Rekomendasi Asuransi Jiwa Murni Terbaik

Bisnis rekomendasi

Banyak perusahaan yang menawarkan produk asuransi jiwa murni dengan keunggulannya masing-masing. Nah, Lifepal sudah merangkum seperti apa asuransi jiwa murni yang bagus disertai rekomendasi produk-produk asuransi jiwa murni terbaik yang bisa kita pilih.

Pertama- tama, mari kita bahas karakteristiknya dulu, ya.

Karakteristik Asuransi Jiwa Murni

Sebelum menentukan pilihan, tentu kita harus tahu betul seluk-beluk produk asuransi ini. Untuk membedakannya dengan jenis asuransi lain, ada tiga karakteristik yang dapat kita amati.

1. Asuransi jiwa murni atau term life memberikan perlindungan selama jangka waktu tertentu

Rata-rata berkisar antara 5-20 tahun masa pertanggungan. Jangka waktu perlindungan bebas dipilih, tergantung kebutuhan kita. 

Asuransi yang memberikan perlindungan seumur hidup, jelas bukan term life. Proteksi asuransi yang tidak memberi batasan waktu ini disebut whole life. Periode pertanggungan menjadi penting. Masa pertanggungan yang terbatas menurunkan harga premi. Makin panjang, maka makin mahal preminya. 

2. Manfaat meninggal diberikan jika tertanggung meninggal dalam masa pertanggungan sebesar 100 persen uang pertanggungan 

Meninggal bisa disebabkan oleh sakit atau kecelakaan. Sebagian perusahaan asuransi sudah menanggung kedua kondisi tersebut, namun tidak ada salahnya jika kita pastikan kembali pertanggungan yang ditawarkan.

Kemungkinannya, premi asuransi bulannya pun berbeda jika kedua kondisi tersebut turut dimasukkan ke dalam polis asuransi.

3. Ketiga, jika selama masa pertanggungan tidak terjadi musibah, premi yang sudah dibayarkan tidak dikembalikan

Tidak ada pengembalian premi alias hangus. Sebagian nasabah mungkin tidak menyadari hal ini, jadi jangan ragu untuk menanyakannya kepada agen asuransi atau perusahaan asuransi terkait supaya tidak ada salah paham, ya.

Perlindungan Apa yang Diberikan Asuransi Jiwa Murni?

Asuransi jiwa murni

Secara umum, asuransi jiwa murni memberikan perlindungan proteksi finansial untuk keluarga pihak tertanggung apabila tertanggung meninggal dunia. Uang pertanggungan yang akan diberikan berasal dari premi yang telah dibayarkan.

Premi dihitung berdasarkan pada usia masuk untuk polis dengan kontrak satu tahun (yearly renewable term) atau usia rata-rata untuk yang berjangka lebih dari satu tahun dan kondisi kesehatan di awal masa pertanggungan.

Ingat, premi akan tetap sama selama termasuk jangka waktu pertanggungan. Pada saat masa asuransi berakhir, kita dapat memperpanjangnya sampai usia tertentu. Tujuannya agar keluarga kita tetap bisa mendapatkan manfaat dari premi yang kita bayarkan.

Pilihan Produk Asuransi Jiwa Murni yang Direkomendasikan

Rekomendasi produk asuransi

Mari kita mulai mengulas perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi jiwa murni terbaik untuk kita pilih.

1. Manulife Asuransi Jiwa Pro Active Plus

Asuransi Manulife menawarkan ProActive Plus sebagai program asuransi jiwa yang memberikan perlindungan selama jangka waktu tertentu sesuai kebutuhan kita, yaitu 5-20 tahun masa pertanggungan. Hal yang perlu diketahui sebagai berikut.

  • Usia masuk tertanggung : 18-70 tahun.
  • Usia perpanjangan : 19-70 tahun.
  • Masa pertanggungan: 5-20 tahun.
  • Masa pembayaran premi: 5-20 tahun.
  • Metode pembayaran premi dapat dilakukan secara tahunan atau diangsur secara semesteran, kuartalan, atau bulanan.
  • Manfaat meninggal diberikan jika tertanggung meninggal dalam masa pertanggungan sebesar 100 persen uang pertanggungan.
  • Pengajuan klaim harus disampaikan kepada penanggung secara tertulis dalam waktu 90 (sembilan puluh) hari kalender terhitung sejak tertanggung meninggal dengan memberikan formulir klaim dan dokumen pendukung lainnya.

2. Asuransi Sun Life Term Life

Produk dari Sun Life Financial Indonesia ini memiliki beberapa keunggulan. Di antaranya kita leluasa untuk memilih masa pembayaran premi dimulai dari 5, 10, 15, hingga 20 tahun. Pembayaran premi juga bisa dilakukan bulanan, kuartalan, semesteran, dan tahunan. Di sini kita bisa menambahkan asuransi tambahan (rider) untuk mendapatkan perlindungan yang lebih menyeluruh juga. 

Pertama, rider untuk penyakit kritis, yaitu membayarkan santunan sejumlah 100 persen uang pertanggungan jika tertanggung menderita salah satu dari 40 penyakit kritis yang telah ditentukan dalam polis selama masa pertanggungan. Kedua, waiver of premium penyakit kritis, yang membebaskan kita dari kewajiban untuk membayar premi apabila didiagnosis menderita salah satu dari 40 penyakit kritis yang telah ditentukan dalam polis.

Hal yang perlu diketahui:

  • Usia masuk tertanggung: 0-70 tahun.
  • Pemilik polis: minimal 18 tahun.
  • Uang pertanggungan: minimal Rp100 juta.
  • Frekuensi pembayaran premi: 5, 10, 15, 20 tahun.
  • Masa asuransi: mengikuti masa pembayaran premi.

3. Prudential PRUlife Cover

Asuransi jiwa Prudential PRUlife Cover memberikan manfaat berupa uang pertanggungan jika tertanggung meninggal sebelum berakhirnya masa pertanggungan atau menderita cacat total dan/atau cacat tetap sebelum berusia 60 tahun selama polis masih berlaku. Hal yang perlu diketahui:

  • Pemegang polis terbuka bagi individu yang berusia minimal 21 tahun dan maksimal 70 tahun.
  • Usia masuk tertanggung 6 bulan hingga 70 tahun (ulang tahun berikutnya).
  • Pilihan jangka waktu pertanggungan sampai dengan usia tertanggung 70, 75, 80, 85 atau 99 tahun.
  • Pilihan masa pembayaran 5, 10, 15 dan 20 tahun.
  • Minimum uang pertanggungan sebesar Rp 20 juta.
  • Premi dapat dibayarkan secara tahunan, 6 bulanan, 3 bulanan, atau bulanan.

4. Cigna Easy Future

Asuransi Jiwa Cigna Easy Future dengan syarat usia masuk 16-50 tahun ini memiliki beberapa manfaat, yakni memberikan santunan meninggal dunia akibat penyakit atau kecelakaan, santunan untuk risiko cacat tetap total, dan santunan tunai bertahap terjadwal.

Manfaat pertanggungannya pun beragam, antara lain:

  • Maksimum Rp500 juta untuk santunan cacat tetap total.
  • Maksimum Rp500 juta untuk santunan meninggal dunia akibat penyakit/alami.
  • Maksimum Rp1 miliar untuk santunan meninggal dunia akibat kecelakaan.
  • Maksimum Rp500 juta untuk santunan tunai bertahap terjadwal, mulai dari Rp 25 juta dan kelipatannya sesuai dengan paket rencana yang dipilih.

5. AXA Maestro Term 

Asuransi AXA Maestro Term akan memberikan 100 persen uang pertanggungan atas risiko meninggal dunia yang disebabkan oleh sakit atau kecelakaan. Manfaat ini dilengkapi dengan fasilitas diskon premi yang meningkat tiap tahun hingga mencapai usia 70 tahun. 

Nasabah mendapatkan uang pertanggungan atas segala kejadian sakit atau kecelakaan yang menyebabkan terjadinya risiko meninggal dunia. Keunggulan Asuransi Jiwa AXA Maestro Term sebagai berikut.

  • Perlindungan maksimal hingga usia 70 tahun.
  • Perpanjangan masa asuransi otomatis tanpa harus melakukan pemeriksaan medis ulang (guaranteed renewable).
  • Diskon premi yang besarnya meningkat dimulai sejak tahun ke-2 hingga mencapai usia 70 tahun.
  • Tersedia dalam pilihan pembayaran: bulanan, kuartalan, semesteran, dan tahunan secara autodebet dan transfer ke rekening virtual account.

Hal yang perlu diketahui terkait AXA Maestro Term:

  • Usia masuk: 0-65 tahun.
  • Usia maksimum perlindungan: 70 tahun.
  • Minimum Premi Tahunan: Rp500 ribu.
  • Minimum Uang Pertanggungan: Rp50 juta.

6. AXA Life & Save

Asuransi AXA Life & Save ini akan memberikan santunan duka kepada ahli waris sebesar Rp800 juta ketika tertanggung meninggal dunia karena kecelakaan dan sebesar Rp400 juta ketika tertanggung meninggal dunia. Hal yang perlu diketahui:

  • Usia masuk : 18-55 tahun.
  • Masa pertanggungan : 10 tahun.
  • Minimum premi : Rp 150,000 untuk Plan A.
  • Cara bayar : bulanan dan tahunan.

7. Sequis My Life Protection

Produk yang dikeluarkan oleh PT AJ Sequis Life  ini menawarkan manfaat meninggal dunia baik yang disebabkan oleh kecelakaan maupun bukan, serta manfaat cacat total dan tetap sampai tertanggung berusia 60 tahun.

Manfaat Asuransi Jiwa Sequis My Life Protection.

1. Manfaat meninggal dunia yang tidak disebabkan oleh kecelakaan

Ahli waris akan mendapatkan santunan berupa 100 persen uang pertanggungan apabila tertanggung meninggal dunia dalam masa asuransi.

Ahli waris akan mendapatkan 100 persen pengembalian uang premi yang telah dibayarkan apabila tertanggung meninggal dunia akibat serangan jantung, stroke, diabetes, sirosis, kanker, gagal ginjal, atau HIV/AIDS pada tahun pertama.

2. Manfaat meninggal dunia yang disebabkan oleh kecelakaan

Ahli waris akan menerima uang santunan sebesar 200 persen dari uang pertanggungan sesuai rencana yang dipilih apabila tertanggung meninggal dunia dalam masa asuransi.

3. Manfaat cacat total dan tetap

Perusahaan asuransi (penanggung) akan memberikan uang santunan sebesar 100 persen dari uang pertanggungan apabila nasabah (tertanggung) menderita cacat total dan tetap dalam masa asuransi.

Asuransi jiwa murni adalah pilihan terbaik untuk proteksi keluarga. Premi yang murah dan uang pertanggungan yang besar menjadi keunggulan dibandingkan jenis asuransi lain.

Jangan ragu untuk mencari tahu lebih banyak mengenai produk-produk asuransi terbaik untuk kita dan keluarga sekarang juga hanya di Lifepal!