Asuransi Takaful Umum

3.5 / 5.0 (2.666 Ulasan)
Diskon Terbaik
500+ Pilihan
Bantuan Klaim
+62
93 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
93 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
93 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
93 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
93 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
1970/01/01 00:00:00Cicilan 0%Hemat 30%
 

Asuransi Takaful Umum: Daftar Produk & Premi 

PT Asuransi Takaful Umum hadirkan produk asuransi umum syariah dengan kantor cabang luas di Indonesia. ✔️Daftar produk ✔️Kontribusi ✔️Alamat kantor

 
 

Daftar Polis Asuransi Takaful Umum

Produk asuransi yang dihadirkan oleh Takaful Umum juga terbilang sangat lengkap. Berikut adalah beberapa pilihan serta rangkuman pertanggungan masing-masing polis:

Asuransi Kendaraan
Takaful Kendaraan Bermotor

Produk asuransi yang memberikan perlindungan finansial terhadap risiko pada kendaraan bermotor, mulai dari bus, truk, pick up, kendaraan non bus dan non truk, dan sepeda motor untuk kepentingan komersial.

  • Memberikan perlindungan terhadap kendaraan bermotor dari risiko tabrakan, benturan, terbalik tergelincir atau terperosok.
  • Memberikan perlindungan risiko pencurian baik yang disertai tindak kekerasan maupun tidak.
  • Memberikan perlindungan terhadap kendaraan bermotor dari risiko perbuatan jahat orang lain

Asuransi Proyek
Takaful Contractor’s All Risk

Produk asuransi yang melindungi kerugian kerusakan fisik yang diderita nasabah selama pelaksanaan proyek pekerjaan teknik sipil.

  • Memberikan perlindungan terhadap semua risiko kecuali yang dikecualikan dalam polis.
  • Memberikan perlindungan dari kebakaran, petir, water damage, bencana alam, kebongkaran, pencurian, ledakan, dan kerusakan akibat kecelakaan.
  • Memberikan perlindungan hukum kepada peserta jika mengakibatkan kerugian kepada pihak ketiga

Asuransi Proyek
Takaful Machinery Breakdown

Produk asuransi yang memberikan perlindungan atas kerusakan berbagai jenis mesin dan peralatan mekanik.

  • Memberikan perlindungan terhadap mesin-mesin produksi pabrik
  • Memberikan perlindungan terhadap Pusat Pembangkit tenaga listrik beserta Power Transmission & Distribution System yang digunakan.
  • Memberikan perlindungan  terhadap mesin-mesin pabrik baik sedang dalam pengoperasian, sedang dalam masa perbaikan, maupun saat sedang dibersihkan.

Asuransi Proyek
Takaful Contractor Plant and Machinery

Produk asuransi yang memberikan perlindungan dan mengcover kerusakan yang terjadi terhadap peralatan, perlengkapan, mesin, dan plant pada Contractor Site.

  • Memberikan perlindungan finansial kepada peralatan kontraktor dan alat berat dari risiko bertabrakan, masuk jurang, terguling atau terbalik, patah saat pemakaian, kebakaran, beberapa risiko lainnya.
  • Memberikan perlindungan finansial terhadap alat berat yang mobile self propelled dan  yang non self propelled, seperti Tower Cranes, Bulldozers, dan generator dari risiko-risiko kerusakan.

Asuransi Proyek
Takaful Erection All Risk

Produk asuransi yang melindungi kerugian akibat kerusakan fisik yang diderita peserta selama melaksanakan pemasangan mekanikal atau electrical pada proyek pekerjaan teknik sipil.

  • Memberikan perlindungan terhadap pekerja saat melakukan pekerjaan pemasangan mesin produksi pada industri atau pabrik.
  • Memberikan perlindungan terhadap pekerja saat pemasangan power station.

Asuransi Proyek
Takaful Electronic Equipment

Produk asuransi yang memberikan perlindungan terhadap kerugian karena kerusakan fisik peralatan elektronik.

  • Memberikan perlindungan finansial terhadap Electronic Data Processing (EDP) dari risiko kebakaran, peledakan, dan tersambar petir.
  • Memberikan perlindungan finansial terhadap Electrical and Radioactive Equipment untuk keperluan kedokteran dan fasilitas peralatan komunikasi dari risiko kerusakan akibat air, hubungan arus pendek, dan kesalahan pengoperasian.

Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
Takaful Public Liability

Produk asuransi yang memberikan perlindungan hukum kepada pihak ketiga berupa cidera badan (bodily injury) atau kerusakan harta benda (property damage) yang terjadi akibat kelalaian (negligence) aktivitas bisnis yang dijalankan oleh nasabah.

  • Memberikan jaminan  tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga baik berupa cidera badan atau kerusakan harta benda sehubungan dengan kelalaian aktivitas bisnis nasabah.

Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
Takaful Automobile Third Party Liability

Produk asuransi yang melindungi tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga atas kelalaian yang diakibatkan atas penggunaan kendaraan bermotor yang dilakukan nasabah, dimana pihak ketiga mengalami cedera tubuh dan kerugian terhadap harta benda miliknya.

  • Memberikan perlindungan tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga atas kelalaian penggunaan kendaraan bermotor yang dilakukan nasabah hingga menyebabkan kerugian bagi pihak ketiga.

Asuransi Properti
Takaful Kebongkaran

Produk asuransi yang memberikan manfaat pembayaran kepada tertanggung yang mengalami kehilangan atau kerusakan harta benda akibat dari pencurian dimana pencurinya memasuki ruang bangunan nasabah atau peserta dengan cara kekerasan atau pembongkaran.

  • Memberikan perlindungan terhadap barang-barang yang mudah dipindahkan dari risiko pencurian yang dilakukan dengan cara pembongkaran.

Asuransi Uang
Takaful Uang

Produk asuransi yang memberikan perlindungan terhadap uang atau alat tukar lain dari berbagai risiko yang mungkin terjadi.

  • Memberikan perlindungan terhadap uang tunai, perangko, deposito, materai terhadap perampokan atau penodongan.
  • Memberikan perlindungan terhadap uang tunai, perangko, deposito, materai terhadap pembongkaran dengan cara kekerasan.
  • Memberikan perlindungan terhadap uang tunai, perangko, deposito, materai terhadap risiko alat pengangkut terkena musibah.

Asuransi Pengangkutan
Takaful Pengangkutan

Produk asuransi yang memberikan perlindungan finansial terhadap risiko kerugian atas kehilangan dan kerusakan barang-barang selama dalam pengangkutan menggunakan berbagai macam transportasi.

  • Memberikan perlindungan terhadap barang pengangkutan dari risiko kerugian yang disebabkan oleh laut seperti ombak besar, angin topan, dan beberapa risiko lain.
  • Memberikan perlindungan terhadap barang pengangkutan dari risiko kerugian yang disebabkan karena tabrakan kapal, kebakaran di kapal, hingga pembajakan
  • Memberikan perlindungan terhadap barang pengangkutan dari risiko bahaya yang disebabkan oleh alat angkutan darat terbalik atau keluar rel.

Asuransi Harta Benda
Takaful Kebakaran Standar

Produk asuransi yang memberikan manfaat pembayaran kepada orang yang mengasuransikan properti dan atau harta benda karena berbagai risiko kerugian.

  • Memberikan perlindungan terhadap bangunan dan konstruksinya terhadap risiko kebakaran baik yang disebabkan oleh kesalahan peserta maupun pihak lain.
  • Memberikan perlindungan terhadap rumah tinggal, kantor, toko, universitas, pabrik, gudang pribadi, toko, restoran, dan lain-lain dari risiko kebakaran, petir, dan ledakan.

Asuransi Harta Benda
Takaful Property All Risk/ Industrial All Risk

Produk asuransi yang memberikan manfaat perlindungan atas semua risiko kerugian maupun kerusakan yang terjadi secara tiba-tiba dan tidak terduga.

  • Memberikan perlindungan terhadap semua harta benda yang tidak bertentangan dengan syariah dan memiliki uang pertanggungan hingga Rp5 miliar.
  • Memberikan jaminan akibat kerugian bisnis akibat kerusakan atau kehancuran dengan cara pembayaran tunai, penggantian, atau perbaikan sesuai dengan polis yang diasuransikan.

Asuransi Harta Benda
Takaful Gempa Bumi

Produk asuransi yang memberikan perlindungan finansial pada properti dan harta benda akibat musibah gempa bumi.

  • Memberikan perlindungan terhadap harta benda properti dari risiko bencana gempa bumi.
  • Memberikan perlindungan terhadap harta benda properti dari risiko bencana letusan gunung berapi.
  • Memberikan perlindungan terhadap harta benda properti dari risiko bencana kebakaran dan ledakan akibat dari letusan gunung berapi dan gempa bumi.
  • Memberikan perlindungan terhadap harta benda properti dari risiko bencana tsunami.

Asuransi Kecelakaan Diri
Takaful Kecelakaan Diri

Produk asuransi yang memberikan manfaat uang santunan terhadap nasabah yang mengalami kecelakaan hingga meninggal dunia, cacat badan, dan memberikan santunan biaya pengobatan.

  • Memberikan uang santunan dan biaya pengobatan terhadap tertanggung dari risiko terkena atau terhirup gas atau uap beracun.
  • Memberikan uang santunan dan biaya pengobatan terhadap tertanggung dari risiko terkena kuman penyakit atau terjangkit virus karena tertanggung tenggelam atau tidak sengaja jatuh ke dalam zat berbahaya.
  • Memberikan uang santunan dan biaya pengobatan terhadap tertanggung dari risiko terkena komplikasi atau penyakit yang bertambah parah akibat kecelakaan kerja.

Asuransi Kecelakaan Diri
Takaful Umroh dan Haji Khusus

Produk asuransi yang memberikan perlindungan tambahan tambahan perlindungan untuk perjalanan Umroh dan Haji nasabah.

  • Memberikan perlindungan bagi jamaah haji dan umroh dengan mengganti biaya pengobatan yang timbul dalam 25 hari setelah kecelakaan atau cidera terjadi dengan uang pertanggungan hingga Rp100 juta.
  • Memberikan penggantian biaya evakuasi medis darurat jika terjadi sebuah kecelakaan pada saat kegiatan umroh dan haji.
  • Memberikan santunan musibah meninggal dunia dan cacat total tetap hingga Rp100 juta.

 

Daftar Produk Asuransi Takaful

Produk asuransinya terbagi menjadi delapan kategori yang berbeda. Masing-masing memiliki fungsi dan keunggulannya tersendiri. Berikut daftar produknya: 

Produk Manfaat
Asuransi Kendaraan Ganti rugi atas risiko kerugian pada kendaraan yang diasuransikan. Pilihan TLO + All Risk
Asuransi Proyek Ganti rugi atas risiko kerugian pada mesin yang dapat mengganggu kelangsungan proyek
Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga Ganti rugi jika terjadi kerugian pada pihak ketiga
Asuransi Properti Ganti rugi atas risiko kerugian pada jenis properti yang diasuransikan
Asuransi Uang Ganti rugi atas risiko kerugian pada uang atau dokumen penting yang diasuranskan
Asuransi Pengangkutan Ganti rugi atas risiko kerugian pada barang selama proses pengakutan
Asuransi Harta Benda Ganti rugi atas risiko kerugian pada aset yang diasuransikan
Asuransi Kecelakaan Diri Pertanggungan biaya medis + santunan meninggal + cacat tetap akibat kecelakaan
 

Cara Klaim Asuransi Takaful Umum

Prosedur pengajuan klaim sebenarnya sangat mudah sekali. Perbedaan hanya terletak pada jenis klaim yaitu klaim untuk kendaraan bermotor dan klaim untuk non kendaraan bermotor. Berikut adalah informasi lengkap untuk langkah-langkah mengajukan klaimnya:

  • Laporan kerugian/musibah harus segera disampaikan ke pihak asuransi selambat-lambatnya 5 (lima) hari kalender setelah terjadinya kerugian. Keterlambatan pelaporan menyebabkan hilangnya hak atas ganti rugi.
  • Laporan bisa dilakukan melalui telepon (021) 285 43111, fax (021) 285 43222, via surat/email atau menghubungi cabang/Pemasaran terdekat.
  • Hal-hal yang perlu dilaporkan adalah: tempat, tanggal dan jam terjadinya kerugian, sebab-sebab kerugian, kronologi secara singkat,  dan nomor polis asuransi.
  • Tertanggung wajib memberikan kesempatan kepada staff klaim untuk memeriksa kerusakan (survey) sebelum dilakukan tindakan-tindakan perbaikan.
  • Kendaraan yang telah selesai diperbaiki dapat langsung diambil ke bengkel dengan membayar risiko sendiri
  • Klaim Wajib di Bengkel Rekanan perusahaan.
  • Laporan klaim
  • Fotokopi SIM
  • Fotokopi STNK
  • Fotokopi Polis
  • Estimasi bengkel/kerugian
  • Laporan kepolisian
  • Surat tuntutan pihak ke 3
  • Surat tidak ada asuransi dari pihak ke-3
  • Surat damai
  • Polis asli
  • STNK asli
  • BPKB dan Faktur Asli
  • Kunci kontak dan ganda
  • Buku manual
  • Surat keterangan kehilangan dari Polda
  • Surat blokir kendaraan dari Polda dan Kadit Reserse
  • Fotokopi lapju
  • Kwitansi kosong 2 (dua) lembar bermaterai.
  • Menandatangani surat subrogasi
  • Menandatangani surat pernyataan (letter of discharge)
  • Dokumen lain yang relevan dengan klaim.
  • Laporkan kejadian maksimal 5×24 jam setelah kejadian.
  • Siapkan polis asuransi, dokumen klaim, dan klausa dan pembayaran premi.
  • Laporan klaim melalui layanan telepon (021) 285 43111 , fax (021) 285 43222, via surat/email atau menghubungi cabang/Pemasaran terdekat.
  • Petugas akan melakukan survey.
  • Asuransi akan melakukan penggantian melalui cara transfer jika klaim disetujui.
  • Sertifikat polis asuransi
  • Fotokopi KTP tertanggung
  • Berita acara dari desa/kelurahan/kepolisian setempat
  • Daftar barang taksiran harga barang
  • Gambar konstruksi/layout/struktur bangunan
  • Surat keterangan dari dinas BMKG
  • Form klaim
  • Dokumen lain yang relevan dengan klaim
 

Layanan Nasabah dan Call Center Takaful Umum

Untuk mendapatkan layanan nasabah dapat mengunjungi langsung kantor pusat/ cabang, atau bisa juga melalui call center Takaful Umum. Berikut informasi lengkapnya: 

PT ASURANSI TAKAFUL UMUM

Graha Kospin Jasa Lantai 3, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.1

Jakarta Selatan 12870, Indonesia Lihat Peta

Call Center: (021) 79190005

Phone : (021) 285 43111

Fax : (021) 285 43222

Email : [email protected]

www.takafulumum.co.id

  • Ruko Kalimas Jl. Chairil Anwar Blok C No. 16 Bekasi Timur – Bekasi, (021) 8834 7111, 8834 4149 
  • Komplek Ruko Villa Indah Pajajaran Blok AC Jl. H.Achmad Sobana Bantarjati – Bogor 16152 (0251) 8363 444
  • Cilegon Green Megablock D3 No.16 Jl. Ahmad Yani – Cibeber Cilegon – Banten 42423 (0254) 848 4700
  • Jl. RS. Fatmawati Raya No.19 B Cipete, Jakarta 12450 (021) 7590 9389
  • Komplek Ruko Graha Mas Pemuda Jl. Pemuda Raya, Blok AA No. 18 Jakarta Timur 13220 (021) 2983 4950/ 2983 4952
  • Jl. Mampang Prapatan No.100  (021) 799 2345
  • Ruko Modern Square Blok C No. 16 Jl. Hartono Raya Boulevard Kota Modern Tangerang 0811 178 1574/ 0888 0861 8783
 

Bengkel Rekanan Asuransi Takaful Umum

Asuransi Takaful umum telah bekerja sama dengan sejumlah bengkel rekanan yang tersebar di seluruh Indonesia. Lihat daftar bengkel rekanan selengkapnya!

 

Sekilas Tentang Asuransi Takaful Umum

PT Asuransi Takaful Umum merupakan salah satu perusahaan asuransi umum syariah pertama di Indonesia. Pembentukan perusahaan ini tidak terlepas dari peran PT Syarikat Takaful Indonesia (Takaful Indonesia) pada tanggal 24 Februari 1994. 

Perusahaan syariah ini menawarkan produk asuransi umum yang memberikan proteksi terhadap kendaraan bermotor, kecelakaan diri, harta benda, pengangkutan, aneka, rekayasa, dan salah satu produk unggulannya adalah asuransi haji dan umroh. 

Berdirinya perusahaan tidak lepas dari peran berbagai institusi seperti Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) melalui yayasan Abdi Bangsa, Bank Muamalat Indonesia Tbk, PT Asuransi Jiwa Tugu Mandiri, Departemen Keuangan Republik Indonesia, para pengusaha muslim Indonesia, dan bantuan teknis dari Syarikat Takaful Malaysia Bhd. (STMB).

Perusahaan telah memperoleh sertifikasi ISO 9001:2008 dari Det Norske Veritas (DNV), Norwegia, pada November 2004 sebagai standar internasional mutakhir untuk sistem manajemen mutu. Perusahaan terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta memiliki tenaga pemasaran yang terlisensi oleh asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) dan Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI). 

Izin usaha ditandai dengan nomor KEP-6/D.05/2015 tanggal 29 Januari 2015. Pemberian izin dilakukan untuk usaha di bidang asuransi umum dengan prinsip syariah.

Perusahaan telah meraih berbagai penghargaan bergengsi di dalam negeri. Berikut adalah beberapa di antaranya: 

  • Perusahaan asuransi umum dengan predikat Sangat Bagus dari Infobank tahun 2013
  • 1st rank the most profitable investment islamic general insurance full fledge Karim Award 2015
  • Best Syariah 2019 dari Majalah Investor Globe Media Group
  • 3rd Best General Insurance Company equity Rp50 billion – Rp100 billion 2019 from Media Asuransi.

Laporan keuangan perlu menjadi salah satu pertimbangan utama dalam memilih asuransi. Perlu dipahami bahwa kesehatan keuangan suatu perusahaan asuransi harus mengacu pada Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK), dengan ketentuan minimal rasio solvabilitas dana tabarru 120 persen.

Berikut rangkuman laporan keuangan Takaful Umum tahun 2020:

  • Rasio solvabilitas dana tabarru, dana tanahud, dan dana perusahaan: 686%
  • Jumlah liabilitas, dana peserta, dan ekuitas: Rp189,052 miliar
  • Jumlah aset: Rp84,408 miliar

Penting untuk dipahami pula, dana tabarru dan dana tanahud berbeda dengan dana perusahaan. Dana tabarru dan dana tanahud merupakan dana yang berasal dari kontribusi para pemegang polis (nasabah) yang mekanisme pengelolaannya sesuai dengan perjanjian asuransi. Sementara, dana perusahaan adalah kumpulan dana yang dikelola oleh perusahaan, selain dana tabarru, dana tanahud, dan dana investasi nasabah.

 

Berita Terbaru Asuransi Takaful Umum

September 2018 – PT Koperasi SImpang Pinjam Jasa (Kospin Jasa) resmi mengambil alih 95 persen dari saham PT Asuransi Takaful Umum. Melalui Kontan.co.id, Andy Arslan Djunaid selaku Ketua Umum Kospin Jasa menyatakan bahwa langkah besar ini diambil sebagai bentuk kepedulian Kospin Jasa terhadap perkembangan ekonomi syariah di Indonesia.

 

Pertanyaan Seputar Asuransi Takaful Umum

Berikut beberapa tips dan pertanyaan yang sering diajukan oleh calon nasabah maupun nasabah terkait Takaful Umum, baik informasi premi, profil perusahaan, dan lain sebagainya.

Takaful Umum adalah salah satu unit usaha asuransi berbasis syariah dari PT Syarikat Takaful Indonesia. Perusahaan ini merupakan salah satu pelopor perusahaan asuransi syariah pertama di Indonesia yang berdiri tahun 1994. 

PT Syarikat Takaful Indonesia memiliki dua unit usaha, pertama PT Asuransi Takaful Umum yang bergerak di bidang asuransi jiwa dan umum syariah, dan PT Asuransi Takaful Keluarga.

Asuransi Takaful Indonesia sendiri bisa berdiri karena tak lepas dari peran Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI). Saat itu, mereka sebagai pemrakarsa bekerja sama dengan Bank Muamalat Indonesia, PT Asuransi Jiwa Tugu Mandiri, para pengusaha muslim di Indonesia, serta bantuan bantuan dari Syarikat Takaful Malaysia.

Takaful Indonesia berdiri pada tanggal 24 Februari 1994. Tidak lama berselang tepatnya di Mei 1994, Takaful Indonesia meluncurkan dua unit usaha mereka yaitu PT Asuransi Takaful Keluarga dan PT Asuransi Takaful Umum. 

Peresmian beroperasinya Takaful Umum sendiri dilakukan langsung oleh Menristek saat itu Prof. Dr. B.J. Habibie, yang juga merupakan pendiri ICMI.

Majelis Ulama Indonesia sendiri sudah memiliki aturan sendiri terkait pelaksanaan asuransi yang halal. Paling utama adalah harus mengedepankan prinsip-prinsip syariat Islam. Berikut ini indikator dari asuransi-asuransi halal menurut MUI: 

  • Mengedepankan prinsip tolong-menolong.
  • Berbagi risiko dan keuntungan.
  • Menyelesaikan permasalahan dengan jalan musyawarah. 
  • Menerapkan akad dalam proses pembelian produknya. 

Perusahaan asuransi umum berbasis syariah yang mana proses pelaksanaan kegiatan asuransinya, dijalankan berdasarkan prinsip-prinsip syariat Islam.

Perusahaan pernah mengalami kelesuan di tahun 2017 silam. Perusahaan membutuhkan suntikan modal segar untuk bisa terus memberikan pelayanan yang terbaik bagi nasabah maupun calon nasabah. Keputusan melepaskan saham mayoritas Takaful Umum pun dilakukan oleh Syarikat Takaful. Alhasil, kepemilikan mayoritas itu diambil oleh PT Koperasi Simpan Pinjam Jasa (Kospin Jasa) dengan persentase kepemilikan mencapai 95 persen.

Takaful Keluarga merupakan salah satu unit usaha dari PT Syarikat Takaful Indonesia yang didirikan pada tahun 1994 silam. Takaful Keluarga sama dengan Takaful Umum, yaitu sama-sama menyediakan asuransi berbasis syariah. Meski sama, produk-produk asuransi yang mereka tawarkan berbeda.

Kepemilikan perusahaan sendiri mayoritas sudah dipegang oleh PT Koperasi Simpan Pinjam Jasa (Kospin Jasa) pada tahun 2017 silam. Meski kepemilikannya beralih, perusahaan tetap menyediakan berbagai produk asuransi umum berbasis syariah yang bisa dijadikan pilihan oleh masyarakat luas.

Takaful Umum dan Takaful Keluarga sama-sama merupakan unit usaha dari PT Syarikat Takaful Indonesia. Selain itu, keduanya juga menyediakan produk asuransi berbasis syariat Islam. 

Namun saat ini, mayoritas saham PT Asuransi Takaful Umum telah dimiliki oleh PT Koperasi Simpan Pinjam Jasa (Kospin Jasa). 

Selain perbedaan kepemilikan itu, produk asuransi keduanya juga memiliki perbedaan. Takaful Umum memiliki beragam produk asuransi yang lebih tepat untuk melindungi harta benda, seperti kendaraan, bangunan, barang, dan properti. Sementara Takaful Keluarga lebih kepada produk-produk asuransi yang melindungi keluarga seperti asuransi jiwa, kesehatan, pendidikan, kecelakaan diri, dan asuransi lain yang sifatnya personal.

Pembayaran premi asuransi bergantung pada jenis produk asuransi yang Anda pilih. Terdapat beberapa cara pembayaran kontribusi (premi) bagi nasabah. Premi asuransi dapat dibayarkan melalui: 

  • Melalui ATM bank Muamalat.
  • Melalui ATM bank lainnya.
  • Pembayaran via virtual account melalui internet banking bank Muamalat.
  • Pembayaran via virtual account melalui internet banking bank lainnya.

Cara pembayaran kontribusi (premi) melalui ATM bank Muamalat

  • Pilih bahasa dan masukkan PIN kemudian pilih transaksi lainnya.
  • Pilih menu pembayaran.
  • Pilih menu lainnya.
  • Pilih menu virtual account.
  • Masukkan 16 digit nomor virtual account lalu tekan benar.
  • Pilih sumber rekening (tabungan/giro).
  • Tekan bayar jika setuju dengan informasi tagihan.
  • Simpan struk ATM sebagai bukti pembayaran kontribusi (premi).

Cara pembayaran kontribusi (premi) melalui ATM bank lainnya

  • Setelah memilih bahasa dan memasukkan PIN Anda, pilih menu transfer.
  • Masukkan kode bank Muamalat (147) dilanjutkan dengan 16 digit nomor virtual account.
  • Masukkan nomor referensi (kosongkan jika tidak ada).
  • Masukkan jumlah transaksi sesuai dengan tagihan premi yang ada pada nota kontribusi Anda. Jika jumlahnya kurang atau lebih, transaksi otomatis akan gagal.
  • Lakukan konfirmasi pada data transfer Anda. Jika sudah sesuai, pilih Benar sebagai konfirmasi pembayaran.
  • Simpan struk ATM sebagai bukti pembayaran yang sah.

Cara pembayaran via virtual account melalui internet banking bank Muamalat

  • Masukkan user ID dan password.
  • Pilih menu pembayaran tagihan.
  • Isi nomor rekening Anda, pilih virtual account untuk tipe tagihan, kolom institusi diisi dengan nomor 8255 PT Asuransi Takaful Umum, isi nomor virtual account Anda secara lengkap.
  • Pastikan tagihan sudah sesuai dengan mengecek pada halaman konfirmasi.
  • Jika sudah setuju dengan tagihan, masukkan m-passcode yang dikirimkan melalui sms pada hp Anda.
  • Jika berhasil, Anda akan melihat halaman yang menyatakan bahwa pembayaran sudah berhasil dilakukan.

Cara pembayaran via virtual account melalui internet banking bank lainnya

  • Masukkan user ID dan Password.
  • Pilih menu transfer.
  • Pilih menu transfer antar bank online, masukkan nominal pembayaran sesuai dengan tagihan nota kontribusi Anda. Jika nilai yang diinput tidak sesuai, transaksi otomatis akan gagal. Isi nama bank dengan “Bank Muamalat” dan isi nomor rekening dengan 16 digit nomor virtual account Anda.
  • Jika sudah setuju dengan pembayaran yang ditampilkan dalam halaman konfirmasi, masukkan PIN Mandiri dengan menggunakan token PIN Mandiri dengan cara memasukkan kodenya ke token. Token akan memberikan kode jawaban yang dimasukkan ke kolom PIN Mandiri yang disediakan, lalu tekan kirim.

Ikuti prosedur dan lengkapi dokumen polis asuransi lengkap jika akan berhenti asuransi secara umum berikut ini:

  1. Hubungi call center melalui nomor (021) 285 43111.
  2. Unduh dan isi data formulir pembatalan asuransi/surrender.
  3. Mengembalikan buku polis asuransi.
  4. Menyertakan fotokopi KTP dan buku tabungan,
  5. Membayar kewajiban yang belum diselesaikan, pajak dan administrasi bila ada.
  6. Menunggu proses pembatalan asuransi dalam waktu maksimal 14 hari kerja.
  7. Cara berhenti asuransi juga bisa dilakukan langsung lewat agen asuransi. 

Siapkan dokumen lengkap berupa polis asuransi dan identitas diri. Penutupan polis pada umumnya akan dikenakan biaya tertentu atau potongan tertentu apabila melakukan penutupan polis sebelum jatuh tempo.

Terdapat perbedaan antara agen dan broker asuransi. Agen asuransi adalah orang pribadi atau perusahaan yang bekerja mewakili perusahaan asuransi. Sementara itu, broker adalah pihak independen yang menjadi perantara antara perusahaan asuransi dengan calon nasabah.

Perusahaan memiliki sistem keagenan sendiri untuk memasarkan produk-produk asuransi mereka. Syarat umum untuk menjadi agen pun mudah, yaitu memiliki pendidikan lulusan SMA atau sederajat, dan berusia minimal 20 tahun. 

Prosedur menjadi agen:

  • Mengisi formulir keikutsertaan menjadi agen. 
  • Wawancara dengan pihak asuransi. 
  • Mendapatkan pelatihan intensif tentang agen asuransi. 
  • Kontrak keagenan. 
  • Mengambil lisensi agen. 

Keuntungan menjadi agen:

  • Mendapatkan relasi yang luas. 
  • Penghasilan yang tidak terbatas. 
  • Jam kerja yang fleksibel. 
  • TIdak memerlukan modal dan sewa tempat.

Perusahaan telah bekerjasama dengan sejumlah bengkel yang ada di Indonesia. Lihat daftar lengkapnya di tab Rekanan.

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id,

  • https://www.takafulumum.co.id/home
Penulis Dzulfikar Financial Content Writer yang mengemas informasi, tips, dan kiat keuangan dengan bahasa yang lebih mudah dicerna. Lihat profile penulis
Chat Bantuan Chat Bantuan