Mencari Asuransi Terbaik?
Masukkan informasi diri dan sistem kami akan merekomendasikan polis terbaik sesuai dengan profil, kebutuhan, dan anggaranmu.

Asuransi Takaful Umum

3.5 / 5.0 (2.639 Ulasan)
Diskon Terbaik
500+ Pilihan
Bantuan Klaim
+62
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
+62
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
+62
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
Cicilan 0%Hemat 15%
 

Takaful Umum

PT Asuransi Takaful Umum merupakan salah satu perusahaan asuransi umum syariah pertama di Indonesia. Pembentukan perusahaan ini tidak terlepas dari peran PT Syarikat Takaful Indonesia (Takaful Indonesia) pada tanggal 24 Februari 1994. 

Perusahaan syariah ini menawarkan produk asuransi umum yang memberikan proteksi terhadap kendaraan bermotor, kecelakaan diri, harta benda, pengangkutan, aneka, rekayasa, dan salah satu produk unggulannya adalah asuransi haji dan umroh. 

Ringkasan

  • (+) Pengalaman dalam industri asuransi selama lebih dari 20 tahun. 
  • (+) Perusahaan Asuransi Takaful Umum memiliki kantor cabang yang tersebar luas di seluruh wilayah Indonesia. 
  • (+) Kesehatan keuangan perusahaan yang sangat baik, terbukti rasio solvabilitas perusahaan mencapai 2.028%. Angka tersebut 20 kali lipat lebih tinggi daripada ketentuan pemerintah, 120%.
  • (+) Terdapat asuransi khusus jemaah haji dan umrah, dengan manfaat salah satunya biaya pengobatan apabila mengalami kecelakaan selama ibadah hingga Rp100 juta. 

Sejarah Takaful Umum

Berdirinya Takaful Umum tidak lepas dari peran berbagai institusi seperti Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) melalui yayasan Abdi Bangsa, Bank Muamalat Indonesia Tbk, PT Asuransi Jiwa Tugu Mandiri, Departemen Keuangan Republik Indonesia, para pengusaha muslim Indonesia, dan bantuan teknis dari Syarikat Takaful Malaysia Bhd. (STMB).

Perusahaan telah memperoleh sertifikasi ISO 9001:2008 dari Det Norske Veritas (DNV), Norwegia, pada November 2004 sebagai standar internasional mutakhir untuk sistem manajemen mutu. Perusahaan terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta memiliki tenaga pemasaran yang terlisensi oleh asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) dan Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI).

Izin usaha ditandai dengan nomor KEP-6/D.05/2015 tanggal 29 Januari 2015. Pemberian izin dilakukan untuk usaha di bidang asuransi umum dengan prinsip syariah.

Perusahaan telah meraih berbagai penghargaan bergengsi di dalam negeri. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Perusahaan asuransi umum dengan predikat Sangat Bagus dari Infobank tahun 2013
  • 1st rank the most profitable investment islamic general insurance full fledge Karim Award 2015
  • Best Syariah 2019 dari Majalah Investor Globe Media Group
  • 3rd Best General Insurance Company equity Rp50 billion - Rp100 billion 2019 from Media Asuransi.

Rasio solvabilitas perusahaan asuransi di Indonesia wajib memenuhi standarisasi keuangan yang telah ditentukan di dalam Peraturan Jasa Otoritas Keuangan (Nomor 71 dan 72 /POJK.05/2016). Ketentuan mengenai rasio solvabilitas dana tabarru’ adalah minimal 120 persen dan rasio solvabilitas untuk dana perusahaan adalah minimal 120 persen.

Rasio solvabilitas adalah kemampuan perusahaan asuransi bersangkutan dalam memenuhi kewajiban terhadap nasabahnya. Kewajiban ini dapat diartikan sebagai kesanggupan memenuhi pertanggungan klaim asuransi yang diajukan oleh seluruh nasabah aktifnya.

Mengacu kepada laporan keuangan 2020, perusahaan membuktikan performa kinerja finansialnya sebagai berikut,

  • Rasio solvabilitas dana perusahaan: 2028 persen.
  • Rasio solvabilitas dana tabarru’ dan dana tanahud: 836 persen.
  • Jumlah aset: Rp62 miliar.

Perlu dipahami bahwa dana tabarru’ dan dana tanahud berbeda dengan dana perusahaan. Dana tabarru’ dan dana tanahud merupakan dana yang berasal dari kontribusi para pemegang polis atau nasabah yang mekanisme pengelolaannya sesuai dengan perjanjian asuransi syariah. Sementara, dana perusahaan adalah kumpulan dana yang dikelola perusahaan, selain dana tabarru’, dana tanahud, dan dana investasi nasabah.

Dari data keuangan tersebut dapat disimpulkan bahwa dari segala aspek yang dijadikan indikator penentu kualitas keuangan perusahaan, PT Asuransi Takaful Umum termasuk perusahaan dengan kondisi finansial yang layak dijadikan pilihan prioritas bagi calon nasabah. Kondisi finansial yang kuat akan memberikan jaminan kepada kualitas produk dan pemenuhan kebutuhan klaim para nasabahnya hingga tuntas.

 
 

Daftar Produk Asuransi Takaful

Asuransi Raksa menghadirkan berbagai produk asuransi syariah, mulai dari asuransi rekayasa, asuransi kendaraan bermotor, asuransi aneka, asuransi pengangkutan, asuransi harta benda, dan asuransi kecelakaan diri.  Berikut pilihan polis yang bisa dipertimbangkan:

1. Takaful Rekayasa

Produk asuransi yang memberikan perlindungan finansial terhadap risiko atas kerugian atau kerusakan yang terjadi pada proyek bangunan dan mesin-mesin yang digunakan selama dalam masa konstruksi, pemeliharaan, serta kerugian akibat tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga.

2. Takaful Kendaraan Bermotor

Produk asuransi yang memberikan perlindungan finansial terhadap risiko pada kendaraan bermotor, baik non bus/non truk, bus, truk, pick up dan sepeda motor dengan untuk kepentingan komersial.

3. Takaful Aneka

Produk asuransi yang memberikan perlindungan finansial terhadap risiko kerugian barang-barang yang disimpan di dalam bangunan atau gudang yang diasuransikan. 

4. Takaful Pengangkutan

Produk asuransi yang memberikan perlindungan finansial terhadap risiko kerugian atas kehilangan dan kerusakan barang-barang selama dalam pengangkutan menggunakan jenis transportasi darat, air, laut, dan udara.

5. Takaful Harta Benda

Produk asuransi yang memberikan proteksi finansial terhadap risiko kerugian, kehilangan atau kerusakan aset yang diakibatkan karena peristiwa kebakaran, gempa bumi, hingga proteksi terhadap properti dan industri.

6. Takaful Kecelakaan Diri

Produk asuransi yang memberikan proteksi finansial terhadap risiko kecelakaan diri serta manfaat santunan apabila risiko terjadi saat beribadah haji maupun Umrah.

 

Daftar Polis Asuransi Takaful Umum 

Dilansir dari laman produk pada situs resmi asuransi takafulumum.co.id, berikut beberapa pilihan kategori produk asuransi yang tersedia beserta manfaat pertanggungannya.

Takaful Rekayasa

Takaful Contractor’s All Risk

Produk asuransil yang melindungi kerugian kerusakan fisik yang diderita nasabah selama pelaksanaan proyek pekerjaan teknik sipil.

  • Memberikan perlindungan terhadap semua risiko kecuali yang dikecualikan dalam polis.
  • Memberikan perlindungan dari kebakaran, petir, water damage, bencana alam, kebongkaran, pencurian, ledakan, dan kerusakan akibat kecelakaan.
  • Memberikan perlindungan hukum kepada peserta jika mengakibatkan kerugian kepada pihak ketiga
Takaful Rekayasa

Takaful Machinery Breakdown

Produk asuransi yang memberikan perlindungan atas kerusakan berbagai jenis mesin dan peralatan mekanik.

  • Memberikan perlindungan terhadap mesin-mesin produksi pabrik
  • Memberikan perlindungan terhadap Pusat Pembangkit tenaga listrik beserta Power Transmission & Distribution System yang digunakan.
  • Memberikan perlindungan terhadap mesin-mesin pabrik baik sedang dalam pengoperasian, sedang dalam masa perbaikan, maupun saat sedang dibersihkan.
Takaful Rekayasa

Takaful Contractor Plant and Machinery

Produk asuransi yang memberikan perlindungan dan mengcover kerusakan yang terjadi terhadap peralatan, perlengkapan, mesin, dan plant pada Contractor Site.

  • Memberikan perlindungan finansial kepada peralatan kontraktor dan alat berat dari risiko bertabrakan, masuk jurang, terguling atau terbalik, patah saat pemakaian, kebakaran, beberapa risiko lainnya.
  • Memberikan perlindungan finansial terhadap alat berat yang mobile self propelled dan yang non self propelled, seperti Tower Cranes, Bulldozers, dan generator dari risiko-risiko kerusakan.
Takaful Rekayasa

Takaful Erection All Risk

Produk asuransi yang melindungi kerugian akibat kerusakan fisik yang diderita peserta selama melaksanakan pemasangan mekanikal atau electrical pada proyek pekerjaan teknik sipil.

  • Memberikan perlindungan terhadap pekerja saat melakukan pekerjaan pemasangan mesin produksi pada industri atau pabrik.
  • Memberikan perlindungan terhadap pekerja saat pemasangan power station.
Takaful Rekayasa

Takaful Electronic Equipment

Produk asuransi yang memberikan perlindungan terhadap kerugian karena kerusakan fisik peralatan elektronik.

  • Memberikan perlindungan finansial terhadap Electronic Data Processing (EDP) dari risiko kebakaran, peledakan, dan tersambar petir.
  • Memberikan perlindungan finansial terhadap Electrical and Radioactive Equipment untuk keperluan kedokteran dan fasilitas peralatan komunikasi dari risiko kerusakan akibat air, hubungan arus pendek, dan kesalahan pengoperasian.
Takaful Kendaraan Bermotor

Takaful Kendaraan Bermotor 

Produk asuransi yang memberikan perlindungan finansial terhadap risiko pada kendaraan bermotor, mulai dari bus, truk, pick up, kendaraan non bus dan non truk, dan sepeda motor untuk kepentingan komersial.

  • Memberikan perlindungan terhadap kendaraan bermotor dari risiko tabrakan, benturan, terbalik tergelincir atau terperosok.
  • Memberikan perlindungan risiko pencurian baik yang disertai tindak kekerasan maupun tidak.
  • Memberikan perlindungan terhadap kendaraan bermotor dari risiko perbuatan jahat orang lain
Takaful Aneka

Takaful Public Liability

Produk asuransi yang memberikan perlindungan hukum kepada pihak ketiga berupa cidera badan (bodily injury) atau kerusakan harta benda (property damage) yang terjadi akibat kelalaian (negligence) aktivitas bisnis yang dijalankan oleh nasabah. 

  • Memberikan jaminan tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga baik berupa cidera badan atau kerusakan harta benda sehubungan dengan kelalaian aktivitas bisnis nasabah.
Takaful Aneka

Takaful Kebongkaran

Produk asuransi yang memberikan manfaat pembayaran kepada tertanggung yang mengalami kehilangan atau kerusakan harta benda akibat dari pencurian dimana pencurinya memasuki ruang bangunan nasabah atau peserta dengan cara kekerasan atau pembongkaran.

  • Memberikan perlindungan terhadap barang-barang yang mudah dipindahkan dari risiko pencurian yang dilakukan dengan cara pembongkaran.
Takaful Aneka

Takaful Automobile Third Party Liability

Produk asuransi yang melindungi tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga atas kelalaian yang diakibatkan atas penggunaan kendaraan bermotor yang dilakukan nasabah, dimana pihak ketiga mengalami cedera tubuh dan kerugian terhadap harta benda miliknya.

  • Memberikan perlindungan tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga atas kelalaian penggunaan kendaraan bermotor yang dilakukan nasabah hingga menyebabkan kerugian bagi pihak ketiga.
Takaful Aneka

Takaful Uang

Produk asuransi yang memberikan perlindungan terhadap uang atau alat tukar lain dari berbagai risiko yang mungkin terjadi.

  • Memberikan perlindungan terhadap uang tunai, perangko, deposito, materai terhadap perampokan atau penodongan.
  • Memberikan perlindungan terhadap uang tunai, perangko, deposito, materai terhadap pembongkaran dengan cara kekerasan.
  • Memberikan perlindungan terhadap uang tunai, perangko, deposito, materai terhadap risiko alat pengangkut terkena musibah.
Takaful Pengangkutan

Takaful Pengangkutan 

Produk asuransi yang memberikan perlindungan finansial terhadap risiko kerugian atas kehilangan dan kerusakan barang-barang selama dalam pengangkutan menggunakan berbagai macam transportasi.

  • Memberikan perlindungan terhadap barang pengangkutan dari risiko kerugian yang disebabkan oleh laut seperti ombak besar, angin topan, dan beberapa risiko lain.
  • Memberikan perlindungan terhadap barang pengangkutan dari risiko kerugian yang disebabkan karena tabrakan kapal, kebakaran di kapal, hingga pembajakan
  • Memberikan perlindungan terhadap barang pengangkutan dari risiko bahaya yang disebabkan oleh alat angkutan darat terbalik atau keluar rel.
Takaful Harta Benda

Takaful Kebakaran Standar

Produk asuransi yang memberikan manfaat pembayaran kepada orang yang mengasuransikan properti dan atau harta benda karena berbagai risiko kerugian.

  • Memberikan perlindungan terhadap bangunan dan konstruksinya terhadap risiko kebakaran baik yang disebabkan oleh kesalahan peserta maupun pihak lain.
  • Memberikan perlindungan terhadap rumah tinggal, kantor, toko, universitas, pabrik, gudang pribadi, toko, restoran, dan lain-lain dari risiko kebakaran, petir, dan ledakan.
Takaful Harta Benda

Takaful Property All Risk/ Industrial All Risk

Produk asuransi yang memberikan manfaat perlindungan atas semua risiko kerugian maupun kerusakan yang terjadi secara tiba-tiba dan tidak terduga. 

  • Memberikan perlindungan terhadap semua harta benda yang tidak bertentangan dengan syariah dan memiliki uang pertanggungan hingga Rp5 miliar.
  • Memberikan jaminan akibat kerugian bisnis akibat kerusakan atau kehancuran dengan cara pembayaran tunai, penggantian, atau perbaikan sesuai dengan polis yang diasuransikan.
Takaful Harta Benda

Takaful Gempa Bumi

Produk asuransi yang memberikan perlindungan finansial pada properti dan harta benda akibat musibah gempa bumi.

  • Memberikan perlindungan terhadap harta benda properti dari risiko bencana gempa bumi.
  • Memberikan perlindungan terhadap harta benda properti dari risiko bencana letusan gunung berapi.
  • Memberikan perlindungan terhadap harta benda properti dari risiko bencana kebakaran dan ledakan akibat dari letusan gunung berapi dan gempa bumi.
  • Memberikan perlindungan terhadap harta benda properti dari risiko bencana tsunami.
Takaful Kecelakaan Diri

Takaful Kecelakaan Diri

Produk asuransi yang memberikan manfaat uang santunan terhadap nasabah yang mengalami kecelakaan hingga meninggal dunia, cacat badan, dan memberikan santunan biaya pengobatan.

  • Memberikan uang santunan dan biaya pengobatan terhadap tertanggung dari risiko terkena atau terhirup gas atau uap beracun.
  • Memberikan uang santunan dan biaya pengobatan terhadap tertanggung dari risiko terkena kuman penyakit atau terjangkit virus karena tertanggung tenggelam atau tidak sengaja jatuh ke dalam zat berbahaya.
  • Memberikan uang santunan dan biaya pengobatan terhadap tertanggung dari risiko terkena komplikasi atau penyakit yang bertambah parah akibat kecelakaan kerja.
Takaful Kecelakaan Diri

Takaful Umroh dan Haji Khusus

Produk asuransi yang memberikan perlindungan tambahan tambahan perlindungan untuk perjalanan Umroh dan Haji nasabah.

  • Memberikan perlindungan bagi jamaah haji dan umroh dengan mengganti biaya pengobatan yang timbul dalam 25 hari setelah kecelakaan atau cidera terjadi dengan uang pertanggungan hingga Rp100 juta.
  • Memberikan penggantian biaya evakuasi medis darurat jika terjadi sebuah kecelakaan pada saat kegiatan umroh dan haji.
  • Memberikan santunan musibah meninggal dunia dan cacat total tetap hingga Rp100 juta.
 

Berita Terbaru Asuransi Takaful Umum

September 2018 - PT Koperasi SImpang Pinjam Jasa (Kospin Jasa) resmi mengambil alih 95 persen dari saham PT Asuransi Takaful Umum. Melalui Kontan.co.id, Andy Arslan Djunaid selaku Ketua Umum Kospin Jasa menyatakan bahwa langkah besar ini diambil sebagai bentuk kepedulian Kospin Jasa terhadap perkembangan ekonomi syariah di Indonesia.

 

Tanya Jawab

Berikut beberapa tips dan pertanyaan yang sering diajukan oleh calon nasabah ataupun nasabah terkait Takaful Umum, baik informasi premi, profil perusahaan, dan lain sebagainya.

Takaful Umum adalah salah satu unit usaha asuransi berbasis syariah dari PT Syarikat Takaful Indonesia. Perusahaan ini merupakan salah satu pelopor perusahaan asuransi syariah pertama di Indonesia yang berdiri tahun 1994. 

PT Syarikat Takaful Indonesia memiliki dua unit usaha, pertama PT Asuransi Takaful Umum yang bergerak di bidang asuransi jiwa dan umum syariah, dan PT Asuransi Takaful Keluarga.

Asuransi Takaful Indonesia sendiri bisa berdiri karena tak lepas dari peran Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI). Saat itu, mereka sebagai pemrakarsa bekerja sama dengan Bank Muamalat Indonesia, PT Asuransi Jiwa Tugu Mandiri, para pengusaha muslim di Indonesia, serta bantuan bantuan dari Syarikat Takaful Malaysia.

Takaful Indonesia berdiri pada tanggal 24 Februari 1994. Tidak lama berselang tepatnya di Mei 1994, Takaful Indonesia meluncurkan dua unit usaha mereka yaitu PT Asuransi Takaful Keluarga dan PT Asuransi Takaful Umum. 

Peresmian beroperasinya Takaful Umum sendiri dilakukan langsung oleh Menristek saat itu Prof. Dr. B.J. Habibie, yang juga merupakan pendiri ICMI.

Majelis Ulama Indonesia sendiri sudah memiliki aturan sendiri terkait pelaksanaan asuransi yang halal. Paling utama adalah harus mengedepankan prinsip-prinsip syariat Islam. Berikut ini indikator dari asuransi-asuransi halal menurut MUI: 

  • Mengedepankan prinsip tolong-menolong.
  • Berbagi risiko dan keuntungan.
  • Menyelesaikan permasalahan dengan jalan musyawarah. 
  • Menerapkan akad dalam proses pembelian produknya. 

Perusahaan asuransi umum berbasis syariah yang mana proses pelaksanaan kegiatan asuransinya, dijalankan berdasarkan prinsip-prinsip syariat Islam.

Perusahaan pernah mengalami kelesuan di tahun 2017 silam. Perusahaan membutuhkan suntikan modal segar untuk bisa terus memberikan pelayanan yang terbaik bagi nasabah maupun calon nasabah. Keputusan melepaskan saham mayoritas Takaful Umum pun dilakukan oleh Syarikat Takaful. Alhasil, kepemilikan mayoritas itu diambil oleh PT Koperasi Simpan Pinjam Jasa (Kospin Jasa) dengan persentase kepemilikan mencapai 95 persen.

Takaful Keluarga merupakan salah satu unit usaha dari PT Syarikat Takaful Indonesia yang didirikan pada tahun 1994 silam. Takaful Keluarga sama dengan Takaful Umum, yaitu sama-sama menyediakan asuransi berbasis syariah. Meski sama, produk-produk asuransi yang mereka tawarkan berbeda.

Kepemilikan perusahaan sendiri mayoritas sudah dipegang oleh PT Koperasi Simpan Pinjam Jasa (Kospin Jasa) pada tahun 2017 silam. Meski kepemilikannya beralih, perusahaan tetap menyediakan berbagai produk asuransi umum berbasis syariah yang bisa dijadikan pilihan oleh masyarakat luas.

Takaful Umum dan Takaful Keluarga sama-sama merupakan unit usaha dari PT Syarikat Takaful Indonesia. Selain itu, keduanya juga menyediakan produk asuransi berbasis syariat Islam. 

Namun saat ini, mayoritas saham PT Asuransi Takaful Umum telah dimiliki oleh PT Koperasi Simpan Pinjam Jasa (Kospin Jasa). 

Selain perbedaan kepemilikan itu, produk asuransi keduanya juga memiliki perbedaan. Takaful Umum memiliki beragam produk asuransi yang lebih tepat untuk melindungi harta benda, seperti kendaraan, bangunan, barang, dan properti. Sementara Takaful Keluarga lebih kepada produk-produk asuransi yang melindungi keluarga seperti asuransi jiwa, kesehatan, pendidikan, kecelakaan diri, dan asuransi lain yang sifatnya personal.

Harga premi asuransi bergantung pada obyek pertanggungan dan nilai pertanggungan yang diasuransikan serta produk asuransi yang dipilih. Adapun harga premi masing-masing produk asuransi yang telah disebutkan, antara lain:

Takaful Rekayasa

  • Takaful contractor all risk: N/A.
  • Takaful erection all risk: N/A.
  • Takaful machinery breakdown: N/A.
  • Takaful electronic equipment: N/A.
  • Takaful contractor plant and machinery: N/A.

Takaful Kendaraan Bermotor

  • Takaful kendaraan bermotor standar: N/A.

Takaful Aneka

  • Takaful public liability: N/A.
  • Takaful automobile third party liability: N/A.
  • Takaful kebongkaran: N/A.
  • Takaful uang: N/A.

Takaful Pengangkutan

  • Takaful pengangkutan: N/A.

Takaful Harta Benda

  • Takaful PSAKI: N/A.
  • Takaful gempa bumi: N/A.
  • Takaful properti dan industrial all risk: N/A.

Takaful Kecelakaan Diri

    • Takaful kecelakaan diri: N/A.
    • Takaful umroh dan haji khusus: N/A.

Calon nasabah bisa mendatangi langsung kantor pusat atau kantor cabang atau kantor pemasaran perusahaan. Untuk mengetahui informasi tentang polis sebelum membelinya, calon nasabah bisa menghubungi call center melalui 021 – 285 43111.

Pembayaran premi asuransi bergantung pada jenis produk asuransi yang Anda pilih. Terdapat beberapa cara pembayaran kontribusi (premi) bagi nasabah. Premi asuransi dapat dibayarkan melalui: 

  • Melalui ATM bank Muamalat.
  • Melalui ATM bank lainnya.
  • Pembayaran via virtual account melalui internet banking bank Muamalat.
  • Pembayaran via virtual account melalui internet banking bank lainnya.

Cara pembayaran kontribusi (premi) melalui ATM bank Muamalat

  • Pilih bahasa dan masukkan PIN kemudian pilih transaksi lainnya.
  • Pilih menu pembayaran.
  • Pilih menu lainnya.
  • Pilih menu virtual account.
  • Masukkan 16 digit nomor virtual account lalu tekan benar.
  • Pilih sumber rekening (tabungan/giro).
  • Tekan bayar jika setuju dengan informasi tagihan.
  • Simpan struk ATM sebagai bukti pembayaran kontribusi (premi).

Cara pembayaran kontribusi (premi) melalui ATM bank lainnya

  • Setelah memilih bahasa dan memasukkan PIN Anda, pilih menu transfer.
  • Masukkan kode bank Muamalat (147) dilanjutkan dengan 16 digit nomor virtual account.
  • Masukkan nomor referensi (kosongkan jika tidak ada).
  • Masukkan jumlah transaksi sesuai dengan tagihan premi yang ada pada nota kontribusi Anda. Jika jumlahnya kurang atau lebih, transaksi otomatis akan gagal.
  • Lakukan konfirmasi pada data transfer Anda. Jika sudah sesuai, pilih Benar sebagai konfirmasi pembayaran.
  • Simpan struk ATM sebagai bukti pembayaran yang sah.

Cara pembayaran via virtual account melalui internet banking bank Muamalat

  • Masukkan user ID dan password.
  • Pilih menu pembayaran tagihan.
  • Isi nomor rekening Anda, pilih virtual account untuk tipe tagihan, kolom institusi diisi dengan nomor 8255 PT Asuransi Takaful Umum, isi nomor virtual account Anda secara lengkap.
  • Pastikan tagihan sudah sesuai dengan mengecek pada halaman konfirmasi.
  • Jika sudah setuju dengan tagihan, masukkan m-passcode yang dikirimkan melalui sms pada hp Anda.
  • Jika berhasil, Anda akan melihat halaman yang menyatakan bahwa pembayaran sudah berhasil dilakukan.

Cara pembayaran via virtual account melalui internet banking bank lainnya

  • Masukkan user ID dan Password.
  • Pilih menu transfer.
  • Pilih menu transfer antar bank online, masukkan nominal pembayaran sesuai dengan tagihan nota kontribusi Anda. Jika nilai yang diinput tidak sesuai, transaksi otomatis akan gagal. Isi nama bank dengan “Bank Muamalat” dan isi nomor rekening dengan 16 digit nomor virtual account Anda.
  • Jika sudah setuju dengan pembayaran yang ditampilkan dalam halaman konfirmasi, masukkan PIN Mandiri dengan menggunakan token PIN Mandiri dengan cara memasukkan kodenya ke token. Token akan memberikan kode jawaban yang dimasukkan ke kolom PIN Mandiri yang disediakan, lalu tekan kirim.

Prosedur pengajuan klaim sebenarnya sangat mudah sekali. Perbedaan hanya terletak pada jenis klaim yaitu klaim untuk kendaraan bermotor dan klaim untuk non kendaraan bermotor. Berikut adalah informasi lengkap untuk langkah-langkah mengajukan klaimnya:

Klaim kendaraan bermotor

  • Laporan kerugian/musibah harus segera disampaikan ke pihak asuransi selambat-lambatnya 5 (lima) hari kalender setelah terjadinya kerugian. Keterlambatan pelaporan menyebabkan hilangnya hak atas ganti rugi.
  • Laporan bisa dilakukan melalui telepon (021) 285 43111, fax (021) 285 43222, via surat/email atau menghubungi cabang/Pemasaran terdekat.
  • Hal-hal yang perlu dilaporkan adalah: tempat, tanggal dan jam terjadinya kerugian, sebab-sebab kerugian, kronologi secara singkat,  dan nomor polis asuransi.
  • Tertanggung wajib memberikan kesempatan kepada staff klaim untuk memeriksa kerusakan (survey) sebelum dilakukan tindakan-tindakan perbaikan.
  • Kendaraan yang telah selesai diperbaiki dapat langsung diambil ke bengkel dengan membayar risiko sendiri
  • Klaim Wajib di Bengkel Rekanan perusahaan.

Dokumen klaim kendaraan bermotor yang harus disiapkan (Risiko kerusakan sebagian/kehilangan sebagian/tuntutan pihak ke-3, kerusakan total, kehilangan total)

  • Laporan klaim
  • Fotokopi SIM
  • Fotokopi STNK
  • Fotokopi Polis
  • Estimasi bengkel/kerugian
  • Laporan kepolisian
  • Surat tuntutan pihak ke 3
  • Surat tidak ada asuransi dari pihak ke-3
  • Surat damai
  • Polis asli
  • STNK asli
  • BPKB dan Faktur Asli
  • Kunci kontak dan ganda
  • Buku manual
  • Surat keterangan kehilangan dari Polda
  • Surat blokir kendaraan dari Polda dan Kadit Reserse
  • Fotokopi lapju
  • Kwitansi kosong 2 (dua) lembar bermaterai.
  • Menandatangani surat subrogasi
  • Menandatangani surat pernyataan (letter of discharge)
  • Dokumen lain yang relevan dengan klaim.

Klaim non kendaraan bermotor

  • Laporkan kejadian maksimal 5×24 jam setelah kejadian.
  • Siapkan polis asuransi, dokumen klaim, dan klausa dan pembayaran premi.
  • Laporan klaim melalui layanan telepon (021) 285 43111 , fax (021) 285 43222, via surat/email atau menghubungi cabang/Pemasaran terdekat.
  • Petugas akan melakukan survey.
  • Asuransi akan melakukan penggantian melalui cara transfer jika klaim disetujui. 

Dokumen klaim non kendaraan bermotor (kebongkaran/kebakaran/banjir/huru-hara/gempa bumi/cargo/kecelakaan)

  • Sertifikat polis asuransi
  • Fotokopi KTP tertanggung
  • Berita acara dari desa/kelurahan/kepolisian setempat
  • Daftar barang taksiran harga barang
  • Gambar konstruksi/layout/struktur bangunan
  • Surat keterangan dari dinas BMKG
  • Form klaim
  • Dokumen lain yang relevan dengan klaim

Ikuti prosedur dan lengkapi dokumen polis asuransi lengkap jika akan berhenti asuransi secara umum berikut ini:

  1. Hubungi call center melalui nomor (021) 285 43111.
  2. Unduh dan isi data formulir pembatalan asuransi/surrender.
  3. Mengembalikan buku polis asuransi.
  4. Menyertakan fotokopi KTP dan buku tabungan,
  5. Membayar kewajiban yang belum diselesaikan, pajak dan administrasi bila ada.
  6. Menunggu proses pembatalan asuransi dalam waktu maksimal 14 hari kerja.
  7. Cara berhenti asuransi juga bisa dilakukan langsung lewat agen asuransi. 

Siapkan dokumen lengkap berupa polis asuransi dan identitas diri. Penutupan polis pada umumnya akan dikenakan biaya tertentu atau potongan tertentu apabila melakukan penutupan polis sebelum jatuh tempo.

Terdapat perbedaan antara agen dan broker asuransi. Agen asuransi adalah orang pribadi atau perusahaan yang bekerja mewakili perusahaan asuransi. Sementara itu, broker adalah pihak independen yang menjadi perantara antara perusahaan asuransi dengan calon nasabah.

Perusahaan memiliki sistem keagenan sendiri untuk memasarkan produk-produk asuransi mereka. Syarat umum untuk menjadi agen pun mudah, yaitu memiliki pendidikan lulusan SMA atau sederajat, dan berusia minimal 20 tahun. 

Prosedur menjadi agen:

  • Mengisi formulir keikutsertaan menjadi agen. 
  • Wawancara dengan pihak asuransi. 
  • Mendapatkan pelatihan intensif tentang agen asuransi. 
  • Kontrak keagenan. 
  • Mengambil lisensi agen. 

Keuntungan menjadi agen:

  • Mendapatkan relasi yang luas. 
  • Penghasilan yang tidak terbatas. 
  • Jam kerja yang fleksibel. 
  • TIdak memerlukan modal dan sewa tempat.

Layanan nasabah atau call center asuransi dapat dicapai dengan berbagai media. Adapun informasi lebih jelas mengenai produk, klaim, dan sebagainya, silakan menghubungi kontak berikut.

Call Center

  • Customer Care Centre: Graha Kospin Jasa Lantai 3, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.1 Jakarta Selatan 12870, Indonesia 
  • Call Center: (021) 79190005
  • Email: [email protected] 
  • Situs resmi: takafulumum.co.id

Perusahaan memiliki rekanan bengkel yang tersebar di seluruh kota-kota besar di Indonesia. Berikut ini adalah daftar bengkel yang menjadi rekanan perusahaan.

Jabodetabek dan Banten

  • CV. Multi Guna Phone: (021) 555 3355 (021) 555 6351/ (021) 555 3329 Jl. Benda No. 45 Rawa Bokor Bandara Soekarno Hatta, Jakarta Barat
  • Star Jaya Phone: (021) 5321867 Jl. Perjuangan No. 8, Kebon Jeruk, Jakarta Barat
  • Akastra Toyota (Authorize Toyota) Phone: (021) 5347177 Jl. Kebayoran Lama No. 26 Pasal VII Jakarta Barat 11540 
  • Citra Pratama Motor Phone: (021) 58903137 /(021) 98194498 / (021) 58904597 Jl. Srengseng Raya No.87 Kembangan Jakarta Barat
  • NV MASS (Authorized Mercedes Benz) Phone: (021) 29772600 Jalan Jenderal Sudirman No.8, Jakarta Pusat 10220,
  • LIEF’S Phone: (021) 632 5240 / (021) 632 4820 / (021) 632 5287 Jl. Suryopranoto No. 20, Petojo, Jakarta Pusat 
  • CV. Usaha Bersama Phone: (021) 8352179 / (021) 837 90222 / (021) 8293601 Jl. Kebon Baru H No. 9 Tebet, Jakarta Selatan
  • CV. Karya Jaya Baru Phone: (021) 78845863 / (021) 78845419 Jl. Tanjung Barat Raya No. 99, Jakarta Selatan
  • CV. Cahaya Utama Phone: (021) 25684114 Jl. Swadarma Raya No. 25 Srengseng, Jakarta
  • Honda Auto Daya Keisindo (Authorized Honda) Phone: (021) 78845073 Jl. Warung jati barat No. 10, 16 Jakarta Selatan
  • PT. Trias Sena Bhakti Phone: (021) 729 0402 / (021) 723 8971 / (021) 729 321516 Jl. Sultan Iskandar Muda No. 28 A, Arteri Pd Indah Kebayoran Lama, Jakarta Selatan
  • Metro Auto Indo Phone: (021) 78838050 / (021) 78838040 / (021) 78844486 Jl. Warung Buncit Raya No. 31, Pasar Minggu, Jakarta Selatan 
  • Karya Nusantara Motor Phone: (021) 791 98278 / (021) 791 98279 / (021) 791 70275 Jl. H. Samali, No. 7 Ps Minggu Jakarta Selatan
  • May Car Phone: (021) 8570 444 / (021) 8570 448 / (021) 8570 431 Jl. Jend. Ahmad Yani No. 73 A, Rawamangun, Jakarta Timur
  • EM Sembilan Lima (M95) Phone: (021) 8778 3601 Jl. Raya Pondok Gede No. 29 Jakarta Timur
  • CV. Karya Jaya Baru 1 Phone: (021) 864 8035 Jl. Kapin No. 1 B Jakarta Timur
  • Adinia Motor Phone: (021) 84993237 Jl.Cempaka no.4, Caman Jatibening – Bekasi
  • Karya Jaya Mandiri Phone: (021) 489 5780 Jl. H. Ten No.63, kayu Putih Pulogadung, Jakarta Timur
  • Victoria Jaya Motor Phone: (021) 650 9095 / (021) 650 9101 Jl. Sunter Pulo Kecil No. 42 A Sunter Jaya, Jakarta Utara
  • Handy Jaya Motor Phone: (021) 77204060 Jl. Kartini Raya No.50 Pancoran Mas Depok
  • Marga Jaya Phone: (021) 557 53357 / (021) 557 53358 / (021) 557 53359 Jl. MH Thamrin No.8, Cikokol, Kebon Nanas, Tangerang 
  • Riri Motor Phone: (021) 55702090 Jalan KH. Hasyim Ashari no. 73 Cipondoh, Tangerang
  • Metro Auto Serpong Phone: (021) 538 0696/ (021) 5380697 Kav. Komersil IIIA No. 3 Jl. Pahlawan Seribu BSD, Tangerang
  • Setya Jaya Motor Phone: (021) 848 5931 (021) 8497 0925 / (021) 848 5932vJl. Jatiwaringin No. 45 Pondok Gede, Bekasi
  • Cahaya Yovan Motor Phone: (021) 8690 1141 Jl. Caman Raya No. 2B, Bekasi
  • Cahaya Utama Bekasi Phone: (021) 82433568 Jl.Raya Narogong No.222 Bojong Rawalumbu, Bekasi
  • Autocity Sport Mobilindo Phone: (021) 8497 5317 Jl. Raya Jatikramat No. 23 Jatiasih, Bekasi 
  • Citra Kesuma Motor Phone: (021) 7044 8239 (021) 70200358 Jl. Kali Abang Kav. Perwirasari No. 67B, Bekasi Utara 17122
  • Suzuki Jaya Mobilindo (Authorized Suzuki) Phone: (021) 8802107 Jl. Ir. H. Juanda No. 213 Bulak kapal, Bekasi Timur
  • PT. Harmonic Jaya Motor Phone: (021) 869 00749 / (021) 869 00750 Jl. Bintara Jaya No.17, Bintara Jaya, Bekasi Barat
  • Makmur Jaya Motor Phone: (0251) 8310 166 / (0251) 8351 759 / (0251) 8310 139 Jl. Pajajaran No. 15A Bogor, Jawa Barat, Bogor
  • Sandjaja Phone: (0251) 8338 834 Jl. KH. Soleh Iskandar Km.6,6 Kedung Badak, Bogor
  • CV. Subur Jaya Motor Phone: (0254) 210 920 / (0254) 207 718 Jl Lingkar Selatan No. 79 Ciracas – Serang
  • CV. Anugrah Motor Phone: (0254) 391 941 / (0254) 393 755 Jl. Temu Putih no. 55 Kav. Blok C Cilegon – Jawa Barat

Perusahaan memiliki beberapa kantor cabang yang tersebar di wilayah Indonesia. Hingga tahun 2018, perusahaan berkantor pusat di Jakarta dan memiliki sejumlah kantor cabang di wilayah lainnya. 

Alamat Kantor Pusat Takaful Umum

PT ASURANSI TAKAFUL UMUM

Graha Kospin Jasa Lantai 3, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.1

Jakarta Selatan 12870, Indonesia Lihat Peta

Phone : (021) 285 43111

Fax : (021) 285 43222

Email : [email protected]

www.takafulumum.co.id

Alamat Kantor Cabang Asuransi Takaful Umum

  • Ruko Kalimas Jl. Chairil Anwar Blok C No. 16 Bekasi Timur – Bekasi, (021) 8834 7111, 8834 4149 
  • Komplek Ruko Villa Indah Pajajaran Blok AC Jl. H.Achmad Sobana Bantarjati – Bogor 16152 (0251) 8363 444
  • Cilegon Green Megablock D3 No.16 Jl. Ahmad Yani – Cibeber Cilegon – Banten 42423 (0254) 848 4700
  • Jl. RS. Fatmawati Raya No.19 B Cipete, Jakarta 12450 (021) 7590 9389
  • Komplek Ruko Graha Mas Pemuda Jl. Pemuda Raya, Blok AA No. 18 Jakarta Timur 13220 (021) 2983 4950/ 2983 4952
  • Jl. Mampang Prapatan No.100  (021) 799 2345
  • Ruko Modern Square Blok C No. 16 Jl. Hartono Raya Boulevard Kota Modern Tangerang 0811 178 1574/ 0888 0861 8783

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id,

  • https://www.takafulumum.co.id/home
  • https://ekonomi.kompas.com/read/2017/11/08/072615926/kospin-jasa-caplok-asuransi-takaful-umum?page=all
  • https://keuangan.kontan.co.id/news/ini-alasan-kospin-jasa-caplok-saham-asuransi-takaful-umum