Asuransi Elektronik: Pengertian, Fungsi, dan Polis [2021]

asuransi elektronik

Asuransi elektronik adalah produk yang memberikan proteksi terhadap alat elektronik kita, seperti gadget dan alat elektronik lainnya.

Kehidupan sehari-hari kita tidak lepas dari perangkat elektronik. Fungsinya yang membantu kegiatan sehari-hari dan mempermudah pekerjaan menjadikan barang elektronik sebagai barang penting yang harus kita miliki. 

Karena fungsinya untuk menunjang aktivitas sehari-hari, barang elektronik menjadi salah satu yang kita lindungi. Agar mendapat perlindungan dari risiko kerusakan atau pencurian kita bisa menyertakan asuransi elektronik untuk mengcover risiko tersebut. 

Produk ini bisa dibilang sama seperti produk lain yang bermanfaat buat melindungi keuangan kita, seperti produk asuransi kesehatan terbaik yang bisa kamu dapatkan di Lifepal.

Yuk, simak ulasan mendalamnya dalam artikel di bawah ini!  

Pengertian Asuransi Elektronik

Asuransi elektronik adalah perlindungan yang diberikan perusahaan asuransi bagi pelanggan atas barang-barang elektronik seperti: televisi, smartphone, tablet, laptop, komputer dan  alat-alat kedokteran. 

Asuransi ini bisa didapatkan saat membeli peralatan elektronik tersebut, biasanya perusahaan asuransi bekerja sama dengan penjual barang elektroniknya untuk kemudian menawarkan kepada pembeli barang elektronik. 

Ini artinya, produk ini bisa dibeli secara retail atau perorangan. Bisa juga perusahaan atau korporasi yang membutuhkan perlindungan barang elektronik untuk menunjang industrinya dalam skala besar seperti: mesin atau alat-alat listrik. 

Kepemilikan polis tersebut bukan tanpa manfaat. Sebab memiliki polis asuransi elektronik akan melindungi barang elektronik atas risiko yang secara umum adalah sebagai berikut: 

  • Kerusakan material yang mengakibatkan gangguan total atau parsial 
  • Kerusakan akibat kecelakaan atau akibat cairan
  • Pencurian atau perampokan yang disertai kekerasan 
  • Mengurangi risiko dari kerugian materi 

Polis asuransi peralatan elektronik atau yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nama Electronic Equipment Insurance (EEI) merupakan bagian dari Asuransi Harta Benda.

Asuransi Harta Benda adalah asuransi yang memberikan proteksi jaminan pada harta benda dari risiko petir, kebakaran, ledakan, kejatuhan pesawat terbang atau benda yang jatuh dari pesawat terbang dan asap.

Risiko-risiko tersebut awam disebut FLEXAS (Fire, Lightning, Explosion, Aircraft Impact, and Smoke) dalam dunia perasuransian.

FLEXAS dijamin pada Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia (PSAKI) yang dikeluarkan oleh Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI).

Nah, risiko FLEXAS tersebut dijamin pula oleh polis asuransi peralatan elektronik atau EEI ini.

Rekomendasi Polis Asuransi Elektronik

Saat ini membeli barang-barang elektronik semakin mudah. Tidak perlu datang ke toko, lewat e-commerce pun bisa dilakukan. 

Ini juga yang mempermudah mendapatkan asuransi elektronik karena saat membeli barang elektronik sekaligus membeli asuransi. Tertarik memilikinya? Berikut sejumlah rekomendasi polis yang bisa jadi pilihan. 

Asuransi Tokopedia

Dengan membeli barang elektronik di Tokopedia, kamu juga bisa sekaligus mendapatkan perlindungan barang elektronik. Proteksi elektronik dari Tokopedia bekerjasama dengan PT Asuransi Simas Insurtech untuk melindungi produk elektronik selama 12 bulan dari kerusakan fisik atau kehilangan. 

Manfaat yang diberikan adalah penggantian atas kehilangan atau kerusakan jika barang elektronik dibeli melalui website/aplikasi Tokopedia. Apabila mengalami kejadian yang tidak disengaja, terkena atau masuknya cairan, kebakaran, sambaran petir dan ledakan, kerusuhan dan perbuatan jatah orang lain hingga perampokan dan penodongan. 

Sebagai catatan, kategori barang elektronik yang bisa mendapatkan Proteksi Elektronik adalah barang baru dan orisinil yang bukan dari pasar gelap. Selain itu harga barang elektroniknya mulai dari Rp100.000 hingga Rp40 juta. 

Asuransi JNE

Salah satu perusahaan logistik di Indonesia yakni JNE juga memberikan layanan perlindungan atau asuransi barang elektronik untuk pengiriman barang elektronik. Karena masuk dalam kategori barang berharga jadi pengiriman barang elektronik dengan JNE disarankan untuk memiliki asuransi yang bisa dibeli langsung di kantor cabang JNE. 

Sebagai informasi, perhitungan biaya asuransi di JNE sebesar: 0,2% x harga atau nilai barang + biaya administrasi sebesar Rp5.000. 

Apabila hendak mengklaim asuransi JNE karena barang hilang atau rusak. Salah satu syaratnya adalah melengkapi dengan dokumen yakni: 

  • Resi asli 
  • Bukti resi asuransi yang dimiliki 
  • Mengisi surat klaim 
  • Melengkapi identitas diri 
  • Invoice atau faktur pembelian barang 

Selanjutnya untuk melakukan klaim, pemilik polis bisa mengirimkan dokumennya ke kantor pusat, cabang atau sub agen JNE. 

Asuransi Gojek

Platform transportasi online Gojek juga memberikan perlindungan untuk pengiriman barang elektronik yakni Asuransi Layanan GoBox dan GoSecure. Perlindungan diberikan atas risiko kerusakan dan kehilangan barang elektronik selama proses pengiriman barang. 

Nilai pertanggungan yang diberikan untuk satu kali layanan GoBox sebesar Rp10 juta. Nilai pertanggungan bisa semakin besar hingga Rp1 miliar jika memilih perluasan dengan asuransi tambahan.  

Saat mengajukan klaim dokumen wajib yang harus dipenuhi adalah: 

  • Foto KTP pengguna layanan GoBox 
  • Tangkapan layar mengenai detail order
  • Validasi kronologi dari call center Gojek
  • Data rekening bank dan nominal klaim. 
  • Foto bukti sah kepemilikan barang 
  • Surat pernyataan kondisi barang sebelum dilakukan pengiriman  
  • Foto barang yang mengalami kerusakan 
  • Foto keterangan polisi jika terjadi kecelakaan. 

Oh iya, Asuransi Layanan GoBox ini hanya untuk jenis barang yang dirilis sesuai dengan perlindungan yang diberikan. 

Asuransi Allianz 

Perlindungan peralatan elektronik bergerak diberikan Allianz Utama Indonesia untuk produk smartphone, tablet dan laptop. Hanya saja untuk kategori barang elektronik tersebut diberikan bagi kita yang menggunakan fasilitas pembiayaan dari PT Home Credit Indonesia. 

Berikut ini beberapa manfaat yang ditawarkan produk asuransi peralatan elektronik Allianz:

  • Nilai pertanggungan yang diberikan adalah sebesar harga pembelian perangkat
  • Risiko perlindungan yang diberikan atas kerusakan fisik akibat kecelakaan termasuk akibat cairan, pencurian atau perampokan dan kekerasan. Masa perlindungannya selama 12 bulan. 
  • Allianz memberikan kemudahan pelanggannya dalam proses klaim dengan memberikan fasilitas jemput dan antar.
  • Pemilik polis dapat menghubungi layanan pelanggan Home Credit dalam waktu 7 hari kalender dari tanggal kejadian kerusakan perangkat elektronik tersebut. 
  • Jika perangkat dapat diperbaiki oleh bengkel resmi yang ditunjuk, maka Allianz akan mengganti biaya perbaikan atas perangkat maksimal sebesar Nilai Pertanggungan.
  • Jika perangkat mengalami kerusakan total, hilang dan tidak dapat diperbaiki oleh bengkel resmi yang ditunjuk, Allianz akan mengganti perangkat dengan model yang sama atau menggantinya dengan model lain apabila perangkat tersebut tidak tersedia lagi di pasaran.
  • Pemilik polis dapat memilih perangkat sesuai keinginan dengan harga maksimal setara dengan harga pembelian perangkat yang diasuransikan
  • Ada layanan yang disebut periode pengawasan. Jadi, apabila pemilik polis membatalkan pertanggungan sebelum 15 hari kalender, maka pemilik polis berhak menerima pengembalian 100% nilai premi. Jika lebih dari 15 hari, maka akan dikembalikan secara pro rata

Asuransi AXA Mandiri

Asuransi dari AXA Mandiri memberikan perlindungan untuk peralatan elektronik, peralatan komunikasi, medis, laboratorium. Lewat perlindungan ini, AXA Mandiri menyediakan produk yang menjamin biaya yang dibutuhkan perbaikan alat ke kondisi bekerja atau layak pakai. 

Sejumlah keunggulannya antara lain: fungsi proteksi dari kerugian materi dan layanan 24 jam pelaporan klaim melalui Customer Call Center. Perlindungan risiko dari kebakaran, petir, ledakan, kejatuhan pesawat, asap, kerusuhan dan huru-hara. 

Produk ini memberikan masa pertanggungan selama satu tahun dengan pembayaran dengan Rupiah dan USD.  

Asuransi Peralatan Elektronik Avrist

Nah, perusahaan Asuransi Avrist ini adalah salah satu perusahaan yang memberikan Asuransi Peralatan Elektronik untuk menjamin mesin dengan sumber tenaga listrik atau bahan bakar lain sebagai sumber penggerak. Beberapa contohnya adalah mesin pabrik dan pompa.

Ruang lingkup jaminan asuransi peralatan elektronik Avrist ini mencakup beberapa risiko, yakni:

Kerusakan secara material

Jaminan ganti rugi jika peralatan elektronik yang tercantum dalam polis mengalami kerusakan fisik yang bersifat tiba-tiba tanpa terduga dan tidak disengaja akibat apapun. Namun, ada pengecualian yakni:

  • Invasi pihak asing yang memicu perang, perang saudara, kerusuhan, pemogokan, penghalangan bekerja, pemberontakan, revolusi, pembangkitan rakyat, pembangkangan,  huru-hara, kekuatan militer atau pengambilalihan kekuasaan, sekelompok orang jahat atau orang-orang yang bertindak atas nama atau berkaitan dengan suatu organisasi politik, persekongkolan, penyitaan, penahanan, pengambilalihan atau penghancuran atau pengrusakan atas perintah pemerintah de jure atau de facto atau oleh pihak yang berwenang;
  • Peristiwa yang melibatkan material nuklir, radiasi nuklir atau kontaminasi radioaktif
  • Kelalaian atau kesengajaan pemilik atau orang yang bertindak atas nama pemilik
  • Bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, angin puting beliung
  • Kesalahan pengoperasian atau cacat produk bawaan
  • Kegagalan suplai listrik, gas, atau air
  • Karena karat (korosi), keropos karena usia, aus, penurunan kondisi peralatan secara bertahap.

Penyimpan data eksternal

Ini adalah pemberian ganti rugi apabila media penyimpan data terhubung electronic data processing (EDP) yang dicantumkan dalam polis, beserta data yang ada di dalamnya, mengalami kerusakan.

Naiknya biaya kerja

Jaminan ganti rugi apabila ada pengeluaran tambahan yang muncul dalam penggunaan peralatan EDP penggantinya.

Alasan Penting Memiliki Asuransi Elektronik

Asuransi dibutuhkan untuk melindungi aset yang dimiliki saat terjadi risiko yang tidak diinginkan. Pada barang elektronik, asuransi dibutuhkan untuk mengecilkan risiko kerugian akibat kerusakan yang terjadi. 

Bahkan produk ini  sangat dibutuhkan selama proses pengiriman barang elektronik tersebut. Sebab risiko bisa saja terjadi yang membuat kita rugi. Berikut sejumlah alasan penting lainnya: 

  • Manfaat penggantian barang elektronik jika mengalami kerusakan 
  • Menjaga harga barang yang dimiliki atau dalam proses pengiriman tetap bagus di pasaran 
  • Penggantian suku cadang jika barang elektronik mengalami kerusakan 
  • Premi yang murah tapi manfaat besar yang bisa diberikan 

Panduan memilih asuransi elektronik terbaik

Memberikan perlindungan untuk perangkat elektronik, kamu tidak boleh sembarangan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih asuransi elektronik.

Hal-hal tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

1. Pastikan asuransi elektronik sesuai dengan perangkat elektronikmu

Setiap perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi elektronik memiliki daftar barang elektronik apa saja yang dapat mereka jamin.

Pada umumnya, perangkat elektronik yang bisa diasuransikan dengan produk mereka adalah komputer atau laptop dan smartphone. Namun, ada pula perusahaan yang memberikan jaminan perlindungan untuk perangkat elektronik medis dan laboratorium.

2. Pastikan perusahaan asuransi tersebut punya reputasi baik

Lakukan riset media pemberitaan dan media sosial, dengan mencari kabar terbaru mengenai perusahaan penyedia produk asuransi elektronik tersebut.

Apakah perusahaan tersebut sedang berurusan dengan masalah hukum? Atau apakah banyak ditemukan surat pembaca berisi keluhan soal layanan dan klaim asuransi dari perusahaan itu.

Cek juga melalui kolom pencarian media sosial dengan kata kunci nama perusahaan asuransi tersebut. Jika kamu banyak menemukan keluhan dari netizen mengenai servis dan produk dari si perusahaan, mungkin kamu harus berpikir dua kali untuk memilih produk mereka.

3. Pastikan perusahaan asuransi pilihanmu memiliki kondisi keuangan yang sehat

Kondisi keuangan perusahaan bisa dilihat dari laporan keuangan tahunan maupun kuartalan perusahaan asuransi.

Laporan keuangan bisa diunduh secara mandiri dari website resmi perusahaan asuransi. Salah satu poin yang perlu diperhatikan adalah seberapa besar risk based capital (RBC) perusahaan asuransi tersebut. Idealnya, menurut peraturan OJK (POJK) No. 71/POJK.05/2016, RBC minimal adalah 120 persen. Artinya, nilai aset bebas perusahaan apabila seluruh liabilitas (kewajiban) dipenuhi adalah 120 persen.

4. Bagaimana kemudahan mengajukan klaim jika perangkat elektronik kita terkena risiko?

Pelajari, bagaimana cara mengklaim asuransi di perusahaan tersebut. Apakah dimudahkan dengan berbagai saluran komunikasi?

Jika Anda bisa mengklaim dan mengirimkan dokumen klaim lewat online, tentu akan lebih memudahkan ketimbang harus datang langsung ke kantor perusahaan asuransi.

5. Apakah harga premi sesuai manfaat yang diberikan?

Ini juga penting, sebab jangan sampai kamu membayar lebih mahal untuk manfaat pertanggungan yang sama atau bahkan lebih buruk. Sebaiknya, lakukan perbandingan beberapa produk asuransi elektronik lebih dahulu. Pilih mana yang menawarkan harga premi kompetitif dengan manfaat maksimal.

Jika merasa hal ini memakan banyak waktu dan merepotkan, kamu bisa memanfaatkan layanan konsultasi gratis pembanding produk asuransi elektronik dari Lifepal.

Kamu akan ditunjukkan beragam produk asuransi elektronik dari beraneka macam brand perusahaan asuransi. Selanjutnya, kamu akan dipandu untuk memilih mana asuransi elektronik terbaik untuk perangkat elektronik kamu. Tentunya, dengan harga yang sesuai kantongmu juga!

Pertanyaan Seputar Asuransi Elektronik

Berikut sejumlah pertanyaan seputar asuransi elektronik yang bisa membantu kamu memahami tentang produk perlindungan ini.

Perlindungan yang diberikan untuk peralatan elektronik dengan pemberian ganti rugi kepada tertanggung jika barang elektronik tersebut mengalami kerusakan secara tiba-tiba. Kerusakan bisa terjadi karena terkena cairan, kehilangan karena perampasan dan peristiwa bencana alam.
Asuransi elektronik preminya terbilang relatif terjangkau bahkan masuk dalam kategori asuransi mikro. Yakni premi di bawah Rp100.000 untuk satu polis, namun besaran premi tersebut bergantung pada masing-masing kebijakan perusahaan asuransi.
Salah satu saluran yang bisa digunakan untuk mengajukan klaim adalah dengan menghubungi customer service pembelian produk alat elektronik dan perusahaan asuransi tersebut. Kemudian melengkapi sejumlah dokumen penting sebagai syarat untuk pengajuan klaim. Setelah dokumen lengkap, kamu bisa mengirimkannya ke alamat yang telah ditunjuk untuk diproses.

Demikian penjelasan tentang asuransi elektronik. Semoga bisa membantu kamu yang sedang mencari pilihan untuk asuransi terbaik ya!

Kalau kamu punya pertanyaan lain seputar asuransi, kamu bisa menanyakan langsung pada ahlinya lewat fitur Tanya Lifepal, lho!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →