 / 6490090
  • RS Jakarta: Jl. Garnisun No.1, Kav.49 | Telp: (021) 5732241 / 5741828021 / 5741828
  • RS Khusus Bedah SS Medika: Jl. Salemba I No.11, Jakarta Pusat | Telp: (021) 3913336 / 3926689
  • RSPAD Gatot Subroto (PAV. IKA): Jl. Abdul Rachman Saleh No.24 | Telp: (021) 3504614
  • RSIA YPK Mandiri: Jl. Gereja Theresia. No.22 | Telp: (021) 3909725
  • RSIA Bunda Jakarta Jl. Teuku Cik Ditiro No.28, Menteng | Telp: (021) 31922005 / 3143215
  • RS Khusus THT-Bedah Proklamasi: Jl. Proklamasi No.43 | Telp: (021) 3900002 / 3906893 / 3144795 / 3909783
  • RSU Evasari: Jl. Rawamangun No.47, Pramuka | Telp: (021) 4201515 / 4202851-52
  • RS St Caroulus: Jl. Salemba Raya No.41 | Telp: (021) 3904441
  • RSUD Tarakan Jakarta: Jl. Kiyai Caringin No.7 | Telp: (021) 3503150 / 3503003 / 3842934
  • RS Kramat 128: Jl. Kramat Raya No.128 | Telp: (021) 3909814 / 3918287 / 3909514
  • RS Ladokgi: Jl. Farmasi No.1, Tanah Abang, Jakarta Pusat | Telp: (021) 573 3026
  • RSIA Tambak: Jl. Tambak.No.18, Manggarai | Telp: (021) 2303444 / 087878218215 / 087880676072
  • RS Jakarta Eye Center (JEC) Menteng: Jl. Cik Ditiro No.46, Menteng | Telp: (021) 29221000 / 31935600
  • RS Islam Jakarta: Jl. Cempaka Putih Tengah I/1 | Telp: (021)  4244208 / 4250451 / 42801567
  • RS Bedah THT Prof. Nizar: Jl. Kesehatan No.9 | Telp: (021) 3503435 / 34834982
  • RS PGI Cikini: Jl. Raden Saleh No.40, Cikini | Telp: (021) 38997777
  • RSU Budi Kemuliaan: Jl. Budi Kemuliaan No.25 | Telp: (021) 3842828
  • RS Hermina Kemayoran: Jl. Selangit Blok B.10. Kav.4, Gunung Sahari, Kemayoran | Telp: (021) 22602525
  • RS Mitra Keluarga Kemayoran: Jl. Hbr Motik Landas Pacu Timur, Kemayoran | Telp: 021-6545555 / 888
  • RS Abdi Waluyo: Jl. H.O.S. Cokroaminoto No.31-33 | Telp: (021) 3144989
  • RS Pertamina Jaya: Jl. A. Yani No.2 | Telp: (021) 4204056 / 4211911
  • RS Agung: Jl. Sultan Agung. No.67, Pasar Rumput | Telp: (021) 8294955 / 8305768/9
  • RS Brawijaya Women & Children: Jl. Taman Brawijaya No.1, Cipete Utara | Telp: (021) 7211337 / 7247181
  • Siloam Hospital Asri: Jl. Duren Tiga Raya No.20, Mampang, Pancoran | Telp: (021) 27837900 / 7992211 / 27837999
  • MRCCC Siloam Hospital Semanggi: Jl. Garnisun No.2-3, Karet, Semanggi Setiabudi (Belakang Univ. Atmajaya ) | Telp: (021) 29962888 / 800 / 788
  • RS Zahirah: Jl. Sirsak No.21, Jagakarsa | Telp: (021) 78888723 / 7872210 / 7270013
  • RS Khusus Bedah Halimun: Jl. Halimun No.9, RT.007/RW.02, Guntur, Setiabudi | Telp: (021) 8311361
  • RS Tria Dipa: Jl. Raya Pasar Minggu No.3A, Pancoran | Telp: (021) 7993058 / 7974071-73
  • RS Bhayangkara SESPIMMA LEMDIKLAT POLRI: Jl. Ciputat Raya No.40, Kebayoran Lama | Telp: (021) 7650384
  • RS Tebet: Jl. Letjen. MT. Haryono No.8, Kav.13, Pancoran | Telp: (021) 8307542/ 43/ 44/ 40
  • RS Metropolitan Medical Center (MMC): Jl. HR. Rasuna Said Kav.C21, Kuningan | Telp: (021) 5203435 / 0811865958 / 081617106696
  • Mayapada Hospital Jakarta Selatan (MHJS): Jl. Lebak Bulus I Kav.29 | Telp: (021) 29536660 / 29208505 / 29217777
  • RSU Kartini Ciledug: Jl. Ciledug Raya No.94-96, Kel. Cipulir, Kec. Kebayoran Lama | Telp: (021) 7245646 / 7207828
  • RSU Yadika Ciputat: Jl. Ciputat Raya No.5, Kebayoran Lama | Telp: (021) 7291074
  • RS Prikasih: Jl. RS. Fatmawati No.74, Pondok Labu, Cilandak | Telp: (021) 7501192 / 7504669
  • RS Pusat Pertamina: Jl. Kyai Maja No.43, Kebayoran Baru | Telp: (021) 7219555 / 7219800
  • RS Setia Mitra: Jl. RS. Fatmawati No.80-82, Cilandak | Telp: (021) 7656000 / 7651021 / 7654676
  • RS Ali Sibroh Malisi: Jl. Warung Silah No.1, Cipedak, Jagakarsa | Telp: (021) 7270681 / 7868172
  • Siloam Hospital Simatupang: Jl. RA Kartini No.8, Cilandak | Telp: (021) 2953 1900
  • RS Medistra: Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.49 | Telp: (021) 5210200 / 0816838200
  • RSU Muhammadiyah Taman Puring: Jl. Gandaria I No.20, Kebayoran Baru | Telp: (021) 7229623 / 7250243 / 7208358
  • RSIA Andhika: Jl. Warung Sila No.8, RT.006/RW.04, Gudang Baru, Ciganjur, Jagakarsa | Telp: (021) 7874612 / 7863408 / 78887087 / 7863408
  • RS Pondok Indah: Jl. Metro Duta. Kav.UE, Pondok Indah | Telp: (021) 7657525
  • RSIA Budhi Jaya: Jl. Dr. Saharjo No.120 | Telp: (021) 8292672 / 8311722
  • RS Gandaria: Jl. Gandaria Tengah II No.12-14, Kebayoran Baru | Telp: (021) 7250718 / 7203311
  • RS Mata Aini: Jl. HR. Rasuna Said (Kuningan) | Telp: (021) 5256228 / 5203866021-5203866
  • RS Marinir Cilandak: Jl. Raya Cilandak KKO Pasar Minggu | Telp: (021) 7805296 / 7805415
  • RSIA Asih: Jl. Panglima Polim I No.34, Melawai | Telp: (021) 2700609-10
  • RSU Aulia: Jl. Jeruk Raya No.15, Jagakarsa | Telp: (021) 7270208 / 7866057 / 21798482 / 217198462
  • RSU Petukangan: Jl. Ciledug Raya No.8A, Petukangan | Telp: (021) 7340906
  • RSIA Kemang Medical Care: Jl. Ampera Raya No.34, Kemang | (021) 27545400 / 27545454 / 27545400 / 021-6317288
  • RSIA Brawijaya: Jl. Duren Tiga Raya No.5, Pancoran | Telp: (021) 7976605 / 50806438
  • RS Grha Kedoya: Jl. Panjang No.26, Kedoya Utara | Telp: (021) 56982222 / 29910999
  • RS Cendana: Jl. Raya Kedoya No.2, Kebon Jeruk | Telp: (021) 29863838
  • RS Ciputra Citra Garden City: Jl. Boulevard Blok G-1 No.1 Citra 5 – Citra Garden City, Pegadungan, Kalideres | Telp: (021) 2255 7888
  • RS Sumber Waras (Grogol): Jl. Kyai Tapa, Grogol | Telp: (021) 5682011 / 5605800
  • RS Medika Permata Hijau: Jl. Raya Kebayoran Lama No.64 | Telp: (021) 530 5288 / 534 7411
  • RS Anggrek Mas: Jl. Anggrek No.2B RT.009/RW.02, Kelapa Dua, Kebon Jeruk | Telp: (021) 5305720
  • RSUD Taman Sari Jl. Madu No.10, Kel. Mangga Dua, Kec. Tamansari, Jakarta Barat | Telp: 021-26564276
  • RS Jakarta Eye Center (JEC) Kedoya: Jl. Terusan Arjuna Utara No. 1, Kedoya | Telp: 021-29221000
  • RS Patria IKKT: Jl. Cendrawasih No.1 Komp Dephan/Mabes TNI | Telp: (021) 5308981 / 84
  • RS Pelni: Jl. KS. Tubun No.92-94, Petamburan | Telp: (021) 5480608 / 5306901 / 5349475
  • RSIA Bina Sehat Mandiri: Jl. Duri Raya No.22, Kel. Duri Kepa, Kec. Kebon Jeruk | Telp: (021) 5669411/ 12
  • RS Mitra Keluarga Kalideres: Jl. Peta Selatan No.1, RT.007/RW.011, Kalideres | Telp: (021) 22523700
  • RS. Kanker Dharmais: Jl. Letjen. S Parman. Kav.84-86, Slipi | Telp: (021) 5681570
  • RS Hermina Daan Mogot: Jl. Kintamani Raya No.2, Perumahan Daan Mogot Baru, Cengkareng | Telp: (021)5408989
  • RSUD Cengkareng: Jl. N. Kamal Raya, Bumi Cengkareng Indah, Cengkareng Timur | Telp: (021) 54372874 / 5 / 6
  • RS Puri Indah: Jl. Puri Indah Raya Blok.S2, Kembangan Selatan | Telp: (021) 25695222 / 25695200
  • RS. Bhakti Mulia: Jl. KS. Tubun. No.79 | Telp: (021) 5481625
  • RS Jantung Harapan Kita: Jl. Letjen. S Parman Kav.87, Slipi | Telp: (021) 5684093 / 5684085

Untuk informasi lebih lengkap mengenai daftar rumah sakit rekanan AIA, sila cek di tab Rekanan.

Review Asuransi Kesehatan AIA 

Mengetahui review Asuransi Kesehatan AIA tentu akan membantu calon nasabah dalam menilai apakah polis tersebut cocok dengan kebutuhan atau tidak. Maka dari itu, tim Lifepal telah membuat sekilas mengenai review yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan calon nasabah sebelum memutuskan untuk membelinya. Berikut review mengenai Asuransi Kesehatan AIA:

Review Asuransi Kesehatan AIA

Kelebihan

Kekurangan

  • (+) Manfaat pertanggungan bisa digunakan di seluruh dunia, kecuali Amerika Serikat.
  • (+) Premi terjangkau dan bisa disesuaikan dengan anggaran calon nasabah.
  • (+) Rumah sakit rekanan tersebar di seluruh wilayah di Indonesia.
  • (-) Pilihan polis asuransi kesehatan murni terbatas.

Berita Terbaru AIA

September 2020 – Kini, premi Asuransi AIA perbulan bukan hal yang mustahil. Pasalnya, perusahaan asuransi tersebut telah meluncurkan produk dengan premi asuransi yang bisa dibayarkan tiap bulannya.

Semenjak pandemi merebak, perusahaan memang asuransi merespons dengan berlomba-lomba meluncurkan produk terbarunya, termasuk PT AIA Financial. AIA sendiri meluncurkan produk asuransi jiwa bernama AIA Power Pro Lide.

Dengan premi Rp300 yang bisa dibayarkan setiap bulan, Power Pro Lide memberikan nilai perlindungan jiwa sebesar Rp1 miliar bagi nasabah yang berusia 30 tahun. Adapun masa perlindungannya mencapai 10 tahun yang dapat diperpanjang hingga usia 75 tahun tanpa proses seleksi risiko ulang.

Pertanyaan Seputar Asuransi Kesehatan AIA

Berikut pertanyaan yang sering diajukan oleh calon nasabah ataupun nasabah terkait Asuransi Kesehatan AIA.

Apa saja paket Asuransi Kesehatan AIA?

Paket Asuransi Kesehatan AIA adalah polis asuransi kesehatan dari AIA yang memberikan manfaat lengkap untuk perawatan di rumah sakit (RS). Masing-masing polis Asuransi Kesehatan AIA bisa disebut paket asuransi karena memberikan jaminan berupa perawatan hingga pembedahan.

Apa saja produk Asuransi AIA?

Berikut daftar produk yang disediakan AIA Insurance:

Asuransi Kesehatan

  • Hospital and Surgical Protection
  • Premier Hospital and Surgical Protection
  • Hospital and Surgical Plus

Asuransi Penyakit Kritis

  • AIA Critical Protection
  • Comprehensive Critical Cover Additional
  • Comprehensive Critical Enhancer

Asuransi Jiwa

  • AIA Powerpro Life
  • AIA ProTeam Protection
  • AIA Sehat Terus

Asuransi Unit Link

  • AIA Proteksi Prima Plus
  • AIA Priority Plus Asurance
  • AIA Infinite Link Assurance
  • AIA Prolink Assurance
  • AIA Infinite Plus Assurance
  • AIA Family First Protection
  • AIA Sakinah Assurance

Asuransi Jiwa Kumpulan (Karyawan)

  • Asuransi Karyawan Group Term Life (asuransi Jiwa)

Asuransi Kesehatan Kumpulan (Karyawan)

  • Group Term Life
  • AIA Voluntary Solutions

Asuransi Kecelakaan Kumpulan (Karyawan)

  • Medipro
  • Health Care

Dana Pensiun (DPLK)

  • DPLK Pooled Fund
Detail manfaat dari masing-masing polis yang sudah disebutkan di atas bisa dilihat di sini!
Apa saja daftar asuransi kesehatan yang bagus?

Berikut daftar asuransi kesehatan terbaik yang ada di Indonesia:

  1.  Cigna Proteksi Sehat
  2. 2. AXA Mandiri Smartcare Executive
  3. 3. Lippo HealthPlus Family
  4. 4. Simas Sehat Gold
  5. 5. BRI Life Simply HealthCare
  6. 6. Chubb Hospital Cashback Protection
  7. 7. PRUPrime HealthCare
  8. 8. Allianz SmartHealth Maxi Violet
  9. 9. Manulife MiUltimate HealthCare
  10. 10. BNI Life Optima Cash Plan
  11. 11. AIA Premier Hospital & Surgical
  12. 12. Takafulink Salam Community

Detail manfaat dari masing-masing polis yang sudah disebutkan di atas bisa dilihat di sini!

Apakah ada Asuransi Kesehatan AIA Syariah?

Asuransi Kesehatan AIA Syariah dalam situs resmi perusahaan tidak ditemukan informasi mengenai hal tersebut. Dalam situs resmi AIA, asuransi kesehatan yang tersedia hanya terdiri atas 3 polis. Untuk informasi lebih lanjut mengenai asuransi berbasis syariah dari AIA, sila menghubungi customer service atau kunjungi kantor cabang terdekat.

Apakah saldo asuransi AIA bisa diambil?

Bisa! Namun perlu diingat, pengambilan saldo ini hanya berlaku untuk asuransi jiwa unit link yang telah memiliki nilai investasi. Adapun cara pengambilannya sebagai berikut:

  1. Mengajukan dokumen pengambilan saldo kepada pihak AIA. Dokumen tersebut bisa dikirimkan langsung ke kantor pusat / cabang AIA terdekat.
  2. Setelah diserahkan, dokumen akan diperiksa secara menyeluruh oleh pihak AIA.
  3. Nasabah tinggal menunggu keputusan dari pihak AIA.
  4. Jika disetujui, maka saldo akan dikirimkan langsung ke rekening nasabah. Namun sebelum itu, biasanya pihak AIA akan memberitahukan terlebih dahulu bahwa pengambilan saldo telah disetujui.
Apakah Asuransi AIA penipu?

Tentu tidak! Karena, PT. AIA Financial Indonesia telah mengantongi izin operasional dari Otoritas Jasa Keuangan berdasarkan surat keputusan nomor KEP-156/KMK.017/1997.

Adakah polis Asuransi Kesehatan Keluarga AIA?

AIA juga menyediakan asuransi untuk keluarga. Namun, polis tersebut sudah tergabung dalam polis asuransi kesehatan yang sudah ada, yaitu:

  • Premier Hospital and Surgical Plus
  • Premier Hospital and Surgical Extra

Kedua polis di atas dapat mengikutsertakan maksimal empat orang anggota keluarga dalam satu polis. Namun, nasabah harus membeli manfaat tambahan (rider)  terlebih untuk bisa mengikutsertakan anggota keluarga yang lain.

Adakah polis Asuransi Kesehatan Murni AIA?

AIA memiliki tiga polis asuransi kesehatan murni, yaitu:

  • Hospital and Surgical Protection
  • Premier Hospital and Surgical Protection
  • Hospital and Surgical Plus

Ketiganya memberikan pertanggungan biaya kesehatan tanpa embel-embel investasi di dalamya. Karena tidak ada embel-embel investasi, otomatis premi yang dibayarkan akan dimaksimalkan untuk memberikan pertanggungan biaya kesehatan, entah biaya  rawat inap, rawat jalan, hingga pembedahan.

Apa itu Asuransi Kesehatan AIA AdMedika?

Asuransi Kesehatan AIA AdMedika adalah metode klaim tanpa uang tunai (cashless) di rumah sakit rekanan AIA. AdMedika sendiri merupakan pihak ketiga administrator yang melayani nasabah AIA di rumah sakit ketika melakukan klaim.

Apa itu Asuransi Kesehatan AIA BCA?

Asuransi Kesehatan AIA BCA adalah hasil kerja sama antara PT AIA Financial bersama dengan PT Bank Central Asia Tbk (BCA). Produk asuransi kesehatan hasil kerja sama itu diberi nama Premier Medical Protection (Medic Pro).

Medic Pro sendiri dirancang khusus untuk menjawab kebutuhan masyarakan yang mendambakan kenyamanan saat mengakses layanan kesehatan di dalam dan luar negeri.

Produk asuransi kesehatan tradisional ini memberikan perlindungan kesehatan menyeluruh dengan total limit mencapai Rp65 miliar dan jaringan rumah sakit hingga ke seluruh dunia.

Produk hasil kerja sama ini dapat diperoleh di cabang BCA melalui Bancaassurance Life Consultant (BCA) AIA atau melalui bisa juga lewat halaman produk Medic Pro di mobile apps Welma dari BCA.

Apa itu Asuransi Kesehatan AIA Cashless?

Asuransi Kesehatan AIA Cashless adalah cara klaim perawatan kesehatan di rumah sakit tanpa uang tunai. Artinya, nasabah hanya perlu menunjukkan kartu Asuransi Kesehatan AIA dan identitas diri ketika melakukan perawatan di RS rekanan AIA. Nantinya, nasabah tidak perlu mengeluarkan uang untuk melakukan klaim, kecuali biaya perawatan melebihi plafon yang dimiliki nasabah.

Seperti apa metode penggantian biaya Asuransi Kesehatan AIA?

Metode penggantian biaya Asuransi AIA akan bergantung kepada polis yang dimiliki. Adapun metode penggantiannya adalah sebagai berikut:

  • Reimbursement. Reimbursement dapat dilakukan secara berkala maupun sekaligus, tergantung pada produk asuransi yang dimiliki. Bagi nasabah AIA Asuransi Kesehatan dengan tambahan proteksi jiwa, metode penggantian dapat dilakukan sekaligus, bulanan, ataupun gabungan keduanya. Sementara itu, untuk produk Asuransi Kesehatan AIA, maka nasabah harus terlebih dahulu membayarkan tagihan perawatan medis. Lalu, pihak perusahaan asuransi akan mengganti sebagian atau seluruh tagihan tersebut sesuai kesepakatan di polis asuransi.
  • Cashless. Nasabah hanya perlu menunjukkan/menggesekkan kartu Asuransi AIA agar bisa mendapatkan pelayanan medis di rumah sakit rekanan.
Berapa premi Asuransi Kesehatan AIA?

Di situs resmi AIA, tidak tercantum mengenai besaran untuk polis asuransi kesehatannya. Namun, besaran premi Asuransi Kesehatan AIA bisa berbeda tiap nasabah. Perbedaan tersebut dipengaruhi oleh beberapa hal, sila cek tab Premi untuk mengetahuinya.

Bagaimana cara membeli Asuransi Kesehatan AIA secara online?

Membeli Asuransi Kesehatan AIA secara online akan sangat praktis. Sebab, calon nasabah tidak perlu mendatangi kantor cabang AIA terdekat sekalipun.

Hampir semua produk Asuransi Kesehatan AIA Financial bisa dibeli secara online melalui situs resmi perusahaan. Nasabah cukup mengakses situs resmi AIA, kemudian pilih Asuransi Kesehatan AIA yang diinginkan. Namun, sebelum melakukan pembelian, nasabah perlu menyiapkan data-data berikut.

  • Identitas diri
  • Nomor telepon yang dapat dihubungi dan alamat email aktif
  • Kota domisili
  • Kesediaan waktu untuk bisa dihubungi (hari kerja/hari libur)

Pastikan mengisi semua data yang diminta secara lengkap dan lakukan pembayaran dengan metode yang disediakan. Setelah itu, calon nasabah resmi menjadi tertanggung dari salah satu polis Asuransi AIA.

Jika ingin lebih berimbang, silakan melakukan perbandingan produk dan polis asuransi kesehatan terbaik melalui situs agregator seperti Lifepal. Melalui marketplace asuransi online Lifepal.co.id, calon nasabah tidak hanya membandingkan produk dari satu perusahaan asuransi, melainkan produk dari berbagai perusahaan asuransi yang ada di Indonesia. Dengan begitu, calon nasabah mendapatkan proteksi terbaik dan harga paling ringan.

Bagaimana pembayaran premi Asuransi AIA?

Pembayaran premi Asuransi AIA, khusus untuk Asuransi Kesehatan AIA bisa dilakukan dengan beberapa metode, yaitu:

  • Autodebet rekening pribadi pada bank yang ditentukan oleh AIA
  • Autodebet kartu kredit atau BCA Card. Mohon informasikan jika ada perubahan kartu kredit atau masa berlaku kartu kredit
  • ATM BCA (minimum transaksi Rp100 ribu)
  • ATM Bank CIMB Niaga
  • ATM BII
  • Setor/transfer ke rekening AIA di bank sebagaimana diinformasikan oleh petugas AIA

*Keterangan

Pembayaran melalui ATM tidak berlaku untuk produk asuransi unit link.

Bagaimana cara mengajukan klaim Asuransi Kesehatan AIA?

Informasi mengenai cara klaim Asuransi Kesehatan AIA, sila cek pada tab Klaim.

Bagaimana cara berhenti menjadi nasabah Asuransi Kesehatan AIA?

Jika ingin berhenti menjadi nasabah Asuransi Kesehatan AIA, ada beberapa cara yang bisa ditempuh, antara lain:

  • Ajukan penutupan polis asuransi melalui agen AIA yang dulu menawarkan produk
  • Datang langsung ke kantor cabang AIA dan ajukan penutupan
  • Datang langsung ke kantor pusat AIA
  • Hubungi call center AIA untuk mengajukan penutupan polis

Ikuti prosedur dan lengkapi dokumen polis asuransi lengkap jika akan berhenti asuransi AIA secara umum berikut ini:

  1. Hubungi call center asuransi AIA melalui nomor 1500980 atau (021) 30001980
  2. Unduh formulir pembatalan asuransi/surrender
  3. Mengisi formulir dengan lengkap
  4. Mengembalikan buku polis asuransi
  5. Menyertakan fotokopi KTP dan buku tabungan
  6. Membayar kewajiban yang belum diselesaikan, pajak, dan administrasi bila ada
  7. Menunggu proses pembatalan asuransi dalam waktu maksimal 14 hari kerja
  8. Cara berhenti asuransi Asuransi AIA juga bisa dilakukan langsung lewat agen atau broker asuransi terkait

Siapkan dokumen lengkap berupa polis asuransi dan identitas diri. Penutupan polis Asuransi Kesehatan AIA akan dikenakan biaya atau potongan tertentu apabila dilakukan sebelum jatuh tempo.

Di mana mendapatkan formulir klaim Asuransi AIA?

Seluruh Formulir klaim Asuransi AIA, termasuk Asuransi Kesehatan AIA bisa diperoleh di situs resmi perusahaan (www.aia-financial.co.id). Setelah masuk ke situs resminya, Anda tinggal ke laman “Layanan” kemudian klik “Formulir”.

UU Asuransi Kesehatan

Perusahaan asuransi dan lini bisnis terkait kini tidak lagi menggunakan UU Asuransi No.2 tahun 1992, namun menggunakan UU Asuransi terbaru yaitu UU 40 tahun 2014 tentang Perasuransian.

UU ini juga bisa disebut dengan UU Asuransi Kesehatan Nasional, karena mengatur hal-hal yang berkaitan dengan lini bisnis tersebut. Adapun hal-hal yang diatur dalam UU tersebut meliputi:

  • Ruang lingkup usaha perasuransian; bentuk badan hukum dan kepemilikan.
  • Perusahaan perasuransian; perizinan usaha; penyelenggaraan usaha.
  • Tata kelola usaha perasuransian berbentuk koperasi dan usaha bersama.
  • Peningkatan kapasitas asuransi, asuransi syariah, reasuransi
  • Reasuransi syariah dalam negeri.
  • Program asuransi wajib; perubahan kepemilikan, penggabungan, dan peleburan.
  • Pembubaran, likuidasi, dan kepailitan.
  • Pelindungan pemegang polis, tertanggung, atau peserta.
  • Profesi penyedia jasa bagi perusahaan perasuransian; pengaturan dan pengawasan.
  • Asosiasi usaha perasuransian.
Sekilas tentang Asuransi Kesehatan AIA

Asuransi Kesehatan AIA adalah salah satu produk unggulan yang ditawarkan oleh Asuransi AIA. Produk ini menawarkan proteksi mikro hingga proteksi kesehatan secara menyeluruh bagi individu dan keluarga. 

Beberapa produk asuransi kesehatan yang ditawarkan memberikan pertanggungan secara menyeluruh mulai dari penggantian biaya rawat inap dan rawat jalan dengan pembayaran secara cashless. Salah satu kelebihannya, AIA memiliki asuransi kesehatan dengan pertanggungan biaya perawatan hingga ke luar negeri atau di seluruh dunia.

Asuransi AIA Indonesia semula bernama PT AIG Life. Pada 2009 berubah nama menjadi PT AIA Financial (AIA Indonesia) hingga saat ini. AIA Indonesia merupakan bagian dari AIA Group yang berbasis di Hong Kong. Salah satu bukti bahwa AIA memiliki reputasi yang cukup baik adalah eksistensinya menjadi sponsor salah satu klub liga Inggris, Tottenham Hotspur, hingga 2027.

Sumber dan Referensi

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • http://www.aia-financial.co.id/
  • https://www.aia-financial.co.id/id/about-aia/info-media/artikel/articel/apa-itu-asuarnsi-kesehatan-murni.html
  • https://www.ojk.go.id/Files/201506/1UU402014Perasuransian_1433758676.pdf
  • https://money.kompas.com/read/2020/09/04/173719626/aia-tawarkan-asuransi-pandemi-premi-mulai-dari-rp-300000
Daftar dan dapatkan promo asuransi terbaik! Diskon 25%