Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI) dan Peran bagi Masyarakat

asuransi syariah aasi di indonesia

Dalam industri asuransi terdapat sebuah organisasi nirlaba yang berperan untuk mengawasi dan membantu perusahaan asuransi dalam menjalankan tugasnya. 

Salah satu contohnya adalah Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia atau AASI yang ditujukan untuk para perusahaan asuransi syariah atau yang memiliki unit syariah.

Namun, apa saja peran dan manfaatnya bagi masyarakat? Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Apa itu Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI)?

Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia atau AASI adalah sebuah organisasi nirlaba Indonesia yang menaungi seluruh perusahaan asuransi yang memiliki unit syariah maupun perusahaan yang khusus menyediakan asuransi syariah.

Yang dimaksud dengan unit syariah adalah perusahaan asuransi konvensional yang memiliki unit tersendiri, contohnya adalah Adira Syariah yang berada di bawah naungan Asuransi Adira Dinamika

Namun, ada juga beberapa perusahaan asuransi yang pada dasarnya bergerak di bidang asuransi, contohnya adalah Takaful Keluarga dan Takaful Umum.

Lembaga ini berdiri sejak tahun 2003 dan dihadirkan dengan tujuan menjadi wadah yang bisa mengawasi kegiatan tiap perusahaan asuransi syariah baik itu di dalam maupun luar negeri. Maksudnya agar setiap perusahaan dapat memenuhi tiap kewajibannya terhadap nasabah dengan baik.

Visi dan misi Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI)

pertemuan bisnis aasi

Visi yang dimiliki AASI adalah menyajikan tenaga kerja asuransi syariah yang tersertifikasi secara objektif, kredibel, dan terpercaya. 

Misi penting yang dimilikinya AASI adalah akan terus bekerja sama dengan para stakeholders untuk mendorong kinerja asuransi syariah sehingga asuransi syariah dapat menjadi pilihan perencanaan keuangan masyarakat dan menjawab kemungkinan risiko yang terjadi di masa depan.

Peran Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI)

Dalam praktiknya, terdapat beberapa peran utama lembaga ini dalam industri asuransi syariah di Indonesia, yaitu sebagai berikut.

1. Wadah aspirasi masyarakat dan perusahaan asuransi

AASI memiliki peran menjadi wadah bagi masyarakat maupun perusahaan asuransi syariah dalam menyampaikan aspirasinya. Aspirasi tersebut nantinya akan menjadi masukkan yang membangun dalam kelangsungan industri asuransi syariah.

2. Sumber kepercayaan masyarakat

AASI sebagai jembatan antara masyarakat dan perusahaan asuransi syariah berperan penting dalam memberikan perlindungan konsumen dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan yang bisa merusak citra asuransi syariah.

3. Perwakilan bagi perusahaan asuransi syariah

AASI juga berperan membantu para perusahaan asuransi syariah untuk pengurusan dokumen yang membutuhkan persetujuan dari asosiasi terkait.

Manfaat AASI bagi masyarakat

Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia memiliki peran yang penting dalam menyediakan informasi terkait manfaat asuransi syariah bagi masyarakat Indonesia. Selengkapnya berikut adalah manfaatnya bagi masyarakat.

1. Penyedia informasi valid terkait asuransi syariah

Agar tidak terciptanya kesalahpahaman informasi mengenai asuransi syariah, masyarakat bisa mendapatkan informasi yang valid berkat kehadiran AASI.

2. Penjamin keabsahan tiap agen asuransi

Sesuai POJK, AASI juga menjadi penyedia sertifikasi keagenan asuransi syariah baik umum maupun jiwa dan gelar profesi keahlian asuransi syariah (Islamic Insurance Society). Dengan adanya sertifikasi ini dapat menjadi bukti bahwa setiap agen AASI berkualitas profesional dan dapat dipercaya oleh konsumen.

3. Pelindung bagi pemegang polis

AASI memiliki manfaat untuk melindungi hak-hak para pemegang polis asuransi syariah dapat dipenuhi oleh perusahaan asuransi dengan baik sampai akhir masa polis.

Alamat kantor pusat AASI

Alamat kantor : Graha AASI, Jl. Jatinegara Timur II No. 4, Rawa Bunga, Jakarta Timur 13350

Telepon : (021) 8590 8520 / 0811 8119 951

Surel : [email protected]

Asosiasi asuransi lainnya

gedung pencakar langit

Selain AASI, terdapat juga asosiasi yang menangani khusus asuransi jenis lainnya, seperti Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) dan Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI). Berikut penjelasan singkat mengenai kedua asosiasi tersebut.

Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AASI)

Asosiasi Asuransi Umum Indonesia atau AAUI adalah asosiasi yang menaungi semua perusahaan asuransi umum dan juga perusahaan reasuransi yang tersebar di seluruh Indonesia. Asosiasi ini memiliki peran penting untuk memastikan perusahaan asuransi dapat melakukan kewajibannya dengan baik.

Saat ini AAUI memiliki 83 anggota, yang terdiri dari 78 perusahaan asuransi umum dan 5 perusahaan reasuransi. Selain itu, tersedia pula 27 cabang yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. 

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI)

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia atau AAJI adalah asosiasi khusus menaungi perusahaan asuransi jiwa yang beroperasi di Indonesia. Saat ini AAJI memiliki 54 anggota perusahaan asuransi jiwa dan 5 perusahaan reasuransi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Salah satu misi yang dimiliki oleh AAJI adalah menjaga citra perusahaan asuransi dengan menyebarkan informasi yang benar kepada masyarakat. 

Dari informasi yang telah dijabarkan di atas, kini kamu bisa mengetahui bahwa tiap unit asuransi syariah maupun asuransi full syariah selalu diawasi oleh AASI. Hal ini tentunya untuk menjaga kredibilitas tiap perusahaan asuransi syariah.

Bagi kamu yang ingin tahu lebih banyak mengenai pemahaman asuransi syariah di Indonesia, baik yang umum maupun jiwa, yuk cek ulasan lengkapnya di artikel-artikel Lifepal.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →