Asuransi Wahana Tata

DISKON HINGGA 20% Temukan pilihan polis sesuai kebutuhan dan anggaranmu!

+62
+62
+62
+62
 

Wahana Tata

Asuransi Wahana Tata adalah perusahaan asuransi umum yang memiliki nama lengkap PT Asuransi Wahana Tata. Perusahaan ini didirikan pada 25 Juli 1964 dengan nama PT Maskapai Asuransi Madijo dan berubah nama menjadi PT Asuransi Wahana Tata pada 1 Mei 1975 karena adanya peralihan kepemilikan. 

Kelebihan dan Kekurangan Wahana Tata versi Lifepal

  • (+) Asuransi Wahana Tata memiliki layanan nasabah Vania, layanan tersebut dapat diakses melalui berbagai platform, seperti Whatsapp, Line, Facebook Messenger, dan Telegram.
  • (+) Asuransi Wahana Tata memiliki lokasi kantor cabang yang tersebar luas hampir di seluruh Indonesia dengan total 78 kantor cabang.
  • (+) Salah satu produk yang menjadi pembeda Wahana Tata dengan asuransi umum lainnya adalah adanya asuransi kendaraan khusus wanita. Produk ini memberikan perlindungan kendaraan, barang pribadi, dan tempat duduk khusus anak.
  • (-) Asuransi Wahana Tata tidak memiliki layanan pembelian online. Hal ini tentunya membuat calon nasabah yang tertarik dengan produk harus menghubungi agen atau call center untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas.

Sekilas tentang Wahana Tata

Pada tahun 2005, asuransi ini berhasil mengembangkan teknologi informasi terintegrasi Lintaswata yang mampu melayani seluruh proses bisnis perusahaan di semua jaringan kantor pemasarannya secara online

Asuransi Wahana Tata juga terus berupaya memberikan pelayanan terbaik, salah satunya adalah melakukan kerja sama dengan berbagai perusahaan broker asuransi, reasuransi terkemuka pada skala dalam dan luar negeri, profesional loss adjuster, independent surveyor, agen asuransi, dan bengkel-bengkel mobil terbaik.

Selain itu, asuransi Wahana Tata didukung oleh lebih dari 1.200 karyawan di lebih 70 kantor pemasaran di seluruh Indonesia.

Salah satu produk menarik yang Wahana Tata miliki adalah asuransi kendaraan ASWATA Ladies Car Protection A+, seperti namanya produk asuransi kendaraan tersebut dikhususkan pada pemilik kendaraan wanita. 

Tidak hanya memberikan ganti rugi pada kendaraan yang rusak atau hilang, produk tersebut juga memberikan perlindungan terhadap barang pribadi, seperti sepatu, tas, kacamata, kosmetik, laptop, dan kamera. Selain itu, juga tersedia perlindungan terhadap tempat duduk mobil (car seat) khusus anak.

Asuransi Wahana Tata adalah perusahaan asuransi umum yang telah terdaftar di bawah naungan Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI). PT Asuransi Wahana Tata telah memperoleh izin operasional berdasarkan Surat Keputusan Menteri Keuangan Indonesia pada 20 September 1986 dengan nomor KEP-6122/MD/1986. Asuransi Wahana Tata juga telah terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan Nomor : KEP-15/NB.15/2013.

Sejak didirikannya, Asuransi Wahana Tata terus mendapatkan berbagai apresiasi masyarakat, hal ini terbukti dari berbagai penghargaan yang didapatkannya, antara lain: 8th Infobank Digital Brand Awards 2019 untuk kategori Digital Brand of The Year 2019.; Insurance TOP Leader 2018 untuk kategori Asuransi Umum dengan Aset antara Rp1 Triliun – Rp5 triliun dengan predikat Insurance Top Leader for Enhancing Corporate Risk Management.; Indonesia Insurance Consumer Choice Award 2018 untuk kategori Best Financial Performance, General Insurance Company, dengan aset antara Rp2,5 - Rp5 triliun.; Indonesia Insurance Consumer Choice Award 2018 untuk kategori Top 5 Best Consumer Choice Insurance Company, Category Home/Buildings Insurance.

Laporan Keuangan Wahana Tata

Rasio solvabilitas perusahaan asuransi di Indonesia wajib memenuhi standardisasi keuangan yang telah ditentukan di dalam Peraturan Jasa Otoritas Keuangan (Nomor 71 dan 72 /POJK.05/2016). Ketentuan mengenai rasio solvabilitas adalah minimal 120 persen, ekuitas minimal Rp100 miliar untuk perusahaan asuransi dan minimal Rp200 miliar untuk reasuransi, dan perusahaan asuransi dikategorikan baik apabila minimal asetnya minimal Rp150 miliar.

Rasio solvabilitas adalah kemampuan perusahaan asuransi bersangkutan dalam memenuhi kewajiban terhadap nasabahnya. Kewajiban ini dapat diartikan sebagai kesanggupan memenuhi pertanggungan klaim asuransi yang diajukan oleh seluruh nasabah aktifnya.

Mengacu kepada laporan keuangan 2018, PT Asuransi Wahana Tata membuktikan performa kinerja finansialnya sebagai berikut.

  • Rasio solvabilitas: 273 persen.
  • Jumlah aset: Rp3,605 triliun.
  • Jumlah ekuitas: Rp998,450 miliar.

Dari data keuangan tersebut dapat disimpulkan bahwa dari segala aspek yang dijadikan indikator penentu kualitas keuangan perusahaan, PT Asuransi Wahana Tata termasuk perusahaan dengan kondisi finansial yang layak dijadikan pilihan prioritas bagi calon nasabah. Kondisi finansial yang kuat akan memberikan jaminan kepada kualitas produk dan pemenuhan kebutuhan klaim para nasabahnya hingga tuntas.

Saat ini, Lifepal belum bekerja sama dengan PT Asuransi Wahana Tata. Untuk mengetahui informasi terkait produk asuransi Wahana Tata, silakan cek situs resmi aswata.co.id. Jika tertarik untuk mengetahui informasi produk dari asuransi lainnya, Lifepal dapat membantu untuk mencarikan asuransi terbaik dan konsultasi gratis.

Berita Terbaru Wahana Tata

Juli 2019 - Asuransi Wahana Tata (Aswata) berkolaborasi dengan Asuransi MSIG Indonesia meluncurkan produk asuransi dengan nama Aswata Ladies Car Protection A+, sebuah produk inovatif yang dapat mengakomodasi kebutuhan asuransi kendaraan yang dimiliki kaum wanita. Peluncuran produk inovatif tersebut sebagai bentuk komitmen dan kepedulian Aswata dan Asuransi MSIG Indonesia terhadap perlindungan asuransi khusus untuk pemilik kendaraan wanita.

 

Dilansir dari laman produk pada situs resmi asuransi aswata.co.id, berikut beberapa pilihan kategori produk asuransi yang disediakan oleh PT Asuransi Wahana Tata.

Asuransi Umum Konvensional
ASWATA OTO A+
Produk asuransi yang memberikan proteksi kendaraan dari berbagai risiko.
Asuransi Umum Konvensional
ASWATA Ladies Car Protection A+
Produk asuransi kendaraan yang memberikan perlindungan dari berbagai risiko.
Asuransi Umum Konvensional
Asuransi Pengangkutan
Produk asuransi yang memproteksi aset atau barang yang dikirim melalui jalur darat, laut, dan udara.
Asuransi Umum Konvensional
Asuransi Kecelakaan Diri
Asuransi yang memberikan proteksi dari risiko kecelakaan.
Asuransi Umum Konvensional
Asuransi Kecelakaan Diri Keluarga
Produk asuransi kecelakaan yang memberi proteksi untuk Anda dan keluarga.
Asuransi Umum Konvensional
ASWATA Proteksi Diri
Produk asuransi yang memberikan proteksi diri dari berbagai risiko
Asuransi Umum Konvensional
Aswata Travel A+
Produk asuransi perjalanan yang memberi perlindungan dari berbagai ketidaknyamanan dalam perjalanan.
Asuransi Umum Konvensional
Asuransi Liburan A+
produk asuransi perjalanan untuk perlindungan dari berbagai risiko yang memberikan pertanggungan kematian.
Asuransi Umum Konvensional
Asuransi Mudik A+
Produk asuransi yang melindungi bangunan dan isi bangunan.
Asuransi Umum Konvensional
Asuransi Rekayasa
Produk asuransi yang memberikan perlindungan dari berbagai risiko dalam proyek.
Asuransi Umum Konvensional
Asuransi Rangka Kapal
Produk asuransi yang khusus memberikan perlindungan untuk rangka kapal.
Asuransi Umum Konvensional
Asuransi Uang
Produk asuransi yang memberikan perlindungan dalam pengiriman uang.
Asuransi Umum Konvensional
Asuransi Custom Bond
produk asuransi yang memproteksi ekspor-impor.
Asuransi Umum Konvensional
Asuransi Usaha A+
Produk proteksi diri dan usaha.
Asuransi Umum Konvensional
Asuransi Griya A+
Produk asuransi rumah dari berbagai risiko kebakaran.
Asuransi Umum Konvensional
Asuransi Gempa Bumi
Asuransi yang memberikan perlindungan pada aset Anda dari risiko bencana alam.
Asuransi Umum Syariah
Aswata Kencana Takaful
Produk asuransi kendaraan syariah yang memberikan proteksi bagi kendaraan Anda.
Asuransi Umum Syariah
Aswata Kirana Takaful
Produk asuransi bangunan yang melindungi rumah hingga pabrik dari berbagai risiko berdasarkan prinsip syariah.
Asuransi Umum Syariah
Aswata Alat Berat Takaful
Produk asuransi untuk alat berat dalam bisnis Anda berdasarkan prinsip syariah.
Asuransi Umum Syariah
Aswata Safiya (Umrah)
Produk asuransi perjalanan yang memberikan perlindungan dari berbagai risiko berdasarkan prinsip syariah.
 

Simak ulasan pertanggungan, premi, cara klaim, layanan nasabah, dan rekanan. Informasi berikut disadur dari situs resmi aswata.co.id sebagai pertimbangan untuk memilih asuransi Wahana Tata.

Wahana Tata menghadirkan dua jenis produk asuransi, yaitu asuransi umum konvensional dan asuransi umum syariah. Berikut pilihan polis asuransi Wahana Tata yang bisa dipertimbangkan.

Asuransi Umum Konvensional

  • ASWATA OTO A+: Produk asuransi yang memberikan manfaat berupa tanggung Jawab Pihak Ketiga Rp25 juta per kejadian dan ganti rugi kecelakaan sampai Rp25 juta.
  • ASWATA Ladies Car Protection A+: Produk asuransi yang ditujukan kepada pemilik kendaraan wanita.
  • Asuransi Pengangkutan: Produk asuransi yang menjamin seluruh kerugian yang diakibatkan kebakaran, ledakan, tenggelam, terdampar, terbalik, tabrakan, dan benturan dengan benda lain.
  • Asuransi Kecelakaan Diri: Produk asuransi yang memberikan manfaat pertanggungan apabila terjadi risiko kecelakaan yang menyebabkan meninggal dunia atau cacat tetap total pada tertanggung.
  • Asuransi Kecelakaan Diri Keluarga: Produk asuransi yang memberikan manfaat pertanggungan berupa santunan tunai apabila terjadi risiko kecelakaan yang menyebabkan meninggal dunia maupun cacat tetap total pada tertanggung dan keluarga.
  • ASWATA Proteksi Diri: Produk asuransi yang memberikan manfaat berupa santunan meninggal dunia karena kecelakaan: Rp100 juta.
  • Aswata Travel A+: Produk asuransi perjalanan yang memberikan pertanggungan berupa ganti rugi apabila terjadi pembatalan perjalanan maupun mengalami sakit di luar negeri.
  • Asuransi Liburan A+: Produk asuransi yang memberikan manfaat pertanggungan karena kematian dan cacat tetap Rp50 juta.
  • Asuransi Mudik A+: Produk asuransi yang memberikan perlindungan selama tertanggung melakukan perjalanan mudik.
  • Asuransi Rekayasa: Produk asuransi yang memberikan pertanggungan untuk proyek konstruksi bangunan, jalan, jembatan.
  • Asuransi Rangka Kapal: Produk asuransi yang memberikan jaminan terhadap klaim atau kewajiban apa pun dari pihak ketiga yang disebabkan oleh tabrakan kapal.
  • Asuransi Uang: Produk asuransi yang memberikan jaminan ganti rugi terhadap kerugian dan kehilangan yang dialami oleh tertanggung selama pengiriman uang baik dari premises atau lokasi tertanggung ke bank atau sebaliknya.
  • Asuransi Custom Bond: Produk asuransi yang memberikan jaminan ganti rugi selaam impor bahan / peralatan konstruksi.
  • Asuransi Usaha A+: Produk asuransi yang memberikan jaminan atas risiko Kematian akibat kecelakaan yang terjadi saat berada di tempat usaha.
  • Asuransi Griya A+: Produk asuransi yang memberikan jaminan terhadap kebakaran, tersambar petir, ledakan, kejatuhan pesawat terbang dan asap.
  • Asuransi Gempa Bumi: Produk asuransi yang memberikan jaminan ganti rugi apabila terjadi kerusakan akibat gempa bumi.

Asuransi Umum Syariah

  • Aswata Kencana Takaful: Produk asuransi yang memberikan jaminan ganti rugi kepada peserta terhadap kerugian dan atau kerusakan pada kendaraan bermotor atau kepentingan yang dipertanggungkan, berdasarkan syarat dan kondisi polis.
  • Aswata Kirana Takaful: Produk asuransi yang memberikan jaminan perlindungan dari risiko kebakaran bangunan rumah tinggal, pabrik, gedung perkantoran, toko, supermarket, dan mall akibat kebakaran, sambaran petir, ledakan kimia, pesawat jatuh, dan asap.
  • Aswata Alat Berat Takaful: Produk asuransi yang memberikan jaminan perlindungan terhadap kerusakan alat-alat berat, seperti kerusakan pada Excavator, Bulldozer, Grader, Traktor, Forklift, Dump Truck, dsb yang disebabkan oleh tabrakan, perbuatan jahat, kebakaran, dan pencurian.

 

  • Aswata Safiya (Umrah): Produk asuransi yang memberikan jaminan pemberian santunan meninggal dunia mulai dari Rp25 juta dan santunan pemakaman Rp1 juta.

 

Cari tahu premi asuransi Wahana Tata dengan cara mengakses laman produk di situs resmi perusahaan, menghubungi agen, maupun broker asuransi terkait.

Pada umumnya, premi asuransi dipengaruhi oleh berbagai faktor berikut:

  • Jenis asuransi yang diambil oleh pemegang polis.
  • Profil tertanggung: usia, pekerjaan, jenis kelamin, riwayat penyakit, dan lain-lain.
  • Jenis dan nilai aset atau harta benda yang diasuransikan.
  • Cakupan pertanggungan, mulai dari pertanggungan utama hingga rider (pertanggungan tambahan).

Pembayaran premi asuransi Wahana Tata bergantung pada ketentuan pada polis asuransi. Sila menghubungi call center Wahana Tata, agen, maupun broker asuransi terkait. Atau, perhatikan informasi panduan pembayaran premi pada polis.

Terdapat perbedaan antara agen dan broker asuransi. Agen asuransi biasanya adalah orang pribadi atau perusahaan yang bekerja mewakili perusahaan asuransi. Sementara itu, broker adalah pihak independen yang menjadi perantara antara perusahaan asuransi dengan calon nasabah.

Wahana Tata memiliki sistem keagenan asuransi tersendiri dalam upaya menunjang tingkat pemasaran yang tinggi. Keagenan ini dibuka secara umum bagi masyarakat. Untuk mengetahui informasi seputar agen Wahana Tata, calon agen dapat menghubungi kantor Aswata terdekat.

Selain melalui agen, calon nasabah bisa mendapatkan proteksi asuransi melalui peran broker asuransi. Lifepal sebagai broker asuransi online yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dapat memberikan bantuan mendapatkan produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran. 

Namun pada saat ini, Lifepal belum bekerja sama dalam memasarkan produk asuransi dari Wahana Tata. Untuk mendapatkan referensi terkait produk perlindungan dari perusahaan asuransi lainnya yang serupa dengan produk dari Wahana Tata, calon nasabah dapat mengunjungi Lifepal dan sekaligus berkonsultasi secara gratis.

Layanan nasabah atau call center Wahana Tata dapat dicapai dengan berbagai media. Adapun informasi lebih jelas mengenai produk, klaim Wahana Tata, dan sebagainya, silakan menghubungi kontak berikut.

  • Counter Customer Service Asuransi Wahana Tata: Jl. H. R. Rasuna Said. C-4, Jakarta 12920
  • Aswata Call Center: (021) 5203145, 5203146
  • Tanya Aswata: 021-1500298 yang bisa diakses 24 jam
  • Email: [email protected]
  • Faksimili: (021) 5203149, 5205222-23
  • Instagram: instagram.com/aswata_id/
  • Facebook: facebook.com/aswata.id
  • LinkedIn: linkedin.com/company/aswata
  • Website: www.aswata.co.id

Karena perusahaan asuransi Wahana Tata memang bergerak di industri B2B alias business to business, maka rekanannya pun kebanyakan perusahaan besar. Asuransi Wahana Tata memiliki rekanan seperti reasuransi, surveyor dan adjuster, finance dan leasing yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Berikut daftar rekanan perusahaan Wahana Tata.

Reasuransi

Reasuransi Luar Negeri

  • Swiss Reinsurance Company, Limited
  • General Insurance Corporation of India
  • Odyssey Reinsurance Company
  • Asia Capital Reinsurance Group Pte, Ltd
  • Chaucer Syndicate
  • Aspen Insurance UK, Limited
  • Peak Reinsurance Company, Limited
  • Echo Reinsurance Limited
  • Ascot Underwriting Asia (Pte) Ltd
  • ArgoGlobal Underwriting Asia Pacific
  • Pioneer Underwriters
  • Trust International Insurance and Reinsurance Company
  • Munich Reinsurance Company
  • MS Amlin

Reasuransi dalam Negeri

  • PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero)
  • PT Tugu Reasuransi Indonesia
  • PT Asuransi MSIG Indonesia
  • PT Tripakarta
  • PT Reasuransi Nasional Indonesia

Surveyor & adjuster

Mitra Perusahaan Penilai Kerugian

  • PT Cunningham Lindsey Indonesia
  • PT Dharma Nilaitama
  • PT General Adjuster Indonesia
  • PT Global Internusa Adjusting
  • PT Pandu Halim Perkasa
  • PT Prima Adjusterindo Mandiri
  • PT Radita Hutama Internusa
  • PT Satria Dharma Pusaka Crawford THG

Surveyor

  • PT Noble Denton Indonesia
  • PT Carsurin
  • PT Asuka Bahari
  • PT Riswan Brahmana Mandiri Survei

Finance & leasing

Bank Pemerintah

  • Bank Negara Indonesia (BNI)
  • Bank Rakyat Indonesia (BRI)
  • Bank Mandiri 

Bank Swasta

  • Bank Central Asia
  • Bank Permata
  • Maybank
  • Bank CIMB Niaga
  • Bank danamon
  • Bank Mega
  • Bank BTPN
  • Bank HSBC
  • Bank QNB
  • Bank Mayora
  • Bank OCBC NISP
  • Bank Maspion
  • Bank UOB
  • Bank Jasa Jakarta
  • Bank CCB
  • Bank DKI
  • Bank Capital
  • Bank DBS
  • Bank Mas
  • Bank ANZ
  • Bank Chinatrust Indonesia
  • Bank Banten
  • Bank ICBC Indonesia
  • Bank J Trust
  • Bank Kaltimtara

Leasing dan Multifinance

  • Dipo Star Finance
  • BFI Finance
  • Andalan Finance
  • U Finance
  • Mandiri Tunas Finance
  • Radana Finance
  • Mandiri Utama Finance
  • CSUL Finance
  • Buana Finance
  • Hasjrat Multifinance
  • MPM Finance
  • ORIX Indonesia Finance
  • Maybank Finance
  • CIMB Niaga AUto Finance
  • BCA Finance
  • Mandiri Finance
  • SG Finance
  • WOM Finance
  • Indomobil Finance
  • HINO Finance Indonesia
  • BRI Finance

Lokasi kantor asuransi Wahana Tata tersebar di seluruh Indonesia. Hingga tahun 2019, asuransi Wahana Tatat memiliki 78 kantor cabang. Berikut daftar beberapa lokasi dan alamatnya.

Alamat Kantor Pusat Wahana Tata

Gedung Asuransi Wahana Tata

Jl. H.R. Rasuna Said Kav. C4,Jakarta 12920

Tel. (021) 5203145, 5203146

Fax. (021) 5203149, 5205222-23

Call Center : 1500 298 (AWT)

e-mail: [email protected]

website: www.aswata.co.id

Alamat Kantor cabang Wahana Tata

  • BANDAR LAMPUNG: JI. Laksamana Malahayati No. 43, Bandar Lampung 35224, Tel : (0721) 482 853, 487 701, 487 692
  • BEKASI: Plaza Permata Bekasi Blok A 1 – 2, JI. Jend. A. Yani, Bekasi 17131, Tel : (021) 884 1355 (Hunting)
  • BOGOR: JI. Raya Pajajaran No. 257, Warung Jambu, Bogor 16153, Tel : (0251) 838 6538-39, 833 2474
  • DEPOK: Ruko Water Park No. 8 Grand Depok City, Kel. Sukmajaya, Kec. Tirtajaya Depok 16412, Tel : (021) 2941 6209
  • JAKARTA AGENCY: JI. Tanah Abang III/ 21, Jakarta 10160, Tel : (021) 344 9688 (Hunting), 344 9687
  • KARAWANG: Ruko Arcadia XII A Blok A28 Galuh Mas, Karawang 41361, Tel/Fax : (0267) 840 1142
  • PONTIANAK: JI. Veteran No. 12 B, Pontianak 78121, Tel : (0561) 730 281, 730 572
  • TANGERANG: Karawaci Office Park Blok 1 No. 28-29, Lippo Karawaci, Tangerang 15821, Tel : (021) 553 3335 (Hunting)
  • MEDAN: JI. Pemuda No. 9, Medan 20151, Tel : (061) 453 6263 (Hunting)
  • PALEMBANG: JI. Kol. H. Burlian No.175 Km. 5 Palembang 30151, Tel: (0711) 415 816 (Hunting)
  • KENDARI: JI. Martandu, Kel. Anduonohu, Kendari, Sulawesi Tenggara 93231, Tel : (0401) 313 6458

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • https://www.aswata.co.id/
  • https://www.wartaekonomi.co.id/read237849/gandeng-msig-indonesia-aswata-luncurkan-asuransi-khusus-wanita.html

Apa Kata Mereka Tentang Kami

qudratullah Akim
qudratullah Akim
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Pusaka Ayudiguna
Pusaka Ayudiguna
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Tri Aprilistiyani
Tri Aprilistiyani
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
didik setyadi
didik setyadi
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0

Mereka yang Sudah Percaya pada Lifepal

Client Lifepal
Client Lifepal