Asuransi Mobil ABDA

3.5 / 5.0 (5.622 Ulasan)
Diskon Terbaik
500+ Pilihan
Bantuan Klaim
+62
80 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
80 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
80 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
80 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
80 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
1970/01/01 00:00:00FLASHSALEDiskon 20%
 

Asuransi Mobil ABDA

Asuransi Mobil ABDA menawarkan dua produk asuransi kendaraan roda empat terbaik, yaitu TLO (total loss only), dan all risk (comprehensive). Kedua produk ini bisa Anda dapatkan dengan premi termurah, mulai dari Rp 36.000 per bulan untuk TLO dan Rp 205.000 per bulan untuk all risk (comperhensive).

 

Sekilas Tentang Asuransi Mobil ABDA

Asuransi Mobil ABDA adalah produk asuransi mobil yang dimiliki oleh PT Asuransi Bina Dana Arta Tbk dengan manfaat proteksi pada kendaraan bermotor, khususnya mobil. ABDA menawarkan dua pilihan jaminan produk asuransi mobil, yaitu asuransi kendaraan comprehensive (all risk) dan asuransi kendaraan total loss only (TLO).

Salah satu keunggulan dari Asuransi Mobil ABDA adalah tersedianya layanan Road Side Assistance 24 jam yang membantu penggantian ban, pesan antar bensin, hingga membuka pintu kendaraan ketika kunci tertinggal di dalam mobil.

Asuransi ABDA sendiri  merupakan perusahaan asuransi umum yang didirikan sesuai Akta Notaris Kartini Mulyadi SH No.78 pada tanggal 12 Oktober 1982 dengan nama PT Asuransi Bina Dharma Arta. Dalam perjalanannya, asuransi ABDA telah mengalami beberapa kali pergantian nama, yakni PT Dharmala Insurance pada tahun 1994 dan  PT Asuransi Bina Dana Arta Tbk. pada tahun 1999.

Selain asuransi mobil, ABDA juga memfokuskan diri pada jenis asuransi kerugian lainnya seperti, asuransi kebakaran, rekayasa, tanggung gugat, pengangkutan, peralatan berat, kesehatan, aneka, dan lain-lain.

Saat ini Lifepal belum bekerja sama dengan asuransi ABDA. Jika ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai produk asuransi mobil dari ABDA, sila mengunjungi situs resmi ABDA. Namun, jika tertarik untuk mengetahui informasi produk dari asuransi lainnya, Lifepal dapat membantu untuk mencarikan asuransi terbaik dan konsultasi gratis.

 

Pertanyaan Seputar Asuransi Mobil ABDA

Berikut sejumlah pertanyaan seputar Asuransi Mobil ABDA yang paling sering ditanyakan.

Pertanggungan Asuransi Mobil ABDA sangat bergantung pada jenis produk dan plan yang dipilih. Berikut adalah pertanggungan Asuransi Mobil ABDA berdasarkan jenis produknya.

Pertanggungan Total Loss Only (TLO)

Produk total loss only (TLO) yang ditawarkan Asuransi ABDA memberikan pertanggungan terhadap risiko perbaikan ataupun penggantian jika kerusakan atau kerugian mencapai 75 persen bahkan lebih.

Polis asuransi ini memberikan opsi perluasan jaminan yang meliputi manfaat banjir, badai, angin topan, gempa bumi, kerusuhan, terorisme, dan kecelakaan diri baik untuk pengemudi ataupun penumpang dengan tambahan premi yang terjangkau.

Pertanggungan Comprehensive (All Risk)

Produk asuransi ini memberikan perlindungan ganti rugi akibat segala risiko kerusakan yang disebabkan berbagai hal berikut:

  • Tabrakan atau benturan antar mobil maupun bukan
  • Mobil terbalik, tergelincir, dan terperosok
  • Akibat perbuatan orang jahat
  • Pencurian
  • Kebakaran kendaraan

Adapun manfaat tambahan yang dapat digunakan adalah layanan Roadside Assistance (RSA) 24 jam. Layanan tersebut mencakup.

  • Layanan derek 24 jam
    • Untuk kejadian kecelakaan apabila kendaraan masuk ke dalam lubang dengan maksimal biaya 0,5 persen dari harga pertanggungan
    • Untuk kejadian mobil mogok
  • Layanan pengantaran bensin sebanyak lima liter apabila mobil kehabisan bensin dengan jarak lebih dari satu kilometer dari rumah.
  • Layanan bantuan menyalakan kendaraan apabila kendaraan mati akibat aki bermasalah.
  • Layanan membuka pintu kendaraan apabila kunci tertinggal di dalam kendaraan.
  • Layanan bantuan penggantian ban apabila tidak ada ban serep maupun kesulitan dalam memasang ban. Dengan limit maksimal tiga kali per periode polis.

Mengecek status polis Asuransi ABDA bisa dilakukan dengan mengakses situs resmi perusahaan di www.abdainsurance.co.id, kemudian pilih “Layanan” lalu “Status Polis”. Di laman “Status Polis” silahkan “Login” dengan mengisi kolom, seperti nomor polis, nomor sertifikat, nomor rangka, dan kode keamanan.

Membeli Asuransi Mobil ABDA secara online tentu lebih praktis, karena Anda tidak perlu datang ke kantor pemasaran terdekat untuk mendapatkan penawaran yang cocok. Dengan agen Asuransi Mobil ABDA yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia dan beragamnya layanan nasabah yang dihadirkan tentu membuat aktivitas membeli asuransi mobil menjadi lebih mudah.

Atau, jika ingin lebih berimbang, Anda dapat membandingkan produk asuransi mobil terbaik melalui situs agregator semacam Lifepal. Di Lifepal.co.id, Anda tidak hanya dapat membandingkan produk Asuransi Mobil ABDA saja tetapi juga dari perusahaan lain. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan proteksi terbaik sesuai kebutuhan dan premi paling ringan pula. 

Terdapat beberapa metode pembayaran premi Asuransi ABDA, baik kategori kendaraan, harta benda, pengangkutan, hingga kecelakaan diri dan kesehatan. Berikut prosedur pembayaran Asuransi Mobil ABDA yang dapat Anda ikuti.

  • Transfer melalui mesin ATM: Lakukan transfer bank atau antar bank dengan menunjuk nomor rekening asuransi ABDA seperti yang tertera pada nota tagihan polis asuransi mobil.
  • Internet Banking/Mobile Banking: Lakukan pembayaran melalui internet banking atau mobile banking dengan menunjukkan nomor rekening asuransi ABDA seperti yang tertera pada nota tagihan polis asuransi.
  • Kartu kredit (Visa, MasterCard, BCA Card): Dilakukan dengan cara memberikan informasi melalui telepon atau mengisi formulir pembayaran kartu kredit di kantor ABDA agar pembayaran premi dapat dikreditkan.

Cara klaim Asuransi Mobil ABDA cukup mudah. Berikut prosedur dan persyaratan yang harus disiapkan.

  • Kunjungi situs resmi resmi perusahaan di www.abdaonline.com
  • Kunjungi laman “Claim”
  • Pilih “Buat Laporan Klaim” jika ingin membuat klaim laporan baru
  • Masukkan data-data polis, mulai dari nomor polis, nomor sertifikat, nomor rangka, dan kode keamanan
  • Kemudian lengkapi data-data klaim yang diminta
  • Pihak Asuransi Mobil ABDA akan segera memproses klaim

Apabila ingin mengetahui status klaim dari laporan yang sudah dibuat, berikut caranya.

  • Kunjungi laman “Claim” pada situs resmi perusahaan
  • Pilih “Cek Status Klaim”
  • Masukkan nomor register, nomor rangka, dan kode keamanan
  • Selanjutnya, sudah bisa dilihat status klaim terkini

Ada beberapa faktor yang memengaruhi harga premi Asuransi Mobil ABDA, antara lain:

  • Kota atau wilayah domisili kendaraan
  • Nilai kendaraan
  • Tipe atau jenis kendaraan
  • Tipe proteksi atau jenis asuransi yang dipilih
  • Usia kendaraan
  • Jenis penggunaan
  • Perluasan jaminan yang dipilih

Harga premi polis asuransi all risk biasanya akan lebih mahal dibandingkan dengan premi asuransi TLO, karena manfaat pertanggungannya yang didapatkan lebih banyak. Khusus untuk asuransi all risk, nasabah akan dibebankan biaya own risk sebesar Rp300 ribu per klaim kejadian.

Besaran premi yang ditetapkan untuk produk Asuransi Mobil ABDA merujuk pada surat edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 6/SEOJK.05/2017 tentang Penetapan Premi atau Kontribusi pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor pada tahun 2017. Jika ingin mengetahui bagaimana perhitungan premi asuransi mobil ABDA, silakan mengunjungi halaman asuransi mobil untuk mengetahui informasi selengkapnya.

Penggantian biaya asuransi mobil ABDA disesuaikan dengan jenis polis yang dimiliki. Untuk produk asuransi total loss only (TLO), penggantian biaya akan dilakukan dengan cara uang pertanggungan dibayarkan secara sekaligus kepada nasabah jika klaim telah disetujui oleh perusahaan asuransi.

Sedangkan untuk produk asuransi comprehensive (all risk), penggantian biaya dapat dilakukan secara cashless. Mobil yang mengalami kerusakan akan diperbaiki di bengkel rekanan melalui surat perintah kerja dari Asuransi ABDA.

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap seputar penggantian biayanya, sila menghubungi call center Asuransi Mobil ABDA melalui nomor (021) 51401688.

Setiap nasabah berhak mengajukan penutupan polis karena alasan apapun. Namun, sebelum mengajukan penutupan polis, sebaiknya pastikan perusahaan asuransi memberikan manfaat free-look provision. Artinya, jika nasabah merasa perjanjian yang tertera dalam buku polis dirasa kurang sesuai dengan kebutuhan, maka Anda berhak melakukan pembatalan dan mendapatkan pengembalian premi yang telah dibayarkan.

Jika Anda melakukan penutupan polis saat manfaat pertanggungan telah aktif maka kemungkinan tidak ada pengembalian premi. Sila hubungi pihak perusahaan asuransi untuk mengetahui cara penutupan polis Asuransi Mobil ABDA.

Anda dapat menutup polis Asuransi Mobil ABDA, dengan catatan sesuai dengan kesepakatan tertulis pada polis. Berikut tahapan menutup polisnya:

  • Mengisi dan menandatangani formulir atau Surat Permintaan Penutupan Asuransi (SPPA)
  • Lengkapi dokumen berupa polis dengan fotokopi STNK kendaraan bermotor dan identitas nasabah
  • Mengirimkan Surat Permintaan Penutupan Asuransi (SPPA) untuk asuransi mobil melalui fax, email, atau mengontak via telepon sesuai dengan kanal atau kontak yang disediakan
  • Perusahaan asuransi akan melakukan pemeriksaan jika masih ada tagihan tertunggak agar diselesaikan terlebih dahulu oleh nasabah sebelum dilakukan penutupan

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • https://www.abdaonline.com/
Penulis Ruri Sari Mantan peracik tulisan di media sosial yang mencoba berbagi informasi seputar mengelola keuangan pribadi dan sharing trik-trik jitu yang bisa kita semua nikmati. Lihat profile penulis
Chat Bantuan Chat Bantuan