7 Tips Memilih Asuransi Mobil dengan Premi Murah Terbaik

rahasia perusahaan asuransi mobil

Banyaknya produk asuransi mobil yang bisa didapatkan di Indonesia bisa membuat calon nasabah kebingungan dalam menentukan pilihan. Sebelum membeli asuransi mobil, pahami dulu tips memilih asuransi mobil terbaik dengan cermat.

Perlu diingat, hal paling penting dalam memilih asuransi mobil adalah menyesuaikan dengan kebutuhan. Jadi, kamu perlu menentukan dulu seperti apa kebutuhan mobil dan keuanganmu.

Tips memilih asuransi mobil

Saat akan memilih asuransi, salah satu yang perlu diperhatikan adalah harga preminya. Karena, harga premi ini juga perlu disesuaikan dengan bujet yang kamu punya. Berikut ini rekomendasi cara memilih asuransi yang tepat.

1. Legalitas perusahaan asuransi

Banyak orang yang terjebak dalam kasus penipuan asuransi. Hal ini bisa terjadi karena nasabah kurang melakukan riset terhadap perusahaan asuransi yang dipilih.

Saat akan membeli asuransi, pastikan perusahaan asuransi tersebut sudah terjamin legalitasnya. Perusahaan asuransi yang resmi pasti sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.

2. Pilih jenis asuransi mobil sesuai kemampuan

Ada dua jenis asuransi mobil yang bisa didapatkan, antara asuransi mobil all risk atau asuransi mobil TLO. Asuransi mobil all risk adalah jenis asuransi mobil yang menanggung segala bentuk risiko, mulai dari ringan sampai berat. 

Lalu, apa itu asuransi TLO? TLO atau Total Loss Only adalah jenis asuransi mobil yang menanggung kerugian dengan nilai besar, mencapai 75 persen dari harga kendaraan. 

Coba perhatikan kondisi mobilmu, kira-kira jenis mana yang paling sesuai? Kalau kamu punya mobil bekas atau mobil tua, kemungkinan kerusakan lebih besar, sehingga lebih aman pakai asuransi TLO.

3. Bekerja sama dengan banyak bengkel rekanan 

Hal terpenting yang tak boleh terlewat adalah jumlah bengkel rekanan yang bekerja sama dengan perusahaan asuransi mobil tersebut. Pastikan perusahaan asuransi yang dipilih punya banyak jaringan bengkel rekanan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Mengapa hal ini penting? Karena, asuransi mobil hanya bisa menanggung biaya perbaikan di bengkel rekanan. 

Sementara, jika bengkel rekanannya sedikit, maka akan sulit bagi kamu untuk membawa mobil yang rusak ke bengkel tersebut. Jadi, jangan lupa untuk mempertimbangkan juga hal ini, ya.

4. Proses klaim mudah

Hindari asuransi mobil yang menyediakan proses klaim asuransi mobil yang terlalu rumit. Karena, bisa-bisa kamu malah kerepotan sendiri saat akan mengajukan klaim.

Akan lebih baik lagi kalau asuransi yang dipilih menyediakan layanan klaim yang praktis, misalnya bisa melalui aplikasi digital.

5. Sesuaikan dengan bujet

Hal ini tidak boleh sampai terlewat. Saat akan membeli asuransi mobil, sesuaikan dengan bujet yang kamu miliki. Secara khusus, cari tahu dulu perkiraan harga preminya.

Setiap nasabah harus membayar premi secara berkala. Besaran premi bagi setiap orang berbeda, dipengaruhi oleh jenis asuransinya, usia kendaraan, cakupan manfaat pertanggungan, dan lain sebagainya. 

Nah, sebelum membeli asuransi mobil, coba simulasikan dulu perkiraan harga preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil dari Lifepal berikut ini.

6. Tidak banyak keluhan pelanggan

Sebaiknya, sebelum memilih asuransi mobil, cari tahu dulu seperti apa testimoni dari pelanggan-pelanggan sebelumnya.

Kamu bisa melakukan pengecekan secara online untuk mengetahui seberapa banyak keluhan pelanggan terhadap perusahaan asuransi tersebut.

Saat ini juga informasi tentang suatu perusahaan asuransi bisa ditemukan di media-media online. Kalau perusahaan tersebut sering diberitakan oleh media karena kasus tertentu, sebaiknya pertimbangkan lagi untuk memilihnya.

7. Layanan nasabah lengkap

Perusahaan asuransi yang baik adalah perusahaan asuransi yang menjamin kepuasan nasabah lewat layanan nasabah, baik itu melalui customer care, call center, dan lain sebagainya.

Semakin lengkap layanan nasabah di suatu perusahaan asuransi, tentu akan semakin baik. Coba perhatikan, apakah asuransi yang mau kamu pilih sudah punya alamat, kontak, serta email yang jelas.

Karena, banyaknya layanan nasabah akan memudahkan kamu jika di kemudian hari perlu mengajukan pertanyaan seputar produk asuransi yang dimiliki.

Perbandingan asuransi mobil yang bagus dan murah

Jika kamu sedang mencari asuransi mobil yang bagus dan murah, berikut ini beberapa rekomendasi asuransi mobil terbaik dengan premi terjangkau.

1. Asuransi mobil Tugu

Asuransi mobil Tugu menyediakan polis All Risk dengan harga premi mulai dari Rp175 ribu per bulan serta harga premi TLO mulai dari Rp35 ribu per bulan.

Dengan asuransi Tugu, kamu bisa melakukan perbaikan di bengkel mana saja. Nantinya, klaim bisa dilakukan dengan sistem reimbursement.

Kalau perbaikan dilakukan di bengkel rekanan, pembayaran bisa dilakukan dengan sistem cashless. Tugu sendiri sudah bekerja sama dengan lebih dari 300 bengkel rekanan di seluruh Indonesia.

2. Asuransi mobil Sinarmas

Asuransi mobil Sinarmas juga menyediakan polis All Risk dan TLO. Untuk polis All Risk, harga preminya dimulai dari Rp175 ribu per bulan. Sementara untuk polis TLO harga preminya mulai dari Rp35 ribu per bulan.

Sinarmas sudah bekerja sama dengan lebih dari 500 bengkel rekanan yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain pertanggungan biaya perbaikan, asuransi mobil dari Sinarmas juga memberikan manfaat tanggung jawab hukum, kecelakaan, dan bencana alam.

3. Asuransi mobil AXA Mandiri

Ada lagi pilihan asuransi mobil yang bagus dan murah, yaitu dari AXA Mandiri. Untuk polis All Risk, harga preminya mulai dari Rp194 ribu per bulan. Untuk TLO, preminya mulai dari Rp46 ribu per bulan.

Kelebihan lainnya, asuransi mobil dari AXA Mandiri ini memberikan layanan gratis ambulans serta bisa melakukan klaim tanpa adanya survei dari pihak perusahaan asuransi.

4. Asuransi mobil MAG

Asuransi mobil MAG juga menyediakan jenis asuransi mobil TLO dan All Risk. Untuk All Risk, preminya dimulai dari Rp193 ribu per bulan. Dan untuk TLO, preminya mulai dari Rp35 ribu per bulan.

MAG memiliki layanan call center yang beroperasi selama 24 jam, sehingga bisa dihubungi kapan saja sesuai kebutuhanmu.

Ada juga perluasan manfaat untuk risiko pencurian yang dilakukan oleh supir pribadi, tanggung jawab hukum ketiga, bencana alam, serta kerusuhan.

Cara daftar asuransi mobil

Sudah menentukan jenis dan polis asuransi mobil yang akan dibeli? Kalau sudah, saatnya untuk mendaftar ke program asuransi. 

Setiap perusahaan asuransi mobil punya kebijakan berbeda mengenai cara pendaftaran. Akan tetapi, umumnya cara daftar asuransi mobil adalah sebagai berikut: 

  1. Pilih perusahaan asuransi mobil
  2. Tentukan jenis produk dari perusahaan asuransi mobil pilihan
  3. Lakukan pembelian, bisa secara online, mendatangi kantor cabang, melalui agen, atau lewat platform online seperti Lifepal
  4. Penuhi dokumen persyaratan yang diminta, umumnya berupa KTP, STNK, SIM, NPWP, dan dokumen tambahan lainnya jika dirasa perlu
  5. Pihak perusahaan asuransi mobil melakukan survei kendaraan
  6. Pihak perusahaan asuransi mobil membuat dan mengirimkan
  7. Penandatanganan premi dan pembayaran premi pertama

Setelah tahap-tahap di atas selesai, maka asuransi mobil milikmu akan aktif dan kamu sudah resmi menjadi nasabah dari asuransi tersebut.

Cara agar premi asuransi mobil tetap murah

Saat sudah menjadi nasabah dalam jangka waktu yang lama, kemungkinan kamu perlu membayar premi yang lebih mahal setiap tahunnya. Hal ini disebabkan oleh usia kendaraan yang juga semakin bertambah.

Ada trik supaya kamu tetap bisa mendapatkan harga premi yang murah meskipun masa asuransi terus diperpanjang setiap tahunnya. Berikut ini tipsnya.

1. Selalu beli asuransi mobil dari perusahaan yang sama

Loyalitas memang ada harganya. Demikian pula sebagai nasabah asuransi mobil. Jika kamu setiap tahun menggunakan asuransi mobil dari perusahaan A, maka setelah masa proteksi habis, ada baiknya kamu membeli lagi di perusahaan yang sama.

Pasalnya, beberapa perusahaan asuransi mobil memberikan cashback, diskon, dan promo menarik lain, apabila kamu membeli produk asuransi di perusahaan yang sama.

2. Lengkapi mobil dengan sistem keamanan terbaik

Kenapa alasan satu ini bikin premi lebih murah? Jawabannya adalah risiko kerusakan parah akan lebih sedikit. Musibah seperti kecelakaan memang tidak ada yang bisa menduga.

Namun, jika kamu menunjukkan bahwa kondisi mobil baik, terutama di sistem keamanan seperti fungsi airbag pada mobil dan rem, maka akan berpengaruh ke harga premi yang jauh lebih murah. Hal ini juga berlaku untuk yang ingin mengasuransikan mobil second atau mobil tua.

3. Jaga hubungan baik dengan agen asuransi kamu

Kamu tetap harus menjaga hubungan yang baik dengan agen yang menjual produk asuransi. Dengan menjaga hubungan yang baik, kamu pun bisa mendapatkan keterangan yang lebih detail terkait polis yang dibeli.

Selain itu, kedekatan yang terjalin juga bisa kamu manfaatkan untuk membujuk agen mengkalkulasikan harga premi yang benar-benar murah.

4. Beli asuransi mobil online

Membeli asuransi secara online juga bermanfaat menurunkan harga premi. Pasalnya, pembelian asuransi mobil all risk maupun TLO secara online bisa mengurangi jasa pelayanan dan komisi agen.

Dengan membeli secara online, seperti di Lifepal, kamu pun bisa mendapatkan biaya asuransi mobil terbaik yang sesuai bujet dan kebutuhan! 

5. Beli asuransi mobil TLO

Biaya asuransi mobil TLO alias Total Loss Only memang lebih murah ketimbang All Risk atau Comprehensive. 

Alasannya jelas, polis asuransi TLO hanya menjamin risiko kerusakan berat lebih dari 75% atau kehilangan saja. Namun, kamu bisa mendapatkan persentase premi dari harga mobil jauh lebih murah.

Tips dari Lifepal! Perlu diingat, asuransi mobil sangat penting untuk melindungi keuanganmu. Pasalnya, biaya perbaikan kerusakan mobil tidaklah murah. Sedangkan risiko kerusakan bisa terjadi kapan saja.

Daripada terpaksa menggunakan tabungan pribadi, tentu akan lebih baik kalau kamu bisa pakai asuransi mobil. Simak penjelasan lebih lengkapnya di video berikut ini.

 

Tanya jawab seputar tips memilih asuransi mobil

Ada beberapa tips memilih asuransi mobil yang harus kamu perhatikan agar klaim asuransi mobil tidak ditolak, yaitu:

  • Melengkapi dokumen yang dibutuhkan
  • Mengisi formulir klaim
  • Menghubungi perusahaan asuransi seketika terjadi kerugian
  • Klaim tidak melewati masa proteksi asuransi
  • Klaim sesuai dengan jaminan yang tercantum dalam polis
  • Kooperatif dengan tim survei hingga penyidik jika klaim kehilangan.
Lifepal telah mengumpulkan asuransi mobil terbaik yang ada di Indonesia. Berikut daftarnya:

  • Tugu Insurance
  • Asuransi Sinarmas Mobil
  • Asuransi ACA
  • Adira Autocillin
  • Asuransi AXA Mandiri
  • Asuransi Simas Insurtech
  • Asuransi Tokio Marine
  • Asuransi ABDA
  • Asuransi Allianz
  • Asuransi Sompo
Dapatkan Promo