Mencari Asuransi Terbaik?
Masukkan informasi diri dan sistem kami akan merekomendasikan polis terbaik sesuai dengan profil, kebutuhan, dan anggaranmu.

Asuransi Mobil Allianz

5.0 / 5.0 (5.244 Ulasan)
Diskon Terbaik
500+ Pilihan
Bantuan Klaim
+62
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
+62
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
+62
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
Cicilan 0%Hemat 25%
 

Asuransi mobil Allianz adalah asuransi mobil yang ditawarkan oleh Allianz Utama dengan dengan manfaat pertanggungan terhadap risiko seperti kerusakan, kehilangan, maupun tanggung jawab kepada pihak ketiga. Allianz Utama berada di bawah naungan perusahaan PT Asuransi Allianz Utama.

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Mobil Allianz

  • (+) Asuransi mobil Allianz memiliki aplikasi online dengan nama Allianz eAZy Claim yang bisa nasabah manfaatkan untuk melihat polis dan kebutuhan kenasabahan lainnya.
  • (+) Klaim asuransi mobil Allianz bisa dilakukan secara online.
  • (+) Asuransi mobil Allianz memiliki layanan bantuan 24 jam untuk nasabah.
  • (+) Pembayaran premi asuransi mobil Allianz sudah bisa dilakukan secara online.

Sekilas tentang Asuransi Mobil Allianz

Allianz di Indonesia memiliki dua perusahaan asuransi dengan jenis produk yang berbeda, yaitu PT Asuransi Allianz Utama Indonesia dengan produk asuransi umum dan PT Asuransi Allianz Life Indonesia dengan produk asuransi jiwa. Allianz Utama Indonesia sudah hadir lebih awal, yaitu sejak tahun 1989. Sementara Allianz atau Allianz Life hadir di Indonesia sejak tahun 1996.

Asuransi Mobilku Allianz merupakan salah satu produk asuransi yang diluncurkan oleh PT Asuransi Allianz Utama.

Asuransi Mobil Allianz dikenal dengan nama Asuransi Mobilku Allianz. Produk asuransi ini memiliki beberapa kelebihan, seperti layanan bantuan 24 jam melalui layanan darurat Allianz RodA, memberikan penggantian jika mobil dicuri oleh supir pribadi, menyediakan perluasan jaminan terhadap risiko banjir hingga water hammer (kerusakan terhadap mesin kendaraan akibat kemasukan air), dan terdapat penggantian kerugian terhadap pihak ketiga.

Tidak hanya itu, bengkel rekanan asuransi mobil Allianz juga tersebar luas di kota-kota besar seluruh Indonesia. Kemudian, proses klaimnya juga cepat, yaitu hanya butuh satu hari kerja saja agar kendaraan ditangani oleh bengkel rekanan.

Selain proteksi untuk mobil, asuransi mobil Allianz juga menambahkan asuransi kecelakaan bagi pengendara maupun penumpang dengan yang pertanggungan hingga Rp10 juta per orang.

 

Asuransi mobil Allianz terdiri dari berbagai polis dengan plan yang disesuaikan kebutuhan nasabah. Berikut pilihan polis asuransi mobil Allianz yang bisa dipertimbangkan.

Asuransi Mobil Allianz
Asuransi Mobilku Allianz Eco
Produk asuransi mobil Allianz yang memberikan perlindungan dasar berupa asuransi all risk/comprehensive tanpa adanya tambahan value proteksi.
Asuransi Mobil Allianz
Asuransi Mobilku Allianz Grand
Produk asuransi mobil Allianz yang memberikan jaminan perlindungan berupa asuransi kendaraan all risk/comprehensive dengan tambahan perlindungan dalam satu premi.
Asuransi Mobil Allianz
Asuransi Mobilku Allianz NonPaket
Produk asuransi mobil Allianz yang memberikan jaminan perlindungan berupa asuransi kendaraan TLO atau jika terjadi risiko kerusakan lebih dari 75 persen atau mobil hilang.
 

Asuransi mobil Allianz memberikan benefit atau manfaat yang disesuaikan dengan ketentuan polis asuransi yang dipilih. Berikut ulasan pertanggungan polis asuransi mobil Allianz, premi, dan cara pembeliannya.

Pertanggungan asuransi Allianz sangat bergantung pada jenis produk dan plan yang dipilih. Berikut adalah pertanggungan asuransi mobil Allianz.

Asuransi Mobilku Allianz Eco

Produk Asuransi Mobilku Allianz Eco memberikan proteksi dasar berupa asuransi all risk/comprehensive. Manfaat pertanggungan yang diberikan bersifat menyeluruh, yaitu kerusakan kecil, sebagian, ataupun kerusakan total. 

Adapun manfaat pertanggungan yang diberikan oleh asuransi mobil Allianz, antara lain:

  • Kerugian dengan biaya penggantian sama dengan atau lebih dari 75 persen dari harga pasar akibat pencurian atau tidak kembali dalam waktu 60 hari sejak kejadian.
  • Kerusakan pada mobil akibat tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, terperosok, perbuatan jahat, pencurian, dan kebakaran.
  • Kerugian akibat bencana alam, seperti angin topan, badai hujan es, banjir, genangan air, tanah longsor, termasuk kerusakan mesin disebabkan oleh masuknya air ke blok mesin melalui saluran saringan udara.
  • Kerusakan akibat terimbas kejadian pemogokan, kerusuhan, dan huru-hara.
  • Tanggung jawab kepada pihak ketiga (third party liability/TPL)  jika terjadi kerusakan atau penggantian biaya pengobatan, dan meninggal dunia dengan maksimal limit pertanggungan Rp55 juta per kejadian.
  • Santunan kecelakaan jika terjadi cedera badan atau kematian terhadap pengemudi dan penumpang dengan maksimal limit pertanggungan Rp10 juta per orang.
  • Biaya penggantian perawatan atas cedera yang dialami pengemudi atau penumpang maksimal 10 persen dari limit santunan kecelakaan diri.
  • Layanan klaim di bengkel rekanan Allianz.
  • Perbaikan di bengkel resmi produsen mobil.
  • Layanan mobil derek dan layanan darurat dari Allianz Emergency Roadside Assistance.
  • Santunan uang pengganti untuk kerusakan minor dengan estimasi klaim maksimal Rp1 juta dalam satu periode pertanggungan yang langsung ditransfer ke rekening tertanggung.

Asuransi Mobilku Allianz Grand

Produk Asuransi Mobilku Allianz Grand memberikan proteksi dasar asuransi all risk/comprehensive yang sama dengan paket Asuransi Allianz Eco, tetapi dengan tambahan pertanggungan sebagai berikut:

  • Kerugian dan kerusakan akibat bencana alam seperti gempa bumi, letusan gunung api, dan bencana alam lain, termasuk kerusakan mesin yang disebabkan oleh air yang masuk ke dalam blok mesin.
  • Pertanggungan tanggung jawab kepada pihak ketiga (third party liability/TPL)  jika terjadi kerusakan atau penggantian biaya pengobatan. Kemudian, terdapat pertanggungan terhadap risiko meninggal dunia dengan maksimal limit pertanggungan Rp75 juta per kejadian.
  • Kehilangan ataupun kerusakan harta benda milik pribadi yang ada di dalam mobil pada saat mobil hilang karena dicuri atau mengalami kerusakan total. Namun, tidak termasuk perhiasan dan logam mulia. Adapun uang penggantian maksimal Rp10 juta setiap kendaraan.
  • Santunan biaya taksi maksimal Rp100 ribu untuk maksimal lima hari.
  • Layanan klaim di bengkel rekanan asuransi mobil Allianz.
  • Perbaikan di bengkel resmi produsen mobil.
  • Layanan mobil derek dan layanan darurat dari Allianz Emergency Roadside Assistance.
  • Santunan uang pengganti untuk kerusakan minor dengan estimasi klaim maksimal Rp1,5 juta dalam satu periode pertanggungan yang langsung ditransfer ke rekening tertanggung.
  • Layanan inspeksi klaim langsung ke alamat (rumah/kantor/kejadian di jalan).

Asuransi Mobilku Allianz Nonpaket

Produk Asuransi Mobilku Allianz Nonpaket memberikan proteksi dasar berupa asuransi total loss only (TLO) dengan uang penggantian sama dengan atau lebih dari 75 persen dari harga kendaraan sebelum kerugian terjadi. 

Masing-masing paket asuransi mobil Allianz yang telah disebutkan di atas memiliki jaminan perluasan. Misalnya, jika nasabah membeli asuransi Mobil Allianz Nonpaket tetap bisa mendapatkan jaminan perluasan berupa kerugian yang tidak di-cover oleh paket tersebut. Namun, dengan catatan, semakin banyak perluasan yang dipilih, maka premi semakin tinggi.

Ada beberapa faktor yang memengaruhi harga premi asuransi mobil Allianz, antara lain:

  • Kota atau wilayah domisili kendaraan.
  • Nilai kendaraan.
  • Tipe atau jenis kendaran.
  • Tipe proteksi atau jenis asuransi yang dipilih.
  • Usia kendaraan.
  • Jenis penggunaan.
  • Perluasan jaminan yang dipilih.

Harga premi polis asuransi all risk biasanya akan lebih mahal dibandingkan dengan premi asuransi TLO, karena manfaat pertanggungannya lebih banyak. Khusus untuk asuransi all risk, terdapat biaya risiko yang tidak ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi.

Adapun biaya risiko sendiri yang ditetapkan oleh Allianz kepada nasabah, yaitu:

  • Kerusakan sebagian/seluruhnya/hilang sebesar Rp300 ribu per kejadian.
  • Kerusuhan, huru-hara, banjir, angin topan, gempa bumi, tsunami, terorisme, sabotase senilai 10 persen dari nominal klaim yang disetujui penanggung, atau minimum Rp500 ribu.
  • Pencurian oleh supir, nasabah dikenakan biaya risiko sebesar 25 persen dari nilai klaim.

Penentuan harga premi asuransi mobil merujuk pada surat edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 6/SEOJK.05/2017 tentang Penetapan Premi atau Kontribusi pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor pada tahun 2017.

Perusahaan asuransi mobil Allianz akan mengenakan tarif premi sesuai dengan kebijakan tersendiri, namun dengan tetap mengikuti batasan-batasan yang ditentukan oleh OJK.

Metode penggantian biaya asuransi adalah cara perusahaan asuransi memberikan manfaat pertanggungan, yaitu dalam bentuk santunan maupun biaya perawatan. Penggantian biaya asuransi akan dilakukan berdasarkan produk asuransi serta plan yang dipilih oleh nasabah.

Penggantian biaya asuransi mobil biasanya disesuaikan dengan jenis polis yang dimiliki. Sebagai contoh, untuk produk asuransi TLO, penggantian dilakukan dengan cara pembayaran uang pertanggungan secara sekaligus kepada nasabah jika klaimnya disetujui oleh perusahaan asuransi.

Sedangkan untuk penggantian jenis asuransi comprehensive atau all risk, penggantian dilakukan secara cashless. Mobil yang mengalami kerusakan akan diperbaiki di bengkel rekanan asuransi. Nasabah juga akan dikenai biaya risiko sendiri per kejadian berdasarkan klaim yang diajukan.

Jika terdapat manfaat perluasan berupa jaminan kepada penumpang saat terjadi kecelakaan, maka tertanggung juga akan mendapatkan penggantian biaya perawatan di rumah sakit disesuaikan dengan ketentuan polis. Umumnya untuk penggantian biaya asuransi kecelakaan dapat menggunakan metode penggantian cashless maupun reimbursement. 

Metode penggantian yang disebutkan di atas adalah cara umum yang berlaku dalam proses klaim asuransi mobil. Informasi jelas terkait metode penggantian asuransi mobil Allianz, sila hubungi pihak perusahaan, agen, atau broker asuransi Allianz.

Asuransi mobil Allianz bisa dibeli melalui agen atau langsung ke kantor cabang Allianz terdekat. Calon nasabah juga bisa membeli asuransi melalui nomor telepon 1500136 atau mendaftar di situs resmi Allianz. Selanjutnya, isi formulir yang sudah disediakan. Setelah itu, Allianz akan menghubungi untuk proses pembelian polis yang dibutuhkan.

Atau, jika ingin lebih berimbang, calon nasabah dapat membandingkan produk asuransi mobil terbaik melalui situs agregator semacam Lifepal. Melalui marketplace asuransi online Lifepal.co.id, calon nasabah tidak hanya dapat membandingkan produk asuransi Allianz saja tetapi juga dari perusahaan lain. Dengan demikian, calon nasabah akan mendapatkan proteksi terbaik sesuai kebutuhan dengan premi paling ringan pula. 

Pembayaran premi asuransi mobil Allianz dapat dilakukan dengan memanfaat kanal pembayaran yang disediakan, antara lain:

  • Pembayaran premi online melalui Allianz eAZy Payment (khusus nasabah perorangan Asuransi Jiwa Allianz).
  • Pembayaran premi melalui Indomaret.
  • Pembayaran dengan cara setor tunai.
  • Melalui ATM BCA dan ATM Mandiri.
  • Melalui Internet Banking.
  • Pembayaran menggunakan virtual account.
  • Pembayaran dengan autodebet kartu kredit atau rekening bank.
  • Pembayaran melalui Kantor POS.
  • Pembayaran melalui Kantor Pegadaian.
  • Pembayaran menggunakan GOPAY.

Pembayaran premi asuransi mobil Allianz dapat dilakukan setahun sekali, atau mengikuti ketentuan dalam polis asuransi. Cara pembayaran pada dasarnya sama saja, penting untuk mengetahui nomor polis yang dibayarkan.

Setelah itu informasikan atau input nomor polis yang sesuai. Kemudian bayar premi sesuai dengan jumlah yang harus dibayarkan. Jangan lupa simpan bukti pembayaran untuk dijadikan arsip. Setiap transaksi pembayaran yang berhasil akan dikirimkan melalui SMS ataupun email di hari yang sama. 

Prosedur klaim asuransi mobil Allianz sangat mudah, ikuti instruksi prosedur klaim berikut:

  • Proses klaim ini berlaku untuk kerugian/kehilangan sebagian/kehilangan total (tabrakan), dan kehilangan total (pencurian).
  • Laporkan klaim melalui Allianze Care 1500136 dan [email protected] 
  • Survei lapangan, bengkel, servis satu hari.
  • Allianz akan melakukan cek fisik dan pengambilan gambar mobil.
  • Nasabah mengisi dan menandatangani laporan kecelakaan/kehilangan kendaraan bermotor.
  • Melengkapi dan mengirimkan formulir klaim dan dokumen yang dibutuhkan.
  • Allianz utama akan melakukan survei ke lokasi.
  • Penerbitan SPK (Surat Perintah Kerja) ke bengkel/rekanan/penerbitan persetujuan klaim.
  • Perbaikan mobil di bengkel rekanan (comprehensive)
  • Pengambilan mobil.
  • Untuk asuransi TLO, langkah setelah penerbitan klaim adalah terjadinya Kesepakatan.
  • Kemudian klaim akan dibayar (TLO).

Proses klaim bisa dilakukan secara online dengan mengakses laman https://www.allianz.co.id/layanan/klaim/klaim-asuransi-kendaraan kemudian mengisi formulir klaim dan mengikuti langkah selanjutnya sesuai dengan petunjuk yang tersedia. Pastikan mengetahui data teranggung, data kendaraan, dan informasi kejadian sebelum mengisi formulir klaim asuransi kendaraan secara online.  

Setiap nasabah berhak mengajukan penutupan polis karena alasan apapun. Namun, sebelum mengajukan penutupan polis, sebaiknya pastikan perusahaan asuransi memberikan manfaat free-look provision. Artinya, jika nasabah merasa perjanjian yang tertera dalam buku polis dirasa kurang sesuai dengan kebutuhan, maka nasabah berhak melakukan pembatalan dan mendapatkan pengembalian premi yang telah dibayarkan.

Jika nasabah melakukan penutupan polis saat manfaat pertanggungan telah aktif maka kemungkinan tidak ada pengembalian premi. Sila hubungi pihak perusahaan asuransi untuk mengetahui cara penutupan polis asuransi mobil  Allianz.

Nasabah dapat menutup polis asuransi mobil  Allianz, dengan catatan sesuai dengan kesepakatan tertulis pada polis. Berikut tahapan menutup polis asuransi mobil secara umum.

  • Mengisi dan menandatangani formulir atau Surat Permintaan Penutupan Asuransi (SPPA).
  • Lengkapi dokumen berupa polis dengan fotokopi STNK kendaraan bermotor dan identitas nasabah. 
  • Mengirimkan Surat Permintaan Penutupan Asuransi (SPPA) untuk asuransi mobil melalui faksimile, email, atau mengontak via telepon sesuai dengan kanal atau kontak yang disediakan. 
  • Pihak  Allianz akan melakukan pemeriksaan jika masih ada tagihan tertunggak agar diselesaikan dulu oleh nasabah sebelum dilakukan penutupan.

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • https://www.allianz.co.id/