Asuransi Mobil ABDA

Diskon Terbaik
500+ Pilihan
Bantuan Klaim
+62
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
+62
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
+62
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
Cicilan 0%Hemat 25%
 

Asuransi Mobil ABDA

Asuransi mobil ABDA adalah produk asuransi mobil yang dimiliki oleh PT Asuransi Bina Dana Arta Tbk. (ABDA). Adapun produk asuransi mobil yang dimiliki ABDA terdiri dari dua jenis manfaat pertanggungan, yaitu TLO (total loss only), dan all risk (comprehensive).

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Mobil ABDA

  • (+) Pilihan pertanggungan yang diberikan asuransi mobil ABDA terbilang cukup lengkap karena menghadirkan dua jenis manfaat, yaitu TLO dan all risk.
  • (+) ABDA menyediakan manfaat tambahan untuk asuransi mobil, yaitu layanan roadside assistance (RSA) 24 jam.
  • (-) Tidak tersedianya jaminan atas tanggung jawab terhadap pihak ketiga (TPL) untuk produk asuransi mobil ABDA.

Sekilas tentang Asuransi Mobil ABDA

Asuransi mobil ABDA adalah produk asuransi mobil yang dimiliki oleh PT Asuransi Bina Dana Arta Tbk dengan manfaat proteksi pada kendaraan bermotor, khususnya mobil. ABDA menawarkan dua pilihan jaminan produk asuransi mobil, yaitu asuransi kendaraan comprehensive (all risk) dan asuransi kendaraan total loss only (TLO).

Salah satu keunggulan dari asuransi mobil ABDA adalah tersedianya layanan Road Side Assistance 24 Jam yang membantu penggantian ban, pesan antar bensin, hingga membuka pintu kendaraan ketika kunci tertinggal di dalam mobil.

Asuransi ABDA sendiri  merupakan perusahaan asuransi umum yang didirikan sesuai Akta Notaris Kartini Mulyadi SH No.78 pada tanggal 12 Oktober 1982 dengan nama PT Asuransi Bina Dharma Arta. Dalam perjalanannya, asuransi ABDA telah mengalami beberapa kali pergantian nama, yakni PT Dharmala Insurance pada tahun 1994 dan  PT Asuransi Bina Dana Arta Tbk. pada tahun 1999.

Selain asuransi mobil, ABDA juga memfokuskan diri pada jenis asuransi kerugian lainnya seperti, asuransi kebakaran, rekayasa, tanggung gugat, pengangkutan, peralatan berat, kesehatan, aneka, dan lain-lain.

Saat ini Lifepal belum bekerja sama dengan asuransi ABDA. Jika ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai produk asuransi mobil dari ABDA, sila mengunjungi situs resmi ABDA. Namun, jika tertarik untuk mengetahui informasi produk dari asuransi lainnya, Lifepal dapat membantu untuk mencarikan asuransi terbaik dan konsultasi gratis.

 

Dilansir dari laman produk pada situs resmi asuransi abdainsurance.co.id, terdapat tiga pilihan polis yang bisa dipertimbangkan calon nasabah. Berikut pilihan polis Asuransi Mobil ABDA.

Asuransi Mobil ABDA
Asuransi Kendaraan Comprehensive (all risk)
Produk asuransi kendaraan yang memberikan ganti rugi akibat kerusakan ringan hingga parah yang disebabkan tabrakan hingga perbuatan jahat lainnya.
Asuransi Mobil ABDA
Asuransi Kendaraan Total Loss Only (TLO)
Produk asuransi kendaraan yang memberikan jaminan berupa penggantian biaya ketika kendaraan mengalami kerusakan sama dengan atau lebih dari 75 persen.
 

Pertanggungan asuransi mobil ABDA sangat bergantung pada jenis produk dan plan yang dipilih. Berikut adalah pertanggungan asuransi mobil ABDA berdasarkan jenis produknya.

Pertanggungan asuransi mobil ABDA sangat bergantung pada jenis produk dan plan yang dipilih. Berikut adalah pertanggungan asuransi mobil ABDA berdasarkan jenis produknya.

Pertanggungan Asuransi Mobil ABDA Comprehensive (All Risk)

Produk asuransi mobil ini mampu memberikan perlindungan ganti rugi akibat segala risiko kerusakan yang disebabkan oleh hal sebagai berikut:

  • Tabrakan atau benturan antarmobil maupun bukan.
  • Mobil terbalik, tergelincir, dan terperosok.
  • Akibat perbuatan orang jahat.
  • Pencurian.
  • Kebakaran kendaraan.

Adapun manfaat tambahan yang dapat digunakan adalah layanan Roadside Assistance (RSA) 24 jam. Layanan tersebut mencakup hal sebagai berikut.

  • Layanan derek 24 jam
    • Untuk kejadian kecelakaan apabila kendaraan masuk ke dalam lubang dengan maksimal biaya 0,5 persen dari harga pertanggungan.
    • Untuk kejadian mobil mogok.
  • Layanan pengantaran bensin sebanyak lima liter apabila mobil kehabisan bensin dengan jarak lebih dari satu kilometer dari rumah.
  • Layanan bantuan menyalakan kendaraan apabila kendaraan mati akibat aki bermasalah.
  • Layanan membuka pintu kendaraan apabila jika kunci tertinggal di dalam kendaraan.
  • Layanan bantuan penggantian ban apabila tidak ada ban serep maupun kesulitan dalam memasang ban. Dengan limit maksimal tiga kali per periode polis.

Pertanggungan Asuransi Mobil ABDA Total Loss Only (TLO)

Produk asuransi mobil total loss only (TLO) yang ditawarkan asuransi ABDA memberikan pertanggungan terhadap risiko perbaikan ataupun penggantian jika kerusakan atau kerugian minimal atau lebih dari 75 persen.

Adapun manfaat tambahan lainnya yang bisa dipergunakan, seperti manfaat banjir, badai, angin topan, gempa bumi, kerusuhan, terorisme, dan kecelakaan diri baik untuk pengemudi ataupun penumpang dengan tambahan premi yang terjangkau.

Ada beberapa faktor yang memengaruhi harga premi asuransi mobil ABDA, antara lain:

  • Kota atau wilayah domisili kendaraan.
  • Nilai kendaraan.
  • Tipe atau jenis kendaran.
  • Tipe proteksi atau jenis asuransi yang dipilih.
  • Usia kendaraan.
  • Jenis penggunaan.
  • Perluasan jaminan yang dipilih.

Harga premi polis asuransi all risk biasanya akan lebih mahal dibandingkan dengan premi asuransi TLO, karena manfaat pertanggungannya yang didapatkan lebih banyak. Khusus untuk asuransi all risk, nasabah akan dibebankan biaya own risk sebesar Rp300 ribu per klaim kejadian.

Besaran premi yang ditetapkan untuk produk asuransi mobil ABDA merujuk pada surat edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 6/SEOJK.05/2017 tentang Penetapan Premi atau Kontribusi pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor pada tahun 2017. Jika ingin mengetahui bagaimana perhitungan premi asuransi mobil ABDA, silakan mengunjungi halaman asuransi mobil untuk mengetahui informasi selengkapnya.

Penggantian biaya asuransi mobil ABDA disesuaikan dengan jenis polis yang dimiliki. Untuk produk asuransi total loss only (TLO), penggantian biaya akan dilakukan dengan cara uang pertanggungan dibayarkan secara sekaligus kepada nasabah jika klaim telah disetujui oleh pihak perusahaan asuransi.

Sedangkan untuk produk asuransi comprehensive atau asuransi all risk, penggantian biaya dapat dilakukan secara cashless. Mobil yang mengalami kerusakan akan diperbaiki di bengkel rekanan melalui surat perintah kerja dari asuransi ABDA.

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap seputar penggantian biaya, bisa menghubungi ABDA Call Center melalui nomor (021) 51401688.

Membeli asuransi mobil ABDA secara online tentu lebih praktis sebab Anda tidak perlu datang ke kantor pemasaran terdekat untuk mendapatkan penawaran yang cocok. Dengan agen asuransi mobil ABDA yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia dan beragamnya layanan nasabah yang dihadirkan tentu membuat aktivitas membeli asuransi mobil menjadi lebih mudah.

Atau, jika ingin lebih berimbang, Anda dapat membandingkan produk asuransi mobil terbaik melalui situs agregator semacam Lifepal. Melalui marketplace asuransi online Lifepal.co.id, Anda tidak hanya dapat membandingkan produk asuransi Garda Oto saja tetapi juga dari perusahaan lain. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan proteksi terbaik sesuai kebutuhan dengan premi paling ringan pula. 

Pembayaran premi asuransi mobil ABDA bergantung pada jenis produk asuransi yang Anda pilih. Terdapat beberapa metode pembayaran premi asuransi ABDA, baik kategori kendaraan, harta benda, pengangkutan, hingga kecelakaan diri dan kesehatan. Berikut prosedur pembayaran asuransi mobil ABDA yang dapat Anda ikuti.

  • Transfer melalui mesin ATM: Lakukan transfer bank atau antar bank dengan menunjuk nomor rekening asuransi ABDA seperti yang tertera pada nota tagihan polis asuransi mobil.
  • Internet Banking/Mobile Banking: Lakukan pembayaran melalui internet banking atau mobile banking dengan menunjukkan nomor rekening asuransi ABDA seperti yang tertera pada nota tagihan polis asuransi.
  • Kartu kredit (Visa, MasterCard, BCA Card): Dilakukan dengan cara memberikan informasi melalui telepon atau mengisi formulir pembayaran kartu kredit di kantor ABDA agar pembayaran premi dapat dikreditkan pada kartu kredit.

Cara klaim asuransi mobil ABDA cukup mudah. Berikut prosedur dan cara klaim serta persyaratan yang harus disiapkan.

  • Kunjungi situs resmi asuransi ABDA di abdaonline.com.
  • Kunjungi laman Claim asuransi ABDA.
  • Pilih Buat Laporan Klaim jika ingin membuat klaim laporan baru.
  • Masukkan data-data polis, mulai dari nomor polis, nomor sertifikat, nomor rangka, dan kode keamanan.
  • Kemudian lengkapi data-data klaim yang diminta.
  • Pihak asuransi mobil ABDA akan segera memproses klaim.

Apabila ingin mengetahui status klaim asuransi mobil ABDA dari laporan yang sudah dibuat, berikut adalah cara selengkapnya.

  • Kunjungi laman Claim asuransi ABDA pada situs resmi.
  • Pilih Cek Status Klaim.
  • Masukkan nomor register, nomor rangka, dan kode keamanan.
  • Selanjutnya, sudah bisa dilihat status klaim terkini Anda.

Setiap nasabah berhak mengajukan penutupan polis karena alasan apapun. Namun, sebelum mengajukan penutupan polis, sebaiknya pastikan perusahaan asuransi memberikan manfaat free-look provision. Artinya, jika nasabah merasa perjanjian yang tertera dalam buku polis dirasa kurang sesuai dengan kebutuhan, maka Anda berhak melakukan pembatalan dan mendapatkan pengembalian premi yang telah dibayarkan.

Jika Anda melakukan penutupan polis saat manfaat pertanggungan telah aktif maka kemungkinan tidak ada pengembalian premi. Sila hubungi pihak perusahaan asuransi untuk mengetahui cara penutupan polis asuransi mobil ABDA.

Anda dapat menutup polis asuransi mobil ABDA, dengan catatan sesuai dengan kesepakatan tertulis pada polis. Berikut tahapan menutup polis asuransi mobil secara umum.

  • Mengisi dan menandatangani formulir atau Surat Permintaan Penutupan Asuransi (SPPA).
  • Lengkapi dokumen berupa polis dengan fotokopi STNK kendaraan bermotor dan identitas nasabah. 
  • Mengirimkan Surat Permintaan Penutupan Asuransi (SPPA) untuk asuransi mobil melalui faksimile, email, atau mengontak via telepon sesuai dengan kanal atau kontak yang disediakan. 
  • Pihak ABDA akan melakukan pemeriksaan jika masih ada tagihan tertunggak agar diselesaikan dulu oleh nasabah sebelum dilakukan penutupan.

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • https://www.abdaonline.com/