Sarana Lindung Upaya
PT Sarana Lindung Upaya (SLU) adalah sebuah perusahaan asuransi umum yang telah berdiri sejak tahun 1988. Sarana Lindung Upaya didirikan oleh Yayasan Kesejahteraan Karyawan Bank Jateng yang bekerja sama dengan swasta.
Kelebihan dan Kekurangan Sarana Lindung Upaya versi Lifepal
|
Sekilas tentang Sarana Lindung Upaya
Asuransi yang sudah berumur lebih dari 30 tahun ini pernah menduduki peringkat satu sebagai The Best Financial Performance untuk kategori perusahaan Asuransi Umum dengan skala aset Rp400-600 miliar di tahun 2016. Fakta tersebut tentunya membuktikan bahwa Sarana Lindung Upaya mampu memberikan layanan terbaik kepada nasabahnya.
Asuransi Sarana Lindung Upaya juga memiliki kantor pusat yang berlokasi di Semarang dan empat kantor cabang yang berlokasi di Jakarta, Bandung, Semarang, dan Surabaya.
Sampai saat ini, Sarana Lindung Upaya telah menghadirkan berbagai pilihan produk asuransi umum, mulai dari asuransi kecelakaan diri, asuransi kargo, asuransi mesin, sampai dengan asuransi mikro.
Laporan Keuangan Sarana Lindung Upaya
Rasio solvabilitas perusahaan asuransi di Indonesia wajib memenuhi standardisasi keuangan yang telah ditentukan di dalam Peraturan Jasa Otoritas Keuangan (Nomor 71 dan 72 /POJK.05/2016). Ketentuan mengenai rasio solvabilitas adalah minimal 120 persen, ekuitas minimal Rp100 miliar untuk perusahaan asuransi dan minimal Rp200 miliar untuk reasuransi, dan perusahaan asuransi dikategorikan baik apabila minimal asetnya minimal Rp150 miliar.
Rasio solvabilitas adalah kemampuan perusahaan asuransi bersangkutan dalam memenuhi kewajiban terhadap nasabahnya. Kewajiban ini dapat diartikan sebagai kesanggupan memenuhi pertanggungan klaim asuransi yang diajukan oleh seluruh nasabah aktifnya.
Mengacu kepada laporan keuangan 2018, PT Sarana Lindung Upaya membuktikan performa kinerja finansialnya sebagai berikut.
- Rasio solvabilitas: 178 persen.
- Jumlah aset: Rp364,591 miliar.
- Jumlah ekuitas: Rp117,659 miliar.
Dari data keuangan tersebut dapat disimpulkan bahwa dari segala aspek yang dijadikan indikator penentu kualitas keuangan perusahaan, PT Sarana Lindung Upaya termasuk perusahaan dengan kondisi finansial yang layak dijadikan pilihan prioritas bagi calon nasabah. Kondisi finansial yang kuat akan memberikan jaminan kepada kualitas produk dan pemenuhan kebutuhan klaim para nasabahnya hingga tuntas.
Dilansir dari laman produk pada situs resmi asuransi slu.id, berikut beberapa pilihan kategori produk asuransi yang disediakan oleh PT Sarana Lindung Upaya.
Simak ulasan pertanggungan, premi, cara klaim, layanan nasabah, dan rekanan. Informasi berikut disadur dari situs resmi slu.id sebagai pertimbangan untuk memilih asuransi Sarana Lindung Upaya.
Sekilas Produk Asuransi Sarana Lindung Upaya
Sarana Lindung Upaya menghadirkan dua produk asuransi, yaitu asuransi umum dan asuransi mikro. Berikut pilihan polis asuransi Sarana Lindung Upaya yang bisa dipertimbangkan.
Asuransi Umum
- Asuransi Kecelakaan Diri: Produk asuransi yang memberikan jaminan keuangan atas kerugian yang terjadi akibat kecelakaan diri yang dialami tertanggung.
- Asuransi Otomotif: Produk asuransi yang memberikan jaminan keuangan atas kerugian yang dialami pada kendaraan yang dimiliki.
- Asuransi Kargo: Produk asuransi yang memberikan jaminan atas kerugian yang timbul karena bahaya laut maupun kecelakaan yang terjadi selama proses pengangkutan barang.
- Asuransi Kebakaran: Produk asuransi yang memberikan jaminan terhadap harta benda atas kerugian akibat kebakaran, petir, ledakan, badai, banjir, terbakar sendiri, arus pendek dan tanah longsor.
- Asuransi Konstruksi: Produk asuransi yang memberikan jaminan atas kerugian yang terjadi selama masa pembangunan.
- Asuransi Kredit Pembiayaan: Produk asuransi yang memberikan ganti rugi kepada bank atas kegagalan pembayaran atau pengembalian pinjaman oleh debitur.
- Asuransi Almari Besi: Produk asuransi yang memberikan jaminan atas kerugian akibat kehilangan uang selama disimpan di lemari besi karena pembongkaran dengan paksa.
- Asuransi Pengangkutan Uang: Produk asuransi yang memberikan jaminan atas kerugian atau rusaknya uang akibat kecelakaan atau perampokan selama uang diangkut.
- Asuransi Mesin: Produk asuransi yang memberikan perlindungan terhadap risiko kerugian atau kerusakan pada mesin selama masa operasional.
Asuransi Mikro
- Siberes Motor: Produk asuransi mikro yang memberikan manfaat ganti rugi terhadap kerugian yang terjadi akibat kendaraan motor yang hilang atau rusak.
- Siberes Griya: Produk asuransi mikro yang memberikan manfaat ganti rugi terhadap rumah tinggal yang mengalami risiko yang ditanggung polis.
Harga Premi Asuransi Sarana Lindung Upaya
Cari tahu premi asuransi Sarana Lindung Upaya dengan cara mengakses laman produk di situs resmi perusahaan, menghubungi agen, maupun broker asuransi terkait.
Pada umumnya, premi asuransi dipengaruhi oleh berbagai faktor berikut.
- Jenis asuransi yang diambil oleh pemegang polis.
- Profil tertanggung: usia, pekerjaan, jenis kelamin, riwayat penyakit, dan lain-lain.
- Jenis dan nilai aset atau harta benda yang diasuransikan.
- Cakupan pertanggungan, mulai dari pertanggungan utama hingga rider (pertanggungan tambahan).
Cara Pembayaran Premi Asuransi Sarana Lindung Upaya
Pembayaran premi asuransi Sarana Lindung Upaya bergantung pada ketentuan pada polis asuransi. Silakan menghubungi call center Sarana Lindung Upaya, agen, maupun broker asuransi terkait. Atau, perhatikan informasi panduan pembayaran premi pada polis.
Cara Klaim Asuransi Sarana Lindung Upaya
Cara klaim asuransi Sarana Lindung Upaya disesuaikan dengan ketentuan polis yang dimiliki. Untuk mengetahui panduan klaim asuransi dari Sarana Lindung Upaya, silakan hubungi layanan customer care Sarana Lindung Upaya.
Agen dan Broker Asuransi Sarana Lindung Upaya
Terdapat perbedaan antara agen dan broker asuransi. Agen asuransi adalah orang pribadi atau perusahaan yang bekerja mewakili perusahaan asuransi. Sementara itu, broker adalah pihak independen yang menjadi perantara antara perusahaan asuransi dengan calon nasabah.
Tidak tersedia informasi sistem keagenan asuransi Sarana Lindung Upaya dalam situs resminya. Untuk mendapatkan informasi tersebut, silakan menghubungi call center Sarana Lindung Upaya.
Selain melalui agen, calon nasabah bisa mendapatkan proteksi asuransi melalui peran broker asuransi. Lifepal sebagai broker asuransi online yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dapat memberikan bantuan mendapatkan produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran.
Layanan dan Call Center Asuransi Sarana Lindung Upaya
Layanan nasabah atau call center Sarana Lindung Upaya dapat dicapai dengan berbagai media. Adapun informasi lebih jelas mengenai produk, klaim Sarana Lindung Upaya, dan sebagainya, sila hubungi kontak berikut.
- Customer Care Centre: Jalan Kelud Raya No. 58, Semarang 50237
- Email: [email protected]
- Customer Care Chat WhatsApp: 087800027758, 087800028758
- Faksimili: (024) 8315736
- Situs resmi: www.slu.id
Layanan Nasabah
- Mitra SLU: Layanan aplikasi yang disediakan oleh Asuransi Sarana Lindung Upaya bagi mitra untuk melakukan penutupan produk asuransi.
- Pustaka SLU: Layanan aplikasi yang disediakan Asuransi Sarana LIndung Upaya yang dapat digunakan untuk mempelajari berbagai ilmu terkait asuransi.
Rekanan Asuransi Sarana Lindung Upaya
Asuransi Sarana Lindung Upaya memiliki rekanan bengkel yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia. Untuk mengetahui rekanan dari asuransi Sarana Lindung Upaya, silakan menghubungi customer service Sarana Lindung Upaya melalui layanan chat WhatsApp di nomor 087800027758.
Lokasi dan Alamat Kantor Sarana Lindung Upaya
Hingga tahun 2019, asuransi Sarana Lindung Upaya memiliki satu kantor pusat yang berlokasi di Semarang dan tiga kantor lainnya yang berlokasi di Bandung, Jakarta, dan Surabaya. Adapun alamat kantor Sarana Lindung Upaya sebagai berikut.
Alamat Kantor Pusat Sarana Lindung Upaya
Jalan Kelud Raya No. 58,
Semarang 50237
Telepon: (024) 8411934, 850439, 8413446
Faksimili: (024) 8315736
https://www.slu.id/
Alamat Kantor Cabang Sarana Lindung Upaya
- Bandung: Jalan BKR No. 98D, Bandung 40252, Telepon: (022) 5225788, Email: [email protected]
- Jakarta: Gedung Tamansari Parama Lt. 9, Jalan Wahid Hasyim Kav. 84-88, Jakarta 10340, Telepon: (021) 22346065, Email: [email protected]
- Surabaya: Jalan Genteng Kali No.65B, Surabaya 60275, Telepon: (031) 5324521, Email: [email protected]
Perusahaan Lain yang Menyediakan Asuransi Seperti Sarana Lindung Upaya
Ada beberapa perusahaan lain yang menyediakan asuransi seperti Sarana Lindung Upaya, di antaranya adalah:
- ABDA
- ACA
- Adira
- AIG
- Arthagraha General Insurance
- Askrida
- Askrindo
- Aspan
- Asuransi Artarindo
- Asuransi Asei
- Asuransi Binagriya
- Asuransi Buana Independent
- Asuransi Cakrawala Proteksi
- Asuransi Dayin Mitra
- Asuransi Rama
- Asuransi Sinar Mas
- Asuransi Sompo
- Avrist General Insurance
- AXA Mandiri
- Berdikari Insurance
- Bess Central Insurance
- Bintang
- Bosowa Asuransi
- BRINS General Insurance
- BUMIDA
- China Taiping
- Chubb Syariah
- Chubb Umum
- eTiQa
- FPG Insurance
- Great Eastern General Insurance
- Harta
- Jasaraharja Putera
- Jasindo
- Jastan
- KB Insurance
- Kresna Insurance
- KSK Insurance Indonesia
- Lippo Insurance
- MAG
- Malacca Insurance
- Mega Insurance
- Mega Pratama
- Meritz Korindo Insurance
- MNC Insurance
- MPM Insurance
- MSIG
- Nasionalre
- Pan Pacific
- Parolamas
- Raksa
- Ramayana
- Reliance
- Samsung Tugu
- Simasnet
- Sonwelis Takaful
- Staco Mandiri
- Sumit Oto
- Takaful Umum
- Tob insurance
- Tokio Marine (Umum)
- Tri Pakarta
- Tugu Kresna
- Tugu Mandiri
- Victoria Insurance
- Videi
- Wahana Tata
- Zurich Insurance Indonesia
Sumber dan Referensi
Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.
Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:
- https://www.slu.id/