Asuransi Mobil ABDA: Polis & Premi Termurah

Asuransi Mobil ABDA dikelola oleh PT Asuransi Bina Dana Arta Tbk (Asuransi ABDA). Pilihan produk asuransi mobil yang dihadirkan mencakup:
- Total Loss Only (TLO): menanggung biaya perbaikan sama dengan atau melebihi 75% dari harga mobil sebelum mengalami kerugian.
- All Risk (Comprehensive): menanggung biaya perbaikan kecil, sedang, hingga kerusakan total.
Dapatkan Asuransi Mobil ABDA premi mulai Rp3 jutaan per tahun hanya di Lifepal. Yuk, cek sekarang secara online!
*Syarat dan ketentuan berlaku
Pilihan Polis Asuransi Mobil ABDA
Pilihan polis yang tersedia antara lain Asuransi Mobil ABDA All Risk dan Total Loss Only (TLO). Berikut penjelasan manfaatnya:
Asuransi Mobil ABDA Jaminan Comprehensive (All Risk) Produk asuransi ini memberikan perlindungan ganti rugi akibat segala risiko kerusakan yang disebabkan berbagai hal yang dijamin di dalam polis.
|
Asuransi Mobil ABDA Jaminan Total Loss Only (TLO) Produk total loss only (TLO) yang ditawarkan Asuransi ABDA memberikan pertanggungan terhadap risiko perbaikan ataupun penggantian jika kerusakan atau kerugian mencapai 75 persen bahkan lebih.
|
Asuransi Mobil ABDA Santunan Asuransi Kendaraan Bermotor Produk Asuransi Mobil ABDA yang memberikan santunan biaya atas risiko kerugian atau kerusakan yang dapat terjadi pada kendaraan bermotor yang diasuransikan, baik roda empat maupun roda dua.
|
Asuransi Mobil ABDA Manfaat Tambahan Manfaat tambahan yang diberikan untuk melengkapi produk Asuransi Mobil ABDA yang Anda miliki dengan jaminan yang beragam.
|
Rangkuman Manfaat Polis Asuransi Mobil ABDA
Berikut adalah rangkuman manfaat polis dari Asuransi Mobil ABDA yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan:
Jaminan/Manfaat | Manfaat Diberikan |
Pertanggungan Total Loss Only (TLO) | Pertanggungan biaya kerusakan hingga 75 persen atau lebih dari harga kendaraan, baik akibat kecelakaan maupun kehilangan. |
Pertanggungan Comprehensive (All Risk) | Pertanggungan biaya kerusakan sebagian maupun total akibat risiko yang dijamin dalam polis, termasuk akibat pencurian. |
Santunan Kendaraan Bermotor | Penggantian biaya selama kendaraan roda empat atau roda dua sedang dalam perbaikan akibat kerusakan. |
Premi Asuransi Mobil ABDA
Ada beberapa faktor yang memengaruhi harga premi Asuransi Mobil ABDA, antara lain:
- Kota atau wilayah domisili kendaraan
- Nilai kendaraan
- Tipe atau jenis kendaraan
- Tipe proteksi atau jenis asuransi yang dipilih
- Usia kendaraan
- Jenis penggunaan
- Perluasan jaminan yang dipilih
Harga premi polis asuransi all risk biasanya akan lebih mahal dibandingkan dengan premi asuransi TLO, karena manfaat pertanggungannya yang didapatkan lebih banyak. Khusus untuk asuransi all risk, nasabah akan dibebankan biaya own risk sebesar Rp300 ribu per klaim kejadian.
Besaran premi yang ditetapkan untuk produk Asuransi Mobil ABDA merujuk pada surat edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 6/SEOJK.05/2017 tentang Penetapan Premi atau Kontribusi pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor pada tahun 2017.
Dapatkan produk Asuransi Mobil ABDA dengan premi Rp3 jutaan per tahun, cukup dengan mengisi formulir di atas! |
Pembayaran premi Asuransi Mobil ABDA dapat dilakukan melalui beberapa cara dengan prosedur yang mudah. Berikut prosedur pembayaran Asuransi Mobil ABDA yang dapat Anda ikuti.
- Transfer melalui mesin ATM: Lakukan transfer bank atau antar bank dengan menunjuk nomor rekening asuransi ABDA seperti yang tertera pada nota tagihan polis asuransi mobil.
- Internet Banking/Mobile Banking: Lakukan pembayaran melalui internet banking atau mobile banking dengan menunjukkan nomor rekening asuransi ABDA seperti yang tertera pada nota tagihan polis asuransi.
- Kartu kredit (Visa, MasterCard, BCA Card): Dilakukan dengan cara memberikan informasi melalui telepon atau mengisi formulir pembayaran kartu kredit di kantor ABDA agar pembayaran premi dapat dikreditkan.
Klaim Asuransi Mobil ABDA
Untuk memudahkan nasabah, syarat klaim Asuransi Mobil ABDA kini dapat dilakukan secara online. Berikut syarat dan beberapa cara klaim Asuransi Mobil ABDA yang harus disiapkan:
Menghubungi Layanan Klaim
- Segera laporkan kejadian melalui salah satu layanan berikut:
- Call center 24 jam (021) 28090111
- WhatsApp Business: 0817 001 0022
- Email: [email protected]
- [email protected]
- Surveyor akan memandu survey secara online melalui WhatsApp
- Lengkapi dan kirimkan dokumen persyaratan klaim secara online
- Jika klaim disetujui, surat perbaikan akan segera dikirimkan (SPK Sameday dapat diberikan untuk kerusakan ringan tanpa penggantian sparepart), setelah itu kendaraan dapat segera diperbaiki di bengkel rekanan.
Melalui situs resmi Asuransi ABDA
- Kunjungi situs resmi resmi perusahaan di www.abdainsurance.co.id
- Kunjungi laman “Layanan”
- Pilih “Pelaporan Claim” jika ingin membuat klaim laporan baru
- Masukkan data-data polis, mulai dari nomor polis, nomor sertifikat, nomor rangka, dan kode keamanan
- Kemudian lengkapi data-data klaim yang diminta
- Pihak Asuransi Mobil ABDA akan segera memproses klaim
- Laporan kerugian termasuk kronologis kejadian
- Fotokopi polis dan sertifikat
- STNK dan KTP Tertanggungan
- Surat keterangan dari perusahaan asuransi berisi pernyataan bahwa telah terjadi kerusakan sebagian atau kerugian/kerusakan total yang disebabkan oleh pencurian atau kecelakaan
- Foto-foto bukti kerusakan (jika diminta oleh pihak asuransi)
- Dokumen lainnya yang dianggap relevan
Apabila ingin mengetahui status klaim dari laporan yang sudah dibuat, berikut caranya.
- Kunjungi laman “Layanan” pada situs resmi perusahaan
- Pilih “Status Claim”
- Masukkan nomor register, nomor rangka, dan kode keamanan
- Selanjutnya, sudah bisa dilihat status klaim terkini
Agar pengalaman klaim Asuransi Mobil ABDA tidak mengalami penolakan serta mudah dan cepat, ketahui apa saja hal-hal penyebab klaim Asuransi Mobil ABDA ditolak:
- Polis tidak aktif: polis asuransi yang berada dalam status tidak aktif bisa menyebabkan klaim ditolak. Biasanya polis tidak aktif disebabkan oleh alasan seperti tidak membayar premi atau telah melewati jatuh tempo masa tenggang pembayaran premi.
- Kerusakan terjadi sebelum masa asuransi: jika kendaraan telah mengalami kerusakan sebelum diasuransikan, maka kerusakan tersebut tidak dapat ditanggung oleh perusahaan asuransi.
- Dokumen klaim tidak lengkap: pastikan dokumen pengajuan klaim Anda telah lengkap dan sesuai dengan persyaratan asuransi, sehingga mempermudah proses validasi dan pencairan dana klaim.
- Risiko tidak dijamin dalam polis: membaca dan mempelajari polis secara detail sangat penting agar tidak ditolak, sebab Anda telah memahami apa saja risiko yang ditanggung maupun yang tidak ditanggung oleh asuransi.
- Melewati batas waktu pengajuan klaim: berdasarkan beberapa pengalaman klaim Asuransi Mobil ABDA dari nasabah, adalah seringkali nasabah tidak segera melaporkan kerugian pada asuransi. Segera ajukan klaim maksimal 5 hari sejak terjadinya kerugian.
- Melakukan pelanggaran hukum: pihak asuransi tidak akan menjamin risiko kendaraan yang terindikasi melakukan pelanggaran hukum, seperti ugal-ugalan atau tidak menepati rambu-rambu lalu lintas.
Daftar Bengkel Rekanan Asuransi ABDA
Asuransi ABDA telah bekerjasama dengan lebih dari 400 bengkel rekanan yang tersebar di seluruh Indonesia. Berikut alamat lengkap bengkel rekanan Asuransi ABDA yang bisa didatangi nasabah:
- Astrido Toyota Pondok Indah, Jalan Sultan Iskandar Muda No.1A, Jakarta Selatan. Telepon: (021) 7269969
- CV Cahaya Utama, Jl. Swadharma Raya No.25 Jakarta Selatan. Telepon: (021) 5861546
- CV Putra Wijaya Motor, Jalan Daan Mogot Km 14 No.22-23 Cengkareng Baru, Jakarta Barat. Telepon: (021) 54398226
- Citra Sima, Jl. Raya Cipinang Jaya No.38, Jakarta Timur. Telepon: (021) 8199862
- Indobuana Autoraya (Nissan), Wisma Indomobil Jl. MT Haryono Kav. 8 Jatinegara, Jakarta Timur. Telepon: (021) 5881370
- Astra International (Auto 2000) Kramat Jati, Jl. Raya Bogor KM 21 Kramat Jati, Jakarta Timur. Telepon: (021) 8402000
- Kreasi Auto Kencana, Jl. KH. Hasyim Ashari No.45 Cideng, Gambir, Jakarta Pusat. Telepon (021) 55701819
- Cipendawa Motor, Jalan Raya Bandung KM 2-3 Cianjur. Telepon: (0263) 267223
- PT Astra International-DSO, Jalan Raya Cibeureum No.42, Bandung. Telepon: (022) 6031058
- PT Setiajaya Mobilindo Cabang Bogor, Jalan Raya Pajajaran, Bogor. Telepon: (0251) 8329000
- PT Rapih Manis Kuat (RMK), Jalan Pramuka No.17A Sukabumi. Telepon: (0266) 222275
- CV Sinar Cemerlang, Jalan IR H. Djuanda No.10, Bantarsari, Bungursari, Tasikmalaya . Telepon: (0265) 314145
- PT Mandiri Zirang Utama, Jalan Ir Sukami No.14 Surakarta, Solo. Telepon: (0271) 641491
- Bengkel Dion Pratama, Jalan Supriyadi No.58A Semarang. Telepon: (024) 6732034
- PT Bangun Tripatriajati, Jalan Dr. Sutomo No.168 Pekalongan. Telepon: (0285) 433800
- Candra Motor (Nasmoco Tegal), Jk Raya Klampok, Wanasari, Brebes. Telepon: 081802462617
- CV C. Maestro, Jalan Raya Imogiri Barat No.155 B Yogyakarta. Telepon: (0274) 382417
- CV Grand Star, Jalan Palagan Tentara Pelajar KM 7.8 Yogyakarta. Telepon: (0274) 867766
- PT Astra International Tbk (Daihatsu), Jalan Magelang KM 7,2. Telepon: (0274) 868274
- PT Tugu Motor (Honda), Jalan Hos Cokroaminoto 157A Yogyakarta. Telepon: (0274) 520408
- Delta Otomotif, Jl. Jenderal Sudirman No. 88 A, B, C Lintas Pal 6 Arah Bangko, Muara Bungo, Jambi. Telepon: 081368367373
- CV Restu Auto, Jalan Belanak No.3 Ulak Karang Selatan, Padang. Telepon: (0751) 9895144
- Tenzo Reborn, Jl. Brigdjen Katamso No. 812 Kampung Baru, Medan. Telepon: (061) 42780111
- Bengkel Evo, Jalan Sapta Marga No.021 Palembang. Telepon: (0711) 819656
- CV Kawan Maju (Central Body & Paint), Jalan Urip Sumoharjo No.17/145 Lampung. Telepon: (0721) 709000
- Auto Metallic, Jalan Raya Batubulan, Sukawati, Gianyar, Bali Gianyar. Telepon: (0361) 299495
- Bengkel Sahabat Baru, Jalan Batur Sari No.3 Kebo Iwa Selatan, Denpasar. Telepon: (0361) 431710
- PT Paramitha Auto Graha, Jalan Banteng No.8 Bypass Dharma Giri Banjar, Gianyar, Denpasar. Telepon: (0361) 423188
- PT Sanggar Laut Selatan, Jalan Tentara Pelajar No.37-43 Makassar. Telepon: (0411) 310462
- PT Makassar Indah Motor, Jalan G Bawakaraeng No.85 Makassar. Telepon: (0411) 310589
- CV Bintang Auto Cat, Jalan Abdul Kadir No.15 Makassar. Telepon: (0411) 862821
- CV Kombos, Jalan Raya Kombos Manado. Telepon: (0431) 813507
- Bengkel Bodi Mobil Dodok Halus, Jalan Pomorow No. 68 Manado. Telepon: (0431) 875280
- PT Istana Mobil Trio Motor (Honda Trio Motor), Jalan Jend A Yani KM 13, Banjarmasin. Telepon: (0511) 4221678
- PT Berlian Oto Service, Jalan A Yani KM.23.7 Banjar Baru. Telepon: (0511) 7488824
*Daftar bengkel di atas dapat berubah sewaktu-waktu. Kunjungi website resmi perusahaan untuk informasi selengkapnya.
Pertanyaan Seputar Asuransi Mobil ABDA
Berikut sejumlah pertanyaan seputar Asuransi Mobil ABDA yang paling sering ditanyakan.
ABDA Asuransi Mobil adalah produk asuransi mobil yang dimiliki oleh PT Asuransi Bina Dana Arta Tbk dengan manfaat proteksi pada kendaraan bermotor, khususnya mobil. ABDA menawarkan dua pilihan jaminan produk asuransi mobil, yaitu Asuransi Mobil ABDA All Risk dan Asuransi Kendaraan ABDA Total Loss Only (TLO).
Salah satu keunggulan dari ABDA Asuransi Mobil adalah tersedianya layanan Road Side Assistance 24 jam yang membantu penggantian ban, pesan antar bensin, hingga membuka pintu kendaraan ketika kunci tertinggal di dalam mobil.
Asuransi ABDA adalah perusahaan asuransi umum yang didirikan sesuai Akta Notaris Kartini Mulyadi SH No.78 pada tanggal 12 Oktober 1982 dengan nama PT Asuransi Bina Dharma Arta. Dalam perjalanannya,Aasuransi ABDA telah mengalami beberapa kali pergantian nama, yakni PT Dharmala Insurance pada tahun 1994 dan PT Asuransi Bina Dana Arta Tbk. pada tahun 1999.
Selain asuransi mobil, ABDA juga memfokuskan diri pada jenis asuransi kerugian lainnya seperti, asuransi kebakaran, rekayasa, tanggung gugat, pengangkutan, peralatan berat, asuransi kesehatan, aneka, dan lain-lain.
Pertanggungan Asuransi Mobil ABDA sangat bergantung pada jenis produk dan plan yang dipilih. Simak selengkapnya pada tab Polis.
Cek polis Asuransi ABDA bisa dilakukan dengan mengakses situs resmi perusahaan di www.abdainsurance.co.id, kemudian pilih “Layanan” lalu “Status Polis”. Di laman “Status Polis” silahkan “Login” dengan mengisi kolom, seperti nomor polis, nomor sertifikat, nomor rangka, dan kode keamanan.
Selain itu, cara cek Asuransi ABDA juga dapat dilakukan untuk cek status klaim. Simak caranya pada tab Klaim.
Membeli Asuransi Mobil ABDA secara online tentu lebih praktis, karena Anda tidak perlu datang ke kantor pemasaran terdekat untuk mendapatkan penawaran yang cocok. Dengan agen Asuransi Mobil ABDA yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia dan beragamnya layanan nasabah yang dihadirkan tentu membuat aktivitas membeli asuransi mobil menjadi lebih mudah.
Atau, jika ingin lebih berimbang, Anda dapat membandingkan produk asuransi mobil terbaik melalui situs agregator semacam Lifepal. Di Lifepal.co.id, Anda tidak hanya dapat membandingkan produk Asuransi Mobil ABDA saja tetapi juga dari perusahaan lain.
Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan proteksi terbaik sesuai kebutuhan dan premi paling ringan pula. Cek polis Asuransi Mobil ABDA di sini!
Terdapat beberapa metode pembayaran premi Asuransi ABDA, baik kategori kendaraan, harta benda, pengangkutan, hingga kecelakaan diri dan kesehatan. Cek prosedur selengkapnya di tab Premi.
Cara klaim Asuransi Mobil ABDA dapat dilakukan dengan menghubungi perusahaan terkait secara langsung atau melalui layanan klaim Lifepal. Ajukan klaim maksimal 5 hari sejak terjadinya kerugian.
Untuk cara klaim Asuransi ABDA Mobil melalui layanan Lifepal dapat mengikuti langkah-langkah berikut:
- Mengunjungi situs resmi Lifepal dan ajukan Bantuan Kontak & Klaim
- Atau, menghubungi CS Lifepal di nomor (021) 3111612, WhatsApp 082330030027, Email [email protected]
- Pihak Lifepal akan membantu proses klaim Anda secara online
Untuk cara klaim Asuransi ABDA Mobil di kantor langsung dapat mengikuti langkah-langkah berikut:
- Laporkan kerusakan atau kerugian mobil dengan menghubungi pihak call center ABDA Asuransi Mobil di nomor (021) 45851018
- Atau, menghubungi kantor cabang Asuransi ABDA terdekat
- Sertakan form klaim dan dokumen klaim ke email [email protected]
Harga premi Asuransi Mobil ABDA dapat berbeda-beda karena dipengaruhi oleh beberapa faktor. Informasi selengkapnya cek tab Premi.
OR Asuransi Mobil ABDA adalah biaya own risk atau risiko sendiri yang perlu dibayarkan nasabah ketika mengajukan klaim. Besaran OR atau biaya klaim Asuransi Mobil ABDA berkisar Rp300 ribuan per kejadian.
Penggantian biaya klaim Asuransi Mobil ABDA disesuaikan dengan jenis polis yang dimiliki. Untuk produk asuransi total loss only (TLO), penggantian biaya akan dilakukan dengan cara uang pertanggungan dibayarkan secara sekaligus kepada nasabah jika klaim telah disetujui oleh perusahaan asuransi.
Sedangkan untuk produk asuransi comprehensive (all risk), penggantian biaya dapat dilakukan secara cashless. Mobil yang mengalami kerusakan akan diperbaiki di Asuransi Mobil ABDA bengkel rekanan melalui surat perintah kerja dari Asuransi ABDA terdekat.
Untuk mengetahui informasi lebih lengkap seputar penggantian biayanya, sila menghubungi call center Asuransi Mobil ABDA melalui nomor (021) 51401688.
Tersedia produk Asuransi ABDA Kesehatan dengan manfaat perlindungan hospital cash plan hingga Rp7 juta per hari dan santunan duka hingga Rp10 juta. Tak hanya itu, nasabah juga bisa mendapatkan manfaat tambahan berupa pasang ring jantung atau alat pacu jantung.
Daftar bengkel rekanan Asuransi ABDA untuk nasabah Asuransi Kendaraan ABDA selengkapnya dapat disimak pada tab Rekanan.
Call Center ABDA Asuransi Mobil
|
Setiap nasabah berhak mengajukan penutupan polis karena alasan apapun. Namun, sebelum mengajukan penutupan polis, sebaiknya pastikan perusahaan asuransi memberikan manfaat free-look provision. Artinya, jika nasabah merasa perjanjian yang tertera dalam buku polis dirasa kurang sesuai dengan kebutuhan, maka Anda berhak melakukan pembatalan dan mendapatkan pengembalian premi yang telah dibayarkan.
Jika Anda melakukan penutupan polis saat manfaat pertanggungan telah aktif maka kemungkinan tidak ada pengembalian premi. Sila hubungi pihak perusahaan asuransi untuk mengetahui cara penutupan polis Asuransi Mobil ABDA.
Anda dapat menutup polis Asuransi Mobil ABDA, dengan catatan sesuai dengan kesepakatan tertulis pada polis. Berikut tahapan menutup polisnya:
- Mengisi dan menandatangani formulir atau Surat Permintaan Penutupan Asuransi (SPPA)
- Lengkapi dokumen berupa polis dengan fotokopi STNK kendaraan bermotor dan identitas nasabah
- Mengirimkan Surat Permintaan Penutupan Asuransi (SPPA) untuk asuransi mobil melalui fax, email, atau mengontak via telepon sesuai dengan kanal atau kontak yang disediakan
- Perusahaan asuransi akan melakukan pemeriksaan jika masih ada tagihan tertunggak agar diselesaikan terlebih dahulu oleh nasabah sebelum dilakukan penutupan
Ada beberapa perusahaan lain yang menyediakan asuransi mobil seperti ABDA, di antaranya adalah:
- ACA Asuransi Mobil
- Asuransi Mobil Allianz
- Asuransi Mobil Aswata
- Asuransi Mobil Avrist
- Asuransi Mobil AXA
- Asuransi Mobil AXA Mandiri
- Asuransi Mobil BESS
- Asuransi Mobil Bintang
- Asuransi Mobil Chubb
- Asuransi Mobil Dayin Mitra
- Asuransi Mobil Jasindo
- Asuransi Mobil KSK
- Asuransi Mobil MAG
- Asuransi Mobil Malacca Trust
- Asuransi Mobil MNC Insurance
- Asuransi Mobil MPM Insurance
- Asuransi Mobil Pan Pacific
- Asuransi Mobil Raksa
- Asuransi Mobil Ramayana
- Asuransi Mobil Reliance
- Asuransi Mobil Simas Insurtech
- Asuransi Mobil Sinar Mas
- Asuransi Mobil Sompo
- Asuransi Mobil Tokio Marine
- Asuransi Mobil Zurich
- Asuransi Oto Jagadiri
Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.
Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:
- https://www.abdaonline.com/
- https://www.abdainsurance.co.id/