Ini Arti Persneling Mobil Matic Dan Cara Merawatnya
Arti persneling mobil matic adalah sistem perpindahan transmisi gigi, yang tak perlu menginjak pedal kopling untuk mengaturnya. Beda dengan transmisi manual, khusus untuk mobil matic dinilai jauh lebih simple dan mudah.
Hadirnya kemudahan berkemudi dengan transmisi otomatis, memiliki arti persneling mobil matic merupakan buah inovasi yang memudahkan para banyak orang.
Sehingga kini, mengemudi tinggal tekan gas dan rem saja. Tidak perlu stand-by untuk menginjak kopling.
Meskipun dibangun tanpa gigi, namun tuas persneling untuk mobil matic tetap dalam ruang kemudi. Itu memiliki arti persneling mobil matic juga tetap memiliki banyak fungsi dalam kemudi, meskipun mobil tersebut automatic.
Dua Sistem Persneling Mobil Matic
Mobil dengan transmisi matic, juga terbagi akan dua jenis. Pertama adalah transmisi CVT atau kepanjangan dari Continuous Variable Transmission. Kemudian selanjutnya adalah transmisi AT atau Automatic Transmission atau AT.
Transmisi AT juga memiliki arti persneling mobil matic konvensional. Dan keduanya baik CVT maupun AT memiliki perbedaan yang jauh. Beberapa yang sangat terlihat yaitu beda teknologi, komponen, sampai kinerjanya.
1. Continuous Variable Transmission
CVT adalah sistem transmisi mobil matic yang memanfaatkan puli dan sabuk baja. Sebagai gambar persneling mobil matic pada sistem ini, puli akan didorong oleh pompa fluida.
Kemudian tenaga yang disalurkan jadi lebih sempurna mengarah pada dua roda belakang, menyesuaikan perubahan kecepatan dan torsi secara tepat. Sistem gerak inilah yang mengakibatkan percepatan laju mobil akan konstan bebas hentakan.
Sehingga perpindahan level kecepatan jauh lebih halus, dan nyaman. Ditambah dengan kinerja ini, beban kerja mesin bakal jauh lebih ringan. Itulah arti persneling mobil matic dengan sistem CVT.
Hal lainnya adalah pada transmisi CVT, penggunaan bahan bakar tidak boros. Ini karena terjadi penurunan RPM saat perpindahan gigi. Sehingga bahan bakar yang masuk ke ruang bakar akan berkurang.
2. Automatic Transmission
Untuk kinerja AT, memanfaatkan torque converter. Jadi AT menggunakan tekanan oli yang berasal dari valve body dari transmisi otomatis yang berfungsi untuk menggerakan input shaft.
Sehingga dengan kinerjanya ini, membuat akselerasi jauh lebih bagus dibanding CVT. Hanya saja, hentakan pada transmisi AT agak terasa saat perpindahan gigi. Oleh sebab itu, biasanya engine brake yang pada transmisi AT tidak sebagus dari CVT.
Dengan kinerja demikian, membuat transmisi AT membutuhkan lebih banyak bahan bakar ketimbang CVT. Sehingga akselerasi yang dihasilkan lebih tinggi. Meskipun demikian, khusus perawatan pada mobil transmisi AT lebih murah dari CVT.
Fungsi Huruf dan Angka pada Transmisi Mobil Matic
Gambar persneling mobil matic di permukaanya tuas, kadang membingungkan. Huruf dan angka yang ada di atas tuas, memiliki banyak maksud dan artinya masing-masing.
Mungkin, beberapa orang awam hanya mengetahui simbol untuk gigi netral dan gigi mundur mobil saja. Padahal umumnya kode persneling mobil matic beragam, ada simbol huruf yaitu P-R-N-D-L. Pada beberapa mobil matic bahkan ada tambahan kode persneling mobil matic berupa digit angka 1, 2 dan 3.
Arti Persneling Mobil Matic
Arti dari P
Kode persneling mobil matic huruf P adalah Parking. Jelas bahwa kode persneling mobil matic ini berguna untuk mengunci transmisi agar mesin mobil tidak dapat bergerak. Saat menyalakan mobil matic, posisi persneling sebaiknya juga di P. Namun, transmisi P bukan untuk rem parkir.
Jadi kode P memiliki arti persneling mobil matic dalam keadaan terkunci. Sehingga ban masih bisa bergerak, namun tidak pada mesinnya. Sehingga, kode persneling mobil matic P, sebaiknya digunakan jika mobil ingin parkir atau berhenti lama.
Arti persneling mobil matic, R (Reverse)
Kode R juga ada di atas gambar persneling mobil matic. Arti dari R pada transmisi matic ini berguna untuk menggerakkan mobil. Persis seperti namanya, reverse berguna untuk membantu mobil bergerak ke belakang atau mundur.
N (Neutral)
Kemudian kode persneling mobil matic selanjutnya adalah N atau Neutral. Kegunaan kode ini adalah mobil masuk dalam keadaan netral dan tidak menguncinya.
Sehingga ketika rem parkir tidak aktif, mobil matik masih bisa digerakan maju, mundur meski hanya didorong.
Gigi Neutral juga berguna saat kondisi mobil tengah dalam situasi macet. Dan kondisi lainnya yang menyebabkan mobil berhenti sejenak.
Arti dari D
Kode persneling mobil matic selanjutnya adalah D atau Drive. Arti dari D pada transmisi matic berguna saat mobil bergerak atau melaju di jalan yang landai. Transmisi D tidak bisa digunakan untuk jalanan yang menanjak.
Angka 2 dan 3
Biasanya, pada gambar persneling mobil matic angka 2 ada di bawah huruf D. Sedangkan angka 3 ada di sebelahnya. Arti persneling mobil matic angka 3 adalah guna mengendalikan mesin untuk membatasi rasio hingga gigi 3 saja.
Sedangkan fungsi gigi mobil matic angka 2 adalah berguna saat melewati jalanan menanjak. Transmisi 2 juga biasa digunakan saat engine brake turunan, namun bukan yang terlalu curam.
Arti dari L
Kode persneling mobil matic selanjutnya adalah L atau disebut Low. Selain L biasanya pada mobil matic juga disamakan dengan kode angka 1. Arti dari L pada transmisi matic ini berguna untuk memerintahkan mesin menggunakan gigi rendah atau membatasi di gigi 1 saja.
Agar kuat melaju, biasanya gigi L atau 1 digunakan saat mobil untuk melibas tanjakan curam dan panjang. Sehingga mesin mendapatkan torsi yang cukup besar saat menanjak. Begitupun juga untuk turunan curam, sebaiknya gunakan gigi L atau 1.
Namun perlu diingat, ketika sudah mencapai jalanan yang landau dan tanjakan usai. Sebaiknya segera sesuaikan transmisi mobil kembali.
Hal ini guna mencegah tekanan berat pada sistem transmisi, serta dan berpotensi merusak komponen mesin di dalamnya.
M (Manual)
Kode persneling mobil matic M biasanya hanya ada di beberapa tipe mobil. Salah satunya adalah Chevrolet, yang memiliki transmisi M di bawah kode D. Kode M sendiri artinya adalah Manual.
Sehingga ketika tuas transmisi diarahkan ke kode M, maka mobil akan bekerja seperti mobil manual yang ada speed giginya. Dalam kondisi manual, untuk menaikan gigi, tuas transmisi diarahkan ke kode +/-.
Fungsi S pada mobil matic
S merupakan simbol dari “Second”. Fungsi S pada mobil matic atau gigi second ini adalah posisi gigi yang digunakan pengendara jika memerlukan akselerasi lebih gesit saat hendak mendahului kendaraan lain ataupun ingin meningkatkan kecepatan dalam waktu singkat.
Umumnya pabrikan mobil menyetel gigi S ini hanya bisa aktif saat posisi gigi tinggi, hal ini menyebabkan rasio mesin untuk kecepatan menjadi lebih baik.
Sama seperti gigi mobil matic angka 2, fungsi S pada mobil matic dapat kamu gunakan saat melewati jalanan menanjak. Transmisi S juga bisa kamu pakai ketika engine brake turunan, namun bukan pada turunan curam.
Arti persneling mobil matic, Shift Lock
Kode Shift Lock tersedia di mobil matic terbaru. Shift Lock memiliki fungsi sebagai pengunci tuas transmisi. Kode ini berguna untuk menggeser tuas persneling dari P ke N, meskipun mobil dalam kondisi mati atau tidak dihidupkan.
Shift Lock berfungsi saat mobil diparkir paralel, sehingga meskipun mati masih bisa didorong. Fitur ini sering digunakan saat mobil diparkir paralel, sehingga dapat didorong dan tidak mengganggu mobil lain.
Cara Menggunakan Transmisi Mobil Matic
Cara handle mobil matic tidak semudah hanya menekan gas dan rem saja. Ada beberapa cara pindah gigi mobil matic yang perlu diperhatikan untuk memberi keamanan dan kenyamanan dalam handle mobil matic.
Pertama-tama, pastikan tuas transmisi ada di posisi P (parkir) atau N (netral) ketika, mau menghidupkan mesin mobil. Hal ini karena mobil matic kebanyakan dibuat hanya bisa dihidupkan ketika tuas transmisi sudah di posisi tersebut.
Jika mesin sudah hidup, tunggulah beberapa saat agar suhu kerja mesin dan transmisi otomatis tercapai. Karena pada beberapa jenis transmisi mobil matic, perpindahan transmisi tidak akan berhasil jika suhu kerja transmisi belum tercapai.
Injak pedal rem terlebih dahulu sebelum memulai untuk menggeser tuas mobil. Baik menggeser dari P ke R lalu ke N dan D, atau dari D ke N, lalu ke R dan ke P. Hal ini guna mencegah mobil kerusakan mekanis pada mobil matic.
Jika sudah siap, geser tuas ke arah tuas D untuk maju dan R untuk mundur. Sedangkan untuk kondisi jalanan menanjak, turunan atau jalanan licin, geser tuas ke posisi 2. Sedangkan jika curam, geser tuas ke angka 1 atau L.
Perlu diperhatikan, jika ingin memindahkan transmisi ke kode yang lebih rendah. Seperti dari 3 ke 2 kemudian ke L. Atau dari D ke 2 lalu ke L, kalian harus sekali memperhatikan laju kendaraan sebelum menggeser tuas.
Jangan pernah dilakukan dalam posisi kecepatan tinggi, agar tidak merusak gearbox.
Merawat Persneling Mobil Matic
Kemudahan yang dirasakan saat mengemudikan mobil matic, tak jarang sering kurang dipahami beberapa orang. Banyak yang memindahkan transmisi secara sembarangan, misal dari D ke P padahal mobil belum berhenti sepenuhnya.
Hal tersebut sangat berisiko, bahkan seperti menyiksa gigi mobil matic dengan kejam. Dampaknya, sudah pasti memperpendek umur persneling dan timbul kerusakan lainnya. Ditambah, bisa membuat mobil bermasalah saat melaju dan berakhir pada musibah.
Untuk itu, perlu diperhatikan sekali tata cara berkendara agar tidak merusak persneling mobil matic. Berikut hal yang harus diperhatikan untuk merawat persneling mobil matic.
1. Parkir dengan benar
Ada beberapa hal yang harus dijalankan untuk menjaga transmisi mobil agar tetap awet saat ingin parkir. Pahami betul kode persneling mobil matic sehingga tau langkah yang akan dilakukan.
Pertama pastikan dahulu mobil sudah berhenti dengan sempurna. Kemudian posisikan tuas transmisi dari D menuju N terlebih dahulu. Jika sudah di posisi N, diamkan sebentar dan kemudian pindahkan tuas transmisi dari N menuju P dengan halus.
Nah jika tuas sudah di posisi P, tariklah rem parkir dan matikan mobil. Dengan begitu, persneling akan lebih awet dan tidak cepat rusak. Dan jangan biarkan mobil terparkir dalam posisi D, karena berakibat rusaknya plat kopling pada mobil matic.
2. Posisi gigi saat macet
Ketika macet, jika kalian menggunakan mobil matic maka sebaiknya hindari memposisikan transmisi ke N. Hal ini jelas keliru, karena berpotensi merusak gigi mobil matic.
Jika macet dan transmisi di posisi N, maka propeller shaft akan terus berputar. Dan ketika jalan kemudian dipindahkan ke posisi D, maka putaran tersebut berdampak pada adanya gesekan yang cukup kencang.
Atas semua kebiasaan tersebut, akan membuat mobil matic menjadi rusak. Sebaiknya, jika sedang di tengah kemacetan, gigi tetap pada posisi D. Lakukan sambil menginjak pedal rem dan menarik rem parkir. Sehingga umur persneling kalian akan lebih lama dan awet.
3. Lakukan pengereman dengan baik
Selanjutnya adalah kebiasaan memperlakukan rem dengan kopling. Jadi ketika berjalan, pedal rem diinjak pelan-pelan sambil juga menginjak gas. Kebiasaan ini juga, salah dan berpotensi merusak gearbox. Jika berjalan, langsung saja injak pedal gas dengan yakin dan lepas pedal rem.
4. Rutin ganti oli
Sebaiknya bagi para pengemudi, mencatat jadwal rutin ganti oli transmisi. Biasanya ketika 10.000 km, berbarengan dengan mengganti oli mesin kedua kali. Sehingga pergerakan transmisi akan lebih lancar dan pelumas melindungi gesekan langsung.
Tips dari Lifepal! Arti persneling mobil matic adalah sistem perpindahan transmisi gigi, yang tak perlu menginjak pedal kopling untuk mengaturnya. Beda dengan transmisi manual, khusus untuk mobil matic dinilai jauh lebih simple dan mudah.
Hadirnya kemudahan berkemudi dengan transmisi otomatis, memiliki arti persneling mobil matic merupakan buah inovasi yang memudahkan para banyak orang.
Mobil dengan transmisi matic, juga terbagi akan dua jenis. Pertama adalah transmisi CVT atau kepanjangan dari Continuous Variable Transmission. Kemudian selanjutnya adalah transmisi AT atau Automatic Transmission atau AT.
Transmisi AT juga memiliki arti persneling mobil matic konvensional. Dan keduanya baik CVT maupun AT memiliki perbedaan yang jauh.
Mengendalikan mobil matic juga tidak semudah hanya menekan gas dan rem saja. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memberi keamanan dan kenyamanan dalam berkendara.
Simak pula ulasan mengenai mobil matic bunyi saat mundur di artikel Lifepal lainnya!
Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel mobil matic karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.
Lindungi mobilmu dengan asuransi kendaraan
Biaya servis mobil baik mobil matic vs manual tentu tidak murah. Jangan sampai biaya servis mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.
Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel mobil matic karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.
Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut ini.
Setelah menemukan besaran premi asuransi mobil, pilihlah asuransi mobil yang cocok dengan bantuan kuis asuransi mobil terbaik Lifepal di bawah ini.
Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan.
Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!
Gunakan kalkulator menabung Lifepal!
Sudah tahu berapa yang harus ditabung untuk sesuatu setiap bulannya? Walaupun pemasukan kamu tidak besar, kamu harus berusaha memprioritaskan menabung. Sebab dana tabungan bisa digunakan untuk uang darurat, modal, atau modal usaha.
Gunakanlah kalkulator menabung bulanan untuk bantu menghitung besarnya uang yang harus kamu tabung untuk tujuan kamu. Cobalah kalkulator menabung bulanan ini.
Gunakan pula kalkulator waktu menabung di bawah ini untuk menghitung waktu menabung yang dibutuhkan untuk mencapai target nilai akhir tabungan.
Siapkan dana darurat
Dana darurat adalah sejumlah dana yang perlu kamu siapkan dalam anggaran. Dana ini nantinya dapat kamu pakai untuk menghadapi berbagai kondisi yang tidak diinginkan dalam keseharian.
Jadi dana ini hanya akan digunakan untuk keperluan darurat, yang tidak bisa teratasi dengan anggaran lainnya.
Oleh karena itu, siapkan juga dana darurat untuk keamanan finansialmu. Kamu bisa menggunakan kalkulator dana darurat berikut untuk mengetahui kebutuhan dana daruratmu setiap bulannya:
Prediksi uang pertanggungan kamu
Uang pertanggungan adalah sejumlah uang yang akan cair jika terjadi risiko meninggal dunia. Produk asuransi umumnya akan memberikan uang pertanggungan asuransi (UP).
Nilai uang pertanggungan adalah hasil perhitungan Nilai Hidup Manusia. Jika kamu ingin mengetahui berapa besarannya, manfaatkan kalkulator nilai hidup manusia berikut ini untuk menghitungnya:
Kita juga bisa memilih asuransi jiwa yang paling cocok dengan menggunakan kuis jenis asuransi jiwa berikut ini:
Perlu diketahui, asuransi memiliki sejumlah risiko, terutama mengenai risiko kerugian investasi. Jika produk yang kamu pilih berbentuk unit link, maka ada risiko kerugian investasi di dalamnya.
Artinya, ada kemungkinan kamu perlu membayar premi lebih lama dari ketentuan awal jika terjadi risiko kerugian tersebut. Kalau kamu tidak mengisi ulang saldo unit link yang kosong, bisa-bisa polis kamu lapse.
Maka dari itu, pastikan sebelum memilih produknya kamu sudah membaca polisnya secara rinci. Mau cara yang lebih simple? Manfaatkan fitur perbandingan asuransi terbaik di Lifepal!
Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi jiwa terbaik: