Asuransi Sinar Mas

Asuransi Sinar Mas

4.8 / 5.0 (457 Ulasan)
Cashback 10%
Diskon 25%
  • Promo Page car

Cari Perlindungan Terbaik dengan Harga Murah

Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku
Cari Asuransi Semudah 1, 2, 3!
1
2
3
Isi formulir untuk melihat pilihan
Sesuai Profil & Kebutuhanmu
Konsultasi gratis melalui telepon
Dengan tim ahli, cukup 5 menit
Temukan asuransi terbaik
Sesuai Kebutuhan dan Anggaranmu

PT Asuransi Sinar Mas

Asuransi Sinar Mas adalah perusahaan asuransi umum yang diawasi OJK dan memiliki izin usaha berdasarkan surat Keputusan Menteri Keuangan Indonesia (KEP) Nomor 2562/MD/1986 tanggal 21 April 1986 dan terdaftar sebagai anggota Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI).

Sementara, untuk unit bisnis syariah Asuransi Sinar Mas juga telah mendapat izin dari otoritas terkait melalui surat keputusan nomor KEP-253/KM.6/2004 tertanggal 21 Juni 2004. Pada awal dirikan tanggal 27 Mei 1985 perusahaan ini memiliki  nama PT Asuransi Kerugian Sinar Mas Dipta. Lalu, pada tahun 1991, perusahaan berubah nama menjadi PT Asuransi Sinar Mas (ASM).

Berpengalaman lebih dari 30 tahun dan membawa nama besar Sinar Mas Group, Asuransi Sinar Mas (berbeda dengan Asuransi Sinarmas MSIG LIfe) menjadi salah satu pilihan terbaik dalam berasuransi di Indonesia. Anda sebagai nasabah bisa mendapatkan berbagai produk mulai asuransi mobil, asuransi kesehatan, asuransi karyawan, dan masih banyak lagi. 

Saat ini Lifepal telah bekerjasama denganSinar Mas Asuransi Mobil melalui polis all risk dengan premi Rp175 ribuan per bulan dan TLO mulai Rp35 ribu per bulan. Lihat manfaat pertanggungan lengkapnya di sini yuk!

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Laporan keuangan berikut ini disadur dari data Laporan Keuangan Konvensional Tahunan 2021 yang dirilis pada situs resmi PT Asuransi Sinar Mas. Data-data berikut dapat dijadikan rujukan untuk melihat kesehatan keuangan perusahaan asuransi.

  • Rasio solvabilitas: 302,17 persen.
  • Jumlah aset: Rp810,014 triliun
  • Ekuitas: Rp4.090 triliun

Poin yang disebutkan di atas merupakan beberapa indikator kesehatan keuangan perusahaan asuransi dan reasuransi yang perlu dipertimbangkan, berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (Nomor 71 dan 72 /POJK.05/2016). Ketentuan mengenai rasio solvabilitas adalah minimal 120 persen, ekuitas minimal Rp100 miliar untuk perusahaan asuransi dan Rp200 miliar untuk reasuransi, dan perusahaan asuransi dikategorikan baik apabila minimal asetnya Rp150 miliar.

Berita Terbaru Asuransi Sinar Mas (ASM)

Oktober 2021 – PT Asuransi Sinar Mas kembali menjawab kebutuhan nasabah dengan meluncurkan produk asuransi untuk covid 19. Produk tersebut bernama Simas Covid-19 yang dirancang khusus untuk membantu tertanggung yang melakukan isoman dan membutuhkan biaya. Untuk itu, manfaat pertanggungan yang diberikan adalah layanan telekonsultasi dokter dan memberikan paket isoman secara gratis.

Sementara itu, untuk besaran premi Simas Covid-19 mulai dari Rp250 ribu dengan manfaat pertanggungan hingga Rp25 juta. Produk ini juga memiliki opsi biaya premi menggunakan mata uang dollar AS dengan harga mulai US$ 500. Harapannya dengan adanya produk Asuransi Sinar Mas Covid 19 dapat menjawab kebutuhan nasabah akan proteksi ketika perjalanan ke luar negeri.

Untuk usia masuk tertanggung ketika ingin membeli Simas Covid-19 adalah mulai 17 – 80 tahun. Dengan masa tunggu selama 14 hari, dan nasabah tidak membutuhkan tes PCR lebih dulu ketika ingin membeli produknya.

Maret 2021 – Pandemi yang masih terus terjadi membuat berbagai lini bisnis harus melakukan transformasi secara digital, tidak terkecuali dalam bidang asuransi. Menurut Chief Financial Officer PT Asuransi Sinar Mas, Njoman Sudharta pengelolaan likuiditas menjadi strategi utama di tengah covid 19.

Itulah sebabnya agar operasional PT Asuransi Sinar Mas tetap berjalan optimal, polis asuransi dengan risiko ringan dapat diproses menggunakan mesin. Contohnya saja asuransi perjalanan Asuransi Sinar Mas. Dimana perusahaan dapat mengetahui keterlambatan penerbangan nasabah sebelum mereka mengajukan klaim.

Sehingga syarat pengajuan klaim sudah terpenuhi maka pembayaran bisa langsung dilakukan. Tentunya kondisi ini akan sangat menguntungkan nasabah. Hal lain yang ditawarkan oleh perusahaan PT Asuransi Sinar Mas adalah pembayaran premi sesuai keinginan.

Yang artinya, pembayaran premi sekaligus di depan dengan adanya pandemi, kini nasabah Asuransi Sinar Mas bisa membayar sesuai kondisi keuangan. Misalnya saja dibayarkan per bulan ataupun periode tertentu sesuai kesepakatan.

Maret 2021 – Pandemi yang masih terus terjadi membuat berbagai lini bisnis harus melakukan transformasi secara digital, tidak terkecuali dalam bidang asuransi. Menurut Chief Financial Officer PT Asuransi Sinar Mas, Njoman Sudharta pengelolaan likuiditas menjadi strategi utama di tengah covid 19.

Itulah sebabnya agar operasional PT Asuransi Sinar Mas tetap berjalan optimal, polis asuransi dengan risiko ringan dapat diproses menggunakan mesin. Contohnya saja asuransi perjalanan Asuransi Sinar Mas. Dimana perusahaan dapat mengetahui keterlambatan penerbangan nasabah sebelum mereka mengajukan klaim.

Sehingga syarat pengajuan klaim sudah terpenuhi maka pembayaran bisa langsung dilakukan. Tentunya kondisi ini akan sangat menguntungkan nasabah. Hal lain yang ditawarkan oleh perusahaan PT Asuransi Sinar Mas adalah pembayaran premi sesuai keinginan.

Yang artinya, pembayaran premi sekaligus di depan dengan adanya pandemi, kini nasabah Asuransi Sinar Mas bisa membayar sesuai kondisi keuangan. Misalnya saja dibayarkan per bulan ataupun periode tertentu sesuai kesepakatan.

Maret 2021 – Asuransi Sinar Mas terus membuktikan komitmen pelayanan kepada para nasabahnya, salah satunya melalui pembayaran klaim asuransi akibat banjir yang melanda wilayah Jakarta dan sekitarnya pada bulan Februari 2021 lalu.

Kerusakan akibat bencana alam tersebut membuat Asuransi Sinar Mas mendapatkan estimasi total nilai klaim sebesar Rp22 miliar. Dengan mempercepat proses penanganan klaim, pada Maret 2021 dilakukan seremonial pembayaran klaim untuk para nasabah dengan total klaim yang dibayarkan sebesar Rp3,5 miliar.

Juli 2021 – PT Asuransi Sinar Mas (ASM) kembali meraih peringkat satu dari tiga perusahaan yang mendapatkan predikat “Sangat Bagus” dalam penyelenggaraan rating asuransi oleh Infobank. Mereka mencatat bahwa Asuransi Sinar Mas selalu mendapat predikat tersebut dalam rating versi Infobank sejak tahun 2015 hingga 2020.

Situasi dan kondisi pandemi Covid-19 tidak menghilangkan semangat PT Asuransi Sinar Mas untuk tetap berkarya, berinovasi, dan memberikan pelayanan yang terbaik untuk nasabah, rekanan, maupun para pemangku kepentingan lainnya.

Layanan Call Center Asuransi Sinar Mas

Jika Anda memiliki pertanyaan terkait informasi lengkap perusahaan, pembayaran premi, maupun cara klaim dapat menghubungi layanan PT Asuransi Sinar Mas melalui berbagai media. Yakni menghubungi Customer Care atau CS, call center, email, situs resmi, hingga mengunjungi alamat Asuransi Sinar Mas kantor pusat maupun cabang yang terdekat dengan lokasi Anda.

Berikut adalah informasi alamat Asuransi Sinar Mas lengkapnya:

Kantor Pusat PT Asuransi Sinar Mas Jakarta

Plaza Simas Gedung I, Jalan KH Fachrudin No.18 Jakarta 10250, Indonesia.

Call Center Asuransi Sinar Mas: (021) 23567888/50507888 (customer care 24 jam)

No Telp Asuransi Sinar Mas: (021) 3902141/50509888

Faks: (021) 3902159/60

WhatsApp: 08811070888

Email: [email protected]

Website: www.sinarmas.co.id

Facebook: Asuransi Sinar Mas Official

Aplikasi Asuransi Sinar Mas: simasmobile.co.id

Linkedin: id.linkedin.com/company/pt-asuransi-sinar-mas

Instagram: @asuransisinarmasofficial

Asuransi Sinar Mas Unit Usaha Syariah merupakan bagian dari PT. Asuransi Sinar Mas yang menjalankan usaha asuransi umum berdasarkan prinsip syariah. Alamat Asuransi Sinar Mas Syariah terletak di:

Jalan Tebah III No. 36, Mayestik, Jakarta Selatan, 12120

Telp: (021) 270 2884

Email: [email protected]

  • Asuransi Sinar Mas Balikpapan: Jalan MT Haryono 79C Kelurahan Kampung Damai, Balikpapan Selatan, Kalimantan Timur. Telp: (0542) 415682
  • Asuransi Sinar Mas Surabaya : Gedung Bank Sinar Mas, Jl. Mayjen Sungkono No.131, Dukuh Pakis, Dukuhpakis, Surabaya
  • Asuransi Sinar Mas Pekanbaru : Jl. Soekarno – Hatta No.172, Tengkerang Sel., Kec. Tampan, Kota Pekanbaru,
  • Asuransi Sinar Mas Makassar : Jl. Gunung Bawakaraeng No 67-69, Kelurahan Gaddong Kecamatan Bontoala, North Pisang, Ujung Pandang, Makassar
  • Asuransi Sinar Mas Lampung: Jalan Ahmad Yani 17C Bandar Lampung. Telp: (0721) 242875
  • Asuransi Sinar Mas Bandung: Wisma Eka Life, Jalan Abdul Rivai No.2 Bandung Sari. Telp: (022) 4207272
  • Asuransi Sinar Mas Banjarmasin: Jalan MT Haryono 40 Banjarmasin Timur, Kalimantan Selatan. Telp: (0511) 3352517
  • Asuransi Sinar Mas Bekasi : Jalan Ahmad Yani Komplek Ruko Bekasi Mas C-4/5, Kelurahan Margajaya Kecamatan Bekasi Selatan
  • Asuransi Sinar Mas Malang : Jl. Letjend S. Parman No.102 C, Purwantoro, Kec. Blimbing, Kota Malang
  • Asuransi Sinar Mas Palembang : Jl. Kol. H. Burlian No.KM.6,5, Suka Bangun, Kec. Sukarami, Kota Palembang
  • Asuransi Sinar Mas Padang : Gedung Bank Sinarmas, Jl. Damar No.67 A, Olo, Kec. Padang Bar., Kota Padang
  • Asuransi Sinar Mas Kudus : Ruko Jend. Sudirman Jl. Jend. Sudirman No.37G, Barongan, Kec. Kota Kudus
  • Asuransi Sinar Mas Batam: Jalan Raden Patah Komplek Naga Sakti No.02 Lubuk Baja, Batam. Telp: (0778) 455489
  • Asuransi Sinar Mas Cirebon: Gedung Bank Sinar Mas Lt 3, Jalan Dr Wahidin 29 Kejaksan. Telp : (0231) 8300880
  • Asuransi Sinar Mas Denpasar: Gedung Bank Sinar Mas Lt 1, Jalan Tantular No.8 Renon. Telp : (0361) 255266
  • Asuransi Sinar Mas Jambi: Jalan Hayam Wuruk 28D Jelutung. Telp : (0741) 22232
  • Asuransi Sinar Mas Makassar: Jalan Gunung Bawakaraeng No. 67-69 Bontoala. Telp : (0411) 3616752
  • Asuransi Sinar Mas Manado: Komplek Wanea Plaza Blok I/1, Jalan Sam Ratulangi. Telp : (0431) 844365
  • Asuransi Sinar Mas Medan: Jalan Sisingamangaraja No 1 Km 6,7 Simpang Marindal. Telp : (061) 41002388
  • Asuransi Sinar Mas Samarinda: Jalan KH Ahmad Dahlan RT 03 No 45 Samarinda Hilir. Telp : (0541) 735497
  • Asuransi Sinar Mas Ambon: Gedung Bank Sinar Mas, Jalan Ahmad Yani RT 001/06 Kelurahan Batu Meja. Telp: (0911) 343985
  • Asuransi Sinar Mas Aceh: Jalan Sri Ratu Safiatuddin No 49 Kelurahan Peunayong, Kecamatan Kuta Alam. Telp: (0651) 34498
  • Asuransi Sinar Mas Tangerang : Jl. MH. Thamrin No.15, RT.003/RW.008, Cikokol, Kec. Tangerang, Kota Tangerang
  • Asuransi Sinar Mas Banjarmasin: Jalan MT. Haryono No. 40 RT. 06, Kel. Kertak Ilir, Kec. Banjarmasin Tengah. Telp: (0511) 3367704
  • Asuransi Sinar Mas Depok : Jl. Margonda Raya, Kelurahan No.304, RT.01/RW.011, Kemiri Muka, Beji, Depok
  • Asuransi Sinar Mas Banyuwangi: Gedung BSM Lt.2, Jalan Basuki Rachmat No.61. Telp: (0333) 410905
  • Asuransi Sinar Mas Bali: Gedung Bank Sinarmas Lt.1, Jalan Tantular No.8 Renon, Denpasar. Telp: (0361) 255266
  • Asuransi Sinar Mas Papua: Kompleks Ruko Pasific Permai Blok F No 7 Dok 2, Kelurahan Bhayangkara Kecamatan Jayapura Utara. Telp: (0967) 550455
  • Asuransi Sinar Mas Tegal : Jl. Yos Sudarso No 20 Ruko Nirmala Estate Kav 8A, Kelurahan Mintaragen Kecamatan Tegal Timur
  • Asuransi Sinar Mas Jember: Jalan Ruko Gajah Mada Square No A 7 Kaliwates. Telp: (0331) 427222
  • Asuransi Sinar Mas Yogyakarta: Gedung Bank Sinarmas Multifinance Lantai 3, Jalan Wates Km.2. Telp: 08812728899

Apabila kendaraan Anda mengalami mogok ataupun kecelakaan di tengah jalan, Anda dapat menghubungi layanan bantuan derek khusus Pemegang Polis Asuransi Sinar Mas PT pada nomor berikut:

(021) 390 – 2141 ext. 1801 – 1805 (selama jam kerja)

Asuransi Sinar Mas PT akan menanggung biaya wajar atas penderekan mobil yang mengalami kecelakaan dengan biaya maksimal 0,5% dari harga pertanggungan mobil tersebut.

Daftar Polis Asuransi Sinar Mas Terbaik

PT Asuransi Sinar Mas atau ASM adalah perusahaan asuransi umum yang berada di bawah naungan Grup Sinar Mas. Asuransi Sinar Mas sendiri menyediakan beragam produk asuransi umum dan juga asuransi kesehatan. Adapun produknya juga tersedia dalam bentuk konvensional dan syariah.

Berikut daftar polis dan rangkuman manfaatnya yang dimiliki oleh PT Asuransi Sinar Mas selengkapnya:

Simas Mobil

Asuransi Sinar Mas Mobil ini memberikan pertanggungan lengkap untuk polis yang dipilih. Setiap polis yang ditawarkan Simas Mobil memberikan jaminan tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga (TPL).

  • Gabungan: Produk asuransi lengkap untuk semua risiko yang dikecualikan untuk TLO.
  • TLO + TPL: Produk pertanggungan untuk kerusakan dan/atau kerugian karena suatu peristiwa yang dijamin oleh polis dimana biaya perbaikan, penggantian atau pemulihan ke keadaan semula sesaat sebelum terjadinya pencurian dan/atau kerusakan sama dengan atau lebih dari harga sebenarnya kendaraan bermotor yang dipertanggungkan atau kendaraan hilang karena pencurian.
  • Simas Mobil TPL: Produk asuransi menjamin tuntutan ganti rugi dari pihak ketiga atau tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga yang secara langsung disebabkan oleh kendaraan bermotor yang dipertanggungkan sebagai akibat risiko yang dijamin polis yang berupa kerusakan harta benda (property damage), biaya pengobatan, cedera badan dan/atau kematian.
Simas Sehat Gold

Polis Asuransi Sinar Mas Kesehatan individu yang memberikan jaminan biaya kesehatan di rumah sakit akibat kecelakaan atau sakit.

  • Cashless di Asuransi Sinar Mas provider list.
  • Tanpa pemeriksaan kesehatan (MCU).
  • Jaminan evakuasi medis darurat di seluruh dunia.
  • Menjamin transplantasi organ tubuh dengan limit tersendiri.
  • Jaminan rawat jalan dan rawat gigi darurat akibat kecelakaan.
  • Menjamin rawat jalan sebelum dan sesudah perawatan inap di rumah sakit.
Simas Sehat Executive

Polis Asuransi Kesehatan Sinar Mas individu yang memberikan jaminan biaya kesehatan di rumah sakit akibat kecelakaan atau sakit.

  • Cashless di RS provider ASM.
  • Tanpa pemeriksaan kesehatan (MCU).
  • Jaminan evakuasi medis darurat di seluruh dunia.
  • Menjamin transplantasi organ tubuh dengan limit tersendiri.
  • Jaminan rawat jalan dan rawat gigi darurat akibat kecelakaan.
  • Menjamin rawat jalan sebelum dan sesudah perawatan inap di rumah sakit.
Simas Sehat Income

Polis Asuransi Kesehatan Sinar Mas individu yang memberikan jaminan biaya kesehatan di rumah sakit akibat kecelakaan atau sakit.

  • Cashless di RS provider ASM.
  • Tanpa pemeriksaan kesehatan (MCU).
  • Jaminan evakuasi medis darurat di seluruh dunia.
  • Menjamin transplantasi organ tubuh dengan limit tersendiri.
  • Jaminan rawat jalan dan rawat gigi darurat akibat kecelakaan.
  • Menjamin rawat jalan sebelum dan sesudah perawatan inap di rumah sakit.
Simas Sehat Corporate

Polis Asuransi Kesehatan Sinar Mas yang memberikan pelayanan perawatan kesehatan untuk nasabah kumpulan atau karyawan perusahaan.

  • Rawat jalan akibat kecelakaan atau penyakit.
  • Rawat inap akibat kecelakaan atau penyakit.
  • Santunan untuk meninggal dunia.
  • Santunan untuk cacat tetap total.
Simas Covid 19

Polis Asuransi Sinar Mas Kesehatan individu yang memberikan manfaat pertanggungan pengantian biaya pengobatan rawat inap atau jalan akibat terdiagnosis covid 19.

  • Usia masuk 17 tahun- 18 tahun
  • Berlaku tidak hanya di Indonesia tapi di seluruh dunia.
Simas Personal Accident

Polis asuransi kecelakaan diri individu dari Asuransi Sinar Mas yang memberikan proteksi berupa uang pertanggungan untuk risiko kecelakaan diri.

  • Risiko meninggal dunia akibat kecelakaan.
  • Risiko cacat tetap akibat kecelakaan.
  • Biaya perawatan di RS akibat kecelakaan.
  • Tersedia 5 pilihan nilai pertanggungan Rp10-100 juta.
Group Personal Accident

Polis asuransi karyawan dari PT Asuransi Sinar Mas yang memberikan proteksi berupa uang pertanggungan untuk risiko kecelakaan diri yang terjadi di tempat kerja ataupun di tempat lain.

  • Risiko kecelakaan baik di kantor, di rumah, maupun dalam perjalanan baik itu darat, udara atau laut.
  • Biaya perawatan untuk luka badan.
  • Santunan untuk cedera tetap hingga meninggal dunia.
Simas Proteksi PHK

Polis Asuransi Sinar Mas untuk proteksi nasabah individu apabila terjadi pemutusan hubungan kerja (PHK) yang akan mengganggu finansial tertanggung dan keluarganya.

  • Meninggal dunia akibat kecelakaan.
  • Cacat tetap total akibat kecelakaan dengan maksimum jumlah uang pertanggungan 100% dari risiko meninggal dunia.
  • Biaya perawatan/pengobatan dokter akibat kecelakaan dengan maksimum jumlah uang pertanggungan sebesar 10% dari risiko meninggal dunia.
  • Menjamin risiko sepeda motor apabila kecelakaan yang terjadi pada saat tertanggung mengendarai sepeda motor atau sebai penumpang sepeda motor di lokasi pertanggungan.
  • Santunan PHK karena kepailitan.
Travel Insurance

Polis asuransi perjalanan dari PT Asuransi Sinar Mas yang memberikan proteksi perjalanan wisata, baik berupa uang pertanggungan dan kenyamanan perjalanan. Tersedia dalam 3 polis dengan manfaat sama, hanya berbeda untuk destinasi perjalanan.

  • Risiko kecelakaan
  • Limit maksimum sampai dengan limit sesuai plan bisa disesuaikan.
  • Jaminan ganda akibat kecelakaan pesawat
  • Ketidaknyamanan selama perjalanan:
  • Kehilangan bagasi dan harta benda pribadi
  • Keterlambatan bagasi
  • Keterlambatan perjalanan
  • Kehilangan deposit dan pembatalan perjalanan
  • Pengurangan perjalanan
  • Pembajakan pesawat udara
  • Kehilangan dokumen perjalanan
  • Ketidaksinambungan perjalanan pesawat
Asuransi Penjaminan

Pertanggungan atau manfaat dari asuransi penjaminan untuk proyek disesuaikan dengan polis yang dibutuhkan nasabah dalam hal ini perusahaan.

  • Bid Bond yaitu produk yang menjamin obligee apabila principal mengundurkan diri (ingkar janji) atau tidak melanjutkan penandatangan kontrak.
  • Performance Bond yaitu produk yang menjamin obligee apabila principal gagal melaksanakan pekerjaannya.
  • Advance Payment Bond yaitu produk yang menjamin obligee bahwa principal akan sanggup mengembalikan uang muka yang telah diterimanya sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang diperjanjikan dalam kontrak.
  • Maintenance Bond yaitu jaminan pemeliharaan ditertibkan sebagai pengganti dari jumlah uang yang ditahan oleh obligee.
  • Customs Bond yaitu fasilitas penangguhan atas pembebasan pungutan negara yang diperolehnya dari pemerintah, dalam hal ini Bea Cukai.
  • Excise Bond yaitu penjaminan atas suatu risiko yang diberikan oleh Asuransi Sinar Mas kepada perusahaan industri minuman mengandung etil alkohol dalam negeri tidak dikategorikan minuman keras (prinsipal) untuk melaksanakan kewajibannya sesuai dengan fasilitas penangguhan pembayaran cukai berkala yang diperolehnya dari pemerintah.
  • Kontra Bank Garansi yaitu bukti jaminan atas bank garansi yang diterbitkan oleh bank untuk kepentingan kontraktor (principal) dalam memenuhi kewajibannya sesuai dengan ketentuan yang ada dalam perjanjian pokok.
  • Asuransi Kredit yaitu produk yang memberikan kemudahan pinjaman bagi usaha kecil dan menengah (UKM).
  • Asuransi Kredit Perdagangan yaitu memproteksi piutang dagang (account receivable) dari risiko tidak dapat tertagih (non payment) yang disebabkan oleh commercial risk maupun political risk.
Asuransi Tanggung Gugat

Pertanggungan atau manfaat dari produk asuransi tanggung gugat adalah ganti rugi bagi pihak ketiga, termasuk karyawan perusahaan.

  • Workmen’s Compensation yaitu proteksi bagi karyawan perusahaan dalam hal terjadi kecelakaan kerja sehubungan dengan pekerjaan karyawan tersebut.
  • Public Liability yaitu ganti rugi secara finansial yang diderita oleh pihak lain akibat dari kelalaian/kesalahan tertanggung dan/atau orang yang berada di bawah pengawasan tetanggung di tempat tertanggung mengelola bisnisnya.
  • Product Liability yaitu ganti rugi akibat dari barang/jasa yang diproduksi/ditawarkan oleh tertanggung mengalami kegagalan/kerusakan yang menyebabkan pihak lain menderita baik secara finansial maupun biaya pengobatan di rumah sakit.
  • Directors and Officers Liability yaitu Perlindungan bagi para komisaris, direktur, maupun pejabat perusahaan atas risiko yang terjadi dikarenakan tindakan salah yang dilakukan ketika bertindak dalam kapasitas mereka pada jabatan tersebut.
  • Comprehensive General Liability yaitu Produk asuransi yang memberikan ganti rugi secara finansial yang diderita oleh pihak lain akibat dari kelalaian/kesalahan tertanggung dan/atau orang yang berada di bawah pengawasan tertanggung di tempat tertanggung mengelola bisnisnya.
Asuransi Rekayasa

Perlindungan dari PT Asuransi Sinar Mas yang memberikan ganti rugi atas risiko pekerjaan dan kegiatan teknik termasuk proyek pembangunan pabrik, bendungan, jalan raya, jembatan, gedung-gedung perkantoran, dan lain-lain dari risiko kebakaran, tindak kejahatan, dan bencana alam.

  • Contractors All Risks including Third Party Liabilities yaitu pertanggungan untuk semua pekerjaan yang berhubungan dengan pekerjaan yang biasanya dilakukan oleh orang atau badan lain (kontraktor) baik itu pekerjaan bangunan sipil basah maupun bangunan sipil kering.
  • Erection All Risks including Third Party Liabilities yaitu pertanggungan untuk semua pekerjaan yang berhubungan dengan pemasangan instalasi listrik atau mesin-mesin pada suatu bangunan. Kerusakan yang terjadi harus berupa kerusakan fisik benda yang dipertanggungkan yang disebabkan oleh resiko yang sifatnya tidak terduga dan terjadi secara tiba-tiba.
  • Machinery Breakdown plus Business Interruption yaitu pertanggungan untuk industri atas pabrik, mesin dan peralatan-peralatan mekanis pada saat bekerja, istirahat dan atau selama menjalani perawatan.
  • Contractors Plant and Machinery yaitu jaminan perlindungan pada  alat-alat berat atau mesin yang dipergunakan oleh kontraktor dalam suatu proyek yang digunakan pada saat sedang bekerja, sedang diam atau tidak sedang digunakan, maupun sedang dibongkar dalam proses perawatan atau overhauling yang digunakan saat konstruksi.
  • Heavy Equipment yaitu perlindungan terhadap alat berat yang digerakkan secara mekanik yang terdiri dari rangka dengan rancang bangun yang khusus, sumber tenaga (operator) dalam pengoperasiannya dan peralatan tambahan untuk tugas tertentu.
  • Boiler Explosion yaitu jaminan perlindungan terhadap Boiler (Ketel Uap) dan Pressure Vessel (Bejana bertekanan) dari ledakan (explosion) maupun runtuh (collapse) saat bekerja maupun waktu mesin disimpan.
  • Electronic Equipment yaitu ganti rugi atas kerugian akibat perlengkapan elektronik yang mengalami kerusakan secara tiba-tiba atau tidak terduga  yang disebabkan oleh bahaya eksternal.
Asuransi Fire and Allied Perils

Polis Asuransi Sinar Mas yang memberikan jaminan ganti rugi atau pertanggungan berbagai macam, berdasarkan polis yang dipilih nasabah.

  • Homeowners: Simas Rumah Hemat ++ yang memberikan perlindungan penuh untuk hunian dari risiko kebakaran,  kerusuhan, huru-hara, terorisme dan sabotase, gempa bumi, banjir, kebongkaran dan pencurian, kecelakaan diri, biaya pengobatan, kerusakan yang tidak terduga, tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga, biaya tempat tinggal sementara, pembersihan puing, penambahan objek pertanggungan, penilaian pertanggungan, tertabrak kendaraan.
  • Simas Ruko: Produk perlindungan untuk memberikan perlindungan luas kepada tertanggung jika ruko yang diasuransikan mengalami kerugian / kerusakan akibat risiko yang dijamin oleh polis.
  • Property All Risks: Jaminan atas kerugian, kerusakan pada objek pertanggungan akibat semua risiko kecuali yang dikecualikan dalam Polis PAR untuk properti non industri.
  • Industrial All Risks yaitu sama seperti Property All Risks namun ditujukan untuk industri seperti pabrik.
  • Business Interruption yaitu produk asuransi yang memberikan ganti rugi atas kerugian yang diderita oleh tertanggung karena tidak bisa menjalankan kegiatan usahanya akibat harta  benda yang digunakan untuk melakukan kegiatan usaha mengalami kerugian/kerusakan yang dijamin.
  • Growing Trees Insurance yaitu manfaat kerugian tanaman kelapa sawit dan tanaman karet akibat kebakaran, kejatuhan pesawat terbang, kerugian karena petir, ledakan, dan asap.
  • Asuransi Kerusuhan dan Huru-hara yaitu perlindungan untuk bangunan dan isi bangunan dari aksi kerusuhan dan huru-hara.
  • Asuransi Terorisme dan Sabotase yaitu perlindungan untuk bangunan dan isi bangunan dari risiko yang disebabkan terorisme, sabotase, dan penjarahan.
Asuransi Pengangkutan

Asuransi Pengangkutan dari Sinar Mas memberikan jaminan ganti rugi atau pertanggungan atas risiko yang dijaminkan sesuai polis.

  • Marine Hull: Pertanggungan atas kerugian karena rusak atau musnahnya badan kapal termasuk mesin serta peralatannya yang sedang berlayar akibat bahaya alam di lautan atau sebab-sebab lain yang dipertanggungkan.
  • Marine Cargo: Asuransi pengangkutan barang yang memberikan pertanggungan atas risiko terhadap barang melalui suatu sarana pengangkutan/alat angkut baik darat, udara, maupun laut.
  • Aviation: Asuransi pertanggungan terhadap risiko-risiko kerugian atau kerusakan pada rangka dan mesin pesawat terbang dan/atau peralatan-peralatan lainnya dan juga jaminan tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga.
  • Simas Kapal yaitu jaminan terhadap kapal dari kerusakan yang disebabkan bahaya laut, termasuk tabrakan, serta polusi yang diakibatkan tumpahnya bahan bakar kapal ke laut. Produk ini khusus untuk menjamin kapal tunda dan tugboat serta kapal besi sejenis di bawah 3.500 GRT.
Asuransi Aneka

Produk ini memberikan jaminan ganti rugi atau pertanggungan yang diberikan produk asuransi aneka (miscellaneous) dari Asuransi Sinar Mas tergantung pada produk yang dibeli.

  • Simas Hole in One: Produk asuransi perlindungan bagi event organizer yang menyelenggarakan turnamen golf yang memberikan hadiah Hole in One.
  • Money Insurance: Produk asuransi perlindungan uang yang dimiliki perusahaan dari risiko kebongkaran atau perampokan pada saat berada dalam brangkas, ATM, teller, kasir, maupun pada saat berada dalam perjalanan dari/menuju ke Bank/Nasabah/pihak lain sesuai prosedur perusahaan.
  • Golf Indemnity: Produk asuransi jaminan perlindungan atas kerugian yang dialami tertanggung akibat  kecelakaan diri, kerusakan perlengkapan golf, serta tanggung jawab hukum pihak ketiga.
  • Plate Glass: Produk asuransi pertanggungan untuk semua jenis kaca, yang apabila rusak/pecah karena risiko yang tidak dikecualikan.
  • Burglary: Produk jaminan/proteksi terhadap risiko kerugian, kehilangan, kerusakan atas harta benda yang dipertanggungkan yang disebabkan karena pencurian dengan paksa.
  • Cellular Phone Insurance: Proteksi untuk kerusakan yang terjadi atas telepon seluler atau bagian daripadanya sesuai dengan ketentuan yang terdapat dalam polis.
  • Simas Expatriates: Perlindungan untuk jiwa (kesehatan) dan umum (barang) para ekspatriat yang bekerja di Indonesia.
  • Simas Pet Insurance: Perlindungan hewan peliharaan (anjing dan kucing) yang memberikan jaminan jika hewan peliharaan mengalami risiko kematian akibat kecelakaan, risiko pencurian disertai dengan kekerasan, serta risiko tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga.
Simas UKM

Polis asuransi kecelakaan diri dan kesehatan untuk pegiat usaha kecil menengah (UKM) dari PT Asuransi Sinar Mas yang memberikan proteksi atas berbagai risiko dengan premi terjangkau.

  • Perluasan jaminan atas risiko kegagalan pembayaran pinjaman yang diakibatkan oleh kematian, cacat tetap total akibat kecelakaan, perawatan inap jangka pendek maupun jangka panjang akibat sakit dan kecelakaan.
Asuransi Mikro

Produk asuransi mikro dari Sinar Mas memberikan pertanggungan berdasarkan polis yang dipilih nasabah.

  • Simas Petani: Perlindungan kecelakaan diri yang memberikan perlindungan 24 jam sehari terhadap risiko kematian dan cacat tetap akibat kecelakaan yang dijamin polis dan santunan tunai harian akibat demam berdarah.
  • Simas Perlindungan: Asuransi kecelakaan diri yang memberikan perlindungan 24 jam sehari terhadap risiko kematian dan cacat tetap akibat kecelakaan yang dijamin polis dan memberikan penggantian biaya perawatan atau pengobatan medis akibat kecelakaan.
  • Simas Sehat Mikro: Asuransi yang menjamin risiko perawatan inap dan pembedahan di rumah sakit yang terjadi akibat sakit dan kecelakaan.
  • Simas Siswa Mikro: Asuransi kecelakaan diri yang memberikan perlindungan 24 jam sehari terhadap risiko kematian dan cacat tetap akibat kecelakaan yang dijamin dan memberikan penggantian sesuai kesepakatan dalam buku polis.
  • Stop Usaha Erupsi: Santunan kepada peserta asuransi untuk memulai usaha kembali apabila peserta kehilangan penghasilan yang disebabkan risiko kebakaran dan kerusuhan.
Asuransi Syariah Sinar Mas

Pilihan polis Asuransi Syariah Sinar Mas menghadirkan produk disesuaikan prinsip syariah yaitu tolong-menolong dalam kebaikan dan ketakwaan.

  • Asuransi Kebakaran: Produk asuransi syariah yang memberikan perlindungan terhadap risiko kebakaran pada properti nasabah.
  • Asuransi Kendaraan Bermotor: Produk asuransi syariah yang memberikan perlindungan terhadap kerusakan kendaraan bermotor.
  • Asuransi Uang (cash in safe & cash in transit): Produk asuransi syariah yang memberikan perlindungan terhadap penyimpanan uang dalam bisnis Anda.
  • Asuransi Pengangkutan: Produk asuransi syariah yang memberikan perlindungan terhadap risiko kerusakan pengangkutan, baik transportasinya maupun isinya.
  • Asuransi Rangka Kapal: Produk asuransi syariah untuk perlindungan rangka kapal.
  • Asuransi Alat Berat: Produk asuransi syariah yang memberikan jaminan ganti-rugi atau perbaikan terhadap kerusakan alat berat dalam industri.
  • Asuransi Engineering: Produk asuransi syariah untuk memberikan jaminan kecelakaan kerja dan kerusakan peralatan kerja dalam proyek.Asuransi Kecelakaan Diri: Produk asuransi syariah yang menjamin risiko kecelakaan diri dengan berbagai sebab.
Lihat Selengkapnya

Pengalaman Beli Asuransi Mobil di Lifepal

Rangkuman Produk Asuransi Sinar Mas Terbaik

Meski berfokus pada produk asuransi umum, Asuransi Sinar Mas juga ikut menyertakan pilihan produk asuransi kesehatan. Adapun rangkuman produk dan manfaatnya sebagai berikut:

Produk Asuransi Sinar MasManfaat Pertanggungan
Asuransi Kesehatan Sinar MasPertanggungan biaya rawat inap + rawat jalan untuk tertanggung individu dan kumpulan
Asuransi Mobil Sinar MasGanti rugi atas kerusakan total + sebagian pada kendaraan mobil. Tersedia pilihan polis all risk dan total loss only (TLO)
Asuransi Kecelakaan Diri Santunan meninggal dunia + biaya perawatan kesehatan akibat kecelakaan
Asuransi PerjalananGanti rugi finansial atas risiko ketidaknyamanan selama melakukan perjalanan
Asuransi PenjaminanGanti rugi finansial atas risiko proyek 
Asuransi Tanggung GugatGanti rugi finansial atas risiko tuntutan pihak ketiga jika dirugikan selama proyek berlangsung
Asuransi RekayasaGanti rugi finansial atas kerusakan atau kehilangan alat + mesin proyek
Asuransi KebakaranGanti rugi risiko kebakaran pada bangungan + harta benda
Asuransi PengangkutanGanti rugi atas risiko selama pengiriman barang
Asuransi AnekaPolis asuransi uang hingga hewan peliharaan
Asuransi Mikro Dikhususkan untuk nasabah berpenghasilan rendah
Asuransi SyariahPerlindungan asuransi yang mengikuti prinsip syariat Islam

Harga Premi Asuransi Sinar Mas

Premi Asuransi Sinar Mas bergantung pada produk yang dipilih. Namun untuk besaran premi asuransi mobil biasanya akan mengacu pada Surat Edaran OJK Nomor 6/SEOJK.05/2017 tentang Penetapan Premi atau Kontribusi pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor pada tahun 2017.

Sementara itu untuk besaran premi Asuransi Sinar Mas Mobil bisa Anda dapatkan mulai Rp35 ribu per bulan hanya ketika membeli melalui Lifepal. Untuk memudahkan Anda mengetahui besaran premi Asuransi Sinar Mas, yuk gunakan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut:

Tabel Premi Asuransi Sinar Mas

Besaran premi Asuransi Sinar Mas akan menyesuaikan dengan jenis polis yang Anda ambil. Untuk itu berikut contoh tabel premi beberapa polis Asuransi Sinar Mas selengkapnya:

Tabel Premi Asuransi Sinar Mas Kesehatan

Usia TertanggungPremi Tahunan Simas Sehat Gold
18 – 19 Tahun (tambahan: 15 hari – 19 tahun)Rp1,6 juta – Rp3,2 juta
20 – 29 TahunRp2 juta – Rp4,1 juta
30 – 39 TahunRp2,3 juta – Rp4,7 juta
40 – 49 TahunRp2,6 juta – Rp5,3 juta
50 – 55 TahunRp3,5 juta – Rp7 juta
56 – 59 TahunRp4,1 juta – Rp8,3 juta

Tabel Premi Asuransi Mobil Sinar Mas All Risk dan TLO

PolisHarga Premi
Asuransi All Risk Sinar MasMulai Rp175 ribu per bulan
Asuransi TLOMulai Rp35 ribu per bulan

Untuk besaran biaya Asuransi Kesehatan Sinar Mas maupun produk lainnya, silakan isi formulir di atas!

Cara Klaim Asuransi Sinar Mas

Adapun cara klaim Asuransi Sinar Mas dibedakan menjadi tiga metode berdasarkan produk yang dimiliki yaitu klaim asuransi kendaraan bermotor, klaim asuransi kesehatan, dan klaim asuransi lainnya (properti, kecelakaan diri, dan lain-lain).

Berikut penjelasan cara klaim dari masing-masing jenis produk Asuransi Sinar Mas.

Berikut ini prosedur pengajuan klaim kendaraan bermotor:

  • Melaporkan klaim ke cs Asuransi Sinar Mas melalui telepon, email, mendatangi kantor pusat atau cabang, maksimal lima hari setelah kejadian.
  • Mengajukan klaim dengan melengkapi dokumen yang dibutuhkan yaitu form Asuransi Sinar Mas terisi lengkap, STNK, SIM pengemudi, KTP asli dan fotokopi, dan dokumen pendukung lain jika dibutuhkan.
  • Kendaraan AKAN disurvei oleh pihak Asuransi Kendaraan Sinar Mas.
  • Anda akan disarankan ke bengkel rekanan terdekat.

Khusus klaim kehilangan kendaraan, dokumen yang dibutuhkan hampir sama. Tetapi, ada beberapa tambahan, yaitu:

  • Kunci kendaraan asli dan cadangan.
  • Surat Penyitaan dari kepolisian.
  • Surat Tanda Penerimaan Laporan (STPL) dari kantor kepolisian setempat.

Klaim CTLO (Constructive Total Loss) Asuransi Sinar Mas atau kendaraan mengalami kerusakan parah, kelengkapan dokumen antara lain:

  • BPKB asli
  • STNK asli
  • Surat Blokir STNK asli
  • Kunci kendaraan asli dan cadangan
  • Buku KIR (untuk kendaraan sejenis pick up)
  • 2 Lembar Kwitansi kosong yang sudah ditandatangani oleh Tertanggung (salah satunya bermeterai Rp. 6.000)
  • Faktur asli
  • Surat pernyataan Subrogasi yang sudah ditandatangani di atas materai Rp. 6.000
  • Surat pelepasan hak (jika a/n perusahaan atau badan hukum)

Untuk cara pengajuan klaim Asuransi Kesehatan Sinar Mas bisa menggunakan metode cashless maupun reimbursement. Prosedur pengajuan klaim Simas Sehat berbeda-beda untuk jenis klaim, namun umumnya Anda harus mempersiapkan dokumen persyaratan secara lengkap, antara lain:

Rawat Jalan

  • Kwitansi asli untuk biaya Konsultasi Dokter Umum / Dokter Spesialis (Untuk kunjungan ke Dokter Spesialis tidak memerlukan Rujukan / Pengantar dari Dokter Umum)
  • Diagnosa Medis
  • Kwitansi asli pembelian obat dari Apotik
  • Copy Resep obat – obatan
  • Kwitansi asli pemeriksaan Laboratorium
  • Fotocopy hasil pemeriksaan Laboratorium dan interpretasi pemeriksaan Diagnostik lain seperti Foto Rontgen, USG, MRI, CT Scan. EKG, EEG, dll.
  • Kwitansi asli pemeriksaan Fisiotherapy
  • Informasi Data Kepesertaan
  • Formulir Rawat jalan diisi dan dilengkapi

Catatan:
Harap mencantumkan alamat email pegawai pada formulir klaim (email kantor / email pribadi)
Pastikan pada setiap kwitansi tidak ada coretan / penebalan tulisan
Pastikan pada setiap dokumen tercantum tanggal pengobatan
Pastikan terdapat alamat lengkap dan nomor telpon dari setiap lokasi PPK tercantum di dokumen

Gigi

  • Kwitansi asli untuk biaya Konsultasi Dokter Gigi
  • Diagnosa Medis dan Kode Regio Gigi
  • Jenis Tindakan yang dilakukan Dokter Gigi
  • Copy Resep obat – obatan
  • Kwitansi asli pemerikasaan Laboratorium
  • Fotocopy hasil pemeriksaan Laboratorium dan Hasil Foto Rontgen Gigi
  • Informasi Data Kepesertaan
  • Formulir Rawat jalan diisi dan dilengkapi

Catatan :
Harap mencantumkan alamat email pegawai pada formulir klaim (email kantor / email pribadi)
Pastikan pada setiap kwitansi tidak ada coretan / penebalan tulisan
Pastikan pada setiap dokumen tercantum tanggal pengobatan
Pastikan terdapat alamat lengkap dan nomor telpon dari setiap lokasi PPK tercantum di dokumen
Untuk perawatan satu gigi yang dilakukan dalam beberapa kali kunjungan, mintalah kwitansi setiap kali ke Dokter gigi, jangan memakai Kwitansi gabungan.

Imunisasi dan Periksa Hamil

  • Kwitansi asli untuk biaya Konsultasi Dokter Umum / Dokter Spesialis
  • Kwitansi asli untuk biaya Konsultasi Bidan untuk Imunisasi Balita dan Periksa Hamil
  • Diagnosa Medis dan Usia Kehamilan
  • Jenis Imunisasi
  • Kwitansi asli pembelian obat dari Apotik
  • Copy Resep obat- obatan
  • Kwitansi asli pemeriksaan Laboratorim
  • Fotocopy hasil pemeriksaan Laboratorium dan interpretasi pemeriksaan Diagnistik lain seperti Foto Rontgen, USG, CTG, dll
  • Formulir Rawat jalan diisi dan dilengkapi

Catatan:
Harap mencantumkan alamat email pegawai pada formulir klaim (email kantor / email pribadi)
Pastikan pada setiap kwitansi tidak ada coretan / penebalan tulisan
Pastikan pada setiap dokumen tercantum tanggal pengobatan
Pastikan terdapat alamat lengkap dan nomor telpon dari setiap lokasi PPK tercantum di dokumen

Kacamata

  • Kwitansi asli untuk biaya Konsultasi Dokter Spesialis Mata (untuk klaim pertama)
  • Hasil pemeriksaan Refraksi Mata dari Dokter Spesialis Mata atau Kartu ukuran Lensa dari Optik
  • Kwitansi asli pembelian Frame dan Lensa dari Optik
  • Copy Resep obat – obatan
  • Kwitansi asli pembelian obat dari Apotik
  • Formulir Rawat jalan diisi dan dilengkapi

Catatan:
Harap mencantumkan alamat email pegawai pada formulir klaim (email kantor / email pribadi)
Pastikan pada setiap kwitansi tidak ada coretan / penebalan tulisan
Pastikan pada setiap dokumen tercantum tanggal pengobatan
Pastikan terdapat alamat lengkap dan nomor telpon dari setiap lokasi PPK tercantum di dokumen

Kecelakaan atau Trauma

  • Kwitansi asli untuk biaya Konsultasi Dokter Umum / Dokter Spesialis
  • Diagnosa Medis dana tindakan yang dilakukan Dokter
  • Kronologis Kejadian Kecelakaan
  • Fotocopy SIM yang masih berlaku untuk Kecelakaan Lalu Lintas dan bila pasien adalah pengemudi
  • Kwitansi asli pembelian obat dari Apotik
  • Salinan Resep obat – obatan
  • Kwitansi asli pemeriksaan Laboratorim
  • Fotokopi hasil pemeriksaan Laboratorium dan interpretasi pemeriksaan Diagnostik lain seperti Foto Rontgen, USG, MRI, CT Scan. EKG, EEG, dll
  • Formulir Rawat jalan diisi dan dilengkapi

Catatan:
Harap mencantumkan alamat email pegawai pada formulir klaim (email kantor / email pribadi)
Pastikan pada setiap kwitansi tidak ada coretan / penebalan tulisan
Pastikan pada setiap dokumen tercantum tanggal pengobatan
Pastikan terdapat alamat lengkap dan nomor telpon dari setiap lokasi PPK tercantum di dokumen

Rawat Inap

  • Formulir Rawat Inap diisi dan dilengkapo oleh Peserta dan Dokter yang merawat
  • Kwitansi asli untuk biaya Perawatan Inap
  • Perincian asli untuk biaya Perawatan Inap
  • Perincian asli untuk biaya penggunaan obat – obatan dan laboratorium
  • Salinan Resep obat – obatan
  • Fotokopi hasil pemeriksaan Laboratorium dan interpretasi pemeriksaan Diagnostik lain seperti Foto Rontgen, USG, MRI, CT Scan. EKG, EEG, Patologi Anatomi / Histopatologi, Sitologi dll
  • Resume Medis dari Rumah Sakit

Melahirkan dan Keguguran

  • Formulir Rawat Inap diisi dan dilengkapi oleh Peserta dan Dokter yang merawat
  • Kwitansi asli untuk biaya Melahirkan / Keguguran
  • Perincian asli untuk biaya Melahirkan / Keguguran
  • Fotokopi Surat Keterangan Lahir
  • Perincian asli untuk biaya penggunaan obat – obatan dan Laboratorium
  • Salinan Resep obat – obatan
  • Fotokopi hasil pemeriksaan Laboratorium dan interpretasi pemeriksaan Diagnostik lain seperti Foto Rontgen, USG, CTG, Patologi Anatomi / Histopatologi, Sitologi, dll
  • Resume Medis dari Rumah Sakit

Catatan:
Harap mencantumkan alamat email pegawai pada formulir klaim (email kantor / email pribadi)
Pastikan pada setiap kwitansi tidak ada coretan / penebalan tulisan
Pastikan pada setiap dokumen tercantum tanggal pengobatan
Pastikan terdapat alamat lengkap dan nomor telpon dari setiap lokasi PPK tercantum di dokumen

Pencabutan Gigi Bungsu / Odontectommy

  • Formulir Rawat Inap diisi dan dilengkapi oleh Peserta dan Dokter Gigi yang merawat
  • Kwitansi asli untuk biaya Konsultasi dan Tindakan Dokter Gigi
  • Diagnosa Medis dan Kode Regio gigi
  • Jenis Tindakan yang dilakukan Dokter Gigi
  • Copy Resep obat – obatan
  • Kwitansi asli pembelian obat di Apotik
  • Foto Rontgen Panoramik asli

Catatan:
Harap mencantumkan alamat email pegawai pada formulir klaim (email kantor / email pribadi)
Pastikan pada setiap kwitansi tidak ada coretan / penebalan tulisan
Pastikan pada setiap dokumen tercantum tanggal pengobatan
Pastikan terdapat alamat lengkap dan nomor telpon dari setiap lokasi PPK tercantum di dokumen

Santunan Duka

  • Identitas peserta (Simas card kepesertaan asuransi asli dan Fotocopy KTP)
  • Surat keterangan kematian dari instansi yang berwenang
  • Surat keterangan dokter mengenai penyebab kematian
  • Surat keterangan ahli waris (bila yang meninggal dunia karyawan / karyawati serta Nomor Rekening lengkap ahli waris)
  • Bila meninggal dunia akibat Trauma / Kecelakaan, diperlukan dokumen tambahan :
  • Pengisian form kronologis trauma / kecelakaan
  • Fotokopi SIM tertanggung yang masih berlaku (bila sebagai pengendara dalam kasus Kecelakaan Lalu Lintas)
  • Laporan kejadian kecelakaan oleh kepolisian (bila ada)

Selisih dari Asuransi Lain / Double Cover

  • Formulir Rawat Inap diisi dan dilengkapi oleh Peserta dan Dokter yang merawat
  • Surat Pengantar dari Penjamin Pertama / Asuransi pertama yang berisikan antara lain tentang jumlah klaim yang dijaminkan dan selisih yang tidak dijaminkan
  • Fotokopi semua dokumen, seperti kwitansi, copy Resep, hasil laboratorium, Resume Medis dll yang telah dilegalisir oleh Penjamin Pertama / Asuransi Pertama

Untuk melakukan klaim kecelakaan, Anda harus memenuhi dokumen yang dibutuhkan yaitu:

  • Kuitansi asli untuk biaya konsultasi dokter umum/dokter spesialis.
  • Hasil diagnosis medis dan tindakan yang dilakukan dokter.
  • Kronologi kejadian kecelakaan.
  • Fotokopi SIM yang masih berlaku untuk kecelakaan lalu lintas dan bila pasien adalah pengemudi.
  • Kwitansi asli pembelian obat dari apotek.
  • Fotokopi resep obat-obatan.
  • Kuitansi asli pemeriksaan laboratorium.
  • Fotokopi hasil pemeriksaan laboratorium dan interpretasi pemeriksaan diagnostik lain seperti foto rontgen, USG, MRI, CT Scan. EKG, EEG, dll.

Untuk melakukan klaim rawat inap Asuransi Sinar Mas, Anda harus memenuhi dokumen yang dibutuhkan yaitu:

  • Formulir rawat inap diisi dan dilengkapi oleh peserta dan dokter yang merawat.
  • Informasi data kepesertaan.
  • Kuitansi asli untuk biaya perawatan inap.
  • Perincian asli untuk biaya perawatan inap.
  • Perincian asli untuk biaya penggunaan obat-obatan dan laboratorium.
  • Fotokopi resep obat-obatan.
  • Fotokopi hasil pemeriksaan laboratorium dan interpretasi pemeriksaan diagnostik lain seperti foto rontgen, USG, MRI, CT Scan. EKG, EEG, Patologi Anatomi/Histopatologi, Sitologi, dll.
  • Resume medis dari rumah sakit.

Berikut prosedur dan dokumen yang dibutuhkan untuk klaim Asuransi Properti Sinar Mas:

  • Surat pengajuan klaim kepada Asuransi Sinar Mas.
  • Formulir klaim yang telah diisi dan ditandatangani oleh tertanggung.
  • Laporan survei dari surveyor Asuransi Sinar Mas.
  • Foto-foto kerugian dari surveyor Asuransi Sinar Mas.
  • Berita acara atau laporan kronologi kejadian dari tertanggung.
  • Surat keterangan kejadian dari pihak berwenang seperti kelurahan atau polisi.
  • Polis asli dalam kondisi total loss.
  • Laporan polisi untuk kasus kriminal.
  • Laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) untuk kejadian bencana alam, seperti petir, angin topan, badai dan lain-lain.
  • Kliping kejadian dari media massa jika ada.
  • Kuitansi asli jika penggantian secara reinstatement.

Berikut prosedur dan dokumen yang dibutuhkan untuk klaim asuransi cargo Sinar Mas:

  • Surat pengajuan klaim kepada Asuransi Sinar Mas.
  • Formulir klaim yang telah diisi dan ditandatangani oleh tertanggung.
  • Laporan survei dari surveyor ASM.
  • Foto-foto kerugian dari surveyor ASM.
  • Berita acara atau laporan kronologi kejadian dari tertanggung.
  • Polis asli.
  • Surat jalan.asli.
  • Invoice asli.
  • Packing list.
  • Berita acara serah terima barang yang ditandatangani oleh pihak pengangkut dan penerima.
  • Laporan polisi untuk kecelakaan lalu lintas dan kasus kriminal.
  • Surat tuntutan kepada pihak-pihak yang terkait dengan pengangkutan beserta tanggapannya.

Berikut prosedur dan dokumen yang dibutuhkan untuk klaim Asuransi Marine Sinar Mas:

  • Surat pengajuan klaim kepada Asuransi Sinar Mas (ASM).
  • Formulir klaim yang telah diisi dan ditandatangani oleh tertanggung.
  • Laporan survei dari surveyor Asuransi Sinar Mas (ASM).
  • Foto-foto kerugian dari surveyor Asuransi Sinar Mas (ASM).
  • Berita acara atau laporan kronologi kejadian dari tertanggung.
  • Polis asli.
  • Surat jalan.asli.
  • Invoice asli.
  • Packing list.
  • Berita acara serah terima barang yang ditandatangani oleh pihak pengangkut dan penerima.
  • Bill of Lading asli.
  • SP2K (Surat Penyerahan Peti Kemas).
  • Surat keterangan dari kapten kapal yang disahkan oleh syahbandar terdekat jika terjadi kecelakaan atas kapal.
  • Laporan polisi untuk kasus kriminal.
  • Surat tuntutan kepada pihak-pihak yang terkait dengan pengangkutan beserta tanggapannya.

Berikut dokumen yang dibutuhkan untuk klaim asuransi mesin atau elektronik Sinar Mas:

  • Surat pengajuan klaim kepada Asuransi Sinar Mas.
  • Formulir klaim yang telah diisi dan ditandatangani oleh tertanggung.
  • Laporan survei dari surveyor Asuransi Sinar Mas (ASM).
  • Foto-foto kerugian dari surveyor Asuransi Sinar Mas (ASM).
  • Polis asli dalam kondisi total loss.
  • Berita acara atau laporan kronologi kejadian dari tertanggung.
  • Surat keterangan kejadian dari pihak berwenang seperti kelurahan atau polisi.
  • Maintenance record.
  • Kartu atau sertifikat garansi.
  • Kuitansi pada saat pembelian mesin dulu untuk mengetahui usia mesin.
  • Laporan teknisi mengenai penyebab kerusakan mesin.
  • Penawaran biaya perbaikan dari repairer.
  • Penawaran harga baru atas unit yang diklaim pada saat kejadian.
  • Laporan polisi untuk kasus kriminal.
  • Kuitansi asli jika penggantian secara replacement.

Berikut dokumen yang dibutuhkan untuk klaim asuransi uang dari Sinar Mas:

  • Surat pengajuan klaim kepada Asuransi Sinar Mas (ASM).
  • Formulir klaim yang telah diisi dan ditandatangani oleh tertanggung.
  • Laporan survei dari surveyor Asuransi Sinar Mas (ASM).
  • Foto-foto kerugian dari surveyor Asuransi Sinar Mas (ASM).
  • Berita acara atau laporan kronologi kejadian dari tertanggung.
  • Laporan polisi asli.

Bodily injury melengkapi dokumen: surat keterangan dokter yang menjelaskan luka fisik yang dialami tertanggung, keterangan laboratorium, foto rontgen, dan kwitansi asli biaya pengobatan.

Bengkel Rekanan Asuransi Sinar Mas

Asuransi Sinar Mas telah bekerjasama dengan sejumlah bengkel rekanan yang tersebar luas hampir di seluruh wilayah Indonesia. Berikut ini adalah daftar Asuransi Sinar Mas provider list di berbagai daerah.

  • APC Motor: JL. LAPANGAN BOLA SRENGSENG NO. 51B, KEL. SRENGSENG KEC. KEMBANGAN (088808093482)
  • Auto 2000 ( Daan Mogot ): Jl. Daan Mogot No. 146-147 (021-5686295)
  • Auto 2000 ( Puri Kembangan ): Jl. Arteri Lingkar Luar Barat (021-5822000)
  • Auto Prima Makmur: Jl. Raya Srengseng No. 133 (021-58900800 / 5844229)
  • Pro Jaya Motor: Jl. Kembangan Raya No. 29, Puri Media (021-5835572)
  • Inti Duco: Jl. Tomang Raya Kepa (717-718 5601946 / 5664202)
  • Layanan Prima: Jl Jelambar Barat III No 12A, Jakarta Barat 11460 (021-5665930-31)
  • Adi Sejahtera Santosa, PT: Jl. Fatmawati Raya No. 25, Kebayoran Baru – Jakarta Selatan 12420 (021-7662002)
  • Astra International Daihatsu ( Ciputat ), PT: Jl. Raya Ciputat No.22 (021-7651641 / 7651644)
  • Astra International Daihatsu ( Sultan Iskandar Muda ), PT: Jl. Sultan Iskandar Muda No.15, Arteri Pondok Indah (021-7291011)
  • Auto 2000 ( Cilandak ): Jl. Raya Jagorawi Lebak Bulus (021-7652000)
  • Auto 2000 ( Radio Dalam ): Jl. Radio Dalam No.124A-B (021-7252000)
  • Auto 2000 ( Tebet Sahardjo ): Jl. Dr. Sahardjo No. 246 A (021-83705870)
  • Auto 2000 ( Tebet Supomo ): Jl. Prof. DR. Supomo, SH No. 46 (021-8302000)
  • Adi Sejahtera Santosa, PT: Jl. Fatmawati Raya No. 25, Kebayoran Baru – Jakarta Selatan 12420 (021-7662002)
  • Astra International Daihatsu ( Ciputat ), PT: Jl. Raya Ciputat No.22 (021-7651641 / 7651644)
  • Astra International Daihatsu ( Sultan Iskandar Muda ), PT: Jl. Sultan Iskandar Muda No.15, Arteri Pondok Indah (021-7291011)
  • Auto 2000 ( Cilandak ): Jl. Raya Jagorawi Lebak Bulus (021-7652000)
  • Auto 2000 ( Radio Dalam ): Jl. Radio Dalam No.124A-B (021-7252000)
  • Auto 2000 ( Tebet Sahardjo ): Jl. Dr. Sahardjo No. 246 A (021-83705870)
  • Auto 2000 ( Tebet Supomo ): Jl. Prof. DR. Supomo, SH No. 46 (021-8302000)
  • Astra International Daihatsu ( Balikpapan ), PT: Jl. Balikpapan No.8 (021-63864386-87)
  • Astra International Daihatsu ( Balikpapan ), PT: Jl. Balikpapan No.8 (021-63864386-87)
  • Astra International Daihatsu ( Pangeran Jayakarta ), PT: Jl. Pangeran Jayakarta No.28 (21-6590606 / 6590500 )
  • Auto 2000 ( Salemba ): Jl. Salemba Raya No. 67 (021-3152000)
  • Auto 2000 ( Cempaka Putih ): Jl. Letjen Suprapto No. 63 (021-4262000)
  • Auto 2000 ( Garuda ): Jl. Garuda No. 84 (021-4252000)
  • Auto 2000 ( Kramat Jati ): Jl. Raya Bogor Km. 20 (021-8402000)
  • Auto 2000 ( Kalimalang ): Jl Tarum Barat No. 45 (021-8652000)
  • Auto 2000 ( Pramuka ): Jl. Raya Pramuka No. 146 Kav. 29-30 (021-8582000)
  • Honda Cakra Pangukir: Jl. Salemba Raya No. 23 (3906848 / 9)
  • Jakarta Teknologi Utama Motor, PT: Jl. Rawabali I No. 25 Pulogadung, Jakarta Timur (021-46826242)
  • Procare: Jl. D.I. Panjaitan No. 5 Jakarta Timur 13350 (021-8190026 / 8570111 / 08561218233 / 95297992 / 081310608992)
  • PT SEJAHTERA BUANA TRADA: Jl. Raya Bekasi Km 19 Pulo Gadung Jakarta Timur 13920 (021-4611489 / 4618401)
  • Raperind Motor: Jl. Kalimalang Blok Q No.2E Jakarta Timur (021-8642456 / 71233688 / 84993984 / 33334168)
  • Astra International Daihatsu ( Yos Sudarso ), PT: Jl. Yos Sudarso Kav.24 Sunter II, Jakarta 14330 (021-6507000 / 6511002)
  • Astra International Daihatsu ( Pluit ), PT: Jl. Raya Pluit Selatan No.4 (021-6690755 / 6612341)
  • Auto 2000 ( Pluit ): Jl. Raya Pluit Selatan No. 6 (021-6672000)
  • Auto 2000 ( Sunter ): Jl. Gaya Motor III No. 3 (021-6502000)
  • Ayun Jaya Motor, PT: Jl. Danau Sunter Selatan Blok 03 No. 43-44 Sunter Jaya Tanjung Priok, Jakarta Utara (021-65835555)-
  • Kencana Auto Mandiri, PT: Jl. Kramat Jaya No. 24, Semper – Jakarta Utara (021-4354035)
  • Srikandi Diamond Motor ( Sunter ), PT: Jl. Danau Sunter Utara Blok B No.14 Jakarta Utara (021-6506825 / 6511500)
  • Agung Auto Mall ( Jambi ): Jl. Prof. Dr. S. Brojonegoro No. 135, Jambi 36129 (0741-64800)
  • Auto 2000 ( Jember ): Jl. Hayam Wuruk No. 34 (0331-422000)
  • TR Motor: Jl. Sunan Ampel No.69, Jember (0331-7707077 / 7715069)
  • Absolute: Jl. Urip Sumoharjo No. 138-A Kediri (0354-685294)
  • Astra International Daihatsu ( Kediri ), PT: Jl. Soekarno Hatta No. 152 Kediri (0354-684412 / 688501-2)
  • Honda Kediri ( Honda Pacific Motor ): Jl. Mayor Bismo 90 Kediri (0354-682479)
  • Auto 2000 ( Madiun ): Jl. HOS Cokroaminoto No. 47 (0351-492000)
  • Absolute Body Repair: Jl. Panglima Sudirman No.82B, Madiun – Jawa Timur (0351-499031)
  • Astra International Daihatsu ( Malang ), PT: Jl Ahmad Yani 175 Malang (0341-491743 / 496786)
  • Auto 2000 (Malang): Jl. LetJend Sutoyo No. 25(0341-472000)
  • Astra International Daihatsu ( Sidoarjo ), PT: Jl. Sawo Tratap KM.15 Waru – Sidoarjo (031-8533777 / 8535526)
  • Astra International Daihatsu ( Surabaya ), PT: Jl. Panglima Sudirman No.63 (031-5346601)
  • Auto 2000 ( Surabaya Waru ): Jl. Raya Waru Km. 15 (031-8532000)
  • Bahtera Motors ( Kusuma Bahtera Jaya, PT ): Jl. Dukuh Kupang Utara I/1, Surabaya (031-5614603)
  • Citra Cakra Persada, PT ( Honda Jemursari ): Jl. Jemursari No. 213 Surabaya (031-8412222)
  • Astra International Daihatsu ( Solo ), PT: Jl. Raya Solo Permai – Solo Baru (0271-620973 / 620977)
  • Sekawan Jadi: Jl. Tanjung anom No. 7 Solo Baru, Sukoharjo (0271-7000777)
  • Honda Solo Baru: Jl. Raya Solo Baru Grogol Sukoharjo Solo (0271-626059 / 58)
  • Astra International Daihatsu ( Tegal ), PT: Jl. Kolonel Sugiono No 104, Tegal (0283-359674 / 359676 / 359677)
  • Autoprima: Jl. DR. Cipto Mangunkusumo No. 202 (0283-310300)
  • Astra International Daihatsu (Semarang), PT: Jl. Majapahit No.111-117 (024-6717111 / 6718111)
  • Auto Fix – Santosa Motor Service: Jl. Majapahit 129B, Semarang (024-6720720 / 024-6701701)
  • Armada International Motor, PT: Jl. Gerilya Timur No.28 Purwokerto (0281-625111)
  • Andalan Mobil Indo: Jl. Karang Anyar – Kedung Waru, Ds. Karang Anyar Rt. 01/Rw. 01 Demak (0291-5740667)
  • Best Auto: Jl.Hos Cokroaminoto 1A Kudus (0291-432427)
  • Honda Kudus Jaya: Jl. Lingkar Selatan Timur Terminal No. 168 (0291-445666)
  • Perfect Auto Zone: Jl. RE. Martadinata 133 / Jl. Dr. Sukarjo 76-78 Tasikmalaya (0265-314888)
  • Pratama Motor: JL. HZ. Mustofa No. 374 Tasikmalaya 46116 (0265-321863)
  • Astra International Daihatsu ( Bogor ) ,PT: Jl. Pajajaran No.22 (0251-8325737)
  • Auto 2000 ( Bogor ): Jl. Siliwangi No. 76 (0251-8342005)
  • Auto Sinar Makmur: Jl. KH. Soleh Iskandar RT. 004/RW. 005 (0251-7540868)
  • Dwi Perkasa Mobiltama ( Authorized Suzuki ): Jl. Raya Ciawi Km. 8, Bogor (0251-8241123 / 8241124 / 8240815)
  • Eka Motor: Jl. Mayor Oking No. 51 Citeureup Bogor 16810 (021-8752419 / 87941215)
  • Mandiri Perwira Raya Motor, PT: Jl. Raya Pajajaran No.27 Bogor (0251-8327916 / 8324326)
  • Brayat Kretya Andaru: Jl. KH. Soleh Iskandar RT001/RW001 Kota Bogor (0251-7544373)
  • Plaza Auto Prima: Jl. Karanggan Tua Rt. 004 Rw. 007, Karanggan Gunung Putri, Bogor (021-87929410)
  • Handy Jaya Motor: Jl. Kartini Raya No. 50 Pancoran Mas, Depok (021-77204060)
  • Hyuandai Mobil Indonesia: Jl. Margonda Raya No. 356 Depok (021-7755999)
  • Proton Edar Depok: Jl. Kartini Raya No. 47 – Depok (021-29097505)
  • Anugerah Perkasa Motor: Jl. Cideng Jaya No.87-88, Cirebon 45153 (0231-486607)Astra
  • International Daihatsu (Cirebon), PT: Jl. Tuparev No. 76, Cirebon (0231-206691 / 0231-205557)
  • Auto 2000 (Cirebon): Jl. Brigjen Dharsono No. 14 Cirebon (0231-232000)
  • Auto Rep: JL. DUKUH DUWUR NO. 38 PEGAMBIRAN , CIREBON (0231-8305720)
  • Cinta Damai Putra Bahagia: Jl. Kalijaga No.117,Cirebon 45113 (0231-230506)
  • Garuda Rajawali Motor: Jl. Brigjen Dharsono No. 104 ((0231) 486370 )
  • Lambang Putra Perkasa Motor (Autorized Honda), PT: Jl. Kalijaga No. 29 Cirebon (0231-202353)

Daftar Rumah Sakit Rekanan Asuransi Sinar Mas

Rumah sakit rekanan Asuransi Sinar Mas tersebar di berbagai kota besar di Indonesia. Berikut beberapa daftar rumah sakit Asuransi Sinar Mas selengkapnya:

  • RS Agung Jakarta, Jalan Sultan Agung No.67, Jakarta Selatan. Telepon: (021) 8312790
  • RSIA Asih Jakarta Selatan, Jalan Panglima Polim I No. 34 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Telepon: (021) 2700610
  • RS Asri Siloam, Jalan Duren Tiga No.20, Jakarta Selatan 12760. Telepon: (021) 7992211
  • RS Avisena, Jalan H. Rohimin No.30 Ulujami Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Telepon: (021) 5853916
  • Bidakara Medical Center, Binasentra Building, Ground Floor Kompleks Bidakara Pancoran, Jakarta Selatan
  • RS Brawijaya Women & Children, Jalan Taman Brawijaya No.1 Cipete, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Telepon: (021) 7211337
  • RSU Bunda Jakarta, Jalan Teuku Cik Ditiro No.21 Menteng, Jakarta Pusat. Telepon: (021) 31923344
  • RS Mayapada, Jalan Lebak Bulus No.1 Kav. 29, Cilandak Barat, Jakarta Selatan. Telepon: (021) 29217777
  • Klinik Miracle Grand Indonesia, Menara BCA Lt. P9, Jalan Mh. Thamrin, Jakarta Pusat. Telepon: (021) 23587188
  • RS Pondok Indah, Jalan Metro Indah Kav. Ue, Jakarta Selatan. Telepon: (021) 7657525
  • RS Kartika Cibadak Sukabumi, Jalan Siliwangi No.139 Cibadak, Sukabumi. Telepon: (0266) 7160071
  • RSIA Khalisah Cirebon, Jalan Dr. Setiabudi No.8, Pegagan, Palimanan, Cirebon. Telepon: (0231) 342440
  • RS Citra Medika Depok, Jalan Raya Kalimulya No.86 Kota Kembang, Cilodong, Depok. Telepon: (021) 29671000
  • RS Borromeus Bandung, Jalan Ir. H. Juanda No.100, Bandung. Telepon: (022) 2504041
  • RS Karya Medika I Cibitung, Jalan Raya Imam Bonjol No.9b, Cikarang Barat. Telepon: (021) 8900190
  • RS Mata Dr. Yap Yogyakarta, Jalan Cik Ditiro No.5, Yogyakarta. Telepon: (0274) 562054
  • Happyland Medical Center, Jalan Ipda Tut Harsono No 53 Timoho, Yogyakarta. Telepon: (0274) 550060
  • RS Hermina Yogya, Jalan Mataraman Hermina, Desa Maguwoharjo, Kec Depok, Kab Sleman, Yogyakarta. Telepon: (0274) 2800808
  • RS Siloam Yogyakarta, Jalan Laksda Adi Sucipto No.32-34, Yogyakarta. Telepon: (0274) 4600900
  • RS St. Elisabeth Yogyakarta, Jalan Ganjuran, Sumbermulyo, Bambanglipuro, Bantul, Yogyakarta, 55764. Telepon: (0274) 6460566
  • RS Airlangga Jombang, Jalan Airlangga 50C, Jalakembo, Jombang, Jawa Timur. Telepon: (0321) 861577
  • RSU Aminah Blitar, Jalan Veteran No.39, Blitar. Telepon: (0342) 816304, 816305
  • RS Bunda Sidoarjo, Jalan Kundi No.70 Kepuh Kiriman, Waru, Sidoarjo.
  • RS Mitra Keluarga Waru, Jalan Raya Waru No.8, Sidoarjo. Telepon: (031) 8545543
  • RS Premier Surabaya, Jalan Nginden Intan Barat Blok B, Surabaya. Telepon: (031) 33003211/ 5993211
  • RS Siloam Jember, Jalan Gajah Mada No.104, Kaliwates, Jember, Jawa Timur. Telepon: (0331) 2861900
  • RS Siloam Balikpapan, Jalan MT Haryono No.23 RT. 30, Damai, Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur 76114. Telepon: (0542) 8862999
  • RS Santo Vincentius Singkawang: Jalan P. Diponegoro No.5, Pasiran, Kota Singkawang, Kalimantan Barat 79123. Telepon: (0562) 636768
  • RSIA Borneo Citra Medika, Jalan A. Yani, Angsau, Pelaihari, Angsau, Kec. Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan 70812. Telepon: (0512) 2021002
  • RS Citra Husada Pangkalan Bun Alamat: Jalan Malijo No.RT.14, Madurejo, Kec. Arut Sel., Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah 74181. Telepon: (0532) 2070777
  • RS Pertamedika Tarakan (PHT), Jalan Mulawarman No.14, Karang Anyar Pantai, Kota Tarakan, Kalimantan Utara. Telepon: (0551) 31403
  • RSU Bhakti Rahayu, Jalan Jend. A Yani, Kota Ambon, Maluku 97114. Telepon: (0911) 342746
  • RS Sumber Hidup, Jalan Anthony Rebok No.11, Kel Honipopu, Sirimau, Kota Ambon, Maluku. Telepon: (0911) 352373
  • RS Siloam Makassar, Jalan Metro Tj. Bunga Kav. 9, Tj. Merdeka, Sulawesi Selatan 90112. Telepon: (0411) 3662900
  • RS Bhayangkara Palu, Jalan DR. Suharso Lrg III, No.02, Besusu Barat, Palu Timur, Besusu Bar., Kec. Palu Tim., Kota Palu, Sulawesi Tengah 94118. Telepon: (0451) 429714
  • RS Dewi Sartika, Jalan Kapten Piere Tendean, Baruga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93116
  • RS Semen Padang, Jalan By Pass No.KM, RW.7, Pisang, Kec. Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat 25161. Telepon: (0751) 777888
  • RS Siloam Sriwijaya Palembang, Jalan POM IX, Lorok Pakjo, Kec. Ilir Bar. I, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30137. Telepon: (0711) 5229100
  • RS Advent Medan, Jalan Gatot Subroto, Sei Sikambing D, Kec. Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara 20118. Telepon: (061) 4524875
  • Singapura: General Hospital Singapore Outram Road Singapore 169608 Tel: +656223322
  • Malaysia: HSC Medical Center (KL) SDN BHD 5-1 Menara HSC, 187 Jalan Ampang, 50450, Kuala Lumpur Tel: +6042227200
  • Malaysia: Penang Adventist Hospital No.465, Burma Road, 10350 Penang Tel: +6042227200
  • Thailand: Bumrungrad International Hospital 33 Soi Sukhumvit Road, Khiong Toei Nua, Vadhana, Bangkok 10110
  • Tiongkok: ST. Stamford Guangzhou Modern Hospital No. 42, Lianquan Rd Tianhe District, Guangzhou Tel: 020-22221111

Asuransi Sinar Mas Review

Sinar Mas Asuransi menjadi salah satu perusahaan yang menawarkan berbagai produk asuransi umum. Mulai dari asuransi mobil, properti sampai dengan kesehatan. Selain produknya yang beragam perusahaan juga sudah berpengalaman lebih dari 30 tahun melayani nasabah. Hal lain yang menjadikan Asuransi Sinar Mas review cukup positif antara lain.

1. Rekanan Bengkel Luas 

Tidak hanya memiliki harga premi murah, bengkel rekanan Asuransi Sinar Mas juga cukup luas. Terbukti lebih dari 500 rekanan bengkel yang sudah bekerjasama dan bisa Anda gunakan untuk melakukan perbaikan jika terjadi risiko kerusakan kendaraan kesayangan.

2. Menanggung Mobil Tua

Hal lainnya yang menjadikan Asuransi Sinar Mas cukup unggul adalah dengan menanggung usia mobil hingga 12 tahun. Umumnya perusahaan asuransi hanya menanggung usia mobil sampai 10 tahun saja. 

3. Harga Premi Asuransi Mobil Termurah

Meskipun cukup berpengalaman melayani nasabah lebih dari 30 tahun, harga produk Asuransi Sinar Mas terbilang cukup terjangkau. Dibuktikan ketika Anda membeli Asuransi Sinar Mas all risk harga premi mulai Rp175 ribu per bulan. Sementara untuk asuransi mobil TLO mulai Rp35 ribu per bulan. Harga premi tersebut hanya bisa Anda dapatkan ketika membeli melalui Lifepal.

Pertanyaan Seputar Asuransi Sinar Mas

Di bawah ini merupakan daftar pertanyaan yang sering diajukan terkait PT Asuransi Sinar Mas. Mulai dari informasi profil perusahaan, klaim sampai dengan alamat rumah sakit rekanan Asuransi Sinar Mas terdekat.

Apa itu Asuransi Sinar Mas? 

PT Asuransi Sinar Mas adalah salah satu perusahaan raksasa di Indonesia yang memiliki enam lini bisnis di sektor pulp dan kertas, agribisnis dan pangan, layanan keuangan, pengembang dan real estate, telekomunikasi, serta sektor energi dan infrastruktur.

Pada lini bisnis layanan keuangan, Sinar Mas Insurance memiliki beberapa perusahaan asuransi. Salah satunya adalah Asuransi Sinar Mas yang disingkat ASM yang bergerak di bidang asuransi umum (kerugian).

PT Asuransi Sinar Mas bergerak dibidang apa?

PT Asuransi Sinar Mas adalah perusahaan yang bergerak di enam lini bisnis di sektor pulp dan kertas, agribisnis dan pangan, layanan keuangan termasuk asuransi, pengembang dan real estate, telekomunikasi, serta sektor energi dan infrastruktur.

Apa saja prestasi dan penghargaan yang sudah diraih PT Asuransi Sinar Mas?

Beroperasi lebih dari 30 tahun, Asuransi Sinar Mas meraih berbagai penghargaan dan prestasi atas kinerja cemerlangnya dalam bidang asuransi yang terus konsisten. Beberapa penghargaan yang sudah diraih Sinar Mas Asuransi adalah sebagai berikut:

  • Peringkat Nasional Insurer Financial Strength 2021 dengan Outlook Stabil AA+ versi Fitch Ratings
  • Peringkat Pertama Terbaik Kategori Asuransi Umum beraset di atas Rp5 triliun Indonesia GCG Award 2021
  • Howen Widjaja as Top Leader on CSR Commitment 2021 versi TopBusiness
Apa perbedaan Asuransi Sinar Mas dengan Sinarmas MSIG Life?

Asuransi Sinar Mas dan Asuransi Sinarmas MSIG Life sama-sama bagian dari Sinar Mas Group di sektor jasa keuangan. Hanya saja, ASM (Asuransi Sinar Mas) khusus bergerak di bidang asuransi umum atau kerugian, sedangkan Sinarmas MSIG Life adalah asuransi jiwa yang melayani kebutuhan asuransi jiwa dan kesehatan baik individu maupun kumpulan, dan tentunya berbeda lagi dengan PT Simas Jiwa.

Pada Asuransi MSIG Life, Mitsui Sumitomo Insurance Co Ltd kini memiliki 80% saham PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk (LIFE) atau bertambah dari semula 50% saham. Adapun kepemilikan publik pada emiten baru tersebut sebanyak 7,5% saham. Hal tersebut terungkap dalam prospektus rencana pembagian saham bonus Asuransi Sinarmas MSIG. Seperti diketahui, induk perseroan, yakni PT Sinar Mas Multiartha Tbk (SMMA) melakukan divestasi sebanyak 37,5% saham melalui skema penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) saham Sinarmas MSIG pada 9 Juli 2019.

Berapa premi Asuransi Kesehatan Sinar Mas?

Besaran iuran bulanan Asuransi Kesehatan Sinar Mas berkisar mulai Rp119 ribuan hingga jutaan rupiah per bulan. Namun hal tersebut kembali kepada profil nasabah, manfaat pertanggungan, pilihan polis dan lain-lain. Jadi, silakan menghubungi layanan call center Asuransi Sinar Mas untuk mendapatkan detail informasi harga premi Sinar Mas Insurance tiap produknya.

Asuransi Sinar Mas mencakup apa saja?

PT Asuransi Sinar Mas menawarkan cakupan manfaat sesuai dengan produk yang dimilih nasabah. Cakupan manfaat yang ditanggung Sinar Mas Insurance antara lain:

  • Ganti rugi atas berbagai risiko kerusakan kendaraan
  • Santunan tunai harian
  • Santunan pembedahan
  • Manfaaf cash bonus
  • Santunan meninggal dunia dan cacat tetap akibat kecelakaan
  • Santunan perawatan inap di rumah sakit
Asuransi Sinar Mas milik siapa?

Perusahaan Asuransi Sinar Mas adalah salah satu grup dari Sinarmas Multiartha. Setelah Eka Tjipta Widjaja perusahaan dikendalikan oleh keturunanya. Sehingga grup dari Sinarmas Multiartha dikelola oleh Indra Widjaja.

Pilihan biaya melahirkan dengan Asuransi Sinar Mas?

Pilihan polis asuransi melahirkan dari Sinar Mas Asuransi juga cukup banyak dicari orang. Sebab, manfaat dan premi yang ditawarkan cukup menarik. Untuk cara klaim melahirkan dengan PT Sinar Mas Asuransi lebih lengkap sila cek tab Klaim.

Berapa biaya premi Asuransi Sinar Mas?

Cari tahu premi Asuransi Sinar Mas dengan cara mengakses laman produk di situs resmi perusahaan, menghubungi agen, maupun broker asuransi terkait. Untuk mengetahui faktor yang menentukan harga premi PT Asuransi Sinar Mas, silakan tab premi.

Bagaimana cara daftar Asuransi Sinar Mas?

Asuransi Sinar Mas Online yang sebelumnya bernama Asmobi adalah aplikasi mobile dari PT Asuransi Sinar Mas yang ditujukan bagi nasabah Asuransi Sinar Mas, rekanan serta masyarakat umum. Aplikasi dari PT Asuransi Sinar Mas memberikan kemudahan untuk mengakses informasi mengenai produk yang ditawarkan, termasuk melakukan simulasi perhitungan premi dan pembelian asuransi secara online.

Pilihan lainnya untuk cara daftar Asuransi Sinar Mas dapat memanfaatkan broker asuransi tepercaya seperti Lifepal yang menawarkan kemudahan dalam membandingkan polis asuransi dari perusahaan asuransi lainnya di Indonesia. 

Bagaimana cara membeli Asuransi Sinar Mas secara online?

Calon nasabah Asuransi Sinar Mas dapat menghubungi agen atau perusahaan asuransi melalui telepon, situs resmi, email, atau bahkan mengunjungi kantor cabang atau pusat secara langsung.

Jika ingin lebih berimbang, Anda dapat membeli Asuransi Sinar Mas secara online melalui situs agregator semacam Lifepal. Melalui marketplace asuransi online Lifepal.co.id, Anda tidak hanya dapat membandingkan produk PT Asuransi Sinar Mas saja tetapi juga dari produk asuransi terbaik dari perusahaan lain. Andapun bisa mendapatkan proteksi terbaik sesuai profil dan kebutuhan dengan premi terjangkau pula.

Bagaimana cara cek Asuransi Sinar Mas?

Cara cek Asuransi Sinar Mas bisa melalui Asuransi Sinar Mas Online yang  memberikan informasi umum mengenai layanan Asuransi Sinar Mas berupa informasi Kantor Cabang/Pemasaran/Marketing Point, Layanan Hubungi Kami (Info, Customer Service, Pengaduan, Saran dan GCG), Daftar Rumah sakit Provider, Konsultasi dengan Dokter Simas Sehat (Gratis), Info Seminar Kesehatan Gratis, Tips Kesehatan, Aplikasi Asuransi Sinar Mas Online, dan lain-lain.

Berapa lama klaim Asuransi Sinar Mas?

Klaim Asuransi Sinar Mas tergantung pada nasabah dalam memenuhi dokumen yang dibutuhkan untuk klaim. Jika dokumen lengkap, dalam 7 hari kerja klaim sudah cair. Namun, klaim Asuransi Sinar Mas bisa lebih lama jika terdapat hal-hal mencurigakan atau dokumen tak lengkap.

Rumah sakit dan bengkel rekanan Asuransi Sinar Mas di mana saja?

Rumah sakit dan bengkel Asuransi Sinar Mas tersebar luas bahkan hingga pelosok wilayah Indonesia. Khususnya untuk Asuransi Sinar Mas daftar rumah sakit menjangkau hingga luar negeri. Lihat daftar rumah sakit rekanan Asuransi Sinar Mas selengkapnya pada tab Rekanan.

Apa itu agen dan broker Asuransi Sinar Mas?

Terdapat perbedaan antara agen dan broker Asuransi Sinar Mas. Agen asuransi biasanya adalah orang pribadi yang bekerja untuk perusahaan asuransi, dalam hal ini Asuransi Sinar Mas. Sementara itu, broker adalah pihak independen yang menjadi perantara antara Asuransi Sinar Mas dengan calon peserta asuransi.

PT Asuransi Sinar Mas memiliki sistem keagenan dimana nasabah bisa mendaftar secara perorangan. Untuk mendaftarkan diri menjadi agen Asuransi Sinar Mas, kamu dapat mengakses halaman situs sinarmas.co.id. Atau, mendatangi kantor pusat atau kantor cabang/pemasaran yang ada di kota kamu.

Bagi kamu yang ingin mendapatkan produk Asuransi Sinar Mas secara langsung bisa melalui agen maupun broker. 

Beberapa broker di Indonesia menawarkan produk asuransi secara online, salah satunya adalah Lifepal.co.id. Situs agregator Lifepal membantu kamu membandingkan produk asuransi terbaik yang ada di seluruh Indonesia. Pastikan bahwa broker yang dipilih sudah terdaftar Otoritas Jasa Keuangan RI secara resmi agar data dan dana aman.

Apa saja produk Asuransi Kesehatan Sinar Mas?

Selain asuransi mobil, Asuransi Sinar Mas juga unggul dalam produk asuransi kesehatan. Untuk pilihan produk Asuransi Kesehatan Sinar Mas, misalnya saja Simas Sehat Gold, Simas Sehat Executive, Simas Sehat Income, dan lain-lain. Silakan tab laman Asuransi Kesehatan Sinar Mas untuk informasi detail produk selengkapnya.

Apa saja produk Asuransi Sinar Mas Syariah?

Asuransi Sinar Mas Syariah menghadirkan beberapa pilihan produk berbasis syariah, antara lain asuransi uang, asuransi mobil, asuransi kebakaran, asuransi kargo, dan sebagainya.

Apakah BTN bekerjasama dengan Sinar Mas?

Menurut berita situs resmi perusahaan PT. Asuransi Sinar Mas (ASM) menjalin kerjasama dengan BTN. Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerjasama antara PT Asuransi Sinar Mas dengan PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (Bank BTN), sudah dilaksanakan pada tanggal 04 september 2013 di Menara BTN.

Struktur organisasi Asuransi Sinar Mas seperti apa?

Sinar Mas Asuransi PT diduduki oleh orang-orang yang kompeten dibidangnya. Berikut ini adalah jajaran direktur Asuransi Sinar Mas selengkapnya:

  • Direktur Utama Asuransi Sinar Mas : Howen Widjaja
  • Direktur Asuransi Sinar Mas : Njoman Sudartha
  • Direktur Asuransi Sinar Mas : Aryanto Alimin
  • Direktur Asuransi Sinar Mas : Dumasi MM Samosir
  • Direktur Asuransi Sinar Mas : Marten P. Lalamentik
  • Direktur Asuransi Sinar Mas : I Ketut Pasek Swastika
Call center Asuransi Sinar Mas berapa?

Bagi Anda yang ingin mendapatkan informasi seputar cara klaim maupun kendala seputar polis maka bisa menghubungi layanan Asuransi Sinar Mas call center. Untuk call center Asuransi Sinar Mas adalah (021) 3902141/50509888.

Apa isi UU Asuransi no 40 tahun 2014?

Ketika Anda ingin membeli produk Sinar Mas Asuransi tidak perlu khawatir. Sebab di Indonesia sendiri sudah mengatur Undang-Undang yang bisa menjadi payung hukum ketika terjadi risiko tertentu di kemudian hari. Salah satunya adalah no 40 tahun 2014. Berikut informasi isi UU 40 Asuransi tahun 2014 tentang perasuransian mengatur tentang selengkapnya.

  1. Ruang lingkup usaha perasuransian : bentuk badan hukum dan kepemilikan
  2. Perusahaan perasuransian : perizinan usaha, penyelenggaraan usaha
  3. Tata kelola usaha perasuransian berbentuk koperasi dan usaha bersama
  4. Peningkatan kapasitas asuransi, asuransi syariah, reasuransi dan reasuransi syariah dalam negeri
  5. Program asuransi wajib: perubahan kepemilikan, penggabungan, dan peleburan
  6. Pembubaran, likuidasi, dan kepailitan
  7. Perlindungan pemegang polis, tertanggung, atau peserta
  8. Profesi penyedia jasa bagi perusahaan perasuransian : pengaturan dan pengawasan
  9. Asosiasi usaha perasuransian.
Bagaimana cara berhenti dari Asuransi Sinar Mas?

Cara berhenti ataupun menutup polis Asuransi Sinar Mas bisa dilakukan dengan mudah. Berikut prosedur lengkapnya:

  • Ajukan penutupan polis melalui agen yang dulu menawarkan produk Asuransi Sinar Mas
  • Datang langsung ke kantor pusat atau kantor cabang Asuransi Sinar mas dan mengajukan penutupan secara langsung
  • Menghubungi call center Asuransi Sinar Mas untuk mengajukan penutupan polis

Setelah menentukan cara membatalkan polis Asuransi Sinar Mas, langkah selanjutnya adalah melengkapi dokumen yang dibutuhkan. Berikut panduannya:

  1. Menghubungi call center Asuransi Sinar Mas
  2. Download formulir penutupan Asuransi Sinar Masb
  3. Mengisi formulir dengan lengkap
  4. Mengembalikan buku polis Asuransi Sinar Mas
  5. Menyertakan fotokopi KTP dan buku tabungan
  6. Membayar kewajiban yang belum diselesaikan, pajak dan administrasi bila ada
  7. Menunggu proses pembatalan asuransi dalam waktu maksimal 14 hari kerja

Pastikan untuk menyiapkan dokumen lengkap berupa polis asuransi dan identitas diri. Selain itu, siapkan juga dana tak terduga, karena biasanya nasabah akan dikenakan biaya atau potongan tertentu apabila melakukan penutupan polis sebelum jatuh tempo.

Berapa biaya akuisisi Asuransi Sinar Mas?

Biaya akuisisi adalah biaya untuk mendapatkan dan melayani nasabah. Biaya akuisisi yang paling mendasar adalah komisi agen, dan biaya operasional perusahaan asuransi. Biaya akuisisi ini dibayarkan oleh nasabah.

Dari premi dasar yang dibayar, biasanya akan dipotong untuk biaya akuisisi. Pada tahun pertama, 100 persen uang premi untuk biaya akuisisi, pada tahun kedua 60 persen, dan makin sedikit di tahun-tahun berikutnya.

Biaya akuisisi juga terkait dengan produk unit link atau Asuransi Sinar Mas Jiwa terkait investasi. Pada PT Asuransi Sinar Mas, terutama situs resmi tidak ditemukan informasi mengenai biaya akuisisi tersebut. Anda bisa mencari tahu dengan menghubungi call center Sinar Mas Asuransi.

Namun, jika tidak ingin dikenakan biaya akuisisi, Anda bisa membeli asuransi di broker atau secara online karena tidak melalui agen. Salah satu pilihan broker terpercaya adalah Lifepal.

Perusahaan lain yang menyediakan asuransi seperti Asuransi Sinar Mas

Berikut ini beberapa perusahaan lain yang menyediakan asuransi seperti Sinar Mas Asuransi sebagai bahan pertimbangan Anda dalam memilih asuransi terbaik.

Sumber dan referensi

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • http://www.sinarmas.co.id
Daftar dan dapatkan promo asuransi terbaik! Diskon 25%
Tanya Agen