10 Pilihan Asuransi Tepercaya yang Berasal dari Indonesia

Sejarah ACA Asuransi

Asuransi di Indonesia dari tahun ke tahun mengalami pertumbuhan yang positif. Hingga akhir September 2017 saja aset industri asuransi Indonesia mencapai Rp 628,68 triliun.

Angka tersebut meningkat 17,6 persen jika dibandingkan dengan nilai aset tahun sebelumnya.

Hal tersebut diungkapkan oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sebagai regulator lembaga keuangan di Indonesia. Tidak hanya dari nilai aset saja, pertumbuhan asuransi di Indonesia mengalami pertumbuhan yang signifikan dari investasi asuransi.

Data investasi asuransi di Indonesia telah mencapai Rp 505,57 triliun pada akhir 2017. Dibandingkan dengan tahun sebelumnya dengan total nilai mencapai Rp412,98 triliun, kini terdapat kenaikan sampai 22,42 persen.

Data-data tersebut tentu sangat menggembirakan. OJK juga menganggap bahwa kesehatan keuangan industri asuransi dinilai baik.

Bahkan dengan hadirnya Internet, OJK melihat bahwa harapan industri asuransi akan semakin berkembang. Terutama dengan munculnya berbagai financial technology yang mempermudah pemasaran dan jalur distribusi asuransi secara daring.

Lalu apa saja asuransi di Indonesia yang tepercaya? Berikut ulasannya.

1. Asuransi Sinar Mas – Izin Usaha Tahun 1986

Asuransi di Indonesia Sinar Mas

Asuransi yang bermula bernama PT Asuransi Kerugian Sinar Mas Dipta ini didirikan oleh Eka Tjipta pada tahun 1985. Asuransi Sinar Mas menjadi salah satu perusahaan asuransi terbesar di Indonesia.

Asuransi Sinar Mas memiliki cukup banyak produk. Di antaranya asuransi kecelakaan, asuransi kesehatan, dan beberapa produk asuransi syariah. Untuk mendukung pemerataan ekonomi, asuransi Sinar Mas memberikan layanan proteksi terhadap usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

2. Asuransi Jiwasraya (Persero) – Izin Usaha Tahun 1986

Asuransi Jiwasraya punya sejarah yang cukup panjang. Asuransi Jiwasraya merupakan cikal bakal berdirinya perusahaan asuransi jiwa di Indonesia.

Perusahaan asuransi ini awalnya dimiliki oleh Belanda. Kemudian dinasionalisasi menjadi asuransi milik pemerintah dan menjadi perusahaan negara.

Asuransi Jiwasraya pernah mengukir prestasi dengan mendapatkan penghargaan World Finance Award dalam kategori Insurance Company of The Year.

Namun sayangnya, di penghujung tahun 2018, asuransi Jiwasraya diguncang permasalahan karena menunda pembayaran klaim produk baru JS Saving Plan senilai Rp 809 miliar. Hingga kini perusahaan negara tersebut tengah berjuang untuk keluar dari tekanan likuiditas.    

3. Asuransi Tugu Mandiri – Izin Usaha Tahun 1986

Asuransi yang didirikan pada tahun 1985 ini merupakan perusahaan asuransi yang ditopang dari dana pensiun. Produk unggulan mereka adalah DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan) yang memberikan jaminan hari tua kepada karyawan atau tenaga kerja.

Hingga saat ini, Asuransi Tugu Mandiri terus berkembang dengan memiliki 16 kantor cabang di seluruh Indonesia. Produk-produknya masih lebih banyak disokong oleh premi dari korporasi.  

4. Asuransi Jasaraharja Putera – Izin Usaha Tahun 1991

Asuransi di Indonesia Jasa Raharja

Asuransi Jasaraharja Putera hingga saat ini sudah memiliki 27 kantor cabang dan 87 kantor pemasaran di seluruh kota di Indonesia. Produk utama perusahaan asuransi ini adalah asuransi kerugian dan surety bond.

Asuransi Jasaraharja putera mendapatkan penghargaan dalam Indonesia Digital Innovation Award 2019 sebagai Innovative Company in Providing Personal Accident Insurance in Mobile.  

5. Asuransi Adira Dinamika – Izin Usaha Tahun 1997

Asuransi Adira Dinamika dikenal sebagai salah satu penyedia asuransi kendaraan bermotor tepercaya di Indonesia. Hingga saat ini Asuransi Adira sudah memiliki 50 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia.

Tak hanya fokus berjualan, anak perusahaan PT Bank Danamon ini juga aktif berkampanye untuk keselamatan berkendara di jalan.

6. Asuransi Umum BCA – Izin Usaha Tahun 2011

Asuransi BCA Umum awalnya bernama PT Central Sejahtera Insurance ini merupakan perusahaan asuransi umum yang kepemilikan sahamnya dimiliki oleh PT Bank Central Asia dan PT BCA Finance.

Masyarakat sudah mengenal reputasi Asuransi BCA. Beberapa produk unggulannya seperti asuransi perjalanan, asuransi pendidikan, dan produk asuransi syariah.

7. Asuransi Central Asia – Izin Usaha Tahun 1986

PT Asuransi Central Asia atau ACA adalah perusahaan asuransi umum yang didirikan pada tahun 1956. ACA sudah berpengalaman selama kurang lebih 61 tahun. Hingga kini kantor cabangnya sudah berjumlah 44 dan 26 perwakilan di seluruh wilayah Indonesia.

Beberapa produk unggulan asuransi ACA di antaranya seperti asuransi kendaraan bermotor, asuransi demam berdarah, dan asuransi rumah idaman atau ASRI serta beberapa produk asuransi lainnya.

8. Asuransi Lippo – Izin Usaha Tahun 1992

Asuransi di Indonesia Lippo

Perusahaan asuransi yang didirikan pada tahun 1963 ini awalnya bernama PT Asuransi Brawidjaja. Kemudian berganti nama untuk kesekian kalinya menjadi PT Lippo General Insurance pada tahun 1991.

Beberapa kali Asuransi Lippo memenangi penghargaan sebagai perusahaan asuransi umum terbaik dengan nilai ekuitas lebih dari Rp200 miliar. Produknya dikenal adalah asuransi kerugian seperti asuransi kebakaran dan asuransi kendaraan bermotor.

9. Asuransi Raksa Pratikara – Izin Usaha Tahun 1996

Asuransi Raksa Pratikara lebih dikenal dengan asuransi Raksa adalah perusahaan asuransi yang memiliki produk unggulan berupa asuransi kerugian. Salah satu adalah asuransi kendaraan bermotor.

Asuransi Raksa Pratikara termasuk asuransi tepercaya di Indonesia yang mendapatkan penghargaan sebagai asuransi dengan kinerja terbaik pada tahun 2018 dari Infobank.    

10. Asuransi Tri Pakarta – Izin Usaha Tahun 1978

Asuransi ini dikenal dengan sebutan asuransi TRIPA. Asuransi yang didirikan pada tahun 1978 ini merupakan asuransi yang sahamnya dimiliki oleh BNI dan pemegang saham lainnya.

Produk asuransi TRIPA berupa asuransi kerugian. Salah satu prestasi asuransi TRIPA adalah proses penyelesaian klaim pada saat kerusuhan pada tahun 1998.

Itulah beberapa asuransi yang ada di Indonesia yang memiliki kiprah dan prestasi nyata sehingga mendapatkan kepercayaan masyarakat.

Berbagai produk yang ditawarkan juga sangat menarik dan beragam. Mulai dari asuransi jiwa, kerugian hingga dana pensiun. Anda pun bisa mempertimbangkan produk asuransi dari perusahaan asuransi yang disebutkan di atas.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →