Mencari Asuransi Terbaik?
Masukkan informasi diri dan sistem kami akan merekomendasikan polis terbaik sesuai dengan profil, kebutuhan, dan anggaranmu.

Asuransi Kesehatan BRI Life

5.0 / 5.0 (5.767 Ulasan)
Diskon Terbaik
500+ Pilihan
Bantuan Klaim
+62
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
+62
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
+62
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
Cicilan 0%Hemat 25%
 

Asuransi Kesehatan BRI

Asuransi kesehatan BRI atau asuransi kesehatan BRI Life (Bringin Life) adalah asuransi kesehatan yang dimiliki oleh BRI Life. BRI Life berada di bawah naungan PT Asuransi Jiwa BRI Indonesia. Selain dikenal sebagai penyedia asuransi jiwa, BRI Life juga memiliki asuransi kesehatan.

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Kesehatan BRI

  • (+) BRI Life memiliki rangkaian produk asuransi yang lengkap yang dapat meng-cover berbagai lapisan masyarakat, baik masyarakat umum dan karyawan perusahaan, seperti asuransi jiwa, asuransi mikro, asuransi kesehatan+jiwa untuk karyawan, asuransi jiwa syariah, dan jaminan hari tua untuk pensiunan.
  • (+) BRI Life memiliki lebih dari 50 kantor cabang di kota-kota besar di seluruh Indonesia dan ditunjang oleh lebih dari 3.000 tenaga pemasar untuk memudahkan nasabah mendapatkan layanan.
  • (+) BRI Life telah memiliki aplikasi “BRI Life My Medical” yang bisa diunduh secara gratis melalui ponsel untuk memudahkan akses kepada informasi yang dibutuhkan oleh nasabah.
  • (-) BRI Life tidak memiliki produk asuransi kesehatan personal tersendiri yang dapat memberikan jaminan finansial perawatan kesehatan di rumah sakit secara lengkap.

Sekilas tentang Asuransi Kesehatan BRI

Asuransi BRI Life adalah perusahaan asuransi yang menyediakan asuransi kesehatan BRI. Asuransi BRI Life sudah berdiri sejak tahun 1988 sesuai dengan SK Menteri Keuangan RI pada tanggal 10 Oktober 1988 dan akta pendirian dari notaris Ny Poerbaningsih Adi Warsito No.166 dengan nama PT Asuransi Jiwa Bringin Jiwa Sejahtera.

BRI Life dikenal sebagai salah satu BUMN milik negara yang sangat menguntungkan dan sahamnya banyak diminati investor asing. Beberapa produk asuransi BRI Life semula merupakan program DPLK BRI yang kemudian berfokus ke bisnis asuransi jiwa.

Beberapa produk unggulan yang ditawarkan BRI Life seperti asuransi jiwa, asuransi kesehatan individu maupun karyawan, asuransi kecelakaan hingga asuransi jiwa kredit. Produk asuransi BRI Life juga ditawarkan secara mikro sehingga harga preminya menjadi lebih terjangkau untuk semua kalangan.

Khusus mengenai asuransi kesehatan, BRI menawarkan satu jenis polis kesehatan untuk kelompok, yaitu Asuransi Kesehatan Kumpulan. Polis ini menawarkan pertanggungan menyeluruh untuk berbagai biaya perawatan medis nasabah.

Untuk produk individu, asuransi kesehatan BRI ditawarkan sebagai asuransi tambahan dalam produk asuransi jiwa iPLAN, Gemilang, dan We Flexi Pro. 

Salah satu keunggulan asuransi kesehatan BRI adalah tersedia proses klaim cashless dan berbagai jenis plan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan asuransi nasabah. 

 

Asuransi Kesehatan BRI menawarkan satu polis kesehatan. Berikut penjelasan mengenai polis asuransi kesehatan BRI yang bisa dipertimbangkan.

Asuransi Kesehatan BRI
AMKKM (Asuransi Mikro Kecelakaan, Kesehatan dan Meninggal Dunia)
Asuransi mikro yang memberikan proteksi maksimal dengan premi mulai dari Rp50 ribuan.
Asuransi Kesehatan BRI
Employee Benefit Program BRI Life
Program untuk karyawan yang memberikan manfaat berupa asuransi jiwa, asuransi kesehatan, serta tabungan masa pensiun dengan manfaat investasi.
 

Asuransi Kesehatan BRI memberikan benefit atau manfaat yang disesuaikan dengan ketentuan polis asuransi yang dipilih. Berikut ulasan pertanggungan masing-masing polis asuransi kesehatan BRI, premi, dan cara pembeliannya.

Pertanggungan asuransi kesehatan BRI sangat bergantung pada jenis produk dan plan yang dipilih. Berikut ulasan pertanggungan asuransi kesehatan BRI berdasarkan jenis plan

AMKKM (Asuransi Mikro Kecelakaan, Kesehatan dan Meninggal Dunia) 

Produk asuransi yang memberikan manfaat berupa penggantian biaya operasi akibat sakit atau kecelakaan maksimal sebesar Rp2,5 juta, santunan cacat total/sebagian akibat kecelakaan maksimal Rp5 juta, rawat inap akibat sakit/kecelakaan maksimal Rp100/hari selama maksimal 90 hari, santunan Rp2,5 juta jika meninggal dunia karena sakit, santunan meninggal dunia karena kecelakaan Rp19,5 juta. 

Employee Benefit Program 

Produk asuransi yang memberikan pertanggungan berupa asuransi jiwa kumpulan, asuransi kecelakaan kumpulan, rawat inap, rawat jalan, melahirkan, rawat gigi, dan penggantian kacamata. Manfaat lain adalah tabungan saat pensiun. Program ini dapat dipilih sesuai dengan prinsip syariah atau konvensional. 

Ada beberapa faktor yang memengaruhi harga premi asuransi kesehatan BRI, antara lain:

  • Usia tertanggung.
  • Jenis kelamin tertanggung.
  • Jenis pekerjaan tertanggung.
  • Jumlah peserta tertanggung.
  • Riwayat kesehatan.
  • Gaya hidup (merokok, konsumsi minuman beralkohol, dan pola hidup).
  • Plafon atau limit pertanggungan.
  • Jangka waktu pertanggungan.
  • Manfaat tambahan (rider).
  • Gaji karyawan/peserta tertanggung (untuk asuransi kesehatan BRI kumpulan).

Untuk mendapatkan informasi selengkapnya mengenai premi asuransi kesehatan BRI, silakan mengunjungi situs resmi bringinlife.co.id atau menghubungi call center BRI Life melalui sambungan 1500087.

Metode penggantian biaya asuransi adalah cara perusahaan asuransi memberikan manfaat pertanggungan, yaitu dalam bentuk santunan maupun biaya perawatan. Penggantian biaya asuransi akan dilakukan berdasarkan produk asuransi serta plan yang dipilih oleh pemegang polis.

Terdapat dua jenis penggantian biaya asuransi kesehatan BRI, yaitu reimbursement dan cashless. Pembayaran secara cashless dengan menggunakan kartu nasabah asuransi yang akan digesek di mesin EDC kasir rumah sakit atau tempat pelayanan kesehatan rekanan. 

  • Reimbursement adalah metode penggantian yang mengharuskan tertanggung membayarkan tagihan perawatan kesehatannya. Kemudian, tertanggung mengirimkan dokumen klaim ke pihak perusahaan asuransi. Selanjutnya, perusahaan asuransi akan mengganti biaya tersebut. 
  • Cashless adalah metode penggantian biaya asuransi kesehatan dengan menggunakan kartu saja. Untuk mendapatkan pelayanan medis di rumah sakit atau klinik, biasanya tertanggung dapat menggesekkan kartu (swipe card) atau cukup menunjukkan kartu (show card).

Premi asuransi kesehatan BRI Life bisa dibayar secara tahunan. Nasabah juga bisa melakukan pembayaran yang diangsur setiap semester (enam bulan), kuartal (tiga bulan), atau sebulan dan akan langsung diakui pada saat premi diterima di rekening penanggung.

Adapun kanal pembayaran yang disediakan sebagai berikut:

  • ATM BRI
  • Mass Debet Bank BRI
  • Auto Debet Bank Mandiri
  • EDC Bank BRI
  • BRI Virtual Account
  • ATM Bank Lain dengan tujuan BRI
  • SMS dan Mobile Banking BRI
  • SMA atau Mobile Banking Lainnya
  • Internet Banking Bank BRI
  • Internet Banking Bank Lainnya
  • Teller Bank BRI
  • Teller Bank Lainnya dengan Metode Transfer
  • Pembayaran premi online melalui kartu kredit (VISA/MasterCard)
  • Pembayaran premi online melalui e-pay BRI.
  • Pembayaran premi online melalui DOKU Wallet.

Informasi tentang premi asuransi kesehatan BRI Life bisa ditanyakan melalui:

Kantor Pusat

Asuransi Jiwa BRINGIN JIWA SEJAHTERA

Gedung Graha Irama Lantai 5, 7, 11 & 15

Jalan HR Rasuna Said Blok X – 1 Kav. 1 & 2

Jakarta Selatan 12950

Telepon: (021) 526 1260-61

Cara pembayaran pada dasarnya sama saja, yang penting adalah mengetahui nomor polis yang dibayarkan. Setelah itu informasikan atau input nomor polis yang sesuai. Kemudian bayar premi sesuai dengan jumlah yang harus dibayarkan. 

Jangan lupa simpan bukti pembayaran untuk arsip. Setiap transaksi pembayaran yang berhasil akan dikirimkan melalui SMS ataupun email di hari yang sama. 

Berikut tahapan klaim cashless asuransi kesehatan BRI di rumah sakit rekanan.

  • Tertanggung datang ke tempat layanan kesehatan rekanan.
  • Tunjukkan kartu identitas diri dan kartu anggota BRI Life .
  • Tempat layanan kesehatan melakukan penggesekan kartu di mesin EDC.
  • Tertanggung mendapatkan tindakan di Rumah Sakit.
  • Setelah mendapatkan tindakan, tertanggung bisa langsung pulang.
  • Jika ada kelebihan biaya akan dilakukan penagihan kepada tertanggung.
  • Tertanggung membayar tagihan agar kartu asuransinya bisa digunakan kembali.

Berikut ini tahapan klaim reimbursement asuransi kesehatan BRI.

  • Tertanggung datang ke rumah sakit rekanan dan mendapatkan layanan kesehatan.
  • Tertanggung membayar tagihan biaya perawatan medis menggunakan dana pribadi.
  • Tertanggung mengajukan klaim ke BRI dengan waktu maksimum 60 hari (rawat inap dan bersalin) atau 30 hari (rawat jalan, rawat gigi, kacamata).
  • BRI akan membayar uang penggantian sesuai dengan ketentuan polis.

Setiap nasabah berhak mengajukan penutupan polis karena alasan apapun. Namun, sebelum mengajukan penutupan polis, sebaiknya pastikan perusahaan asuransi memberikan manfaat free-look provision. Artinya, jika nasabah merasa perjanjian yang tertera dalam buku polis dirasa kurang sesuai dengan kebutuhan, maka nasabah berhak melakukan pembatalan dan mendapatkan pengembalian premi yang telah dibayarkan.

Jika penutupan polis dilakukan saat manfaat pertanggungan telah aktif, sila hubungi pihak perusahaan asuransi untuk mengetahui ketentuan mengenai ada atau tidaknya pengembalian premi.

Memberhentikan atau menutup polis asuransi BRI umumnya dilakukan hampir sama dengan cara pengajuan klaim. Keputusan untuk berhenti menjadi nasabah asuransi BRI sebaiknya jangan dilakukan dengan cara tidak membayar polis lagi karena akan dianggap menunggak pembayaran premi. Berikut tahapan menutup polis BRI Life:

  • Menghubungi kantor cabang BRI Life terdekat di kota, kemudian jelaskan keinginan untuk memproses penutupan polis.
  • Mengisi dokumen pernyataan yang menerangkan penutupan polis tanpa paksaan dan berdasarkan inisiatif sendiri secara sadar. Sebaiknya, pahami juga isi dokumen dan minta penjelasan untuk denda dan hal lain yang ditimbulkan dari penutupan polis.
  • Lengkapi persyaratan seperti, surat pengajuan klaim, fotokopi sertifikat asuransi dan kuitansi pembayaran premi, kartu identitas diri, dan lain sebagainya.
  • Menunggu sisa dana jika ada dana investasi atau lainnya yang tersisa.
  • Informasi lainnya terkait asuransi BRI, dapat menghubungi call center melalui nomor 1500087.

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • http://www.bringinlife.co.id/