Jenis Asuransi Syariah

Jenis asuransi syariah terdiri atas asuransi jiwa syariah, asuransi kesehatan syariah, dan asuransi umum (kerugian) syariah. Masing-masing jenis asuransi syariah serupa dengan asuransi konvensional.

Tertarik mencari asuransi syariah yang bagus? Lifepal telah mengkurasi ratusan asuransi tanpa riba terbaik. Yuk bandingkan!

Asuransi Syariah: Kesehatan, Jiwa, Mobil - Rp60 ribu/bulan!

Perbedaan jenis asuransi syariah dan konvensional terletak pada pengelolaan dana. Asuransi syariah dikelola sesuai hukum dan prinsip syariat Islam. Berikut ini jenis asuransi berbasis syariah yang ada di Indonesia.

Asuransi jiwa syariah

Jenis asuransi syariah yang pertama adalah asuransi jiwa syariah. Produk ini merupakan proteksi atas kehilangan pendapatan atau finansial akibat ketidakmampuan atau meninggalnya seseorang, terutama pencari nafkah utama. Jenis asuransi syariah ini memberikan santunan meninggal dunia atau cacat tetap total kepada ahli waris atau keluarga sesuai prinsip syariah.

1. Asuransi jiwa berjangka (term life)

Asuransi jiwa berjangka adalah jenis asuransi syariah yang memberikan jaminan santunan meninggal dunia dalam jangka waktu tertentu. Harga premi asuransi ini cenderung lebih murah. Bahkan, ada asuransi jiwa berjangka dengan masa asuransi 1 tahun dan harga preminya hanya Rp36.500 per bulan.

2. Asuransi jiwa seumur hidup (whole life)

Asuransi jiwa syariah seumur hidup adalah jenis asuransi syariah yang memberikan santunan meninggal dunia seumur hidup. Tapi, biasanya dibatasi hingga usia tertanggung 100 tahun. Polis ini direkomendasikan bagi pencari nafkah utama dalam keluarga karena nilai UP jiwa jauh lebih besar bagi ahli waris atau keluarga yang ditinggalkan.

3. Asuransi jiwa dwiguna (endowment)

Polis asuransi jiwa dwiguna memberikan dua manfaat utama yaitu UP jiwa dan tabungan. Ahli waris atau keluarga yang ditinggalkan akan mendapatkan dua santunan ketika tertanggung utama meninggal dunia. Polis asuransi jiwa dwiguna direkomendasikan bagi pencari nafkah utama yang ingin memastikan ketersediaan dana pendidikan bagi anak.

4. Unit link

Polis asuransi unit link syariah adalah asuransi jiwa dengan manfaat ganda yaitu UP jiwa dan investasi. Berbeda dari dwiguna yang nilai tabungannya bisa dihitung, pada unit link hasil investasi tidak bisa diprediksi.

Asuransi kesehatan syariah

Asuransi kesehatan berbasis syariah adalah produk asuransi yang memberikan ganti rugi atau jaminan atas biaya perawatan atau pengobatan di rumah sakit sesuai syariat Islam. Polis asuransi kesehatan antara lain:

1. Asuransi kesehatan

Polis asuransi kesehatan syariah memberikan jaminan atas biaya perawatan kesehatan hingga pembedahan. Beberapa perusahaan asuransi memberikan jaminan utama ini untuk risiko sakit dan kecelakaan.

2. Asuransi kesehatan keluarga

Polis asuransi kesehatan keluarga memberikan jaminan utama atas biaya perawatan kesehatan hingga pembedahan. Polis ini digunakan satu keluarga (biasanya maksimal 5 anggota keluarga).

3. Asuransi rawat jalan

Polis asuransi rawat jalan syariah merupakan manfaat tambahan (riders) yang memberikan jaminan atas biaya rawat jalan. Polis asuransi rawat jalan biasanya digunakan untuk sakit atau kecelakaan yang tidak membutuhkan rawat inap.

4. Asuransi melahirkan

Polis asuransi melahirkan di sebagian besar perusahaan asuransi adalah polis dengan manfaat tambahan. Pasalnya, melahirkan bukanlah suatu penyakit yang tidak terduga. Namun, polis asuransi melahirkan memberikan jaminan menyeluruh atas risiko melahirkan caesar hingga risiko penyakit pada ibu dan bayi.

5. Asuransi penyakit kritis

Polis asuransi penyakit kritis memberikan jaminan berupa rawat inap, pembedahan, hingga biaya lain atas penyakit kritis yang diderita tertanggung. Pada polis asuransi syariah ini, perusahaan akan memberikan jaminan sejak diagnosa penyakit kritis stadium awal.

6. Hospital cash plan

Hospital cash plan adalah polis asuransi yang menanggung biaya rawat inap di rumah sakit sesuai dengan plafon yang tertulis dalam polis. Jadi, jika tagihan rumah sakit adalah Rp500 ribu per hari dan plafon yang dimiliki adalah Rp1 juta, maka tertanggung mendapatkan kelebih Rp500 ribu per hari.

Asuransi Syariah: Kesehatan, Jiwa, Mobil - Rp60 ribu/bulan!

Asuransi umum syariah

Jenis asuransi syariah ini memiliki banyak produk dan polis. Beberapa di antaranya adalah asuransi mobil, asuransi properti, asuransi perjalanan, dan masih banyak lagi. Serupa asuransi umum konvensional, perbedaannya terletak pada pengelolaan dana.

Pada dasarnya asuransi umum syariah memberikan jaminan ganti rugi atas kerusakan atau kehilangan aset yang dijaminkan seperti rumah, kantor, tempat usaha, gedung, kendaraan bermotor, ekspedisi, hingga proyek bangunan tertentu.

Berikut beberapa polis asuransi umum syariah.

Asuransi mobil

Polis asuransi mobil terdiri atas beberapa polis. Polis asuransi mobil memberikan pertanggungan atas kerusakan atau kerugian yang dialami pemilik mobil saat berkendara. Polis asuransi mobil antara lain:

  • Polis asuransi mobil all risk/comprehensive
  • Polis asuransi total loss only (TLO)
  • Polis asuransi jaminan tambahan tanggung jawab hukum pihak ketiga (TPL)
  • Polis asuransi kecelakaan pengemudi dan penumpang
  • Polis asuransi jaminan tambahan kehilangan barang-barang di dalam mobil akibat pencurian atau risiko yang dijaminkan.

Asuransi properti

Jenis asuransi syariah ini secara umum memberikan ganti rugi atas risiko yang dijaminkan seperti kebakaran, pencurian, dan banjir. Berikut polis asuransi properti atau rumah yang umum dibeli masyarakat Indonesia.

  • Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia (PSAKI)
  • Polis Standar Gempa Bumi Indonesia (PSGBI)
  • Polis Property All Risks (PAR).

Asuransi perjalanan

Polis asuransi perjalanan memberikan jaminan atas kerugian selama perjalanan. Kerugian yang dimaksud termasuk keterlambatan penerbangan, kehilangan bagasi, dan jaminan tambahan lain.

Apa Manfaat Menggunakan Prinsip Syariah dalam Asuransi?

Salah satu manfaat asuransi syariah adalah bebas riba. Cari tahu informasi lebih lanjut tentang manfaat dari jenis asuransi syariah!
Penulis Lifepal Teman Andalanmu untuk Keuangan dan Asuransi Lihat profile penulis
Chat Bantuan Chat Bantuan