Asuransi TASPEN

DISKON HINGGA 20% Temukan pilihan polis sesuai kebutuhan dan anggaranmu!

+62
+62
+62
 

TASPEN

TASPEN merupakan perusahaan BUMN di bidang asuransi, tabungan hari tua, dan dana pensiun. Kepanjangan TASPEN sendiri adalah singkatan dari PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero). Produk yang dimiliki TASPEN khusus untuk melayani aparatur sipil negara (ASN) dan pejabat negara.

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi TASPEN:

  • (+) Perusahaan Asuransi Taspen Life memiliki kantor cabang yang tersebar luas di wilayah Indonesia. 
  • (+) Perusahaan Asuransi Taspen Life memiliki rumah sakit yang tersebar luas di wilayah Indonesia. 
  • (+) Terdapat layanan aplikasi online untuk memudahkan proses pencairan dana pensiun hingga klaim otomatis. 
  • (+) Terdapat layanan klaim dengan proses penyelesaian selama satu jam. 
  • (-) Produk perlindungan dari Taspen tidak untuk calon nasabah selain pegawai negeri.

Sekilas tentang TASPEN

TASPEN bermula dari Konferensi Kesejahteraan Pegawai Negeri di Jakarta pada Juli 1960. Kemudian pada tahun 1963 pemerintah mendirikan Perusahaan Negara Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (PN TASPEN) yang menghadirkan program Tabungan Hari Tua Pegawai Negeri.

Seiring transformasi menjadi perusahaan umum pada tahun 1970, beragam produk jaminan perlindungan dihadirkan oleh TASPEN. Mulai dari Program Pensiun, Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), dan Jaminan Kematian (JKM).

Dengan bertambahnya produk dan peserta dari berbagai instansi pemerintah, TASPEN berbenah dengan menambah kantor cabang. Hingga kini, TASPEN memiliki 57 kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Berpengalaman dalam memberikan pelayanan program asuransi sosial bagi ASN dan pejabat negara, TASPEN cukup mumpuni sebagai salah satu perusahaan asuransi di Indonesia. Namun, kekurangan TASPEN terletak pada kepesertaan yang terbatas bagi ASN dan pejabat negara.

Taspen Life dan Taspen Mandiri

Sebagai penyedia jasa proteksi kesehatan bagi ASN dan pejabat negara, TASPEN melebarkan sayap bisnis dan kemampuan melayani peserta dalam memberikan asuransi melalui Taspen Life.

PT Asuransi Jiwa Taspen (Taspen Life) adalah anak usaha PT TASPEN (Persero) yang hadir untuk melayani masyarakat umum di Indonesia. Taspen Life menawarkan berbagai produk termasuk asuransi jiwa kumpulan, asuransi jiwa kredit, program kesejahteraan karyawan, perencanaan hari tua, dan program pensiun.

Taspen Life didirikan pada tanggal 26 Februari 2014 dengan modal Rp300 miliar dan telah mendapatkan izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 10 April 2014. Hingga kini, kepemilikan saham Taspen Life didominasi PT Taspen sebesar 99,97 persen dan koperasi karyawan TASPEN sebesar 0,03 persen.

Selain Taspen Life, terdapat Taspen Mandiri atau Mandiri Taspen. Sesuai namanya, Mandiri Taspen adalah kolaborasi Bank Mandiri, PT TASPEN, dan PT Pos Indonesia yang mengakuisisi PT Bank Sinar Harapan Bali (Bank Sinar) pada tahun 2014.

Mandiri Taspen yang lengkap dengan nama Bank Mandiri Taspen Pos memiliki fokus bisnis pada pelayanan para pensiunan. TASPEN dan PT Pos juga andal dan merupakan pemain lama dalam mengelola dana pensiun. Sebelum berubah nama lagi menjadi Bank Mantap, kegiatan usaha difokuskan pada sektor UMKM. Di masa mendatang, Bank Mandiri Taspen Pos ini akan berfokus pada segmen dana pensiun dan pendanaan UMKM. 

Apakah TASPEN Termasuk Warisan?

Asuransi atau produk TASPEN yang tersedia bisa dimasukkan kategori warisan. Ahli waris dalam hal ini adalah pasangan dan anak (maksimal dua anak) yang bisa mendapatkan santunan tunai dan dana bulanan sesuai prosedur dan tata cara klaim.

Contoh, janda pensiunan ASN/pejabat negara yang belum menikah lagi bisa mendapatkan tunjangan milik mendiang suami setelah mengurus klaim kematian. Kemudian, dua anak usia sekolah atau 21-25 tahun yang belum menikah/belum bekerja juga bisa mendapatkan santunan bulanan.

Dengan begitu, kehidupan keluarga ASN/pejabat negara yang telah mengabdikan hidupnya untuk bekerja di pemerintahan lebih terjamin. Hal ini sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2017 tanggal 29 Desember 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 70 Tahun 2015 tentang Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara.

PT TASPEN terdaftar di Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI). TASPEN juga memiliki izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai regulator dan pengawas industri keuangan bank dan nonbank di Tanah Air, yaitu dengan surat Keputusan Menteri Keuangan nomor KEP-30/D.05/2014 tertanggal 10 April 2014.
TASPEN telah mendapatkan berbagai penghargaan bergengsi dari dalam negeri. Berikut beberapa di antaranya: Top 99 dan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Program Inovasi Wirausaha Pintar 2019 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi; Predikat Sangat Bagus dari Rating Infobank BUMN Awards 2018; Best Partnership Program and Community Development in Insurance and Financial Services Category dan Innovative Company in Pension Insurance Sector dari Warta Ekonomi Awards 2018.

Laporan Keuangan TASPEN

Rasio solvabilitas perusahaan asuransi di Indonesia wajib memenuhi standardisasi keuangan yang telah ditentukan di dalam Peraturan Jasa Otoritas Keuangan (Nomor 71 dan 72 /POJK.05/2016). Ketentuan mengenai rasio solvabilitas adalah minimal 120 persen, ekuitas minimal Rp100 miliar untuk perusahaan asuransi dan minimal Rp200 miliar untuk reasuransi, dan perusahaan asuransi dikategorikan baik apabila minimal asetnya minimal Rp150 miliar.

Rasio solvabilitas adalah kemampuan perusahaan asuransi bersangkutan dalam memenuhi kewajiban terhadap nasabahnya. Kewajiban ini dapat diartikan sebagai kesanggupan memenuhi pertanggungan klaim asuransi yang diajukan oleh seluruh nasabah aktifnya.

Mengacu kepada laporan keuangan 2018, PT Taspen (Persero) membuktikan performa kinerja finansialnya sebagai berikut.

  • Jumlah ekuitas: Rp9,709 triliun
  • Jumlah aset: Rp231,866 triliun

Produk TASPEN dikhususkan bagi aparatur negeri sipil, maka tiap staf ASN diwajibkan mengikutinya. Program ini dimaksudkan sebagai bagian dari upaya menjamin kestabilan keuangan di masa pensiun.

Sebagaimana TASPEN dikelola oleh BUMN, maka keamanan yang ditawarkan pun dijamin oleh negara. Dalam hal ini, klaim nasabah TASPEN pun dipastikan dapat terpenuhi dengan pasti.

Berita Terbaru TASPEN

Dilansir melalui situs resminya, PT TASPEN (Persero) mampu mencatat kinerja positif selama tahun 2019. Ini dibuktikan melalui laba bersih perusahaan yang mampu melonjak hingga Rp116,69 miliar dibandingkan dengan laba tahun 2018. Artinya naik sekitar 42,97 persen.
 

Dilansir dari laman produk pada situs resmi asuransi taspenlife.com, berikut beberapa pilihan kategori produk asuransi yang disediakan oleh PT Asuransi Jiwa Taspen.

Jaminan Kecelakaan Kerja
Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK)
Produk TASPEN yang memberikan perlindungan atas risiko kecelakaan kerja atau sakit.
Program Jaminan Kematian
Program Jaminan Kematian (JKM)
Produk TASPEN yang memberikan perlindungan atas risiko kematian.
Program Tabungan Hari Tua
Program Tabungan Hari Tua (THT)
Program asuransi sosial yang terdiri atas asuransi dwiguna yang dikaitkan dengan usia pensiun ditambah asuransi kematian.
Program Pensiun
Program Pensiun
Program TASPEN yang memberikan manfaat dana pensiun tiap bulan sebagai jaminan hari tua dan penghargaan atas jasa-jasa ASN bekerja dalam dinas pemerintah.
 

Simak ulasan pertanggungan, premi, cara klaim, layanan nasabah, dan rekanan. Informasi berikut disadur dari situs resmi taspen.com sebagai pertimbangan untuk memilih asuransi TASPEN.

Cari tahu premi asuransi TASPEN dengan cara mengakses laman produk di situs resmi perusahaan, menghubungi call center kantor pusat atau kantor cabang TASPEN, atau menanyakan langsung ke bagian kepegawaian di instansi masing-masing.

Pada umumnya, premi asuransi dipengaruhi oleh berbagai faktor berikut.

  • Jenis asuransi yang diambil oleh pemegang polis.
  • Profil tertanggung: usia, pekerjaan, jenis kelamin, dan lain-lain.
  • Jenis dan nilai aset atau harta benda yang diasuransikan.
  • Cakupan pertanggungan, mulai dari pertanggungan utama hingga rider (pertanggungan tambahan).

Berikut ketentuan premi yang perlu dibayarkan nasabah TASPEN tiap bulan sesuai dengan ketentuan dari pemerintah.

  • Jaminan Kecelakaan Kerja: 0,24 persen dari gaji pokok.
  • Tabungan Hari Tua: 3,25 persen dari Penghasilan Sebulan (gaji pokok dan tunjangan keluarga).
  • Program Pensiun: 4,75 persen dari Penghasilan Sebulan (gaji pokok dan tunjangan keluarga).
  • Jaminan Kematian: 0,72 persen dari gaji pokok.

Pembayaran premi TASPEN ditanggung oleh pihak instansi pemberi kerja sesuai dengan persentase tertentu dari jumlah gaji masing-masing nasabah. Untuk mendapatkan informasi selengkapnya mengenai tata cara pembayaran premi TASPEN, silakan menghubungi call center TASPEN atau pihak instansi pemberi kerja.

Jika telah terdaftar sebagai peserta TASPEN, dapat dengan mudah mengecek saldo TASPEN yang masih berupa estimasi TASPEN ASN atau pegawai negeri sipil (PNS). Berikut cara mendapatkan informasi tersebut secara online.

Cara cek saldo atau estimasi dana TASPEN bisa dilakukan dengan beberapa cara. Salah satunya mendatangi kantor atau bank yang ditunjuk langsung oleh TASPEN dalam menangani pensiun ASN. Namun, jika telah terdaftar sebagai ASN atau pensiunan pegawai negeri bisa mengecek saldo TASPEN online.

Saldo TASPEN akan berbeda-beda karena dihitung berdasarkan masa dinas, jabatan, besaran gaji pokok, serta tunjangan lain. Berikut ini cara cek saldo TASPEN online melalui aplikasi TASPEN dan mengunjungi situs TASPEN.

Cek Saldo TASPEN melalui Aplikasi TASPEN

  • Mengunduh aplikasi mobile TASPEN.
  • Buka aplikasi dan pilih “Simulasi” untuk melakukan penghitungan estimasi saldo TASPEN Anda.
  • Pilih estimasi TMT BUP kemudian masukkan Nomor Induk Pegawai (NIP).
  • Di layar ponsel akan muncul data seperti nama, besaran THT, dan gaji pensiun per bulan.

Cek Saldo TASPEN Online melalui Situs resmi TASPEN

  • Kunjungi atau buka situs resmi TASPEN yaitu  http://e-klim.taspen.com/mservices/JKK/login.php.
  • Ketik Nomor Pokok Pensiun (Notas), tanggal lahir, dan nomor urut kartu.
  • Pada layar desktop akan muncul beberapa pilihan layanan jaminan pensiun.
  • Pilih “Estimasi Manfaat”.
  • Pilih “Estimasi Hak Usia Pensiun”.
  • Pada halaman ini akan muncul daftar data diri termasuk gaji pensiun per bulan dan saldo THT.

Sekadar informasi, nominal yang tertera hanya estimasi TASPEN kemungkinan berbeda ketika melakukan penarikan dana. Jika estimasi dan dana yang diterima berbeda jauh, disarankan mendatangi kantor atau bank yang ditunjuk TASPEN.

PT TASPEN menyediakan beberapa cara klaim yang dapat disesuaikan dengan produk asuransi yang dipilih. Untuk detail informasi terkait tahap-tahap dan dokumen klaim yang dibutuhkan, sila cek laman Persyaratan pada situs E-klaim.taspen.com.  

Untuk melakukan pencairan dana TASPEN seperti pensiun dan klaim lainnya bisa menerapkan dua cara yaitu Layanan Klaim 1 Jam dan Layanan Klaim Otomatis. Berikut penjelasan singkat mengenai dua layanan klaim dari TASPEN tersebut.

  • Layanan Klaim 1 Jam adalah proses penyelesaian SPP Klaim Langsung yang dimulai dengan peserta mengambil nomor antrean hingga menerima pembayaran dalam waktu maksimal satu jam.
  • Layanan Klaim Otomatis adalah integrasi TASPEN dengan instansi lain untuk memperoleh persyaratan dalam proses pengurusan dan pembayaran hak atau dana/santunan kepada penerima manfaat baik peserta atau ahli waris sesuai klaim yang diajukan pemohon.

Selain dua layanan klaim untuk pencairan dana TASPEN, peserta yang telah memiliki TASPEN SmartCard juga diuntungkan dengan kemudahan menarik dana pensiun di semua ATM Mitra setiap saat.

Terdapat perbedaan antara agen dan broker asuransi. Agen asuransi adalah orang pribadi atau perusahaan yang bekerja mewakili perusahaan asuransi. Sementara itu, broker adalah pihak independen yang menjadi perantara antara perusahaan asuransi dengan calon nasabah.

TASPEN adalah perusahaan BUMN yang khusus menawarkan produk jaminan finansial hari tua kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pejabat negara. TASPEN tidak memiliki sistem keagenan yang menawarkan produk perlindungan kepada masyarakat yang bukan anggota ASN atau pejabat kenegaraan.

Lifepal sebagai broker asuransi online yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dapat memberikan bantuan mendapatkan produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran. Untuk mendapatkan referensi terkait produk perlindungan dari perusahaan asuransi swasta yang serupa dengan produk dari TASPEN, calon nasabah dapat mengunjungi Lifepal dan sekaligus berkonsultasi secara gratis.

Layanan nasabah atau call center TASPEN dapat dicapai dengan berbagai media. Adapun informasi lebih jelas mengenai produk, klaim Taspen, dan sebagainya, silakan menghubungi kontak berikut.

Call Center TASPEN

  • Customer Care Centre: Jalan Letjen Suprapto No.45, Cempaka Putih, Jakarta Pusat 10520
  • TASPEN Call Center: (021) 4241808
  • Email: [email protected]
  • Faksimile: (021) 4203809
  • Situs resmi: taspen.co.id

Layanan TASPEN

  • TASPEN Care yaitu layanan terintegrasi dari TASPEN yang dapat digunakan peserta TASPEN baik aktif maupun pensiunan untuk menyampaikan pertanyaan dan keluhan, mengunduh formulir klaim, jadwal layanan mobil TASPEN, hingga kamus mengenai TASPEN.
  • TASPEN Otentikasi yaitu layanan aplikasi online TASPEN yang memudahkan nasabah dalam pencairan yang pensiun. 
  • Sistem Helpdesk Simgaji yaitu sistem manajemen permasalahan dari penggunaan aplikasi Simgaji. Sistem ini membantu pengguna aplikasi Simgaji agar lebih mudah memperoleh solusi untuk setiap kendala yang didapat dari program TASPEN.
  • Layanan Klaim Otomatis (LKO) yaitu integrasi TASPEN dengan instansi lain untuk memperoleh persyaratan dalam proses pengurusan dan pembayaran hak atau dana/santunan kepada penerima manfaat baik peserta atau ahli waris sesuai klaim yang diajukan pemohon.
  • Layanan Klaim 1 Jam yaitu proses penyelesaian SPP Klaim Langsung yang dimulai dengan peserta mengambil nomor antrean hingga menerima pembayaran dalam waktu maksimal satu jam.

 

 

Secara umum, peserta TASPEN bisa melakukan perawatan medis di rumah sakit milik pemerintah atau swasta mana saja. Agar proses klaim tidak merepotkan sebelum dan setelah menjalani perawatan, TASPEN menyarankan mendatangi rumah sakit milik pemerintah daerah atau pusat (RSUP/RSUD/RSU). Berikut ini daftar beberapa rumah sakit yang bekerja sama dengan TASPEN.

  • RSUPN Cipto Mangunkusumo (RSCM)
  • RSPAD Gatot Soebroto
  • RS Jakarta
  • RS Cijantung KESDAM Jaya
  • RS Pupuk Kaltim
  • RSUP Fatmawati
  • RS Islam Cempaka Putih
  • RS Pusat Pertamina Jakarta
  • RS RS PGI Cikini
  • RSUP Sanglah-Denpasar
  • RS TNI AU Dr Esnawan Antariksa
  • RSUP Persahabatan
  • RS Khusus THT-Bedah KL Proklamasi
  • RS Islam Jakarta Sukapura
  • RS Bhayangkara TK I R Said Sukanto
  • RS TNI AL-Marinir Cilandak
  • RSUD Jayapura
  • RS TNI AL DR Mintohardjo
  • RSUD Cengkareng
  • RS Pelni
  • RS Pusat Otak Nasional Jakarta Timur

TASPEN tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia. Hingga tahun 2018, TASPEN yang berkantor pusat di Jakarta telah memiliki 57 kantor cabang yang terdiri atas enam kantor cabang utama, tujuh kantor cabang tipe A, 14 kantor cabang tipe B, 19 kantor cabang tipe C, dan 11 kantor cabang tipe D.

Alamat Kantor Pusat TASPEN

PT TASPEN (Persero)

Jalan Letjen Suprapto No.45, 

Cempaka Putih,

Jakarta Pusat 10520 – Indonesia

Telp: (021) 4241808

Faks: (021) 4203809

Email: [email protected]

www.taspen.co.id

Kantor Cabang TASPEN

  • Kantor Cabang Bandar Lampung: Jalan Drs. Warsito No.3 Kota Bandar Lampung. Telepon: 0721-488935
  • Kantor Cabang Bengkulu: Jalan P Natadirdja No.65 KM.7 Kota Bengkulu. Telepon: 0736-25282
  • Kantor Cabang Palembang: Jalan Jend Sudirman No.103/732 Kota Palembang. Telepon: 0711-312060
  • Kantor Cabang Palangkaraya: Jalan Tjilik Riwut KM.3 , Kotamadya Palangkaraya. Telepon: 0536-3239874
  • Kantor Cabang Pontianak: Jalan Jend A Yani Kota Pontianak. Telepon: 0561-731192
  • Kantor Cabang Pangkal Pinang: JalanJend Sudirman Gabek II, Pangkalpinang. Telepon: 0717-432580
  • Kantor Cabang Tangerang: Jalan KH. Hasyim Ashari, Poris Plawad, Cipondoh, Kota Tangerang. Telepon : 021-22261960
  • Kantor Cabang Tarakan: Kalimantan Utara, Kota Tarakan. Telepon: 0551-23687
  • Kantor Cabang Lubuk Linggau: JalanYos Sudarso No.9 E-F, Kota Lubuk Linggau. Telepon: 0733-3281400
  • Kantor Cabang Utama Medan: Jalan H. Adam Malik No.64 Kota Medan. Telepon: 061-6619600
  • Kantor Cabang Banda Aceh: Jalan Tgk. Abdullah Ujong Rimba No.22, Kota Banda Aceh. Telepon : 0651-33382
  • Kantor Cabang Bukit Tinggi: Jalan M. Syafei No.11 Kota Bukit Tinggi. Telepon: 0752-625990
  • Kantor Cabang Padang: Jalan Jend Sudirman No.63 Kota Padang. Telepon: 0751-31152
  • Kantor Cabang Pekanbaru: Jalan Jend. Sudirman No.317 , Kota Pekanbaru. Telepon: 0761-23531
  • Kantor Cabang Jambi: Jalan Slamet Riyadi-Broni, Provinsi Jambi. Telepon: 0741-64520
  • Kantor Cabang Tanjung Pinang: Jl Daeng Celak KM 8 Sei Carang Tanjungpinang. Telepon: 0771-4500000
  • Kantor Cabang Lhokseumawe: Jalan Merdeka No.32 Lhokseumawe. Telepon: 0645-6500320
  • Kantor Cabang Kepulauan Nias: Jl Diponegoro No.434 Kota Gunung Sitoli. Telepon: 081362419564
  • Kantor Cabang Utama Bandung: Jalan PH. Mustopha No.78 Kota Bandung. Telepon: 022-7206545
  • Kantor Cabang Bogor: Jalan Raya Pajajaran Kota Bogor. Telepon : 0251-8316177
  • Kantor Cabang Manado: Jl Jend Achmad Yani No.7 Kota Manado. Telepon: 0431-861491
  • Kantor Cabang Palu: Jalan Prof M Yamin No.2 Kota Palu. Telepon: 0451-451744
  • Kantor Cabang Kendari: Jalan Mayjen Sutoyo No.55 Kota Kendari. Telepon: 0401-323475
  • Kantor Cabang Ambon: Jalan Tulukabessy No.50 Mardika, Kota Ambon. Telepon: 0911-312719
  • Kantor Cabang Jayapura: Jalan Raya Abepura No.100. Telepon: 0967-582778
  • Kantor Cabang Gorontalo: Jalan Achmad Nadjamuddin No.9. Telepon: 0435-827984
  • Kantor Cabang Ternate: Jalan Raya Mangga Dua No.793 Kota Ternate. Telepon: 0921-3110972
  • Kantor Cabang Mamuju: Jalan RE Martadinata, Mamuju. Telepon: 0426-2325111
  • Kantor Cabang Manokwari: Jalan Drs. Esau Sesa No.38 Kabupaten Manokwari. Telepon: 0986-214666
  • Kantor Cabang Palopo: Jalan Andi Djemma No.129 Palopo. Telepon: 0471-3205155
  • Kantor Cabang Bone. Telepon: 0481-2923674
  • Kantor Cabang Denpasar: Jalan Raya Puputan No.21 Niti Mandala Renon, Kota Denpasar. Telepon: 0361-231418

Ada beberapa perusahaan atau badan hukum lain yang menyediakan asuransi seperti TASPEN, di antaranya:

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • https://www.taspen.co.id/

Apa Kata Mereka Tentang Kami

qudratullah Akim
qudratullah Akim
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Pusaka Ayudiguna
Pusaka Ayudiguna
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Tri Aprilistiyani
Tri Aprilistiyani
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
didik setyadi
didik setyadi
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0

Mereka yang Sudah Percaya pada Lifepal

Client Lifepal
Client Lifepal