Asuransi Dibayar Dimuka: Pengertian dan Contoh Kasusnya

asuransi dibayar dimuka

Pernah mendengar istilah asuransi dibayar dimuka? Pahamkah arti dari istilah tersebut dan mengapa perlu untuk dibayar dimuka?

Umumnya, istilah ini muncul di dalam metode pembayaran produk asuransi jiwa. Penerapan pembayaran semacam ini pun dikategorikan sebagai aset.

Cara perhitungan ini sebetulnya lebih sering digunakan pada penghitungan akuntansi, terutama dalam penyusunan neraca keuangan sebuah perusahaan.

Tapi tidak berarti perorangan tidak perlu memasukkan premi yang dibayar dimuka dalam neraca keuangannya.

Apalagi jika ingin melakukan perencanaan keuangan, maka premi pembayaran dimuka harus dimasukkan ke neraca keuangan pribadi.

Bagi sebuah perusahaan, pencatatan premi sama dengan tujuan pembuatan keseimbangan neraca itu sendiri, yaitu untuk mengidentifikasi keuntungan dan kerugian.

Pengertian asuransi dibayar dimuka

Baik bagi urusan individu atau bisnis, pengeluaran sekecil apa pun dalam keuangan sangat penting untuk dicatat. Karena dasar inilah, mempertimbangkan pembayaran di masa depan perlu masuk ke dalam neraca pengeluaran.

Ada banyak jenis pembayaran atau pengeluaran di masa depan, dan premi dibayar dimuka adalah salah satunya.

Sesuai namanya, pengertian asuransi dibayar dimuka adalah sejumlah uang yang dibayarkan oleh perusahaan atau perorangan meskipun belum sampai pada jatuh tempo pembayaran.

Sebuah bisnis butuh memastikan ketersediaan uang untuk membayar pengeluaran-pengeluaran di masa depan. Untuk itulah, premi yang dibayar dimuka perlu dimasukkan ke dalam penghitungan atau pelaporan keuangan.

Tentu saja, perusahaan perlu memperbaharui kembali neraca keuangannya ketika premi pada akhirnya digunakan.

Contoh perhitungan asuransi dibayar dimuka dalam neraca keuangan 

Agar penggambaran dan manfaat atas jenis pembayaran ini lebih jelas, berikut ini contoh pencatatannya dalam neraca keuangan.

Pada bulan November 2019, perusahaan Sehat Selalu membayar asuransi kendaraan sebesar Rp49.000.000 kepada perusahaan terkait.

No. Akun Ref Debit Kredit
1. Beban perlengkapan   40.000.000  
  Perlengkapan     40.000.000
2 Beban Asuransi   49.000.000  
  Asuransi dibayar dimuka     49.000.000
3 Beban penyusutan peralatan   30.000.000  
  Akumulasi penyusutan peralatan     30.000.000
4 Pendapatan jasa   20.000.000  
  Pendapatan diterima dimuka     20.000.000
5 Iklan dibayar dimuka   20.000.000  
  Beban iklan     20.000.000
6 Pendapatan diterima dimuka   10.000.000  
  Pendapatan sewa     10.000.000
  Total 169.000.000 169.000.000

Alasan jenis pembayaran ini termasuk aset 

Jenis pembayaran dimuka ini adalah bentuk pembayaran yang sebagian atau seluruhnya sudah digunakan.

Pencatatan untuk pembayaran ini hanya valid sampai periode tertentu, yaitu sampai kita dapat mengambil keuntungan dari pembayaran tersebut.

Dan semua pengeluaran yang belum jatuh tempo dan penggunaannya ada di masa yang akan datang, termasuk ke kategori aset perusahaan.

Mengambil contoh di atas, ketika di bulan Maret PT Sehat Selalu melakukan klaim asuransi atas kendaraan mereka yang hilang, maka perusahaan akan mengganti biaya kehilangan, sementara PT Sehat selalu tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun atas kerugian tersebut.

Dengan kata lain, asuransi yang dibayar dimuka oleh PT Sehat Selalu berlaku menyerupai dana darurat untuk perusahaan tersebut.

Apabila pembayaran telah jatuh tempo, maka pembayarannya masuk ke bagian pengeluaran atau debit.

Demikian penggambaran tentang pehitungannya, semoga bermanfaat bagi yang sedang menyusun laporan keuangan untuk pembayaran premi asuransi jiwa.

Tips buat kamu yang sedang mencari-cari produk asuransi jiwa apa yang sesuai dengan kebutuhan, coba temukan jawabannya di sini.

Punya pertanyaan lain seputar asuransi? Kamu bisa tanyakan langsung pada ahlinya lewat fitur Tanya Lifepal!

Pertanyaan seputar asuransi dibayar dimuka?

Apa itu asuransi dibayar dimuka?

Asuransi dibayar dimuka adalah sejumlah uang yang dibayarkan secara sekaligus oleh perusahaan atau tertanggung individu, meski belum mencapai tanggal jatuh tempo pembayaran.

Untuk apa dan kapan asuransi dibayar dimuka dilakukan?

Umumnya, istilah ini muncul di dalam metode pembayaran produk asuransi jiwa. Penerapan pembayaran semacam ini pun dikategorikan sebagai aset.

Cara perhitungan ini sebetulnya lebih sering digunakan pada penghitungan akuntansi, terutama dalam penyusunan neraca keuangan sebuah perusahaan.

Apakah asuransi dibayar dimuka termasuk aset?

Ya, termasuk aset karena semua pengeluaran yang tercatat sebelum jatuh tempo dan ditujukan untuk digunakan di masa depan akan dimasukkan sebagai aset.
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →