Perusahaan Asuransi yang Terdaftar dalam OJK

perusahaan asuransi

Ada fakta menarik bahwa saat ini hanya sekitar 1,7 persen saja penduduk Indonesia yang memiliki asuransi, walaupun sudah ada puluhan perusahaan asuransi yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Fakta tersebut memiliki banyak tafsiran. Salah satunya, perusahaan asuransi masih memiliki banyak peluang untuk melakukan penetrasi dan edukasi pasar tentang pentingnya asuransi.

Teman Andalan Untuk Kebutuhan Asuransimu

  • Bandingkan lebih dari 100 polis
  • Konsultan terbaik di sisimu
  • Bantuan klaim gratis dan mudah
Rp
+62

Tingkat Kesadaran Berasuransi Masih Rendah

Tingkat Kesadaran Perusahaan Asuransi yang Rendah

Sisi lainnya adalah kesadaran masyarakat Indonesia terhadap asuransi masih sangat rendah. Padahal di negara maju, asuransi menjadi hal yang paling penting dan tidak bisa dipisahkan untuk menghindari kerugian finansial yang sangat besar.

Ada persepsi yang keliru tentang asuransi yang berkembang di tengah masyarakat. Mereka menganggap bahwa asuransi adalah investasi jangka panjang yang tidak menguntungkan. 

Jika dilihat dari sisi investasi, memang nilainya cukup kecil jika dibandingkan dengan produk investasi lainnya. Inilah persepsi yang perlu diluruskan.

Asuransi Bukan Instrumen Investasi

Asuransi bukan produk investasi, melainkan produk untuk melindungi dari kerugian finansial saat terjadi musibah seperti sakit, serta kecelakaan yang mengakibatkan cacat total hingga kematian.

Adapun asuransi yang disatukan dengan investasi merupakan salah satu alternatif bagi mereka yang ingin mendapatkan benefit lain dari asuransi. 

Oleh karena itu, Anda perlu mempertimbangkan kembali ketika ingin membeli asuransi yang sesuai dengan kebutuhan maupun dengan kesiapan finansial.

Lambat laun, kesadaran tentang berasuransi di Indonesia semakin meningkat. Apalagi Indonesia termasuk salah satu negara cincin api yang rawan dengan bencana alam seperti gempa bumi, banjir, longsor, hingga potensi tsunami yang beberapa kali melanda Indonesia.

Fakta itulah yang seharusnya diantisipasi dengan memanfaatkan berbagai produk asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi dengan premi yang sangat terjangkau.

Perusahaan Asuransi Tawarkan Produk Secara Inovatif

Produk Perusahaan Asuransi yang Inovatif dan Terjangkau

Perusahaan asuransi kini lebih kreatif dalam mengemas produknya, sehingga bisa terjangkau semua kalangan bahkan oleh para pengemudi ojek online sekalipun.

Sebagai contoh saja, ada perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi demam berdarah yang selalu marak setiap memasuki musim hujan dengan premi yang sangat murah, hanya Rp 50 ribu per tahun.

Artinya, asuransi bukan lagi sesuatu hal yang eksklusif dan hanya dikhususkan pada kalangan tertentu saja, melainkan bisa dimiliki dan dijangkau oleh semua kalangan dengan pendapatan atau penghasilan di bawah UMR sekalipun.

Langkah ini tentu patut diapresiasi sebagai langkah tepat perusahaan asuransi dalam menarik masyarakat agar lebih sadar berasuransi.

Indonesia Memiliki Produk Asuransi Syariah

Produk asuransi di Indonesia pun cukup beragam, mulai dari asuransi konvensional hingga asuransi syariah yang sangat cocok bagi mayoritas penduduk di Indonesia.

Lalu, jika berbicara tentang perusahaan asuransi di Indonesia, kita bisa mengenal beberapa perusahaan dalam negeri maupun perusahaan Internasional yang sudah memiliki reputasi.

Berikut ini 10 di antaranya yang sudah terdaftar di OJK dan bisa menjadi acuan bagi Anda yang ingin mencari asuransi terbaik dengan premi yang sangat terjangkau.

Daftar Perusahaan Asuransi di Indonesia

Perusahaan Asuransi Allianz

Perusahaan Asuransi Allianz

Allianz adalah salah satu perusahaan asuransi terkemuka internasional yang memiliki cabang di Indonesia dengan fokus usaha dalam layanan asuransi serta manajemen aset.

Perusahaan ini didirikan pada tahun 1980 di Jerman dan sudah berpengalaman selama puluhan tahun. Para pecandu sepak bola pasti mengetahui Allianz Arena yang menjadi markas klub sepak bola ternama asal Jerman, Bayern Munich.

Allianz memiliki 76 juta nasabah di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Allianz mulai hadir di Indonesia sejak tahun 1981, namun baru resmi berdiri pada tahun 1989 dengan pelayanan asuransi umum.

Puncaknya pada tahun 2006, Allianz membentuk PT Asuransi Allianz Life Indonesia yang memberikan layanan dalam bidang asuransi jiwa, kesehatan, dan dana pensiun.

Jaringan Allianz di Indonesia termasuk yang paling banyak, dengan cakupan hingga 44 kota dan 88 titik pelayanan di Indonesia. Di Indonesia sendiri, jumlah nasabah Allianz sudah mencapai 1,8 juta pada tahun 2010.

Perusahaan Asuransi Prudential 

Perusahaan asuransi yang didirikan pada tahun 1995 ini merupakan bagian dari jaringan perusahaan ternama di Inggris. PT. Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) hingga saat ini sudah memiliki nasabah sekitar 2,3 juta pada tahun 2017.

Selain memiliki produk asuransi unit link, Prudential juga memiliki produk asuransi syariah yang diluncurkan sejak tahun 2007. 

Perusahaan ini sudah berpengalaman selama hampir 168 tahun di bidang asuransi. Di Indonesia sendiri jumlah dana yang dikelola dari nasabah mencapai Rp 70 triliun lebih.

Perusahaan Asuransi AIA Financial

Para penggemar liga Inggris pasti tidak asing dengan sponsor AIA. Perusahaan asuransi yang satu ini hingga kini masih menjadi sponsor klub Tottenham Hotspur. 

AIA Financial (AIA) adalah salah satu perusahaan asuransi ternama di Indonesia. Pastinya, perusahaan ini sudah resmi terdaftar dalam OJK. 

Produk asuransi yang ditawarkan AIA termasuk cukup lengkap meliputi asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan, hingga dana pensiun.

Perusahaan Asuransi AXA Mandiri

Perusahaan Asuransi AXA

Perusahaan Asuransi Axa Mandiri merupakan perusahaan patungan dengan PT. Bank Mandiri. Sehingga dari namanya saja sudah tersemat kata Mandiri di belakangnya.

AXA Mandiri Financial Services masuk dalam bagian perusahaan asuransi yang diperhitungkan di Indonesia. Perusahaan ini sudah berdiri sejak tahun 2003 dan merupakan bagian dari AXA Group yang memiliki jumlah nasabah mencapai 104 juta di 64 negara yang berbeda.

Perusahaan Asuransi Indolife

Perusahaan ini dikenal sejak tahun 1991 dengan inti produk asuransi jiwa dan dana pensiun. Berada dalam naungan Salim Group di ibukota, Indolife dikenal berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik bagi nasabahnya.

Jika Anda mengenal mi instan paling favorit di Indonesia yang merupakan produk dari Indofood, sudah pasti Anda mengenal layanan mereka terhadap masyarakat Indonesia.

Perusahaan Asuransi Sequis

PT Asuransi Jiwa Sequis Life merupakan salah satu perusahaan asuransi terpercaya di Indonesia yang telah terdaftar dalam OJK. Perusahaan yang didirikan 34 tahun yang lalu ini memiliki jumlah polis lebih dari 440 ribu dengan jaringan hingga 29 kota di Indonesia.

Berbagai macam produknya seperti asuransi kesehatan, jiwa, dan asuransi untuk karyawan. Selain itu, mereka juga memiliki unit usaha untuk memasarkan reksa dana melalui PT. Sequis Aset Manajemen.

Perusahaan Asuransi BNI Life

Perusahaan Asuransi BNI

Perusahaan asuransi yang didirikan pada tahun 1997 ini merupakan anak perusahaan dari PT. Bank Negara Indonesia (Persero). 

BNI Life Insurance (BNI Life) adalah perusahaan asuransi antara PT. Bank negara Indonesia dengan saham 60 persen dan Sumitomo Life Insurance Company dari Jepang dengan kepemilikan saham hingga 39,9 persen.

BNI Life termasuk salah satu perusahaan asuransi top di Indonesia. Terbukti pada masa sulit di tahun 2015, BNI Life tetap bisa masuk dalam 5 jajaran perusahaan asuransi jiwa dengan new business premium.

Perusahaan Asuransi Reliance Indonesia

Dulu memang jarang sekali perusahaan yang memberikan proteksi untuk kendaraan. Di samping belum banyak yang menyadari pentingnya asuransi kendaraan, produknya pun masih terbatas.

Melihat peluang tersebut, asuransi Reliance Indonesia yang didirikan pada tahun 2002 sudah langsung mengeluarkan produk asuransi kendaraan bermotor serta berbagai macam produk asuransi umum lainnya.

Hingga saat ini, PT. Asuransi Reliance Indonesia sudah memiliki lebih dari 500 ribu nasabah dengan 4 kantor cabang dan 8 kantor perwakilan di seluruh Indonesia. 

Perusahaan Asuransi Sinar Mas

Asuransi yang berada di bawah naungan induk perusahaan Sinar Mas ini bermana PT. Asuransi Sinar Mas (ASM) pada tahun 1985 dengan nama yang berbeda. Asuransi Sinar Mas termasuk salah satu perusahaan terkemuka yang memberikan proteksi kepada para nasabahnya.

Hingga tahun 2014 saja, ASM sudah memiliki 33 kantor cabang dan 71 kantor cabang pemasaran di seluruh Indonesia. Bukan hanya menawarkan produk asuransi kesehatan saja, ASM juga unggul dalam asuransi properti, pengangkutan, hingga proteksi kredit UKM.

Pada tahun 2014, Indonesia Insurance Consumer Choice Awards memilih ASM sebagai The Best General Insurance Company in 2014.

Perusahaan Asuransi FWD

Perusahaan ini memiliki jaringan di Hong Kong, Macau, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Jepang. FWD didirikan pada tahun 2013 dengan nama perusahaan PT. FWD Life Indonesia (FWD Life).

Perusahaan ini sudah merambah dalam pemasaran online dengan premi yang sangat terjangkau, Perusahaan asuransi ini berada di bawah naungan FWD Group. Mereka menyasar kalangan yang sudah melek digital dengan memanfaatkan teknologi terkini.

Dari berbagai perusahaan asuransi di atas, Anda bisa memilih perusahaan yang mana dengan premi yang disesuaikan kebutuhan pribadi atau keluarga. Jadi, mau pilih yang mana?