Asuransi Mobil Allianz

5 / 5.0 (5.284 Ulasan)
  • Diskon Terbaik
  • 500+ Pilihan
  • Bantuan Klaim
Cashback 10%
Diskon 25%*
  • ACA_43_1_D
76 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.

Asuransi Mobil Allianz: Ulasan Produk & Premi

Asuransi Mobil Allianz adalah asuransi mobil yang ditawarkan Allianz Utama, unggul dengan polis Automobile Liability yang memberikan limit tahunan hingga Rp5 miliar. Ada juga pilihan polis Allianz Mobilku yang terbagi menjadi tiga kategori yang berbeda, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

*Syarat dan ketentuan berlaku

Premi Asuransi Mobil Allianz

Allianz menyediakan berbagai cara pembayaran premi untuk asuransi mobil untuk memudahkan nasabah di seluruh Indonesia.

Di bawah ini adalah cara-cara yang bisa Anda lakukan:

Pembayaran premi Asuransi Mobil Allianz dapat dilakukan setahun sekali, atau mengikuti ketentuan dalam polis asuransi. Cara pembayaran pada dasarnya sama saja, penting untuk mengetahui nomor polis yang dibayarkan dan jangan lupa simpan bukti pembayaran.

Cara Klaim Asuransi Mobil Allianz

Nasabah Allianz dapat melakukan klaim asuransi mobil dengan tiga cara, berikut selengkapnya:

1. Melapor kejadian klaim kepada pihak Allianz Utama maksimal 72 jam setelah kejadian, baik melalui layanan call center, email, atau mendatangi kantor pusat/kantor cabang terdekat.

2.Melampirkan data berikut melalui email atau surat.

  • Nomor polis asuransi
  • Nama pemilik polis
  • Merek kendaraan
  • Nomor polis kendaraan
  • Tanggal dan tempat kejadian
  • Kerugian benda
  • Uraian singkat terjadinya kerugian atau kecelakaan

3. Membawa dokumen berikut.

  • Formulir klaim yang sudah diisi
  • Salinan polis asuransi
  • Salinan SIM dan STNK
  • Surat keterangan dari Kepolisian setempat terkait dengan kehilangan atau kerusakan kendaraan.
  • STNK asli (kendaraan hilang)
  • Kunci cadangan kendaraan minimal 2 (kendaraan hilang)
  • Surat keterangan Kadit Reserse Polda (kendaraan hilang)
  • BPKB asli dan faktur (kendaraan hilang)
  • Blanko kwitansi kosong rangkap tiga (kendaraan hilang)
  • Surat pemblokiran STNK (kendaraan hilang)
  • Surat keterangan dari kepolisian setempat (tanggung jawab pihak ketiga)
  • Foto copy STNK dan SIM dari pihak ketiga (tanggung jawab pihak ketiga)
  • Surat tuntutan dari pihak ketiga yang ditandatangani diatas materai (tanggung jawab pihak ketiga)
  • Foto kerugian materi dari pihak ketiga (tanggung jawab pihak ketiga)
  • Surat pernyataan ada atau tidaknya asuransi (tanggung jawab pihak ketiga

Layanan Call Center Asuransi Mobil Allianz

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap terkait polis, cara membeli, panduan membayar premi, hingga cara melakukan klaim, nasabah dapat menghubungi call center Allianz. Atau, mengunjungi langsung kantor pusat / kantor cabang perusahaan yang tersebar di beberapa daerah. Berikut selengkapnya:

Kantor Pusat PT Asuransi Allianz  Indonesia

Allianz Tower

Jl. HR. Rasuna Said, Kawasan Kuningan Persada Super Blok 2, Jakarta 12980

Telepon: +6221-2926 8888

Fax: +6221-2926 8080

Email: [email protected]

Situs resmi: www.allianz.co.id

Jam Kerja: Senin-Jumat (08.00-17.00 WIB)

Bengkel Rekanan Asuransi Mobil Allianz

Allianz memiliki bengkel rekanan resmi yang ditunjuk secara langsung memberikan layanan perbaikan kendaraan nasabah yang mengalami kerusakan.

Berikut beberapa bengkel rekanan resmi Allianz untuk  di asuransi mobil area Jabodetabek.

Jaringan bengkel rekanan perusahaan tidak hanya di area Jabodetabek saja, sebagaimana masih ada bengkel rekanan di area lainnya di seluruh Indonesia, termasuk rekanan untuk truk dan bengkel rekanan authorized. Untuk mendapatkan informasi selengkapnya, silakan mengunjungi www.allianz.co.id/layanan/customer-service/daftar-bengkel-rekanan.

Terdapat pula layanan ERA (Emergency Roadside Assistance) pada masing-masing wilayah. Untuk mendapatkan informasi selengkapnya, silakan menghubungi 1500 136.

Sekilas Tentang Asuransi Mobil Allianz

Asuransi Mobil Allianz dikenal dengan nama Asuransi Mobilku Allianz. Produk asuransi ini memiliki beberapa kelebihan, seperti layanan bantuan 24 jam melalui layanan darurat Allianz RodA, memberikan penggantian jika mobil dicuri oleh supir pribadi, menyediakan perluasan jaminan terhadap risiko banjir hingga water hammer (kerusakan terhadap mesin kendaraan akibat kemasukan air), dan terdapat penggantian kerugian terhadap pihak ketiga.

Tidak hanya itu, bengkel rekanan Asuransi Mobil Allianz juga tersebar luas di kota-kota besar seluruh Indonesia. Kemudian, proses klaimnya juga cepat, yaitu hanya butuh satu hari kerja saja agar kendaraan ditangani oleh bengkel rekanan.

Selain proteksi untuk mobil, Asuransi Mobil Allianz juga menambahkan asuransi kecelakaan bagi pengendara maupun penumpang dengan yang pertanggungan hingga Rp10 juta per orang.

Allianz di Indonesia memiliki dua perusahaan asuransi dengan jenis produk yang berbeda, yaitu PT Asuransi Allianz Utama Indonesia dengan produk asuransi umum dan PT Asuransi Allianz Life Indonesia dengan produk asuransi jiwa. Allianz Utama Indonesia sudah hadir lebih awal, yaitu sejak tahun 1989. Sementara Allianz atau Allianz Life hadir di Indonesia sejak tahun 1996.

Pertanyaan Seputar Asuransi Mobil Allianz

Berikut beberapa tips dan pertanyaan yang sering diajukan oleh calon nasabah ataupun nasabah terkait Asuransi Mobil Allianz, baik informasi premi, profil perusahaan, dan lain sebagainya.

Pentingnya Asuransi Kendaraan

Maraknya tindak kriminalitas yang merugikan masyarakat mulai dari pencurian bagian mobil tertentu hingga pencurian harta benda pribadi yang berada di dalam kendaraan menjadi perhatian serius bagi masyarakat di kota maupun di desa belakangan ini. Belum lagi risiko mengalami kecelakaan ataupun terserempet kendaraan lain yang tentunya membuat kondisi keuangan pribadi menjadi lebih boros untuk memperbaikinya.

Asuransi Kendaraan khususnya mobil memberikan perlindungan bagi nasabah dari berbagai macam risiko kerusakan hingga kehilangan. Bukan hanya dari sisi kendaraan, tetapi juga harta benda yang berada di dalamnya. Kebutuhan ini semakin penting bagi nasabah yang mempunyai tingkat mobilitas tinggi di jalan raya karena akan memiliki kemungkinan yang lebih tinggi untuk mengalami kerugian.

Oleh karena itu, produk asuransi kendaraan ini bisa menjadi salah satu cara yang tepat untuk mengurangi risiko kerugian serta rasa khawatir nasabah.

Apakah Asuransi Kendaraan Allianz Bagus?

Bagus atau tidaknya sebuah asuransi tergantung kepada kebutuhan dan kepentingan nasabah dalam menggunakan sebuah polis. Asuransi Mobil Allianz menawarkan produk asuransi mobil yang terbilang lengkap mulai dari all risk hingga Total loss Only yang bisa digunakan oleh nasabah.

Manajemen perusahaan setiap harinya terus bekerja keras untuk meningkatkan kualitas layanan dan produk bagi nasabah.

Asuransi Allianz sendiri relatif jarang diterpa oleh isu negatif di media cetak maupun digital Tanah Air. Dengan begitu, asuransi mobil Allianz bisa dikategorikan sebagai asuransi yang baik dan dipilih oleh masyarakat sekarang ini.

Keunggulan Asuransi Kendaraan Allianz

Setiap perusahaan asuransi pasti memiliki keunggulan dan keunikan tersendiri dari produk-produk yang dipasarkan di Indonesia. Begitu juga dengan asuransi Mobil Allianz, beberapa keunggulan dari produk Mobilku antara lain adalah santunan kecelakaan diri hingga Rp 100 juta, manfaat perlindungan tanggung jawab kepada pihak ketiga mencapai Rp 55 juta hingga perlindungan dari berbagai macam bencana alam.

Sedangkan dari sisi layanan, Asuransi Mobil Allianz memiliki fasilitas derek yang tersebar di beberapa wilayah di Tanah Air sehingga bisa membantu nasabah yang sedang mengalami masalah pada kendaraan pribadinya. Nama besar dan skala operasional yang sudah mendunia juga bisa menjadi pembeda antara asuransi Allianz dengan perusahaan asuransi lainnya.

Berapa Harga Premi Asuransi Mobil Allianz?

Ada beberapa faktor yang memengaruhi harga premi Asuransi Mobil Allianz, antara lain:

  • Kota atau wilayah domisili kendaraan.
  • Nilai kendaraan.
  • Tipe atau jenis kendaran.
  • Tipe proteksi atau jenis asuransi yang dipilih.
  • Usia kendaraan.
  • Jenis penggunaan.
  • Perluasan jaminan yang dipilih.

Harga premi polis asuransi all risk biasanya akan lebih mahal dibandingkan dengan premi asuransi TLO, karena manfaat pertanggungannya lebih banyak. Khusus untuk asuransi all risk, terdapat biaya risiko yang tidak ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi.

Adapun biaya risiko sendiri yang ditetapkan oleh Allianz kepada nasabah, yaitu:

  • Kerusakan sebagian/seluruhnya/hilang sebesar Rp300 ribu per kejadian.
  • Kerusuhan, huru-hara, banjir, angin topan, gempa bumi, tsunami, terorisme, sabotase senilai 10 persen dari nominal klaim yang disetujui penanggung, atau minimum Rp500 ribu.
  • Pencurian oleh supir, nasabah dikenakan biaya risiko sebesar 25 persen dari nilai klaim.

Penentuan harga premi asuransi mobil merujuk pada surat edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 6/SEOJK.05/2017 tentang Penetapan Premi atau Kontribusi pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor pada tahun 2017.

Perusahaan Asuransi Mobil Allianz akan mengenakan tarif premi sesuai dengan kebijakan tersendiri, namun dengan tetap mengikuti batasan-batasan yang ditentukan oleh OJK. Untuk cara pembayaran premi, sila cek tab Premi

Seperti Apa Metode Penggantian Biaya Asuransi Mobil Allianz?

Metode penggantian biaya asuransi adalah cara perusahaan asuransi memberikan manfaat pertanggungan, yaitu dalam bentuk santunan maupun biaya perawatan. Penggantian biaya asuransi akan dilakukan berdasarkan produk asuransi serta plan yang dipilih oleh nasabah.

Penggantian biaya asuransi mobil biasanya disesuaikan dengan jenis polis yang dimiliki. Sebagai contoh, untuk produk asuransi TLO, penggantian dilakukan dengan cara pembayaran uang pertanggungan secara sekaligus kepada nasabah jika klaimnya disetujui oleh perusahaan asuransi.

Sedangkan untuk penggantian jenis asuransi comprehensive atau all risk, penggantian dilakukan secara cashless. Mobil yang mengalami kerusakan akan diperbaiki di bengkel rekanan asuransi. Nasabah juga akan dikenai biaya risiko sendiri per kejadian berdasarkan klaim yang diajukan.

Jika terdapat manfaat perluasan berupa jaminan kepada penumpang saat terjadi kecelakaan, maka tertanggung juga akan mendapatkan penggantian biaya perawatan di rumah sakit disesuaikan dengan ketentuan polis. Umumnya untuk penggantian biaya asuransi kecelakaan dapat menggunakan metode penggantian cashless maupun reimbursement.

Metode penggantian yang disebutkan di atas adalah cara umum yang berlaku dalam proses klaim asuransi mobil. Informasi jelas terkait metode penggantian Asuransi Mobil Allianz, sila hubungi pihak perusahaan, agen, atau broker asuransi Allianz.

Bagaimana Cara Membeli Asuransi Mobil Allianz secara Online?

Asuransi mobil Allianz bisa dibeli melalui agen atau langsung ke kantor cabang Allianz terdekat. Calon nasabah juga bisa membeli asuransi melalui nomor telepon 1500136 atau mendaftar di situs resmi Allianz. Selanjutnya, isi formulir yang sudah disediakan. Setelah itu, Allianz akan menghubungi untuk proses pembelian polis yang dibutuhkan.

Atau, jika ingin lebih berimbang, calon nasabah dapat membandingkan produk asuransi mobil terbaik melalui situs agregator semacam Lifepal. Melalui marketplace asuransi online Lifepal.co.id, calon nasabah tidak hanya dapat membandingkan produk asuransi Allianz saja tetapi juga dari perusahaan lain. Dengan demikian, calon nasabah akan mendapatkan proteksi terbaik sesuai kebutuhan dengan premi paling ringan pula. 

Bagaimana Cara Melakukan Pembayaran Asuransi Mobil Allianz?

Pembayaran premi Asuransi Mobil Allianz dapat dilakukan melalui bank atau merchant lainnya. Biaya transaksi atau biaya admin untuk pembayaran premi akan ditanggung oleh Allianz. Selengkapnya sila cek tab Premi

Bagaimana Cara Mengajukan Klaim Asuransi Mobil Allianz?

Prosedur klaim Asuransi Mobil Allianz sangat mudah, selengkapnya sila cek tab Klaim.

Bengkel Rekanan Asuransi Mobil Allianz

Asuransi Mobil Allianz bekerja sama dengan ratusan bengkel yang tersebar di seluruh Indonesia. Untuk mengetahui daftarnya, silakan ke tab “Bengkel Rekanan“.

Bagaimana Cara Berhenti Menjadi Nasabah Asuransi Mobil Allianz?

Setiap nasabah berhak mengajukan penutupan polis karena alasan apapun. Namun, sebelum mengajukan penutupan polis, sebaiknya pastikan perusahaan asuransi memberikan manfaat free-look provision. Artinya, jika nasabah merasa perjanjian yang tertera dalam buku polis dirasa kurang sesuai dengan kebutuhan, maka nasabah berhak melakukan pembatalan dan mendapatkan pengembalian premi yang telah dibayarkan.

Jika nasabah melakukan penutupan polis saat manfaat pertanggungan telah aktif maka kemungkinan tidak ada pengembalian premi. Sila hubungi pihak perusahaan asuransi untuk mengetahui cara penutupan polis asuransi mobil  Allianz.

Nasabah dapat menutup polis asuransi mobil  Allianz, dengan catatan sesuai dengan kesepakatan tertulis pada polis. Berikut tahapan menutup polis asuransi mobil secara umum.

  • Mengisi dan menandatangani formulir atau Surat Permintaan Penutupan Asuransi (SPPA).
  • Lengkapi dokumen berupa polis dengan fotokopi STNK kendaraan bermotor dan identitas nasabah. 
  • Mengirimkan Surat Permintaan Penutupan Asuransi (SPPA) untuk asuransi mobil melalui faksimile, email, atau mengontak via telepon sesuai dengan kanal atau kontak yang disediakan. 
  • Pihak  Allianz akan melakukan pemeriksaan jika masih ada tagihan tertunggak agar diselesaikan dulu oleh nasabah sebelum dilakukan penutupan.
Sumber dan Referensi

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • https://www.allianz.co.id/
Chat Bantuan