Rahasia Memilih Asuransi yang Bagus Ala Lifepal!

Sering kali, banyak orang yang memutuskan membeli produk asuransi setelah mendapatkan penawaran. Ini menunjukkan, kesadaran masyarakat kita untuk melindungi diri dan keluarganya dengan asuransi masih rendah. 

Faktornya beragam, bisa karena tingkat literasi tentang asuransi yang rendah. Atau karena sulitnya mengakses produk asuransi yang beragam, serta bingung menentukan pilihan produk asuransi yang bagus. 

Lifepal punya solusi untuk kita yang berencana membeli asuransi, tapi masih bertanya-tanya tentang asuransi yang bagus dan cocok untuk kebutuhan kita. Simak ulasannya berikut ini. 

Poin-Poin Penting dalam Memilih Asuransi yang Bagus 

Saat ini di Indonesia perusahaan asuransi yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencapai 151 perusahaan. Jumlah tersebut termasuk perusahaan asuransi umum sebanyak 76 perusahaan dan asuransi jiwa sebanyak 50 perusahaan. 

Sisanya berasal adalah perusahaan reasuransi, asuransi wajib, dan asuransi sosial. Tentu jumlah yang sangat banyak dengan beragam produk, kerap membuat kita bingung menentukan pilihan produk asuransi. 

Pertama-tama dalam memilih produk asuransi, tentukan dulu perusahaan asuransinya. Dari daftar perusahaan asuransi di OJK, kita mesti menentukan dulu perusahaan asuransi mana. Berikut tips memilih perusahaan asuransi yang disarankan OJK: 

  1. Pastikan perusahaan Asuransi yang akan dipilih telah terdaftar di OJK dan Asosiasi. Dapat juga dilihat melalui website OJK dan Asosiasi atau ditanyakan langsung ke Layanan Konsumen OJK. 
  2. Perhatikan kekuatan keuangan suatu perusahaan asuransi yang secara sederhana dapat dilihat melalui besaran Risk Base Capital (RBC) minimal 120%. Sebagai informasi, RBC adalah cara untuk mengukur tingkat kesehatan keuangan yang menandakan, perusahaan asuransi tersebut mampu untuk membayar klaim hingga menjalankan investasi. 
  3. Cek pula rasio keuangan perusahaan seperti: aset dan kewajibannya yang dipublikasikan lewat media massa. 
  4. Selain itu, cek juga keuntungan perusahaan setiap tahunnya. Pastikan perusahaannya memiliki underwriter yang berpengalaman dan ahli, yang dapat dilihat dari profil perusahaan. 
  5. Cek juga syarat pemenuhan perusahaan asuransi yang diwajibkan OJK. OJK mensyaratkan perusahaan asuransi memiliki tenaga ahli di Kantor Pusat. Ajun ahli di seluruh kantor cabang, dan juga tenaga aktuaris. 
  6. Perhatikan gambaran tentang kualitas jasa yang telah diberikan oleh perusahaan. Seperti berapa lama proses penerbitan polis, pelayanan atau servis tambahan yang diberikan, kualitas rekanan yang ditunjuk (seperti rumah sakit, bengkel rekanan, dan lainnya). 
  7. Cari tahu rekam jejak perusahaan asuransi tersebut. Misalnya soal pembayaran polis, sengketa dengan konsumen atau ketentuan lain. 

Tips Memilih Produk Asuransi yang Bagus

Setelah menentukan pilihan perusahaan asuransi mana yang dipilih, kita dapat mencari tahu dan mengecek produk asuransi yang dimiliki. Apabila masih bingung memilih produk asuransi yang bagus dan seperti diinginkan, kita bisa melakukan perbandingannya lewat Lifepal. 

Lifepal dapat menyesuaikan produk asuransi yang bagus, sesuai dengan kemampuan pembayaran premi dan manfaat yang kita inginkan. Meski begitu, perhatikan dasar-dasar memilih produk asuransi yang bagus dan telah dirangkum Lifepal dari berbagai sumber. 

  • Pilih produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan. Jangan pernah memutuskan untuk membeli produk asuransi karena hadiah, diskon, atau apalagi karena tidak enak dengan penawaran broker atau agen asuransi
  • Apabila kita masih ragu dan perlu mendapatkan pertimbangan dari pihak ketiga. Kita bisa meminta saran dari pengamat keuangan atau pihak ketiga. Saran mereka kemungkinan objektif dan bisa jadi pertimbangan. Bisa juga bertanya ke salah nasabah dari perusahaan asuransi yang kita kenal. 
  • Hitung detail dan teliti premi yang dibayarkan. Jangan sampai membayar premi mahal namun manfaat yang diterima justru tidak besar. 
  • Cermati polis asuransi yang kita pilih.
  • Pastikan agen asuransi yang membantu mengurus pembelian produk asuransi adalah agen yang profesional, yang memiliki sertifikasi keagenan. 
  • Tanyakan secara rinci mengenai manfaat yang diberikan, kondisi yang dipersyaratkan, dan pengecualian jaminannya. Pengecualian penting kita ketahui, sebab sering menjadi alasan penolakan pengajuan klaim oleh perusahaan asuransi.

10 Perusahaan Asuransi yang Bagus di Indonesia 

Pria meliha perusahaan

Dalam memilih perusahaan asuransi hendaknya kita mencermati tingkat kesehatan keuangan perusahaan. Ini penting, agar kelak kita tidak mengalami kesulitan saat melakukan pencairan dan merasakan manfaat dengan memiliki produk asuransi tersebut. 

Tingkat kesehatan perusahaan asuransi dapat dilihat dari asetnya. Ada 10 perusahaan asuransi jiwa dengan aset terbesar saat ini. 

Kesepuluh perusahaan tersebut bisa jadi pertimbangan kita apabila memutuskan untuk membeli asuransi. Dengan aset yang besar, maka ada jaminan perusahaan asuransi tidak kesulitan membayar klaim asuransi kepada nasabahnya. 

Boleh dibilang, kesepuluh perusahaan asuransi jiwa tersebut adalah perusahaan asuransi yang bagus di Indonesia. Berikut perusahaan asuransi dengan aset terbesar versi Lifepal. Nilai aset dikutip dari laporan keuangan yang dipublikasikan di situs web perusahaan. 

1. PT Prudential Life Assurance

Beroperasi di Indonesia sejak tahun 1995 dan dapat dikatakan sebagai  pemimpin pasar untuk kategori perusahaan asuransi di Indonesia. Prudential Indonesia melayani lebih dari 2,3 juta nasabah melalui lebih dari 277.000 tenaga pemasar berlisensi di 408 Kantor Pemasaran Mandiri (KPM) di seluruh Nusantara termasuk Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung, Yogyakarta, Batam dan Bali. Pada tahun 2018, total aset perusahaan mencapai Rp78,93 triliun.

2. AIA Financial

AIA Indonesia merupakan anak perusahaan AIA Group. AIA menawarkan berbagai produk asuransi, produk asuransi syariah, yang meliputi asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan diri, asuransi yang dikaitkan dengan investasi, program kesejahteraan karyawan, program pesangon, dan program Dana Pensiun (DPLK). Produk-produk tersebut dipasarkan oleh lebih dari 10.000 tenaga penjual berpengalaman dan profesional melalui beragam jalur distribusi seperti keagenan, Bancassurance dan Corporate Solutions (Pension & Employee Benefits). 

Total aset AIA Financial pada tahun 2018 berdasarkan laporan keuangan yang dipublikasikan, mencapai Rp56,12 triliun. 

3. PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia

Manulife Indonesia berdiri sejak tahun 1985. Manulife Indonesia menawarkan beragam layanan keuangan termasuk asuransi jiwa, asuransi kecelakaan dan kesehatan, layanan investasi dan dana pensiun kepada nasabah individu maupun pelaku usaha di Indonesia. 

Melalui jaringan lebih dari 9.000 karyawan dan agen profesional yang tersebar di 25 kantor pemasaran, Manulife Indonesia melayani lebih dari 2,5 juta nasabah di Indonesia. Pada tahun 2018, total aset Asuransi Jiwa Manulife Indonesia konvensional mencapai Rp45,7 triliun. 

4. Asuransi Allianz Life Indonesia

Allianz Indonesia memulai bisnisnya dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Allianz memasuki bisnis asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia di tahun 1996. 

Kini Allianz Indonesia didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan, dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan. Allianz melayani lebih dari tujuh juta tertanggung di Indonesia. Pada tahun 2018, total aset Asuransi Allianz Life Indonesia secara konsolidasi mencapai Rp35,26 triliun. 

5. Asuransi Simas Jiwa 

Asuransi Simas Jiwa pertama kali beroperasi pada tahun 1995. Dalam perjalanannya, perusahaan berubah menjadi PT Asuransi Jiwa Mega Life dengan kepemilikan saham masing-masing 50% bagi Sinar Mas dan Mega Corp. Simas Jiwa melayani produk investasi, dana pensiun dan asuransi jiwa. Pada laporan keuangan tahun 2018, total aset Asuransi Simas Jiwa mencapai Rp30,91 triliun. 

6. AXA Mandiri Financial Services

AXA Mandiri Financial Services adalah perusahaan patungan antara PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dan National Mutual International Pty. Limited (AXA). AXA Mandiri menjadi pemimpin perusahaan asuransi yang menguasai jalur bancassurance, dan telemarketing. 

AXA Mandiri telah memiliki 2.000 Financial Advisor di lebih dari 1.100 cabang Bank Mandiri, dan 270 cabang Bank Syariah Mandiri di seluruh Indonesia, serta didukung lebih dari 500 Tele Sales dan Corporate Sales Officer pada jalur telemarketing dan korporasi. 

Pada tahun 2018 berdasarkan laporan keuangan yang dipublikasikan, total aset Axa Mandiri mencapai Rp29,57 triliun.  

7. Indolife Pensiontama

Beroperasi sejak tahun 1991, Indolife Pensiontama merupakan bagian dari kelompok usaha grup Salim. Indolife menawarkan produk asuransi jiwa individu, kumpulan, dan layanan dana pensiun. Pada tahun 2018 berdasarkan laporan keuangan yang dipublikasikan, aset Indolife mencapai Rp28,47 triliun. 

8. Sequis Life 

Sequis Life fokus melayani nasabah individu dan kumpulan, melalui jalur distribusi keagenan. Produk yang ditawarkan mencakup asuransi jiwa dan kesehatan. Seqius Life melayani lebih dari 410.000 jumlah polis serta didukung lebih dari 15.000 tenaga pemasaran profesional.

Hingga akhir 2018, Sequis Life memiliki total aset sebesar Rp 18,4 triliun berdasarkan publikasi laporan keuangan.  

9. BNI Life Insurance

BNI Life adalah perusahaan asuransi joint venture dengan BNI sebagai pemegang saham sebesar 60%. Lalu Sumitomo Life Insurance sebesar 40%. Perusahaan memiliki produk asuransi jiwa, kesehatan, pendidikan, investasi, dan simpanan hari tua. Dalam publikasi laporan keuangan tahun 2018, jumlah aset BNI Life mencapai Rp17,28 triliun.  

10. Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG

Sinarmas MSIG Life merupakan perusahaan asuransi joint venture dengan grup asuransi raksasa Jepang, Mitsui Sumitomo Insurance. Sinarmas MSIG merupakan perusahaan yang tercatat di BEI. 

Saat ini kegiatan operasional Sinarmas MSIG Life diselenggarakan di 65 kantor pelayanan dan tenaga pemasar mencapai 8.200 pemasar. Ada pun jumlah nasabah invidu dan kelompok mencapai 1,2 juta. Total aset Sinarmas MSIG Life per 2018 sebesar Rp14,64 triliun. 

Demikian informasi dan penjelasan dalam memilih produk asuransi yang bagus. Semoga dapat membantu, ya! Apabila masih membutuhkan bantuan dalam memilih produk asuransi yang bagus, jangan ragu untuk menghubungi tim Lifepal yang dengan senang hati membantu memberikan referensi asuransi yang sesuai dengan kebutuhan kita!